in

10 Tips Ampuh Mengatasi Perasaan Galau

10 Tips Ampuh Mengatasi Perasaan Galau – Merasa galau sehingga hati menjadi kacau balau? Lakukan ini agar tidak terus-menerus galau sebagai cara menenangkan hati dan pikiran.

Hidup akan lebih bahagia jika pikiran merasa tenang. Sakit hati akibat putus cinta dapat meninggalkan luka yang mendalam dan dapat dirasakan siapa saja.

Agar hidup kamu kembali dipenuhi keceriaan, terdapat berbagai macam cara mengatasi galau yang bisa dicoba. Hidup memang tidak selalu menyenangkan dan tidak selalu berjalan sesuai dengan keinginan.

Ada saja hal-hal yang mengganggu pikiran dan membuat sedih ataupun galau. Entah karena perbuatan kita sendiri atau karena perbuatan orang lain.

Pertanyaannya apakah Grameds sudah mengetahui definisi dari kata galau itu sendiri? Jika belum, itu tandanya kamu berada pada tempat yang tepat karena artikel ini akan mengantarkan kamu mengetahui definisi hingga cara mengatasi galau.

Untuk Grameds yang sudah mengetahuinya, tidak ada salahnya kamu membacanya juga. Saat merasakan galau, kamu akan menjadi serba salah dan tidak mau bertindak.

Kondisi dimana perasaan kita menjadi sedih, gelisah, dan tidak karuan disebut galau. Kondisi tersebut bisa saja terjadi karena berbagai macam hal.

Suasana hati yang sedang dalam kebimbangan atau sulit menyikapi permasalahan juga dapat diartikan sebagai kondisi dan perasaan galau. Pada intinya galau akan membuat hati atau perasaan seseorang menjadi bimbang.

Kata galau sendiri kerap diungkapkan untuk mengekspresikan perasaan gamang, dilema, ataupun sedih. Dalam kondisi galau, biasanya seseorang memutuskan untuk menyendiri hingga akhirnya merasa kesepian.

Tahukah kamu bahwa galau terus-menerus bisa berdampak buruk pada kondisi kesehatan seseorang? Bagi para ilmuwan, keputusan untuk menyendiri dan merasa kesepian akan semakin memperburuk keadaan.

Dalam pandangan medis, galau ternyata merupakan sebuah gejala dari gangguan yang sedang terjadi pada otak, hati, dan tubuh manusia. Kondisi tersebut dapat membahayakan kesehatan otak dan tubuh manusia jika kegalauan dibiarkan terus-menerus.

Galau karena skripsi yang tak kunjung usai, sedih karena ditinggal pacar, atau bisa juga karena suatu hal yang kamu rencanakan tidak berjalan sesuai keinginanmu. Kalau sudah begitu, melakukan aktivitas apa pun rasanya menjadi tidak bersemangat.

tombol beli buku

Perasaan galau ini biasanya hadir di malam hari saat mau tidur. Perlu diketahui, perasaan galau sangat umum dirasakan oleh seseorang.

banner-promo-gramedia

Segala hal termasuk pekerjaan menjadi terbengkalai karena hati dan pikiran yang kusut. Namun, jika perasaan galau dibiarkan berlarut dan kian kusut, maka hidup pun akan terasa semakin kacau.

Mendengarkan musik atau menuliskan kata-kata galau bijak di media sosial dapat menjadi cara mengekspresikan perasaan galau. Semakin dewasa rasanya perasaan galau semakin sering menghampiri, bukan?

Kata uring-uringan rasanya tepat untuk mendefinisikan hari-hari yang dipenuhi perasaan galau. Saat kondisi itu menghampiri, “nasihat dewasa” yang datang justru semakin membuatmu bimbang untuk mengambil keputusan yang harus dilakukan.

Dalam menjalani hidup, Grameds akan selalu dihadapkan dengan yang namanya pilihan. Baik dalam kondisi kehidupan pribadi, karier, keuangan, pertemanan maupun keluarga.

Dalam dunia medis, kondisi galau dapat diatasi dengan cara menurunkan kadar serotonin dalam tubuh yang biasanya naik saat pikiran kacau. Banyaknya hal yang harus diputuskan dan dipikirkan akan membuat kamu rentan merasa galau.

Lalu, harus bagaimana agar tidak galau dan stres? Apakah ada cara mengatasi hati dan pikiran agar tidak terjebak dalam kondisi galau gundah gulana? Simak artikel ini sampai tuntas, ya.

10 Tips Mengatasi Perasaan Galau

Ada berbagai cara mengatasi galau yang bisa dicoba, salah satunya membaca. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menenangkan hati dan pikiran dari perasaan galau.

1. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Jika Grameds ingin terbebas dari perasaan galau, mulailah untuk tidak menyalahkan diri sendiri. Dengan menyalahkan diri sendiri secara tidak langsung hanya akan menambahkan beban.

Kamu perlu mengapresiasi diri dengan mengatakan bahwa apa yang telah kamu lakukan adalah hal yang baik. Saat merasa galau, terkadang orang mengambil pilihan untuk menyalahkan semua keadaan yang sedang dirasakan.

Perasaan galau dapat bersarang lama jika kamu menyesali segala hal yang telah kamu lakukan. Kamu tidak perlu menyalahkan diri sendiri atas apa yang telah dilakukan.

Menyalahkan diri sendiri hanya akan menambahkan beban dan rasa kecewa. Jika masih terus menyalahkan diri sendiri, kamu tidak akan pulih dari perasaan galau.

Cobalah untuk menerima apa pun hasil dari hal-hal yang telah kamu lakukan untuk berusaha keluar dari perasaan galau yang dialami. Mengapresiasi diri dapat menjadi salah satu opsi untuk mengatasi perasaan galau.

Kamu mungkin tidak akan tau hasilnya jika tidak mencobanya. Ketika hasilnya tidak sesuai keinginan, kamu bisa menganggapnya sebagai jalan atau rencana terbaik dari Tuhan untukmu.

Belajar ikhlas dengan segala hal yang tidak berjalan sesuai keinginan menjadi salah satu kunci mengatasi hati dan pikiran yang kacau. Jika tidak belajar ikhlas, perasaan sedih dan galau akan terus larut.

Grameds perlu menanamkan pemikiran bahwa kegagalan yang terjadi akan menjadi pengalaman berharga. Kamu hanya perlu belajar dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Kamu akan jauh lebih kuat dari sebelumnya jika mengalami kegagalan lain.

2. Pergi Jalan-jalan Bersama Teman atau Keluarga

Ilustrasi Jalan-jalan Bersama Teman (sumber: wearetravelgirls.com)

Apakah Grameds salah satu orang yang suka jalan-jalan? Saat hati sedang galau atau pikiran sedang suntuk, pergi jalan-jalan bisa menjadi salah satu hal yang dapat mengobati perasaan dan kekacauan pikiran.

Pergi berjalan-jalan bersama orang terdekat, baik itu teman maupun keluarga biasanya ampuh untuk menghilangkan perasaan galau, lho Grameds. Kamu bisa membicarakan dan melakukan banyak hal saat pergi bersama orang-orang terdekat.

banner-promo-gramedia

Dengan begitu segala permasalahan akan terlupakan dengan sendirinya. Pergi jalan-jalan ke daerah gunung, pantai, ataupun taman bisa menjadi opsi terbaik mengatasi galau yang melanda.

Jika opsi tersebut terlalu jauh, Grameds bisa berjalan-jalan di mall untuk sekadar menyegarkan pikiran. Cukup melakukan hal tersebut, kamu bisa mengobati perasaan galau yang sedang dirasakan.

Selain itu, pergi jalan-jalan dapat membantu melupakan sejenak persoalan hidup yang memusingkan. Setelah mencobanya, Grameds pasti akan merasa lebih fresh dan bersemangat untuk menjalani hari-hari berikutnya.

tombol beli buku

3. Berbagi Cerita pada Teman atau Keluarga

Saat merasa galau, kehadiran teman atau keluarga yang menemani dan mengerti permasalahan yang dihadapi akan sangat berarti. Untuk mengurangi rasa galau, kamu bisa berbagi cerita pada teman atau keluarga.

Hal tersebut dinilai ampuh untuk mengobati rasa galau. Jika kamu mulai membaginya, maka sedikit demi sedikit permasalahan di hati akan memudar.

Berbagi cerita pada teman atau keluarga untuk membuang sedikit rasa galau bisa menjadi salah satu solusi ampuh. Setelah berbagi cerita dengan orang terdekat, kamu pasti akan jauh lebih lega. Perasaan galau yang menghampiri lambat laun akan memudar dengan merasakan bahwa teman atau keluarga ternyata selalu ada di sisimu.

Curhat dengan orang terdekat dapat membantu kamu menyudahi semua kegalauan yang terjadi. Sedikit banyak rasa galau akan hilang dengan berbagi cerita bersama orang yang memahami perasaanmu.

4. Jangan Mendengarkan Lagu-lagu Sedih atau Galau

Untuk meredakan perasaan galau, sebagian besar orang memilih untuk mendengarkan musik. Musik kerap menjadi salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi rasa galau yang datang.

Namun, saat hati dan pikiran sedang tidak baik kamu perlu menghindari diri untuk mendengarkan lagu sedih atau galau. Mengapa? Karena hal tersebut akan membuatmu merasa semakin galau.

Agar lebih bahagia lagi dalam menjalani hidup, Grameds perlu mendengarkan lagu penuh semangat. Putarlah musik yang akan membuatmu gembira dan rileks. Jadi, Grameds juga tidak akan terlarut dalam kesedihan yang berkepanjangan.

Untuk membuatmu merasa lebih ceria dan bersemangat, cobalah mendengarkan lagu-lagu kencang. Setelah mendengarkan lagu-lagu yang bersemangat, kamu akan jauh lebih ceria menjalani hari dengan penuh senyuman.

5. Membaca Buku

banner-promo-gramedia

Ilustrasi Membaca Buku (sumber: bookriot.com)

Apakah dengan membaca buku kita bisa mengenyahkan perasaan galau yang berlarut-larut? Ternyata membaca buku juga dapat membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang, lho Grameds.

Dengan membaca buku kamu akan merasa ada di dunia buku sehingga lupa dengan permasalahan yang terjadi. Grameds juga bisa mencoba membaca buku motivasi untuk memperbaiki mood yang sedang kacau.

Kemudian setelah membacanya kamu akan merasa jauh lebih baik. Jika kamu adalah orang yang menyukai buku, cobalah gunakan waktu tersebut untuk membacanya.

Hal ini diyakini dapat membantu mengatasi perasaan galau yang sedang menghampiri. Membaca novel atau buku dari penulis favorit dapat sedikit menghibur hati yang sedang bersedih. Membaca bisa menjadi salah satu cara terbaik dan paling ampuh untuk mengurangi efek galau.

6. Melakukan Hobi yang Disukai

Grameds pasti memiliki kegiatan favorit atau hobi yang paling disukai, bukan? Nah, kamu bisa melakukan kegiatan tersebut sebagai salah satu cara untuk menghilangkan perasaan galau.

Secara tidak langsung Grameds bisa meredam perasaan galau sambil melakukan hobi yang disukai. Hal tersebut pasti akan membantu kamu menghilangkan perasaan galau karena kegiatan yang dijalani merupakan sebuah hobi.

Jika kamu suka menulis, melukis, ataupun merajut, lakukanlah hal tersebut untuk menyalurkan perasaan sedih dan galau. Dengan begitu senyuman akan terukir di bibirmu dan rasa galau akan sedikit demi sedikit terobati kemudian lenyap.

Setelah melakukannya kamu tidak akan merasa galau lagi. Selain itu, kegiatan favorit yang kamu lakukan untuk menyalurkan perasaan galau akan berubah menjadi sebuah karya, baik itu lukisan ataupun tulisan.

7. Menonton Film

Ilustrasi Menonton Film (sumber: yahoo.com)

Menghilangkan perasaan galau yang kamu rasakan dengan menonton film juga bisa menjadi salah satu cara terbaik. Grameds bisa mencoba menonton film komedi sebagai permulaan.

Dengan begitu perasaanmu pasti akan menjadi lebih tenang dan lebih lega ketika melihat segala tingkah pemain dalam film komedi. Perlu diingat, kamu harus menghindari film sedih yang membuatmu semakin galau.

Jika memilih film sedih, otomatis kamu tidak akan lepas dari perasaan galau. Kemudian film yang mengandung banyak unsur motivasi bisa menjadi opsi untuk membuat kamu lebih bersemangat, lho Grameds. Tertarik untuk mencobanya?

8. Berolahraga

Berolahraga diyakini mampu menjadi salah satu aktivitas yang dapat meredam perasaan galau. Kamu akan melupakan sejenak perasaan galau yang kamu rasakan saat berolahraga.

Selain itu, dengan berolahraga kamu juga bisa menuai manfaat berupa mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Jogging atau bersepeda keliling komplek rumah bisa menjadi permulaan yang baik untuk mengobati perasaan galau.

Atau kamu juga bisa bermain bulu tangkis atau basket di sekitar rumah. Dengan begitu tubuh menjadi lebih sehat dan perasaan galau pun hilang seketika.

9. Mendekatkan Diri pada Tuhan

Jika berbagai hal di atas sudah kamu coba dan tidak bisa menghilangkan galaumu, cobalah tips yang satu ini. Cobalah untuk mendekatkan diri pada Tuhan sebagai upaya meredam perasaan galau.

Kemungkinan cobaan atau perasaan galau yang menghampiri terjadi karena kamu berada jauh dari Tuhan. Memohonlah kepada Tuhan agar kamu bisa tegar menghadapi permasalahan yang terjadi.

tombol beli buku

10. Menghindari Penyebab Galau

Menghindari penyebab galau dapat menjauhkan diri dari perasaan sedih dan galau itu sendiri. Jika penyebab galau yang melanda disebabkan karena seseorang, artinya kamu harus ikhlas dengan apa yang terjadi dan berusaha melupakannya.

Mungkin cara tersebut sulit untuk dilakukan, tetapi lambat laun kamu akan merasa lebih baik dan galau akan hilang. Belajar ikhlas bisa menjadi permulaan yang baik untuk mengatasi perasaan galau. Selain itu, Grameds akan mulai memahami bahwa apa yang terjadi adalah jalan atau rencana yang terbaik.

Baca juga:

Itulah uraian 10 tips mengatasi rasa galau yang menghampiri. Cobalah beberapa tips di atas sebagai solusi menghilangkan perasaan galau. Ketahui penyebab galau dan bangun keinginan kuat untuk keluar dari perasaan galau. Semoga bermanfaat!

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila