in

Tips dan Cara Kenalan Lewat Chat, Cowok Harus Tahu Ini!

unsplash.com

Cara Kenalan Lewat Chat – Cowok harus tahu, cewek bisa klepek-klepek didekati melalui chat, lho! Pastikan chat kalian tidak kelihatan alay. Bahkan kalau mau sukses pendekatan ke cewek, kamu nggak boleh meremehkan kekuatan chatting saat PDKT. Chatting setiap hari bisa membangun chemistry yang kuat antara kamu dan doi.

Nah, supaya cewek penasaran dan semangat membalas chat kamu setiap hari, ada trik khusus yang perlu kamu lakukan. Ada beberapa cara kenalan lewat chat agar pendekatan yang kamu lakukan sukses hingga bisa menggaet cewek yang kamu taksir.

Tips Cara Kenalan Lewat Chat

Tentu ada tips untuk kalian yang akan memulai pendekatan melalui cara chat. Tips ini bisa kamu praktikkan supaya tidak salah dalam melangkah. Beriku beberapa cara kenalan lewat chat.

1. Kesan Pertama itu Penting

Tahap first impression sangat penting sebab hal ini sangat berpengaruh terhadap kelancaran kamu saat pendekatan. Saat kamu chat gebetan, maka kamu harus menunjukkan sikap baik dan seru untuk memancing rasa keinginannya untuk mengobrol dengan kamu. Saat kenalan lewat chat, kamu bisa memulainya dengan mengomentari foto profil atau bahkan bisa menanyakan berbagai hal terkait kesukaan dia.

2. Mulai Chat dengan Asyik

Proses pendekatan melalui chat sebenarnya memang bergantung pada opening line, sebab kesan pertama sangat mempengaruhi kelancaran chat dan proses pendekatan.

[algolia_carousel]

Saat pendekatan lewat chat hindari mengirim pesan dengan pertanyaan basi seperti: “lagi apa?”, “sudah makan belum?”, dan sejenisnya. Karena ketiganya adalah pertanyaan saat sudah sangat kuno untuk digunakan dalam pendekatan.

Kalau kamu termasuk orang yang masih melakukan cara mendekati cewek lewat chat seperti ini, lebih baik kamu stop dari sekarang. Karena cara chat seperti ini ke cewek apalagi dalam rangka pendekatan sangatlah membosankan.

Kamu bisa memulai obrolan dengan membagikan postingan lucu atau bahkan menanyakan hal yang tidak terduga. Asalkan jangan membosankan. Membahas tentang hal-hal relevan yang sedang terjadi di sekitar dengan intens. Jangan gengsi untuk memulai obrolan terlebih dahulu.

3. Banyak Tanya tentang Doi

Obrolannya tentang topik tertentu sudah asyik, kini saatnya kamu mulai membuka percakapan dengan pertanyaan yang lebih personal tentang doi. tips pendekatan lewat chat kali ini adalah dengan menunjukkan rasa ketertarikan kamu dengan banyak bertanya soal kehidupan dia.

Misalnya dimulai dengan pertanyaan hal basic, yaitu tentang kuliah di mana, jurusan kuliah, keluarganya, hobi, cerita masa kecil, kesibukan dia saat ini atau bahkan aroma parfum kesukaan dia.

Sebelum ini, kamu bisa kepoin dulu media sosialnya biar tahu apa saja bahan untuk memulai percakapan. Dari pertanyaan kecil, chat kalian bisa berlanjut seru dan panjang.

Kalau dia suka dengan aroma coklat atau aroma segar seperti buah-buahan, maka kamu bisa gunakan parfum beraroma coklat saat berhasil mengajaknya berkencan nantinya. Pertanyaan-pertanyaan seputar kehidupannya ini bukan hanya untuk basa basi, tapi menentukan sikap apa yang perlu kamu lakukan di kemudian hari.

