in

Cewek Feminim: Sifat,Tandanya, dan Cara Menjadi Cewek Feminim

Pixabay.com/JillWellington

Dalam kehidupan sehari-hari, istilah cewek feminim dan tomboy tentunya sudah tidak asing di telinga Grameds bukan? Cewek feminim merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut seorang perempuan yang terlihat anggun dan memiliki label tipe cewek yang lebih disukai oleh perempuan.

Namun, bagaimana sih cewek feminim itu? Apakah mereka memiliki tanda atau sifat spesifik sehingga masyarakat lebih mudah mengenali perempuan feminim? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

Sifat-Sifat Umum Cewek Feminim

Cewek Feminim
Sumber: Tribunnews

Cewek feminim umumnya memiliki beberapa sifat yang membuatnya mudah dikenali. Berikut adalah beberapa sifat umum yang mereka miliki.

1. Pintar membawa diri

Sifat pertama ialah tidak ragu untuk mengekspresikan dirinya ke publik dan sifat tersebut membuat dirinya terlihat lebih menarik. Meskipun tidak ragu untuk mengekspresikan dirinya, akan tetapi cewek feminim juga mengetahui kapan waktu yang tepat untuk bersikap sesuai dengan situasi.

Contohnya, ketika ia berhadapan dengan orang yang lebih tua, maka ia tahu bahwa ia harus bersikap sopan dan ia juga tahu bagaimana ia harus bersikap di harapan orang yang lebih muda tanpa menyombongkan diri dan tetap rendah hati.

Ia tidak ragu untuk menyuarakan pendapatnya dan mengetahui bagaimana cara menyampaikan pendapat dengan sopan dan baik tanpa memaksa apa yang ia pikirkan.

2. Memiliki beragam keahlian yang unik

Cewek feminim umumnya memiliki suatu keahlian yang ia dapatkan melalui bakat dan hobi yang dinilai unik. Hal ini dikarenakan, ia menganggap bahwa bakat adalah suatu hal positif yang harus dimiliki. Sehingga kebanyakan dari cewek feminim pun akan berusaha menguasai suatu hal yang ia sukai. Contohnya menyanyi, memasak, bermain game, dan lain sebagainya.

3. Memiliki selera berpakaian yang menarik

Cewek feminim cenderung memiliki selera cara berpakaian yang menarik atau sense of fashion yang manis dan khas. Meskipun tidak mengenakan pakaian atau tas dengan brand terkenal, akan tetapi ia cenderung mampu melakukan mix and match dengan baik. Seperti model atasan dan bawahan yang serasi hingga pemilihan warna-warna yang lembut.

4. Memiliki sifat murah senyum

Murah senyum merupakan salah satu sifat yang khas dimiliki oleh cewek feminim. Ia biasanya bersikap ramah dan tidak memiliki menampilkan raut wajah yang judes. Selain itu, ketika diajak berbicara ia lebih sering tersenyum sambil memerhatikan lawan bicaranya. Karena murah senyum, cewek feminim pun memiliki kesan yang ramah, lembut serta mudah untuk diajak bicara.

5. Tipe orang yang bersih, terutama mengenai kuku dan senang mewarnai kukunya

Sebagai cewek feminim, ia sangat perhatian terhadap kebersihan terutama mengenai kukunya. Tidak hanya menjaga kebersihan kuku saja, cewe berkepribadian ini pun akan senang mewarnai dan memberikan beragam pernak-pernik lucu untuk menghiasi kukunya. Mewarnai dan menghiasi kuku menjadi salah satu hobi yang ia gemari dan tidak akan ragu atau malas untuk melakukan hal ini.

Cewek Feminim

6. Rajin merawat diri

Sebagai sosok yang menyukai kebersihan, cewek feminim pun adalah sosok yang rajin mandi serta keramas. Tidak hanya itu, ia juga rajin melakukan perawatan kulit agar ia tampak lebih bersinar dan bersih. Perawatan yang ia lakukan pun tidak hanya fokus pada bagian tertentu, akan tetapi seluruh tubuh dan selalu memerhatikan setiap keperluan kulitnya.

7. Lebih akrab dengan gaya make up dan alat-alatnya

Perempuan yang memiliki sifat feminim, umumnya lebih akrab dengan make up dan beragam alat-alatnya. Karena ia sukai tampil cantik dan menawan, sehingga ia lebih sering memainkan alat rias dan mencoba beragam warna yang cocok di wajahnya. Tidak hanya makeup, cewek-cewek ini juga tahu bagaimana cara menata rambut dengan baik.

8. Berempati tinggi

Sebagai sosok yang murah senyum, cewek feminim juga memiliki empati yang tinggi terhadap sesama. Sehingga ia lebih peduli dan jauh dari kata cuek. Cewek feminim, terbiasa memberikan perhatiannya kepada orang lain.

9. Mudah menangis dan tersentuh

Karena memiliki kepedulian yang tinggi dan empati pada orang lain, cewek feminim umumnya lebih mudah tersentuh ketika melihat hal-hal yang sedih dan mudah menangis. Cewek feminim juga identik dengan kelembutan hati.

10. Memiliki aura kecantikan

Sebagai sosok yang peduli dan rajin merawat diri, aura kecantikan yang dimiliki oleh cewek feminim dapat terlihat memancar dan menyentuh banyak pribadi, baik itu perempuan maupun laki-laki. Kecantikan yang dimiliki oleh cewek feminim pun tidak dibuat-buat, melainkan sesuatu hal yang hadir secara alami dan wajar dalam diri cewek feminim.

11. Memiliki intuisi yang tajam

Cewek feminim cenderung memiliki intuisi yang cukup tajam. Artinya ia mampu merasakan hal yang sangat nyata akan terjadi, meskipun hal tersebut belum terjadi. Sebab, cewek feminim cenderung mendengarkan dan memerhatikan dengan seksama dan mendapatkan suatu intuisi. Ketika mendapatkan intuisi akan suatu peristiwa, cewek feminim pun berusaha untuk menemukan cara jitu agar hal buruk dapat ia cegah atau menyelesaikan permasalahan yang nantinya akan terjadi.

12. Sabar

Sabar merupakan sifat dan karakter yang dimiliki oleh kebanyakan cewek feminim. Selain sabar ia juga cenderung memiliki watak yang datar serta mampu untuk bersikap tetap tenang, meskipun ada banyak masalah yang menerpanya.

Sifat sabar yang dimiliki oleh cewek feminim, pada akhirnya akan membawa banyak keberuntungan bagi dirinya. Sebab ketika mengalami suatu hal, ia akan cenderung berpikir dengan logis dan menunggu keputusan apa yang sebaiknya ia ambil sambil bersabar menghadapi suatu situasi.

Sebagai cewek pasti Grameds pernah memiliki banyak pertanyaan mengenai bagaimana sih gaya berpakaian yang menarik? Atau cara make up yang baik, produk yang cocok untuk tipe kulit, atau bahkan mengenai percintaan, apakah dia suka jika kamu berpenampilan dengan gaya tertentu?

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Grameds yang kebingungan dan ingin mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, bisa membaca buku yang ditulis oleh Lia Ekuirisa yang berjudul, “Buku Buat Cewek: dari Kecantikan, Kesehatan, Keuangan, Perawatan, Psikologi Cinta, dan Belanja”. Buku ini menyajikan materi yang dapat membuat Grameds mengerti dan bisa mempraktikkan self love. Apabila Grameds penasaran dan ingin mengetahui isi buku ini, Grameds bisa mendapatkannya di gramedia.com, ya!

Cewek Feminim

5 Tanda Cewek Feminim

Seorang cewek dengan tipe feminim, umumnya akan memiliki beberapa tanda yang dapat dikenali dengan mudah. Berikut beberapa tanda, jika Grameds adalah salah cewek feminim.

1. Tidak setuju dengan standar kecantikan

Tanda pertama yang ada pada seorang cewek feminim ialah ia tidak setuju dengan standar kecantikan yang ada. Standar kecantikan yang hadir di masyarakat, membuat banyak perempuan maupun laki-laki berusaha untuk tampil sesuai dengan standar kecantikan yang ada.

Di suatu negara, daerah tertentu memiliki beberapa standar kecantikan yang berbeda. Seperti kulit yang putih bersih, tubuh langsing dan tinggi, hidung yang tinggi dan mancung, ramput lurus hitam dan lain sebagainya. Seseorang yang memiliki standar kecantikan tersebut, otomatis akan mendapatkan label sebagai cewek cantik.

Meskipun begitu, cewek feminim tidak tergila-gila untuk meraih gelar sebagai perempuan cantik. Cewek feminim justru cenderung tidak menyetujui standar kecantikan yang hadir. Sebab bagi cewek feminim, kecantikan akan hadir secara alami ketika ia berbuat baik dan tulis pada orang lain dan tidak dapat dinilai hanya dari fisiknya saja.

2. Peduli pada pendidikannya

Dulu, pendidikan bagi perempuan dianggap tidak terlalu penting dan bahkan perempuan dilarang untuk menempuh pendidikan. Sebab, tugas perempuan pada saat itu adalah sebatas sebagai seorang istri dan ibu rumah tangga yang tidak perlu menempuh pendidikan tinggi. Sementara laki-laki, mendapatkan akses pendidikan lebih mudah dan bebas. Karena laki-laki dianggap memiliki tanggung jawab yang lebih besar dari seorang perempuan, yaitu sebagai tulang punggung keluarga.

Beruntungnya, saat ini perempuan lebih mudah dan dibebaskan untuk menempuh pendidikan dengan jurusan dan jenjang yang ia inginkan. Bagi cewek feminim, pendidikan merupakan hal yang penting dan ia tidak bisa acuh pada hal tersebut.

Cewek feminim menganggap, bahwa pendidikan dapat mendukung dirinya untuk dapat hidup mandiri dan merawat anak maupun rumah tangga dengan baik, karena ia memiliki bekal yang lebih matang ketika menempuh pendidikan tersebut.

3. Memiliki kebebasan dalam keputusan berkarier

Cewek feminim memiliki perspektif, bahwa cewek bebas memutuskan apakah ia ingin berkarier atau tidak. Karena cewek feminim beranggapan, bahwa karier yang dimiliki oleh dirinya dapat menjamin kelangsungan hidup yang baik dan membuat ia tidak bergantung pada laki-laki.

Bagi cewek feminim, baik laki-laki maupun perempuan memiliki kebebasan untuk memilih bagaimana ia menjalankan hidup. Sehingga, cewek feminim pun juga memiliki hak untuk dapat menghasilkan hal yang bermanfaat bagi dirinya serta orang terkasih, secara mandiri tanpa bergantung pada orang lain.

4. Memiliki hati yang lembut

Tanda keempat yang dimiliki oleh cewek feminim ialah memiliki hati yang lembut, seperti sikapnya yang lemah lembut serta memiliki empati tinggi kepada orang lain. Cewek feminim cenderung mudah tersentuh, karena ia memiliki hati yang lembut ketika melihat ada peristiwa sedih di depannya. Selain itu, cewek feminim pun juga akan iba, ketika ia melihat ada orang sekitar kesulitan bahkan merasa iba ketika melihat hewan tidak mendapatkan perlakuan menyenangkan.

5. Memiliki lebih banyak teman perempuan, dibandingkan teman laki-laki

Tanda terakhir yang dimiliki oleh seorang cewek perempuan, ialah bahwa ia memiliki lebih banyak teman cewek dibandingkan teman laki-laki. Hal ini dikarenakan cewek feminim, cenderung lebih nyaman ketika ia berada di antara teman perempuannya. Ia merasa bebas bercerita, saling berbagi perspektif kepada sesama perempuan mengenai topik-topik tertentu yang dekat dengan perempuan.

Cara Mudah Menjadi Cewek Feminim

Cewek Feminim
Pexels.com

Apakah Grameds mulai tertarik untuk terlihat lebih feminim? Ada beberapa cara yang dapat Grameds lakukan, untuk terlihat dan menjadi cewek feminim. Salah satunya ialah dengan mengubah cara berpakaian dan memerhatikan style.

Umumnya, perempuan yang ingin terlihat lebih feminim, pada mulanya mulai tertarik pada gaya berpakaian atau cara dandan cewek feminim. Namun, apabila setelah mencoba untuk merubah diri menjadi cewek feminim dan Grameds merasa tidak nyaman, lebih baik Grameds kembali pada gaya atau style lama yang membuat Grameds nyaman daripada memaksakan diri terlihat feminim.

Berikut beberapa cara mudah, yang dapat Grameds coba untuk mendapatkan tampilan dan karakter cewek feminim.

1. Memerhatikan cara berpakaian

Ketika ingin menjadi cewek lebih feminim, cara mudah dan step pertama yang harus dilakukan ialah dengan memerhatikan cara berpakaian yang khas dari cewek feminim.

Biasanya, cewek feminim cenderung lebih menyukai rok, atau baju terusan dengan pilihan warna-warna lembut, seperti warna pastel. Meskipun begitu, Grameds tetap bisa terlihat feminim ketika memakai celana.

Kuncinya adalah tampil rapi, tidak kusut atau berantan dan bersih. Dengan begitu, Grameds akan terlihat lebih feminim. Selain pakaian, Grameds juga harus memerhatikan kesehatan dan kebersihan kuku ya!

2. Tidak berlebihan

Sering kali kesalahan yang dilakukan oleh banyak orang ketika ingin terlihat seperti cewek feminim, ialah menjadi berlebihan atau tidak menjadi diri sendiri. Meskipun ingin terlihat lebih feminim, Grameds tetap harus menjadi diri sendiri.

Selain itu, jangan bersikap berlebihan agar orang-orang sekitar menyadari perubahan bahwa Grameds menjadi sosok yang lebih feminim. Grameds tidak perlu merubah warna suara yang Grameds miliki, agar terdengar feminim atau mengecek berulang kali apakah penampilan Grameds sudah cukup feminim?

Grameds cukup bersikap seperti biasa dan menunjukan, bahwa Grameds adalah cewek feminim yang sopan dan mengetahui nilai diri. Sehingga, Grameds tidak perlu koar-koar atau bahkan bersikap genit agar tampak feminim.

3. Lebih sering mengucapkan kata tolong dan terimakasih

Cara ketiga adalah dengan menghargai orang lain, dengan mengucapkan banyak kata tolong serta terimakasih. Hargailah setiap orang yang telah membantu Grameds bahkan hal sekecil apapun.

Contohnya, berterima kasih kepada tukang parkir yang telah membantu Grameds menyebrang jalan, atau mengucapkan tolong ketika ingin memanggil pelayan, dan mengucapkan terima kasih pada kurir ketika memesan sesuatu.

Gerakan-gerakan kecil tersebut, identik dengan cewek feminim yang memiliki sifat mudah tersentuh dan lembut hati. Apabila canggung, Grameds bisa memulai pelan-pelan. Selain akan menjadi lebih feminim, Grameds juga membantu menyebarkan sisi positif kepada banyak orang.

Cewek Feminim

4. Belajar dan memiliki pandangan terbuka

Selain penampilan, Grameds harus mengetahui bahwa penting bagi cewek feminim untuk terus belajar dan memiliki pandangan terbuka. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu tanda cewek feminim ialah mementingkan pendidikan.

Oleh karena itu, Grameds juga harus mulai belajar lebih giat dan memiliki pandangan terbuka mengenai perbedaan yang Grameds temui. Belejar yang dimaksud di sini, tidak melulu harus mengikuti sekolah formal ya!

Grameds dapat belajar dengan cara non formal, seperti mengikuti seminar, ikut forum diskusi ataupun mengikuti akun-akun media sosial yang sering membagikan insight mengenai suatu hal. Baik itu pelajaran yang sering Grameds temui di sekolah formal ataupun topik menarik lainnya.

Selain itu, Grameds juga bisa belajar dengan rajin membaca buku. Dengan begitu, maka Grameds akan memiliki pandangan lebih terbuka, mengenai beragam hal.

Demikian ulasan mengenai cewek feminim dan sifat-sifatnya. Untuk Grameds yang ingin memiliki pandangan terbuka seperti cewek feminim, bisa memulainya dengan membaca buku-buku terkait psikologi ataupun pengembangan diri yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk-produk tebaik, supaya Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda