in

19 Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Korea dan Tradisi Perayaannya

Selamat Ulang Tahun Bahasa Korea – Bagi penggemar K-Pop, K-Drama, maupun K-Hip Hop, pasti tidak asing dengan kalimat “Saengil Chukkae Hamnida” yang mana sering digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun. Yap, pada dasarnya semua negara itu memiliki ucapan selamat ulang tahun masing-masing menurut bahasa mereka. Contoh lainnya adalah di negara kita ada “Selamat Ulang Tahun” dan di negara Barat ada “Happy Birthday”. Meskipun bahasa yang yang digunakan itu berbeda-beda, tetapi maknanya sama kok, yakni sama-sama memberikan ucapan selamat kepada seseorang yang tengah berulang tahun.

Uniknya, ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea ternyata terbagi dalam beberapa bentuk lho, bergantung usia lawan bicara dan situasi percakapannya, apakah dalam situasi formal atau tidak formal. Lalu, bagaimana saja ya ucapan selamat ulang dalam bahasa Korea itu? Bagaimana pula tradisi masyarakat Korea ketika tengah merayakan ulang tahun seseorang? Yuk simak ulasan berikut ini!

https://www.pexels.com/

19 Ucapan Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Korea Beserta Terjemahannya

Bentuk Standar Ucapan Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Korea

Dalam Bahasa Korea ini, untuk mengucapkan selamat ulang tahun ada dua kalimat atau frasa secara standar, yakni:

Apakah Grameds tahu apa perbedaan dari dua kalimat tersebut? Yap, perbedaannya terletak pada akhiran -yo yang ada di kalimat kedua. Akhiran -yo tersebut membuat kalimat menjadi lebih sopan. Meskipun keduanya memiliki arti yang sama, yakni sama-sama merupakan ucapan selamat ulang tahun yang standar.

Kata “saengil” itu berarti ‘ulang tahun’, sementara kata “chukha hamnida” berarti ‘selamat’. Maka, jika digabungkan akan bermakna “Selamat ulang tahun…

Sedikit trivia saja nih, kata “chukha hamnida” juga bisa lho digunakan untuk memberikan ucapan selamat kepada orang lain atas keberhasilannya.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Korea Secara Formal

Maksud dari “formal” disini adalah seseorang yang hendak kamu beri ucapan selamat ulang tahun itu adalah mereka yang memiliki pangkat lebih tinggi atau usia yang lebih tua darimu. Nah, berikut ini adalah ucapannya yang secara formal.

Lalu apakah maknanya sama dengan yang sebelumnya? Tentu saja sama. Perbedaannya adalah kalimat ini lebih formal sehingga dapat digunakan untuk orang yang lebih tua dan kamu hormati, misalnya guru, orang tua, maupun rekan kerja.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Korea Secara Informal

Jika ada ucapan selamat ulang tahun dalam Bahasa Korea secara formal, maka tentu saja ada yang secara informal. Ucapan selamat ulang tahun yang secara informal ini dapat kamu gunakan kepada teman sebaya yang akrab. Ucapan ini juga dapat kamu gunakan untuk seseorang yang lebih muda, misalnya adik.

Begini kalimatnya:

Dilihat dari kalimatnya, hampir sama kan dengan kalimat-kalimat sebelumnya? Perbedaannya adalah kalimat ini tidak menggunakan akhiran -yo atau -imnida, sebab memang struktur kalimatnya ditujukan pada situasi yang non formal.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Ucapan Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Korea Secara Lengkap

Apakah ucapan selamat ulang tahun dalam Bahasa Korea itu sebatas “Saengil chukha hamnida” saja? Tentu saja tidak. Ada kalimat ucapan selamat ulang tahun yang lengkap dan biasanya disertai dengan doanya. Begini kalimatnya:

Ucapan Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Korea Untuk Anggota Keluarga

Ketika hendak mengucapkan selamat ulang tahun kepada anggota keluarga, tidak melulu menggunakan ucapan yang secara formal maupun informal kok. Kita juga dapat mengucapkan ulang tahun berdasarkan peran mereka di keluarga. Begini ucapannya:

  • Ucapan Selamat Ulang Tahun Kepada Ibu

  • Ucapan Selamat Ulang Tahun Kepada Ayah

  • Ucapan Selamat Ulang Tahun Kepada Kakak

  • Ucapan Selamat Ulang Tahun Kepada Adik

Ucapan Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Korea Untuk Teman

Selain menggunakan ucapan selamat ulang tahun dalam bentuk informal, kamu juga dapat menggunakan kalimat berikut terutama untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada teman. Perlu diketahui bahwa dalam bentuk kalimat ini, terdapat penegasan berupa “chingu” yang berarti “teman”.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Korea Untuk Pacar

Ucapan untuk orang tua, rekan kerja, teman sebaya, anggota keluarga sudah ada. Lalu, bagaimana dengan ucapan selamat ulang tahun kepada pacar kita dalam Bahasa Korea? Yuk perhatikan kalimat berikut!

7 Lagu Korea Tentang Ulang Tahun

1. Jeon Somi – Birthday

Lagu milik Somi yang berjudul Birthday ini rilis pada Juni 2019 lalu dan sekaligus menjadi lagu debutnya sebagai soloist. Sedikit trivia saja, Jeon Somi adalah trainee dari JYP Entertainment yang mengikuti survival show Produce 101 di channel Mnet dan dirinya berhasil menempati ranking 1 sehingga lolos untuk debut bersama girlband I.O.I. Berhubung I.O.I hanya memiliki masa kontrak selama satu tahun saja, sehingga pada tahun 2017 pun mereka bubar.

Nah, Somi menjadi soloist dengan lagu debutnya berjudul “Birthday”. Dalam lagu ini terdapat lirik tentang “New birthday, new me” yang memberikan makna bahwa ketika diri kita tengah berulang tahun, itu berarti akan menjadi versi terbaru dari diri kita sebelumnya. Seolah merasa terlahir kembali dan harus merayakan hari bahagia tersebut.

2. iKON – B-Day

Siapa yang tak kenal dengan boyband iKON dari YG Entertainment ini? iKON menjadi salah satu boyband paling populer yang pada 2017 lalu merilis lagu berjudulB-Day. Melalui lagu ini, iKON seolah ingin memberi tahu kepada kita bahwa seiring bertambahnya usia, kita harus tetap memaksimalkan masa muda. Kita ini hidup hanya sekali saja di dunia ini, maka dari itu, tetaplah menjadi bahagia di saat-saat tertentu.

3. IU – Twenty-Three

IU alias Lee Ji Eun menjadi salah satu soloist paling terkenal tidak hanya di Korea Selatan saja tetapi juga di seluruh dunia. Pada 2015 lalu, IU merilis lagunya yang berjudul “Twenty-Three untuk merayakan pencapaiannya yang telah dilakukan di setiap tahunnya. Dalam lagu ini, IU membahas hal-hal apa yang biasanya dihadapi oleh mereka di usia 23 tahun.

4. B.A.P – Happy Birthday

Boyband B.A.P termasuk dalam jajaran K-Pop generasi ketiga yang juga merilis lagu berjudul Happy Birthday pada tahun 2012 lalu. Dalam lagunya Happy Birthday milik B.A.P ini akan membuatmu berpikir untuk menjadi tua bersama dengan orang yang kamu cintai. Terlebih lagi ketika kita menambahkan lilin ke kue ulang tahun dengan ditemani orang yang dicintai.

5. Seventeen – Thank You For Being Born (Happy Birthday)

Dalam lagu berjudul Thank You For Being Born (Happy Birthday) yang dinyanyikan oleh Seventeen pada 2021 lalu ini menceritakan mengenai rasa terima kasih kepada mereka yang tengah berulang tahun atas kehadirannya di dunia ini. Seventeen juga menyampaikan bahwa meskipun hari yang dilalui itu melelahkan dan sulit, tetapi mereka akan selalu mencintai kita. Terima kasih sudah lahir, untuk kita semua yang telah bertahan di kehidupan dunia ini.

6. NU’EST – Happy Birthday

Meskipun NU’EST sudah bubar pada tahun 2022 ini, tetapi lagu-lagunya selalu dikenang oleh banyak orang. Termasuk lagu yang berjudul Happy Birthday yang rilis pada tahun 2012 lalu. Dalam lagu ini menyampaikan bahwa hal terbaik yang harus kamu hargai itu adalah dirimu sendiri. Yap, NU’EST mengajak kita membahas sebuah persepsi bahwa kita semua harus tetap mencintai dan menghargai diri sendiri setiap harinya, tidak harus pada hari ulang tahun saja.

7. Rain – 30SEXY

Lagu berjudul “30SEXY” ini sangat cocok untuk kita yang telah menginjak usia 30 tahun tetapi masih ingin menikmati masa muda. Hal itu tidak salah kok, sebab Rain juga mengatakan demikian bahwa 30 tahun itu hanyalah angka saja. Toh diri kita sendiri yang paham bahwa di usia tersebut, sejatinya masih sah-sah saja untuk tetap segar dan berjiwa muda layaknya ABG!

 

Mengenal Tradisi Merayakan Ulang Tahun di Korea Selatan

Setiap negara pastilah memiliki tradisi masing-masing, terlebih lagi dalam rangka merayakan hari ulang tahun seseorang. Tak terkecuali di Negara Ginseng ini. Jika Grameds sering menonton K-Drama, pasti paham jika ada seseorang yang tengah berulang tahun, maka dirinya wajib makan sup rumput laut. Lalu, apa saja ya tradisi lain untuk merayakan hari ulang tahun di Korea Selatan? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Tradisi Merayakan Ulang Tahun Berdasarkan Usia

1. Ulang Tahun 100 Hari

https://nextshark.com/

Hampir sama dengan di Indonesia, bayi di Korea Selatan yang baru berusia 100 hari juga akan menerima perayaan ulang tahun. Upacara perayaan itu diadakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan sekaligus supaya bayi tersebut dapat bertahan hidup. Dalam perayaannya, orang tua si bayi akan membagikan 100 buah kue beras kepada tetangga sekitar dan meminta doa mereka supaya si bayi dapat berumur panjang.

2. Ulang Tahun Satu Tahun

https://bestofkorea.com/

Perayaan ulang tahun kepada bayi yang berusia satu tahun di Korea Selatan ini disebut dengan Doljanchi. Dalam proses perayaannya, sang orang tua akan mengadakan ritual khusus dan mengundang orang-orang untuk merayakannya. Biasanya, bayi akan dipakaikan pakaian tradisional mereka, hanbok, disertai pula dengan topi tradisional hogeon.

Salah satu ciri khas pada perayaan Doljanchi ini adalah adanya Doljabi, yakni tradisi dimana si bayi akan diberi meja yang di atasnya terdapat beberapa benda. Bayi tersebut nantinya akan memilih salah satu benda tersebut dan menjadi ramalan masa depannya kelak. Wah mirip tradisi Tradisi Tedak Siten yang berasal dari Jawa ya…

3. Ulang Tahun Usia 60 Tahun

https://bestofkorea.com/

Di Korea Selatan, sebelum mereka berhasil menemukan obat-obat modern, seseorang yang mampu mencapai usia 60 tahun dianggap sebagai pencapaian. Maka dari itu, para orang tua pasti akan mendapatkan perayaan pesta yang layak. Tidak harus dirayakan dengan pesta besar, sebatas berlibur bersama, berkumpul bersama, dan makan makanan tradisional juga dapat dilakukan. Hal itu sebagai bentuk rasa syukur mereka terhadap Tuhan atas umur yang telah diberikan-Nya.

4. Ulang Tahun Usia 70-80 Tahun

https://www.graceandjason.com/

Terutama bagi keluarga yang mampu, pasti mereka akan merayakan ulang tahun para tetua yang telah berusia 70-80 tahun secara meriah. Bahkan biasanya dilakukan juga di sebuah aula dengan perayaan tradisional. Mulai dari kerabat dekat, rekan kerja, cucu, sanak saudara, hingga tetangga akan diundang untuk turut memeriahkan perayaan ini. Jangan lupa untuk tetap mengenakan hanbok.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya

Hidangan Khas di Perayaan Ulang Tahun Korea

1. Sup Rumput Laut

Para penggemar K-Drama pasti tahu jika sup rumput laut adalah hidangan khas bagi mereka yang berulang tahun. Biasanya, hidangan istimewa ini akan diberikan oleh keluarga sambil mengucapkan kata-kata berupa “i sesang-e taeeonajwoseo gomawoyang berarti “Terima kasih sudah lahir ke dunia ini”. Di dalam sup rumput laut ini sangat kaya akan besi, kalsium, dan protein, tetapi tetap rendah kalori.

Sup rumput laut yang dihidangkan dalam keadaan hangat menjadi bukti bahwa seseorang yang tengah berulang tahun itu adalah sosok yang berharga dan dikasihi oleh banyak orang di sekelilingnya. Bahkan karena sudah menjadi tradisi sejak lama, jika anggota keluarga lupa membuatkannya sup rumput laut, dirinya akan merasa kecewa meskipun di sisi lain dirinya juga tidak menyukai hal itu. Lagipula, tradisi untuk makan hidangan ini telah ada sejak zaman dinasti Goryeo lho…

2. Kue Beras

https://gwangjunewsgic.com/

Kue beras menjadi hidangan khas yang kerap disajikan dalam acara tertentu, tidak hanya pada perayaan ulang tahun saja. Di antara beragam jenis kue beras tersebut, yang paling kerap digunakan adalah kue beras berisikan kacang merah. Makanan ini menjadi simbol untuk mengusir roh jahat supaya mereka yang tengah berulang tahun, tetap dapat hidup sehat dan bahagia.

3. Japchae

https://www.maangchi.com/

Japchae selain menjadi makanan khas Korea Selatan, juga dianggap sebagai hidangan istimewa yang disajikan di acara-acara tertentu. Tak terkecuali pada perayaan ulang tahun, perayaan Chuseok, perayaan Seollal, dan lainnya. Japchae ini dibuat dengan bahan dasar mie soun yang diberi sayuran, daging, dan taburan biji wijen.

Sumber:

https://www.popbela.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.