Ingatlah poin-poin penting tentang kehidupan dia, karena hal ini nantinya bisa jadi bahan obrolan di lain hari. Tunjukkan kalau kamu tidak hanya tertarik dengannya, tapi juga peduli dan membuat dia nyaman sama kamu.

Jadi cara kenalan lewat chat sebenarnya tidak sesulit yang kamu bayangkan. Rajin bercanda dan mengirim gambar-gambar lucu juga bisa menjadi trik jitu sukses kenalan dan pendekatan.

Cewek suka dengan cowok yang humoris dan gaul. Selera humor yang bagus biasanya jadi tolok ukur cewek dalam menilai cowok, apakah kamu termasuk cowok yang supel, menyenangkan, dan tidak membosankan.

Jadi jokes atau bercandaan dan kata-kata pendekatan lewat chat ini penting sekali untuk kamu perhatikan baik-baik. Agar bisa dilihat sebagai cowok yang cerdas dan menyenangkan, kamu bisa bikin menyatakan hal-hal lucu untuk membuatnya tertawa dan untuk mencairkan suasana hati.

Kamu juga bisa mengirimkan gambar-gambar lucu yang bisa kamu temui di Twitter atau Instagram supaya tambah kaya bahan obrolan. Dari sini kamu juga bisa menilai apakah dia cocok atau tidak dengan kamu. Dengan humor kamu bisa lebih terhindar dari obrolan yang bisa membuat cewek ilfeel.

Cara Kenalan Lewat Chat
Pexels.com

4. Jangan Bercanda Jorok

Meski humor dan jokes bisa membuat cewek senang, tapi jika kamu ingin menunjukkan image positif terhadap cewek, maka jangan pernah bercanda jorok! Bercanda jorok atau sekedar menyerempet ke hal-hal tabu bisa bikin cewek ilfeel. Jelas saja cara chat dengan cewek jauh berbeda dari sohib cowok. Kalau tidak mau gebetan menjauh dan kamu dicap negatif, hindari cara pendekatan seperti ini.

5. Jadilah Menyebalkan

Faktanya orang menyebalkan lebih mudah diingat daripada orang yang biasa biasa saja. Maka jadilah orang yang menyebalkan namun menggemaskan. Tapi jangan terlalu menyebalkan karena nanti gebetan kamu bisa kabur. Kamu bisa seolah-olah menyebalkan hanya sekadar untuk menggodanya.

6. Minta Pendapat Doi

Ini merupakan cara kenalan dan pendekatan yang bisa bikin doi baper seketika. Hal ini sepele, seperti minta pendapat doi sebelum beli barang atau melakukan sesuatu, tapi bisa bikin cewek merasa dihargai dan dilibatkan. Hal ini menunjukkan kalau kamu merasa pendapatnya penting dan dianggap lebih di mata kamu. Tanya jawab saat pendekatan pun jadi lebih terasa berisi dan berkualitas.

7. Main Emoji dan Stiker

Emosi dan stiker juga bisa jadi bumbu pemanis chat kamu dan doi. Jadi bukan hanya jokes saja yang bisa dipakai saat chat sama doi. Selain mengirim emoji iseng, kamu juga bisa sedikit firty dengan mengirimin emoji hug atau kiss untuk bikin doi ge-er. Dan kalau ada kesempatan, jangan lupa puji foto profilnya.

Tapi sebelum mengirim flirty emoji ini, kamu harus berhati-hati. Pastikan gebetan kamu sudah menunjukkan rasa tertarik dan nyaman terhadap kedekatan kalian. Sebaliknya, kamu lakukan cara pendekatan lewat chat ini setelah kamu sudah berkomunikasi secara intens. Trik ini bisa mempercepat proses pendekatan.

8. Membuat Panggilan Lucu

Cara pendekatan yang satu ini wajib dicoba. Kedekatan kalian bisa terasa lebih real dengan membuat nickname yang hanya kamu dan doi yang tahu nama itu. Misalnya, kamu bisa memanggilnya dengan nama chubby sebagai panggilan sayang. Selain ciri fisik yang dia suka, kamu juga bisa bikin nama panggilan dari hobi, kebiasaan sampai artis kesukaan doi untuk membuatnya senang.

9. Berikan Banyak Pujian

Siapa yang tidak suka dengan pujian? Maka dari itu, cara mudah kenalan lewat chat lebih ampuh jika kamu sering memuji gebetan. Namun pujilah dengan sewajarnya, jangan terlalu berlebihan sebab ketika kamu melebih-lebihkan maka ia akan merasa ilfeel bukannya senang.

10. Batasi Curhat

Pada poin ini memang lebih sedikit berbahaya, kamu harus berhati hati agar tidak jatuh ke lubang friend zone. Kebanyakan curhat bisa bikin doi memandang kamu sebagai sahabat bukan gebetan yang berpotensi jadi pacar. Saat doi curhat tentang masalahnya, cukup jadi pendengar yang baik dan balas seperlunya. Kamu tidak perlu ikutan curhat panjang lebar karena akan ada masanya kalian berbagi cerita saat sudah jadian nanti.

11. Konsisten Jalin Komunikasi

Ketika proses pendekatan sedang hangat-hangatnya, kamu harus benar-benar konsisten untuk membalas chat doi. Sebaiknya hindari drama dan permainan tarik ulur yang bikin dia bingung, seandainya kamu memang berniat serius. Sebagai cowok, kamu tidak perlu sengaja lama dalam membalas pesan agar dicari. Cewek bisa menilai keseriusan kamu di sini. Jangan sampai kamu malah dikira ghosting.

12. Jangan Terlalu Keliatan Agresif

Meski kamu sangat ingin menjalin hubungan dan jadian, tapi jangan tunjukkan keinginan kamu itu secara terang-terangan. Rasanya memang kangen dan kehilangan kalau tidak ada chat dari dia meski sehari saja. Tapi jangan sampai menunjukkan kesan bahwa kamu terlalu agresif dan terlalu mengejar dia. Biar saja gebetan kamu menebak-nebak sedikit tentang kamu. Kamu tidak perlu chat dia setiap saat. Sebab kalau terlalu sering chat malah akan timbul rasa bosan.

13. Kirim Teks yang Flirty

Saran agar sukses pendekatan yang selanjutnya adalah jangan terlalu sering membahas hal yang receh atau diskusi yang terlalu serius. Sebab ini masih masa penjajakan. Jangan sampai si doi jadi ilfeel karena kamu kelihatan trying too hard. Dengan kadar normal, boleh saja sesekali kirim teks yang flirty.

14. Kurangi Minta PAP (Post a Picture)

Perempuan lebih suka bila cara chat yang paling dasar adalah dengan menjaga manner dan kesopanan. PAP atau post a picture adalah hal yang lumrah dilakukan oleh para muda mudi baik yang masih pendekatan atau yang sudah pacaran.

[algolia_carousel page=2]

Untuk Grameds yang masih belum jadian, sebaiknya tahan dirimu dalam minta PAP ke gebetan. Bisa saja nantinya gebetan kamu malah mengira kamu hanya mengoleksi foto cewek cantik aja. Biar tidak kejadian dan malah membuat gebetan kamu kabur, maka upayakan tidak sering meminta PAP.

15. Tahan Diri untuk Kirim PAP

Sebenarnya, cewek sama dengan cowok yang senang jika menerima PAP. Tapi ketika cowok terlalu sering kirim PAP, nantinya juga bakal dinilai narsis dan dikira mendekati dia cuma karena takut kehilangan fans.

Daripada cuma kirim-kiriman foto, ada baiknya juga sesekali video call. Kamu bisa melakukan panggilan dengan menggunakan banyak aplikasi yang menyediakan filter-filter lucu agar menjadi bahan ice breaker untuk menghangatkan pembicaraan dengan gebetan.

16. Gunakan Profile Picture dengan Wajah yang Jelas

Tips pendekatan lewat chat dengan cara yang satu ini berlaku untuk semua fase pendekatan. Mulai dari baru kenalan hingga yang sudah lumayan lama dekatnya.

Apalagi buat kamu yang belum pernah bertemu atau berkencan. Lebih baik memakai foto dengan gambar wajah yang jelas, tidak memakai masker, tidak terlalu banyak editan atau filter, apa lagi foto dengan banyak orang lain. Hal ini supaya gebetan kamu yakin bahwa kamu benar-benar seseorang dari dunia nyata bukan sekadar catfish.

17. Mengajak Jalan

Jika aktivitas chat dan pendekatan sudah asik dan lancar, berarti ini waktunya untuk segera mengajak jalan. Jangan terlalu lama, kamu bisa dianggap pengecut atau tidak serius dalam mendekati dia.

Supaya terlihat semakin menarik, pastikan kamu sudah mandi dan menata penampilanmu seperti styling rambut. Kmau tidak perlu berlebihan mempersiapkan penampilan fisik, yang penting bersih dan rapi.

Jika tidak bisa bertemu secara langsung karena masa pandemi, cobalah melakukan aktivitas bersama-sama menggunakan video call. Ini memang cukup mirip dengan mereka yang menjalani LDR (long distance relationship).

Meski lewat video call, pastinya kamu tidak mau membuat dia ilfeel dengan penampilanmu ‘kan? Oleh karena itu, jangan lupa merapikan penampilan sesuai dengan karakter kamu.

Cara Kenalan Lewat Chat
Pixabay.com

Memahami Cara Kenalan Lewat Chat

Secara garis besar strategi ini merupakan simpel tapi hasilnya cukup incredible. Inilah step dan cara untuk kenalan lewat chat agar hasilnya solid.

1. Ketahui Dahulu Kekurangan Cara Kenalan Lewat Chat

Meski kenalan lewat chat kesannya mudah dilakukan dan tidak menakutkan, sebenarnya tetap memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan yang sangat menurunkan tingkat kesuksesan kamu adalah karena tidak adanya fase di mana kamu bisa membangun impresi positif di matanya sebelum proses kenalan terjadi.

Oleh karena itu, kamu harus bisa membangun pembicaraan dengan bercanda, bahkan flirting, teasing, dan semacamnya. Karena kunci utama keberhasilan kenalan adalah bila si doi memiliki impresif positif terhadap kamu.

Cewek akan terbuka dan mudah diajak kenalan kalau sejak awal interaksi semuanya menyenangkan. Jadi jika kamu kenalan dengan seorang cewek yang sama sekali belum pernah berinteraksi dan belum pernah bertemu sebelumnya, lalu sang cewek menolakmu, itu wajar saja. Itu bukan salah dia, tetapi itu hanyalah respons yang alami dan wajar dari sistem pertahanan diri manusia dari orang asing.

Orang cenderung akan lebih terbuka terhadap orang yang dia kenal. Dan orang juga akan cenderung lebih defensif terhadap orang yang dia tidak kenal atau kurang respect. Meski begitu banyak cowok yang melakukannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu membangun value dan respect di matanya.

Bahkan sebelum kamu chat dia, sangat penting jika kamu memahami dan meresapi konsep ini sebelum kamu berusaha kenalan dengan orang asing, baik secara langsung atau lewat chat di platform manapun juga.

Jika kamu tahu akun media sosialnya, kamu bisa bangun dulu impresi positif dengan dia di medsos sebelum masuk ke chat pribadi dan berkenalan dengannya. Baca dan amati saja dulu post di medsosnya untuk membangun perasaan dan pandangan dia terhadap kamu biar dia terbiasa dengan karaktermu.

2. Persiapan Sebelum Kamu Kenalan Lewat Chat

Di fase ini kita bahas apa saja persiapan yang perlu dilakukan dan direncanakan sebelum mempraktikkan cara kenalan lewat chat. Target di fase ini adalah mengumpulkan informasi. Semua informasi tentang dirinya yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan dan amunisi nanti dalam proses kenalan dan pendekatan.

Berikut beberapa persiapan sebelum mempraktikkan cara kenalan lewat chat.

a. Mengamati Dia

Kamu bisa cari tahu dulu, dia memiliki karakter dan pembawaan seperti apa. Apakah dia mempunyai karakter kalem, fun, sensitif, atau mudah tersinggung? Semua informasi ini akan sangat menguntungkan dirimu.

Terutama dalam meracik candaan waktu pertama berkenalan nanti. Jadi kita bisa mengumpulkan informasi dari akun media sosial dia, entah itu di Facebook, Instagram, atau TikTok.

Kamu bisa menelaah apakah dia termasuk cewek yang fun dan terbuka jika diajak berkomentar dan diberi candaan. Kamu bisa melihatnya dari cara dia membalas komen teman-temannya. Dari sana setidaknya kamu tahu karakternya seperti apa.

Untuk melihat karakter atau kepribadian dia seperti apa, Grameds bisa membaca buku berjudul Magnet Kepribadian yang bisa kamu dapatkan di gramedia.com.

Cara Kenalan Lewat Chat

Mengamati dia dengan berusaha melakukan 3 cara agar bisa mendapatkan nomor kontaknya, yaitu:

  • Mendapatkan kontaknya lewat teman
  • Mendapatkan kontaknya dari media sosialnya secara langsung
  • Meminta kontaknya secara langsung

b. Membangun Value Diri Sebelum Mengirimkan Chat Pertama

Respect dan daya tarik juga termasuk bentuk value diri. Jika dia bisa tertarik kepadamu dalam sekali tatap, saat itulah value kamu tinggi di matanya. Dia akan lebih terbuka dan kooperatif untuk kamu ajak kenalan dan mengobrol selanjutnya.

Penampilan fisik, pembawaan diri, dan informasi yang baik, itu semua dapat menambah value. Oleh karena itulah konsep value diri tidak hanya penting di chat tapi juga saat kenalan di dunia nyata. Sebab jika hanya di chat dia tidak bisa menilai kamu secara langsung.

Jika Grameds bertanya-tanya apa itu value diri dan bagaimana mengembangkannya, Grameds bisa membaca buku berjudul Value Yoyr Life yang tersedia di gramedia.com.

Cara Kenalan Lewat Chat

Ada beberapa cara untuk memperlihatkan dan meningkatkan value diri kamu sebelum chat pertama kali, yaitu:

Memasang High Quality Profile Photo

Foto wajah akan dilihat pertama kali secara online. Nah, untuk meninggalkan kesan pertama yang positif adalah menggunakan foto profil yang menarik dan baik.

Banyak cowok melakukan kesalahan besar saat berusaha kenalan dengan cewek asing lewat chat dikarenakan menggunakan foto profil yang tidak menunjukkan siapa dirinya. Entah dengan foto profil yang tidak menunjukkan wajahnya atau foto profil dengan gambar-gambar lain seperti benda-benda hobi, pemandangan, bahkan foto binatang.

Memasang High Quality Status Update

Status adalah media paling mujarab untuk menunjukkan siapa diri kita sebenarnya. Ini tempat yang secara otomatis akan dilihat oleh dia saat melihat profil kamu. Di status ini kamu dapat menaikkan sedikit value diri kamu dengan membuat status yang positif.

Cara Kenalan Lewat Chat

Demikian beberapa tips cara kenalan lewat chat yang kamu harus tahu. Apakah sekarang kamu sudah siap untuk mendekati sang pujaan? Dapatkan buku-buku terkait pengembangan diri di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda