in

Apa Itu Bridal Shower: Tradisi Perayaan Pelepasan Masa Lajang

Pernikahan adalah salah satu momen yang paling dirayakan di dalam hidup seseorang. Perayaan cinta sepasang kekasih ini tak hanya membawa kebahagiaan untuk keduanya saja, tapi juga untuk keluarga dan juga para sahabatnya. Sebagai sebuah bentuk kebahagiaan, tidak jarang para sahabat calon pengantin mengadakan acara bridal shower. Dimana perayaan yang satu ini menjadi tren yang seringkali dilakukan oleh generasi zaman sekarang. Terlebih lagi dengan adanya media sosial, perayaan bridal shower mulai menjadi keharusan sebelum menuju pernikahan.

Akan tetapi jauh sebelum perayaan bridal shower mulai digandrungi oleh generasi muda. Ternyata perayaan ini mempunyai makna dan juga tujuan yang cukup mendalam. Nah, untuk memahaminya lebih lanjut, berikut ini adalah beberapa fakta menarik dibalik adanya perayaan bridal shower.

Apa Itu Bridal Shower?

Bridal shower merupakan sebuah pesta untuk para calon pengantin perempuan dalam rangka merayakan sisa masa lajang sebelum nantinya melangsungkan pernikahan. Umumnya, acara ini akan dihadiri oleh sahabat ataupun teman dekat calon mempelai perempuan. Adapun tujuan dari acara ini selain untuk bersenang-senang melepas masa lajang, acara ini juga sebagai momen pemberian hadiah untuk calon pengantin perempuan sebelum Ia memulai kehidupan barunya bersama suami.

Tradisi bridal shower ini biasanya dilakukan oleh masyarakat di Amerika dan juga Kanada. Dimana acara ini biasanya digelar pada dua minggu atau empat minggu sebelum berlangsungnya hari pernikahan. Walaupun akhir-akhir ini venue bridal shower mulai bervariasi, namun ada beberapa kebiasaan yang masih tidak berubah. Misalnya saja, tradisi bridal shower biasanya akan digelar saat weekend. Para sahabat si calon pengantin nantinya akan memberikan hadiah seperti aksesoris yang dapat digunakan saat pesta pernikahan.

[algolia_carousel]

Sejarah dan Asal Usul Bridal Shower

Sekarang ini, acara bridal shower lebih dikenal sebagai sebuah perayaan sebelum pernikahan yang diadakan oleh calon pengantin wanita bersama dengan para sahabatnya. Bridal shower ini juga dapat diartikan sebagai pesta kecil-kecilan sebelum acara pernikahan untuk merayakan masa lajang calon pengantin yang sebentar lagi akan berakhir.

Akan tetapi, ternyata tradisi bridal shower mempunyai sejarah yang lebih bermakna dibandingkan dengan hanya sekadar pesta merayakan akhir masa lajangnya. Menurut World Bride Magazine, apabila ditelusuri lebih lanjut, asal-usul perayaannya berawal di abad ke-16 di Belanda. Pada saat itu, bridal shower dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu calon mempelai perempuan yang tidak mempunyai mahar pernikahan karena kondisi finansial mereka yang terbatas atau karena orang tuanya tidak merestui pernikahannya.

Fungsi Bridal Shower

Bridal shower ini adalah pesta yang ditujukan untuk merayakan berakhirnya masa lajang si calon mempelai perempuan. Fungsi dari acara ini yaitu untuk memberikan ucapan selamat, menghabiskan waktu bersama-sama sebelum akhirnya calon pengantin resmi melangsungkan pernikahan, dan pastinya untuk bersenang-senang. Secara garis besar, acara bridal shower ini umumnya dirayakan dengan cara bertukar cerita, berkumpul bersama, memberikan hadiah, dan berlibur bersama.

Seiring berjalannya waktu, acara yang ditujukan untuk memberikan hadiah kepada calon pengantin perempuan ini mulai menjadi tradisi yang diterapkan oleh banyak negara, termasuk juga Indonesia. Perayaan yang satu ini berkembang dan disesuaikan dengan budaya setempat.

Adaptasi yang Berbeda di Indonesia

Di Indonesia, acara bridal shower tidak kalah ramai dengan yang ada di negara lain. Bahkan, untuk sebagian besar generasi milenial, acar tersebut seakan menjadi bagian yang tidak boleh dilewatkan menjelang pernikahan. Perayaan bridal shower ini biasanya akan disiapkan oleh para sahabat calon mempelai perempuan dan dilakukan dengan cara memesan satu ruangan restoran ataupun kamar hotel, lalu ruangan tersebut dihias menggunakan tema dan dekorasi tertentu.

Bridal shower ini adalah sebuah kejutan untuk calon pengantin perempuan. Sehingga biasanya Ia akan merasa terharu dan bersyukur karena mempunyai sahabat yang perhatian dengannya. Di acara tersebut, calon pengantin harus siap dan rela untuk dikerjai oleh sahabatnya. Misalnya saja, calon mempelai perempuan akan menggunakan kostum dan juga dandanan yang menarik perhatian orang banyak. Lalu berfoto ria bersama sahabat-sahabatnya, kemudian diunggah di media sosial.

Perlukah Bridal Shower?

Mungkin saja kamu ingin mengadakan acara bridal shower untuk sahabat ataupun saudara yang akan menikah. Tapi, sebelumnya kamu harus mengetahui dulu beberapa hal penting ini sebelum melaksanakan acara bridal shower.

1. Mintalah Bantuan Teman-Teman

Memiliki inisiatif untuk mengadakan bridal shower untuk sahabat tersayang memang boleh-boleh saja. Namun jangan sampai kamu mengerjakan semuanya sendiri ya. Mintalah bantuan teman-teman ataupun keluarga calon pengantin perempuan untuk merencanakan acara bridal shower. Sehingga kamu tidak akan kelelahan.

2. Patungan Untuk Biaya Bridal Shower

Dengan mengajak para sahabat dan saudara untuk mempersiapkan acara bridal shower, maka dana yang akan digunakan untuk acara tersebut bisa ditanggung bersama. Umumnya, para sahabat akan melakukan patungan dengan menyepakati biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap orang.

3. Tidak Harus Membuat Pesta Mewah

Hindari memaksakan diri untuk membuat sebuah pesta yang mewah. Karena hal yang paling penting adalah membuat sebuah momen yang berkesan dan bisa dikenang oleh calon pengantin perempuan.

4. Hindari Membuat Aktivitas yang Membuat Calon Pengantin Tidak Nyaman

Kadang kala, acara bridal shower menjadi sebuah acara yang digunakan untuk ngerjain calon pengantin perempuan. Misalnya saja, dengan mendandani wajah calon pengantin secara asal-asalan, lalu mengajaknya untuk berkeliling mal. Walaupun hal tersebut menimbulkan kesan yang lucu, tapi kamu harus menghargai perasaan orang lain. Apabila dia tidak menyukai konsep seperti itu, alangkah lebih baik kamu dan teman-teman tidak membuat aktivitas yang bisa membuatnya menjadi malu dan merasa tidak nyaman.

Tips Mempersiapkan Bridal Shower yang Berkesan, Tapi Tetap Hemat!

Pastinya, untuk pertemanan yang ada di lingkungan wanita, melakukan acara bridal shower adalah hal yang wajar dilakukan. Bridal shower sendiri merupakan sebuah kegiatan selebrasi yang dilakukan untuk merayakan lepasnya masa lajang calon pengantin perempuan sebelum hari pernikahannya digelar. Umumnya, teman dari calon pengantin perempuan akan memberikan kejutan ataupun hadiah kepada calon pengantin.

Adapun hal-hal yang perlu ada didalam pesta bridal shower biasanya berupa makanan, minuman, dan juga beberapa permainan, serta dekorasi. Intinya, momen ketika calon pengantin bisa dikelilingi oleh teman-teman tercintanya, sebelum nantinya Ia resmi menjadi istri orang. Akan tetapi, mungkin kamu pernah mengalami permasalahan klasik ketika merencanakan sebuah acara, yakni dana. Rasanya seolah ingin membuat sebuah acara yang spesial dan mewah untuk sahabat, tapi pasti akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tak perlu khawatir, kamu dan sahabat bisa membuat bridal shower yang kekinian dengan melakukan alokasi dana yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips menyiapkan bridal shower yang berkesan namun tetap hemat.

1. Tidak Perlu Menggunakan Jasa Event Organizer

Memakai jasa event organizer untuk membuat acara bridal shower memang lebih mudah dan tidak merepotkan kamu dan teman-teman lain. Akan tetapi, pastinya kamu dan para sahabat harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, usahakan untuk meluangkan waktu serta tenaga guna mengatur semua acara dan mempersiapkan semuanya sendiri. Tidak perlu panik, kamu bisa membagi pekerjaan dengan teman-teman kamu. Selain membuat perencanaan acara menjadi lebih hemat, hal itu juga bisa kamu gunakan untuk melatih kerja sama dalam pertemanan.

2. Lokasi Acara

Berikutnya, agar acara bridal shower yang akan dilakukan dapat mengeluarkan dana yang minim, kamu tidak harus melaksanakan acara tersebut di hotel ataupun tempat yang mahal. Kamu bisa melaksanakan acara tersebut di tempat yang lebih terjangkau, seperti cafe, restoran, ataupun di rumah. Lalu, saat ingin mengadakan acara di kafe ataupun restoran, tanyakan dulu tempat tersebut apakah memperbolehkan dekorasi atau tidak.

Jika diperbolehkan ada dekorasi, selanjutnya kamu perlu mencari tahu apakah akan dikenakan biaya tambahan atau tidak. Ingat, untuk tetap memilih restoran ataupun kafe yang tidak memberikan biaya tambahan. Apabila kamu berencana untuk mengadakan acara bridal shower di rumah, maka kamu bisa menggunakan halaman rumah dan menjadikannya sebagai tempat pesta yang nyaman.

3. Dekorasi

Sebelum kamu menjadikan lokasi acara bridal shower menjadi lebih indah dengan berbagai dekorasi menarik, maka kamu harus menentukan dulu tema dekorasinya. Apabila kamu sudah memperoleh tema yang pas, barulah kamu dan teman yang lain bisa memilih pernak-pernik dekorasi yang sesuai. Namun untuk lebih menghemat budget, kamu bisa menggunakan benda ataupun barang yang sudah kamu miliki di rumah. Tambahan pernak-pernik buatan sendiri, misalnya hasil dari guntingan aneka kertas berbagai warna dan bentuk. Jika ada, kamu juga bisa mencetak foto calon pengantin bersama dengan para sahabatnya.

4. Kudapan yang Unik

Salah satu yang bisa membuat acara bridal shower menjadi lebih berkesan dan unik adalah karena adanya kudapan yang unik. Oleh sebab itu, sebelum waktunya tiba, cobalah untuk ajak temanmu untuk masak bersama sebagai persiapan acara bridal shower. Jangan membuat masakan yang rumit, cukup buat beberapa makanan dan minuman yang sederhana tapi unik dan manis untuk difoto. Selain itu, kamu juga bisa menyediakan camilan dan minuman lucu untuk menemani kalian saat ngobrol bersama.

Pilih yang sederhana saja seperti misalnya oreo po yang dibalut dengan coklat dan ditaburi sprinkle warna-warni di atasnya. Kamu juga bisa membuat crepes dengan isian kesukaan kalian dan membuat finger meal seperti chips, popcorn, dan juga manisan gulali. Untuk minumannya, kamu bisa menyajikan berbagai jenis minuman soda, cocktail, dan squash. Usahakan untuk hidangan minumannya pilih yang menyegarkan dan menggugah selera.

5. Siapkan Rangkaian Acara

Acara bridal shower ini tidak hanya diisi oleh hal-hal lucu dan canda tawa saja. Supaya terkesan semakin meriah, kamu bisa memilih beberapa kegiatan lain seperti menonton film bersama, lomba menghias kue, manicure bersama, atau mengadakan games dan juga karaoke. Dengan begitu, acara akan menjadi semakin seru dan pastinya kamu dan teman-teman akan semakin akrab. Supaya acara lebih berkesan, jangan lupa untuk memasukkan rangkaian acara yang bisa mengingatkan kamu dengan berbagai momen khusus dengan teman-teman kamu. Misalnya saja dengan menonton film yang memiliki nilai khusus untuk kamu dan teman-teman, menampilkan dan membuat video kompilasi momen bersama teman-teman, dan lain sebagainya.

6. Siapkan Dresscode

Selanjutnya acara acara bridal shower semakin terlihat meriah dan menawan pada saat sesi foto, jangan lupa untuk menggunakan dresscode yang senada. Tidak perlu membeli baju baru lagi kok. Kamu dan teman-teman bisa menggunakan baju dengan warna yang sama atau warna yang disukai oleh calon pengantin perempuan.

7. Waktu Penyelenggaraan Bridal Shower

Acara bridal shower ini bisa dilakukan beberapa minggu sebelum dilaksanakannya resepsi pernikahan. Akan tetapi yang paling penting adalah menyesuaikan dengan waktu luang calon pengantin perempuan. Biasanya, menjelang acara pernikahan, akan ada banyak acara yang harus dilaksanakan oleh calon pengantin, seperti pingitan, lamaran, dan lain sebagainya. Jangan sampai kamu dan teman-teman lainnya sudah mempersiapkan acara bridal shower, namun calon pengantin tidak bisa hadir pada acara tersebut.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

[algolia_carousel page=2]

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah