in

15 Persiapan Pernikahan Yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Menikah

15 Persiapan Pernikahan Yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Menikah – Pernikahan adalah upacara pengikatan janji untuk menikah yang dilakukan oleh satu pasangan untuk meresmikannya dalam ikatan perkawinan.

Pernikahan dilakukan menurut norma agama, norma hukum, dan juga norma sosial yang berlaku. Dalam pelaksanaannya, pernikahan memiliki beragam variasi sesuai dengan tradisi suku, agama, budaya, dan kelas sosial.

Pernikahan juga merupakan suatu momen spesial yang dirasakan oleh sepasang kekasih beserta keluarga dan teman yang menyaksikan. Momen ini tentunya dilakukan secara sakral menurut adat dan agamanya masing-masing. Karena momen ini sakral maka harus dipersiapkan secara matang agar proses pernikahan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana.

Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa persiapan-persiapan yang harus dilakukan sebelum pernikahan berlangsung. Persiapan tersebut juga harus disepakati oleh pasangan, karena merekalah nanti yang menjalani proses pernikahan tersebut. Ada beberapa persiapan pernikahan yang harus disiapkan, persiapan seperti penjelasan berikut ini.

beli sekarang

Buku ini hadir membantu para pemuda, pasangan, orang tua, dan juga konselor pranikah dan keluarga agar mereka memiliki pemahaman yang komprehensif terkait persiapan pernikahan. Bagi mereka yang akan menikah, buku ini bisa digunakan sebagai bimbingan yang praktis terkait persiapan pernikahan. Bahkan bagi pasangan yang sudah menikah pun tidak terlambat dalam menggunakan buku ini, karena buku ini tetap masih cocok bagi mereka.

1. Persiapan Mental

Yang paling utama dalam persiapan pernikahan adalah persiapan mental. Calon pengantin antara pria dan wanita harus memiliki kesiapan mental jika ingin melakukan pernikahan. Pernikahan bukanlah suatu hubungan yang sederhana seperti pada saat masa pacaran. Kalian akan menghadapi hidup yang baru, menjalani suka dan duka hidup berdua dengan pasangan kalian, dan merasakan hal-hal lain yang belum pernah kalian rasakan berdua.

Persiapan mental ini juga berhubungan dengan persiapan kalian untuk membangun rumah tangga ketika sudah menikah. Mental yang sudah siap tentu akan membuat keluarga menjadi harmonis.

Selain itu, kalian juga harus menyiapkan diri dari masalah yang akan datang di dalam rumah tangga kalian. Adanya kehidupan baru pasti juga ada masalah baru yang datang, kalian berdua harus bisa mencari solusi untuk hal tersebut. Karena sejatinya pasangan suami istri harus bisa memberikan solusi jika ada masalah keluarga yang terjadi, tidak boleh ada orang lain yang mencampuri urusan kalian berdua.

2. Persiapan Finansial

Selain mental, finansial pun juga harus dipersiapkan. Ketika ingin menikah tentu ada biaya-biaya yang harus dikeluarkan dalam acara pernikahan, ini menjadi hal yang penting untuk menikah.

Setelah acara pernikahan finansial juga sangat penting untuk kehidupan rumah tangga kalian. Jika ingin menikah tentunya finansial kita harus stabil, kita harus punya pekerjaan tetap agar bisa menafkahi keluarga dengan aman. Banyak biaya yang harus dikeluarkan setelah menikah seperti memikirkan tempat tinggal, biaya hidup sehari-hari, biaya untuk anak, biaya untuk rumah, dan biaya lainnya untuk menyejahterakan keluarga

Setelah menikah juga kita tidak akan bergantung kepada orang tua, di mana dari kecil kita selalu dibiayai dan diberi uang jajan oleh orang tua. Setelah menikah kita harus mampu menghidupi diri  sendiri dan keluarga. Suami istri perlu bekerja sama untuk urusan finansial dan membicarakannya secara mendalam untuk masa depan keluarga.

3. Restu dari Keluarga

Pernikahan tidak hanya menikahkan antara sepasang kekasih pria dan wanita saja. Melainkan pernikahan juga artinya menikahkan kedua keluarga antara keluarga pria dan keluarga wanita. Karena pernikahan ini akan menyatukan kedua keluarga maka harus dilandasi oleh restu dari keluarga juga, khususnya restu dari orang tua.

banner-promo-gramedia

Mempersatukan kedua keluarga adalah budaya yang ada di Indonesia. Meski yang menikah hanya sepasang kekasih, namun karena budaya yang sudah lama mengakar dan menjadi tradisi maka mempersatukan kedua keluarga adalah hal yang penting di dalam pernikahan.

