in

Kenapa Cowok Cuek? Ini 6 Alasannya yang Wajib Cewek Pahami

Pixabay.com

Kenapa Cowok Cuek – Apakah kamu memiliki pacar yang tiba-tiba cuek? Tepat sekali kamu pasti akan bertanya-tanya kenapa cowok cuek, padahal kamu merasa tidak melakukan kesalah apa-apa. Akibat sifatnya yang cuek tersebut, mungkin membuatmu menjadi bingung, khawatir, bahkan bisa sampai galau. Dalam praktiknya, alasan kenapa cowok cuek kepada pacarnya tidak selamanya negatif.

Jadi kamu jangan parno terlebih dahulu. Apalagi jika kamu belum terlalu kenal dengannya, barangkali itu memang karakternya yang cenderung tenang, cool, atau bisa dikatakan lebih cuek. Selain pacar, kamu juga mungkin pernah menemukan karakter cowok yang cuek, termasuk dalam bersosialisasi atau pada dirinya sendiri.

Nah, para cewek-cewek juga perlu mengenali karakter kenapa cowok bisa bersikap cuek pada dirinya. Hal ini akan membantu kamu bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik ke mereka. Berikut ini yang perlu kamu ketahui alasan kenapa cowok cuek:

Mengenal Karakter Cowok Cuek

Kamu mungkin pernah beranggapan bahwa cowok kamu atau pasanganmu tampak tidak peka atau cuek, bahkan terasa berbeda saat PDKT duku. Bahkan saat belum menjadi pacar jika sudah bersikap cuek, kamu juga pasti akan merasa kesal. Kamu mungkin juga sempat kepikiran kalau cowok tersebut ada cewek lain yang lebih baik dari kamu, dan pikiran aneh-aneh lainnya yang membuatmu semakin overthinking.

Kekhawatiran itu sebenarnya normal atau wajar saja dialami cewek jika mendapati cowoknya yang cuek. Jadi bukan sepenuhnya salah cewek jika overthinking seperti itu karena mungkin saja pikiranmu tersebut ada benarnya, namun juga bisa jadi salah. Sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu alasan dibalik sikap cuek cowok kamu, dibandingkan berasumsi negatif.

Dalam praktiknya kamu perlu tahu bahwa tidak selamanya cowok cuek itu tidak baik ya. Jika melihat kondisi psikologis, cowok dan cewek memiliki karakter yang berbeda. Jadi wajar jika kamu merasa cowok kamu cuek dan bisa jadi si cowok menganggap terlalu berlebihan dalam menghadapi hal tersebut. Nah, jadi kuncinya adalah saling memahami satu sama lain bagaimana dalam menanggapi masalah, situasi, dan menemukan cara komunikasi yang sesuai.

Bisa jadi kamu belum memahami karakter si cowok dan belum menemukan cara komunikasi yang pas. Lalu bagaimana caranya bisa menemukan hal tersebut. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah memahami alasan kenapa cowok cuek. Kamu bisa menanyakan hal ini langsung kepada si cowok atau menganalisanya dari gejala- gejala tingkah dan perilaku yang mereka tunjukan.

Kamu tidak perlu khawatir, artikel ini akan merangkum beberapa kemungkinan yang bisa menjadi alasan kenapa cowok cuek. Dalam praktiknya alasan ini perlu kamu cermati dengan situasi dan karakter si cowok ya. Karena tidak semua karakter cowok juga sama. kesalahan yang banyak dilakukan cewek adalah menggeneralisasikan karakter cowok yang akhirnya berujung salah memahaminya.

Berikut ini beberapa alasan yang bisa menunjukan kenapa cowok cuek kepada pasangannya:

Alasan Kenapa Cowok Cuek

Kenapa Cowok Cuek
unsplash.com

1. Setiap Orang Memiliki Caranya Tersendiri dalam Menyampaikan Perasaannya

Alasan pertama yang bisa jadi penyebab cewek cuek adalah karakter bagaimana dia menyampaikan perasaannya yang tentu berbeda dengan perempuan. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Cancian dan Wood yang mengatakan bahwa cewek cenderung akan cenderung mengungkapkan perasaanya melalui perilaku, baik secara verbal maupun non verbal.

Contohnya cewek cenderung mengungkapkan perasaan dengan kalimat penuh kasih sayang, meminta berpegangan tangan, sampai memberikan pelukan. Kecenderungan cewek ini didukung dengan penelitian yang dilakukan Wilkins & Gereis bahwa cewek lebih sering mengungkapkan kalimat “I Love You” dibandingkan cowok.

Sedangkan cowok dinilai lebih sering mengungkapkan perasaannya dengan prinsip “Talk Less Do More”, yang artinya tindakan langsung. Hal tersebut dilakukan cowok saat bersamamu atau demi sang cewek. Contohnya saat cowok mengantar ceweknya pulang setelah jalan bareng yang rela mengorbankan waktu dan tenaganya.

Nah, sebagai cewek kamu harus memahami sikap cuek cowok tidak selalu buruk atau negatif. Ada kalanya mungkin alasan kenapa cowok cuek karena mereka sedang jenuh dalam hubungan atau memang cara mereka menyampaikan perasaan seperti itu. Jika kamu mampu memahami hal ini maka harapannya hubunganmu dengan si cowok dapat meningkat dan lebih baik. Saling percaya satu sama lain dan memahami perasaan masing-masing.

2. Laki-Laki dan Perempuan Memiliki Peran yang Berbeda

Apakah kamu pernah merasa bingung kenapa cowok mengungkapkan perasaannya dengan tindakan langsung? Padahal kamu berharap dia mengungkapkan kata-kata manis dan romantis dalam hubungan kalian. Contohnya lewat media sosial yang menunjukan keharmonisan dan keromantisan hubungan kalian berdua di mata publik. Nah, tapi jika kamu merasa demikian berarti kamu belum memahami cowok mu dan membandingkan dengan hubungan orang lain.

Itulah sebabnya kamu perlu memahami alasan kenapa cowok mengungkapkan perasaanya seperti itu. Ada sebuah riset yang dilakukan oleh Eagle dan Wood yang mengungkapkan bahwa perbedaan cara mengungkapkan perasaan cewek dan cowok adalah disebabkan karena perbedaan peran antara dua gender.

Jadi, cowok cuek berperan sebagai penyedia kebutuhan, seperti sandang, pangan, dan papan, sedangkan si cewek dinilai memiliki peran dalam mengelola segala hal yang sudah disediakan oleh si cowok cuek tersebut. Contohnya, ada seorang istri yang bekerja maka dianggap lazim di negara kita karena pada dasarnya tugas memenuhi kebutuhan finansial keluarga adalah cowok, bukan cewek.

Tetapi, beda kasusnya kalau cowok tidak bekerja, maka akan dicap tidak memenuhi tanggung jawabnya.  Cap demikian membuat mindset masyarakat membuat cowok lebih memilih untuk langsung aksi daripada basa-basi. Tanggung jawab inilah yang membuat cowok merasa sudah cukup memberikan perannya pada si cewek dan hubungan mereka tanpa harus melakukan hal lain diluar itu yang tidak sesuai dengan prinsipnya.

Itulah sebabnya, kita mungkin lebih sering menemui cowok cuek dibandingkan tidak. Perlu kamu amati jika cowok kamu cuek, apakah dia sudah melakukan perannya dalam hubunganmu atau belum? Jika kamu merasa tanggung jawabnya masih dipegang, maka sikapnya yang cuek bukanlah masalah besar dalam hubungan kalian, selama komunikasi masih berjalan baik dan saling memahami satu sama lain.

3. Stereotip Cowok dan Cewek yang Berbeda

Perbedaan peran inilah yang membuat suatu bentuk stereotip, alias kepercayaan yang dipegang oleh masyarakat terhadap keberadaan gender tersebut. Hal ini menjelaskan tentang bagaimana seharusnya si cowok dan cewek ini berperilaku dalam keseharian. Selain itu, bentuk stereotip ini juga meliputi kapasitas atau kemampuan apa yang harus dimiliki oleh seseorang dalam satu hubungan tertentu.

Dari situlah, stereotip cewek dan cowok yang cuek menjadi berbeda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Spence dan Buckner, cowok yang cuek memiliki stereotip asertif, agresif, dan lebih berorientasi pada kelompok. Sedangkan cewek, cenderung lebih ramah, ekspresif dalam mengungkapkan perasaannya, dan tidak mementingkan diri sendiri. Itulah sebabnya kita mungkin jarang menemukan karakter cewek yang cuek.

Nah, jadi bisa dibilang kalau cowok cuek itu mengungkapkan perasaannya lewat perilaku atau tindakan langsung. Hal tersebut karena mereka memiliki peran sebagai pemenuh kebutuhan. Dibandingkan mengucapkan “get well soon” saat kamu sakit, cowok cuek akan cenderung langsung membelikan obat atau makanan. Yang pasti mereka berharap kamu sebagai cewek bisa memahami perasaan yang sudah mereka berikan.

4. Cara Berekspresi yang Berbeda

Kamu mungkin berharap si cowok menunjukan dan mengekspresikan ketertarikannya dengan sikap yang sama seperti kamu menunjukan kepadanya. Namun faktanya, cowok sebenarnya lebih sulit untuk menunjukan ekspresi mereka, bahkan tidak hanya perasaan suka ke cewek tetapi berbagai hal lain.  Bisa jadi si cowok memang memiliki karakter yang malu atau ada alasan lain, seperti khawatir, kondisi yang sibuk, atau menjaga sisi maskulinnya kepada si cewek.

Dalam mengamati cara berekspresi si cowok ini kamu perlu mengetahui kebiasaan mereka. Apakah ekspresi cuek itu tiba-tiba atau sudah menjadi kebiasaan yang memang tidak ekspresif. Coba pahami kondisinya, barangkali dia memang sedang dalam kondisi sibuk. Dalam hal ini kamu bisa berkomunikasi dan mengkonfirmasi kesibukan yang sedang dia lakukan, agar kamu paham alasan kenapa cowok cuek tersebut.

5. Cara Komunikasi

Nah, perbedaan dalam cara berekspresi juga akan mempengaruhi cara komunikasi kalian. Kamu tidak bisa memaksa cowok untuk memberi tanggapan seperti yang kamu harapkan. Selama hidupnya, cowok memang sudah terbiasa dengan situasi yang cuek, baik dari lingkungan keluarga atau teman-temannya. Jadi cobalah menyesuaikan diri agar kamu bisa terbiasa dengan sikap cueknya dan mulai memahami cara berkomunikasinya.

Saat kamu memiliki cowok yang cuek, agar komunikasi hubungan kalian tetap baik, maka kamu bisa menjadi penyeimbangnya. Jika kamu membalas dengan sikap cuek juga, maka hubungan kalian bisa dibilang tidak baik-baik saja. Sebagian cewek mungkin merasa lelah jika harus terus menghadapi cowok yang cuek, maka kalian berdua harus saling paham satu sama lain. Kamu bisa terus cowok kamu jika terus-terusan cuek ya, karena bisa jadi ada sesuatu

6. Belum Bisa Mengendalikan Perasaan

Alasan kenapa cowok cuek bisa disebabkan dia belum terbiasa dengan hubungan yang kalian bangun. Artinya kalian berdua pun masih dalam tahap penyesuaian, baik kamu ke cowok, begitu pula si cowok ke kamu. Sikap cuek itu bisa jadi cara aman bagi dia untuk merespon hubungan kalian. JIka kamu merasa si cowok tiba- tiba bersikap cuek, bisa jadi dia sedang dalam pengendalian perasaan terhadap sesuatu, termasuk dengan mu.

Misalnya kamu sedang baru ada masalah, atau kondisinya yang membuatnya menjadi cuek. Sebagian orang memang akan cenderung bersikap cuek untuk menetralisir emosi atau perasaan lainnya, dibandingkan harus dilepaskan saat itu juga. Nah, hal inilah yang perlu kamu pertimbangkan jika cowok tiba-tiba cuek, bisa jadi ada sesuatu hal yang terjadi.

Rekomendasi Buku

1. Seni Memahami Pria

Kenapa Cowok Cuek

Dari sudut pandang wanita, memahami seorang pria memang bukan hal yang mudah. Bahkan, hal ini bisa jadi masalah utama dalam berhubungan di antara pria dan wanita tersebut. Begitu pula dari sudut pandang pria. Pria juga perlu memahami dirinya sendiri agar tahu bahwa sebelum memahami orang lain, dia harus paham akan dirinya. Di dalam buku ini, kamu akan menemukan pembahasan tentang segala hal yang berkaitan dengan pria dan tips menarik untuk memahami pria. Dengan demikian, kamu akan sadar bahwa pria, sebagaimana wanita, juga merupakan makhluk yang memiliki perasaan dan sisi melankolisnya.

2. Pria Begini, Wanita Begitu: Bagaimana sih Biar Nyambung?

Kenapa Cowok Cuek

Dalam praktiknya Pria dan wanita itu memiliki pola komunikasi yang sangat berbeda. Semua itu makin akan menjadi rumit karena pria bisa saja punya kecenderungan memiliki gaya komunikasi yang sangat “wanita”, begitu pula sebaliknya. Nah buku ini menjelaskan korelasi tersebut agar pria dan wanita bisa nyambung saat berkomunikasi dengan berbagai karakternya.

3. Beyond Mars & Venus

Kenapa Cowok Cuek

Buku Men Are From Mars, Women Are From Venus berhasil mengubah cara berpikir tentang cinta dan korelasi hubungannya. Buku Karya John Gray ini telah menolong banyak pembaca dalam meningkatkan dan bahkan menyelamatkan hubungan mereka dari segala kekompleksannya. Seiring berkembangnya manusia, hubungan juga berkembang yang juga menuju gaya hubungan baru untuk para pasangan modern.

Tips Menghadapi Cowok Cuek

Nah, itulah beberapa alasan kenapa cowok cuek yang bisa kamu perkirakan. Alasan di atas tentu belum tentu terjadi ya pada cowokmu, jadi pastikan alasannya kenapa dia bersikap cuek. Nah, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk menghadapi cowok cuek, agar hubunganmu baik-baik saja:

1. Komunikasikan Perasaan

Cowok yang cuek bisa jadi tidak sadar sikapnya tersebut ternyata membingungkanmu dalam menghadapinya. Nah, kamu juga perlu tahu bahwa dia bukan peramal atau cenayang yang tau segala isi pikiran dan perasaanmu kepadanya. Itulah sebabnya kamu bisa coba komunikasikan perasaan mu ke cowok cuek tersebut untuk menghindari kesalahpahaman.

Dengan cara ini cowok kamu dapat memahami kebingunganmu selama ini. Contohnya kamu kesal karena cowok tidak mengabari saat dia pulang. Padahal kamu merasa cemas dan khawatir jika terjadi apa-apa denganmu. Nah, kamu bisa coba komunikasikan hal tersebut dengan cowok tentang perasaan itu, dibalik sikap cueknya tersebut. Dengan harapan dia bisa memahami kamu dan memperbaiki sikapnya.

2. Memastikan Cara Berkomunikasi Dengan Pasangan Sudah Baik

Perlu kamu ketahui bahwa bisa jadi cowok bersikap cuek karena ceweknya terlalu berlebihan atau posesif dalam hubungan. Contohnya terlalu sering telpon saat dia pergi hingga mengganggu aktivitasnya. Nah cobalah pastikan bahwa cara komunikasi kamu tersebut sudah cocok belum dengan si cowok. Dengan begitu kamu bisa membuat komunikasi yang lebih nyaman satu sama lain.

3. Memberi Si Cowok “Ruang Sendiri”

Salah satu tips cara menghadapi cowok yang cuek terakhir adalah memberinya waktu sendiri yang artinya memberikan waktu sejenak bagi si cowok untuk melakukan hidupnya tanpa melibatkan dirimu. Mengapa perlu melakukan ini dalam hubungan? Terlalu sering ketemu, obrolan yang itu-itu saja, bahkan sikapmu yang terlalu posesif bisa membuat cowok tidak nyaman dalam sebuah hubungan, sehingga ini bisa jadi alasan kenapa cowok cuek.

Tidak ada salahnya memberikan mereka waktu sendiri untuk menjalankan kehidupannya karena pada dasarnya setiap orang memiliki titik jenuh. Jika kamu memaksakan kondisi ini justru akan berakibat fatal buat hubungan kalian. Hubungan kalian jadi tidak berkembang dan kalian sulit mencari solusi dalam masalah kalian. Cara ini bisa jadi bentuk refleksi diri atas hubungan kalian.

 

Nah, itulah penjelasan tentang alasan kenapa cowok cuek. Apakah kamu sudah memahaminya? Memahami seseorang apalagi yang berbeda gender pasti bukan hal mudah. Dalam masalah ini kuncinya adalah komunikasi. Jika sikap cowok yang cuek menjadi masalah dalam hubunganmu, berarti ada masalah komunikasi antara kalian. Nah, agar saling memahami, kamu bisa mempelajari bagaimana sifat cowok dari koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com, selamat belajar. #SahabatTanpabatas.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda