in ,

8 Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai dan Disadari

Sumber: lifepack.id

Ciri-ciri kolesterol tinggi – Kolesterol tinggi atau disebut juga dengan dislipidemia merupakan suatu kondisi dimana terdapat ketidakseimbangan kolesterol akibat tingginya kadar kolesterol. Kolesterol sebagai suatu senyawa yang ditemukan pada lemak atau lipid dalam darah.

Pada dasarnya tubuh kemudian memerlukan kolesterol dalam membangun berbagai sel-sel yang sehat. Namun kadar kolesterol yang tinggi juga akan menimbulkan deposit atau simpanan lemak dalam pembuluh darah. Selanjutnya ialah deposit lemak yang akan menyebabkan kesulitan aliran darah serta pembuluh darah arteri.

Akibat dari terhambatnya aliran darah ini diantaranya adalah jantung yang tidak mendapat darah serta kaya akan oksigen. Hal inilah yang pada akhirnya akan meningkatkan risiko serangan jantung. Selain itu penurunan aliran darah di dalam otak juga akan menyebabkan stroke.

Komplikasi yang dapat terjadi pada penderita kolesterol tinggi ataupun dislipidemia diantaranya adalah atherosclerosis. Hal ini juga merupakan akumulasi kolesterol serta deposit lainnya pada dinding pembuluh darah yang berbahaya.

Deposit (plak) ini kemudian juga akan menurunkan aliran darah di dalam arteri, sehingga menimbulkan berbagai komplikasi seperti diantaranya Nyeri dada. Hal ini terjadi jika arteri yang mensuplai jantung dengan darah atau arteri koroner terkena dampaknya, kamu juga dapat mengalami nyeri dada atau angina serta gejala-gejala penyakit arteri koroner lainnya.

Jika plak dalam arteri koroner robek, ia akan membentuk klot ataupun gumpalan darah pada area plak yang robek tersebut. Selanjutnya hal ini kemudian akan memblokade aliran darah serta menyumbat aliran arteri di tempat-tempat lain.

Jika aliran darah ini akan menuju bagian jantung berhenti, kamu juga beresiko terkena serangan jantung. Stroke atau Mirip juga dengan serangan jantung, jika aliran darah menuju bagian otak tersumbat oleh klot ataupun gumpalan darah, maka terjadilah stroke.

Sebagian besar penyebab kolesterol tinggi ataupun hiperkolesterol ini kemudian berhubungan juga dengan gaya hidup tidak sehat. Faktor gaya hidup yang kerap menjadi penyebab kolesterol tinggi diantaranya ialah kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak ataupun kolesterol tinggi.

Berikut ini beberapa faktor risiko kolesterol tinggi.

  • Obesitas ataupun kegemukan
  • Mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol secara berlebihan
  • Kurang olahraga serta Gaya hidup yang inaktif atau sedentary
  • Memiliki berbagai masalah kesehatan tertentu, seperti diantaranya penyakit kencing manis, kelainan pada kelenjar tiroid, kelainan pada polikistik ovarium wanita, kelainan atau gangguan pada ginjal, kehamilan serta berbagai kondisi lain pada wanita yang akan meningkatkan kadar hormon pada wanita
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, misalnya saja pada pil kontrasepsi, diuretik (yang kemudian akan melancarkan kencing), obat penurun tekanan darah, serta beberapa obat yang dipakai untuk kemudian mengobati depresi
  • Faktor Keturunan.

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi

ciri ciri kolesterol tinggi
Sumber: Kompas.com

Ciri-ciri kolesterol tinggi sendiri tidak spesifik dan belum tentu dirasakan oleh semua orang. Pada banyak kasus tertentu kolesterol tinggi seringkali tidak menunjukkan gejala tertentu hingga akhirnya timbul komplikasi, seperti diantaranya penyakit jantung ataupun penyakit stroke. Meski tak memiliki gejala khas, namun terdapat juga beberapa kondisi yang patut diwaspadai sebagai tanda kolesterol tinggi.

Mudah Merasa Lelah

Ciri-ciri kolesterol tinggi sesungguhnya tak terlalu spesifik. Namun biasanya beberapa kondisi ini kemudian datang dalam rasa cepat lelah. Hal ini kemudian terjadi sebagai dampak dari munculnya plak di pembuluh darah yang diakibatkan oleh kadar kolesterol tinggi sehingga mengakibatkan berkurangnya aliran darah ke setiap jaringan tubuh.

Sering Merasa Mengantuk

Ciri-ciri koleksterol tinggi kedua, sering mengantuk juga dapat menjadi salah satu dampak tak langsung dari kolesterol tinggi serta terjadinya sumbatan pada aliran pembuluh darah. Sering mengantuk juga kerap dikaitkan dengan asupan aliran darah yang tengah membawa oksigen ke otak menjadi berkurang. Karenanya rasa kantuk pun sering terjadi.

Nyeri Kaki

Ciri-ciri kolesterol tinggi ketiga, nyeri kaki juga dapat menjadi tanda-tanda kolesterol tinggi. Sama dengan asal usul rasa lelah yang diakibatkan karena kolesterol tinggi, penumpukan plak di area pembuluh darah di area kaki, juga dapat menjadi penyebab rasa sakit ataupun nyeri pada bagian kaki.

Tengkuk Pegal

Ciri-ciri kolesterol tinggi keempat, tengkuk yang sering terasa pegal-pegal meski dapat diakibatkan oleh banyak hal, juga dapat menjadi tanda-tanda kolesterol tinggi. Kondisi ini kerap dikaitkan dengan penumpukan plak pada area pembuluh darah di area leher. Penumpukan plak ini kemudian juga sering diakibatkan oleh kolesterol tinggi yang akan turut menghalangi aliran darah pada area leher sebelum menuju ke otak.

Nyeri Dada

Penumpukan plak yang diakibatkan oleh kadar kolesterol tinggi juga dapat terjadi pada pembuluh darah di area jantung. Jika hal ini terjadi pengidap kolesterol tinggi kemudian akan mengalami gejala nyeri dada. Kondisi ini kemudian yang akan menjadi awal mula terjadinya berbagai penyakit baik itu penyakit jantung maupun serangan jantung sebagai komplikasi yang diakibatkan dari kolesterol tinggi.

ciri ciri kolesterol tinggi
Sumber: Kompas.com

Terjadi Xanthomata

Kolesterol tinggi juga bisa ditandai dengan xanthomata ataupun penumpukan kolesterol dalam jaringan tubuh, terutama di area dalam kulit serta urat. Xanthomata juga dapat menjadi bentuk pembengkakan berbentuk bulat serta berwarna kekuningan.

Terjadi Xanthelasma

Kolesterol tinggi di dalam darah juga dapat ditandai dengan xantgelasma, atau hadirnya bercak-bercak kuning pada area bawah kelopak mata.

Muncul Gumpalan di Urat

Bagi orang dengan kadar kolesterol tinggi yang disebabkan oleh faktor genetik, penumpukan kolesterol juga dapat terlihat di kulit seperti gumpalan dengan ukuran separuh biji kacang yang dapat dilihat serta dirasakan pada urat di area sekitar buku jari.

Karenanya tak memiliki gejala yang spesifik serta tidak menimbulkan adanya gejala sama sekali, tes darah juga dapat menjadi satu-satunya cara untuk mengetahui secara pasti apakah kadar kolesterol di dalam darah berada dalam kondisi normal ataupun tidak.

Lakukan juga pemeriksaan kolesterol setelah kamu berusia 20 tahun, serta periksa juga secara rutin setiap 4 hingga 6 tahun. Selain itu jika kamu memiliki faktor risiko kolesterol tinggi, dengan melakukan tes darah secara lebih sering kemudian akan menjadi lebih baik untuk dilakukan.

Jika saat tes darah, kadar kolesterol darah saat di total kemudian diketahui berada di atas 240 miligram per desiliter (mg/dL), maka kamu kemudian dapat didiagnosa mengidap kolesterol tinggi.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Penyebab kolesterol tinggi atau dislipidemia sendiri diantaranya adalah ketidakseimbangan proporsi lemak yang ada di dalam darah. Lemak ataupun lipid ini kemudian dapat diukur dengan beberapa cara, di antaranya berikut ini.

  • High-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Kadar High-density lipoprotein (HDL) yang tinggi kemudian akan turut membantu menurunkan risiko penyakit jantung serta berbagai resiko lainnya pada pembuluh darah.
  • Low-density lipoprotein (LDL) sebagai si kolesterol jahat juga kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.
  • Trigliserida yang tinggi juga dapat menjadi faktor risiko berbagai penyakit pada jantung serta pembuluh darah.

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi atau dislipidemia diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Diet yang kurang baik.
  • Konsumsi lemak jenuh seperti yang ditemukan pada produk-produk hewani, juga lemak trans yang ditemukan pada beberapa makanan yang di pasaran, yang kemudian dapat meningkatkan kadar kolesterol.
  • Makanan-makanan yang tinggi kolesterol diantaranya adalah daging merah serta produk-produk susu yang tinggi lemak.
  • Obesitas. Angka Indeks Massa Tubuh (IMT) yang kurang dari ? 30 kemudian dapat meningkatkan berbagai risiko terjadinya dislipidemia atau kolesterol tinggi.
  • Lingkaran pinggang yang besar juga dapat menjadi resiko yang akan meni meningkatkan resiko kolesterol tinggi jika kamu adalah pria dengan lingkar pinggang lebih besar dari 102 cm atau wanita dengan lingkar pinggang lebih dari 89 cm.
  • Kurangnya aktivitas fisik. Olahraga kemudian dapat meningkatkan HDL ataupun kolesterol baik.
  • Merokok. Kebiasaan yang satu ini juga dapat merusak dinding pembuluh darah, sehingga kemudian akan mempermudah penumpukan deposit lemak. Merokok juga akan menurunkan kadar HDL ataupun kolesterol baik di dalam tubuh.
  • Diabetes. Glukosa darah yang tinggi kemudian akan berperan dalam peningkatan kolesterol LDL serta penurunan kolesterol HDL. Glukosa darah tinggi juga kemudian akan merusak lapisan pembuluh darah arteri.
ciri ciri kolesterol tinggi
Sumber: merdeka.com

Pengobatan Kolesterol Tinggi

Pengobatan Kolesterol Tinggi atau dislipidemia kemudian bergantung kepada usia, gejala, serta kondisi kesehatan seseorang keseluruhan. Namun pada umumnya pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kolesterol tinggi, diantaranya meliputi terapi obat- obatan dan non-obat. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Terapi Non-obat

Terapi ini sendiri mencakup masalah pemenuhan nutrisi. Untuk itu kamu akan dianjurkan untuk dapat mengurangi asupan lemak total serta lemak jenuh, dan turut meningkatkan asupan lemak tak jenuh dalam rantai tunggal serta rantai ganda.

Selain itu kamu juga dianjurkan untuk dapat meningkatkan berbagai aktivitas fisik sesuai dengan kondisi dan kemampuan.

Terapi Obat-obatan

Biasanya terapi ini sendiri dilakukan setelah melakukan 6 minggu terapi non-obat. Jenis obat dislipidemia yang disarankan diantaranya adalah Golongan Statin: pravastatin, simvastatin atorvastatin.

Selain itu juga Resin di antaranya kolestiramin, colesevelam, cilostazol Golongan asam, juga fibrat yang termasuk diantaranya fenofibrat, gemfibrozil Penghambat absorbsi kolesterol: ezetimibe Namun perlu diingat, sebaiknya kamu melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Makanan Pencegah Kolesterol

Kolesterol merupakan suatu zat yang berbentuk seperti lilin serta lemak yang ditemukan di semua sel dalam tubuh. Kolesterol juga akan terdapat pada berbagai makanan dari sumber hewani, seperti diantaranya pada kuning telur, daging, serta keju.

Meski penting, jumlahnya yang terlalu tinggi kemudian dapat membentuk plak serta menghalangi aliran darah. “Kadar kolesterol yang tinggi juga akan mengganggu fungsi tubuh secara keseluruhan.” Berikut ini jenis makanan penurun kolesterol yang dapat kamu konsumsi.

  • Beras Merah kaya akan kandungan vitamin B, selenium, magnesium serta fitonutrien yang akan menurunkan kadar lemak d di dalam arah. Kandungan serat tinggi di dalamnya juga dapat turuy membantu menurunkan gula darah
  • Gandum dengan sereal bergizi sebagai penurun kolesterol karena memiliki kandungan serat tinggi di dalamnya. Kolesterol juga dapat diubah menjadi asam empedu yang dilepas ke usus halus untuk kemudian mencerna lemak.
  • Bayam, Sayuran hijau ini juga dianggap dapat menjadi solusi paling efektif dalam menurunkan kolesterol. Tal hanya itu salah satu sayuran penurun kolesterol ini juga akan menurunkan risiko penyakit jantung jika dikonsumsi secara rutin.
  • Seledri, Sayuran seledri mengandung antioksidan tinggi serta dikenal sebagai tumbuhan yang mampu mencegah oksidasi LDL. Seledri kemudian juga dapat dikonsumsi dalam bentuk sup serta tumisan, atau bisa juga dikonsumsi dalam bentuk jus.
  • Buncis kemudian dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah karena kandungan serat larut serta tidak larut di dalamnya. Untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh, setidaknya konsumsilah 2-10 gram serat larut per hari.
  • Kedelai serta olahannya seperti diantaranya tahu, tempe, tepung kedelai, nutrela, nugget, serta susu kedelai dapat menjadi pilihan makanan yang kemudian akan menjadi penurun kolesterol ampuh. Di dalamnya terkandung juga isoflavon yang berfungsi untuk menekan kadar kolesterol jahat.

Buku-Buku Terkait

Dyslipidemia, Nutrisi Untuk Mengatasi Gangguan Kolesterol Dan Komplikasinya

Disiplidemia
Disiplidemia

Dislipidemia adalah gangguan klinis berupa komplikasi lemak dalam darah dari kadar kolesterol yang tidak semestinya, darah tinggi, gangguan stroke, bahkan gangguan organ jantung. Beberapa harus diselesaikan dengan tindakan medis, dari sisi lain harus ditunjang dengan gaya hidup sehat terutama pada pola makan yang baik dan benar serta olahraga yang teratur.

Buku ini bukan pengganti dokter, tetapi buku ini sangat menunjang kesembuhan Anda. Jus-jus kesehatan yang tertulis harus Anda coba.

Beberapa hal dalam ilmu kesehatan selalu dianalisis dalam ilmu kimia, baik kimia organik maupun secara analisis kimia. Dari sisi nutrisi yang sangat menunjang kesehatan selalu berhubungan dengan ilmu kimia yang saya tekuni.

Dalam buku ini, penulis mampu menyatukan ilmu kimia dan kesehatan dalam satu tulisan yang dapat membantu Anda yang bermasalah dengan gangguan klinis terutama gangguan lemak dalam darah.

Tanaman Obat Terpopuler untuk Pelangsing dan Penurun Kolesterol

Tanaman Obat Terpopuler Untuk Pelangsing Dan Penurun Kolesterol
Tanaman Obat Terpopuler Untuk Pelangsing Dan Penurun Kolesterol

Buku ini penting bagi mereka yang ingin bebas dari obesitas dan kolesterol. Berbagai faktor penyebab kegemukan atau obesitas dan kolesterol, dikupas secara tuntas di sini.

Selain bakat dari dalam tubuh, beberapa makanan dan minuman juga memberi sumbangan yang signifikan dalam menyebabkan kegemukan dan kolesterol. Makanan dan minuman tersebut dapat kita hindari agar tidak dihinggapi penyakit obesitas dan kolesterol.

Risiko obesitas dan kolesterol tinggi juga dibahas dalam buku ini, disertai cara penanganan obesitas dan kolesterol dengan tanaman obat. Beberapa tanaman obat di sekitar kita, diyakini masyarakat dapat mengatasi kegemukan dan kolesterol.

100 Resep Hidangan Lezat Menurunkan Kolesterol

100 Resep Hidangan Lezat Menurunkan Kolesterol
100 Resep Hidangan Lezat Menurunkan Kolesterol

Masyarakat luas sudah banyak mengenal bahaya kolesterol. terutama yang berkaitan dengan kesehatan jantung. Jika kadar kolesterol darah Anda masih normal. Anda perlu waspada untuk mempertahankan kenormalannya.

Salah satu usaha menjaga kenormalan kolesterol tidak hanya terbatas pada konsumsi makanan yang seimbang dan aman untuk kesehatan, tapi juga perlu diikuti dengan kegiatan lain, seperti melakukan olahraga teratur untuk mempertahankan berat badan normal, menjaga pola hidup yang benar, dan menghindari stres.

Buku ini menyajikan berbagai informasi tentang pola makan yang benar dan cara memilih makanan yang sehat. Dilengkapi dengan 100 resep aneka jenis hidangan yang praktis dan aman dalam upaya menurunkan kolesterol darah, selain tentunya nikmat untuk dikonsumsi.

Jika Anda ingin menghindari risiko terkena berbagai penyakit akibat kolesterol. mulailah mengatur pola makan sehat sejak dini dengan gizi seimbang. Miliki buku ini, yang akan membimbing Anda menjalankan pola.

Demikian ulasan mengenai ciri-ciri kolesterol tinggi dan beragam info lain mengenai kolesterol. Grameds juga bisa menambah pengetahuan dengan membaca-buku-buku terkait kolesterol yang tersedia di Gramedia.com agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi