in

Kenali 14 Tanda Istri Selingkuh, Hati-Hati!

“Apakah ada tanda istri selingkuh?,” kira-kira itulah yang akan dikatakan serta ditanyakan oleh seorang pria ketika dia merasa ada hal yang berbeda dan salah dari istrinya.

Pernikahan merupakah salah satu fase kehidupan yang dimulai dengan hal-hal yang menyenangkan dan membahagiakan. Sebab, bagaimana tidak bahagia, jika kita bisa bersatu dan hidup bersama dengan seseorang yang kita sayangi untuk seumur hidup kita.

Namun, selayaknya roda kehidupan, fase pernikahan dan rumah tangga juga tak selamanya akan membahagiakan. Sebab, dalam semua hubungan, selalu ada permasalahan yang akan dijumpai di masa yang akan datang. Entah itu permasalahan yang datang dari pihak eksternal maupun pihak internal.

Untuk permasalahan internal, hal itu tentu berhubungan dengan kepribadian dan perasaan kedua pasangan, seperti munculnya rasa bosan terhadap pasangan. Banyak orang yang berpikir jika semakin lama kita menghabiskan waktu bersama seseorang, maka perasaan sayang dan cinta kepada orang tersebut akan semakin luntur. Selain itu, beberapa juga menganggap jika keberadaan kamu atau pasangan di kehidupan masing-masing lama kelamaan akan tergantikan oleh orang yang baru jika perasaan bosan sudah mulai muncul.

Permasalahan-permasalahan tersebut mungkin akan menguji kesabaran dan kekompakan kamu dan pasangan. Sebab, munculnya permasalahan dalam rumah tangga sangat wajar terjadi, terlebih jika kamu sudah menikah bertahun-tahun lamanya.

Semua masalah dan cobaan mungkin dapat diatasi bersama. Namun, bagaimana jika masalah tersebut timbul dari internal pasangan yang merasa bosan dengan kita dan mulai tertarik pada orang lain?

 

Hal yang paling menyakitkan adalah apabila pasangan sudah mulai melirik orang lain hingga menjalin hubungan spesial dengan mereka di belakang kita. Tentu hal ini sudah masuk pada kategori perselingkuhan.

Meski laki-laki sering mendapatkan tuduhan perselingkuhan, tetapi nyatanya perempuan pun dapat melakukan perselingkuhan. Bahkan, survei yang dilakukan sejak tahun 1990, menunjukkan jika jumlah perempuan yang tidak setia atau selingkuh angkanya meningkat setiap tahun.

Tanda istri selingkuh ini dapat terlihat berbeda dalam setiap hubungan. Namun, ada beberapa kesamaan yang bisa dilihat dan diketahui oleh suami ketika merasa istrinya sedang berselingkuh.

Lantas, apa saja tanda istri selingkuh? Penasaran? Untuk mengetahui informasi selengkapnya, yuk, simak rangkuman di bawah ini!

Tanda-Tanda Istri Selingkuh

1. Perubahan Penampilan yang Berlebihan Saat Keluar Rumah

Tanda istri selingkuh yang pertama adalah perubahan penampilan saat akan keluar rumah, bahkan ketika pergi tanpa sang suami. Hal ini patut menjadi hal yang dicurigai karena seperti yang kita ketahui, menjadi seorang istri bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, apalagi jika berperan sebagai seorang ibu juga.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Pada sebagian orang, terlalu banyak hal yang harus dikerjakan oleh dirinya ketika di rumah, membuat dia menjadi lebih cuek terhadap penampilan dan gaya berpakaiannya. Tapi mungkin, dia masih akan berhias secara sederhana ketika keluar rumah bersama sang suami.

Hal yang harus menjadi perhatian adalah ketika seorang istri tiba-tiba menjadi perempuan yang suka bersolek secara berlebihan ketika keluar rumah tanpa didampingi oleh suaminya. Ini dapat menjadi tanda jika sang istri sedang menyukai seseorang dan mencoba untuk menarik perhatiannya.

Selain menjadi lebih rajin berdandan, tanda istri selingkuh juga dapat terlihat dari si dia yang mulai rajin berolahraga dan makan makanan yang lebih sehat di samping program diet yang mungkin sedang dilakukan. Dia juga akan mulai mencoba untuk melakukan perawatan di salon, memotong rambut, hingga memakai pakaian yang selalu baru. Hal ini tak lain sebagai cara dia untuk menarik perhatian orang lain.

2. Mengubah Kata Sandi Ponsel

Sumber: pixabay

Pada sebagian besar pasangan yang telah menikah dan hidup bersama, biasanya akan percaya satu sama lain dalam berbagai hal. Termasuk percaya untuk saling mengetahui kata sandi pada ponsel dan akun pribadi pasangan masing-masing.

Jadi, apabila istri atau salah satu pasangan tiba-tiba mengubah kata sandinya dengan berbagai alasan pribadi atau takut akan diretas, maka kamu harus mulai untuk mewaspadainya. Karena hal ini dapat menjadi tanda jika sang istri mungkin menyembunyikan sesuatu sehingga takut kamu akan melihat hal tersebut.

Hal yang disembunyikan itu bisa banyak hal. Dapat berupa pesan sensual dari atau kepada orang yang bukan suami atau kumpulan gambar yang orang lain yang disembunyikan. Inilah mengapa mengubah kata sandi ponsel menjadi tanda istri selingkuh.

3. Perubahan Cara Memperlakukan Suami

Perubahan perilaku istri kepada suami pun dapat menjadi tanda dari perselingkuhan. Apabila pada awalnya istri memperlakukan suami sebagai seorang kekasih, maka jika dia berselingkuh lama-kelamaan perilakunya akan berubah dan hanya menganggap suami sebagai temannya. Hal ini dapat juga diartikan sebagai istri yang tidak lagi berperilaku romantis kepada suaminya.

Seorang ahli dan konsultan kencan mengatakan jika interaksi yang terjadi antara suami dan istri sebagai pasangan tidak lagi romantis, maka itu dapat menjadi bendera merah tanda sang istri selingkuh. Hal yang sederhana dapat dilihat dari panggilan satu sama lain terhadap pasangan.

Jika biasanya kamu dan pasangan saling memanggil dengan sebutan ‘sayang’ dan tiba-tiba istri tidak lagi memanggil demikian, maka itu patut dicurigai. Sebab, bisa saja istri sedang berusaha mendorong hubungan kamu agar kembali kepada zona pertemanan saja.

4. Sering Berbohong

Dalam suatu hubungan, keterbukaan dan kepercayaan adalah salah satu hal yang sangat penting. Terlebih, pada hubungan suami istri yang sudah bersama dalam jangka waktu yang lama.

Pasalnya, jika tidak ada kepercayaan yang kuat di antara suami dan istri, maka hubungan pernikahan dan rumah tangga pun akan selalu dibayang-bayangi dengan perasaan tidak percaya dan curiga. Karena bisa saja ada kebenaran yang ingin ditutupi agar tak diketahui oleh orang lain. Maka dari itu, tak heran jika ketidakjujuran kepada satu sama lain dapat menjadi tanda dari perselingkuhan.

5. Selalu Membawa Ponsel

Sumber: pixabay

Beberapa orang yang sedang merasakan kasmaran benar-benar merasa tidak bisa lepas dari ponselnya. Oleh sebab itu, dia akan terus membawa ponselnya kemanapun dia pergi karena telah terbiasa mengirim kabar dan tidak bisa berpisah dari ponsel.

Mungkin sebagian besar orang akan menggunakan ponsel sebagai hiburan agar tidak bosan. Namun, jika hal tersebut terjadi pada seorang istri secara tiba-tiba, maka ini dapat menjadi masalah baru yang besar. Terlebih, jika hal ini merupakan hal baru yang tak biasanya dilakukan oleh istri.

Bisa saja istri selalu membawa ponselnya karena tidak sedang berkomunikasi dengan orang lain dan tidak ingin diketahui oleh siapapun. Selain itu, dia juga akan memastikan suara atau dering ponselnya selalu berada dalam mode off untuk menghindari pertanyaan perihal dari siapa panggilan atau pesan masuk tersebut.

6. Mengungkapkan Rasa Tidak Bahagia Secara Gamblang

Ketika seorang istri sudah merasa jenuh dengan keadaan yang dia hadapi, maka kerap kali mereka akan mengungkapkan perasaan tidak bahagianya menjalani kehidupan rumah tangga kepada sang suami. Namun sayangnya, sebagian suami malah menganggap hal tersebut secara tidak serius.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 544 orang dewasa yang terlibat dalam perselingkuhan, ditemukan fakta jika sebagian besar alasan istri melakukan perselingkuhan adalah karena mereka merasa tidak terlalu bahagia dalam kehidupan pernikahannya.

Data ini juga menyebutkan jika ketidakbahagiaan ini lebih memungkinkan untuk seseorang berselingkuh dibanding dengan wanita yang merasakan sangat bahagia dalam menjalani pernikahannya.

Selain itu, hampir setengah dari jumlah wanita yang melakukan survei percaya jika adanya perselingkuhan dapat diterima dan dimengerti jika pernikahan yang dijalani terlihat tidak membahagiakan. Jadi, jika istri sudah tidak lagi mengungkapkan rasa bahagianya bahkan mengungkapkan tidak bahagia, maka ini dapat menjadi salah satu tanda istri selingkuh.

7. Salah Menyebut Nama Ketika Memanggil Nama Suami

Setiap orang memiliki alam bawah sadar yang membuat mereka kadang tidak sadar dengan pada yang akan diucapkannya. Hal ini jugalah yang kemudian membuat kita terkadang salah menyebut nama seseorang yang ingin kita panggil.

Selain itu, hal ini mungkin terdengar biasa saja dan normal bagi sebagian orang. Namun, jika seorang istri salah menyebut nama suami ketika ingin memanggilnya dengan nama laki-laki lain, maka hal ini perlu dipertanyakan. Kamu harus mulai waspada karena bisa saja ini menjadi tanda adanya perselingkuhan yang terjadi.

Seorang psikolog klinis dan pakar hubungan bahkan mengatakan jika seorang istri salah dalam memanggil nama suaminya, maka ini menandakan jika dia sebenarnya sedang mengharapkan seseorang. Jadi, kamu harus berhati-hati, ya!

8. Tak Pernah Lagi Mengunggah Foto Bersama di Sosial Media

Apabila kamu mendapati istri kamu mulai membersihkan media sosialnya dari semua hal yang mungkin menjadi bukti pernikahan, maka itu dapat menjadi tanda bahwa dia secara perlahan sedang menyembunyikan perihal status pernikahannya. Hal ini dilakukan untuk membuat dia seolah-olah masih lajang dan belum menikah.

Di sisi lain, jika terjadi perubahan pada istri dari yang awalnya sering mengunggah foto bersama di sosial media, menjadi jarang hingga tak pernah mengunggah foto bersama lagi, maka itu patut dicurigai. Karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bisa saja sang istri tengah menyembunyikan status pernikahannya yang sesungguhnya agar tak diketahui oleh orang lain.

9. Menjadi Lebih Sering Lembur

Apabila istri kamu termasuk seorang wanita karier yang bekerja di kantor, maka berhati-hatilah ketika dia sudah mulai menghabiskan lebih banyak waktu di kantor atau menjadi lebih sering lembur dari biasanya. Pasalnya, wanita akan menjadikan alasan lembur tersebut sebagai salah satu cara untuk menutupi perselingkuhan yang dia lakukan dengan rekan kerja selama jam kantor.

Bahkan, jika seorang istri secara mendadak pulang lebih lama dari kantor tanpa pemberitahuan, hal tersebut juga dapat menjadi tanda tanya besar. Karena ada kemungkinan dia hanya ingin tinggal lebih lama agar bisa lebih dekat dengan rekan kerja yang dia sukai.

Tentu hal ini dapat menjadi tanda istri selingkuh. Namun, sebelum kamu menuding hal tersebut, ada baiknya untuk kamu membicarakan semua hal yang kamu curigai kepada istrimu secara langsung. Ini dilakukan untuk menghindari adanya kesalahpahaman yang muncul.

10. Menghindari Melakukan Kontak Mata

Ada kalanya kita ingin berbincang dengan pasangan kita di tengah kesibukan yang sedang kita lakukan. Tak hanya itu, kita pun perlu mengkomunikasikan beberapa hal yang mungkin mengganjal dan perlu diberikan penjelasan.

Seperti halnya kita ingin menanyakan kepada istri mengapa dia jadi lebih sering pulang larut, mengapa tiba-tiba berusaha keras mengubah penampilannya, hingga bagaimana keadaan hari yang mereka jalani.

Namun, seseorang yang menyembunyikan sesuatu cenderung tak dapat menjaga kontak mata ketika ditanyai tentang hal tersebut. Dia akan mencoba mengalihkan pandangan dan perhatiannya kepada hal lain di sekitarnya.

Pada titik ini, mungkin sang istri tidak berselingkuh, tetapi bahasa tubuh itu dapat menunjukkan hal lain. Seperti dia yang tak lagi mencintai suaminya seperti dahulu sehingga malas mempertahankan kontak mata.

11. Menghindari Bertemu dengan Teman Suami

Semua orang yang yang sedang menyembunyikan rahasia besar seperti perselingkuhan pasti akan menjauhkan diri dari lingkungan pasangannya. Hal ini terjadi tentu bukan tanpa sebab. Dia hanya tidak ingin orang lain menyadari perubahan sikapnya kepada sang suami.

Semakin banyak dia bergaul dengan grup atau lingkungan tersebut, maka semakin besar juga risiko yang dia tanggung untuk tergelincir secara tidak sengaja mengungkapkan sesuatu yang sebenarnya ingin dia sembunyikan itu. Termasuk tentang kebenaran perselingkuhannya.

Belum lagi, jika wanita tersebut tampak bersiap-siap untuk meninggalkan pernikahannya demi bersama pria lain. Tentu dia akan menciptakan kehidupan dan dunianya sendiri tanpa mau melibatkan pasangan atau keluarga dan kerabat dekatnya.

12. Tiba-Tiba Sering Membicarakan Perselingkuhan

Seorang istri mungkin tidak akan mengungkapkan secara langsung jika dia sedang berselingkuh. Tetapi, biasanya dia akan memberikan kode atau pesan tersirat untuk memberitahu sang suami. Namun sayangnya, terkadang banyak orang yang tidak sadar akan hal ini.

Tetapi akan berbeda jika sang suami dapat membaca atau memahami tanda-tanda tersebut. Tentu, setiap kata yang diucapkan istri akan menjadi kata yang mengungkapkan indikasi adanya perselingkuhan. Suami pun akan menyadari jika ada suatu hal yang salah yang terjadi di balik layar.

13. Menolak untuk Berhubungan Seks

Segala hal yang memiliki keterkaitan dengan keintiman akan selalu ditolak oleh seorang istri yang melakukan perselingkuhan. Salah satu keintiman yang akan ditolak oleh istri adalah keinginan untuk melakukan hubungan seksual dengan suaminya.

Istri pun akan mengeluarkan seribu macam alasan agar hubungan seksual tersebut tidak terjadi. Kalau pun sang istri tidak menolak, suami pasti akan bisa merasakan perbedaannya. Hal ini dikarenakan hubungan seksual akan terasa dingin dan tanpa emosi jika salah satu pihak atau pasangan tidak menginginkannya.

Oleh sebab itu, jika frekuensi penolakan istri lebih sering dari sebelumnya, maka kamu patut curiga. Karena bisa saja menjadi tanda istri selingkuh.

14. Menjadi Lebih Cuek

Ketika seseorang telah menemukan orang yang baru di luar hubungannya dengan pasangan terlebih suami, maka perhatiannya pun akan terasa berubah. Mungkin jika sudah memiliki anak, maka anak akan menjadi prioritasnya. Namun meskipun begitu, suami akan tetap merasakan perbedaan ketika istrinya sudah tidak peduli karena ada hal lain di luar keluarganya.

Biasanya, seorang istri akan bertingkah cuek dengan tidak lagi menanyakan kabar atau keberadaan sang suami. Dia juga jadi lebih singkat dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pasangannya. Tingkah laku seperti inilah yang menunjukkan jika dia sudah tidak begitu peduli lagi dan menjadi tanda istri selingkuh.

Kesimpulan

Dalam kehidupan berumah tangga, mungkin akan terjadi banyak perselisihan atau perbedaan pendapat yang membuat pasangan suami istri menjadi bertengkar. Tak hanya itu, perasaan bosan yang timbul juga kerap membuat hubungan seseorang menjadi renggang dan memicu adanya perselingkuhan.

Perselingkuhan ini tidak hanya dapat dilakukan oleh laki-laki saja. Tetapi, perselingkuhan juga bisa dilakukan oleh perempuan sebagai istri.

Ada beberapa tanda istri selingkuh yang harus kamu ketahui untuk tetap bisa menjaga hubunganmu dengan si dia. Tanda istri selingkuh tersebut, mulai dari mengubah penampilan, mengubah kata sandi ponsel, sering berbohong, menolak berhubungan seksual, hingga menjadi lebih cuek lagi.

Nah, itulah tanda istri selingkuh yang telah dirangkum untuk #SahabatTanpaBatas. Namun, sebelum kamu menuding istri selingkuh, ada baiknya dibicarakan terlebih dahulu, ya. Semoga bermanfaat!

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang kesetiaan, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Nama penulis: Raden Putri

Sumber:

  • https://www.fimela.com/relationship/read/5073861/7-ciri-ciri-istri-selingkuh-yang-harus-disadari
  • https://www.orami.co.id/magazine/tanda-istri-selingkuh
  • https://kumparan.com/berita-hari-ini/7-ciri-ciri-istri-selingkuh-yang-perlu-diwaspadai-para-suami-1ygQhg6njVp
  • https://www.popbela.com/relationship/married/hyrasti-kayana/ciri-ciri-istri-selingkuh


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Veronika N

Ketika bicara tentang hubungan, pastinya akan selalu menarik untuk dibahas. Saya pun juga senang membuat tulisan dengan tema relationship.