in

Mengetahui Kapan Hari Valentine dan Sejarah Singkatnya

Siapa sih yang tidak tahu kapan Hari Valentine dirayakan? Tentu hampir semua orang tahu bahwa Hari Valentine diperingati setiap tanggal 14 Februari. Peringatan ini juga seringkali disebut sebagai hari kasih sayang. Walaupun sebenarnya kita semua bisa menyatakan kasih sayang kapan saja, tidak perlu menunggu hari khusus. Tapi momen spesial tersebut banyak dimanfaatkan banyak orang untuk menyatakan perasaan pada orang-orang yang dicintai. Momen Hari Valentine tidak hanya bisa kita tujukan kepada pasangan, tapi juga dapat kita tujukan kepada orang tua, sahabat, dan anak-anak tercinta. Tak heran bila hampir semua orang yang ada di berbagai negara merayakan Hari Valentine secara antusias. Mulai dari bertukar bunga, kado, coklat, atau hanya sekadar memberikan ucapan spesial.

Karena tercatat sebagai hari kasih sayang, kamu pasti akan melihat berbagai tempat perbelanjaan, jalanan, dan juga restoran dihias dengan nuansa pink atau merah muda. Lalu, bagaimana asal-usul atau sejarah dari Hari Valentine itu sendiri? Nah, supaya tidak penasaran, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Sejarah dan Kapan Hari Valentine Dirayakan?

Sesungguhnya, perayaan Hari Valentine tercipta karena adanya kematian dari seorang imam dan uskup (pemimpin jemaat untuk Agama Katolik di Roma) di Terni, Italia yang bernama Santo Valentine atau yang dikenal sebagai Valentinus pada abad 270 M. Pada saat itu, St. Valentine merupakan seorang pendeta yang sangat taat dengan agamanya dan selalu membantu orang lain. Bahkan, dirinya juga seringkali membantu orang-orang yang beragama Kristen yang ingin melarikan diri dari penjara Romawi yang terkenal dengan kekejamannya. Salah satu bukti dari kekejaman penjara tersebut yaitu adanya perlakuan yang tidak manusiawi dan sering memukul serta menyiksa orang-orang yang ada di dalamnya.

Sebagai salah seorang pendeta, St. Valentine mengabdi kepada Kaisar Claudius II pada saat itu memerintah di Roma. Akan tetapi, tiba-tiba saja, Kaisar Claudius II memberikan sebuah keputusan bahwa para laki-laki yang masing lajang tidak diperbolehkan menikah dan harus menjadi bala tentara. Dengan adanya keputusan tersebut, maka pastinya St. Valentine menentang. Sebab Ia merasa bahwa keputusan tersebut sangat tidak adil. Walaupun begitu, St. Valentine masih memberanikan diri untuk melanggar keputusan itu dengan cara menikahkan pasangan muda-mudi yang tengah jatuh cinta. Tapi sayangnya, tindakan tersebut didengar oleh Kaisar Claudius II dan akhirnya St. Valentine mendapatkan hukuman karena pelanggarannya. Hukuman yang Ia terima berupa hukuman mati dengan cara dipenggal kepalanya.

Sebelum adanya proses hukuman mati tersebut, St. Valentine dimasukkan ke dalam penjara. Disana, St. Valentine sempat berusaha untuk menyembuhkan anak gadis dari kepala sipir penjara yang pada saat itu buta. Setelah anak gadis itu sembuh, kepala sipir penjara itu berniat untuk membalaskan jasanya dengan cara menyelundupkan sebuah surat. Surat itu ditulis langsung oleh St. Valentine yang jatuh cinta kepada anak gadis yang Ia sembuhkan.

Bahkan di dalam surat terakhirnya, sebelum akhirnya Ia dihukum mati, St. Valentine memberikan beberapa frasa penutup berupa “From Your Valentine” atau yang artinya “Dari Valentine-mu”. Karena ekspresi cinta yang ada di dalam surat tersebut uang pertama kali ditulis pada abad ke 15, membuat banyak orang lain meniru tindakan tersebut untuk menulis surat cinta dan puisi kepada orang-orang tersayang. Hingga pada abad ke 17, ada sebuah tradisi yang dilakukan untuk merayakan Hari Valentine di seluruh dunia. Perasaan tersebut berupa tulisan kartu ucapan dan juga surat cinta sampai bertukar hadiah.

Cara Merayakan Hari Valentine

Setelah memahami bagaimana sejarah adanya perayaan Hari Valentine yang cukup mengharukan, sekarang kita akan membahas mengenai cara yang bisa kita lakukan untuk merayakan Hari Valentine bersama pasangan ataupun sendirian. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

Cara merayakan hari valentine untuk pasangan

Hari Valentine selalu identik dengan perayaan yang romantis untuk orang-orang yang berpasangan. Supaya hubunganmu bersama pasangan semakin romantis, kamu bisa mencoba untuk merayakan Hari Valentine dengan cara-cara di bawah ini.

1. Quality time

Meluangkan waktu untuk sekedar quality time bersama dengan pasangan sangat penting untuk dilakukan. Terlebih saat bertepatan dengan Hari Valentine. Untuk itu, cobalah meluangkan waktu berdua dengan bepergian bersama, makan, ataupun hanya sekadar maska bersama di rumah. Selain itu, kamu juga harus melupakan sejenak dunia maya atau media sosial dan menikmati waktu berdua dengan optimal.

2. Memberikan bunga

Banyak orang yang telah mencoba cara ini ketika merayakan Hari Valentine. Selain terasa lebih romantis, memberikan bunga kepada pasangan kita juga dapat mewakili ekspresi cinta dan kasih sayang kamu kepada orang tersebut. Akan tetapi, jangan sampai kamu salah dalam memberikan bunga ha. Sebab, setiap jenis bunga dapat mewakili arti masing-masing. Untuk menyatakan rasa cinta dan sayang, kamu bisa memberikan bunga mawar warna merah. Kemudian, untuk bunga mawar yang berwarna ungu bisa diberikan saat melakukan kencan pertama. Selanjutnya untuk bunga yang berwarna putih sangat cocok digunakan ketika di acara pernikahan. Sedangkan bunga mawar yang berwarna pink, kuning, dan oranye digunakan untuk menyatakan rasa gembira kagum, dan sebagai lambang persahabatan.

3. Kencan romantis

Kencan yang romantis merupakan salah satu momen yang paling cocok untuk merayakan Hari Valentine bersama pasangan terkasih. Misalnya saja, kamu dapat dinner atau makan malam berdua saja di suatu tempat makan yang romantis tanpa adanya gangguan dari orang lain.

4. Memberikan coklat

Selain bunga mawar, coklat juga identik dengan Hari Valentine. Walaupun cara tersebut tergolong klise, tapi tidak ada salahnya jika kamu memberikan coklat kepada orang yang tersayang sebagai ungkapan rasa cinta dan sayang. Supaya lebih spesial, kamu bisa membuat coklat sendiri di rumah ataupun meminta bantuan orang lain yang lebih mahir. Jangan lupa untuk memberikan kartu ucapan yang manis juga.

5. Melamar orang tercinta

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan Hari Valentine untuk melamar orang terkasih sebelum mencapai ke jenjang pernikahan. Apabila sudah siap untuk hidup bersama, kamu bisa menyatakan perasaan kamu kepada pasangan dengan memberikan cincin tunangan atau pernikahan. Cara tersebut sudah pasti sangat romantis dan tidak akan pernah terlupakan seumur hidup.

Cara merayakan hari valentine untuk single

Siapa bilang Hari Valentine hanya bisa dirayakan oleh orang-orang yang sudah mempunyai pasangan? Untuk kamu yang masih sendiri, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Valentine.

1. Menghabiskan waktu bersama teman

Cara merayakan Hari Valentine untuk para single yang pertama adalah menghabiskan waktu bersama sahabat atau teman. Kamu bisa menghubungi teman-teman kamu untuk berkumpul dan mencari aktivitas yang membuat kalian merasa gembira. Misalnya saja dengan menonton film, pesta barbeque di rumah, karaoke, dan lainnya. Sudah pasti Hari Valentine kamu akan lebih bermakna.

2. Berbagi kasih dengan sesama

Cara yang kedua yaitu kamu bisa merayakan Hari Valentine dengan berbagi kepada sesama. Bagikan kasih sayang dengan memberi bunga kepada orang-orang yang sedang sakit ataupun bersedih. Kamu bisa mengunjungi panti asuhan, panti jompo, atau lembaga sosial lainnya.

3. Me time

Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah Me Time. Ini adalah waktu dimana kamu menghabiskan waktu dengan diri sendiri tanpa adanya gangguan dari orang lain. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang membuat kamu bahagia. Misalnya saja pergi ke kedai kopi, belanja, klinik kecantikan, dan lainnya.

4. Menyatakan terima kasih

Merayakan Hari Valentine tidak harus memberikan sesuatu yang mahal. Sesederhana mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang-orang tersayang juga bisa bermakna untuk mereka. Ungkapkan rasa sayang dan juga rasa terima kasih kamu kepada guru, sahabat, orang tua, atau tetangga terdekat.

Perayaan Valentine di Berbagai Negara

Berikut ini adalah berbagai macam perayaan Hari Valentine di beberapa negara:

1. Denmark

Negara yang berada di Eropa Utara tersebut mempunyai tradisi perayaan Hari Valentine dengan cara bertukar puisi manis kepada orang lain. Tak hanya itu saja, mereka juga bisa memberikan kartu ucapan yang berisi tentang lelucon. Dimana biasanya hal itu disebut juga gaekkebrev. Apabila orang yang menerima kartu itu bisa menebak siapa identitas dari pengirimnya, maka mereka harus mendapatkan telur permen saat Hari Paskah.

2. Perancis

Beda halnya dengan Negara Perancis, dimana negara ini juga memiliki tradisi untuk merayakan Hari Valentine. Di zaman dahulu, ada kebiasaan antara pasangan muda-mudi. Yaitu sang wanita harus masuk ke sebuah rumah, sedangkan sang pria harus pergi ke rumah yang berada di seberang rumah wanita tersebut. Nantinya, mereka akan memanggil satu sama lain dari jendela. Akan tetapi, apabila pria tersebut tidak tertarik kepada sang wanita, maka dia bisa meninggalkannya. Nah, di kemudian hari akan diadakan api unggun dan para wanita yang ditinggalkan oleh para pria tersebut bisa membakar foto ataupun gambar pria tersebut.

3. Jepang

Di negara yang sering dijuluki dengan Negara Matahari Terbit ini juga memiliki tradisi dalam perayaan Hari Valentine. Yaitu di tanggal 14 Februari, para wanita harus memberikan coklat pada pria, baik itu teman, kekasih, atau teman. Akan tetapi, para pria tidak perlu memberikan balasan apapun. Kemudian pada bulan selanjutnya yaitu di tanggal 14 Maret atau seringkali disebut sebagai White Day, para pria harus membelikan coklat untuk diserahkan pada pasangan mereka masing-masing.

4. Jerman

Berbeda negara, berbeda juga tradisi dalam memperingati Hari Valentine. Terlebih untuk negara Jerman. Di negara tersebut, pada tanggal 14 Februari, para pria muda akan memberikan sebuah buket bunga yang cantik dan pesan cinta yang ditujukan kepada orang-orang yang mereka sayangi. Akan tetapi, jumlah bunga dalam buket itu harus ganjil, misalnya saja 1,3, atau 5, dan seterusnya. Apabila jumlah bunga yang ada di dalam buket berjumlah genap, maka mereka akan memperoleh nasib yang buruk.

5. Amerika Serikat

Masyarakat yang ada di Amerika Serikat kebanyakan akan merayakan Hari Valentine dengan cara mengungkapkan perasaan merek kepada orang-orang yang dicintai. Akan tetapi, akhir-akhir ini ada tren unik yaitu mereka akan mengirimkan kartu Anti-Valentine yang berisi tentang pesan menghina dan ucapan selamat tinggal. Pesan yang berisi tentang hinaan tersebut umumnya ditujukan kepada musuh. Sedangkan untuk ucapan selamat tinggal ditujukan kepada pasangan yang akan mengakhiri hubungan.

6. China

Para pemuda dan pemudi China umumnya akan merayakan Hari Valentine sebanyak dua kali, yaitu pada tanggal 14 Februari dan 7 Juli (berdasarkan kalender lunar China). Perayaan itu berasal dari dongen Tiongkok di zaman dahulu. Dalam perayaan tersebut menceritakan mengenai malam pertemuan dari dua bintang di langit. Dua bintang itu mewakili seorang anak gembala dan kekasihnya yang merupakan seorang penenun.

7. Italia

Di negara asal St. Valentine tersebut ada kebiasaan yang sering dilakukan oleh pasangan muda-mudi yang sudah bertunangan di tanggal 14 Februari. Tradisi tersebut biasanya berupa membeli keranjang dan juga cangkir porselen yang diisi dengan beberapa butir permen. Lalu diikat menggunakan pita. Ikatan pita itu merupakan tanda cinta mereka.

8. Korea

Apabila di Negara Jepang memiliki tradisi berupa “White Day”, maka di Negara Korea memiliki tradisi “Black Day”. Dimana pada tanggal 14 Februari, para remaja perempuan akan memberikan coklat kepada pasangan masing-masing atau orang yang mereka sukai. Nah, di bulan selanjutnya, yaitu pada tanggal 14 Maret, kekasih dadi remaja putri tersebut akan berbalik membalas pemberian coklat itu. Akan tetapi, bagi para remaja yang masih single atau belum memiliki kekasih, mereka bisa merayakan Hari Valentine sendiri yaitu di tanggal 14 april atau biasanya disebut “Black Day”. Pada peringatan “Black Day” tersebut, para remaja yang single akan duduk bersama dan makan mie jajang. Hal itu menunjukkan bahwa masing-masing orang mempunyai hari untuk dirayakan.

9. Britania Raya (UK)

Di Negara UK ini memiliki kebiasaan khusus dalam perayaan Hari Valentine yang melibatkan para remaja. Dimana para perempuan biasanya akan makan telur rebus yang dicampur dengan garam. Mereka menganggap bahwa hal itu akan membuat mereka bisa memimpikan calon suami. Adapun kebiasaan lain yang sering dilakukan saat perayaan Hari Valentine yaitu dengan menuliskan nama-nama pria di sebuah kertas dan menempelkan kertas tersebut di bola tanah liat. Bola tanah liat itu nantinya akan dijatuhkan ke dalam air. Nama pertama yang akan muncul lebih dulu bisa dianggap sebagai calon suami di masa depan.

Kata-kata ucapan Hari Valentine buat pacar

Setelah apa yang telah kamu berikan kepadaku, rasanya aku terlalu pelit bila tidak mengucapkan kata cinta kepadamu. Selamat Hari Valentine, Sayang.

Tetaplah disisiku, buat hidupku penuh dengan alunan nada yang indah dan lagu istimewa. Selamat Hari Valentine, Kekasihku.

Apapun yang lakukan, apapun yang kamu katakan, aku akan tetap menyayangimu seutuhnya. Happy Valentine’s Day.

Terima kasih karena sudah membuatku menjadi orang yang istimewa. Kamu adalah mimpiku yang jadi kenyataan. Kamu tidak pernah gagal membuatku bahagia setiap waktu. Happy Valentine.

Bagiku, setiap hari adalah Hari Valentine. Sebab, aku selalu mencintai dan menyayangi tak kenal waktu dan selamanya akan sama seperti itu. Selamat Hari Valentine, Sayangku.

Selamat Hari Valentine, Sayang. Kamu adalah bintang yang berkerlap-kerlip setiap hari di hidupku. Itulah salah satu alasan kenapa aku bersinar dengan begitu indahnya. Terima kasih karena sudah menjadi inspirasi dalam hidupku.

Kata-kata ucapan Hari Valentine romantis

Menjadi cinta pertama seseorang mungkin menjadi hal yang istimewa, tapi untuk menjadi yang terakhir adalah salah satu hal yang sempurna. Selamat Hari Valentine.

Valentine akan menjadi momen terindah dalam hidupku, karena ada kamu disisiku dan namamu selalu terpatri dalam jantungku.

Mungkin aku tidak bisa memberikan sesuatu yang berharga untukmu, tapi aku bisa memberikan cinta dan kasih sayang yang amat tulus padamu selamanya. Happy Valentine.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Umam