in

Mengenal Bridesmaid, Tugas dan Perbedaanya dengan Pagar Ayu

Bridesmaid – Apakah Grameds pernah mendengar kata “Pagar Ayu”? Kemudian apa bedanya dengan bridesmaid yang popular di acara pernikah anak zaman sekarang? Tepat sekali, kedua istilah tersebut memiliki perbedaan arti tidak hanya sebagai mendampingi pengantin. Bridesmaid atau pengiring pengantin biasanya dilakukan oleh wanita muda yang sudah cukup umur.

Yang biasa kita kenal sebagai bridesmaid ini adalah pekerjaan yang menyenangkan dan mengasyikkan karena ikut andil dan terlibat dalam acara penting orang terdekat kita. Sebagai pengiring pengantin adalah sebuah kehormatan dan kesempatan untuk memiliki kenangan seumur hidup dengan teman dan kerabat terdekat kita.

Jika Grameds salah satu yang  beruntung terpilih, maka Grameds perlu mengetahui banyak hal dan belajar dengan tepat apa saja yang termasuk kewajiban menjadi seorang pengiring pengantin. Termasuk apa saja yang diperlukan, dan apa  peran bridesmaid sebenarnya. Grameds bisa simak artikel ini sampai selesai yang menjelaskan apa itu bridesmaid, tugas, dan perbedaannya dengan pagar ayu:

Apa Itu Bridesmaid?

Secara bahasa, bridesmaid berarti pengiring pengantin yang menjalankan tugasnya tidak hanya pada hari pernikahan, tetapi juga sebelum  acara pernikahan tersebut berlangsung. Jumlah orang yang ditunjuk untuk menemani pengantin wanita  biasanya bervariasi dari berjumlah lima orang hingga sepuluh orang. Salah satu pengiring pengantin kemudian terpilih sebagai pemimpin dan bertindak sebagai perantara antara pengiring pengantin dan calon pengantin.

Bridesmaid adalah seseorang yang diinginkan pengantin wanita  menjadi bagian dari pernikahannya sejak awal. mereka juga akan  sibuk merencanakan pernikahan dan biasanya dipercaya  menjadi yang paling dekat dengan mempelai wanita. Sebagai pengiring pengantin, dia bertanggung jawab untuk membantu pengantin wanita mempersiapkan acara pernikahannya.

Tugas yang sebenarnya  dilakukan  tergantung pada jumlah kebutuhan pengantin  dan ukuran acara sebenarnya dari pernikahan tersebut. Artinya acara yang diinginkan pengantin juga akan mempengaruhi tugas yang harus dilakukan bridesmaid-nya.

Salah satu aspek terpenting menjadi pengiring pengantin adalah mengurangi “ketegangan” pengiring pengantin. Tidak jarang  calon pengantin merasa sedikit “stres” saat menjelang hari bahagianya. Bagaimana dengan mempelai pria karena bridesmaid sendiri adalah pengiring pengantin wanitanya?

Bagi Grameds yang sedang mempersiapkan pernikahan, jangan panik ya. Berikut ini buku yang kami tawarkan untuk Anda supaya dapat mempersiapkan pernikahan dengan baik.

Kini, pengiring pengantin pria juga menjadi pendamping pengantin pria yang memiliki peran berbeda. Orang-orang terbaik tidak hanya  berdiri dengan penampilan yang baik, tetapi juga menemani calon pengantin pria. Dia juga berfungsi sebagai penasihat, membantu pengantin pria dan membantu dalam rincian perencanaan pernikahan. Di bawah ini adalah kewajiban atau tugas pengiring pengantin yang perlu Grameds ketahui:

Tugas Bridesmaid

Jika Grameds dipercaya menjadi bridesmaid, maka perlu menemani pengantin jauh sebelum  pernikahan sampai hari H pernikahan digelar. Tentu saja, jika Grameds setuju untuk menjadi pendamping di  pernikahan sahabat Grameds, maka harus meluangkan waktu untuk memberikan segalanya untuk membantu sahabat Grameds tersebut, terutama tenaga dan waktu.

Hal ini biasanya untuk menjalankan tugas- tugas rinci yang berkaitan dengan pernikahan. Berikut ini adalah rincian kewajiban atau tugas yang perlu dilakukan oleh seorang bridesmaid atau pengiring pengantin:

1. Melayani Mempelai Calon pengantin

Tugas bridesmaid yang pertama adalah melayani kedua mempelai dan berperan sebagai support system. Tentu saja, ini dimulai dengan merencanakan semua acara dan upacara pra-pernikahan dan menghadiri seluruh acara, seperti pesta pertunangan, pesta bujangan, latihan, pesta makan malam, dll.

Bahkan jika dalam perencana pernikahan, mereka bisa mengatur acara pernikahan adalah tugas pengiring pengantin  untuk mengkonfirmasi ulang seluruh jadwal untuk melihat apakah semua persiapan sudah sesuai atau belum. Oleh karena itu, tidak jarang pengiring pengantin dan pengiring pria berjumlah lebih dari 38 orang.

2. Memakai Busana Seragam

Jika biasanya kita  melihat sekelompok orang dengan kostum pernikahan yang terlihat seperti “seragam” , bisa jadi  itu adalah tim pengiring pengantin dan pengiring pria. Seragam ini biasanya diberikan oleh kedua mempelai dengan warna yang telah ditentukan. Mereka juga bertanggung jawab untuk melengkapi dan mengumpulkan seragam  dari toko pakaian itu sendiri. Misalnya, model khusus  untuk mengenakan seragam yang direncanakan. Jadi Grameds bisa tanyakan kepada calon pengantin tentang model dan warna seperti yang mereka inginkan untuk konsep acara pernikahannya.

3. Mengurus Pesta Lajang

Tidak banyak orang yang menyelenggarakan acara pernikahan dengan bridesmaid, tetapi pengiring pengantin dan pengiring pria akan menjadi tuan rumah pesta. Ini adalah tugas pranikah yang paling penting dari seorang pengiring pengantin. Acara ini dimaksudkan untuk menantikan hari pernikahan pengantin, tetapi juga dapat membantu mereka untuk menghilangkan stres. Pengantin baru penuh dengan rencana dan  membutuhkan sesuatu untuk  lebih rileks. Misalnya, pertemuan dengan teman dekat atau pesta kecil sebelum pernikahan.

4. Pengiring Pengantin

Peran utama bridesmaid adalah membantu calon pengantin dalam merencanakan pernikahan dan membantu pengantin wanita sesuai dengan apa yang ia butuhkan. Tidak hanya itu, tentunya pengiring pengantin akan memasuki resepsi (jika diperlukan). Selama resepsi, mereka berinteraksi dan menari dengan pengiring pengantin pria dan tamu penting lainnya.

Dia juga datang lebih awal ke acara untuk menyambut tamu dan membimbing para tamu undangan ke tempat duduk mereka. Bridesmaid juga membantu mendistribusikan undangan atau program pernikahan kepada para tamu. Selain itu juga membantu tugas pelayan pengantin pria.

5. Memberi Dukungan mental

Selain pengiring pengantin berjalan menyusuri lorong dan berdiri di resepsi, dia juga memainkan peran penting. Tugas pengiring pengantin adalah memberikan dukungan spiritual kepada calon pengantin. Sebagai orang yang dipercaya, mereka juga harus menerima curhat dari calon pengantin. Tidak jarang calon pengantin memiliki banyak masalah sebelum menikah.

Misalnya jika ada masalah yang datang secara tiba-tiba. Hal itu membuat kedua mempelai lelah secara fisik dan  mental. Dalam keadaan seperti ini, tugas pengiring pengantin adalah hadir sebagai tempat mengadu dan mengadu bagi kedua mempelai. Jadi diharapkan bridesmaid ini adalah pendengar yang baik dan siap memberikan dukungan moral setiap saat.

Buku di bawah ini semoga dapat membantu Anda untuk memperiapkan pernikahan lebih matang.

6. Membantu Persiapan Pernikahan

Tugas utama menjadi bridesmaid adalah membantu persiapan acara. Perlu Grameds ketahui bahwa menjadi bridesmaid tidaklah mudah. Grameds wajib  siap siaga jika calon pengantin membutuhkan bantuan, baik pada hari H juga sebelum acaranya. Banyak yang perlu Grameds lakukan, contohnya fitting baju, membeli sepatu, mencari makeup artist, atau persiapan lainnya.

7. Mempersiapkan Bridal Shower

Tidak lengkap rasanya tanpa acara bridal shower. Bridal shower adalah festival yang merayakan pembebasan kehidupan lajang wanita sebelum pernikahan mereka. Pengiring pengantin biasanya mengadakan “pesta perpisahan” untuk pengantin lajang di tempat-tempat seperti kedai kopi, restoran, dan tempat liburan seperti pulau dan lainnya.

8. Teman Curhat

Tentu ada beberapa hal yang harus dihadapi pengantin baru dalam mempersiapkan acara ini. Bridesmaid hadir untuk mendengarkan keluhan dan masalah yang dihadapi  pengantin baru saat mempersiapkan acara besar mereka. Tentu saja, sebagai pengiring pengantin, Grameds harus menjadi pendengar yang baik.

9. Menjaga Barang Pengantin

Di hari H, terutama calon pengantin pasti  kewalahan dengan barang bawaannya. Tugas Grameds sebagai bridesmaid adalah mengurus hal-hal penting seperti ponsel dan dompet pengantin tersebut.

10. Memastikan Calon pengantin Perempuan Tidak Kelaparan

Makanan adalah hal terakhir yang dipikirkan pengantin wanita. Selama acara pernikahan,  pengantin baru akan bertemu banyak  tamu. Karena itu, Grameds perlu memastikan dia  makan sebelum acara dan memastikan dia tidak kelaparan atau kehausan saat acara agar pengantin tetap nyaman dan sehat selama acara.

11. Ikut Memberi Saran

Selain pekerjaannya sebagai pengiring pengantin, bridesmaid juga memberi nasihat tentang pertanyaan tentang persiapan pernikahan. Ini biasanya terjadi sebelum  pernikahan dimulai. Bisa satu bulan atau satu minggu sebelum acara. Seringkali, semua pengantin baru membutuhkan nasihat tentang detail yang berkaitan dengan persiapan pernikahan, seperti memilih pakaian untuk dekorasi pernikahan.

Hal ini perlu diwaspadai oleh semua pihak. Untuk membantu Grameds mempersiapkan pernikahan calon pengantin lebih lancar. Nantinya, pengantin baru akan mengumpulkan semua saran yang diberikan oleh semua orang. Dengan mengumpulkan semua saran, pengantin baru ingin membuat keputusan terbaik.

12. Tempat Berekeluh Kesah

Kebanyakan pengantin baru sering di uji dalam bentuk masalah yang berkaitan dengan persiapan pernikahan. Ini sebenarnya kebiasaan, karena kebanyakan pasangan tergoda dari mana saja sebelum mereka menikah. Tapi jangan khawatir. Setiap pengantin baru membutuhkan saudara, teman, dan teman  yang dapat memecahkan masalah baru.

Oleh karena itu, diharapkan kehadiran bridesmaid di pesta pernikahan Grameds menjadi tempat mengadu, dan tentunya kehadirannya akan menjadi support system dan pendengar yang baik untuk menjadi calon pengantin.

Anda perlu membaca ini saat Anda muncul keinginan untuk menikah.

13. Membuat Acara Bridal Shower

Pengiring pengantin juga menyelenggarakan acara non-pernikahannya sendiri, termasuk bridal shower. Acara ini diadakan untuk merayakan pelepasan pesta lajang  pengantin terakhir sebelum pernikahan. Perusahaan pengantin biasanya  memberikan kejutan kepada pengantin dan memberi mereka hadiah khusus.

Acara ini adalah tugas lain ketika terpilih sebagai pengiring pengantin. Yang perlu Grameds ketahui adalah bahwa  bridal shower ini dirancang tanpa sepengetahuan  pengantin baru. Semoga acara ini membawa kejutan dan kejutan bagi mereka yang menjadi pengantin. Ingatlah untuk memiliki acara bridal shower ini untuk pengantin yang memang mereka inginkan.

Jika Grameds seorang pengiring pengantin, ini  sangat mengasyikkan untuk melakukan. Grameds dapat merayakan hari bahagia dengan sahabat Grameds di pesta pernikahan dan Grameds pasti akan merasa bahagia. Ingatlah untuk melakukan yang terbaik untuk pengantin wanita dan sahabatmu ini.

Perbedaan Bridesmaid Dengan Pagar Ayu

Padahal, tidak ada perbedaan yang berarti antara arti pengiring pengantin dan pagar ayu. Namun, mungkin ada sedikit perbedaan dalam bentuk alokasi tugas. Hal ini memungkinkan bridesmaid biasanya memiliki tugas untuk menemani calon pengantin wanita, bahkan sebelum pernikahan: Sementara itu, kebanyakan Pager Ayu hanya bertugas sebagai pendamping  pengantin di hari pernikahan mereka saja.

Misalnya, pengantin wanita ketika memasuki sebuah gedung, atau bertindak sebagai pengiring pengantin di antara para tamu. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bridesmaid bukanlah pagar ayu atau mendampingi pengantin saja. Pagar ayu biasanya kita temukan di pesta pernikahan adat Jawa.

Umumnya pagar ayu juga memiliki pendamping pria yang berdiri di  tempat diadakannya resepsi pernikahan. Pagar ayu biasanya berasal dari keluarga mempelai wanita sendiri. Tugas Grameds jika menjadi pagar ayu adalah menyambut tamu dan resepsionis, mengantar pengantin ke resepsi, dan menjadi pemegang bunga.

Berikut ini perbedaan dasar antara bridesmaid dengan pagar ayu lebih lengkapnya:

1. Pengertian Istilah

Dalam tradisi Jawa, ada Pagar Ayu yang berarti pengiring pengantin. Biasanya, Pagar Ayu ditemani oleh Pagar Bagus yang jumlahnya enam orang genap. Orang yang menjadi Pagar Ayu biasanya dari keluarga besar calon pengantin. Kemudian ketika seseorang yang menjadi Pagar Ayu  menikah,  otomatis suaminya  menjadi Pagar Bagus.

Bridesmaid adalah kata bahasa Inggris untuk pengiring pengantin (perempuan) di Indonesia, dan bridegrooms man berarti pengiring pengantin (laki-laki). Mereka menunjukan sekelompok pasangan lajang yang baru menikah yang akan menjadi anggota keluarga dan teman dekat. Jumlahnya bisa bervariasi dan  bisa genap atau ganjil.

Dalam kelompok pengiring pengantin, salah satunya dipilih sebagai Maid of Honor atau Pembantu Kehormatan. Dengan kata lain, dia adalah pemimpin dan  orang yang paling dekat dengan pengantin.

Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa pengiring pengantin wanita dan pria terbaik harus lajang, dan Pagar Ayu dan Pagar Bagus tidak harus lajang. Selain itu juga bridesmaid mungkin tidak saling mengenal karena mereka adalah keluarga atau sahabat dekat pengantin.

2. Tugas Pengiring Pengantin

Maknanya hampir sama, namun tugas bridesmaid berbeda dengan Pagar Ayu atau Pagar bagus. Tugas Pagar Ayu dan Pagar Bagus biasanya  pengantin pria ketika pengantin memasuki altar atau gedung resepsi, dan menemani para tamu. Tugas bridesmaid tidak hanya menjadi pengiring pengantin ketika memasuki altar atau gedung resepsi, tetapi  juga untuk menemani pengantin jauh  sebelum resepsi.

Mereka juga memberikan panduan seperti pemilihan sepatu, pemilihan gaun pengantin, menjadi wedding organizer (WO), membantu berkoordinasi dengan WO,  dan mengadakan bridal shower. Dapat dikatakan bahwa bridesmaid bertindak sebagai asisten pribadi  pengantin wanita, dan pelayan pengantin pria menjadi asisten pribadi  pengantin pria. Sementara di resepsi, Pagar Ayu dan Pagar Bagus berperan sebagai pengiring pengantin saja.

3. Pemberian Kain

Ini adalah tradisi tidak tertulis bagi bridesmaid untuk berpakaian seragam dari pengantin. Pada Pagar Ayu dan Pagar Bagus biasanya mendapatkan paket yang sudah termasuk make up. Pengiring pria mempelai pria tidak selalu memakai riasan gratis.

Pengiring pengantin laki-laki ikut serta dalam seluruh acara, sehingga tidak dapat disangkal bahwa pengiring pengantin laki-laki juga menghadiri acara tersebut, seperti di luar resepsi pernikahan. Di Amerika Serikat saja, mereka  bisa menghabiskan ratusan dolar untuk berkontribusi pada pernikahan ini.

Inilah tiga perbedaan utama antara Pagar Ayu, Pagar Bagus, dan Bridesmaid maupun Groomsmen. Jangan  salah paham untuk tugas pengiring pengantin tidak hanya menjadi pendamping pengantin pria dan pengiring pengantin saat memasuki altar atau gedung resepsi saja, tetapi  juga untuk menemani pengantin jauh  sebelum resepsi.

Nah, itulah penjelasan tentang mengenal apa itu bridesmaid dan tugas- tugasnya dalam sebuah acara pernikahan. Apakah Grameds sudah siap menjadi bridesmaid atau berniat mengundang mereka? Perlu digarisbawahi bahwa bridesmaid dan pagar ayu  memiliki perbedaan tugas yang mendasar. Jadi jika Grameds membutuhkan bantuan untuk mengurus acara pernikahan, maka bisa memutuskan untuk merekrut bridesmaid dari orang-orang terdekat.

Dipercaya sebagai acara yang sakral, seseorang perlu mempersiapkan acara pernikahan dengan matang. Grameds bisa membaca banyak referensi buku tentang persiapan pernikahan, baik cara maupun hal-hal di luar itu pada koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com seperti rekomendasi buku yang telah kami sebutkan di atas. Selamat belajar. #SahabatTanpabatas.

Penulis: Lala Nilawanti



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nanda