in

Ketahui 16 Ciri-Ciri Istri Selingkuh 

Ciri-ciri istri selingkuh – Siapa pun di dunia ini, rasanya tak ada yang menginginkan perselingkuhan terjadi. Perselingkuhan terjadi karena berbagai hal. Misalnya saja kebosanan yang menerpa salah satu pasangan, sehingga banyak mengalami perubahan dan bahkan berselingkuh.

Perselingkuhan tak mengenal jenis kelamin. Meskipun kebanyakan perselingkuhan dilakukan oleh kaum pria atau suami, tapi tak menutup kemungkinan seorang istri juga bisa berselingkuh. Setiap orang yang berselingkuh juga akan memberikan tanda yang berbeda-beda

Tapi, sebagai manusia yang punya insting dan akal, pastinya akan ada benang merah yang bisa dilihat atau dicari tahu oleh suami. Namun, jangan terlalu terburu-buru menuduh pasangan atau istri berselingkuh, coba cek dulu tanda-tandanya dan perubahan perilakunya sehari-hari.

Apakah ada yang mencurigakan? Jika, ya, tak ada salahnya jika suami segera berkomunikasi dengan istri untuk mencari solusi yang tepat.

Jika suami melihat adanya perubahan yang tidak biasa pada istri, dan menimbulkan kekhawatiran jika istri akan berselingkuh, sebaiknya lakukan diskusi dengan pasangan secepat mungkin dan jangan menunda masalah.

Penasaran seperti apa ciri-ciri istri yang berselingkuh? Yuk, simak beberapa ciri-ciri dibawah ini!

Ciri-ciri Istri Selingkuh

pexels.com/Vera Arsic

Jika kamu merasa istri mengalami perubahan yang drastis, mungkin istrimu sedang berselingkuh. Ada beberapa ciri tak kasat mata yang bisa menganalisa kemungkinan istri kamu berselingkuh. Sebagai pasangan, kamu perlu waspada agar bisa diselesaikan dengan baik.

Berikut ini ciri-ciri istri yang berselingkuh, mengutip dari berbagai sumber :

1. Mengubah Penampilan dan Sering Dandan

Mengubah Penampilan dan Sering Dandan bisa menjadi tanda jika istri kamu telah berselingkuh. Jika istri tiba-tiba melakukan perubahan seperti perawatan diri ke salon, potong rambut, atau memakai pakaian dalam baru, sering dandan dan perubahan lain tidak seperti biasanya, suami wajib waspada.

Jika istri terlihat mulai rajin menjaga penampilan dengan rutin berolahraga, makan lebih sehat, itu juga bisa menjadi ciri istri berselingkuh. Karena ia sedang berusaha tampil cantik dan menarik untuk seseorang. Akan tetapi, istri menunjukan perubahan-perubahan itu ketika bekerja atau di luar rumah, sementara jika dirumah bersama suami, istri akan tampil biasa saja.

2. Betah di Luar Rumah 

Jika istri kamu bekerja di kantor atau di luar rumah, ia akan sering membuat alasan untuk bisa berlama-lama di luar, dan sering pulang terlambat. Dia akan beralasan sedang mengerjakan tugas deadline atau ada rapat.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Namun, kamu juga harus melihat kebiasaannya dan jangan terburu buru menuduh bahwa istri berselingkuh, jika ia beralasan seperti itu hanya satu atau dua kali, mungkin saja dia benar-benar sedang rapat atau ada tugas deadline.

3. Membersihkan Media Sosial 

Membersihkan media sosial dengan cara menghapus jejak digital kebersamaan dan semua foto-foto bersama suami di media sosial juga bisa menjadi ciri istri berselingkuh di belakang suami.

Tujuan istri menghapus jejak digital ini tak lain adalah untuk menghilangkan bukti hubungannya dengan suami. Jadi, ia ingin terlihat seperti single.

4. Bersikap Dingin Dengan Suami

Salah satu ciri istri berselingkuh yaitu bersikap dingin dengan suaminya sendiri. Sikapnya itu lebih dingin atau tidak seperti biasanya. Misalnya seperti malas mengobrol, menghindari kontak fisik, bahkan tidak mesra sama sekali dengan suami.

5. Menuduh Suami Berselingkuh 

Parahnya, ciri istri yang selingkuh atau tidak setia yaitu justru istri akan memutar balikkan fakta atau menuduh suaminya yang berselingkuh. Hal ini sebenarnya, istri seolah-olah memproyeksikan kesalahannya sendiri dan untuk menutupi kesalahannya.

Ricciardi pakar hubungan, menjelaskan bahwa tuduhan-tuduhan itu bisa jadi adalah pertanda rasa bersalah diri sendiri kepada pasangan. Biasanya hal seperti ini dijadikan untuk bahan pembelaan istri, sekaligus menutupi kesalahannya, sehingga kesalahannya akan teralihkan.

6. Mudah kesal

Istri yang berselingkuh, emosinya akan mudah terpancing. Bahkan, ia akan cenderung marah dan kesal saat suami mengajaknya bercanda atau melontarkan lelucon. Jika kamu merasa perubahan suasana hati istri selalu buruk, mudah marah dan kesal, maka kamu perlu waspada ya.

7. Perubahan Kata Sandi Ponsel

Sebagian besar pasangan yang telah menikah, apalagi sudah berlangsung lama, pastinya sudah terbiasa untuk saling percaya satu sama lain, termasuk berbagi password pada smartphone maupun media sosial lainnya.

Jadi, jika istri tiba-tiba mengubah password atau kata sandi ponsel maupun akun media sosial lainnya, maka suami perlu mencurigai, apalagi jika istri menolak untuk berbagi password yang baru tersebut dengan alasan apapun. Karena, kemungkinan ada sesuatu yang disembunyikan istri pada ponsel atau akun tersebut.

Selain itu, jika ada pesan-pesan yang bersifat sensual atau intim kepada orang-orang selain suaminya, tentu ini bisa menjadi ciri istri berselingkuh. Termasuk jika istri tiba-tiba mengunci ponsel atau laptop dengan kata sandi, dan hal tersebut tidak seperti kebiasaannya, maka kamu perlu curiga, bahwa mungkin istrimu menyembunyikan sesuatu di belakangmu.

8. Tiba-tiba Ingin Mandiri

Kamu perlu mencurigai jika pasangan kamu tiba-tiba ingin menjadi mandiri. Misalnya saja, menolak ketika kamu ingin menjemput saat pulang kerja, dan lain sebagainya. Sikap seperti ini bisa dicurigai, apalagi jika sikap sebelumnya tidak seperti itu. Karena bisa jadi hal tersebut adalah caranya untuk menutupi perselingkuhannya.

9. Kurang Mesra Pada Suami

Ciri istri yang berselingkuh juga bisa dilihat dari kemesraannya kepada suami. Istri yang berselingkuh biasanya bertindak kurang mesra kepada suami, seolah-olah memperlakukan suami layaknya teman ketimbang pasangan hidup.

Termasuk jika interaksi antara suami dan istri dirasa kurang romantis, itu bisa jadi ciri sang istri berselingkuh. Misalnya, jika suami merasa istrinya tak lagi menggunakan panggilan atau kata-kata mesra seperti baby atau honey dalam percakapan. Tentu hal ini tanda berkurangnya kemesraan dan keromantisan hubungan yang terjadi kemungkinan adanya perselingkuhan.

10. Tidak Bisa Lepas dari Ponselnya 

Sebagian orang benar-benar tak bisa terpisahkan oleh gadget atau ponsel dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang akan terus membawa ponsel kemanapun ia pergi. Hal ini karena telah terbiasa atau agar tidak bosan.

Tapi, jika seorang istri melakukan hal tersebut tidak seperti biasanya, mungkin itu menjadi ciri jika ia sedang berselingkuh. Ia tidak bisa jauh dari ponselnya dan selalu membawanya kemanapun ia pergi.

Selain itu, jika seorang istri berselingkuh, ia akan memastikan suara atau dering ponsel dalam keadaan off, dan menghapus semua chat atau panggilan masuk, hal ini untuk menutupi perselingkuhannya dan menghindari pertanyaan suami.

11. Ingin Mengetahui Kegiatan Suami Dengan Detail

Istri yang berselingkuh, umumnya akan menjadi lebih rinci atau detail tentang kegiatan atau jadwal sehari-hari suaminya. Dia akan selalu bertanya dan ingin tau jadwal suami, sedang apa, dimana, dan lain sebagainya secara detail.

Hal ini ia lakukan untuk mencegah terungkapnya perselingkuhan yang sedang dilakukannya. Dengan kata lain, ia berusaha memastikan bahwa suaminya tak akan memergokinya sedang berselingkuh.

12. Tidak Pernah Memposting Foto Bersama Suami

Jika seorang istri menghapus foto-foto bersama suami di media sosialnya, baik foto pernikahan atau foto-foto kebersamaan bersama suami, maka hal itu bisa menjadi ciri bahwa istri berselingkuh atau ingin menyembunyikan status pernikahannya.

Selain itu, perlu diperhatikan juga, bila dulu istri sering memposting atau meng-upload foto keluarga kecilnya atau foto kebersamaan bersama suami, tapi sekarang sudah jarang, itu juga bisa menjadi ciri istri berselingkuh.

13. Salah Memanggil Nama Suami

Semua orang pasti mempunyai alam bawah sadar yang sesekali bisa membuatnya salah menyebut sebuah nama. Jadi, suami harus lebih memperhatikan, terutama jika ingin mencari tahu, apakah benar istrinya telah berselingkuh.

Menurut Dr. Ramani Durvasula, seorang pakar hubungan dan psikolog klinis berlisensi, ia mengatakan jika seorang istri salah memanggil nama suami, hal ini bisa menandakan bahwa istri sedang mengharapkan seseorang.

14. Menghindari Kontak Mata

Ciri istri yang berselingkuh selanjutnya adalah sering menghindari kontak mata ketika bercakap dengan suami. Istri tidak bisa mempertahankan kontak mata atau fokus ketika ditanya.

Misalnya ketika ditanya, mengapa ia pulang terlambat, mengapa sikap-sikapnya berubah, mengapa melakukan hal-hal tidak seperti biasanya, atau ketika ditanya mengapa ia tiba-tiba mengubah penampilannya. Tapi disisi lain, dia mungkin tidak berselingkuh, namun bahasa tubuhnya dan menghindari kontak mata seperti ini, biasanya menunjukkan bahwa istri mungkin tidak lagi mencintai suaminya.

15. Sensitif Terhadap Masalah Kecil

Ciri istri selingkuh yang lainnya yaitu, ia lebih sensitif terhadap masalah kecil, dengan kata lain, sering membesar-besarkan masalah kecil menjadi rumit. Terkadang, orang yang saling mencintai pun akan bertengkar, tapi biasanya pertengkaran itu merupakan sesuatu yang sebenarnya penting.

Berbeda dengan istri yang selingkuh, ia akan mencoba menemukan atau mencari setiap hal kecil yang sebenarnya tidak terlalu penting yang dilakukan pasangannya, tapi ia menganggap hal itu sangat menjijikkan. Hal ini tentu akan memicu pertengkaran kecil yang dibuat-buat untuk menutupi perselingkuhannya.

16. Menolak Berhubungan Seks 

Perselingkuhan juga bisa membuat seorang istri menolak berhubungan seks atau semua hal yang berkaitan dengan hubungan keintiman. Istri terus mencoba memberikan berbagai alasan, supaya hubungan seks tidak terjadi.

Misalnya pun istri tidak menolak, kamu pasti akan bisa merasakan perubahan atau perbedaannya. Hubungan seksual yang dilakukan seperti terpaksa, tanpa emosi dan terasa dingin.

Bagi kalian yang ingin melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius, maka perlu memegang komitmen untuk bersama. Baca juga buku Sex dan Selingkuh ini, agar kamu bisa berubah dan siap berkomitmen dengan pasangan. Kamu juga akan mendapatkan tips-tips yang akan menjadikan kamu pasangan yang kebal cerai.

Cara Membuktikan Istri Selingkuh

pexels.com/Yan Krukau

Jika kamu merasa sang istri benar-benar telah berselingkuh, dan ingin membuktikannya, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Cobalah Pinjam Ponselnya

Coba katakan pada istri jika ponsel kamu sedang kehabisan pulsa, dan kamu harus segera menghubungi kantor untuk membicarakan masalah pekerjaan. Apabila istri menolak meminjamkannya, maka tanyakan apa alasannya.

Jika istri tidak bisa memberi alasan atau seperti gugup, mungkin ada yang ia sembunyikan darimu. Apalagi jika usia pernikahan terbilang matang, maka antara suami dan istri harusnya bertindak jujur dan terbuka, termasuk berbagi atau meminjamkan ponsel. Atau mungkin saja, ia menyembunyikan nomor selingkuhannya dengan nama wanita.

Periksa juga pesan masuk dan daftar panggilan masuk dan keluar. Adakah pesan atau chat yang bersifat mesra atau panggilan dari nomor yang sama berulang kali. Jika ternyata semuanya kosong, kamu bisa mencurigai istri telah berselingkuh, sebab hampir semua pengguna ponsel jarang begitu telaten menghapus chat maupun daftar panggilan secara keseluruhan.

2. Bertanya Kepada Sahabat-sahabatnya

Istri kamu sering minta ijin untuk hangout atau pergi bertemu sahabatnya? Apa benar ia bertemu sahabatnya? Maka, cobalah temui sahabat istri tersebut, dan tanyakan kepadanya apakah benar ia dan istrimu benar-benar bertemu atau tidak.

Agar sahabat istrimu tidak curiga, coba katakan padanya bahwa kamu ingin memberi kado untuk istri tapi bingung barang apa yang diinginkannya. Coba tanyakan juga pada sahabat istri, kemana biasanya mereka hangout atau bepergian bersama. Jika sahabat istri menjawab mereka tidak pernah hangout atau jalan-jalan bersama, maka kamu perlu mencurigai bahwa kemungkinan besar istrimu telah berselingkuh.

3. Tanyakan Langsung 

Jangan menuduh istri secara membabi buta, telah melakukan perselingkuhan dan istri yang tidak setia. Tapi tanyakan lebih dulu, apa istri merasa tidak bahagia bersama kamu, atau apakah kamu telah membuatnya sedih.

Pembicaraan dari hati ke hati seperti ini bisa memancing istri agar mengakui bahwa dirinya sedang menyukai pria lain. Tapi ingat, lakukan perbincangan ini tanpa emosi. Jangan memaksa istri agar mengakui perselingkuhannya, walaupun mungkin kamu telah mempunyai cukup bukti.

4. Beri Kejutan Mendadak 

Pulanglah ke rumah lebih cepat, atau mengunjungi tempat/kantor istri bekerja secara mendadak. Tapi, jika istri kamu tidak ada di tempat kerja, maka cobalah untuk meneleponnya.

Jika istri mengatakan sedang berbelanja atau makan bersama teman, tanyakan dimana lokasinya sekarang, dan katakan jika kamu akan menjemputnya sekaligus ingin berkenalan dengan teman-temannya.

Ingin tahu bagaimana cara membahagiakan pasanganmu? Bagi kamu yang ingin atau sedang mencari informasi itu, maka bisa mendapatkannya pada buku Telaga 3 – Hidup Tanpa Penyesalan: Memilih Pasangan Hidup. 

Tips Memperbaiki Hubungan Yang Telah Rusak

Mungkin pasanganmu telah banyak mengalami perubahan, baik sikapnya yang dingin, acuh, kurang mesra, kurang harmonis, atau lainnya, tapi kamu ingin mencoba memperbaikinya? Diperlukan upaya yang serius untuk membangun suatu hubungan itu bisa kembali seperti dulu. Namun, terkadang sebagian orang merasa putus asa atau bingung bagaimana membangun kembali hubungan yang telah rusak.

Kamu bisa melakukan beberapa hal dibawah ini untuk mempertahankan dan mengembalikan hubungan seperti dulu lagi. Apa yang bisa kamu lakukan?

1. Memulai Percakapan Dengan Sopan dan Kepala Dingin 

Mulailah percakapan dengan sopan dan kepala dingin. Kamu bisa berbicara dengan nada halus dan lembut. Jika pasanganmu telah memblokirmu, kamu bisa kirim pesan melalui sosial media lainnya, lalu beritahu dia bahwa kamu ingin sekali memperbaiki hubungan.

Jika belum direspon, maka biarkan saja dulu, dan tunggu sampai ia merespons, karena sejatinya hubungan yang telah rusak membutuhkan waktu untuk berpikir dan menenangkan diri.

2. Ajak Pasangan Berdiskusi

Ajak pasanganmu berdiskusi, dengan cara duduk bersama, lalu katakan padanya bahwa kamu ingin mencari solusi terbaik untuk membangun kembali hubungan yang telah rusak tersebut.

Duduk bersama dan mencari solusi bersama akan menjadi cara menjembatani kesenjangan. Mungkin pasanganmu perlu waktu, tapi dengan solusi terbaik, patah hati akan sembuh.

3. Meminta Maaf dan Memberi Maaf

Meminta maaflah jika itu perlu, dengan meminta maaf atas kesalahan yang kamu buat, hal ini penting sebagai pondasi untuk menjembatani suatu hubungan bisa dibangun kembali. Hal ini juga berlaku untuk memaafkan diri sendiri, jika pasangan tidak lagi mencintaimu, maka kamu harus melepaskan masa lalu, dan berusaha move on. Tapi jika ya, minta maaflah dengan tulus. Kedepannya, jangan melakukan kesalahan yang sama.

4. Memegang Janji, Saling Jujur dan Terbuka 

Membangun suatu hubungan yang telah rusak memang tak semudah yang dipikirkan. Tapi, jika kamu bisa meyakinkan pasanganmu, dengan berjanji tidak akan melakukan kesalahan yang sama, saling terbuka, dan jujur, dan kamu benar-benar menunjukkan perubahan yang benar, maka pasanganmu akan menyayangimu kembali.

5. Menjaga dan Menumbuhkan Rasa Setiap Saat

Membangun kembali hubungan yang telah rusak tidaklah mudah, begitu juga dalam menjaga dan menumbuhkan rasa setiap saat agar hubungan terus berjalan baik. Kamu harus bersikap baik dan melakukan berbagai hal yang bisa membuat hubunganmu dengan pasanganmu lebih harmonis dan ia tidak akan merasa bosan.

Selingkuh merupakan perbuatan yang salah. Akan tetapi, hal itu, bisa diatasi apabila sepasang kekasih saling menjaga kesetiannya. Lalu, bagaimana cara untuk melawan selingkuh? Kamu bisa tahu hal itu melalui buku Fighting for Marriage: Melawan Selingkuh, Memulihkan Hubungan.

Buku ini menyajikan langkah-langkah taktis melawan “virus selingkuh” yang sedang mencoba menggerogoti dan menghancurkan relasi suami istri, baik bagi pihak yang diselingkuhi maupun aktor perselingkuhan.

Kesimpulan

Perselingkuhan merupakan suatu hal yang akan membawa perpecahan untuk sebuah keluarga. Bersiaplah untuk menghadapi segala kemungkinan terburuknya, misalnya jika pasanganmu memang sudah tidak mencintai kamu lagi.

Meski demikian, jangan jadikan perceraian sebagai  solusi utama, dan tetaplah berusaha untuk membangun kembali hubungan yang lebih baik, dan mencoba mempertahankan pernikahan meskipun kecurigaan pada istri bahwa ia berselingkuh menjadi kenyataan.

Sebaiknya, bicarakan baik-baik dengan pasanganmu, atau konsultasikan pada ahli pernikahan untuk menemukan solusi terbaik, ya. Untuk itu, jangan pernah berselingkuh ya, Grameds!

Jika sobat grameds membutuhkan buku-buku, maka Gramedia.com siap menemani dan mengisi bacaan kalian dengan buku-buku yang tersedia di Gramedia. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Veronika Novi

Rujukan :

https://www.fimela.com/relationship/read/5086374/ini-dia-5-ciri-ciri-istri-selingkuh-menurut-psikologi-yang-harus-kamu-waspadai

https://www.google.com/amp/s/www.popbela.com/relationship/married/amp/hyrasti-kayana/ciri-ciri-istri-selingkuh

https://www.orami.co.id/magazine/tanda-istri-selingkuh

https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/life/relationship/amp/seo-intern/ciri-ciri-istri-selingkuh-yang-harus-disadari-suami-1

https://www.google.com/amp/s/www.sonora.id/amp/423529421/10-ciri-ciri-istri-selingkuh-yang-bapak-bapak-sering-tidak-sadari

https://www.google.com/amp/s/www.popmama.com/amp/life/relationship/annas/ciri-ciri-istri-selingkuh

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Veronika N

Ketika bicara tentang hubungan, pastinya akan selalu menarik untuk dibahas. Saya pun juga senang membuat tulisan dengan tema relationship.