in

Cara Cepat Hamil Secara Aman dan Alami

Kehamilan adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu sesudah menikah. Apabila ingin segera merasakan momen kehamilan ini, maka Anda bisa mencoba beberapa cara cepat hamil dalam waktu 1 minggu sampai 2 minggu yang mana dapat Anda lakukan dengan pasangan.

Waktu dan juga kesempatan untuk mempunyai momongan ini memang ada di tangan Tuhan, akan tetapi tidak ada salahnya jika kita mencoba program hamil yang akan kita bahas di artikel kali ini.

Jika Ada penasaran dengan apa saja cara cepat hamil yang bisa Anda lakukan, yuk langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Cepat Hamil Secara Alami

Untuk bisa mempercepat proses kehamilan, Anda dan pasangan bisa mencoba melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Periksa Kesehatan Anda dan Pasangan

Setelah melangsungkan pernikahan, alangkah lebih baik Anda dan pasangan harus segera berkunjung ke dokter spesialis obgyn untuk memeriksakan kondisi kesehatan masing-masing.

Ketika berkonsultasi dengan dokter, Anda dan pasangan dapat melakukan tes kesuburan untuk memastikan bahwa keduanya sama-sama sehat.

Jika ternyata ditemukan adanya beberapa masalah yang dapat menghambat proses kehamilan, maka dokter bisa langsung memberikan penanganan lebih awal. Memeriksakan kesehatan tak hanya dapat dilakukan pada pasangan yang baru menikah saja.

Apabila Anda dan pasangan sudah lama menikah namun belum bisa merasakan kehamilan juga. Maka ada baiknya untuk segera konsultasi ke dokter untuk memperoleh solusi terbaik. Baik itu mengonsumsi suplemen kesuburan, program bayi tabung, dan lain sebagainya.

2. Mengetahui Masa Subur

Cara cepat hamil selanjutnya yang cukup penting untuk dipahami yaitu apabila Anda baru saja menikah, maka penting untuk mengetahui masa subur. Masa subur ini merupakan waktu dimana ovarium melepaskan sel telur.

Sehingga hal ini akan meningkatkan kesempatan terjadinya pembuahan. Masa subur biasanya terjadi beberapa hari setelah menstruasi selesai. Kemudian hal ini berlangsung selama dua sampai empat hari dan hanya terjadi sekali dalam satu bulan.

Ini adalah cara cepat hamil dalam waktu 1 minggu sampai 2 bulan yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Dengan mengetahui masa subur Anda, maka Anda bisa menyesuaikan waktu untuk berhubungan intim supaya sperma lebih mudah membuahi sel telur.

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

Apabila masih merasa kesulitan untuk mengetahui masa subur, maka Anda bisa menggunakan kalkulator kesuburan yang bisa Anda temukan di Google.

cara sehat cepat hamil

3. Hindari Menunda Kehamilan

Ada banyak pasangan yang memutuskan untuk menunda kehamilan karena mereka masih ingin menikmati waktu berdua dengan pasangan. Atau mereka juga belum siap untuk memiliki seorang anak.

Akan tetapi, semakin sering menunda kehamilan, maka semakin kecil pula kesempatan untuk bisa hamil kedepannya. Melansir pernyataan National Health Service (NHS), masa kesuburan seorang perempuan akan mencapai puncaknya pada awal usia 20-an.

Lalu secara perlahan masa kesuburan tersebut akan menurun sampai pada usia 35 tahun, kesuburan akan menurun cukup drastis.

Walaupun laki-laki dianggap akan tetap subur selama masih bisa menghasilkan sperma, namun beberapa penelitian percaya bahwa puncak masa subur laki-laki ada di kisaran umur 30 sampai 35 tahun.

4. Melepas Alat Kontrasepsi

Apabila Anda dan pasangan sebelumnya menggunakan alat kontrasepsi, maka pastikan dulu untuk melepasnya selama masa program kehamilan.

Cara yang satu ini dinilai cukup efektif agar Anda cepat hamil dalam waktu 1 minggu hingga 2 bulan. Sebab, seperti yang kita ketahui bahwa alat kontrasepsi ini berguna untuk mencegah kehamilan.

Sehingga harus dilepas saat Anda memutuskan untuk segera memiliki anak. Setelah melepas alat kontrasepsi tersebut, tubuh mungkin saja akan membutuhkan waktu penyesuain, karena beberapa alat kontrasepsi dapat mempengaruhi kondisi hormon yang ada di dalam tubuh. Akan tetapi jangan menyerah, sembari menunggu Anda bisa melakukan beberapa cara cepat hamil lainnya.

5. Usahakan Rutin Berhubungan Intim

Berhubungan intim secara rutin tanpa menggunakan alat kontrasepsi menjadi salah satu cara cepat hamil lainnya yang wajib Anda dan pasangan lakukan. Sebab, dengan rutin berhubungan intim bisa meningkatkan peluang terjadinya pembuahan. Menurut Dr. Noviyani Sugiarto, Sp. OG menyarankan untuk melakukan hubungan intim sebanyak tiga kali seminggu setelah menstruasi selesai. Hal ini dilakukan supaya pembuahan terjadi pada masa paling subur dengan sperma yang berkualitas baik.

6. Perhatikan Posisi Saat Berhubungan Intim

Cara cepat hamil selanjutnya yaitu dengan memperhatikan posisi ketika berhubungan intim. Saat melakukan program hamil, Anda dan pasangan dianjurkan untuk menggunakan posisi yang akan memudahkan sperma menjangkau sel telur. Salah satu posisi yang dianjurkan yakni posisi misionaris. Dimana posisi ini bisa menjadi pilihan, karena setelah ejakulasi, sperma bisa langsung menuju ke rahim perempuan. Perlu dipahami bahwa posisi setelah berhubungan intim juga cukup penting untuk meningkatkan kemungkinan hamil. Jadi, pasca berhubungan seks, usahakan untuk berbaring dan mengganjal pinggul dengan bantal supaya sperma bisa mengalir ke dalam rahim.

7. Menghindari Penggunaan Pelumas Tambahan pada Vagina

Cara cepat hamil berikutnya yaitu dengan menghindari penggunaan pelumas tambahan yang dioleskan di area vagina. Menurut penelitian yang dilakukan oleh dr. Lakeisha Richardson, yakni seorang seorang dokter spesialis ginekologi dan obstetri, beberapa jenis pelumas vagina mempunyai kandungan spermisida sehingga justru akan mematikan sperma.

Selain itu, penggunaan pelumas pada bagian vagina ini bisa mengurangi kecepatan sperma untuk sampai ke dalam rahim, jadi akan semakin sulit untuk membuahi sel telur. Anda dan pasangan bisa melakukan foreplay sebelum berhubungan intim atau memilih jenis pemulas yang tidak memiliki kandungan silikon dan tingkat pH normal serta aman untuk kesuburan.

8. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan supaya bisa tetap ideal termasuk cara cepat hamil yang bisa Anda lakukan bersama pasangan. Berat badan yang ideal akan membantu tubuh memproduksi hormon yang dibutuhkan untuk kehamilan, seperti halnya hormon reproduksi, serta mengurangi risiko terjadinya gangguan perkembangan pada sel telur. Untuk laki-laki, menjaga berat badan ideal bisa membuat kualitas sperma terjaga dengan baik dan menghindari adanya disfungsi seksual.

9. Hindari Stres

Keinginan untuk bisa segera hamil tidak jarang membuat banyak pasangan menjadi lebih mudah stres. Gambaran untuk segera menimang anak kadang kala justru membuat Anda menjadi semakin tertekan. Perlu Anda pahami, stres justru dapat menjadi salah satu penyebab utama tertundanya kehamilan. Stres yang berlebihan ketika mempersiapkan kehamilan bisa berpengaruh pada tingginya produksi hormon kortisol dan juga berkurangnya masa subur.

Dalam kasus yang cukup parah, stres bahkan dapat menghentikan ovulasi. Supaya hal itu tidak terjadi, dokter biasanya akan menyarankan Anda dan pasangan supaya tidak terlalu memikirkan hasil program kehamilan dan melakukan hubungan intim seperti biasanya. Tak hanya itu saja, Anda dan pasangan juga bisa mengurangi stres dengan cara melakukan meditasi ataupun olahraga ringan seperti yoga.

do dont supaya cepat hamil

10. Meningkatkan Konsumsi Serat

Dianggap bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan konsumsi serat bisa menjadi cara cepat hamil yang bisa Anda terapkan. Ketika mempersiapkan masa kehamilan, serat sangat bermanfaat untuk membuang kelebihan hormon estrogen usu dan akan dikeluarkan melalui feses. Anda dan pasangan juga bisa memperoleh lebih banyak serat dengan cara mengonsumsi makanan seperti brokoli, bayam, pepaya, dan juga almond. Pastikan konsumsi serat harian tidak lebih dari rekomendasi dari dokter, yakni 25 gr untuk perempuan dan 31 gr untuk laki-laki.

11. Hindari Makanan Berbahan Karbohidrat Olahan

Konsumsi karbohidrat memang cukup penting dan diperlukan tubuh untuk menghasilkan tenaga, akan tetapi Anda harus berhati-hati dengan karbohidrat olahan. Tak seperti jenis karbohidrat alami yang membutuhkan waktu untuk bisa diserap tubuh, karbohidrat olahan justru bisa mudah diserap. Sehingga akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan juga hormon insulin.

Insulin sendiri mempunyai kandungan senyawa yang mirip dengan hormon ovarium. Hormon tersebut berperan untuk membantu pematangan sel telur. Apabila terlalu banyak memproduksi insulin, maka tubuh akan mengurangi jumlah hormon reproduksi. Sehingga sel telur tidak matang dengan sempurna dan menggagalkan proses pembuahan. Apabila dikonsumsi dalam jangka panjang, maka karbohidrat olahan seperti tepung putih dan juga roti dapat meningkatkan risiko sindrom ovarium polikistik atau PCOS karena tingginya insulin yang ada di dalam tubuh.

12. Mengurangi Olahraga Berat

Ketika mempersiapkan kehamilan, olahraga memang sangat penting untuk dilakukan. Tapi usahakan untuk menghindari olahraga berat. Cara alami supaya cepat hamil ini dilakukan supaya tubuh tidak membakar terlalu banyak lemak yang menjadi penghasil hormon estrogen di dalam tubuh.

Selain itu, menurut Preconception Weekly, menuturkan bahwa olahraga berat bisa menghambat proses ovulasi. Sehingga sperma tidak dapat membuahi sel telur. Akan tetapi, hal ini bukan berarti Anda tidak boleh melakukan olahraga. Olahraga ringan seperti yoga atau pilates justru sangat disarankan karena dapat meningkatkan kesehatan ibu dan juga janin. Hal paling penting yang perlu dilakukan yaitu menyesuaikan jenis dan intensitas olahraga supaya tidak membebani tubuh Anda.

13. Penuhi Asupan Antioksidan

Antioksidan dipercaya bisa melindungi tubuh dari berbagai efek buruk akibat radikal bebas. Sehingga mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dapat membantu tubuh menetralkan zat sisa metabolisme yang berbahaya untuk kesehatan. Cara cepat hamil ini sangat bermanfaat untuk menjaga kualitas sperma dan juga sel telur. Sehingga akan mempermudah proses pembuahan. Anda bisa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam folat dan zinc tinggi seperti kacang-kacangan, bayam, dan stroberi.

14. Mulai Pola Hidup Sehat

Walaupun sering dianjurkan, akan tetapi pada kenyataannya tidak semua orang mau menerapkan pola hidup sehat. Padahal, mulai hidup sehat termasuk ke dalam salah satu cara alami supaya bisa cepat hamil. Hal ini penting untuk dilakukan karena bisa membantu tubuh berada di dalam kondisi yang prima dan siap untuk kehamilan. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan, antara lain:

– Mengurangi konsumsi kopi dan berbagai jenis makanan atau minuman yang mengandung kafein. Walaupun masih menjadi perdebatan, tidak ada salahnya untuk melakukan hal ini. Anda bisa membatasi konsumsi kafein menjadi 500 mg atau setara dengan 2 cangkir kopi per harinya.
– Berhenti mengonsumsi alkohol dan rokok. Karena hal tersebut bisa mempengaruhi kesuburan dengan menurunkan kualitas sel telur dan sperma.
– Hindari paparan polusi berlebih. Menurut data dari Ne Scientist, paparan polusi ini bisa menurunkan kesuburan melalui penurunan hormon AMH (Anti Mullerian Hormon). Sehingga sel telur yang sudah dibuahi tidak dapat menempel pada dinding rahim.

15. Tunggu Tes Kehamilan

Melakukan tes kehamilan memang bukan cara supaya cepat hamil, akan tetapi hal itu bisa mempengaruhi persepsi Anda tentang waktu. Khususnya untuk Anda yang mengambil beberapa kali tes di awal. Hal tersebut dapat membuat hari-hari ataupun minggu Anda terasa sangat lama. Lebih baik, Anda melakukan tes kehamilan sekali saja saat Anda telat menstruasi, setidaknya satu hari. Misalnya saja, jika prediksi Anda akan haid di hari Senin atau Selasa, maka jangan langsung melakukan tes di hari Rabu, tunggulah sampai Hari Kamis.

Bukan sebuah hal yang mudah untuk bisa menunggu bahwa Anda hamil. Tapi ingatkan diri sendiri bahwa saat Anda melakukan tes terlalu dini, bisa jadi hasil test pack negatif yang Anda peroleh itu palsu. Dengan kata lain, walaupun Anda memang hamil, tapi test pack tersebut akan menunjukkan hasil negatif. Kabar kehamilan memang menjadi impian banyak orang, baik itu yang baru saja menikah ataupun yang sudah lama menikah. Semoga dengan melakukan cara-cara di atas, Anda dan pasangan bisa segera merasakan kehamilan.

kitab herbal kesuburan agar cepat hamil

Cara Cepat Hamil Setelah Keguguran

Jika Anda sudah mengalami keguguran lebih dari sekali, maka sudah menjadi hal yang wajar jika Anda merasa khawatir untuk hamil lagi. Padahal, ada beberapa cara cepat hamil setelah kuret atau keguguran bahkan sebelum periode menstruasi kembali normal. Perlu dipahami jika setelah mengalami keguguran, tubuh sudah bisa melakukan siklus reproduksi seperti biasa.

Terlebih umumnya masa subur juga telah kembali normal satu bulan setelah kuret atau keguguran. Akan tetapi, lebih baik Anda dan pasangan menunggu untuk berhubungan intim setelah keguguran hingga rasa sakit atau pendarahan benar-benar berhenti. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya risiko seperti infeksi dan lain sebagainya.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah