in

Rekomendasi Novel Pernikahan Anak SMA yang Penuh Emosi

My High School Bride - Fallonyu

Novel Pernikahan Anak SMA – Grameds mungkin bisa menyepakati bahwa pernikahan adalah salah satu momen terpenting dalam hidup manusia. Dalam peristiwa ini, seseorang akan memulai lembaran baru di dalam hidupnya bersama dengan pasangan sehidup semati yang terikat dalam janji suci.

Untuk itu, penting bagi seseorang untuk memilih pasangan mereka dengan benar. Kebahagiaan atau derita seseorang dalam pernikahan akan dipengaruhi oleh pasangan mereka. Dan tentunya, tidak ada seorangpun yang ingin merasakan kesedihan dan menderita hanya karena salah memilih pasangan.

Sekarang, Grameds tentu sudah menyadari pentingnya memilih pasangan. Namun, kenyataannya tidak semua orang memiliki kemewahan seperti itu. Terkadang, seseorang tidak dapat memilih pasangannya sendiri karena mereka menghadapi faktor-faktor tertentu.

Salah satu peristiwa di mana seseorang tidak bisa atau bahkan tidak diizinkan untuk memilih pasangan mereka adalah pernikahan anak SMA. Kejadian ini masih lumrah terjadi di Indonesia. Dan umumnya, tidak semua dari mereka menikah karena memang mencintai pasangannya.

Terdapat beberapa alasan kenapa pernikahan anak SMA berlangsung. Beberapa di antaranya mungkin karena mereka memang menyanggupi pernikahan dini, dengan alasan saling suka dan memiliki komitmen untuk melanjutkan hubungan mereka ke jenjang berikutnya.

Tetapi, tidak semuanya memiliki alasan serupa. Ada yang dipaksa menikah karena dijodohkan oleh kedua orang tuanya. Atau lebih buruk, ada juga yang terpaksa menikah karena melakukan hubungan suami istri di luar pernikahan, sehingga harus bertanggung jawab dengan tindakan mereka.

Terlepas dari alasannya, Grameds tidak dapat menampik bahwa pernikahan anak SMA adalah sesuatu yang masih sering ditemukan, khususnya di Indonesia. Banyaknya peristiwa ini membuat sejumlah penulis mengambil inspirasi untuk membuat novel pernikahan anak SMA.

Novel anak SMA yang Grameds temukan di toko buku memiliki tema, plot, serta gaya penulisan yang berbeda. Umumnya, peristiwa di dalam novel pernikahan anak SMA terjadi karena perjodohan. Meskipun begitu, perspektif dari perjodohan ini berbeda dari satu novel ke novel lainnya.

Kali ini, Gramedia akan merekomendasikan novel pernikahan anak SMA yang dapat membuat Grameds merasakan berbagai macam emosi. Mulai dari senang, sedih, hingga amarah, Grameds akan dibuat campur aduk dengan plot yang disajikan penulis. Selamat menikmati!

Update Rekomendasi Novel Pernikahan Anak SMA Juni 2022

1. My High School Bride

My High School Bride - Fallonyu
My High School Bride – Fallonyu

Azlan Adipta dipaksa menikah oleh orangtuanya karena tak memiliki keinginan untuk mencari pendamping hidup.
Tapi, dia tidak menyangka orangtuanya menikahkannya dengan seorang anak SMA. Namanya Giana (Jia), sifatnya
persis seperti yang dia benci: manja, cerewet, susah diatur, keras kepala dan yang paling membuatnya tidak tahan… childish…

 

2. Young Marriage

Young Marriage - Rena Mayriska
Young Marriage – Rena Mayriska

Nabilla sering melanggar peraturan dan tidak pernah kapok meski sudah mendapat surat peringatan. Sebagai ketua OSIS, Briyan harus turun tangan. Bagi Nabilla, Briyan musuh yang hobi mencari-cari kesalahan. Sudah sok ganteng, sok galak pula.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Sialnya justru takdir selalu mengkonfrontasikan mereka. Saat jalan berdua, mereka menemukan seorang bayi yang ditelantarkan di sebuah taman. Mereka tidak ingin menelantarkan bayi itu, seperti yang telah orangtuanya lakukan. Akhirnya mereka memutuskan untuk merawat bayi itu bersama-sama.

Tapi… bagaimana mungkin mereka sanggup merawat bayi, kalau setiap hari kerjaannya perang mulut melulu?

 

3. So I Married A Senior

So I Married A Senior - Arista Vee
So I Married A Senior – Arista Vee

Keyana Marleni mahasiswi baru yang harus rela menikah muda dengan Jiver Erlangga Ajidarma Presiden BEM di kampusnya yang digilai banyak wanita. Sifat Keya yang manja dan Jiver yang cuek mendatangkan konflik yang didasari ego masing-masing. Belum lagi, Jiver ternyata mengidap post-traumatic stress disorder (PTSD) yang membuatnya sering dihantui masa lalu. Hari demi hari mereka lalui untuk lebih saling mengenal. Sampai akhirnya, Keya menyadari bahwa Jiver menyimpan banyak rahasia dalam hidupnya.

 

4. We Got Married

We Got Married - S. K
We Got Married – S. K

“Menikah? Dengan Kala? Wae?!”
– Ahn Chanyeol

“…Kita masih muda, dan kita tidak hidup di Era Joseon lagi! Perjodohan adalah hal gila,”
– Ryu Kala

Pernikahan.
Siapa yang tidak ingin menikah? Kala dan Chanyeol juga ingin menikah. Dua muda mudi itu punya rencana menikah sendiri-sendiri. Chanyeol ingin menikah setelah masa magangnya sebagai dokter selesai, sedangkan Kala setelah berhasil memiliki klinik sendiri. Tapi, keadaan membuat keduanya memutar otak kembali. Mereka ditakdirkan untuk dijodohkan dan menikah di usia yang sangat muda. Jauh dari ekspektasi masa depan gemilang mereka.

Seiring dengan rasa penasaran Chanyeol tentang Kala, seiring dengan keputusan Kala bersedia dijodohkan, waktu pun berjalan, dan membawa kita ke dalam lika-liku kehidupan pernikahan Chanyeol dan Kala yang akan segera dimulai.

 

Rekomendasi Novel Pernikahan Anak SMA

1. Nikah Saat SMA

Novel Pernikahan Anak SMA

Dari judulnya saja dapat membuat Grameds percaya bahwa cerita dari novel ini pasti berkutat dalam topik pernikahan anak SMA. Tetapi? Apakah novel ini akan mengarah ke tema yang ringan dan menyenangkan, atau justru ke arah lebih berat dan penuh kesedihan? Simak sinopsisnya di bawah ini.

Nikah Saat SMA menceritakan kisah gadis bernama Keisya bersama dengan musuh bebuyutannya, Reyhan. Keduanya saling membenci satu sama lain. Namun, siapa sangka dari kebencian itu berubah menjadi petaka, khususnya bagi Keisya, ketika dirinya mengetahui dia akan dijodohkan dengan sang musuh.

Rupanya, kedua orang tua mereka sudah mengenal lama satu sama lain, dan menjodohkan anak-anak mereka karena faktor ekonomi yang kurang mendukung. Tentu saja rasa sebal dan muak menyelimuti perasaan Keisya. Tetapi, dengan Reyhan yang sudah menjadi suaminya, apakah hal ini bisa bertahan lama?

Banyak dari novel-novel di Indonesia yang bermula dari platform online seperti Wattpad, dan novel Nikah Saat SMA adalah salah satunya. Terdiri dari 12 part, novel ini sudah dibaca lebih dari 44 juta kali, serta mendapat 267 ribu votes dari para pembacanya.

Pada akhirnya, tepat pada tanggal 1 Januari 2021, novel yang jika ditotal memiliki 384 halaman ini berhasil terbit ke pasaran, dan mendapat respon yang cukup positif dari penggemar novel. Cerita novel karangan Winilliya ini dianggap memecah stigma perjodohan yang dianggap buruk dan membawa kerugian.

2. Marriage Quietly

Novel Pernikahan Anak SMA

Grameds mungkin pernah mendengar istilah alter ego. Situasi ini kerap terjadi ketika seseorang memiliki penampilan dan sifat 180 derajat berlawanan di tempat-tempat tertentu. Ini menjadi premis dasar dari novel karangan Shtysetyongrm ini.

Tokoh utama dari Marriage Quietly adalah Lembayung Putri Tasya. Di sekolahnya, dia dikenal sebagai siswi yang kurang pergaulan (kuper), kutu buku, dan berpenampilan biasa saja. Tetapi, di luar sekolah dia berprofesi sebagai model cantik nan jelita, yang mampu mempesona banyak lelaki.

Suatu hari, dirinya dijodohkan oleh salah satu siswa paling populer di sekolahnya, Zidan. Rupanya, Zidan tidak mengetahui bahwa Lembayung adalah sosok yang amat berbeda di luar sekolah. Apa yang akan terjadi ketika akhirnya Zidan mengetahui bahwa jodohnya itu adalah sosok model terkenal?

Shtysetyongrm kali pertama menulis buku ini di platform Watpadd pada 7 Desember 2019. Di platform tersebut, novel ini ternyata cukup digemari oleh para pembaca. Terbukti, novel dengan panjang 61 chapter ini sudah dibaca sebanyak 6,2 juta kali, dan mendapat votes sebanyak 519 ribu kali.

Dan terbukti, kesuksesan Marriage Quietly di ranah online, membuat novel ini akhirnya dilirik oleh penerbit. Memiliki jumlah halaman sebanyak 312, novel yang dianggap cukup unik dan nyentrik ini resmi dipublikasikan ke masyarakat umum di tanggal 3 September 2021.

3. Pernikahan Wasiat

Novel Pernikahan Anak SMA

Jika sebelumnya Grameds disajikan kisah perjodohan dengan tone ringan dan ceria, novel yang satu ini akan menjadi pembeda karena kisahnya justru lebih cenderung ke arah sedih, dan akan mengungkap sisi buruk dari perjodohan, khususnya perjodohan dengan anak SMA.

Pernikahan Wasiat mengisahkan kehidupan siswi SMA bernama Emilia Dwi Prasetya. Dirinya menjalankan kehidupan sebagai siswi SMA normal. Namun, suatu hari, keluarga Emilia mengalami suatu musibah yang memutar balikkan keadaan Emilia hingga 180 derajat.

Akibat musibah itu, Emilia terpaksa menikahi pria berusia 25 tahun bernama Azhar Zaidan Pratama. Lelaki ini dianggap sebagai penghancur kehidupan dan perusak kebahagiaan Emilia. Bagaimana nasib kehidupan Emilia ketika menjalankan hidupnya bersama sang pengubah takdir hidupnya?

Layaknya 2 novel sebelumnya, Pernikahan Wasiat juga merupakan novel yang kali pertama dipublikasikan di Wattpad. Sang penulis, Yadika Putri, mendapatkan respon positif di platform online tersebut. Novel ini sudah mendapatkan hampir 90 ribu pembaca, juga 8,3 ribu votes dari 13 chapter.

Kisahnya mendapat resepsi yang cukup baik dari pembaca karena dinilai mengandung banyak pesan terkait pernikahan itu sendiri. Akhirnya, novel ini berhasil diterbitkan secara cetak pada 31 Januari 2019. Novel tersebut memiliki jumlah halaman sebanyak 320.

4. My Badboy Husband

Novel Pernikahan Anak SMA

Kembali ke tema pernikahan anak SMA yang ringan dan menyenangkan, My Badboy Husband memiliki plot yang tidak berbeda jauh dengan novel Marriage Quietly. Jika Grameds menyukai novel tersebut, ada kemungkinan kalau kalian juga akan menyukai membaca novel ini.

Kisahnya berkutat pada kehidupan remaja putri yang dikenal akan kekutubukuannya bernama Renata Juliana. Di balik sifatnya yang menurut orang banyak tidak atraktif ini, siapa sangka ternyata dirinya memiliki pengagum rahasia. Sang pengagum ini ternyata sosok yang amat populer di sekolahnya.

Dia adalah Malvin Baskara, siswa SMA yang terkenal akan ketampanan, sifat dinginnya, dan tentunya kebandelannya. Ternyata takdir mempertemukan mereka untuk menikahi satu sama lain. Dengan 2 sifat berlawanan tersebut, apakah hubungan rumah tangga Renata dan Malvin bisa bertahan?

Di antara novel Wattpad yang sebelumnya sudah dibahas, novel ini dapat dikatakan yang paling populer. Sebanyak 16 juta orang sudah membaca novel dengan 69 part ini. Tidak hanya itu, sebanyak 701 ribu votes juga menghiasi novel bertemakan pernikahan anak SMA tersebut.

Sang pengarang, Tanzyla Dinda, berhasil mengisahkan dinamika 2 karakter yang sangat menarik untuk diikuti. Kerja kerasnya dalam membuat cerita, membuahkan hasil dengan kali pertama terbitnya novel buatannya di pasaran, pada 31 Agustus 2019. Novel ini berjumlah 336 halaman.

5. Putra, Putri, & Perjodohan

Novel Pernikahan Anak SMA

Seperti yang sebelumnya sudah disinggung, memilih pasangan sehidup semati adalah faktor yang menentukan keberhasilan seseorang dalam pernikahan. Tetapi, apa yang akan Grameds rasakan jika kalian terpaksa dinikahkan dengan seseorang yang kalian amat benci?

Itulah plot dasar dari Putra, Putri, & Perjodohan. Kisahnya mengenai Putri Selly Lorenza, remaja putri dengan sifat kanak-kanak yang harus menerima kenyataan pahit bahwa dirinya harus menikah di usia muda, karena surat wasiat mendiang kakeknya menuliskan hal tersebut.

Lebih buruk, dia harus menikah dengan sosok yang dia amat benci, yakni Putra Rey Marvel, remaja kaya raya dengan sikap ketus dan arogannya. Dengan kedua sifat yang berlawanan itu, apakah pernikahan mereka bisa bertahan dalam waktu lama? Atau justru malah sebaliknya?

Kendati memiliki premis serupa dengan beberapa novel sebelumnya, kesuksesan Putra, Putri, & Perjodohan di jagad maya tidak bisa dianggap remeh. Hingga saat ini, novel dengan 86 part ini berhasil dibaca sebanyak 20,6 juta kali. Jumlah votes-nya juga cukup tinggi, yaitu mencapai 725 ribu.

Dan layaknya novel-novel sebelumnya, akhirnya kisah karangan Wulan Handayani ini berhasil menembus pasar literatur cetak. Novel buatannya resmi diluncurkan di tanggal 5 November 2019. Berjumlah 408 halaman, novel ini akan membawa Grameds ke dalam lika-liku kehidupan perjodohan yang penuh dengan emosi.

6. Dijodohin

Novel Pernikahan Anak SMA

Sekarang, Grameds bisa menyimpulkan cerita mengenai pernikahan anak SMA memiliki premis yang mirip dari satu novel dengan novel lainnya. Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa premis seperti ini sukses memikat banyak perhatian pembaca baik itu pembaca buku cetak atau novel online.

Dan tentu saja ini berlaku juga untuk novel Dijodohin. Berkisah tentang hidup siswi SMA bernama Jena, yang nampak normal dan baik-baik saja. Tetapi, semua itu berubah akibat kecerobohannya dalam memencet tombol like di Instagram. Dia terlibat dalam perjodohan yang entah datang dari mana.

Adalah Alaska Narendra, sosok bengal tetapi kaya raya, yang menjadi jodoh Jena. Setelah melakukan ciuman pertamanya di gudang belakang sekolah, mereka akhirnya menjalankan kehidupannya sebagai suami istri. Bagaimana nasib dari pernikahan mereka?

Novel karya Ariniimandasari alias Rin ini terbit pertama kali di platform Wattpad. Di sana, Dijodohin mendapat respons yang amat baik dari pembaca online. Novel dengan 57 part ini sudah dibaca sebanyak 20,7 juta kali, dan juga mendapatkan 1,3 juta vote.

Dan seperti yang Grameds bisa prediksi, kepopuleran novel di platform Wattpad membuatnya mendapat kesempatan untuk dijadikan bentuk cetak. Tanggal 7 Juni 2021, novel tersebut kali pertama diluncurkan di toko buku, dan memiliki jumlah halaman sebanyak 240.

7. Jungkir Balik Nikah Muda

Novel Pernikahan Anak SMA

Novel kali ini tidak membahas terkait pernikahan anak SMA secara eksplisit. Namun, novel ini akan menunjukan Grameds bahwa stereotip nikah di usia muda yang terkenal penuh resiko ini tidak selamanya benar, dengan catatan kedua pasangan siap berkomitmen satu sama lain.

Yang namanya pernikahan tidak akan pernah berlangsung 100% mulus. Ada saja halangan-halangan yang akan menimpa pasangan ini, dan halangan ini bisa datang kepada siapapun, kapanpun, dan dimanapun, termasuk pasangan muda. Karena itulah novel ini dinamakan Jungkir Balik Nikah Muda.

Meskipun begitu, bukan berarti rintangan tersebut bisa menjadi sesuatu yang harus ditakuti oleh para pasangan. Semua itu adalah bagian dari kehidupan pernikahan, dan seperti yang sudah disebutkan, akan terjadi ke semua pasangan nikah. Nikmati prosesnya, dan Grameds pasti bisa melewati semuanya.

Novel ini adalah novel pertama di dalam daftar rekomendasi ini yang tidak berasal dari Wattpad. Novel buatan 2 penulis, yakni Achmad Ferdi W. dan Gisthi Gandari ini ditulis dengan tujuan untuk membantu pasangan-pasangan yang ingin mencoba untuk menikah di usia muda.

Jungkir Balik Nikah Muda terbit pada 21 Desember, dan memiliki 252 halaman. Di dalamnya, Grameds bisa menemukan tips dan trik bagi kalian yang ingin menikah muda, dan tentunya bisa diaplikasikan juga bagi anak SMA. Mulai dari pola pikir dari pengantin baru, cara mengatur finansial, dan pastinya, kepentingan dari pernikahan itu sendiri.

8. Katanya Nikah Mudah

Novel Pernikahan Anak SMA

Lagi-lagi ini adalah novel yang berpotensi bisa mengubah pandangan Grameds terhadap nikah muda, seperti novel Jungkir Balik Nikah Muda. Meskipun tidak dipaparkan secara gamblang, novel ini juga bisa berlaku untuk anak-anak SMA yang ingin atau bahkan terpaksa untuk menikah muda.

Katanya Nikah Mudah menceritakan kehidupan Natasha Rizky, aktris yang merupakan istri dari komedian Deddy Mahendra Desta. Grameds mungkin pernah mendengar bahwa wanita kelahiran 23 November 1993 ini menikah pada usianya yang baru menginjak 19 tahun, tepatnya di tahun 2013.

Umumnya, di usia tersebut orang-orang belum lama lulus SMA, dan masih menjalankan pendidikan kuliah di semester awal. Namun, aktris yang kerap disapa Caca ini membuat pilihan besar dalam hidupnya, dan memutuskan untuk menikah dengan pria berusia 16 tahun lebih tua dibandingkan dirinya.

Buku ini menjadi sarana bagi Caca untuk mendeskripsikan kehidupannya saat dirinya memilih untuk menikah di usia muda. Dirinya memaparkan apa saja yang terjadi pada masa-masa tersebut. Yang terpenting adalah fakta bahwa saat ini, Caca dan Desta sudah menjalankan pernikahannya selama 9 tahun.

Terbit pada 30 April 2018 serta memiliki 150 halaman, Katanya Nikah Mudah adalah buku yang dianggap oleh banyak pembaca sebagai buku yang mampu membuka persepsi pembaca terkait menikah di usia muda. Grameds akan disuguhkan banyak hal mengenai topik tersebut, dan mengungkap mitos serta fakta terkait pernikahan di usia muda.

Itulah 8 rekomendasi novel pernikahan anak SMA. Semoga saja Grameds bisa menemukan bacaan yang sesuai dengan selera Grameds. Dan tentunya kami berharap novel-novel ini mampu membuka wawasan terkait pernikahan, khususnya pernikahan anak SMA. Grameds juga bisa lho mencari rekomendasi buku lain di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu berusaha menyajikan buku-buku berkualitas sesuai dengan kebutuhan serta minat Grameds, agar kamu bisa memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: M. Adrianto S.

BACA JUGA:

  1. Rekomendasi Novel Pernikahan Populer
  2. 8 Rekomendasi Novel Pernikahan Karena Dijodohkan
  3. Selain Twivortiare, 3 Novel Ini Bercerita Tentang Rumitnya Pernikahan
  4. 10 Rekomendasi Buku Tentang Pernikahan
  5. Rekomendasi Novel Romantis Korea yang Wajib Dibaca

Written by Ananda