in

Ciri-ciri Jodoh Saya: Lihat Apakah Ciri-cirinya Sudah Ada di Pasanganmu?

Ciri-ciri jodoh ini memang terkadang harus dicari dan diperjuangkan. Karena seperti yang kita tahu bahwa tidak banyak orang yang hadir dengan segala kesempurnaannya. Sementara ciri-ciri jodoh sendiri tidak selalu tampak jelas. Dia tidak selalu hadir dengan kesempurnaannya, baik itu dengan rupa yang menawan, finansial yang mapan, atau pikiran yang dewasa. Tidak ada rumus paten yang bisa menentukan apakah dia jodoh kita atau bukan. Bahkan terkadang, jodoh merupakan suatu hal yang perlu diusahakan.

Tapi, kadang kala kita bingung, apakah kita sudah memperjuangkan seseorang yang sudah tepat untuk kita atau dia hanya kebetulan saja singgah? Nah, di artikel kali ini, kita akan membahas mengenai ciri-ciri jodoh yang dapat kamu lihat pada diri seseorang. Namun perlu diingat bahwa ciri-ciri jodoh yang akan kita bahas kali ini bukanlah sesuatu yang bisa dijadikan patokan. Semuanya bergantung pada kondisi masing-masing orang. Jika hal ini berlaku untuk satu orang, belum tentu akan berlaku di orang yang lain. Yang dapat kamu lakukan dengan ciri-ciri jodoh ini yaitu untuk melihat apakah kamu dan pasangan memiliki kompatibilitas hidup bersama atau tidak.

Ciri-ciri Sudah Bertemu Jodoh

Kamu sudah merasa bertemu dengan seseorang, tapi masih ragu apakah dia adalah jodohmu? Berikut adalah beberapa ciri jodoh dalam dirinya yang bisa kamu coba terapkan, antara lain:

1. Memiliki Kesamaan Nilai

Menurut seorang Psikoterapis yang bernama Kara Lissy, pasangan yang memiliki kesamaan mengenai nilai-nilai keluarga, spiritualitas, kesehatan, dan juga perkembangan pribadi cenderung akan lebih bertahan lama atau awet. Misalnya saja, setelah kamu dan pasangan mencoba berbicara atau mendiskusikan sesuatu dan ternyata kalian memiliki pandangan yang berbeda mengenai perawatan kesehatan, contohnya, kamu lebih memilih pengobatan medis, sementara dia lebih memilih untuk menggunakan pengobatan alternatif. Jika di masa depan nanti, perbedaan ini cenderung bisa menimbulkan konflik.

2. Konflik yang Sehat

Yang namanya hubungan, tentu akan ada masalah yang muncul. Namun, bagaimana cara menyelesaikannya? Apakah diselesaikan dengan cara yang dewasa dan sehat? Seseorang yang bersamanya kamu bisa menyelesaikan konflik dengan sehat, bisa jadi itu adalah salah satu ciri jodoh. Sebab, itu tandanya kalian mempunyai komunikasi yang baik. Dimana masing-masing bisa mengungkapkan perasaan dengan nyaman dan memiliki pemikiran yang dewasa.

3. Mandiri Satu Sama Lain

Ada quotes yang mengatakan bahwa cinta membuat kita tidak bisa hidup tanpanya? Tunggu dulu, justru ciri-ciri jodoh itu adalah ketika masing-masing individunya memiliki tingkat mandiri yang sehat. Itu artinya, di dalam suatu hubungan, akan sangat baik jika ada dukungan dan juga timbal balik. Bukannya satu orang saja yang menggantungkan semua kebutuhan emosionalnya pada pasangan. Misalnya saja, dengan minta terus dimengerti dan dipahami, minta dirayu saat sedang marah, dan lain sebagainya. Sementara ciri-ciri jodoh adalah saat masing-masing pihak tumbuh dan berkembang serta berusaha untuk saling mendukung satu sama lainnya.

4. Bisa Terbuka dan Jujur Satu Sama Lain

Salah satu hal yang sangat penting di dalam sebuah hubungan yaitu kejujuran. Jika di dalam sebuah hubungan ada pihak yang tidak bisa jujur meski untuk hal-hal yang kecil, hal ini justru akan menyiksa pihak yang lainnya.

5. Chemistry Seksual yang Baik

Ini sangat penting untuk dipahami. Salah satu ciri jodoh yaitu saat ada kesamaan gairah seksual. Sebab, setelah menikah dan hidup bersama nanti, kalian tentu akan selalu bersama dengan pasangan dalam jangka waktu yang sangat lama bukan?

6. Merasa Aman

Apakah kamu merasa aman saat bersama pasanganmu? Merasa bahwa kamu tidak akan tersakiti, tidak akan dikhianati, dan tidak akan merasa kecewa? Itu bisa menjadi salah satu ciri jodoh loh. Karena menjalani sebuah hubungan dengan rasa tidak percaya itu tidak sehat.

Ciri-Ciri Jodoh Kita

Seseorang tidak akan berubah hanya karena dia sudah menikah. Jadi, sebelum kita salah langkah, cobalah untuk mencari tahu dulu bagaimana ciri-ciri jodoh kita dari kepribadiannya.

1. Saling Menghormati

Seorang pasangan harus menghormati pemikiran dan juga perasaan pasangannya. Bukannya malah meremehkan ataupun menganggapnya tidak ada.

2. Menyeimbangkan Satu Sama Lain

Perlu dipahami, bahwa ciri-ciri jodoh itu bukan berarti harus sama persis, namun saling melengkapi. Mungkin saja, ada satu pasangan yang memiliki pribadi yang berbeda tapi kalau sudah bersama, mereka bisa saling melindungi dari sifat jelek masing-masing, saling berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

3. Saling Memperjuangkan Hubungan

Namanya juga sebuah hubungan, pasti prosesnya tidak selalu mudah. Oleh karena itu, dibutuhkan dua orang yang sama-sama mau berjuang. Dalam melakukan hal ini, tentu membutuhkan kompromi dan komunikasi yang baik. Namun pertanyaannya, apakah hal itu sudah dilaksanakan oleh kedua pasangan atau malah salah satu saja?

4. Memahami Bahasa Emosional Satu Sama Lain

Apakah kamu tahu mengenai bahasa cinta? Bahasa cinta adalah cara seseorang dalam mengekspresikan bagaimana perasaan cintanya kepada orang lain. Selain itu, bahasa cinta juga berarti tentang bagaimana seseorang ingin dicintai. Walaupun setiap orang memiliki bahasa cinta yang berbeda, namun pastikan kamu sudah mengetahui dan memahami bahasa cinta pasangan kamu ya.

Bahasa cinta sendiri dibagi menjadi lima jenis, yakni words of affirmation atau bahasa cinta yang dilakukan dengan kata-kata, quality time, memberi atau menerima hadiah, tindakan, dan terakhir adalah physical touch.

Dengan mengaplikasikan bahasa cinta sesuai dengan apa yang dia inginkan, tentu akan membuat dia merasa dicintai. Jika bahasa cintamu adalah quality time, maka pasanganmu harus paham bahwa kamu ingin dicintai dengan cara menghabiskan waktu bersama pasangan. Begitupun sebaliknya, jika bahasa cinta pasanganmu adalah perhatian kecil, maka dia akan merasa dicintai jika kamu memberikan perhatian kecil ataupun memberikan hadiah.

5. Memiliki Chemistry yang Kuat

Apakah dengan bersama pasangan kamu merasa bahagia? Apakah ketika kalian berdiskusi, kamu merasa sangat nyaman dan terkoneksi dengan baik? Ini merupakan cara yang cukup mudah untuk mengetahui ciri-ciri jodoh kalian.

Ciri Jodoh Sudah Dekat

Siapa tahu nih jodoh kamu ternyata sudah ada didekatmu selama ini, tapi kamu saja yang tidak peka. Yuk cari tahu ciri-ciri jodoh sudah dekat.

1. Saling Memotivasi

Sebagai sepasang kekasih, tentunya kita harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Namun, ciri-ciri jodoh yaitu seseorang yang juga mampu mendorong pasangan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam segala hal. Dimana kamu dan pasangan harus bertumbuh bersama dan menjadi seseorang dengan pribadi yang selalu berkembang.

2. Kamu menjadi Dirimu Sendiri

Ketika kamu tetap menjadi dirimu sendiri, apakah pasanganmu masih tetap mencintaimu? Ketika kamu mengeluarkan lelucon terbaikmu, ketika kamu melakukan berbagai kebiasaan anehmu, dan berbagai hal konyol, apakah pasanganmu tetap menetap? Cobalah untuk perhatikan kembali.

3. Mendukung Impianmu

Bersamanya, kamu tidak merasa meninggalkan impianmu. Justru dia rela untuk berkorban supaya kamu bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan di dalam hidupmu.

4. Dia suka Menghabiskan Waktu Denganmu

Menurutnya, meluangkan waktu disela kesibukannya untuk bisa bersamamu merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan.

5. Dia Tidak Emosional dengan Mantanmu

Ciri-ciri jodoh yang menenangkan yaitu saat dia bisa menerima masa lalumu dengan baik. Ini adalah salah satu ciri-ciri jodoh jika dia tidak merasa terganggu dengan sesuatu yang tidak dapat kamu ubah, tapi dia tetap percaya denganmu. Bayangkan saja jika pasanganmu selalu cemburu dengan masa lalumu, padahal pada kenyataannya kalian tidak pernah berhubungan sama sekali.

6. Dia Membuat Kamu Tertawa Tapi Juga Bisa Serius

Terdapat keseimbangan antara humor dan juga keseriusan dalam suatu hubungan. Dia dapat membuat kamu tertawa, namun juga bisa menjadi teman diskusi yang baik untuk membicarakan apapun.

7. Dia Adalah Kekuatan Positif dalam Hidupmu

Jangan sampai kamu berpasangan dengan seseorang yang memiliki aura negatif, yang selalu mengeluh setiap hari. Salah satu ciri jodoh adalah saat dia bisa membuat kamu melihat hal positif bahkan di situasi yang sangat berat.

Ciri-ciri Jodoh Dalam Islam

Para pencari jodoh sejatinya sering bingung apabila berhadapan dengan seseorang yang membuat hatinya berdebar sampai sering muncul di pikiran. Apakah ini ciri-ciri jodoh saya? Jika berbicara tentang jodoh memang seringkali menjadi pelik karena hal tersebut memang dekat dengan urusannya mencari pasangan sehidup semati. Tentunya tidak ada orang yang menginginkan pernikahannya lebih dari sekali dalam hidup. Oleh karena itulah, kamu harus mengenai ciri-ciri jodoh di bawah ini untuk memastikan kembali apakah pasanganmu saat ini adalah jodohmu.

Ciri-ciri Jodoh Sejati Dalam Hidup Kamu

Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri apakah pasanganmu adalah jodoh sejatimu.

1. Membuatmu Semakin Dekat dengan Tuhan

Jodoh merupakan seseorang yang akan membuat kamu selalu ingin memperbaiki diri dan mendekatkan diri kita kepada Sang Pencipta. Dia adalah seseorang yang akan membuat kita menjadi sadar akan kehidupan ini. Yakni kehidupan yang sudah diatur oleh Tuhan. Apabila seseorang yang sekarang dekat denganmu mempunyai ciri-ciri tersebut, maka bisa jadi dia adalah seseorang yang kelak akan menjadi jodohmu dan menemani sisa hidupmu. Ini adalah salah satu sinyal jodoh dari Tuhan. Oleh sebab itu, gunakanlah perasaanmu saat tiba-tiba hidupmu menjadi lebih dekat dengan Tuhanmu. Jangan pernah sia-siakan momen tersebut hanya karena dirimu kurang peka terhadap apa yang terjadi saat ini.

2. Ada Dorongan untuk Memperbaiki Diri

Menurut para psikolog, seseorang yang selalu membuat dirimu senantiasa memperbaiki diri baik itu untuk dunia ataupun akhirat, maka orang tersebut bisa jadi adalah jodohmu. Hal tersebut terjadi karena sinyal kuat yang berasal dari dalam dirimu yang ingin menjadi lebih baik dan dewasa dari pasangan kamu sekarang ini. Memperbaiki finansial, menata kehidupan, merapikan ibadah, sampai hal-hal kecil lain akan memperoleh perhatian besar saat kamu sedang berhadapan dengan jodohmu.

3. Saling Menerima Apa Adanya dan Memahami

Jodohmu merupakan seseorang yang mau menerima kamu apa adanya tanpa memperhatikan dari segi duniawi yang ada di dalam dirimu. Kalian merupakan jodoh sejati apabila bisa saling memahami satu sama lain. Di dalam dunia nyata, mungkin saja kamu akan berbeda pendapat dengan pasangan, tapi pada akhirnya kalian akan paham bahwa semua itu bisa diselesaikan dengan kepala dingin.

4. Membuat Hati Tenang Saat Bersamanya

Sementara di dalam Islam, ciri-ciri jodoh sudah dijelaskan dalam surat Ar-Rum ayat 21,
yang artinya, “…Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih sayang…,”. Dari sini sudah jelas bahwa kutipan yang ada di dalam Al-Quran tersebut menjelaskan bahwa seorang jodoh akan dipertemukan padamu untuk membuat hatimu menjadi lebih tentram. Walaupun di dalam keadaan yang harus membuat kamu berdebat dengannya, namun kalain akan sama-sama paham bahwa pasangan kamu merupakan tempat terbaik untuk kembali.

5. Merasa Cukup

Lihatlah dirimu yang saat ini sudah berpasangan dengannya. Apakah kamu sudah merasa puas dan cukup dengan berpasangan dengannya? Jika iya, maka ini adalah salah tanda bahwa dia adalah jodohmu. Sebab, siapapun orang yang sudah bertemu dengan pasangannya yang bisa menenangkan hati, bisa saling menerima satu sama lain, dan bisa memahami, mereka akan cenderung berhenti untuk mencari pasangan lain. Tidak ada yang dapat mengalahkan besarnya kekuatan sinyal jodoh walaupun kalian dihadapkan dengan keadaan yang sangat sulit.

6. Pihak Keluarga Saling Menerima dan Merestui

Tidak ada yang salah dengan ciri-ciri jodoh yang satu ini. Apapun kondisinya dan siapapun orangnya, apabila orang tua dari salah satu pihak tidak setuju atau merestui, maka alangkah lebih baik jika kamu mengurungkan niat untuk menikahinya. Sebab, jodoh tak hanya tentang menikahi pasanganmu saja, tapi juga keluarganya. Namun jika rasa sayangmu terhadap pasanganmu tetap besar hingga saat ini, maka besarkan semangatmu untuk memperoleh restu dari orang tuamu ataupun orang tuanya. Lakukan berbagai macam cara yang benar untuk memperoleh hati orang tua. Jangan pernah lelah untuk membuktikan bahwa kalian saling mencintai satu sama lain dan berhak hidup bahagia bersama.

7. Saling Menjaga Satu Sama Lain

Berikutnya yaitu ciri-ciri bahwa kalian bisa menjaga satu sama lain. Menjaga dalam hal ini adalah selalu berada di dalam yang benar. Menjaga di dalam hal kebaikan, ketentraman, dan kesehatan. Kalian akan selalu mengingatkan diri untuk tidak terjerumus ke dalam suatu hal yang buru dan sesat. Jika hal ini sudah terjadi, maka perhatikan dia dengan baik bahwa dia mungkin saja adalah jodohmu.

8. Satu Tujuan

Jika tujuan, cita-cita, serta impian kalian mempunyai kesamaan, maka bisa jadi kalian adalah jodoh. Untuk bisa saling memahami apa yang menjadi impian pasangan adalah hal yang tidak mudah. Maka jika hal itu sudah terjadi, maka sebaiknya segera ajak dia untuk melanjutkan hubungan ke jenjang lebih serius.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah