in

Apa itu Cinta? Pengertian, Ciri, dan Makna

Apa itu Cinta? – Cinta sangat identik dengan perasaan kasih sayang, suka, dan sebagainya. Semua orang pastinya juga pernah merasakan cinta, mulai dari bayi, remaja, dan juga dewasa. Cinta tentunya ada pada masing-masing individu, namun cara mengungkapkan sebuah cinta juga akan berbeda-beda. Cinta tidak hanya membahas persoalan pasangan, namun di dalam sahabat dan keluarga juga terdapat cinta.

Setiap orang memiliki berbedaan pemahaman soal cinta. Hal ini tentunya akan membuat bingung pagi orang yang tidak mengetahui arti sebenarnya dari cinta. Jadi, apa itu cinta?

Bila dijabarkan secara umum, cinta ini tidak memiliki arti yang konkret. Cinta itu tidak bisa dilihat secara nyata, namun hanya bisa dirasakan pada setiap orang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cinta adalah suka sekali, sayang benar, kasih sekali, terpikat, ingin sekali, berharap sekali, rindu, khawatir, dan risau.

Pada dasarnya cinta termasuk dari bagian hidup kita. Tidak mungkin seseorang hidup tanpa cinta dan kasih dari orang-orang di sekitarnya. Contohnya seperti ibu kita sendiri. Tidak mungkin seorang ibu tidak cinta kepada anaknya, dan juga sebaliknya.

Dalam buku ini, mereka menuliskan keresahan masing-masing ke dalam bentuk puisi. Kang Maman sebagai tokoh publik dan sering bersinggungan dengan berbagai hal di dunia hiburan, terlihat dalam tema-tema puisinya yang beragam. Sementara Gus Nadir yang memiliki latar sebagai akademisi sekaligus kiai banyak menulis tentang hubungan dengan Tuhan dan Rasul.

Agar kalian juga tidak bingung apa arti sebenarnya dari cinta maka di bawah akan dipaparkan beberapa pengertian cinta menurut para ahli. Berikut adalah pengertian cinta.

Apa itu Cinta?

1. Zick Rubin

Menurut Zick Rubin, cinta adalah suatu sikap yang ditunjukkan dari seseorang kepada orang lain yang memiliki nilai sebagai sesuatu yang istimewa, memiliki rasa, memengaruhi pikiran, dan juga tingkah laku.

2. Masters, W. H., dkk.

Menurut Masters, W. H., dkk. cinta merupakan suatu tugas yang sulit. Artinya setiap manusia tidak hanya mencintai laki-laki maupun perempuan. Manusia dapat mencintai yang lainnya juga seperti, Tuhan, orang tua, saudara, hewan peliharaan, negara, makanan kesukaan, pelangi, dan kegiatannya sehari-hari.

3. Robert J. Sternberg

Menurut Robert J. Sternberg, dalam teorinya tentang segitiga cinta diungkapkan bahwa cinta adalah bentuk emosi paling dalam dan yang paling diharapkan dari diri manusia. Manusia akan melakukan segala cara seperti menipu, berbohong, mencuri, bahkan membunuh atas nama cinta dan bisa lebih mementingkan mati daripada kehilangan cinta.

4. Liebowitz

Menurut Liebowitz cinta adalah cinta adalah perasaan positif yang kuat dan dirasakan oleh seseorang. Cinta juga perasaan positif terkuat yang pernah dirasakan oleh manusia. Dari setiap jenis cinta yang dirasakan, elemen yang paling penting adalah perhatian terhadap orang yang dicintai.

5. Hendrick dan Hendrick

Hendrick dan Hendrick memiliki pandangan yang berbeda daripada ahli lain, menurutnya tidak ada fenomena yang dapat menggambarkan apa itu cinta. Cinta adalah perasaan emosional dan mental yang kompleks. Setiap individu mengalami tipe-tipe cinta yang berbeda bentuk dan kualitas.

Ciri-Ciri Cinta

Berikut adalah ciri-ciri atau tanda bahwa kamu sedang jatuh cinta.

banner-promo-gramedia

Buku tersebut adalah buku kumpulan puisi yang berjudul “Jika Dia Benar-Benar Mencintaimu” karya @Alfikrirmt.

1. Senang Berada di Dekatnya

Saat kamu mencintai seseorang, pastinya kamu akan selalu senang ketika kamu sedang berdekatan dengannya. Hidupmu akan terasa lebih menyenangkan ketika ada di sampingnya. Biasanya orang yang sedang jatuh cinta akan melakukan beberapa hal kecil seperti, jalan bersama, makan bersama, dan mengobrol berdua.

Hal tersebut adalah yang menandakan bahwa kamu jatuh cinta dengannya. Kamu ingin selalu di dekatnya. Ke mana pun ia pergi kamu pasti ingin mengikutinya. Bahkan ketika sudah bertemu, sulit rasanya untuk berpisah ke rumah masing-masing.

2. Menghargai Waktu Pasangan

Menghargai waktu pasangan adalah salah satu dari ciri-ciri cinta. Ketika kamu sudah mengerti apa itu cinta maka kamu tidak akan merasa diabaikan ketika pasangan sedang memiliki kegiatan lain di luar. Dalam hal ini kamu harus menghargai waktu pasanganmu.

Hal yang perlu kamu tahu adalah hidup pasangan tidak selalu tentang kamu, dia juga memiliki kehidupan pribadinya sendiri, begitu juga sebaliknya. Pasangan harus dapat saling menghargai waktunya masing-masing.

Waktu ini harus ada pembagian yang tepat, kamu bisa membagi waktu untuk pasanganmu, dan kamu juga bisa membagi waktu untuk urusanmu yang lain. Pembagian waktu ini harus seimbang, jangan hanya karena kamu memiliki pasangan, kamu melupakan teman, sahabat, dan keluargamu.

3. Ingin Mereka Bahagia

Umumnya cinta adalah sebuah pemberian kasih sayang. Dengan cinta kamu akan memiliki inisiatif untuk melakukan sesuatu agar mereka bahagia. Kamu menganggap bahwa kebahagiaan mereka adalah suatu hal yang penting bagimu. Perasaan kamu akan fokus untuk mendukung, membantu, dan memahami kebutuhan mereka daripada kebutuhanmu sendiri.

Cinta membuat kita rela untuk melakukan apa saja untuk mereka. Mereka yang dimaksud bisa saja keluarga, sahabat, dan pacar. Jika kamu sudah merasa melakukan hal ini, maka kamu sudah mulai ada rasa mencintai.

4. Memiliki Rasa Percaya

Kepercayaan adalah hal yang utama dalam setiap hubungan. Ketika kamu sudah percaya dengan pasanganmu, maka kamu tidak akan merasa rentan dengan hubungan kalian karena kamu tahu pasanganmu akan selalu jujur.

Jika telah ada rasa percaya yang kuat, hindarilah bentuk sikap posesif yang terlalu tinggi. Jangan banyak menuntut pasanganmu karena hanya kamu terlalu khawatir. Telah mempercayai pasangan artinya dapat menunjukkan kejujuran, keterbukaan, dan rasa menghargai masing-masing.

5. Menerima Kekurangan Masing-Masing

Jika kamu cinta maka kamu tidak masalah untuk menerima kekurangan pasanganmu. Kamu juga berharap bisa membantu pasangan agar lebih baik lagi. Kekurangan bukanlah masalah dalam suatu hubungan, pastinya kamu bisa mengatasi hal itu.

Saat menjalin hubungan tentunya harus saling mendukung satu sama lain. Hubungan yang sehat adalah setiap pasangan bisa membantu kekurangan pasangannya. Saling melengkapi adalah hal yang baik dalam cinta.

6. Saling Menyayangi

Menyayangi termasuk dalam sebuah cinta. Menyayangi dan mencintai ini adalah hal yang terpenting dalam sebuah hubungan. Perasaan menyayangi dapat terlihat dari perlakuan pasanganmu. Jika pasanganmu tulus denganmu maka ia akan memperlihatkannya tidak hanya melalui perkataan, namun perbuatan juga.

Hal tersebut tentunya akan menciptakan kenyamanan satu sama lain. Pasangan yang tulus akan selalu bersifat baik kepadamu, tidak hanya jika ada maksud tertentu saja.

7. Menjalin Komunikasi yang Sehat

Untuk mendapatkan hubungan yang harmonis tentunya harus memiliki komunikasi yang sehat di dalam hubungan. Komunikasi sehat adalah dengan menceritakan semua hal yang kepada pasanganmu tanpa kebohongan. Kamu bisa selalu menceritakan apa yang sedang kamu alami mulai dari hal menyenangkan sampai menyedihkan.

Kamu juga harus memberikan reaksi yang baik ketika mengobrol dengan pasangan. Kamu juga harus bisa untuk menjadi pendengar yang baik. Kalau perlu berilah solusi semampu kamu, namun kebanyakan seseorang hanya ingin ceritanya didengar, tidak terlalu butuh solusi jika bukan masalah serius.

8. Saling Melengkapi

Cinta artinya saling melengkapi, maka di dalam hubungan sebaiknya setiap pasangan bisa saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Kehadiran pasanganmu tentunya sangat berarti. Kekurangan pasangan harus bisa ditutupi dengan kelebihan yang lain dari kita.

Pasangan harus saling mendukung, jika ada masalah kecil tentunya harus bicara baik-baik dan memberikan solusinya. Kedua belah pihak juga harus memiliki perasaan yang sama, jika ada yang berbeda mungkin ada hal ganjil yang harus diselesaikan dalam hubunganmu.

banner-promo-gramedia

Buku ini saya tuju kan untuk pasangan yang sudah memiliki anak remaja meskipun tidak menutup kemungkinan pasangan muda yang baru menikah untuk membaca buku ini. Mereka tentu saja sedang melakukan banyak sekali persiapan agar pernikahan mereka langgeng dan berhasil.

9. Merasa Selalu Rindu

Ciri-ciri ini sangat sering dirasakan setiap orang yang merasakan cinta. Mereka akan merasa selalu rindu jika belum bertemu dengan pasangan. Padahal waktu tidak bertemu juga masih sebentar. Namun pasangan yang masih dalam gejolak cinta yang tinggi akan sering mengalami rindu.

Rindu itu juga perlu dalam hal cinta. Jika kita tidak rindu artinya kita juga tidak memikirkan pasangan kita. Walaupun sama-sama sibuk, pasti ada rasa kerinduan untuk bertemu dengan pasangan. Namun kalian juga harus menghargai kesibukan pasangan kalian, jangan bertingkah seperti anak kecil yang selalu merengek ketika keinginan belum bisa dicapai.

10. Merasa Senang Ketika Mengingatnya

Dalam hal cinta, seseorang akan selalu merasa senang jika mengingat orang-orang yang mereka cintai. Salah satu ilmuwan antropolog biologi mengatakan bahwa otak kita yang memproduksi dopamin yang dipicu oleh tindakan dari cinta dan sedang memikirkan orang lain akan menyebabkan kamu merasa gembira. Maka jika kamu merasakan pusing di sela-sela kebahagiaan, berarti dopamin dalam otak terproduksi dengan banyak karena kegembiraanmu.

11. Banyak Melakukan Hal Baru

Saat sedang jatuh cinta tentunya kamu dan pasanganmu memiliki hobi dan kegiatan yang berbeda. Perbedaan ini yang membuat kamu penasaran dengan hobi dan kegiatan pasanganmu. Kamu bisa saja mencoba hobi dari pasanganmu. Hal-hal baru yang dipelajari dari pasangan juga bisa menjadi referensi kegiatan untuk kita.

Tidak hanya dari pasangan, kamu juga bisa mengajak pasanganmu untuk mencoba hal baru di luar hobi dan kegiatan kalian. Kamu bisa mencoba makanan baru, menonton acara baru, pergi ke tempat yang baru, mencoba aktivitas yang baru ketika bekencan, dan lain-lain.

Makna Cinta

Makna cinta merupakan pemberian cinta kepada seseorang tanpa mengharapkan balasannya. Selain itu, makna cinta juga dianggap sebagai ketulusan seseorang untuk membahagiakan orang lain.

1. Deficiency Love

Abraham Maslow mengatakan bahwa cinta dapat diartikan sebagai perasaan yang muncul dan disebabkan oleh adanya suatu kekurangan. Bentuk cinta deficiency love dari Abraham Maslow ini bisa disingkat menjadi D-Love.

D-Love ini dapat dianalogikan seperti seseorang yang kesepian kemudian ia berusaha mencari orang lain untuk menemaninya agar tidak kesepian. Dalam teori tersebut cinta digambarkan sebagai sesuatu yang fokusnya pada diri sendiri, di mana lebih banyak menerima dari orang lain daripada memberi.

2. Being Love

Abraham Maslow juga memiliki teori bentuk cinta yang kedua yaitu being love. Makna dari being love ini adalah perilaku yang memiliki sifat tanpa syarat, tidak ingin mengubah perilaku orang lain. Di sini being love berarti suatu perasaan mencintai dan dicintai yang seimbang. Sifat ini adalah sifat yang tulus. Sifat ini bisa digambarkan seperti hubungan anak dengan orang tuanya.

3. Cinta Adalah Hasrat

Sterenberg dan Burners mengatakan bahwa cinta adalah hasrat. Hasrat yang dimaksud berupa keinginan dan kesukaan, sehingga membuat seseorang melakukan sesuatu untuk cinta tanpa mengharap balasan.

4. Cinta Adalah Perhatian dengan Orang lain

Cinta memiliki makna berupa sebuah perhatian terhadap orang lain. Seseorang pastinya akan lebih peduli dan memperhatikan orang yang ia sukai. Perasaan seperti itu akan berkembang dan dapat memberikan segalanya termasuk

5. Cinta Adalah Dekat dengan Orang Lain



Rubin mengatakan bahwa cinta merupakan suatu kedekatan dengan orang lain. Hal ini memberi makna bahwa cinta akan muncul ketika kita dekat dengan orang lain. Kedekatan kita dengan orang lain ini memicu adanya cinta yang muncul. Karena cinta, lama kelamaan dari yang hanya dekat bisa menjadi suka, sayang, hingga cinta. Kedekatan ini membuat seseorang lebih penting daripada orang lain.

6. Cinta Adalah Komitmen

Komitmen dalam cinta memiliki arti sesuatu yang melekat sehingga membuat orang benar-benar memiliki rasa tanggung jawab terhadap orang lain. Seseorang yang memiliki komitmen dalam cinta tidak akan merasa terpaksa untuk berhubungan dengan orang lain dalam waktu yang lama.

7. Cinta Adalah Rasa Percaya

Dalam cinta rasa percaya adalah hal yang utama. Makna dari cinta itu sendiri merupakan rasa percaya dengan orang yang dicintainya. Tidak mungkin seseorang mencintai orang lain tanpa mempercayainya. Konsep ini dapat digambarkan seperti seseorang yang sudah menyerahkan dirinya secara bebas kepada orang lain karena ia sudah sangat percaya dengan orang yang dicintainya.

Cinta adalah rasa, seperti kumpulan cerpen yang digagas oleh para penulis asal Kota Malang yang mengangkat tema Cinta ini. Ada beragam bentuk Cinta di dalamnya. Ada Cinta yang diungkapkan secara terang-terangan, ada yang sembunyi-sembunyi, dan ada pula yang tersiratkan lewat nyanyian hujan.

8. Cinta Adalah Keintiman

Sternberg juga memiliki konsep lain soal cinta, yaitu menganggap cinta sebagai suatu keintiman. Hal ini mirip dengan konsep dari Rubin bahwa cinta adalah kedekatan dengan orang lain. Cinta dikatakan keintiman adalah sebagai nafsu seseorang. Dalam konsep ini, cinta lebih mengarah pada gairah seseorang untuk memenuhi kebutuhan akan perasaan disayang dan menyayang.

9. Cinta Adalah Rasa Sayang

Seseorang yang cinta dengan orang lain akan memiliki rasa sayangnya sendiri. Rasa sayang tersebut dapat berkembang menjadi rasa cinta. Konsep ini adalah konsep yang paling  mudah dipahami bagi orang awam.

10. Cinta adalah Rasa Suka yang Berkembang

Perasaan suka dari dalam cinta tentunya bisa saja berkembang. Awalnya dari suka, lalu lama kelamaan akan timbul rasa cinta pada diri seseorang. Hal ini dapat diartikan sebagai proses yang terus berlanjut dan sifatnya linear.

Baca juga artikel terkait “Apa itu Cinta?” :

Grameds, seperti itulah penjelasan dari apa yang dimaksud dengan cinta. Jika kalian pernah merasakan cinta atau sedang bingung apakah dalam perasaan cinta, kalian bisa membaca artikel ini untuk dijadikan acuan.

Jika kalian ingin tahu persoalan tentang cinta lebih banyak lagi, kalian dapat membeli buku-buku yang ada di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas menyediakan berbagai buku yang mungkin kamu inginkan. Yuk, beli bukunya sekarang juga!

 

Buku itu adalah buku sastra yang berisikan kumpulan puisi tentang cinta karya Faruq Juwaidah.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq