in

Susunan Acara Pernikahan dan Hal yang Harus Dipersiapkan

unsplash.com

Sebelum membahas susunan acara pernikahan, ada baiknya Grameds mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu sebuah pernikahan. Berikut rukun dan syarat sah pernikahan menurut agama Islam.

Rukun dan Syarat Sah Pernikahan

1. Rukun pernikahan, yaitu:

  • Terdapat calon pengantin laki laki dan perempuan yang tidak terhalang secara syar’i untuk menikah.
  • Ada wali dari calon pengantin perempuan.
  • Dihadiri dua orang saksi laki laki yang adil untuk menyaksikan sah tidaknya pernikahan.
  • Diucapkannya ijab dari pihak laki laki atau yang mewakilinya.
  • Persaksian akad nikah tersebut berdasarkan dalil hadits secara marfu: “Tidak ada nikah kecuali dengan adanya wali dan dua saksi yang adil”. (HR. Al-Khamsah kecuali An-Nasa’i).

2. Syarat sah pernikahan yaitu:

a. Beragama Islam

Syarat calon suami dan istri adalah beragama Islam serta jelas nama dan orangnya. Bahkan tidak sah jika seorang muslim menikahi non-muslim dengan tata cara ijab qabul Islam.

b. Bukan mahram

Bukan mahram menandakan bahwa tidak ada penghalang agar perkawinan bisa dilaksanakan. Selain itu, sebelum menikah perlu menelusuri pasangan yang akan dinikahi. Misalnya sewaktu kecil dibesarkan dan disusui oleh siapa. Sebab jika ketahuan masih saudara sepersusuan maka tergolong dalam jalur mahram seperti nasab yang haram untuk dinikahi.

c. Wali nikah bagi perempuan

Sebuah pernikahan wajib dihadiri oleh wali nikah. Wali nikah harus laki laki, tidak boleh perempuan. Wali nikah mempelai perempuan yang utama adalah ayah kandung. Namun jika ayah dari mempelai perempuan sudah meninggal bisa diwakilkan oleh lelaki dari jalur ayah.

Misalnya seperti kakek, buyut, saudara laki laki seayah seibu, paman dan seterusnya berdasarkan urutan nasab. Jika wali nasab dari keluarga tidak ada, alternatifnya adalah wali hakim yang syarat dan ketentuannya pun telah diatur.

[algolia_carousel]

d. Dihadiri Saksi

Syarat sah nikah selanjutnya adalah terdapat minimal dua orang saksi yang menghadiri ijab Qabul, satu bisa dari pihak mempelai wanita dan satu lagi dari mempelai pria. Mengingat saksi menempati posisi penting dalam akad nikah, saksi disyaratkan beragama Islam, dewasa dan dapat mengerti maksud akad.

e. Sedang tidak ihram atau berhaji.

Jumhur ulama melarang nikah saat berhaji atau umrah (saat ihram), merujuk Islami. Hal ini juga ditegaskan seorang ulama bermazhab Syafi’i dalam kitab Fathul Qarib Al-Mujon yang menyebut salah satu larangan dalam haji adalah melakukan akad nikah maupun menjadi wali dalam pernikahan.

f. Bukan paksaan

Syarat nikah yang tak kalah penting adalah mendapat keridhaan dari masing masing pihak, saling menerima tanpa ada paksaan. Ini sesuai dengan hadits Abu Hurairah Ra:

“Tidak boleh seorang janda dinikahkan hingga ia diajak musyawarah atau dimintai pendapat, dan tidak boleh seorang gadis dinikahkan sampai dimintai izinnya.” (HR Al Bukhari: 5136, Muslim: 3458).

Rukun dan syarat sah pernikahan bisa Grameds ketahui lebih mendalam dengan membaca buku yang tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik!

Susunan Acara Pernikahan

Acara Pernikahan

Menikah adalah momen yang paling mendebarkan dan paling spesial bagi setiap orang. Dimulai dari persiapan hingga hari-H pasti dengan perhitungan yang matang dan penuh persiapan. Semua itu dilakukan agar nantinya acara pernikahan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai keinginan tanpa ada kekurangan sedikitpun. Untuk memudahkan penyusunan rangkaian acara sebaiknya calon pengantin menentukan terlebih dahulu apakah pernikahan ingin diselenggarakan di rumah atau di gedung. Semua itu diurus oleh keluarga atau menggunakan jasa wedding Organizer. Sebagian dari kita mungkin ada yang menggunakan jasa WO (wedding organizer) gunanya untuk mengatur jalannya acara pernikahan.

Susunan Acara Pernikahan
unsplash.com

Namun jika tidak menggunakan jasa WO untuk mengerjakan segala kebutuhan persiapan pernikahan, itu tidak jadi masalah karena disini akan memberikan sajian informasi mengenai susunan acara pernikahan. Biasanya akan ada proses akad dan resepsi yang dilakukan secara berurutan. Agar berjalan dengan lancar , harus ada susunan acara akad dan resepsi yang telah dibuat dan ditetapkan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan saat berlangsungnya acara pernikahan tersebut.

Susunan acara merupakan urutan acara dengan sistem terperinci yang disampaikan dengan cara berurutan selama acara berlangsung. Selain itu susunan acara akan disampaikan sesuai durasi waktu yang sudah ditentukannya.

Susunan Acara Pernikahan

Pembagian acara pernikahan seperti pada umumnya, setiap acara pernikahan terbagi menjadi dua bagian yaitu acara pernikahan dan acara resepsi. Adapun pembagiannya adalah sebagai berikut:

1. Susunan Acara Akad Nikah

Melewati akad nikah dengan baik akan memberi kepuasan kepada pengantin baru. Ini akan bermanfaat bagi kehidupan pernikahan selanjutnya. Sebuah studi baru oleh University Of Arkansas Psychologist mengatakan berbagi kepuasan dan hubungan di tahun tahun pertama pernikahan akan baik untuk perjalanan rumah tangga.

Untuk mendapatkannya bisa dilakukan dengan menjalankan akad dan resepsi sebaik mungkin. Ini akan menjadi kenangan berharga di awal pernikahan yang dikenang seumur hidup. Susunan acara akad nikah ini akan memberikan gambaran dalam mempersiapkan acara pernikahan yang berjalan lancar.

Salah satu persiapan yang tidak boleh terlewatkan adalah membuat susunan acara akad nikah. Sebab di dalamnya terdapat momen ijab Qabul yang sakral dan menjadi ukuran sah tidaknya sebuah pernikahan. Setelah itu baru bisa menjalankan acara walimahan atau resepsi selanjutnya. Akad nikah merupakan salah satu sebagian dari upacara keagamaan guna untuk menyatakan bahwa kedua dari mempelai dapat menjadi sepasang suami istri yang sah baik didalam hadapan Allah SWT maupun dalam kehidupan kita.

Akad nikah diselenggarakan dengan khidmat dan penuh haru terkadang mengeluarkan air mata dan memakai adat tertentu. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa akad nikah adalah salah satu kunci utama dalam pernikahan.Untuk persiapan acara akad nikah sebaiknya sudah terencana, tersusun matang, rapi dan sudah siap dilakukannya sebelum hari H tiba.

Sebenarnya dalam susunan acara prosesi akad nikah itu cukup sederhana. Berikut contoh susunan acara akad nikah yaitu:

1) Pembukaan

Akad nikah terlebih dahulu dibuka dengan sesi pembukaan yang dipandu oleh pembawa acara atau MC (Master of Ceremony). Sebelum memasuki pembukaan, pada umumnya acara diawali dengan salam pembuka. Ini diawali dengan membaca “Basmalah” dan doa agar acara berlangsung dengan lancar dan diberkahi oleh Allah SWT. Contohnya seperti:

Pengucapan rasa syukur kepada Allah SWT dan pembacaan Shalawat Nabi.

Sedangkan untuk pembukaan umumnya dilakukan dengan pembacaan kalimat “Basmalah” dan surat Al Fatihah yang dipimpin oleh seorang pembawa acara. Tujuan ini diharapkan agar acara dapat berjalan dengan lancar dan penuh dengan keberkahan. Seorang MC (master ceremony) atau seorang pembawa acara bisa menyebutkan nama pihak keluarga atau yang memiliki hajat pernikahan tersebut serta nama kedua mempelai.

2) Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an

Setelah acara dibuka, dilanjutkan dengan sesi pembacaan ayat suci Al Qur’an. Pada acara ini umumnya pihak keluarga mempelai sudah mempersiapkan seorang yang sudah mahir dalam melantunkan ayat ayat suci Al Qur’an dengan bacaan dan suara yang indah, merdu serta dapat menyentuh hati. Dan menunjuk juga siapa yang membacakan Sari Tilawah.

Untuk pembacaan ayat ayat suci Al Qur’an, umumnya surat yang dibacakannya adalah surat yang berhubungan dengan pernikahan seperti di bawah ini:

  • S Ar Ruum ayat 21
  • S An Nisaa ayat 34-35
  • S At Tahrim ayat 6

3) Penerimaan dan Sambutan

Biasanya pihak keluarga laki laki akan datang membawa seserahan dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari pihak laki laki. Setelah itu pihak perempuan juga melakukan sambutan sebagai penerimaan yang bisa diwakili oleh sesepuh keluarga masing masing.

4) Khutbah Nikah

Khutbah nikah merupakan hal Sunnah dalam Islam. Tetapi penting untuk diresapi dan diamalkan. Umumnya untuk khutbah nikah akan disampaikan langsung oleh petugas dari Kantor Urusan Agama (KUA) atau yang dikenal dengan bapak penghulu. Pada khutbah nikah ini bermaksud untuk pembekalan bagi kedua mempelai, sekaligus sebagai pengingat mengenai pentingnya dalam menjaga keutuhan dalam pernikahan.

5) Ijab Qabul

Ijab Qabul merupakan sebuah acara inti dari semua persiapan pernikahan. Pada ijab Qabul dari calon pengantin pria dan wanita akan duduk di depan meja akad nikah bersama para wali (dalam hal ini orang tua) dari calon pengantin dan para saksi saksi (baik saksi dari pihak perempuan dan saksi pihak laki laki). Dalam hal ini orang tua atau wali dari mempelai perempuan akan menikahkan putrinya pada mempelai laki laki.

Juga ada orang tua memasrahkan untuk menikahkan putrinya pada pak penghulu gunanya untuk menikahkan pengantin berdua, selain wali/ orang tua dari pihak perempuan. Penghulu berkewajiban untuk memimpin jalannya akad nikah. Pada proses sakral inilah yang akan menjadikan kedua mempelai sah sebagai suami istri.

[algolia_carousel page=2]

Di dalam pernikahan Islami, ketika akad nikah atau ketika berlangsungnya ijab kabul dari calon pengantin wanita. Lokasinya biasanya akan terpisah dengan calon pengantin pria atau hal ini tidak dapat berdampingan. Maka dengan demikian biasanya akan disediakan sebuah tempat khusus seperti kamar atau di balik tirai hijab. Calon pengantin perempuan menunggu sampai ijab Qabul selesai dan kemudian dia keluar menemui pengantin pria setelah sah menjadi istri. Biasanya penggantian perempuan menyalami pengantin laki-laki dengan mencium tangannya. Dengan maksud istri tunduk pada suami.

6) Doa Nikah

Setelah proses ijab Qabul selesai, maka selanjutnya penghulu atau petugas Kantor Urusan Agama biasa akan memimpin do’a akad nikah. Selain penghulu juga dapat mengundang pemuka agama di lingkungan tempat pengantin secara khusus untuk membacakan do’a akad nikah.

7) Penandatanganan Buku Nikah

Setelah dinyatakan sah sebagai suami istri di mata agama Islam, maka kedua mempelai diminta untuk menandatangani dokumen pernikahan, salah satunya adalah buku nikah. Dengan begitu maka kedua mempelai dapat dinyatakan sah menikah baik dalam aturan agama maupun dalam Negara.

8) Serah Terima Mahar

Mahar adalah hak pengantin perempuan atas laki laki yang menikahinya dan diucapkan pada kalimat ijab Qabul. Pada umumnya mahar berupa nominal uang, seperangkat alat sholat dan bisa juga lainnya. Agama Islam tidak membatasi jumlah nominal mahar.

Mahar akan diserahkan secara simbolis oleh mempelai pria kepada mempelai wanita. Mahar akan dicatat di sebuah dokumen pernikahan pada Kantor Urusan Agama. Sehingga jika terjadi pada hal hal yang tidak diinginkan pada pernikahan, contoh seperti perceraian, maka mahar tersebut nantinya wajib harus diganti oleh mempelai wanita.

9) Tukar cincin

Setelah mahar diberikan, sekarang giliran penyerahan mas kawin. Yakni kedua dari mempelai akan saling memakaikan cincin kawin di jari manis dari kedua pasangan tersebut. Pada momen yang sangat indah ini jangan lupa mengabadikannya.

10) Nasehat Pernikahan

Pada acara ini petugas Kantor Urusan Agama atau penghulu akan memberikan nasehat pernikahan kepada kedua mempelai mengenai hak dan kewajiban sebagai seorang istri atau suami. Dalam hal ini kedua mempelai harus mengerti dan memahami apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebagai suami dan istri.

11) Sungkeman

Acara berikutnya adalah sungkeman. Kedua pasangan orang tua pengantin duduk pada tempat yang telah disediakan. Sungkeman dilaksanakan oleh kedua mempelai guna untuk mendapatkan restu dan do’a dari kedua orang tua secara bergantian.

12) Penutup

Terakhir adalah acara penutup yang umumnya dibacakan oleh penghulu atau pemuka agama yang hadir dalam prosesi akad nikah dengan membacakan do’a penutup khusus. Selain itu biasanya setelah selesai do’a, pihak keluarga biasanya akan melaksanakan sesi foto bersama-sama.

Susunan Acara Pernikahan

2. Susunan Acara Resepsi

Selanjutnya setelah proses akad nikah selesai, maka kedua dari pasangan pengantin akan bersiap siap untuk mengadakan acara resepsi pernikahan. Biasanya dalam acara ini sebagian orang dapat melangsungkan resepsi di hari yang sama dengan proses acara akad nikah, namun terkadang ada juga yang lebih memilih mengadakan resepsi di hari yang lain. Pada umumnya resepsi diadakan dua Sampai tiga jam setelah acara akad nikah selesai.

Dalam hal ini susunan acara resepsi pernikahan juga sangat bervariasi. Karena dari setiap daerah memiliki ciri khas dan adat tersendiri, sehingga dengan demikian juga berbeda beda. Pada susunan acara pernikahan resepsi kali ini sangat memungkinkan untuk diubah dan disesuaikan dengan kondisi adat istiadat setempat. Karena mengingat acara yang sangat fleksibel dan biasanya lebih mengutamakan hiburan ketimbang mengikuti aturan adat istiadat.

Berikut adalah susunan acara pernikahan yang umum digelar ketika acara resepsi berlangsung yaitu:

1) Hiburan Pembukaan

Acara hiburan biasanya sudah mulai kurang lebih 30 menit sebelum acara resepsi berlangsung. Acara ini sangat fleksibel sehingga dapat diisi dengan berbagai hiburan sesuai dengan keinginan kedua mempelai. Di dalam acara pernikahan Islami sesi hiburan dapat diisi dengan musik Islami seperti Al-Banjari, Qosidah, dan lainnya.

2) Pembukaan

Acara selanjutnya adalah Pembukaan yang dibuka oleh MC atau pembawa acara. Pada acara kali ini sebaiknya kedua mempelai yang sudah di dampingi oleh kedua orang tua dan keluarga besar hendaknya bersiap siap terlebih dahulu guna untuk mempersiapkan diri pada acara selanjutnya. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan kedua mempelai beserta orang tua dan keluarga besar.

3) Kirab pengantin/Penyambutan Kedua mempelai

Kedua mempelai dipersilahkan untuk memasuki ruangan resepsi pernikahan dan duduk berdampingan di pelaminan beserta kedua orang tua mereka. Sambil musik mengiringi kedua mempelai dan para rombongan mempelai.

4) Sesi Foto

Setelah kedua pengantin telah duduk di pelaminan beserta dengan kedua orang tua masing masing lalu mereka menjalani proses pemotretan oleh fotografer. Untuk acara sesi foto ini biasanya tergantung pihak keluarga. Biasanya yang disuruh untuk memotret adalah fotografer. Dan bisa jadi fotografer dari pihak keluarga yang disuruh jadi fotografer yang ahli.

5) Sambutan Pihak Keluarga

Untuk selanjutnya yakni perwakilan dari masing masing kedua keluarga dari pasangan mempelai dan penerimaan dari pasangan mempelai. Serta menyampaikan sambutan sambutannya dan memberikan ucapan selamat kepada kedua pengantin.

6) Do’a

Selanjutnya acara do’a bersama yang dipandu oleh seorang MC.

7) Acara Ramah Tamah (Hiburan, Menikmati Hidangan, Foto Bersama)

Setelah selesai berdo’a, memasuki acara ramah tamah. Pada acara ini adalah acara yang paling lama karena terdapat banyak kegiatan seperti:

  • Dalam momen ini seluruh tamu undangan yang hadir di persilahkan untuk memberikan ucapan selamat dan menyalami kedua mempelai di atas pelaminan.
  • Seusai memberikan ucapan dan bersalaman dengan kedua mempelai, para tamu undangan akan diarahkan untuk menikmati semua hidangan yang sudah disajikan.
  • Sambil menikmati hidangan, selanjutnya para tamu akan disuguhkan oleh hiburan hiburan atau alunan musik yang sudah dipersiapkannya.
  • Sebelum meninggalkan acara resepsi, seluruh tamu undangan biasanya akan dipersilahkan untuk foto bersama dengan kedua mempelai.

8) Penutupan

Setelah semua acara selesai dilaksanakan, maka selanjutnya seorang MC atau pembawa acara akan menutup acara resepsi pernikahan tersebut. Dengan memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai dan seluruh tamu undangan yang sudah hadir.

Susunan Acara Pernikahan

Jika Grameds akan melakukan acara pernikahan, pastikan Grameds sudah memahami setiap prosesi acara yang akan dilaksanakan. Untuk memberikan pemahaman lebih lanjut, Grameds bisa membaca buku yang tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik!

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda