in

Profil Yujin IVE Eks Member IZ*ONE, Si Leader Cantik Multitalenta!

https://kpop.fandom.com/wiki/An_Yujin/Gallery

Yujin IVE – An Yu Jin atau Yujin IVE memulai kariernya sebagai kontestan dari acara survival besutan Mnet yang bertajuk Produce 48 pada 11 Mei 2018 untuk mewakili Starship Entertainment bersama Jang Wonyoung. Ia lantas berhasil menjadi pemenang dan berada di urutan kelima untuk debut bersama IZ*ONE.

Ketika bergabung dengan IZ*ONE, mereka debut dengan mini album berjudul COLOR*IZ pada 29 Oktober 2019. Meski demikian, pada tanggal 29 April 2021, proyek grup tersebut resmi bubar sesuai dengan kesepakatan berakhirnya kontrak.

Pada 7 Maret 2021, Yujin tampil perdana sebagai MC dalam acara SBS Inkigayo, bersama dengan Sungchan NCT dan Jihoon TREASURE. Walaupun begitu, pada September 2021, ia memutuskan untuk beristirahat dan kembali menjadi MC lagi pada tanggal 24 Oktober 2021.

Disampung itu, pada tanggal 2 November 2021, agensi yang menaungi Yujin, Starship Entertainment resmi membuat pengumuman mengenai debut ulang Yujin dalam sebuah girl group bernama IVE. Grup ini juga resmi debut dengan membawakan yang bertajuk Eleven pada 1 Desember 2021.

Biodata Yujin IVE

yujin ive
https://kpop.fandom.com/wiki/An_Yujin/Gallery
  • Nama Lahir: An Yujin
  • Nama Panggung: Yujin
  • Kebangsaan: Korea Selatan
  • Tanggal Lahir: 2003.09.01
  • Zodiak: Virgo
  • Shio: Kambing
  • Tinggi Badan: 170 cm (5’57)
  • Berat Badan: 48 kg (105.8 lbs)
  • Golongan Darah : A
  • Media Sosial Pribadi: _yujin_an (Instagram)

Fakta Menarik Yujin IVE

yujin ive
https://kpop.fandom.com/wiki/An_Yujin/Gallery

1. Tempat, Tanggal Lahir, dan Keluarga Yujin IVE

Ahn Yujin lahir pada 1 September 2003 di kota Cheongju provinsi Chungcheong. Gadis berusia 19 tahun ini memiliki seorang kakak perempuan yang usianya tertaut empat tahun lebih tua darinya.

Yujin beserta dengan keluarganya berasal dari Daejeon. Setelah bergabung menjadi trainee dari Starship Entertainment, Yujin beserta dengan keluarganya memutuskan untuk pindah ke Seoul. Yujin juga memiliki seekor anjing yang bernama Azzo.

2. Pendidikan Yujin IVE

Saat masih SD, Yujin bersekolah di dua tempat, yakni Cheongju Sannam Elementary School dan Daejeon Samcheon Elementary School. Setelah lulus, Yujin melanjurkan pendidikan SMP dengan pindah ke Gwanak Middle School untuk melanjutkan pendidikan di sana.

Sejak duduk di bangku SMP, Yujin menjadi trainee di Starship Entertainment. Setelah itu, saat hendak memasuki SMA, Yujin memilih untuk melanjutkan di School of Performing Arts Seoul (SOPA) dengan mengambil jurusan teater dan film.

SOPA merupakan salah satu sekolah populer yang juga adalah tempat sekolah dari banyak artis dan musisi ternama seperti Joy Red Velvet, Kai dan Sehun EXO, Jungkook BTS, Hyunjin dan I.N Stray Kids dan masih banyak lagi.

3. Ahn Yujin dan Cha Eun Woo

Sebelum debunya bersama dengan IZ*ONE maupun IVE, Yujin kerap kali menjadi model dan aktris untuk MV dari artis K-pop lainnya. Beberapa MV yang pernah menggunakan Yujin sebaga aktris ialah

  1. MV lagu Rain oleh Soyou featuring Baekhyun EXO
  2. MV lagu Oppa oleh Yoo Seungwoo featuring Sandeul
  3. MV lagu JUST U milik Jung Sewoon
  4. MV lagu Thrist oleh Mad Clown featuring

Selain itu, gadis yang memiliki tinggi badan 172 cm ini juga kerap menjadi model iklan, salah satunya ia pernah menjadi model iklan bersama dengan aktor tampan sekaligus anggota boy band ASTRO Cha Eunwoo. Dalam iklan produk obat jerawat merk Clearteen ini, An Yujin menjadi berperan sebagai karakter protagonis, yakni penggemar dari Cha Eunwoo.

The Architecture of Love | Di balik Pena

4. Karier An Yujin IVE

yujin ive
https://kpop.fandom.com/wiki/An_Yujin/Gallery

Masa trainee Yujin untuk menjadi idol di mulai saat umurnya masih 14 tahun. Ia menjadi trainee selama satu tahun empat bulan. Lalu, pada usia 15 tahun Yujin berpartisipasi dalam program survival Produce 48 (2018) dan berhasil meraih peringkat 5.

  1. Mini-album Korea: COLOR*IZ (2018), HEART*IZ (2019), Oneiric Diary (2020), dan One-reeler / Act IV (2021).
  2. Mini-album Jepang: Suki to Iwasetai (2019), Buenos Aires (2019), dan Vampire (2019).
  3. Full-album Korea: BLOOM*IZ (2020).
  4. Full-album Jepang: Twelve (2020).
  5. Single kolaborasi: Rise (2019), D-D-DANCE (2021), ZERO;ATTITUDE (2021), dan Rewind : Blossom (2021).

5. IZ*ONE Meledak di Pasaran

yujin ive
https://kpop.fandom.com/wiki/An_Yujin/Gallery

Proyek girl grup dari acara Produce 48, IZ*ONE yang debut pada 2018, sejak awal direncanakan hanya akan berlangsung selama 2 tahun 5 bulan. IZ*ONE resmi bubar pada 29 April 2021.

Sebelum resmi dibubarkan, WIZ*ONE (sebutan untuk penggemar IZ*ONE) telah melakukan upaya untuk mencegah pembubaran dengan memulai inisiatif yang dinamai “Parallel Universe” pada 21 April 2021. Aksi inisiatif tersebut berhasil mengumpulkan hingga 1 miliar won atau setara dengan Rp 12,7 miliar. Akan tetapi, dukungan WIZ*ONE tersebut ditolak oleh agensi dan IZ*ONE pun akhirnya tetap dibubarkan sesuai rencana awal.

Selama masa promosinya, IZ*ONE memiliki banyak sekali prestasi. Melalui mini-album pertamanya yang bertajuk COLOR*IZ, mereka meraih beberapa penghargaan, yakni Best New Artist dalam Mnet Asian Music Awards ke-20, New Artist Award pada Seoul Music Awards ke-28, dan Rookie of The Year di Golden Disc Awards ke-33.

Mini-album kedunya HEART*IZ juga memperoleh sambutan baik. IZ*ONE berhasil mendapatkan nominasi Bonsang pada Golden Disc Award ke-34 dan Seoul Music Awards ke-29. Lagu utama dalam mini-album tersebut “Violeta” dinominasikan Song of The Year pada Mnet Asian Music Awards ke-21.

IZ*ONE memperoleh nominasi penghargaan Daesang pertama melalui album BLOOM*IZ. Album ini juga masuk dalam nominasi sebagai Album of The Year Melon Music Awards ke-12 dan juga Gaon Chart Music Awards ke-10. Lagu utama dalam album ini, “Fiesta” juga turut dinominasikan dalam Best Dance dan Female Song Of The Year.

Lalu, IZ*ONE menerima Bonsang Artist of The Year di Melon Music Awards serta diberikan tambahan nominasi Bonsang pada Seoul Music Awards ke-30. Album berikutnya Oneiric Diary juga dinominasikan sebagai Album of The Year Gaon Awards serta menerima penghargaan, yaitu Artist of The Year ketiga dalam acara Fact Music Awards.

Setelah kontraknya habis, IZ*ONE sempat menjadi pemenang dalam nominasi Artist of The Year Album Division Quarter Pertama di ajang Gaon Chart Music Awards. Album “One Reeler / Act IV” dengan lagu utanabta “Panorama” berhasil membuat IZ*ONE memenangkan penghargaan tersebut. Album terakhir IZ*ONE tersebut sangat populer dan terjual lebih dari 400.000 eksemplar.

IZ*ONE menjadi girl group kedua setelah Girl’s Generation yang meraih penghargaan tersebut. Hal itu membuat grup yang debut di bawah naungan Off The Record Entertainment itu langsung menjadi perbincangan dan menduduki trending topic Twitter Korea.

6. Redebut Yujin Bersama IVE

yujin ive
https://kpop.fandom.com/wiki/An_Yujin/Gallery

Yujin kembali debut bersama dengan IVE pada 1 Desember 2021 dengan merilis single yang bertajuk ELEVEN. IVE beranggotakan 5 gadis cantik nan bertalenta, yaitu Jang Wonyoung, An Yujin, Gaeul, Rei, Liz, dan Leeseo. Single tersebut berhasil membawa IVE untuk sukses di pasaran baik pasar Korea Selatan maupun mancanegara.

IVE sukses melampau rekor ITZY sebagai girl group tercepat dalam meraih kemenangan acara musik setelah debut. Jika dihitung secara keseluruhan, “ELEVEN” telah berhasil mendapatkan 13 kemenangan dari berbagai acara musik serta berhasil menduduki posisi pertama di tiga stasiun penyiaran ternama, yaitu KBS, SBS dan MBC.

Menurut perhitungan dari Hanteo Chart, single “ELEVEN” telah terjual hingga 152.229 copy dalam minggu pertama. Angka tersebut menjadi jumlah penjualan album yang paling tinggi dari artis yang debut pada tahun 2021 di Korea Selatan. Setelah berhasil melampaui 100 juta streaming, single “ELEVEN” pun memperoleh sertifikasi Platinum dari Circle Chart.

7. Love Dive dan After Like Menguasai Tangga Lagu

Pada 5 April 2022, IVE kembali menghibur para penggemarnya dengan merilis single album “Love Dive”. Dengan kesuksesan besar dari “Eleven”, IVE mengaku merasa memiliki tekanan tersendiri saat melakukan comeback dengan “Love Dive”. “Bohong rasanya bila berkata bahwa tak ada tekanan. Pada waktu debut kami, aku berpikir, ‘Apakah para penggemar akan suka?’. Saat ini, karena kami memperoleh banyak sekali dukungan, aku jadi mempunyai kekhawatiran yang berbeda. Kami berussaha menunjukkan citra yang sebanding dengan jumlah cinta yang kami dapatkan, jadi tolong berikanlah lebih banyak cinta,” ungkap Liz dalam acara comeback showcase “Love Dive”.

Walaupun merasakan tekanan, IVE berhasil mendapatkan kesuksesan yang lebih besar melalui “Love Dive”. Dilansir dari Hanteo Chart, “Love Dive” telah terrjual hingga 338.141 copy hanya dalam minggu pertama penjulan. Jumlah tersebut terhitung dua kali lipat lebih tinggi apabila dibandingkan dengan penjualan single “ELEVEN”. Selain itu, “LOVE DIVE” juga berhasil merajai tangga lagu Korea Selatan dan internasional hingga berbulan-bulan.

Di samping itu, single ini juga berhasil meraih 10 kemenangan di acara musik serta mendapat triple crowns. IVE juga memperoleh predikat sebagai Triple Platinum melalui “Love Dive” setelah single tersebut terjual hingga lebih dari 750 ribu copy.

Dalam kurun waktu enam bulan setelah debutnya, IVE telah berhasil menjual total hingga lebih dari 1 juta eksemplar hanya dengan merilis dua single album saja. Oleh sebab itu, IVE meraih prestasi sebagai grup K-Pop generasi keempat yang menjual lebih dari 1 juta copy album tercepat di Gaon dan mendapatkan gelar sebagai “Million Seller”.

Tak cukup sampai di situ, pada 22 Agustus 2022 IVE melakukan comeback ke-2 melalui “After LIKE”. IVE kembali meraih kesuksesan melalui dirilisnya “After LIKE” yang mendapatkan sertifikasi “Million” dari Korean Music Contents Association (KMCA) karena berhasil terjual sebanyak 1 juta copy di Circle Chart.

Selain itu, IVE juga memperoleh Perfect All-Kill pertama mereka melalui single ini. “After LIKE” bahkan berhasil melampaui rekor “Eleven” dengan mendapatkan 14 kemenangan dalam berbagai acara musik.

Dengan prestasi dan rekornya yang sangat mengagumkan, IVE berhasil dianugerahi penghargaan tertinggi arau Daesang  Song of the Year dari berbagai ajang penghargaan. Di antaranya ialah:

  1. Asia Artist Awards 2022
  2. Golden Disc Awards 2023
  3. Mnet Asian Music Awards 2022
  4. Melon Music Awards 2022.

8. Hobi Yujin IVE

Yujin gemar melakukan nail art dan rutin berolahraga. Ia mengaku bahwa dirinya paling jago dalam bidang lari dan lompat tali. Leader IVE ini pernah bergabung dalam tim lomba relay race dan timnya berhasil menjadi juara satu di kompetisi tersebut. Yujin juga ahli dalam bermain piano. Cita-cita Yujin sejak kecil ialah menjadi pramugari dan guru SD.

9. Makanan Favorit Yujin IVE

Yujin mengaku ia sangat gemar memakan maratang dan tteokbokki. Salah satu minuman yang ia sukai ialah soft drink. Yujin tidak suka makan sayuran, tetapi rasa es krim favoritnya adalah green tea. Yujin tidak menyukai kopi, berbeda dengan orang Korea pada umumnya.

10. Role Model Yujin IVE

Yujin mengklaim bahwa dirinya memiliki beberapa artis sebagai role model favoritnya. Ia mengatakan bahwa Taemin SHINee dan Dasom SISTAR sebagai role modelnya. Ia juga mengaku bahwa ia adalah fans berat dari solois wanita populer di Korea Selatan, IU

11. Yujin Adalah Social Butterfly

Memilii kepribadian yang ceria dan ramah membuat Yujin digemari oleh banyak orang. Ia memiliki banyak teman yang juga berasal dari kalangan idol seperti Yuna ITZY dan Ningning Aespa. Terlebih lagi, Yujin menjadi MC Inkigayo bersama dengan Sungchan NCT dan Jihoon TREASURE.

Demikian pembahasan seputar Yujin IVE. Semoga semua pembahasan di atas dapat menginspirasi kamu ya.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jika ingin mencari buku seputar K-pop, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com

Rekomendasi Buku Terkait

1. Bahasa Korea Bareng BTS

Bahasa Korea merupakan bahasa resmi Korea Selatan maupun Korea Utara. Bahasa ini juga dipakai secara luas di Yanbian, Tiongkok Timur Laut. Secara keseluruhan, ada hingga lebih dari 78 juta penutur bahasa Korea di seluruh dunia termasuk beberapa kelompok besar yang tersebar di Jepang, Amerika Serikat, Rusia dan Kanada.

Klasifikasi resmi dari bahasa Korea belum mendapatkan persetujuan secara universal, tetapi dianggap sebagai bahasa isolat oleh banyak orang. Beberapa ahli bahasa mengkelompokannya ke dalam kelompok bahasa Altaik. Bahasa Korea juga memiliki banyak kemiripan dengan bahasa Jepang, meskipun status kekerabatannya masih kurang jelas.

Di masa sekarang ini, bahasa Korea menjadi salah satu bahasa yang banyak memiliki peminat dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Nah, bagi Grameds yang gemar atau memiliki keinginan untuk mempelajari bahasa Korea secara otodidak, Buku “Les Bahasa Korea Bareng BTS” dapat membantu Grameds untuk mempelajari secara otodidak bahasa Korea dengan cara yang asyik dan unik bersama BTS.

2. Kpop Party

K-Pop telah ada sekitar empat generasi. Generasi pertama dimulai oleh H.OT, G.O.D, S.E.S, Sechs Kies, Turbo, dan lainnya sebagainya. Rata-rata, mereka melakukan debut pada tahun 1990 hingga awal tahun 2000an. Kemudian, generasi pembaharuan K-Pop muncul pada tahun 2000-an dan ditandai dengan munculnya idol band-idol band populer seperti TVXQ, Super Big Bang, Super Junior, Girl’s Generation, 2NE1, dan lain sebagainya.

Generasi kedua ini berhasil mendunia seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang kian modern. Selera masyarakat dunia juga makin terpenuhi dengan berbagai lagu yang dirilis oleh grup-grup idola generasi kedua ini. Intinya, generasi kedua merupakan generasi pembaharu sekaligus generasi pembeda dari generasi sebelumnya serta pembuka jalan bagi generasi berikutnya.

Tak puas dengan kesuksesan generasi kedua, setelah tahun 2010 banyak terbentuk grup generasi ketiga dari K-Pop dan hingga saat ini masih banyak band dari berbagai agensi yang terbentuk dan hilang satu per satu dari hasil seleksi alam. Produk generasi tiga yang banyak dikenal masyarakat luas ialah EXO, BTS, Red Velvet, TWICE, Blackpink, dan lain sebagainya.

Buku ini tak akan membahas seluruh grup K-Pop yang pernah ada, tetapi sekadar mengambil sampel supaya Grameds yang masih awam dengan dunia K-Pop bisa sedikit banyak lebih mengerti.

3. All About Kfood in Kpop, Kdrama, dan Kvariety

Segala sesuatu perihal Korea Selatan memang berhasil menarik perhatian dari masyarakat mancanegara. Baik dari segi musik, drama, fashion, skin care, make up, hingga makanan Korea yang berhasil membuat banyak orang di seluruh dunia tertarik dan selalu ingin tahu lebih banyak mengenai budaya Korea Selatan.

Banyak makanan yang tentunya cukup populer dan memang disukai oleh banyak orang di Korea Selatan. Seperti ayam goreng khas Korea yang kelezatannya telah mendunia hingga sundubu jjigae atau sup tahu hangat yang nikmat.

Nah, pasti Grameds sudah tidak asing lagi kan dengan makanan khas Korea Selatan? Kuliner Korea Selatan menjadi viral dan sangat popular di seluruh dunia, terutama ketika para K-Pop idol turut memperkenalkan makanan favorit mereka. Kira-kira, apa saja makanan khas Korea Selatan yang disukai oleh para idol K-Pop? Let’s check this out!

Rujukan:

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.