in

Hitungan Weton Jodoh dan Tafsir Mimpi

unsplash.com

Pengertian Hitungan Weton Jodoh

Bagi masyarakat Jawa tentu tidak asing dengan istilah weton. Weton jodoh ini dipercaya memberikan gambaran kecocokan dari dua insan yang berencana menikah. Mengingat pernikahan merupakan hal yang sakral dan penting, tidak heran jika banyak masyarakat Jawa khususnya masih berpegang teguh pada perhitungan baik buruk dan cocok/tidak cocok untuk kehidupan rumah tangga keturunannya kelak. Berikut ini arti dan cara menghitung weton jodoh sesuai primbon Jawa.  Dalam kalender Jawa sendiri, satu pekan terdiri dari tujuh hari yang diadopsi dari kalender Islam dan lima hari pasaran Jawa atau dikenal dengan istilah pancawarna. Pancawarna atau siklus hari pasaran adalah putaran lima hari pasaran, yaitu pahing, pon, Wage, Kliwon dan legi.

Ramalan berdasarkan hari lahir ini sudah dipercaya sejak zaman dahulu. Sistem penanggalan ini digunakan oleh masyarakat Jawa bukan hanya sebagai penanda hari lahirnya seseorang, tetapi mulai digunakan untuk menentukan masa tanam dan panen, bepergian, menentukan suatu keputusan, bahkan hingga dipercaya dapat menggambarkan karakter ataupun nasib seseorang. Perhitungan dari weton jodoh inilah yang akan meramalkan dua insan yang akan bersatu nanti. Mulai dari karakter masing masing yang pastinya akan menggambarkan kehidupan rumah tangganya kelak. Seperti ramalan dengan versi weton Jawa.

Cara Hitungan Weton Jodoh

Dalam pandangan Jawa sendiri, perhitungan weton ini dianggap bisa meminimalisir bencana atau kesialan dari masing-masing watak kedua insan tersebut. Jika perhitungan weton dari dua orang kurang baik, jika tetap melangsungkan pernikahan maka untuk menangkal kesialannya dilakukan ruwatan atau memilih hari pernikahan khusus agar dapat menangkal kesialan atau menolak balak. Berikut cara menghitung weton jodoh Jawa adalah sebagai berikut:

Hitungan Weton Jodoh
popbela.com

Untuk mengetahui kecocokan antara calon mempelai, maka masing masing hari dijumlahkan dengan wetonnya. Misalkan si lelaki lahir pada Kamis Wage berarti 8+4=12. Jika si perempuan lahir pada Rabu Pon, maka jumlah yang di dapat adalah 14 (hasil dari 7+7). Nantinya, jumlah weton laki laki dan perempuan ditambahkan. Ini berarti 12+14=26.

Jika sudah dihitung, maka kemudian hasil hitungnya dicocokkan dengan hasil perhitungan berikut.

[algolia_carousel]

Dalam kalender Jawa sendiri, satu pekan terdiri dari tujuh hari yang diadopsi dari kalender Islam dan lima hari pasaran Jawa atau dikenal dengan istilah pancawarna. Pancawara atau siklus hari pasaran adalah putaran lima hari pasaran, yaitu Pahing, Pon, Wage, Kliwon, dan Legi.

Ramalan berdasarkan hari lahir ini sudah dipercaya sejak zaman dahulu. Sistem penanggalan ini digunakan oleh masyarakat Jawa bukan hanya sebagai penanda hari lahirnya seseorang, tetapi mulai digunakan untuk menentukan masa tanam dan panen, bepergian, menentukan suatu keputusan, bahkan hingga dipercaya dapat menggambarkan karakter ataupun nasib seseorang.

Nah, penghitungan dari weton jodoh inilah yang akan meramalkan dua insan yang akan bersatu nanti. Mulai dari karakter masing-masing yang pastinya akan menggambarkan kehidupan rumah tangganya kelak.

Dalam pandangan Jawa sendiri, perhitungan weton ini dianggap bisa meminimalisir bencana atau kesialan dari masing-masing watak dua insan tersebut. Jika perhitungan weton dari dua orang kurang baik, jika tetap melangsungkan pernikahan, maka untuk menangkal kesialannya dilakukan ruwatan atau memilih hari pernikahan khusus agar dapat menangkal kesialan. Jika baik wetonnya dari kedua mempelai sudah tentu diteruskan lebih baik.

Untuk mengetahui kecocokan antara calon mempelai, maka masing-masing hari dijumlahkan dengan wetonnya. Misalkan si lelaki lahir pada Kamis Wage, berarti 8+4=12. Jika si perempuan lahir pada Rabu Pon, maka jumlah yang didapat adalah 14 (hasil dari 7+7). Nantinya, jumlah weton lelaki dan perempuan ditambahkan. Ini berarti, 12+14=26.

Jika sudah dihitung, maka kemudian hasil hitungnya dicocokkan dengan hasil perhitungan berikut:

1. PEGAT (hasil penjumlahan 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

Masalah yang sering ditemui oleh pasangan pegat ini di kemudian hari mulai dari masalah ekonomi, kekuasaan, perselingkuhan yang bisa menyebabkan pasangan tersebut bercerai atau pegatan. Pokoknya akan ada saja masalahnya.

2. RATU (jika hasil penjumlahannya = 2, 11, 20, 29)

Bisa dibilang pasangan tersebut memang sudah jodohnya. Dihargai dan disegani oleh tetangga dan lingkungan sekitar. Saking harmonisnya, bahkan banyak orang yang iri akan keharmonisannya dalam membina rumah tangga.

3. JODOH (jika hasil penjumlahannya = 3, 12, 21, 30)

Pasangan tersebut memang beneran cocok dan berjodoh. Pasangan ini bisa saling menerima segala kelebihan dan kekurangan masing-masing. Rumah tangga pasangan JODOH ini bisa rukun sampai tua.

4. TOPO (jika hasil penjumlahannya = 4, 13, 22, 31)

Dalam membina rumah tangga, pasangan TOPO akan sering mengalami kesusahan di awal musim karena masih saling memahami tapi akan bahagia pada akhirnya. Masalah yang dihadapi bisa saja soal ekonomi dan lainnya. Nah, saat sudah memiliki anak dan cukup lama berumah tangga, akhirnya akan hidup sukses dan bahagia.

5. TINARI (jika hasil penjumlahannya = 5, 14, 23, 32)

Pasangan TINARI akan menemukan kebahagiaan. Dalam mencari rezeki diberikan kemudahan dan nggak sampai hidup kekurangan. Selain itu, hidupnya juga sering mendapat keberuntungan.

6. PADU (jika hasil penjumlahan ya =6, 15, 24, 33)

Dalam berumah tangga, pasangan padu akan sering mengalami pertengkaran. Tapi meskipun sering bertengkar, nggak sampai cerai. Masalah pertengkaran tersebut bahkan bisa dipicu dari hal hal yang sifatnya cukup sepele.

7. SUJANAN (jika hasil penjumlahan ya =7, 16, 25, 34)

Dalam berumah tangga, pasangan sujanan akan sering mengalami pertengkaran dan masalah perselingkuhan. Bisa itu dari pihak laki laki maupun perempuan yang memulai perselingkuhan tersebut.

8. PESTHI (jika hasil penjumlahan ya =8, 17, 26, 35)

Dalam berumah tangga, pasangan pasti akan rukun, tentram, damai sampai tua. Meskipun ada masalah apapun nggak akan sampai merusak keharmonisan keluarga.

Cara Menghitung Ramalan Jodoh Berdasarkan Hasil Weton

Hitungan Weton Jodoh
Ilustrasi Masyarakat Jawa (unsplash.com)

Hingga kini masyarakat Jawa masih berpegang pada ramalan turun temurun dalam memperhitungkan suatu perjodohan. Bukan hanya bibit, bebet, bobot calon pasangan saja yang dilihat melainkan hingga ke watak serta weton keduanya. Tidak heran jika masih banyak para orang tua yang percaya akan ramalan perjodohan untuk kelangsungan rumah tangga anaknya kelak dengan memperhatikan dan memperhitungkan weton jodoh mereka.

Cara menghitung weton sendiri bisa dibilang mudah, kamu tinggal menjumlahkan hari, pasaran dan neptu. Begitu juga dengan pasangan. Sebagai contoh misal kamu lahir di hari Minggu pahing. Jika dijumlahkan 5+9=14. Lalu pasanganmu misal lahir di Kamis pon jika dijumlahkan 8+7=15. Jadi weton kalian 14+15= 30.

Untuk mengetahui ramalan weton, setelah ditambahkan kemudian hasilnya dibagi 10 atau 7 dan sisanya tidak boleh lebih dari 7. Dari hasil penjumlahan tersebut, yakni 30, jika dibagi 10 maka nggak ada sisa, maka dibagi 7. Perhitungan seperti ini:

30=21 8(7×4)+2

Sisanya adalah 2. Berarti ramalan weton kalian adalah mengacu pada tunggak semi.

Untuk mengetahui hasil dari ramalan perhitungan tersebut bisa kalian cocokkan dengan sisanya sebagai berikut:

1. Sisa 1 = Wasesa Segara

Beruntunglah bagi pasangan yang diramalkan wasesa segara. Rumah tangga dan pernikahan pasangan ini dipercaya sebagai sosok sosok yang low profile, baik perwatakannya, pemaaf dan mempunyai wibawa. Selain itu keduanya memiliki pandangan kehidupan yang luas dalam pernikahan. Tidak heran jika diramalkan akan rukun selalu.

2. Sisa 2 = Tunggak Semi

Tidak hanya yang diramalkan Wasesa Segara saja, pasangan yang diramalkan Wasesa Segara saja, pasangan yang diramalkan Tunggak semi pun mudah mencari rejeki. Rejekinya bisa berupa memiliki banyak anak. Di sisi lain, pasangan ini mudah jatuh sakit.

3. Sisa 3 = Satriya Wibawa

Salah satu keinginan dan harapan setiap pernikahan adalah mendapat anugerah dan dimuliakan. Seperti yang diramalkan pasangan suami istri akan hidup berlimpah.

4. Sisa 4 = Sumur Sinaba

Pasangan ini merupakan pasangan yang sering dicontoh. Tidak heran jika kehidupan rumah tangganya merupakan tempat untuk mendapatkan ilmu. Selain itu pasangan Sumur sinaba juga menjadi penolong orang lain.

[algolia_carousel page=2]

5. Sisa 5 = Satria Wirang

Pasangan Satria wirang ini diramalkan akan mengalami kesusahan. Salah satu cara untuk menolaknya adalah dengan selamatan menyembelih ayam. Salah satu hal ketidak beruntungan pasangan ini yakni rumah tangganya mengalami kekurangan secara finansial.

6. Sisa 6 = Bumi Kepetak

Jika kamu dan pasangan mendapat ramalan bumi Kepetak, digambarkan sebagai pasangan yang tertutup tetapi rajin bekerja. Sisi baiknya, rumah tangga kalian kuat menghadapi kesulitan. Rumah tangga hidup berkecukupan tapi tersisih dari pergaulan.

7. Sisa 7 = Lebu Katiup Angin

Selain pasangan Satria wirang, pasangan lebu Katiup Angin juga ternyata sering mendapat kesusahan. Selain itu, semua cita citanya sulit terkabul dan kehidupan tidak menentu. Untuk menolaknya yakni dengan ngabul abulake (Jawa) tanah.

Tafsir Mimpi

Berikut 50 arti mimpi menurut ramalan makna tafsir primbon tentang rezeki, harta hingga bahagia, jabatan hingga rintangan. 50 arti mimpi berikut ini bisa memberikan penjelasan atas makna dari bunga bunga tidur.

Hitungan Weton Jodoh

Berikut 50 arti mimpi berdasarkan ramalan makna hingga tafsir primbon Jawa:

  • Mimpi anda sedang berguru: akan datang bahaya penyakit.
  • Mimpi anda sedang dioperasi (dibedah): akan mendapat ujian atau cobaan.
  • Mimpi angin bertiup sepoi sepoi basah: alamat di dalam negeri aman sentosa.
  • Mimpi badan anda bungkuk: akan berbadan sehat menyenangkan.
  • Mimpi badan keluar kutu atau luka luka: akan memperoleh rezeki atau sakitnya akan sembuh.
  • Mimpi badan terasa payah atau letih: alamat segala usaha tidak berhasil.
  • Mimpi badannya berkeringat: akan memperoleh rezeki atau kebahagiaan.
  • Mimpi badannya terikat rantai: akan mengalami sakit.
  • Mimpi banyak kayu bakar di dalam rumah: akan mendapat untung.
  • Mimpi bekerja dalam lubang galian: harus bekerja dengan hasil yang sedikit.
  • Mimpi bekerja dengan memakai serba minyak: akan mendapat menghalau semua rintangan.
  • Mimpi bekerja di sebuah kapal: alamat hidup anda akan tambah baik.
  • Mimpi bepergian naik kereta api: akan ada perkembangan baik dan cepat.
  • Mimpi berada di atas bukit: akan memperoleh harta.
  • Mimpi berada di dalam gua: akan ada perubahan di lingkungan anda.
  • Mimpi berada di dalam kabin kapal: ada kesulitan dalam hal hukum.
  • Mimpi berada di galangan kapal: ada harapan baik di bidang usaha dan kesehatan.
  • Mimpi berada di gua: akan mengalami perubahan tentang hidup anda.
  • Mimpi berada di gurun pasir: akan meninggalkan kenikmatan atau kesenangan.
  • Mimpi berada di puncak gunung: alamat akan memperoleh kekayaan atau akan jadi kepala.
  • Mimpi berada di taman bunga: akan memperoleh kepuasan hidup.
  • Mimpi berada di tempat gelap: ada nasehat yang berguna bagi anda.
  • Mimpi berada di tempat penyimpanan mayat: berhati-hatilah dengan apa yang anda kerjakan dan perhatikan kesehatan anda.
  • Mimpi berada di sebuah pulau: akan dapat pekerjaan baru.
  • Mimpi berbadan gemuk atau kuat: akan dimuliakan orang.
  • Mimpi ada belalang makan padi: alamat akan senang bahagia
  • Mimpi ada pohon roboh di atas bukit: alamat akan turun pangkat.
  • Mimpi air ludahnya bercampur riak: alamat akan kehilangan harta.
  • Mimpi anak kecil menjadi besar: akan memperoleh kebahagiaan.
  • Mimpi anak kecil sudah berumah tangga: akan mendapat kesusahan.
  • Mimpi anak anaknya meninggal dunia: akan timbul pertengkaran dalam rumah tangga.
  • Mimpi Anda bertepuk tangan: alamat anda segar bugar.
  • Mimpi anda diculik: berhati hatilah dalam masalah perkawinan.
  • Mimpi anda dilantik jadi raja: akan sukses semua usaha anda.
  • Mimpi berbadan kurus: akan menderita dan kekurangan.
  • Mimpi berbicara dengan hantu: keuangan anda akan meningkat.
  • Mimpi berbicara dengan seorang dokter: sesuatu keinginan yang sudah lama akan terkabul.
  • Mimpi berbohong: akan ada kemajuan keuangan.
  • Mimpi bercakap cakap dengan binatang: alamat akan memegang pekerjaan pembesar.
  • Mimpi bercakap cakap dengan seorang petani: akan disegani orang karena kepandaian anda.
  • Mimpi bercermin muka: harus berhati hati dalam segala tindakan.
  • Mimpi bercocok tanam tumbuh subur tanamannya: usaha anda akan berhasil dan untung besar.
  • Mimpi berdiri diatas sebuah balkon: akan mendapatkan seorang teman yang baik.
  • Mimpi berduka cita atau dirundung duka cita: akan memperoleh keberuntungan.
  • Mimpi berduka cita: akan bersuka ria dan sehat.
  • Mimpi berenang di kolam: alamat akan menghadapi kesulitan hidup.
  • Mimpi berenang di sungai bisa sampai ke tepi: akan sembuh dari sakit.
  • Mimpi berenang tidak sampai sampai ke tepian: alamat mendapat kegagalan.
  • Mimpi bergurau dengan kawan: akan terjadi perpisahan.
  • Mimpi Berhijab di hari kiamat di hadirat ilahi: akan mendapat kesentosaan dan pekerjaannya berhasil.

5 Tafsir Mimpi Menurut Islam

Mimpi bisa dilihat berdasarkan primbon, psikologi dan Islam. Rasulullah pernah bersabda “Mimpi sejati berasal dari Allah dan mimpi buruk berasal dari setan”. (Shahih Al Bukhari). Berarti sejatinya mimpi bisa dikatakan bukan sekedar bunga tidur tapi memiliki arti di baliknya. Misalnya mimpi hujan, bercermin, berlari, telanjang atau bahkan bermimpi tentang madu sekalipun.

Hitungan Weton Jodoh

Berikut tafsir mimpinya adalah sebagai berikut:

1. Tafsir mimpi hujan

Hujan merupakan fenomena alam dan termasuk sebagai sumber kehidupan bagi makhluk makhluk yang hidup di bumi. Kata orang hujan adalah berkah dari Allah SWT. Selain membawa berkah, hujan juga bisa mendatangkan bencana. Inilah kenapa hujan memiliki simbol tergantung seperti apa jenis hujannya.

  • Mimpi hujan menyimbolkan keinginan, ketenangan serta Rahmat Tuhan.
  • Mimpi hujan darah menyimbolkan hasutan, intrik serta pertumbuhan darah.
  • Mimpi hujan di daerah tertentu menyimbolkan kesedihan dan kesengsaraan atas rasa kehilangan dari orang yang mengalaminya.
  • Mimpi hujan di atas rumah menyimbolkan Rahmat Tuhan, tapi juga bisa berarti akan ada orang yang jatuh sakit di rumah tersebut.
  • Mimpi hujan badai yang merusak menyimbolkan sebuah hukuman atas dosa dosa di wilayah yang terkena hujan. Mimpi berteduh dari hujan menyimbolkan sebuah penundaan perjalanan karena menderita sakit atau kesulitan finansial.

2. Arti mimpi bercermin

Cermin merupakan sebuah benda yang bisa memantulkan refleksi diri dari orang yang bercermin. Cermin juga bisa dilihat dari gambar diri seseorang Mimpi bercermin atau melihat orang lain bercermin memiliki tafsir yang sangat banyak, tergantung seperti apa detail mimpi yang dialami. Berikut mimpi tentang cermin:

  • Mimpi melihat orang sakit bercermin berarti orang tersebut akan segera meninggalkan dunia ini.
  • Mimpi bercermin pada cermin perak menyimbolkan hilangnya wibawa dan kesulitan.
  • Mimpi bercermin pada cermin emas menyimbolkan tingkat keimanan yang tinggi dan bangkit dari kemiskinan.
  • Mimpi seorang perempuan bercermin berarti dia akan mendapatkan keturunan perempuan juga.
  • Mimpi seorang laki-laki bercermin berarti dia akan mendapatkan keturunan laki laki juga.
  • Mimpi mencari sosok seorang di dalam cermin berarti orang yang mengalaminya akan kehilangan harta atau akal pikirannya.

3. Tafsir mimpi Berlari

Sama dengan mimpi mimpi lainnya, tafsir dari mimpi berlari tergantung dari seperti apa kondisi mimpi yang dialami. Berikut arti dari mimpi berlari:

  • Mimpi berlari dari sesuatu berarti sebuah usaha mendekatkan diri kepada Tuhan karena ingin mencari pertolongan dan keamanan.
  • Mimpi berlari tanpa rasa takut menyimbolkan kematian dirinya.
  • Mimpi berlari dari bahaya berarti sebuah pengabdian, kesadaran iman,dan perbuatan baik.
  • Mimpi berlari menunggangi kuda menyimbolkan permohonan akan dikabulkan dengan cepat, selamat dari masalah atau melarikan diri dari Tuhan.

4. Arti mimpi telanjang

Salah satu mimpi yang sering dialami orang adalah mimpi telanjang. Meski kedengarannya aneh, kenyataannya setiap orang setidaknya pasti pernah mengalami mimpi ini. Berikut arti mimpi telanjang:

  • Mimpi telanjang merupakan simbol dari kejelasan dan kemurnian batin tapi juga bisa berupa pertanda adanya tindakan yang akan disesalkan di kemudian hari.
  • Mimpi melihat diri sendiri telanjang berarti akan terlibat dalam sebuah skandal memalukan.
  • Mimpi telanjang di tempat yang tak terlihat orang berarti ada musuh yang berniat mengungkap aib.
  • Mimpi telanjang tanpa rasa malu merupakan pertanda akan melakukan sesuatu dan bekerja terlalu keras dalam hal tersebut.

5. Tafsir mimpi madu

Madu dikenal sebagai minuman yang kaya akan khasiat. Sama halnya ketika memimpikan minuman yang satu ini. Kehadirannya dalam mimpi memiliki arti positif. Berikut arti mimpi madu:

  • Mimpi madu merupakan simbol dari kesuksesan dalam sukses cinta, bisnis dan hal hal lainnya yang menyangkut hubungan dengan orang lain.
  • Mimpi madu murni berarti pertanda akan terlepas dari hal hal buruk yang terjadi dalam diri.

Hitungan Weton Jodoh

Mimpi merupakan refleksi diri, dan datangnya bisa dari Allah maupun setan. Tetapi, jika Grameds ingin mengetahui lebih banyak mengenai tafsir mimpi dan bagaimana cara menghitung weton untuk jodoh. Grameds bisa membaca buku dan dapatkan bukunya yang tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha memberikan yang terbaik

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda