in

Ketahui Perbedaan Cincin Tunangan Dan Cincin Nikah 

Perbedaan cincin tunangan dan nikah – Momen pernikahan biasanya diawali dengan pertunangan lebih dulu. Pernikahan merupakan hal yang sangat sakral untuk semua pasangan. Sebab, hal ini adalah peristiwa sekali seumur hidup, sehingga semua pasangan akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Termasuk juga dalam memilih cincin pernikahan dan cincin pertunangan.

Cincin merupakan simbol ikatan cinta kedua pasangan sejoli untuk mengikat janji suci. Biasanya pasangan muda mudi yang akan mengikat janji, punya dua jenis cincin pada tahapan tersebut, yaitu cincin tunangan dan cincin nikah. Ada pria yang membeli cincin ketika akan melamar kekasihnya. Tapi, ada juga yang membelinya secara  bersama atas dasar kesepakatan.

Banyak juga orang yang masih bingung mengenai perbedaan antara cincin tunangan dengan cincin nikah itu sebenarnya. Tapi hal ini sangatlah wajar, sebab sebagian mereka adalah pasangan yang baru pertama kali akan mengalaminya. Tapi, jangan bingung dan khawatir, berikut Gramedia telah merangkumnya untukmu.

Apa saja perbedaan cincin tunangan dan cincin nikah? Yuk, simak ulasan seputar cincin di bawah ini!

Sayangi dirimu sendiri yuk, dengan cara berdamai dengan rasa sedihmu, kekecewaanmu bahkan rasa sakitmu. Nikmati setiap belaian rindu sang ilahi yang mengalir di relung hatimu yang paling dalam. Buku Cincin 2 Surga ini cocok dijadikan sebagai bahan bacaan untuk kalian yang ingin melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius.

Perbedaan Cincin Tunangan Dan Cincin Nikah

pexels.com/HONG SON

Jika sepasang kekasih sudah memutuskan untuk menjalin hubungan yang lebih serius yakni pernikahan, maka cincin adalah benda yang paling penting biasa dipakai sebagai simbol ikatan janji suci. Pasangan yang telah serius, akan menuju tahap dengan melakukan ikatan melalui acara tunangan. Kemudian setelah itu, tahap selanjutnya dilakukan, yaitu acara pernikahan.

Baik acara tunangan maupun acara pernikahan, keduanya membutuhkan cincin yaitu sebagai simbol ikatan cinta mereka. Di Indonesia sendiri, banyak orang yang menganggap jika cincin tunangan dan cincin nikah itu tidak boleh disamakan.

Padahal cincin itu digunakan untuk acara yang waktunya sebenarnya berdekatan. Kenapa tidak boleh? Sebenarnya apa perbedaan antara cincin tunangan dan cincin nikah ini? Simak beberapa poin di bawah yang membedakan antara cincin tunangan dan cincin nikah.

Waktu Pemberian Cincin 

Hal pertama yang membedakan secara jelas antara cincin tunangan dan cincin nikah yaitu kapan cincin itu diberikan. Cincin tunangan biasanya akan diberikan pihak pria kepada calon atau pihak wanita ketika ia datang untuk melakukan acara lamaran.

Dalam momen ini, cincin tunangan diberikan sebagai simbol komitmen kedua pasangan kekasih yang menjalin hubungan. Yang berarti, menandakan hubungan mereka telah terikat atau lebih serius daripada hubungan pacaran.

Sementara, untuk cincin nikah biasanya akan diberikan ketika kedua pasangan tersebut mengucapkan janji nikah yaitu ketika prosesi akad nikah dilakukan. Dalam momen ini, cincin nikah diberikan sebagai simbol yang mengikat secara resmi kedua pasangan tersebut.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

Sifat Cincin 

Apakah sebenarnya cincin tunangan dan cincin nikah ini wajib diberikan? Maka jawabannya terkait sifat kedua cincin tersebut.

Cincin tunangan sebenarnya bersifat tidak wajib. Sebab, ada pasangan yang sepakat untuk tidak melaksanakan prosesi tunangan atau lamaran tanpa cincin. Jadi, hal ini tergantung kesepakatan keduanya dan sesuai kemampuan ekonomi pasangan tersebut, atau karena ada pertimbangan lain.

Sementara itu, sifat cincin nikah kebalikannya, yaitu bersifat wajib, karena ini merupakan simbol ikatan yang sakral kedua pasangan kekasih yang telah resmi menikah dan akan memulai sebuah rumah tangga.

Desain Dan Model Cincin 

Cincin tunangan umumnya hanya dipakai sementara. Oleh sebab itu, desain dan model cincin tunangan umumnya sangat elegan dengan batu pertama. Jenis batu cincin yang disukai dan banyak digemari orang adalah berlian.

Sebaliknya, cincin nikah umumnya didesain dengan model yang sederhana atau minimalis. Sebab, kebanyakan pasangan yang berniat untuk memakai cincin nikah karena akan dipakai setiap hari atau dalam jangka panjang. Hal ini bertujuan agar cincin awet dan tidak mudah rusak, serta tidak mengganggu aktivitas.

Siapa Yang Memakai Cincinnya?

Sebenarnya secara tradisi yang telah berkembang, cincin tunangan hanya dipakai oleh pihak wanita saja sebab hanya pihak pria yang biasanya memberikan cincin tunangan, jadi tidak ada kewajiban untuk tukar cincin.

Tapi, seiring berjalannya waktu, banyak pasangan, baik pria maupun wanita yang memakai cincin tunangan. Hal ini sesuai kesepakatan yang dibuat bersama. Sebaliknya, cincin nikah umumnya dipakai pihak pria dan wanita, setelah selesai menjalani prosesi tukar cincin pada acara akad nikah.

Pemakaian Cincin Pada Jari

Perbedaan antara cincin tunangan dan cincin nikah juga bisa ditunjukkan dari pemakaian cincin pada jari. Sesuai tradisi yang populer, biasanya cincin tunangan akan dikenakan di jari manis tangan kiri. Sedangkan, cincin nikah dipakai di jari manis tangan kanan.

Cincin Tunangan Tidak Harus Sepasang 

Dalam tradisi yang berkembang, cincin tunangan akan dikenakan ke jari tangan wanita jika telah menyetujui lamaran dari pasangannya. Biasanya, pihak pria tidak memakai cincin tunangan, jadi hanya wanita saja.

Di Indonesia sendiri ada dua cara berbeda. Ada yang sama-sama memakai cincin tunangan dalam acara tukar cincin atau lamaran, yang disaksikan keluarga masing-masing. Ada juga cincin tunangan yang hanya dipakai oleh wanita saja.

Cincin tunangan sebenarnya merupakan simbol komitmen atau keterikatan sampai pada tahap dilangsungkannya pernikahan. Selain itu, tujuannya sebagai tanda bahwa orang yang telah bertunangan tersebut tak lama lagi akan menikah.

Umumnya, cincin tunangan juga bisa menjadi tanda bahwa pihak pria telah mapan secara finansial dan telah siap untuk menikah. Selain itu, cincin tunangan boleh dijadikan sebagai cincin nikah jika keduanya telah bersepakat.

Jadi, jumlah cincin tergantung dari siapa yang akan memakai cincin. Jika kedua pasangan bersepakat hanya wanita saja yang memakai cincin tunangan, maka pria akan membeli hanya 1 buah cincin. Tapi sebaliknya, cincin nikah harus selalu ada 2 pasang, boleh bentuk cincin couple atau 2 cincin yang dibeli terpisah.

Itulah beberapa perbedaan antara cincin tunangan dan cincin nikah yang perlu grameds ketahui. Selain cincin, Grameds bisa memberikan kado istimewa pernikahan untuk pasangan di hari yang bahagia. Jika masih bingung mencari kado pernikahan, maka kamu bisa mendapatkannya melalui buku Kado Istimewa Pernikahan 

Tips Memilih Cincin Nikah Terbaik Untuk Hari Spesialmu

pexels.com/Pixabay

Cincin nikah adalah salah satu benda penting dalam sakralnya pernikahan. Bukan hanya sebagai simbol atau penanda sehidup semati, tapi fungsinya juga bisa sebagai investasi di masa depan.

Banyak orang tua yang menyarankan agar membeli cincin emas, hal ini karena nilainya tetap terjaga dan sebagai bekal untuk masa depan. Tapi sebenarnya, apa saja ya hal yang harus Grameds perhatikan saat memilih cincin nikah ini?

1. Mencari Sumber Referensi

Sebelum membeli cincin pernikahan, sebaiknya Grameds melakukan riset terlebih dahulu. Misalnya, kamu bisa mencari referensi dulu melalui internet, buku, majalah, atau bisa berkunjung ke toko perhiasan.

Alangkah baiknya, kamu mencari cincin dari jauh-jauh hari, hal ini agar semuanya bisa dipersiapkan secara matang sebelum acara sakral pernikahan dimulai. Kamu akan punya banyak waktu untuk memilih model, ukuran, bentuk, atau harga yang cocok dan sesuai keinginan.

2. Memilih Bahan Cincin

Umumnya, cincin nikah yang dibeli kebanyakan pasangan dari bahan emas. Untuk besar atau kecilnya kadarnya tentu akan mempengaruhi harga emas per gram tersebut. Besaran karat atau kadar bahan tersebut juga bisa mempengaruhi harga keseluruhannya. Cincin nikah emas dengan lingkar yang tipis memiliki harga yang relatif lebih murah.

Sedangkan, cincin emas dengan lingkar yang lebih besar tentunya sedikit lebih mahal. Jadi, kamu bisa menyesuaikan saja budget yang kamu miliki. Jika kamu ingin mencari cincin nikah dengan harga yang terjangkau, kamu bisa memilih cincin dengan bahan perak, palladium, dan platinum.

3. Pilih Model dan Desain Cincin

Model dan desain cincin juga merupakan hal yang perlu kamu perhatikan. Jangan lupa untuk membicarakan hal ini kepada pasanganmu. Alangkah baiknya, cincin nikah punya desain yang sederhana saja, tapi tetap terlihat elegan saat dipakai.

Lalu, pilihlah cincin nikah yang tidak mudah termakan zaman dan bisa dijadikan sebagai investasi untuk masa depan. Dari segi kenyamanan, sebaiknya pilihlah cincin nikah yang terlihat simpel dan tidak mencolok.

Pilihlah cincin nikah emas yang mudah dibersihkan, agar kamu mudah merawatnya. Selain itu, Grameds juga bisa memesan cincin nikah di toko langganan yang menawarkan jasa perawatan perhiasan, pencucian emas, penyesuaian ukuran, dan pemolesan ulang.

4. Menyesuaikan Budget

Jika kamu sudah menentukan jenis cincin yang akan dibeli, kini saatnya menyesuaikan budget yang kamu miliki. Jangan memilih bahan dan modelnya yang bagus, mengharuskan kamu mengeluarkan banyak biaya hanya untuk cincin tersebut. Selain itu, pikirkan lah bahwa pernikahan bukan hanya mengurus masalah cincin. Jadi, jangan sampai masalah cincin ini menjadi beban tersendiri.

5. Perhatikan Ukuran Cincin

Perhatikan juga dalam memilih ukuran cincin. Pastikan ukuran cincin yang akan dibeli pas di jarimu dan jari pasanganmu. Meskipun modelnya bagus, tapi kamu tetap harus memperhatikan ukurannya. Ukuran cincin pernikahan yang pas juga poin yang penting.

6. Memilih Kadar Emas

Kamu bisa membeli cincin emas dengan kadar 18 karat atau 75%. Karena, perhiasan emas dengan kadar 24 karat di dalamnya mengandung logam yang lunak, mudah berubah bentuk. Tapi, cincin dengan kadar 18 karat punya daya tahan yang baik. Warna dan bentuknya tidak akan pernah berubah, jadi aman meskipun dipakai untuk aktivitas sehari-hari.

Itulah beberapa beberapa perbedaan yang membedakan cincin tunangan dan cincin nikah. Tapi, apapun perbedaannya, yang utama adalah kamu dan pasanganmu telah sepakat akan permasalahan cincin yang akan dibeli dan dipakai.

Apakah Cincin Nikah Bisa Dijadikan Mahar?

Banyak orang bertanya, apakah cincin nikah ini bisa dijadikan sebagai mahar? Ya, hal ini tentu diperbolehkan, atau meskipun cincin itu terbuat dari besi. Bahkan, bila tidak ada cincin sekalipun, calon pengantin bisa membuat mahar dengan menggunakan seperangkat alat sholat atau hafalan Al-Qur’an.

Pada intinya adalah rukun nikah dapat terpenuhi semua, termasuk ada mahar. Hal ini sesuai firman Allah Azza Wa Jalla dalam Al-Qur’an :

Artinya : “Tidak ada kewajiban membayar (mahar) atas kamu, jika kamu menceraikan istri istri kamu sebelum kamu bercampur dengan mereka dan sebelum kamu menentukan maharnya.”

[QS. Al-Baqarah/: 236].

Dari ayat tersebut diatas, artinya menyebutkan mahar sebenarnya bukanlah suatu keharusan yang harus dilakukan ketika akad nikah. Tapi, sebaiknya mahar tetap diucapkan ketika akad nikah untuk mencegah permusuhan dan pertengkaran.

Berapa Besaran Gram Cincin Nikah Untuk Mahar?

Mahar merupakan salah satu hal wajib atau masuk dalam rukun nikah, yang wajib dipersiapkan oleh calon mempelai pria untuk diberikan kepada calon pengantin wanita. Dimana, mahar yang diberikan untuk mempelai wanita adalah sebagai simbol syarat halal atau sahnya hubungan suami istri di mata agama.

Baik pernikahan yang dilakukan di KUA maupun di rumah, selama semua syarat dan rukun terpenuhi, dan tercatat, maka telah sah di mata agama dan negara. Imam Maliki menjelaskan bahwa, pemberian mahar merupakan rukun nikah, dan yang namanya rukun, maka dalam hukum islam hukumnya adalah wajib.

Dari beberapa penjelasan ulama juga mengatakan, saat seseorang akan menikah, dan dalam pernikahannya itu tanpa menentukan mahar terlebih dahulu, atau mungkin mensyaratkan pernikahan tanpa adanya mahar sama sekali, Ibnu Hazm dan Imam Malik berpendapat bahwa pernikahannya tidak sah.

Yang ada adalah, jika ada pernikahan yang memberi syarat tanpa adanya mahar sama sekali, maka pernikahan tersebut dianggap batal. Sebab Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, bahwa setiap syarat yang keluar dari apa yang telah ditentukan Allah Ta’ala adalah batal.

Meski begitu, syarat mahar harus berapa gram, maka itu tidak ada. Islam adalah agama yang mudah, dalam urusan mahar pun bisa disesuaikan dengan kemampuan pihak laki-laki. Sehingga, berapapun berat atau gram cincin untuk menikah diperbolehkan untuk menjadi mahar. Hal ini selama calon pengantin wanita setuju dan ikhlas menerimanya.

Untuk Grameds yang akan menikah, buku Kado Pernikahan Terindah ini menyajikan menu spesial yang sangat diharapkan oleh setiap pasangan. Buku ini berbicara mengenai empat hal yang sangat spesial :

Kesimpulan 

Itulah informasi seputar perbedaan cincin tunangan dan cincin nikah yang perlu grameds ketahui. Pada intinya, cincin merupakan sebuah benda sebagai simbol cinta sepasang kekasih dalam menjalin hubungan. Khususnya mereka yang akan melangsungkan pertunangan atau pernikahan.

Pastikan kamu telah menyiapkan cincin tunangan atau cincin nikah yang sesuai dengan keinginan agar menjadikan acara pertunangan atau momen pernikahan semakin berkesan. Jadi, sudahkah Grameds siap ajak pasangan untuk lamaran atau menikah, belum?

Jika sobat grameds membutuhkan buku-buku, maka Gramedia.com siap menemani dan mengisi bacaan kalian dengan buku-buku yang tersedia di Gramedia. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Veronika Novi

Rujukan :

https://www.google.com/amp/s/www.parapuan.co/amp/533495220/sama-sama-untuk-pengikat-ini-bedanya-cincin-tunangan-dan-cincin-kawin

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/lifestyle/read/2022/08/11/121236420/perbedaan-cincin-tunangan-dan-cincin-kawin

https://www.google.com/amp/s/gaya.tempo.co/amp/1599135/apa-perbedaan-cincin-tunangan-dan-cincin-kawin

https://www.frankncojewellery.com/id/articles/whats-new/perbedaan-cincin-kawin-dan-cincin-tunangan-yang-wa

https://www.fimela.com/relationship/read/5168141/apa-perbedaan-cincin-tunangan-dan-cincin-kawin-cek-di-sini

https://www.weddingku.com/blog/cincin-nikah-dan-cincin-tunangan-apa-bedanya

Baca juga:



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    92% 92% 1.3k / 1.4k
  • Tidak
    7% 7% 102 / 1.4k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Veronika N

Ketika bicara tentang hubungan, pastinya akan selalu menarik untuk dibahas. Saya pun juga senang membuat tulisan dengan tema relationship.