Jika restu keluarga sudah didapatkan maka setelah menikah tentu keluarga baru kalian akan diperhatikan oleh kedua keluarga karena keduanya terlah merestui. Jika kalian tidak direstui tentu akan merepotkan hubungan kalian dengan keluarga ke depannya. Terutama pada saat ada acara besar keluarga kalian akan merasa sungkan jika pernikahan kalian tidak mendapat restu dari mereka.

4. Menentukan Jadwal Pernikahan

Hal lain yang tidak kalah penting adalah penentuan jadwal pernikahan. Jadwal pernikahan biasanya ditentukan ketika kedua keluarga sedang bersilaturahmi membicarakan masalah pernikahan. Agenda yang penting dalam pernikahan salah satunya adalah jadwalnya itu sendiri.

Jadwal pernikahan diusahakan tidak mepet dengan tanggal ketika kalian merencanakannya. Misalnya kalian berunding jadwal pada bulan Januari maka kalian bisa menentukan acara pernikahan pada bulan Juli sampai Desember. Rentang waktu yang lama tersebut bisa digunakan untuk mempersiapkan hal-hal lainnya. Waktu yang cukup lama juga akan membuat persiapan menjadi lebih matang.

5. Mengikuti Bimbingan Pranikah

Persiapan lainnya dalam pernikahan adalah dengan mengikuti bimbingan pranikah. Bimbingan pranikah sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan. Dalam Undang-undang tersebut berisi tentang calon pengantin diwajibkan untuk mengikuti bimbingan pranikah yang diadakan oleh Kantor Urusan Agama Kementerian Agama RI.

Bimbingan pranikah biasanya dilaksanakan selama dua hari dengan waktu yang ditentukan oleh pihak KUA setelah pasangan mendaftarkan diri untuk bimbingan pranikah.

Bimbingan pranikah ini sangat berguna untuk calon pengantin agar lebih paham mengenai seluk beluk pernikahan. Semua akan dijelaskan oleh ahlinya dalam proses bimbingan pernikahan ini. Pernikahan tidaklah suatu proses yang mudah maka dari itu diperlukan bimbingan yang cukup agar calon pengantin memahami risiko-risikonya.

6. Melakukan Tes Kesehatan

Sebelum melakukan pernikahan perlu melakukan tes kesehatan, sebagai calon pengantin tentu tes kesehatan adalah hal yang penting dilakukan sebelum pernikahan berlangsung. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi apakah ada penyakit-penyakit berbahaya yang ada pada diri calon pengantin atau tidak.

Dalam melakukan tes kesehatan biasanya dilakukan beberapa tes meliputi, tes golongan darah dan rhesusnya, TORCH, tingkat gula darah, USG Ginekologi, dan penyakit menular.

Melakukan tes kesehatan dianjurkan jauh-jauh hari sebelum acara pernikahan berlangsung, misalnya enam bulan sebelum pernikahan. Hal tersebut dilakukan jika ada suatu penyakit maka bisa dilakukan penanganan medis secara segera dan pernikahan bisa berlangsung lancar setelah itu.

7. Menentukan Budget Pernikahan

Budget adalah hal  yang perlu dipersiapkan pada awal rencana ingin mempersiapkan pernikahan. Budget adalah hal yang sensitif untuk dibicarakan karena menyangkut keseluruhan acara pernikahan. Konsep, katering, dan tempat pernikahan akan sesuai dengan keinginan jika memiliki budget yang cukup.

Calon pengantin harus berunding untuk budget pernikahan. Karena konsep dan hal-hal lain yang berhubungan dengan acara pernikahan ada di tangan calon pengantin. Jika ada keterbukaan antar calon pengantin maka akan lebih mudah untuk mempersiapkan acara pernikahan.

Kalian juga bisa menyesuaikan acara pernikahan dengan budget yang kalian miliki. Biasanya pihak keluarga juga ikut memikirkan apa saja yang ada di dalam acara pernikahan termasuk adat dan tradisi yang dilakukan. Jika budget sudah sesuai maka acara dapat berlangsung dengan aman.

Baca juga: Rangkaian Acara Pernikahan adat Jawa

8. Menentukan Konsep Pernikahan

Setelah selesai membicarakan masalah budget, selanjutnya menuju pada konsep pernikahan. Konsep pada pernikahan biasanya berdasarkan keinginan dari calon pengantin, namun tidak menutup kemungkinan pihak keluarga juga ikut campur dalam hal ini. Biasanya pihak keluarga menyarankan memasukkan adat pernikahan dalam konsep pernikahan anaknya.

Sebelum menentukan konsep secara mendalam, kamu bisa memilih konsep dasar dari acara pernikahanmu. Konsep-konsep dasar tersebut seperti formal, semi formal, atau santai. Setelah menentukan konsep dasar, kamu bisa menentukan konsep secara detail.

Konsep pernikahan secara detail bisa kamu dapatkan dari berbagai sosial media. Kamu bisa memilih dan memilah agar mendapatkan inspirasi dari beragam konsep yang ada. Kamu bisa menyesuaikan konsep sesuai keinginanmu dan pasanganmu. Konsep detail pernikahan bisa dipilih dengan adat istiadat atau konsep modern universal. Kamu bisa membicarakannya dengan keluarga dan pasanganmu.

beli sekarang

Melalui buku ini, penulis mengajak kita untuk mengingat bahwa pernikahan Anda harus menjadi teladan bagi pernikahan anak, cucu dan keturunan Anda selanjutnya. Pada saat anak telah berumah tangga, cara mereka menjalankan rumah tangga akan meniru teladan Anda.

banner-promo-gramedia

9. Menggunakan Jasa Wedding Organizer

setelah menentukan konsep pernikahan, kalian bisa menggunakan jasa wedding organizer dalam mewujudkan konsep pernikahan kalian. Dengan jasa wedding organizer kalian akan dimudahkan karena kamu tidak mengurusnya sendirian. Kalian bisa tinggal memberikan konsep kepada mereka dan mereka akan mengurus semuanya. Biaya menggunakan jasa wedding organizer dengan mengurus sendiri tidaklah jauh berbeda.

Jasa wedding organizer bisa menyesuaikan hal-hal yang dibutuhkan dalam acara pernikahan seperti MC, musik, katering, tempat, dekorasi, dan paket lain yang disediakan oleh jasa wedding organizer. Hal ini juga bisa kalian bicarakan dengan pasangan kalian untuk menentukan apakah akan menggunakan jasa ini atau mengurus pernikahan kalian sendiri.

10. Menentukan Katering

Katering merupakan budget yang paling besar dikeluarkan dalam acara pernikahan. Katering juga sangat berpengaruh dengan tamu undangan kalian. Katering yang bagus tentu tamu undangan akan merasa senang karena disajikan hidangan yang membuat mereka kenyang dan takjub karena adanya beragam menu yang ada.

Sebelum menentukan katering kalian juga harus melihat berapa jumlah tamu yang datang. Kalian bisa mengira-ngira dari jumlah undangan yang kalian sebar untuk tamu undangan. Hal ini dilakukan agar dalam acara pernikahan kalian tidak terjadi kekurangan makanan.

Selain itu, kalian juga bisa mencicipi makanan yang ingin kamu jadikan hidangan pada acara pernikahan kalian. Mencicipi makanan sangat penting, karena kalian juga harus memastikan makanan yang kalian pesan untuk acara pernikahan kalian hasilnya sesuai dengan yang kalian harapkan. Kalian juga bisa berkonsultasi dengan pihak katering karena mereka juga bisa menyesuaikan jumlah porsi yang tepat.

11. Menentukan Tempat Pernikahan

Ketika kamu sudah memiliki konsep pernikahan kamu kamu bisa mewujudkannya dengan menentukan tempat yang ingin kamu pilih untuk acara pernikahan kamu. Tempat pernikahan yang biasa digunakan adalah gedung atau hotel. Biasanya dalam memilih gedung memiliki kesulitan karena banyaknya gedung yang sudah dipesan. Memilih gedung pernikahan juga berdasarkan budget yang dimiliki. Jika gedung yang sesuai budget telah dipesan orang lain maka akan menjadi hambatan.

Kalian bisa mengantisipasi kehabisan tempat pernikahan dengan membuat daftar tempat pernikahan yang ingin kalian pesan. Kalian harus ada rencana lain ketika tempat pernikahan yang satu sudah penuh maka kalian bisa memesan tempa yang lain. Jika tempat pernikahan sudah dipesan dan sesuai keinginan maka persiapan lain terasa lebih mudah untuk direalisasikan.

12. Menentukan Dekorasi

Jika tempat pernikahan sudah ditentukan maka selanjutnya adalah mendekor tempat pernikahan sesuai dengan konsep yang kamu miliki. Kalian juga bisa menyerahkan konsep dan dekorasi yang dipasang di tempat pernikahan kalian dengan jasa wedding organizer. Mereka memiliki banyak pengalaman dalam mengatur acara pernikahan, tentunya mereka bisa menyarankan dekorasi yang cocok dengan konsep pernikahanmu.

Dekorasi juga hal yang penting karena dekorasi adalah hal yang pertama kali dilihat oleh tamu undangan ketika memasuki gedung pernikahan. Dekorasi harus terlihat bagus agar tamu merasa senang ketika melihatnya. Tentunya dekorasi harus cocok dengan konsep sebelumnya.

13. Baju Pengantin

Baju pengantin juga tidak kalah penting karena baju pengantin adalah hal yang paling dilihat oleh para tamu undangan. Baju pengantin yang dikenakan juga harus sesuai dengan konsep. Jika konsep pernikahanmu sesuai dengan adat istiadat maka kamu harus memakai baju adat yang sesuai. Sedangkan jika memiliki konsep modern atau yang lainnya, kamu bisa menyesuaikannya lagi dengan konsep tersebut.

Jika kamu pusing dengan harga pengantin yang mahal jika membuatnya maka kamu bisa saja menyewa baju pengantin. Baju pengantin hanya sekali saja dipakai, kamu tidak perlu repot membuatnya atau membeli, kamu bisa menyewanya untuk acara pernikahanmu. Biasanya baju pengantin tidak hanya satu saja, namun ada baju ganti yang lain agar pengantin selalu terlihat segar jika acara berlangsung lama.

14. Undangan Pernikahan

Hal penting lainnya adalah undangan pernikahan. Undangan pernikahan harus memiliki desain yang bagus juga. Lebih bagus lagi jika desain undangan pernikahan sesuai dengan konsep pernikahan yang telah dibuat. Kalian bisa membuat undangan pernikahan dengan dua cara yaitu secara digital dan secara fisik seperti undangan pada umumnya.

Undangan versi digital bisa kalian buat semenarik mungkin dan disebarkan lewat sosial media. Untuk undangan fisik atau konvensional juga hal yang penting disiapkan karena hal tersebut adalah kebiasaan dalam pernikahan di mana undangan selalu dalam kondisi cetak atau fisik.

Selain desain, jumlah undangan juga harus disesuaikan dengan budget yang kalian miliki dan besar gedung pernikahan kalian. Jika memiliki gedung yang luas dan budget yang besar, kalian bisa mengundang tamu yang banyak. Namun, jika gedung pernikahanmu tidak begitu besar, dan budget yang kamu miliki tidak cukup banyak, kamu bisa mengundang tamu sesuai yang kamu inginkan jumlahnya.

15. Cenderamata Pernikahan (Souvenir)

banner-promo-gramedia

Cenderamata juga hal yang penting untuk dipikirkan. Cenderamata bisa menjadi kenang-kenangan yang kamu berikan kepada tamu undanganmu. Jika kamu memberikan cenderamata yang berkesan maka pernikahanmu tentunya akan diingat oleh teman-teman dan keluarga yang kamu undang.

Kamu bisa memilih cenderamata pernikahan sesuai dengan konsep pernikahanmu. Sesuai konsep agar semuanya serasi. Jika semua serasi maka akan terlihat bahwa acara pernikahanmu ini telah memiliki struktur yang baik. Tamu undangan yang menerima juga akan senang kalau cenderamata yang kamu berikan itu berguna, bukan hanya sebagai pajangan saja.

beli sekarang

Buku ini mengupas tuntas masalah pernikahan, mulai dari fikih pernikahan, persiapan pernikahan, prosedur dan persyaratan nikah ke KUA, cara menggapai keluarga sakinah mawaddah warrahmah (SaMaRa), tips membahagiakan pasangan, dan memahami manajemen konflik rumah tangga. Buku ini akan sangat bermanfaat, baik bagi mereka yang mau menikah maupun mereka yang sedang menjalani pernikahan.

Baca juga; 

Grameds, demikianlah paparan mengenai beberapa persiapan pernikahan yang harus kamu siapkan jika kamu ingin melaksanakan pernikahan dengan pasanganmu. Hal yang utama adalah persiapan mental, finansial, dan restu keluarga. Jika persiapan tersebut sudah bisa dilewati maka persiapan yang lainnya juga dapat terealisasikan dengan baik.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan ilmu-ilmu lainnya mengenai persiapan pernikahan atau ilmu di luar hal tersebut, kalian bisa membeli dan membaca buku dari Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah  menyediakan berbagai buku yang mungkin berguna untuk kamu. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq