in

5 Cara Kenalan Lewat Chat

Masih bingung untuk kenalan lewat chat? Kamu juga masih bingung dan tidak tahu caranya? Tenang saja ya Grameds, artikel kali ini akan membahas bagaimana cara yang paling ampuh untuk mengajak seseorang berkenalan hanya lewat chat.

Jadi, buat kamu semua yang pemalu, kalem, dan kurang bisa membuka percakapan, mari simak pembahasan lengkap di bawah ini. 

Ketika berkenalan melalui pesan elektronik seperti chat, terkadang sulit dan terkadang mudah. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, kenalan dengan cara seperti ini mudah dikarenakan kamu tidak perlu berhadapan langsung dengan sosok dari yang ingin kamu kenal.

Jadi, secara mental dan kesiapan, kamu pastinya akan lebih percaya diri dan bisa melangkah maju. Mengapa hal ini sulit? Hal ini sulit karena belum tentu si dia, orang yang sedang kamu aja kenalan, akan membalas pesan chat dari kamu.

Ini adalah hal-hal yang sering kali dialami oleh para cowok maupun cewek. Ada orang yang memiliki pendirian sangat kuat, sehingga dirinya mampu membuat lawan bicaranya membalas pesan yang mereka kirimkan.

Sumber: pexel.com

Namun, ada kalanya jika kamu si pemalu dan penakut, merasa kurang percaya diri saat pesannya tidak dibalas. Banyak sekali orang yang salah sangka, jika berkenalan lewat chat akan selalu dibalas. Padahal belum tentu.

Bukan hanya satu dan dua orang saja yang mengalami kesulitan saat berkenalan lewat chat, melainkan ada banyak sekali orang yang mengalami masalah ini. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membantu kamu dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Kenalan Lewat Chat Lebih Mudah

Berkenalan lewat chat adalah salah satu cara approach seseorang yang tergolong sulit untuk dilakukan. Namun, sisi positifnya kamu bisa langsung to the point ke orang yang sedang kamu tuju. 

Ada kalanya, saat mengajak seseorang kenalan, kamu akan merasa kurang percaya diri dan malu untuk mengajak seseorang tersebut berkenalan. Namun, ketika kamu kenalan lewat chat, kamu sudah tidak perlu bingung lagi.

Pasalnya, hanya lewat chat dan bisa memikirkan strategi yang kira-kira pas untuk memulai percakapan dengan orang tersebut.

Dengan metode kenalan lewat chat ini, hal yang paling utama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus menyiapkan mental. Mengapa? Pasalnya, kamu belum tahu apakah dirinya akan membalas pesan kamu atau tidak. Jadi, persiapkanlah hal tersebut.

Saat ini, kamu tidak perlu khawatir lagi. Melalui artikel ini, kamu akan diberikan beberapa tips yang dapat membantu kamu untuk memulai percakapan dan berkenalan dengan seseorang yang kamu tuju.

Kamu adalah orang yang pemalu? Tak perlu khawatir, karena kamu akan menemukan jawabannya di sini. Mari simak dan perhatikan pembahasan di bawah ini. 

Cara Kenalan Lewat Chat

Faktanya, untuk berkenalan dengan seseorang yang asing dan baru adalah hal yang sulit. Apa lagi jika kamu adalah orang yang memiliki rasa kurang percaya diri yang tinggi. 

Untuk mengatasi hal ini, maka cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan chat. Ini adalah salah satu metode alternatif yang bisa kamu gunakan untuk berdekatan dan kenalan dengan orang yang sedang kamu incar dan kamu sukai loh.

Jika kamu sudah berhasil untuk memikat hatinya, sudah pasti kamu akan mudah mengajak seseorang tersebut untuk bertemu dengan kamu untuk saling mengenal lebih dalam. Hal yang perlu kamu perhatikan 

1. Utamakan Kesan Pertama

Meskipun melalui chat, kesan pertama tentunya sangat penting dan utama dalam pertemuan pertama. 

Meskipun saat melalui chat kamu tidak bertemu langsung dengan sosoknya. Namun, bahasan dan topik percakapan pertama juga menjadi hal yang penting.

Saat pertama kali kamu memulai chat dengan si dia. Janganlah kamu terlihat terlalu serius dan meninggalkan kesan yang kaku. 

Alangkah lebih baik jika kamu bisa bersikap apa adanya, lucu, konyol, sopan, baik, dan tentunya harus dengan bahasa yang sopan agar dirinya merasa nyaman dengan kamu.

Oh ya, hal yang harus kamu hindari saat memulai percakapan melalui chat dengan orang baru adalah ungkapan secara langsung ingin mengajak dirinya kenalan. Sebaiknya, jangan gunakan kalimat ini untuk mengawali chat dengan di dia. 

Mengapa demikian? Pasalnya, dengan kalimat seperti ini akan membuat kamu terkesan kurang atraktif dan genit. Sehingga kesan yang tertinggal adalah kesan aneh dan genit. Kamu tidak mau-kan kalau kamu dikenal sebagai seseorang yang seperti itu?

Kamu bisa memulai chat dengan cara yang kreatif. Contohnya adalah dengan menanyakan hal-hal random yang masih berhubungan dengan dirinya. Atau kamu bisa memulainya dengan mengucapkan salam. Pasti dirinya akan membalas kamu.

Sebagai kesimpulannya, saat mengirimkan pesan untuk pertama kalinya, janganlah kamu langsung to the point ingin mengajaknya kenalan. Basa basi dulu agar dirinya juga merasa lebih nyaman didekati oleh dirimu dan membuat dirinya penasaran.

2. Mulai Dengan Mengomentari

Saat kamu sudah pernah melakukan komunikasi melalui chat, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengomentari apa yang menjadi aktivitasnya. 

Komentar yang dimaksudkan disini bukanlah komentar yang membuat dirinya merasa kurang nyaman dan menanggapi sesuatu sesuai dengan pendapat kamu. Namun, komentar di sini memiliki tujuan adalah menanggapi apa yang dia lakukan dengan emosi yang tepat.

Contohnya, saat dirinya sedang senang, maka balaslah statusnya dengan kesan yang menyenangkan juga. Kamu dapat mengatakan bahwa aktivitas yang dilakukan oleh dirinya sangat seru dan menyenangkan. 

Saat dia memberikan tanggapan yang positif, kamu bisa memancingnya untuk memperpanjang percakapan. Begitupun jika si dia sedang memberitahukan di statusnya jika dirinya sedang berada dalam kesulitan.

Bantulah dirinya dengan kemampuan yang kamu miliki. Dalam hal ini, kamu harus jujur dan benar-benar dengan sungguh untuk membantu dirinya. 

Saat kamu berkomentar, tak harus selalu dengan statusnya. Kamu bisa mengomentari foto yang diunggah oleh dirinya melalui media sosial. Kamu bisa mengomentarinya dengan hal-hal yang lucu dan membuat dirinya tertawa.

Kira-kira, kamu bisa coba atau tidak nih?

3. Jangan Lupa Untuk Bertanya

Berkenalan melalui chat sebenarnya tidak selalu harus dimulai dengan pertanyaan, kamu bisa basa basi terlebih dahulu dan pada akhir nanti kamu bisa memulai untuk kenal lebih dekat lagi dengan mempertanyakan banyak pertanyaan.

Nah, saat setelah kamu sudah mulai mengenalnya, berilah sedikit jeda dalam melanjutkan percakapan. Saat kamu ingin chat lagi, jangan sungkan dan cobalah untuk bertanya. 

Oh ya, pastikan kamu menghindari pertanyaan-pertanyaan yang terkesan alay, lebay, dan tidak enak didengar ya. Pastikan pertanyaannya masih dalam jangkauan yang tetap membuatnya nyaman.

Jika kamu bingung ingin bertanya apa, maka cobalah untuk memulainya dari topik apa yang kamu dan dia bahas yang memiliki kualitas percakapan yang sefrekuensi. Misalnya adalah seputar pekerjaan, cobalah kamu tanyakan semua hal yang berhubungan dengan pekerjaan.

Tentunya jangan terlalu memojokkan si dia ya, Grameds. Selalu pastikan bahwa dirinya nyaman berbicara dan berada di dekat kamu. Percakapan yang baik adalah percakapan yang dilakukan dua arah. 

Jadi, saat dirinya sudah mulai bisa menanyakan pertanyaan dan tidak malu lagi, maka ini adalah sebuah kemajuan. 

4. Jangan Terburu-buru Mengajaknya Ketemu

Meskipun kamu dan dirinya sudah merasa bahwa kalian sudah sangat dekat. Janganlah terburu-buru kamu langsung mengajaknya ketemu secara langsung ya. Saat kamu bersabar dan menunggu momen yang tepat.

Dirinya akan merasa penasaran dengan diri kamu dan saat itulah waktu yang tepat untuk bertemu dengan dirinya secara langsung. Rasa penasaran yang dimiliki oleh si dia, justru menjadi salah satu poin positif dalam kemajuan hubungan kamu.

Bagaimana caranya membangun rasa penasaran? Tentunya kamu harus menjadi orang yang jenius dalam membawa suasana dan percakapan agar dia menjadi penasaran. Bertingkah lah dengan lucu, sopan, santun, dan menggunakan humor.

Humor adalah salah satu cara terbaik untuk membuat calon kenalan kamu penasaran. Banyak sekali dengan humor sederhana membuat si dia menjadi nyaman dan senang saat ada notifikasi dari kamu.

Trik humor ini sudah menjadi sangat awam dan banyak digunakan oleh orang-orang yang sedang mendekati seseorang. Nah, sepertinya cara kenalan melalui chat yang satu ini adalah hal yang baik.

5. Jangan Langsung Brutal Ketik Gak Dibalas

Saat berkenalan dengan orang yang baru, tentunya kamu juga harus menyesuaikan diri dengan kepribadian si dia, bukan? Semua sikapnya belum tentu seperti yang kamu lihat. Jadi, saat dirinya sedang tidak bisa membalas chat yang kamu kirimkan.

Janganlah kamu bertindak gegabah ya. Pastikan kamu dapat mengontrol emosi dan menahan diri untuk tidak langsung menanyakan masalah tersebut. Dengan salah langkah, kamu bisa di cap sebagai seorang yang sangat posesif.

Pastinya, saat dia sudah merasakan bahwa kamu sangat posesif padahal kalian belum ada hubungan khusus, maka dapat dipastikan kalau dirinya akan ilfeel dengan kamu.

Biarkan saja dan nikmati proses menunggu itu. Saat dirinya memang balas pada keesokan harinya atau dalam range waktu tertentu yang cukup lama dari jarak kamu mengirim pesan. Maklumilah hal tersebut.

Belajar dan evaluasi kan kembali untuk strategi kedepannya. Jika dari dirinya tidak ada tanggapan positif, maka dirinya memang tidak tertarik dengan kamu. Namun, saat tanggapannya masih positif, maka kamu bisa melanjutkannya secara perlahan-lahan.

Ini adalah beberapa cara berkenalan melalui chat. Nah, pastikan kamu memerhatikan hal-hal yang seharusnya tidak boleh kamu lakukan saat sedang berkenalan melalui chat.

Hal-hal tersebut adalah termasuk emosi berlebihan. Persiapkan diri kamu dengan mengontrol emosi dengan baik. Pastikan kalau diri kamu bisa menjadi tempat yang nyaman untuk si dia. 

Hal yang Harus Dihindari

Sumber: pexel.com

1. Menjauh Dari Topik Tabu

Meski humor dan jokes bisa membuat si dia merasa sangat senang, tapi jika kamu ingin menunjukkan image positif terhadap seseorang tersebut, maka jangan pernah kamu bercanda dalam konteks yang jorok.

Ingatlah ini. Bercanda boleh, tetapi saat baru berkenalan ini adalah hal yang sangat tidak sopan. Bercanda jorok dengan menyerempet ke hal-hal tabu bisa membuat orang yang kamu sedang dekati merasa ilfeel

Jika kamu ingin acara berkenalan kamu berjalan dengan baik, maka hindarilah topik-topik seperti ini ya, Grameds. 

2. Batasi Minta PAP Ke Si Dia

Semua orang tentunya sangat suka dengan sikap yang sopan dan tidak menyinggung satu sama lain. Begitupun yang harus dilakukan saat berkenalan lewat chat. 

PAP atau yang biasa dikenal dengan post a picture adalah hal yang sudah sangat lumrah dilakukan oleh para muda mudi baik yang masih pendekatan atau yang sudah pacaran.

Untuk Grameds yang sedang dalam tahap pendekatan dan pengenalan, alngkah lebih baiknya jika kamu bisa menahan diri untuk meminta PAP ke si dia. 

Bisa saja gebetan kamu malah berpikir kalau kamu hanya mengoleksi foto dan mesum. Biar tidak kejadian seperti itu dan membuat gebetan yang sedang kamu incar menjadi kabur, maka upayakanlah agar tidak sering meminta PAP dirinya.

Jika memang dia tertarik kepada kamu, secara tanpa sadar, dirinya akan mulai mengirimkan PAP dengan sukarela loh. Jadi, bersabarlah sampai momen tersebut terjadi ya.

3. Tahan Diri untuk Kirim PAP

Tak hanya menahan diri untuk meminta PAP. Namun, kamu juga harus bisa menahan diri untuk mengirimi dirinya PAP. Jika kamu merasa hubungan kamu masih belum baik-baik saja, maka janganlah kamu lakukan hal ini.

Pasalnya, saat kamu melakukan hal ini dengan terburu-buru, kamu bisa dicap sebagai seorang yang sangat narsis karena terlalu sering mengirimi PAP. Dengan melakukan tindakan ini juga dapat membuatnya merasa ilfeel dengan kamu loh.

Jadi, berhati-hati ya, Grameds. Oh ya, dari pada kamu hanya sekedar mengirimkan PAP. Alangkah lebih baik jika kamu bisa melakukan panggilan video call

Dengan video call, kamu bisa lebih akrab dan berbicara lebih dalam dengan si dia. Kamu juga bisa menggunakan banyak sekali fitur media sosial yang lucu sebagai ice breaker untuk menghangatkan suasana awkward di antara kalian.

Ini adalah beberapa hal yang harus kamu waspadai saat berkenalan dengan seseorang melalui chat. Jadi, kamu bisa memerhatikan hal-hal di atas ya.

Nah, saat setelah kamu sudah menjadi lebih dekat dengan dirinya dan si dia juga sudah memberikan lampu hijau untuk hubungan kalian. Maka, sepertinya hubungan kamu sudah bisa berkembang dan berlanjut ke arah yang lebih serius loh. 

Jika saat seperti itu sudah terjadi, maka hal ini menjadi sebuah tanda kalau diri kamu sudah berhasil berkenalan dengan si dia melalui chat dan berhasil mengembangkan hubungan kalian. 

Demikianlah artikel yang membahas tentang cara berkenalan lewat chat, khususnya buat kamu yang pemalu dan kurang percaya diri. 

Dengan melakukan beberapa langkah di atas, kamu bisa mendapatkan tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu untuk mendekatkan diri dengan si dia loh.

Tak hanya itu, pembahasan pada artikel kali ini juga memiliki pembahasan tentang beberapa hal yang harus kamu waspadai saat sedang melakukan pengenalan dengan seseorang melalui chat.

Semoga dengan membaca artikel ini, kamu bisa merasa terbantu dan menjadi lancar saat berkenalan dengan seseorang melalui chat ya. Semoga kamu sukses dengan proses yang sedang kamu jalani untuk mengenal seseorang ini.

Oh ya, jangan lupa untuk selalu membaca situasi yang sedang terjadi antara kamu dan calon pasangan kamu ya. Selalu pastikan bahwa dirinya dan kamu sama-sama merasa nyaman satu sama lain. 

Akhir kata, jangan lupa untuk cari artikel menarik lainnya di laman Gramedia.com.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Mega