in

Komitmen Dalam Hubungan: Pengertian, Manfaat, dan Tips Menjaganya

unsplash.com

Komitmen dalam Hubungan – Komitmen sendiri mempunyai arti bahwa mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk pasangan yang sudah dipilihnya. Komitmen akan membuat hubungan menjadi lebih dari sebelumnya bisa dibilang akan lebih kuat dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. Lalu, bagaimana sih komitmen yang ada di dalam sebuah hubungan? Jawabannya banyak banget, ada yang bisa menerima perbedaan sudut pandang dengan pasangannya, tidak mengekang pasangannya dan yang terakhir saling melengkapi kekurangan satu sama lain karena hidup akan kesusahan jika tidak ada satu orang yang menolong disaat jatuh.

Pengertian

Komitmen merupakan sebuah landasan penting yang harus dipunya pasangan dalam menjalani hubungan. Bentuk komitmen dalam sebuah hubungan dapat dilihat dari adanya sebuah kepercayaan, komunikasi yang baik, hingga membuat target dalam sebuah hubungan.

Contohnya saat Grameds dan pasangan sudah mengetahui apa itu komitmen maka komitmen ini akan menjadi pegangan dalam sebuah hubungan untuk bisa beradaptasi dalam menyamakan pemikiran dan sudut pandang untuk mencapai suatu tujuan. Tanpa sebuah komitmen, sebuah hubungan tidak hanya akan menjadi status tanpa tujuan yang tidak jelas dan tidak tahu arah.

Sri Kuntjoro beranggapan bahwa komitmen adalah menunjukan rasa keterlibatan, loyalitas dan identifikasi yang sudah dinyatakan oleh seseorang. Steers dan Porter juga mengatakan bahwa pendapatnya tentang komitmen bahwa komitmen merupakan keadaan dimana seseorang terikat oleh sebuah tindakan. Hal tersebut akan berdampak pada munculnya sebuah keyakinan untuk menunjang aktivitas dalam keterlibatannya.

Komitmen dalam suatu hubungan asmara merupakan salah satu komitmen yang penting untuk menjadi dua orang insan yang saling mencukupi.

Menurut psikologi, komitmen itu mempunyai beberapa arti, yaitu sebagai berikut:

1. Kamu selalu mengajak pasanganmu dan menggunakan kata ‘kami’

Apabila Grameds sudah berkomitmen tinggi pada seseorang, pasti akan selalu menggunakan kata ‘kami’ untuk merujuk kepada diri sendiri dan orang yang pastinya spesial. Contohnya, ada seseorang yang bertanya tentang kegiatan Grameds yang sudah dilakukan bersama seseorang yang spesial pada weekend dan seketika itu Grameds pasti akan menjawab dengan kata ‘Kami’ untuk menyatakan bahwa kebersamaan antara diri sendiri dan seorang pasangan yang spesial di hidup Grameds.

2. Kamu melihat pasangan sebagai seseorang yang positif.

Dalam komitmen hubungan yang pertama kali dipikirkan adalah saat Grameds sudah melihat pasangannya sebagai sesuatu yang positif. Walaupun pasangannya mempunyai kekurangan, Grameds pasti akan selalu mengutamakan kelebihan dari pasangannya. Namun, kadang hal tersebut membuat seseorang seolah mengesampingkan atau bahkan tidak masalah dengan sisi negatif dari pasangan untuk tetap terus menjalani hubungan yang sedang dijalani. Pasangan itu akan tetap bahagia selama sisi negatif tersebut tidak menyakiti satu sama lain dan menerima semuanya.

3. Selalu melengkapi satu sama lain

Biasanya pasangan yang sudah mempunyai hubungan yang penuh komitmen karena mereka sudah berhasil untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain. Pastinya setiap manusia mempunyai kebutuhan yang berbeda juga. Apabila mereka sudah menemukan pasangan yang mampu melengkapi kebutuhannya, otomatis maka mereka tidak mempunyai masalah untuk berkomitmen pada pasangannya. Namun, jika Grameds masih sulit untuk menuntut komitmen dari pasangannya, coba deh pahami lagi apa yang menjadi kebutuhannya.

4. Kamu juga tidak butuh untuk perhatian orang lain

Komitmen yang sesungguhnya di dalam hubungan tersebut tidak butuh lagi untuk perhatian dari orang lain dan bahkan Grameds pun tak memperhatikan orang lain lagi. Dalam hubungan dengan pasangan, Grameds ga bakalan mencari pasangan alternatif. Bahkan ya, Grameds pun juga ga sadar bahwa ada keberadaan orang lain. Apabila Grameds hanya terus memandangi pasangan saja, maka ini adalah kesempatan yang baik untuk berkomitmen.

5. Kamu berhasil membuat pasangan bahagia

Arti komitmen selanjutnya adalah disaat Grameds sudah berhasil membuat pasangan puas dengan kehadiran Grameds dan pastinya bahagia jika disamping Grameds. Kepuasan juga adalah salah satu penentu yang paling kuat dalam komitmen. Apabila pasangan Grameds puas maka pasangan Grameds pun akan siap menaruh komitmen yang lebih.

6. Kamu rela berkorban apapun untuk pasangan

Bukan untuk memikirkan diri sendiri, namun arti komitmen ini merujuk pada Grameds yang sangat rela berkorban untuk seorang pasangan. Sebaliknya, jika Gramedspun juga tidak memikirkan untuk balasan yang sama dari pasangan. Hal ini terjadi karena Grameds mempunyai pandangan yang cukup luas terhadap mengambil keputusan yang baik dalam hubungan Grameds.

7. Menyatukan perbedaan

Perbedaan sering kali menjadi sebuah alasan dalam retaknya sebuah hubungan seseorang. Namun, untuk mengatasi itu semua, kedua belah pihak perlu untuk menyatukan sebuah perbedaan dan pastinya berdamai dengan perbedaan yang ada jika ingin selalu terus bersama. Menyatukan dua isi kepala yang berbeda pastinya juga dibutuhkan sebuah usaha yang tidak mudah, selain itu tidak hanya dilakukan dengan hanya sebuah kata – kata saja namun juga sebuah tindakan.

8. Menjadi diri sendiri

Jika sudah berkomitmen satu sama lain maka artinya keduanya sudah bisa menerima kondisi pasangan apa adanya. Tidak ada salahnya Grameds untuk tetap menjadi diri sendiri, namun jika pasangan Grameds mempunyai komitmen maka seharusnya dia akan selalu menerima semua kelebihan dan kekurangan yang ada. Namun, Grameds juga perlu untuk tetap berusaha menjadi yang terbaik dari sebelumnya supaya diri sendiri bangga dan pasangannya makin sayang juga.

Macam-Macam Komitmen

Komitmen dalam Hubungan
unsplash.com

 

Selain dari pasangan komitmen ini ada bermacam-macam, contohnya komitmen dari diri sendiri, orang lain, bahkan sebuah organisasi. Tidak hanya menciptakannya, namun juga harus berpegang pada komitmen yang ada. Untuk lebih memahami apa ada sih komitmen yang ada di dalam kehidupan sehari-hari? simak tulisan di bawah ini

1. Diri sendiri

Komitmen yang terjadi pada diri sendiri adalah komitmen yang paling dasar dalam hidup. Komitmen pada diri sendiri juga menjadi acuan dorongan untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Contohnya adalah komitmen dalam hidup yang lebih sehat, komitmen untuk selalu bahagia dan masih banyak lagi.

2. Dalam hubungan

Dalam menjalin hubungan asmara, baik itu dalam hubungan pacaran maupun sudah menikah komitmen merupakan hal yang sangat penting. Komitmen juga akan mempermudah pasangan untuk selalu berkompromi dalam menjaga sebuah hubungan. Komitmen ini dapat diwujudkan dalam bentuk sikap yang setia, saling terbuka, rela berkorban, saling percaya dan pastinya sama – sama menatap ke masa depan bersama.

3. Dalam Pekerjaan

Komitmen pada sebuah pekerjaan akan membuat sebuah pekerjaan akan membuat tanggung jawab yang ada di kantor akan terasa sangat lebih mudah untuk dikerjakan. Karena, komitmen membuat seseorang menyelesaikan pekerjaannya atas dasar kemauannya sendiri dan pastinya tanpa paksaan siapapun. Dengan begitu, pekerjaan pastinya akan terasa menjadi sangat ringan dan mudah untuk dikerjakan. Misalkan seorang pekerja yang sudah berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaannya sesuai jam kerja kantor dan dapat pulang tepat pada waktunya.

Tips untuk Tetap Menjaga Komitmen Bersama Pasangan

Dalam hidup kita tak bisa menghindari sebuah komitmen yang pastinya identik dengan hubungan asmara. Menjalin hubungan asmara adalah salah satu hal yang tersulit jika dibandingkan dengan komitmen yang lainnya. Karena selain menyatukan dua insan namun juga harus keluarga besar dari dua orang tersebut. Namun, Grameds tenang saja ada beberapa tips untuk tetap menjaga komitmen dengan pasangannya supaya bisa tetap harmonis dan langgeng.

1. Saling percaya

Saling percaya merupakan salah satu kunci yang harus dipegang dalam menjaga komitmen hubungan asmara. Jangan selalu ragu dan berpikir negatif ke pasangannya. Berikan pasangan ruang yang cukup untuk dirinya sendiri. Karena, jika terlalu posesif maka hal tersebut akan menimbulkan konflik dan ragu juga kepada pasangannya.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

2. Jadikan pasangan sebagai Sahabat terbaik di hidupmu.

Saat pasangan dijadikan sebagai sahabat maka akan lebih mudah untuk saling terbuka dan berbagi keluh kesah satu sama lain. Selain sebagai sahabat, pasangan akan selalu menjadi partner dalam segala situasi dan kondisi. Dengan begitu, hubungan yang terjalin akan tetap menjadi erat dan makin kompak.

3. Membuat target dengan pasangan

Dengan membuat target kepada pasangan maka hal tersebut adalah salah satu cara untuk memperkuat komitmen yang ada. Adanya target maupun tujuan juga akan membuat hubungan menjadi lebih terarah dan pastinya susah untuk lari dalam hubungan yang sudah dijalin.

4. Harus ada timbal balik

Untuk menjalin hubungan yang lebih baik pastinya harus ada hubungan dua arah atau timbal balik. Jika Grameds sangat mencintai seseorang secara mendalam dapat memberikan keberanian maka dicintai seseorang akan memberikan kekuatan juga dalam menjalani kehidupan.

Manfaat Komitmen dalam Sebuah Hubungan

1. Dapat Menyelesaikan Konflik dengan Baik

Dalam menjalin relasi pada siapapun pasti ga akan terlepas dengan konflik. Jika Grameds dan pasangan sedang menghadapi konflik maha dihadapi jangan lari. Saling terbuka, menerima semua kritik, tidak menyalahkan satu sama lain dan dapat mendengarkan sehingga bisa saling memaafkan dan yang terakhir bekerja sama untuk menemukan solusinya.

2. Tidak menyembunyikan Hubungan

Salah satu manfaat yang didapat jika sudah saling berkomitmen adalah memperkenalkan pasangan di depan umum atau di depan keluarganya bahkan kadang juga mengunggah fotonya di media sosial. Secara langsung memberikan gambaran bahwa kalian sedang dalam kondisi ang baik-baik saja kepada publik. Selain itu memperlihatkan kebersamaan di depan publik akan meminimalisir perilaku yang tidak menyenangkan seperti berselingkuh.

3. Sering menghabiskan waktu bersama

Salah satu ciri bahwa hubungan yang sudah berkomitmen adalah sering menghabiskan waktu bersama. Tidak harus secara fisik kadang bisa saja sering melakukan komunikasi secara virtual ataupun saling menelpon setelah beraktifitas. Ketika sudah sering menghabiskan waktu bersama-sama, maka hubungan yang terjalin secara tidak langsung akan semakin dekat.

Jika Grameds sudah paham tentang cara dan arti sebuah komitmen maka ada baiknya sekarang langsung mendiskusikan kepada pasangan. Cobalah untuk berkata jujur kepada pasangan, apabila mempunyai pandangan yang berbeda sampaikan lah dengan jelas tanpa basa-basi lagi. Campbell juga menekan bahwa pasangan yang sudah dewasa maka akan merasa nyaman untuk membahas topik-topik yang kurang nyaman sehingga bisa menjalin hubungan yang baik dan sehat juga dikemudian hari.

Buku tentang Komitmen

1. Psikologi Pasangan: Manajemen Konflik Rumah Tangga

Komitmen dalam Hubungan

Perbedaan di antara pasangan suami istri dapat membuat keduanya merasa saling membutuhkan dan melengkapi tetapi dapat juga memicu adanya konflik. Banyak pasangan suami istri yang merasa tidak saling memahami padahal telah banyak waktu yang mereka jalani bersama.

Buku Psikologi Pasangan Manajemen Konflik Rumah Tangga karya Muhammad Iqbal Ph.D.dan Kisma Fawzea S.Psi. ini membahas perbedaan psikologi pasangan (suami dan istri) yang dapat memunculkan beragam konflik keluarga misalnya perbedaan pengaturan keuangan perselingkuhan perbedaan pemikiran (logika atau hati) dan peran yang tidak seimbang. Buku ini juga memuat banyak kisah nyata terkait konflik keluarga yang bisa direnungkan dan diambil hikmahnya. Dengan bahasa yang ringan dan komunikatif buku ini dapat menjadi teman setia dalam menyelami dan memahami kehidupan rumah tangga. Jangan lupa dapatkan buku ini di Gramedia.com!

2. Hujan

Komitmen dalam Hubungan

Buku hujan ini merupakan salah satu rekomendasi untuk Grameds baca, didalamnya terdapat dua orang insan yang bertemu disaat waktu yang tidak diinginkan. Mereka sama-sama berjuang untuk terus bersama walaupun berbeda lingkungan, perjuangan dan komitmen mereka dikemas manis dalam satu buku ini. Pembaca akan dibuat baper saat membacanya. Buku ini cocok sekali untuk menemani waktu senggang Grameds dan pastinya mempunyai pesan dan kesan tersendiri setelah membacanya. Jangan lupa untuk membelinya di Gramedia.com ya, karena ada diskon menanti untuk Grameds!

3. Laut Bercerita

Komitmen dalam Hubungan

Buku laut bercerita merupakan salah satu buku best seller tiap tahun yang pastinya sudah ramai juga dibicarakan sebagian pembaca betapa berkomitmennya Laut dalam menjaga keluarganya dan kekasihnya untuk tetap tidak terjadi apa – apa saat itu. Buku yang asik untuk dibaca dan pastinya memberikan kesan manis setelah selesai membacanya, buku ini juga cocok untuk Grameds melihat perjuangan Laut yang bikin empati pembacanya tercabik – cabik. Jangan lupa untuk membeli bukunya di Gramedia.com, karena banyak sekali diskon yang menanti Grameds!

4. Bumi

Komitmen dalam Hubungan

Bumi adalah sebuah cerita anak remaja yang mempunyai kemampuan istimewa. Lalu, mereka pergi ke dunia paralel bumi bertemu dengan klan lain dan bertemu dengan Tamus yang mempunyai ambisi untuk membebaskan si Tanpa Mahkota dan kemudian nantinya akan menguasai bumi. Kehidupannya tetap berjalan normal, meskipun untuk dirinya sendiri. tidak jarang Raib menjahili orangtuanya dengan tiba-tiba menghilang, lalu muncul kembali secara tiba-tiba membuat kaget kedua orangtuanya.

Komitmen yang mereka lakukan sampai akhirnya menjadi cerita manis dirangkum didalam buku Bumi. Tere Liye memberikan banyak kejutan ditiap halaman yang direpresentasikan oleh Raib, membuat pembaca dapat menikmati cerita yang seolah tidak akan ada habisnya. Tere Liye berhasil meracik buku ini sebagai bahan baca para pecinta novel sastra maupun fantasi.

Yuk dapatkan buku-buku Tere liye di Gramedia.com !

5. Komitmen Mengajar

Komitmen dalam Hubungan

Sebelum yang sudah dijelaskan, komitmen bukan saja tentang percintaan saja namun ada tentang perkejaan. Buku ini menjelaskan tentang komitmen mengajar, kinerja dosen pada perguruan tinggi, landasan mengajar, kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang dosen, strategi pembelajaran, ciri-ciri komitmen dosen yang profesional, tolak ukur tinggi rendahnya komitmen mengajar dosen, faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen dosen. Buku ini juga menjelaskan tentang definisi konseptual dan operasional, serta indikator-indikator Komitmen Mengajar lengkap dengan contoh kuesionernya. Buku ini cocok bagi profesi pengajar seperti para dosen, guru, dan siapa saja yang tertarik untuk mengajar, serta mahasiswa yang sedang penelitian dan mengambil tugas akhir. Yuk, dapatkan bukunya di Gramedia.com!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda