in

Mantan Masih Sayang Tapi Nggak Mau Balikan? Ternyata Ini Alasannya!

pexels.com

Mantan Masih Sayang Tapi Nggak Mau Balikan – Grameds baru saja merasakan putus dari kekasih? Mungkin beberapa minggu yang lalu, beberapa bulan yang lalu atau bahkan sudah beberapa tahun yang lalu. Dari pengalaman putus dengan kekasih tersebut, apakah Grameds merasa bahwa mantan masih sayang, tapi dia ga mau balikan?

Kira-kira apa sih alasan mantan masih sayang tapi nggak mau balikan? Dan apa saja ciri-ciri ketika mantan rupanya masih sayang? Simak beberapa tanda dan ciri ketika mantan rupanya masih sayang tapi dia ga mau balikan dan alasan mantan ga mau balikan.

Alasan Mantan Masih Sayang Tapi Nggak Mau Balikan

Mantan Masih Sayang Tapi Nggak Mau Balikan
unsplash.com

Rupanya tidak semua pria dapat menyudahi perasaan yang ia miliki pada perempuan yang pernah ia cintai sebelumnya. Bahkan beberapa pria, kemungkinan masih memikirkan kemungkinan yang ada untuk kembali bersama dengan perempuan yang ia cintai, meskipun hubungan yang ia miliki dengan perempuan tersebut telah lama berakhir.

Memang, tidak ada salahnya mengajak mantan untuk balikan. Akan tetapi sebelum mantan mulai mendekati mantan kekasihnya lagi, tentu saja ia akan berpikir secara matang-matang.

Apakah ia memang ingin benar-benar kembali menjalin hubungan bersama dengan sang mantan? Atau apa yang ia rasakan saat ini hanya karena bosan atau rasa kesepian saja? Apabila alasannya yang kedua, maka lebih baik Grameds mengurungkan niat untuk mengajak mantan kembali menjalin hubungan asmara.

Hal yang sama, berlaku pula jika mantan mengajak Grameds untuk balikan hanya untuk sekadar membuktikan diri bahwa ternyata Grameds masih memiliki rasa sayang padanya.

Menurut konsultan hubungan bernama Lee Wilson, kebanyakan orang sejak kecil telah diajarkan untuk menjadi seorang pemenang, untuk mendapatkan hadiah tertentu maupun mengalahkan orang lain serta melakukan apa pun untuk dapat mencapai target yang ia idamkan. Sehingga, pola pikir tersebut tanpa disadari pun dapat masuk ke dalam suatu hubungan seseorang.

Contohnya ketika ada seorang pria yang menganggap bahwa dirinya telah kalah ketika ia putus atau mengakhiri hubungan dengan seseorang. Maka, perasaan kalah tersebut pun ingin ia tepis dan ia ingin kembali membuktikan diri, bahwa dia adalah sosok yang jauh lebih baik dibandingkan dengan orang yang tengah mendekati mantannya saat ini.

Kemudian dari perasaan tersebutlah, muncul niat seseorang untuk mengajak mantannya balikan. Inilah yang membuat pria maupun perempuan harus kembali memikirkan ulang rencananya untuk mengajak mantan balikan.

Akan tetapi, apabila mantan rupanya tulus masih sayang dan merindukan perempuan atau pria yang ia cintai sebagai kekasih, tetapi masih enggan minta balikan. Mungkin ada beberapa alasan lain di baliknya.

Tentu saja, ada beragam alasan mantan masih sayang tapi nggak mau balikan yang berkaitan dengan pengakuan diri dan rasa bosan, kesepian atau ingin menang, tapi juga ada beberapa alasan lain kenapa mantan masih sayang tapi nggak mau balikan.

Berikut beberapa alasan lain mengapa mantan masih sayang tapi nggak mau balikan yang perlu kamu ketahui.

1. Mantan memang tulus hanya ingin berteman dengan mantan kekasihnya

Meskipun kedengarannya hanya seperti bualan belaka, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa alasan mantan masih sayang dan ga mau balikan adalah karena ia benar-benar tulus hanya ingin berteman dengan mantan kekasihnya saja. Mungkin mantan Grameds satu ini adalah tipe seseorang yang tidak suka memendam rasa kesal atau dendam dengan orang lain yang telah menjadi masa lalunya.

Terlebih apabila Grameds rupanya putus secara baik-baik dengan mantan. Sehingga, tentu tidak ada alasan bagi dia untuk memiliki dendam atau bermusuhan dengan mantan kekasihnya. Jadi, rasa sayang yang dimiliki oleh mantan, rupanya adalah rasa sayang pada mantannya sebagai teman.

Meskipun memiliki niat baik, tetapi Grameds harus hati-hati nih dengan mantan tipe satu ini. Karena kadang mantan tipe ini justru sering bikin baper, padahal dia gak ada niat untuk balikan!

2. Mantan merasa lebih nyambung dan memiliki ikatan khusus dengan Grameds, meskipun kalian telah putus

Dulu ketika kalian masih berhubungan sebagai sepasang kekasih, kalian mungkin lebih seperti tokoh kartun Tom dan Jerry yang selalu bertengkar dan ribut setiap hari. Bahkan kalian mungkin sering kali beradu mulut tentang masalah yang kecil dan sebenarnya tidak perlu diributkan.

Akan tetapi, meskipun kalian bertingkah seperti Tom dan Jerry, anehnya setelah putus mantan justru jadi berubah secara drastis. Jadi orang yang tidak gampang marah serta mungkin terlihat lebih bijak ketika dia menghadapi masalah.

Perubahan sikap ini mungkin karena mantan merasa dan sadar, bahwa rupanya dia lebih nyambung dan memiliki ikatan khusus ketika ngobrol dengan Grameds tanpa perlu ada embel-embel pacaran atau sebagai pasangan kekasih.

3. Hadir situasi serta kondisi yang membuat kalian tidak mau lagi bersinggungan

Kedekatan Grameds dengan mantan kekasih mungkin adalah situasi yang tanpa sengaja terjadi. Situasi maupun kondisi yang membuat kalian berdua terpaksa harus bertemu kembali serta harus kembali berinteraksi seperti sedia kala. Contohnya seperti ketika kalian bertemu sebagai rekan kerja di suatu perusahaan yang sama. Sehingga Grameds dan mantan pun harus bisa bersikap profesional serta mengesampingkan masalah-masalah pribadi, termasuk soal putusnya kalian berdua.

4. Ada unsur balas dendam, mantan cuma mau bikin Grameds baper aja!

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa tanpa disadari ternyata ada kecenderungan setiap orang ingin merasa menang dan mengalahkan orang lain. Termasuk dalam hal hubungan.

Mungkin mantan merasa bahwa dia sudah kalah ketika dia putus dengan Grameds. Sehingga, ketika berselang beberapa lama, mantan pun ingin balas dendam.

Salah satu caranya mungkin adalah dengan mendekat kembali ke Grameds, bikin kamu baper dan terus ninggalin kamu gitu aja. Haduh, kalau tau gini, Grameds tentu harus hati-hati ya dengan niat dan alasan mantan yang kembali mendekat ke Grameds!

5. Bukannya nggak mau balikan, dia hanya sedang mencari waktu yang pas saja

Setelah putus dari Grameds, mantan mungkin sadar bahwa Grameds adalah sosok kekasih yang selama ini ia idamkan, atau setiap tingkah laku Grameds ternyata berhasil membuat dia rindu dengan Grameds.

Dia mungkin juga sadar, bahwa Grameds ternyata adalah sosok mantan terindah! Jadi tentu susah bagi mantan untuk menghilangkan perasaan yang ia miliki sebelumnya.

Kalau sudah begini, tentu mantan akan perlahan kembali ke Grameds dan berusaha dekat lagi dengan Grameds! Mantan memang masih sayang, dan bukannya dia gak mau balikan sama Grameds, dia cuma lagi cara waktu yang pas aja kok!

Itulah beberapa alasan kenapa mantan masih sayang tapi nggak mau balikan sama kamu. Selain itu, Grameds juga harus bisa mengenali ciri-ciri seperti apa sih jika mantan masih sayang?

Mantan Masih Sayang Tapi Nggak Mau Balikan

Ciri-Ciri Mantan Sebenarnya Masih Sayang

Pernahkah Grameds sudah keburu ge-er dan percaya diri kalau mantan masih ada rasa, tapi rupanya dia hanya mau balas dendam dan bikin Grameds merasa baper saja? Nah, supaya tidak sakit hati dua kali, Grameds perlu tahu ciri-ciri berikut ini, apakah mantan sebenarnya benar-benar masih sayang kepada Grameds.

1. Sikap dia berubah-ubah, kadang dingin kadang juga hangat

Ketika mantan kembali datang, Grameds mungkin sadar bahwa sikap sang mantan ini berubah-ubah. Kadang mantan bisa bersikap sangat hangat atau manis ke Grameds, kadang mantan juga bisa bersikap dingin.

Sikap mantan yang sering kali berubah-ubah dan membuat Grameds merasa bingung ini, sebenarnya adalah wujud kebingungan mantan soal perasaannya sendiri ke Grameds.

Dia mungkin masih merasa rindu dengan kenangan dan diri Grameds sebagai sosok kekasih, dia mungkin juga masih berharap bahwa Grameds akan kembali jadi kekasihnya. Akan tetapi di sisi lain, dia juga mau move on dari Grameds.

Mantan mungkin memang masih punya rasa sayang, akan tetapi dia tahu, ketika dia menginginkan sesuatu, dia tidak selalu bisa mendapatkan itu dan apa yang dia mau, tidak selalu yang terbaik untuk Grameds ataupun untuk dirinya.

2. Mantan masih berusaha membuat Grameds merasa cemburu

Coba lihat sosial media mantan, apakah mantan belakangan jadi sering pamer teman perempuanya, atau pamer dengan siapa dia dekat saat ini, atau dia bahkan bilang ke teman-teman Grameds bahwa saat ini dia sudah move on dan sedang pendekatan dengan orang lain.

Cara-cara seperti ini, bisa jadi adalah cara mantan berusaha membuat Grameds merasa cemburu. Tapi kenapa sih, mantan mati-matian berusaha membuat kamu cemburu?

Hal ini karena dia gengsi mengungkapkan bahwa dia sebenarnya masih sayang. Dia juga tidak mau Grameds tahu bahwa dia belum move on. Jadi salah satu cara cek perasaan Grameds ke dirinya adalah dengan membuat Grameds merasa cemburu.

3. Selalu ‘keep in touch

Pengalaman putus kali ini mungkin bukan pengalaman putus yang pertama kali, sehingga mantan tentu tahu bahwa cara paling jitu untuk move on adalah dengan memutuskan kontak dengan mantan kekasih. Jika mantan tahu hal ini dan masih kontak Grameds, ini tandanya mantan masih sayang dengan Grameds.

Kalau sudah begini jadinya, Grameds harus tegas menghadapi mantan yang masih sliweran terus. Apakah Grameds memang masih mau kembali? Atau hubungan kalian ini sudah kadaluarsa?

4. Sering tanya soal kabar Grameds, pada teman-teman terdekat Grameds

Salah satu tanda bahwa mantan masih sayang adalah sering soal kabar mantan kekasihnya ke teman-teman mutual atau teman yang sama dengan mantan. Ketika bertanya soal kabar dari teman terdekat, tentunya Grameds pasti akan mendengar soal ini. Alasan dia tanya soal kabar Grameds, tentu saja karena dia rindu dan mungkin khawatir dan kepo soal keadaan mantan kekasihnya.

5. Masih jadi orang pertama yang selalu menemani, ketika sakit atau terkena musibah

Ciri kelima ketika mantan masih ada rasa adalah selalu setia dan selalu menemani. Tidak hanya ketika masa-masa senang saja akan tetapi ketika mantan kekasihnya sedang dalam kesulitan, seperti sakit atau tertimpa musibah.

Meskipun kalian sudah tidak ada status hubungan romansa apa pun, tapi mantan seolah tetap peduli dan berada di samping Grameds.

6. Topik obrolan tidak pernah jauh-jauh dari nostalgia ketika masih menjadi sepasang kekasih

Ketika mengobrol dengan mantannya, dia sering kali membawa-bawa soal kisah lama dirinya dengan mantan yaitu kamu. Dia sering kali mengenang kejadian yang pernah kalian alami bersama-sama.

7. Masih menyimpan foto

Tanda lainnya ketika mantan masih ada rasa sayang, adalah dia masih menyimpan foto Grameds. Entah itu sebagai bentuk kenang-kenangan atau mungkin sebagai pelepas rindu. Meskipun foto Grameds mungkin sudah tidak lagi ada dalam bingkai foto, tapi dia masih menyimpan dan ‘ngumpetin’ foto kamu untuk curi-curi pandang ketika merasa rindu.

Mantan Masih Sayang Tapi Nggak Mau Balikan

Tips untuk Balikan Sama Mantan

Grameds mungkin merasa gengsi atau mantan Grameds mungkin juga sama-sama merasa gengsi untuk mengungkapkan perasaan satu sama lain ketika telah putus. Tapi kalau sama-sama gengsi, nanti kalian rugi karena bisa saja kalian kehilangan orang yang kalian sayangi dua kali.

Agar tidak menyesal karena kesalahan yang sama, ini beberapa tips untuk balikan sama mantan yang bisa Grameds coba.

1. Mengakui kesalahan

Ketika hubungan Grameds dengan mantan berakhir, tentu dipicu karena suatu permasalahan. Ketika ingin kembali berhubungan dengan mantan, penting bagi Grameds dan mantan Grameds untuk sama-sama mengakui kesalahan masing-masing.

Berhenti mengelak dan menyalahkan satu sama lain. Akui bahwa Grameds berbuat salah, begitu pula dengan mantan Grameds. Lalu, pastikan bahwa kalian saling meminta maaf dan pastikan pula kalau hubungan kalian usai putus ada perubahan yang baik.

2. Meminta maaf

Setelah sadar bahwa Grameds dan mantan sama-sama punya salah, cobalah ajak mantan untuk bertemu bertatap muka. Apabila mantan tidak mempermasalahkan dan bersedia, jangan lupa untuk saling minta maaf ya!

Berikanlah penjelasan yang secukupnya dan terima pula penjelasan dari mantan Grameds.

3. Memutus kontak selama beberapa saat

Setelah mawas diri, meminta maaf, Grameds dan mantan cobalah untuk memutus kontak untuk beberapa saat. Beberapa konsultan hubungan memberikan saran, bahwa tidak ada kontak selama 30 hingga 60 hari.

Cobalah untuk menghindari interaksi dengan mantan lewat berbagai cara, baik itu sosial media, bertemu langsung, telepon maupun melalui teks. Memutus kontak ini bertujuan, agar Grameds dan mantan memiliki waktu untuk mengingat kembali masa-masa indah ketika bersama.

4. Jangan buru-buru untuk kembali berkencan dengan orang lain

Meskipun ingin mendapatkan hati mantan kembali dengan berbagai cara, dan salah satunya dengan membuat mantan cemburu, jangan terlalu terburu-buru untuk berkencan dengan orang lain.

Karena, alih-alih cemburu bisa jadi mantan justru memiliki pemikiran yang berbeda. Mantan bisa jadi berpikir bahwa Grameds sudah benar-benar move on dan itu justru membuat mantan semakin menjauh.

5. Jangan menyalahkan diri sendiri

Setelah memberanikan diri untuk mengajak mantan balikan, mungkin mantan tidak akan langsung memberikan jawaban. Pahamilah hal ini, sebab mantan kemungkinan memerlukan waktu untuk mencerna permintaan balikan ini setelah sakit hati usai putus.

Mantan juga pasti memiliki kecemasan, dan masih menerka-nerka apa yang paling baik untuk dirinya dan untuk mantannya.

6. Jangan putus asa, tetaplah berharap

Jika benar-benar ingin kembali memiliki hubungan dengan mantan, jangan putus asa dan tetaplah berharap. Fase ini mungkin sedikit melelahkan. Karena Grameds tidak akan tahu, kapan mantan akan siap dan memberikan jawaban.

Meskipun begitu, Grameds tentu tidak ingin kehilangan dia lagi. Jadi, tidak ada salahnya menunggu selama beberapa waktu.

Mantan Masih Sayang Tapi Nggak Mau Balikan

Itulah alasan kenapa mantan masih sayang tapi nggak mau balikan dan ciri-ciri jika mantan ternyata masih ada rasa dengan Grameds. Meskipun ingin sekali balikan dengan mantan, pada akhirnya jika mantan menolak ajakan untuk balikan, bersiaplah untuk kembali belajar mencintai orang lain.

Jika kamu masih bingung karena mantan masih sayang tapi nggak mau balikan dan kesulitan untuk sembuh dari sakit hati, Grameds bisa menenangkan diri dengan membaca buku terkait pengembangan yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda