in

10 Hantaran Lamaran Sederhana Namun Penuh Makna

Hantaran Lamaran Sederhana – Acara pernikahan adalah salah satu upacara yang sakral dan mulia untuk setiap pasangan. Dalam pengucapan akad, akan ada banyak malaikat yang menyaksikan dan bergetarlah langit atas janji suci yang telah diucapkan oleh mempelai laki-laki. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai referensi hantaran lamaran apa saja yang perlu dibawa saat melangsungkan lamaran.

Lamaran Pernikahan Sederhana

Bawaan yang perlu dibawa saat lamaran dan pernikahan merupakan simbol kesanggupan laki-laki untuk mencukupi kehidupan calon istri yang akan dipinang. Barang-barang yang akan dibawa mempunyai makna dan doanya sendiri, yakni untuk kesejahteraan kedua calon mempelai di kemudian hari.

Sebenarnya, dalam pemilihan barang seserahan, pihak perempuan bisa meminta dan memilih langsung benda atau barang yang ingin dibawa ketika lamaran dan pernikahan. Hal ini bertujuan supaya bawaan lamaran pernikahan memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan juga keperluan calon istri.

Oleh sebab itu, alangkah lebih baik jika calon mempelai laki-laki bisa mengkomunikasikan hal itu terlebih dulu. Mengenai apa saja keperluan dan isi bawaan hantaran lamaran terbaik untuk calon mempelai perempuan. Untuk kamu yang sedang mempersiapkan hantaran lamaran, pasti bukan hanya isi dari hantaran lamaran saja yang disiapkan. Sebab, tak hanya sekadar isinya saja, pelengkap lain seperti hiasan dan kotak hantaran untuk harus dipersiapkan.

Kira-kira, hantaran lamaran apa saja yang harus dibawa sebagai seserahan lamaran?

10 Hantaran Lamaran Sederhana Namun Penuh Makna

Di bawah ini adalah beberapa barang atau benda persiapan pernikahan yang perlu ada di dalam hantaran lamaran pernikahan, antara lain:

1. Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan perempuan yang pasti akan selalu dibutuhkan adalah perlengkapan ibadah. Selain digunakan sebagai hantaran, perlengkapan ibadah juga bisa digunakan lagi untuk acara ijab kabul sebagai tambahan mahar. Hantaran yang satu ini mempunyai nilai ibadah yang tinggi. Terlebih jika rutin digunakan oleh calon mempelai perempuan. Tak hanya itu saja, hantaran yang satu ini juga dapat menjadi sebuah pengingat kepada pasangan supaya selalu taqwa kepada Tuhan Sang Maha Pencipta.

Sementara itu, perlengkapan ibadah ini dapat menjadi bekal untuk mempelai perempuan supaya bisa menjadi pendamping dan istri yang solehah serta sebagai simbol bimbingan suami kepada istrinya. Perlengkapan ibadah ini dapat berupa sajadah, mukena, Al-Quran, dan juga tasbih.

2. Setelan Pakaian

Pakaian perempuan merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai hantaran lamaran. Sebab, tentunya pakaian akan selalu dibutuhkan secara terus-menerus. Akan tetapi, calon mempelai laki-laki juga harus memperhatikan secara teliti mengenai ukuran pakaian perempuannya. Sehingga pakaian yang diberikan tidak salah ukuran dan bisa dipakai dengan nyaman.

Untuk jenis pakaian yang akan ada di hantaran lamaran juga bisa bergantung pada kesepakatan. Ada berbagai macam setelan yang dapat diberikan oleh pihak laki-laki ke pihak perempuan. Misalnya saja, pakaian untuk kerja, pakaian tidur, dan juga pakaian dalam. Akan tetapi untuk pasangan yang menggunakan adat Jawa, umumnya pakaian dalam seserahan bisa berupa kain jarik atau kebaya yang bermotif batik. Simbol dibalik seserahan ini yakni sebuah harapan supaya rahasia rumah tangga pasangan bisa disimpan dengan baik.

3. Sepatu

Baik itu sepatu, sandal, selop, dan lain sebagainya, seserahan yang satu ini memiliki makna yaitu supaya kedua mempelai bisa menjalani kehidupan bersama dengan langkah yang matang dan di jalan yang benar. Oleh karena itu, alangkah lebih baik untuk memilihkan sepatu yang sangat spesial untuk mempelai perempuan. Umumnya, sandal yang dijadikan sebagai isian hantaran lamaran memang sandal atau sepatu yang tergolong mahal. Hantaran lamaran berupa sepatu bisa menjadi pilihan yang spesial. Kamu dapat memilihnya dengan jeli, mulai dari merk hingga kualitas barang tersebut. Pastikan bahwa sepatu ataupun sandal yang kamu pilih berkualitas baik.

4. Produk Kecantikan

Produk kecantikan adalah salah satu hantaran yang harus ada di dalam lamaran. Peralatan ini cukup penting karena merupakan salah satu hal wajib untuk kaum perempuan. Peralatan ini juga memiliki makna agar calon mempelai perempuan bisa menjaga diri dan penampilannya di hadapan mempelai laki-laki.

Produk kecantikan dapat menjadi concern perempuan saat memilih hantaran lamaran. Selain memiliki jenis dan item yang cukup bervariasi, pihak laki-laki juga tidak banyak yang memahaminya. Umumnya, pihak perempuan juga mempunyai merk khusus yang sesuai dengan tipe kulit ataupun warna kulitnya. Jadi, produk kecantikan ini memang sangat beragam dan cara memilihnya harus disesuaikan dengan selera dari pihak perempuan.

5. Perhiasan

Pernak-pernik hiasan menjadi salah satu simbol yang sangat bermakna. Dimana hantaran lamaran ini mempunyai makna supaya mempelai perempuan akan selalu bersinar di kehidupan. Untuk jumlah dan isinya bergantung dengan kesepakatan calon mempelai laki-laki dan juga perempuan. Dimana jumlah perhiasan juga dapat disesuaikan dengan kemampuan pasangan.

Perlu dipahami bahwa perhiasan yang ada di dalam hantaran lamaran berbeda dengan cincin kawin ya. Apabila memutuskan untuk memberi perhiasan, umumnya akan dipilihkan satu set perhiasan, mulai dari kalung, anting, dan juga gelang. Memberikan perhiasan juga harus memperhatikan banyak hal, misalnya saja beratnya, jenis, model, dan juga ukurannya. Alangkah lebih baik untuk mendiskusikan dulu dengan calon mempelai perempuan dan sesuaikan dengan keinginannya serta dana yang kamu punya.

6. Makanan

Sementara untuk makanan yang biasanya dipilih sebagai seserahan adalah makanan dengan tekstur basah dan lengket, seperti misalnya kue lapis, jenang, lemper, dan lain sebagainya. Dengan membawa kue jenis ini, diyakini sebagai sebuah harapan supaya kedua mempelai selalu lengket hingga maut memisahkan dan silaturahmi antara kedua keluarga akan berlangsung dengan baik selamanya. Tapi, sebenarnya jenis makanan yang dibawa bisa berupa apa saja. Jika kamu ingin memberikan makanan yang bisa tahan lama, kamu bisa memberinya sejenis kue kering. Namun, akan lebih baik bila kamu memberikan makanan yang memang kalian suka, supaya tidak mubazir.

7. Daun Sirih atau Suruh Ayu

Perlu diketahui bahwa hantaran lamaran yang satu ini ada yang menggunakannya, tapi ada juga yang tidak menggunakannya. Apabila kamu ingin acara lamaran kamu berkesan, maka kamu bisa memasukkan suruh ayu ke dalam hantaran lamaran. Hantaran ini biasanya dibuat dengan memakai kapur sirih, pinang, dan beberapa jenis daun lain. Adapun makna dari suruh ayu ini yaitu untuk kelangsungan pernikahan kedua calon pasangan nantinya. Untuk membuatnya memang sedikit sulit. Kamu akan membutuhkan orang yang memang sudah pandai dalam membuat suruh ayu. Sementara untuk bahan-bahan yang digunakan nantinya akan disusun menjadi satu.

8. Peralatan Tidur

Untuk jenis peralatan tidur yang bisa dipilih memang beragam. Ada yang memberikan set pakaian tidur seperti baju tidur, slippers, atau lingerie, sarung bantal dan guling, sprei, dan selimut. Semuanya bergantung pada selera dan preferensi masing-masing. Untuk hal ini, kamu juga perlu mendiskusikannya dengan calon mempelai perempuan, guna mengetahui apa saja perlengkapan tidur yang lebih penting untuk dibeli. Di masyarakat sendiri, set perlengkapan tidur yang paling sering dibawa di dalam hantaran lamaran adalah sprei sekaligus bed cover yang cantik.

Ada pula yang memberikan sprei dengan sarung bantal dan gulingnya. Hantaran yang satu ini memang kerap kali diberikan kepada pasangan pengantin baru karena terkesan lebih ringkas, praktis, mudah didapatkan, dan harganya terjangkau.

9. Perawatan Tubuh

Seperti yang kita pahami bahwa perempuan memang wajib menjaga dan juga merawat tubuh agar selalu tampil cantik. Oleh sebab itu, produk perawatan tubuh merupakan salah satu isi hantaran yang cukup penting untuk diberikan ke calon mempelai perempuan. Hal itu dimaksudkan supaya calon perempuan dapat menjaga penampilannya. Sehingga sang suami selalu bahagia melihat istrinya selalu tampil cantik.

10. Cincin

Untuk yang satu ini tidak boleh sampai terlewat. Cincin merupakan perhiasan wajib yang ada di dalam proses lamaran. Ukuran dan juga bentuknya dapat kamu sesuaikan dengan keinginan masing-masing. Oleh karena itu, sebelum melakukan prosesi tersebut, lebih baik kamu berdiskusi dulu mengenai hal tersebut. Cincin adalah simbol untuk mengikat hubungan kedua pasangan. Harapannya yaitu supaya pasangan tetap langgeng sampai mau memisahkan.

Perbedaan Seserahan Lamaran dan Pernikahan yang Wajib Dipahami

Memang sudah menjadi kebudayaan Indonesia bahwa calon mempelai laki-laki harus menyiapkan hantaran lamaran untuk calon mempelai perempuan. Tentunya barang-barang yang dijadikan hantaran adalah yang nantinya akan digunakan oleh mempelai perempuan setelah menikah. Akan tetapi, ternyata barang-barang hantaran lamaran dan pernikahan itu berbeda loh. Kali ini, kita akan membahas mengenai perbedaan barang hantaran lamaran dan pernikahan yang perlu kamu pahami.

Sebagian besar masyarakat sekarang ini masih menganggap bahwa hantaran lamaran dan pernikahan itu sama. Padahal pada kenyataannya, kedua hal itu memiliki perbedaan dari jenis barang yang akan diberikan. Untuk kamu yang ingin melamar kekasih, harus tahu dulu perbedaan antara hantaran lamaran dan pernikahan.

Apa sih Perbedaan Hantaran untuk Lamaran dan Pernikahan?

Jika menganut tradisi di Indonesia, hantaran dapat diberikan pada saat acara lamaran ataupun pada saat acara akad pernikahan. Perbedaan keduanya dibedakan berdasarkan sisi hantaran atau seserahan nya. Isi yang membedakannya bisa kita lihat dari ada tidaknya hantaran makanan, buah-buahan, daun suruh ayu, mas kawin, dan lain sebagainya. Lalu apa saja perbedaannya? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Ada Tidaknya Seserahan Makanan Tradisional

Kamu tentu sudah tahu tentang makanan tradisional yang bisa dijadikan sebagai hantaran. Akan tetapi, masih banyak bingung mengenai hantaran ini ditujukan untuk lamaran atau pernikahan? Perlu kamu pahami bahwa hantaran makanan tradisional ini biasanya hanya diberikan saat lamaran saja. Umumnya, makanan tradisional tidak akan diberikan saat acara pernikahan. Ada banyak sekali jenis makanan tradisional yang dapat kamu berikan ketika kamu menyerahkan hantaran lamaran. Mulai dari satu paket lengkap jenang, kue lapis, ataupun lemper. Biasanya jenis makanan tradisional yang disiapkan ada yang basah dan juga ada yang kering. Jadi, kamu juga bisa memberikan makanan tradisional berupa keripik, kue kering, dan lain sebagainya yang sudah dihias agar terlihat lebih cantik.

2. Seserahan Berupa Buah-buahan

Hantaran selanjutnya adalah berhubungan dengan buah-buahan. Dimana hantaran yang satu ini umumnya akan dibungkus bersama dengan keranjang buah. Untuk buah yang bisa dibawa antara lain, apel, jeruk, anggur, pisang, pir, dan lain sebagainya. Umumnya seserahan ini diserahkan saat lamaran saja.

Sehingga kamu tidak perlu memberikan ulang hantaran buah-buahan saat acara pernikahan. Memang hantaran yang satu ini hanya diserahkan saat acara lamaran saja sebagai sebuah simbol supaya kedua calon mempelai bisa hidup bahagia setelah menikah nanti. Selain itu, harapan dari adanya buah-buahan tersebut adalah supaya kedua pasangan bisa hidup bersama hingga akhir hayat.

3. Seserahan Daun Suruh

Daun suruh merupakan salah satu hantaran yang sering ada. Memang tidak semua adat akan membawa daun suruh sebagai hantaran. Akan tetapi, hantaran daun suruh ini biasanya hanya akan diberikan pada saat pernikahan. Akan tetapi, ada juga beberapa adat yang menyertakan daun suruh ini ke dalam hantaran lamaran. Pemberian daun yang satu ini merupakan sebuah simbol supaya kedua mempelai selalu diliputi dengan kebahagiaan.

Daun tersebut juga mempunyai simbol lain, yaitu seperti sebuah harapan untuk menjauhkan kedua mempelai dari marabahaya. Bagaimanapun seserahan daun suruh ini harus melihat calon mempelai perempuan berasal dari mana dulu. Agar kamu bisa mengetahui apakah harus menyertakannya ketika lamaran atau saat acara pernikahan.

4. Seserahan Berupa Mas Kawin

Seserahan yang wajib ada saat acara pernikahan adalah mas kawin. Hantaran pernikahan ini biasanya berupa aksesoris serba emas yang diberikan untuk mempelai perempuan. Dapat berupa cincin, gelang, kalung, dan lain sebagainya. Sebenarnya, kamu tidak perlu membawa seserahan ini saat melamar calon mempelai perempuan. Namun jika kamu sudah terlanjur membelinya untuk hantaran lamaran, maka hal itu tidak apa-apa. Hanya saja, hantaran tersebut hanya disimbolkan untuk pemberian hadiah biasa pada mempelai perempuan. Hal tersebut akan memiliki makna yang berbeda saat diberikan sebagai hantaran pernikahan. Ketika diberikan saat acara pernikahan, maka baru bisa disebut dengan mas kawin.

5. Seserahan Seperangkat Alat sholat

Perbedaan hantaran lamaran dan pernikahan juga dari ada tidaknya seperangkat alat sholat. Ketika kamu melamar calon mempelai perempuan, sudah pasti akan ada seserahan yang harus kamu bawa. Tapi, bukan berarti kamu harus memberikan hantaran berupa alat sholat. Hantaran seperangkat alat sholat ini biasanya hanya diberikan ketika acara pernikahan. Penyerahannya dijadikan satu bersama dengan mas kawin dan seserahan lainnya. Sehingga kamu tidak perlu memberikan alat sholat pada saat lamaran. Kamu dapat menggantinya dengan seserahan lainnya.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah