in

Ciri Wanita yang Gampang Diselingkuhi Pria

unsplash.com

Ciri Wanita yang Gampang Diselingkuhi – Orang yang diselingkuhi cenderung menjadi orang yang sakit hati dalam suatu hubungan. Diselingkuhi merupakan salah satu hal yang ditakuti oleh setiap pasangan dalam berhubungan. Meskipun sebenarnya perselingkuhan bisa dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan, tapi harus diakui kalau ada perempuan yang lebih rentan diselingkuhi oleh pasangannya.

Berikut ini beberapa ciri wanita yang gampang diselingkuhi yang perlu kita ketahui.

Ciri Wanita yang Gampang Diselingkuhi Pria

Penyebab dari perselingkuhan bisa berasal dari banyak hal, mulai faktor dari dalam atau diri sendiri hingga bagi mereka yang memiliki kesempatan untuk melakukannya. Tapi yang tidak boleh dilupakan adalah terkadang ada pula beberapa sikap perempuan yang juga bisa menjadi faktor dirinya mudah diselingkuhi.

Beberapa ahli berpendapat bahwa ada beberapa ciri wanita yang gampang diselingkuhi oleh laki laki. Simak beberapa ciri wania yang gampang diselingkuhi berikut ini.

1. Kurang Percaya Diri

Seandainya Grameds mulai merasa tidak aman dengan dirimu sendiri, pasangan bisa langsung merasakannya. Secara tidak sadar, perempuan yang kurang percaya diri akan sering mengungkapkan pertanyaan negatif tentang dirinya sendiri.

[algolia_carousel]

Misalnya, “Apakah aku kelihatan gemuk dengan memakai baju ini?” Sesungguhnya pertanyaan atau pemikiran seperti ini bisa dikontrol. Buatlah laki-laki memandang kamu sebagai permata yang indah. Bersikaplah percaya diri. Terima dan cintai tubuh kamu terlepas dari bentuk dan usianya.

2. Kurang Bersosialisasi dengan Orang Lain

Jika Grameds merasa kamu kuper atau kurang pergaulan, ternyata hal ini juga bisa dimanfaatkan oleh laki-laki untuk bermain di belakangmu. Alasannya sederhana, dia akan merasa aman dan tidak perlu takut perselingkuhannya diketahui oleh kamu yang kurang bersosialisasi.

Coba pikirkan, jika kamu memiliki banyak kenalan karena pergaulan yang cukup luas, pasangan tidak akan sembarangan berselingkuh. Dia akan memiliki kekhawatiran jika ada kenalanmu yang mengetahuinya atau bahkan ternyata selingkuhannya masih berhubungan denganmu.

Keuntungan memiliki banyak teman juga memberikan manfaat besar untuk diri sendiri. Di antaranya adalah kamu jadi nggak mudah kesepian dan mudah memperpanjang rentang hidup. Grameds juga bisa memiliki beragam aktivitas positif dengan teman-teman.

3. Gampang Cemburuan

Pepatah mengatakan, “Saat pasir semakin digenggam erat, maka semakin cepat juga pasir itu hilang dari genggaman”. Begitu juga dengan suatu hubungan. Sebenarnya bukan hanya laki-laki, semua orang jika terlalu dikekang oleh pasangannya malah kemungkinan besar akan menciptakan peluang untuk terjadinya perselingkuhan. Khusus untuk laki-laki, mereka umumnya tetap melakukan hobi dan berkumpul dengan teman temannya meski sudah punya pasangan.

Begitupun dengan cemburu. Sangat wajar jika Grameds sesekali merasa cemburu karena mungkin pasangan bersikap terlalu dekat dengan teman lawan jenis. Tapi jika kamu sering merasa cemburu dan selalu mengekspresikannya dengan negatif kepada pasangan, bukan tidak mungkin itu akan merusak hubungan.

Salah satu hal yang membuat hubungan bisa terus bertahan adalah kepercayaan. Kalau kamu sulit untuk percaya kepada pasangan dan selalu merasa takut diselingkuhi, itu artinya ada yang salah dengan hubungan tersebut.

4. Gampang Baper dan Tidak Percaya dengan Insting Diri

Menurut pakar hubungan Jane Greer, PhD, perempuan yang mudah jadi sasaran untuk diselingkuhi adalah mereka yang cenderung gampang baper oleh kata-kata dan rayuan laki laki. “Sikap tersebut cukup untuk membuat laki laki bisa mengalihkan perhatiannya dari apa yang sebenarnya terjadi,” demikian menurut Jane Greer.

Daripada terbuai dengan kata-katanya, lebih baik perhatikan sikapnya karena seringkali sikap tidak bisa berbohong. Oleh karena itu perempuan harus lebih percaya dan mendengarkan insting dirinya sendiri. Dr. Jane juga mengatakan bahwa perempuan yang tidak percaya diri dengan nalurinya ketika ada tanda peringatan, cenderung mudah untuk diselingkuhi.

5. Emosian dan Gampang Marah

Emosi yang sulit dikendalikan akan sangat merugikan diri sendiri, apalagi akibatnya bagi orang lain. Para ahli berpendapat bahwa perempuan yang sulit mengatur emosinya akan mudah ditinggalkan oleh pasangannya. Apalagi jika Grameds terbiasa dengan kata-kata kasar atau bahkan melakukan kekerasan fisik pada pasangan ketika sedang meluapkan emosi.

Tentu saja hal ini bisa membuat pasangan merasa sangat tidak nyaman. Biasanya akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Kalau bukan mengakhiri hubungan, opsi lain yang sangat mungkin akan dilakukan pasangan adalah dengan melakukan perselingkuhan.

6. Terlalu Dibutakan oleh Cinta

Seseorang bila sudah terkena cinta maka dunia akan terasa sangat indah. Namun, dibutakan oleh cinta sama sekali tidak akan memberi kebaikan untukmu. Di kala kamu sudah tidak mau memperhatikan hal lain kecuali cinta kepada pasangan, kamu menjadi lebih mudah percaya padanya dan selalu memaafkan semua kesalahannya.

Walaupun seandainya kamu sebenarnya sering merasa tersakiti olehnya. Jika pasangan merasa kamu sudah dibutakan oleh cinta, dia akan lebih mudah untuk berselingkuh karena yakin kamu akan memaafkan dan kembali percaya padanya. Maka jangan heran, jika tipe perempuan seperti ini bisa lebih dari sekali diselingkuhi pasangannya.

7. Lupa untuk Merawat Diri Sendiri

Meluangkan waktu untuk merawat diri bukan berarti kamu jadi tidakpeduli dengan pasangan. Kalau kamu mulai malas atau bahkan tidak pernah lagi melakukannya, bukan berarti tidak mungkin dampaknya akan terasa ke pasangan. Pesan yang tidak positif inilah yang bisa membuat laki laki jadi lebih memilih selingkuh dengan orang yang menurutnya bisa lebih merawat diri.

8. Terlalu Sibuk dan Kurang Perhatian dengan Pasangan

Ketika pasangan sedang bekerja maka akan timbul rasa bosan yang berkecamuk. Sehingga perlu bagi perempuan untuk bekerja atau memiliki kesibukan sendiri. Namun ini seperti buah simalakama, jika perempuan terlalu sibuk dengan aktivitasnya, maka ia juga jadi mudah diselingkuhi.

Ini karena kesibukan bisa membuat perempuan lupa dengan pasangannya sehingga dia merasa tidak mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang maksimal. Ini bisa menjadi peluang besar bagi laki-laki untuk berselingkuh.

Jika ingin memiliki hubungan yang langgeng, kalian berdua harus pintar membagi waktu antara kesibukan diri sendiri dan waktu bersama pasangan. Jangan sampai salah satu ada yang mendapatkan perhatian dari orang lain selain pasangannya.

9. Memiliki Sifat Terlalu Manja

Manja adalah sikap yang biasanya ditunjukkan oleh pasangan agar mendapat respon yang lebih dari pasangan. Perempuan yang bersikap manja kepada pasangannya memang terlihat menggemaskan. Namun, jika kamu terlihat terlalu manja dan selalu ingin dimanja, ini bisa membuat pasangan risih dan akhirnya berpengaruh buruk pada hubungan.

Jika terlalu manja kepada pasangan, ini juga bisa menjadi peluang perselingkuhan karena pasangan merasa tidak dilayani dan merasa terpaksa untuk harus selalu melayani kamu. Padahal dalam hubungan percintaan, laki-laki dan perempuan harus bisa memanjakan satu sama lainnya.

Ciri Wanita yang Gampang Diselingkuhi
unsplash.com

Hubungan yang Berbahaya Selain Selingkuh

Ketika berbicara tentang hubungan tentu ada banyak hal kecil yang pada awalnya mungkin tampak tidak penting, tetapi jika dilihat itulah yang membuat hubungan semakin baik dan berjalan dengan lancar. Perselingkuhan jelas merupakan tindakan yang menyakitkan dan berpotensi menimbulkan luka yang cukup mendalam bagi korbannya. Tetapi jika dilihat dari segi lainnya, perilaku kepada pasangannya yang menyakitkan dan berbahaya jika tindakan itu dilakukan maka akan merusak hubungan tersebut.

Berikut ini adalah perilaku yang mungkin berbahaya dan menyakitkan selain dari perselingkuhan yang juga berpotensi merusak hubungan yang sedang dijalani.

1. Bersikap Tidak Jujur dan Tertutup

Ada banyak alasan mengapa seseorang menyimpan rahasia. Ada kalanya supaya wajahnya tidak terlihat seperti apa adanya dari hal hal yang tidak diinginkan atau tidak mau menyakiti perasaan pasangannya.

Akan tetapi agar tidak menyakiti perasaan pasangannya seharusnya tidak bohong dari awal. Jika kamu merasa ada yang mau disembunyikan dan tidak mau terbuka kepada pasangan, maka seharusnya tidak menjalin hubungan yang berkomitmen. Biasanya sedikit demi sedikit hubunganmu dengan pasangan akan mengalami kegagalan.

2. Merenung Sendiri dalam Diam

Ada pepatah diam lebih baik daripada banyak bicara. Tetapi jika diam untuk merenung sendiri maka tentu ini tidak baik. Ini mungkin dimulai dengan diam dan perlahan berubah menjadi hal besar yang akan membunuh perasaanmu dari dalam. Jika ada sesuatu yang mengganggu, ungkapkan lah hal yang mengganggu itu kepada pasangan secara jujur dan terbuka.

[algolia_carousel page=2]

Sebab jika emosi dipendam sendiri atau merenung sendiri dalam diam maka akan terjadi malapetaka dalam hubungan. Emosi dan pikiran-pikiran negatif hendaknya disingkirkan sebelum akhirnya menguasai pikiran dan mengontrol hubunganmu dengan pasangan.

3. Menolak Segala Jenis Kasih Sayang

Antara pasangan dan kamu dalam mengungkapkan apapun bentuk cinta dan emosi satu sama lain harus teratur. Kalau kamu bukan tipe orang yang sensitif maka itu adalah hal yang normal maka tidak apa apa. Jika kamu tidak menunjukkan kepada pasangan bahwa kamu cinta dan sayang maka pasanganmu akan menanyakan komitmen kamu. Jika kamu mencintai dan menyayanginya maka tunjukkanlah dengan caramu sendiri untuk mengungkapkannya.

4. Komunikasi yang Buruk

Berbicara dengan pasangan antara satu dengan yang lainnya, maka akan tercipta hubungan yang harmonis, tanpa harus mengirim pesan kepada pasangan setiap hari setiap saat. Jika ada masalah ceritakan kepada pasangan, jika ada cinta maka ungkapkanlah kepada pasangan. Jika ada sesuatu di pikiranmu maka selalu bagikan dengannya dan jika ada masalah ceritakan.

Jangan pernah menyimpan apapun dalam botol, karena masalah selalu menemukan caranya untuk meledak pada waktu yang paling buruk. Kamu harus dapat berkomunikasi tentang apapun itu. Jika tidak bisa, percayalah hubunganmu sulit untuk berhasil. Sebab komunikasi adalah salah satu faktor kunci dalam hubungan yang sehat. Selama kamu berkomunikasi pasti ada jalan keluar untuk semua hal.

Lalu bagaimana cara memulai komunikasi yang baik dengan pasangan? Bagaimana cara mengenali pasangan? Grameds bisa menemukan jawabannya dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com dengan judul Telaga: Hidup Tanpa Penyesalan Memilih Pasangan Hidup.

Ciri Wanita yang Gampang Diselingkuhi

5. Menolak untuk Berkompromi

Seperti yang kita tahu bersama kompromi adalah suatu hal yang harus ada dalam setiap hubungan. Kamu tidak selalu bisa melakukan segala sesuatu dengan caramu. Ada satu orang lain di sana yang kebutuhannya sama pentingnya dengan kebutuhanmu dan dapat menemukan kesamaan adalah kunci untuk melangkah lebih jauh dengan hubungan. Ingatlah bahwa kamu bukan satu-satunya yang memiliki keinginan dan kebutuhan. Jalan tengah selalu menjadi jalan terbaik untuk menjadikan hubungan menjadi solid dan lebih erat

Dalam sebuah hubungan tentunya adalah untuk ke jenjang lebih serius. Maka harus dipersiapkan secara matang mengenai pasangan. Agar bisa menghindari perselingkuhan di hubungan yang serius, Grameds bisa membaca buku yang tersedia di gramedia.com dengan judul Fighting for Marriage: Melawan Selingkuh, Memulihkan Hubungan.

Ciri Wanita yang Gampang Diselingkuhi

Ciri-Ciri Wanita yang Mudah Diajak Selingkuh

Hubungan asmara yang tidak pernah dibenarkan adalah perselingkuhan. Meski seringkali selingkuh identik dengan permasalahan yang dilakukan oleh pria, namun tidak menutup kemungkinan wanita juga melakukan perselingkuhan.

Dan meskipun selingkuh merupakan pilihan pribadi, akan tetapi melansir dari beberapa pendapat bahwa ternyata ada tanda wanita yang mudah diajak selingkuh, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Bersikap Lembut Kepada Semua Orang

Bersikap seperti ini adalah tanda wanita yang mudah diajak selingkuh. Hal ini menjadi peluang bagi laki laki untuk menarik hati wanita yang memungkinkan untuk selingkuh.

2. Mudah Dekat dengan Orang Baru

Sikap ini sangat bagus sebenarnya tetapi bagi wanita yang mempunyai sikap ini adalah sikap yang mudah diajak selingkuh. Padahal ketika sudah memiliki pasangan dan mudah dekat dengan orang lain ini merupakan pemicu untuk berselingkuh ketika sudah bosan dengan pasangannya.

3. Mudah Diajak Kencan

Hati-hati jika Grameds adalah tipe ini, karena mudah diajak kencan menjadi ciri ciri wanita yang mudah diajak selingkuh. Jika kamu mudah diajak kencan dengan orang lain dan memilih tempat-tempat yang dikunjungi kekasih, itu pertanda kamu mudah untuk diajak selingkuh.

4. Mudah Tergoda Rayuan

Berhati-hatilah orang yang mempunyai sikap ini, karena mudah tergoda rayuan adalah wanita yang mudah diajak selingkuh. Biasanya kamu sering terbuai dengan ketika ada rayuan gombal.

Pujian dan sanjungan dapat membuat hati menjadi berbunga-bunga sehingga wanita tipe ini mudah menjadi wanita yang mudah diajak selingkuh. Kamu merasa diistimewakan oleh laki-laki lain sehingga peluang untuk perselingkuhan besar.

5. Manja Berlebihan

Perselingkuhan juga bisa dipicu oleh sikap manja yang berlebihan. Karena kebanyakan laki-laki suka wanita yang manja menggemaskan. Terlebih jika pasangan kamu tidak bisa memanjakanmu. Inilah yang membuat situasi tidak baik ketika kamu dimanjakan oleh orang lain kamu akan merasa senang dan ini menjadi peluang untuk perselingkuhan.

6. Suka Berbohong

Jika kamu orang yang suka berbohong maka kamu akan selalu menutupi kesalahan, ini tandanya kamu wanita yang mudah diajak selingkuh. Kamu juga kerap bermuka dua. Perilaku ini menunjukkan bahwa kamu akan pandai menipu pasangan.

7. Gemar Tebar Pesona

Seorang wanita yang suka tebar pesona di depan pria lain cenderung dianggap wanita genit. Mereka belum serius dengan pasangannya dan masih ingin mencari pria lain. Perilaku ini seolah-olah seperti belum memiliki pasangan dan berpeluang besar untuk selingkuh.

Ciri-Ciri Pasangan Selingkuh

Ciri Wanita yang Gampang Diselingkuhi
unsplash.com

Bahasa tubuh bisa mengindikasikan seseorang berselingkuh. Patti Wood, ahli bahasa tubuh dalam hubungan, menyatakan bahwa bahasa tubuh seperti mengomunikasikan seseorang takut ketahuan selingkuh sekaligus ada rasa bersalah. Berikut 6 ciri pasangan kamu yang selingkuh.

1. Lebih Sensitif

Dilansir dari Daily Star, ahli bahasa tubuh Judi James menuturkan bahwa kamu tidak bisa mengharapkan sinyal rasa bersalah dari tukang selingkuh. Namun, rasa bersalah ini akan berubah jadi rasa ingin menyalahkan dan kemarahan. Obrolan biasa bisa berubah jadi adu argumen karena si dia lebih sensitif saat disinggung soal orang ketiga.

2. Jadi Lebih Sering Memantau Ponsel

Selama pandemi gawai memang lebih sering digunakan. Tapi coba perhatikan lagi kebiasaannya mengecek ponsel. Ponsel lebih sering mencuri perhatiannya apalagi saat ada notifikasi pesan masuk dan gelagatnya langsung mencurigakan.

3. Tersenyum atau Tertawa Saat Obrolan Serius

Rasa tidak nyaman biasanya ditunjukkan saat kamu memulai obrolan serius. Dia akan menghindar semisal dengan tertawa atau tersenyum saja. Kalau sekali atau dua kali mungkin kamu menganggapnya sedang tidak ingin berdiskusi, tetapi jika terlalu sering seharusnya tanda ini tidak boleh diabaikan.

4. Perubahan Kebiasaan di Ranjang

Perubahan kebiasaan di ranjang memang jadi tanda pasangan berselingkuh. Wood menambahkan untuk memperhatikan apa yang dia lakukan setelah berhubungan seks. Apakah dia tetap memeluk kamu atau langsung pergi begitu saja? Jika tidak, ini terjadi tanda besar bahwa dia memiliki ikatan emosional lebih pada orang lain.

5. Perubahan Gesture

Mungkin ini bisa menggambarkan ketika kamu ingin kedekatan dan keintiman layaknya pasangan tapi yang kamu dapat hanya gestur pertemanan atau saudara. Kamu patut curiga ada sesuatu yang dia sembunyikan.

6. Menghindari Tatapan Mata Sampai Menyentuh Rambut

Beberapa bahasa tubuh dianggap sepele tetapi ini patut jadi catatan. Coba ajak bicara tentang topik perselingkuhan dan perhatikan apa dia menatap kamu selama mengobrol. Misalnya, menyentuh rambut, menggosok tangan, dan lain sebagainya.

Menurut Tracy Brown, ahli bahasa tubuh, orang yang berbicara jujur akan memperlihatkan telapak tangan mereka. Kemudian mata yang tidak fokus ke mata kamu saat berbicara menandakan otak yang terus bekerja untuk menutupi kebohongan.

Ciri Wanita yang Gampang Diselingkuhi

Itulah beberapa ciri wanita yang gampang diselingkuhi serta tanda jika pasanganmu selingkuh. Tentunya untuk menambah informasi lebih lengkap terkait membangun hubungan yang sehat, Grameds bisa membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk terbaik, sehingga kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda