in

Sleep Call Artinya: Kenali Manfaat dan Bahayanya Jika Terlalu Sering

pexels.com

Sleep Call Artinya – Dalam dunia generasi milenial saat ini banyak banget muncul tren baru yang mungkin belum ada di generasi sebelumnya. Tren sleep call menjadi salah satu tren yang saat ini masih kerap dilakukan oleh para anak muda ketika menjalin hubungan dengan temannya. Biasanya, kegiatan ini lebih banyak dilakukan untuk mereka yang sedang PDKT ataupun sudah memiliki hubungan khusus.

Sleep call secara mudahnya adalah kegiatan panggilan video atau panggilan suara dengan smartphone yang akan dilakukan oleh dua orang di malam hari. Kegiatan ini bahkan akan terjadi hingga keduanya mengalami kondisi tidur.

Beberapa orang menganggapnya sebagai kegiatan yang membosankan. Namun, berbeda cerita bagi mereka yang menjalin hubungan jarak jauh atau LDR yang biasanya akan menjadi titik terang agar bisa meningkatkan chemistry dengan pasangannya yang beda tempat.

Meski begitu, ada yang berpendapat jika kegiatan ini bisa membantu seseorang untuk dapat tertidur menjadi lebih nyenyak serta tak merasa sendirian lagi. Apalagi pada masa pandemi Covid-19 yang berimbas pada banyak tempat umum menerapkan lockdown. Oleh karena itu, sleep call bisa membantu para pasangannya untuk bisa tetap berhubungan tanpa perlu melakukan pertemuan secara fisik.

Jika dilihat dari penjelasan di atas tentunya sleep call tidak akan memberikan dampak negatif. Namun, sebenarnya jika kita bedah lebih dalam, ternyata ada juga beberapa dampak negatifnya.

Wah bikin penasaran kan apa saja dampak negatifnya? Simak ulasan mengenai selengkapnya di dalam artikel ini.

Apa Itu Sleep Call?

Sleep Call Artinya
pixabay.com

Sebelumnya telah dijelaskan secara umum apa itu sleep call. Namun, dalam poin ini akan dijelaskan lebih lebar lagi terkait dengan pengertian sleep call.

Sleep call berasal dari kata dasar sleep yang berarti tidur dan call yang berarti panggilan. Jika kedua kata tersebut digabungkan, maka sleep call artinya adalah aktivitas menelpon seseorang hingga tertidur. Bahkan, tak jarang panggilan sleep call masih tersambung hingga mereka sama-sama bangun di pagi hari.

Sleep call juga bisa diartikan tentang pasangan yang saling menelpon pada waktu malam hari. Pasangan tersebut biasanya akan melakukan perbincangan melalui sambungan telepon maupun video call hingga larut malam.

Saat ini, tren sleep call menjadi bentuk dampak dari adanya perkembangan teknologi seperti aplikasi kencan online dan pada saat terjadinya pandemi Covid-19. Sederhananya, sleep call adalah kebiasaan dalam melakukan panggilan telepon atau video call pada waktu malam hari hingga kedua belah pihak tertidur.

Kegiatan sleep call biasanya akan dilakukan oleh pasangan untuk mengobrol hingga larut malam dan keduanya jadi tertidur. Dimana keberadaan dari kebiasaan sleep call akan menjadikan pasangan membiarkan panggilan telepon yang dilakukannya hingga waktu esok hari.

Lali, mereka akan mengobrol apapun topiknya hingga tertidur. Selain sleep call juga ada treen baru yaitu sleep texting. Dimana kegiatan sleep texting ini adalah kebiasaan mengirim dan berbalas pesan hingga waktu larut malam.

Beberapa pasangan akan mematikan adanya pemberitahuan pesan masuk dan mereka akan melakukan respon atau balasan setelah terbangun dari tidurnya. Keberadaan dari kebiasaan sleep texting ini hampir sama dengan sleep call, dimana mereka sama-sama memanfaatkan kemajuan teknologi untuk komunikasi yang dilakukan.

Sleep Call Artinya

Manfaat Sleep Call

Sleep call menjadi tren baru yang ada di kalangan anak muda saat ini. Bahkan, sleep call juga begitu populer dan menjadikannya suatu kebiasaan atau budaya baru.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika sleep call merujuk pada kegiatan melakukan panggilan suara atau video dengan teman maupun pasangan hingga keduanya tertidur. Meski terlihat merepotkan atau membosankan, namun nyatanya kegiatan sleep call juga memberikan beberapa dampak manfaat lho.

Khususnya mereka yang menjalani hubungan LDR, kegiatan sleep call bisa membantu untuk menguatkan chemistry antara pasangan.

Nah, di bawah ini ada beberapa manfaat dari kegiatan sleep call yang bisa Anda baca.

1. Terasa Dekat Meski Jauh

Biasanya, manfaat dari melakukan panggilan suara adalah untuk bisa mendapatkan informasi dari orang lain. Namun berbeda cerita dengan sleep call, yang mana tidak perlu mendapatkan informasi penting dari suatu topik pembicaraan akan tetapi hanya sekadar untuk mendengarkan suara dari orang yang dicintai agar bisa mengobati rasa rindu.

Dimana hal tersebut akan bisa menjadikan seorang yang melakukan sleep call seolah-olah ditemani akan kehadiran sang kekasih walaupun sebenarnya mereka berada di berbeda tempat maupun beda waktu sekalipun.

2. Bentuk Komitmen yang Bisa Mempererat Hubungan

Jika kalian merasa ada keraguan dengan pasangan saat ini tak ada salahnya untuk melakukan sleep call. Menurut seorang profesor komunikasi dari Universitas Stanford Jeff Hancock, sleep call merupakan salah satu bentuk bukti komitmen dalam sebuah hubungan.

Sleep call bisa menjadi tanda jika seseorang rela menghabiskan waktu dan energi bersama dengan pasangannya yang sama-sama memanfaatkan teknologi. Selain itu, sleep call juga bisa memungkinkan mempererat suatu hubungan dan kepercayaan antara satu sama lain.

Sleep Call Artinya

3. Membantu Tidur Menjadi Lebih Cepat

Jika kalian susah mendapatkan jam tidur yang berkualitas, bisa jadi kondisi tersebut dipengaruhi oleh beban pikiran yang kerap muncul secara tiba-tiba pada waktu malam hari. Hal tersebut akan menjadikan kalian tenggelam terlalu dalam dengan pikiran tersebut. Kondisi seperti ini pada era saat ini lebih kerap disebut dengan istilah overthinking.

Adanya kebiasaan sleep call akan mampu mengatasi kondisi susah tidur, yang mana ternyata kalian bisa melakukan panggilan suara maupun panggilan video dengan kekasih atau teman dekat yang juga akan membantu tidur malam menjadi lebih cepat. Sebab, dengan berbagi pikiran dengan orang lain, kalian akan bisa mendapatkan jawaban atau solusi secara bersama.

Bahkan, tak jarang sleep call juga akan diselipkan sedikit lelucon di tengah pembicaraan yang terjadi. Hal inilah yang menjadikan kalian lebih relaks hingga akhirnya mudha untuk tidur malam hari.

4. Adanya Teman Bercerita

Menjalani hari yang berat akan memberikan pengaruh pada mood kalian bahkan hingga malam hari ataupun di hari berikutnya. Namun, bagaimana jadinya jika mood yang rusak tersebut kalian perbaiki dengan menggunakan kegiatan sleep call bersama pasangan, tentunya akan memberikan pengalaman yang berbeda.

Pada saat sleep call tersebut kalian bisa mencoba untuk berbagai cerita tentang apa yang telah dirasakan selama ini. Hal tersebut kekadang bisa memberikan suatu kebahagiaan dan rasa lega tersendiri.

Sebab, beberapa orang yang sudah memiliki banyak keluh kesah di hidupnya juga ingin mendengarkan saran dari orang lain. Namun, tak jarang juga beberapa orang hanya ingin didengarkan ceritanya tanpa perlu mendapatkan komentar dari lawan bicaranya.

Adanya teman bercerita juga akan menjadikan kalian merasa diperhatikan oleh orang lain. Dijamin deh sisa hari kalian akan terasa lebih ringan dan bahkan kalian akan terbangung dari tidur dengan kondisi yang lebih nyaman serta tenteram.

Bahaya Terlalu Sering Sleep Call

Sebelumnya telah dijelaskan jika sleep call bisa memberikan beberapa manfaat. Namun, sebenarnya selain manfaat, ternyata sleep call juga memberikan dampak bahaya jika dilakukan secara terus menerus.

Bahkan, dampak negatif ini juga berhubungan dengan kondisi kesehatan kalian. Nah, mungkin kalian belum begitu tahu apa saja dampak negatif dari melakukan kegiatan sleep call terlalu seriang.

Agar kalian makin tahu, berikut adalah penjelasan selengkapnya terkait dengan dampak negatif sleep call.

1. Mengurangi Kualitas Tidur

Meski beberapa orang menganggap jika sleep call bisa menjadikan kualitas tidur mereka menjadi lebih nyenyak. Namun, siapa sangka jika kebiasaan melakukan sleep call terlalu sering bisa mengganggu kualitas tidur kalian.

Pada dasarnya, penggunaan media elektronik sebelum tidur akan bisa mengganggu kualitas tidur dengan adanya tekanan produksi melatonin seperti hormone yang mengganggu mengatur siklus bangun dan tidur.

Cahaya biru pada perangkat elektronik seperti ponsel yang kalian gunakan untuk sleep call akan bisa mengurangi dan juga menunda hormone melatonin hingga pada akhirnya akan mampu mengurangi rasa kantuk.

Kebiasaan tersebut tak hanya akan mengurangi waktu tidur kalian saja namun juga akan mempengaruhi kualitas tidur. Padahal kualitas tidur yang buruk bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan lho.

Sleep Call Artinya

2. Mengganggu Kesehatan Mata

Sleep call yang dilakukan terlalu lama, khususnya saat melakukan panggilan video ternyata bisa menyebabkan kerusakan pada bagian mata. Dimana menatap layar ponsel terlalu lama apalagi ketika dalam kondisi ruangan gelap serta dalam kurun waktu yang lama akan menyebabkan pancaran cahaya biru dari ponsel lebih rentan mengenai mata kita.

Kondisi ini jika terjadi terlalu lama akan bisa menyebabkan kerusakan pada area retina mata. Sebab, cahaya biru memiliki panjang gelombang yang lebih pendek dibandingkan dengan warna lainnya. Hal ini akan menjadikan cahaya biru memiliki lebih banyak energi hingga menyebabkan terjadinya perubahan kimia dan merupakan bagian retina mata.

3. Meningkatkan Adanya Resiko Penyakit Kanker

WHO menjelaskan jika penggunaan ponsel dalam jangka panjang bisa memiliki potensi yang lebih besar dalam menghasilkan gelombang elektromagnetik dengan sifat karsinogenik atau memicu terjadinya kanker.

Apalagi penggunaan ponsel pada kegiatan sleep call cenderung pada jarak yang dengan dengan tubuh atau kepala. Hal tersebut akan menjadikan peningkatan lebih besar adanya paparan frekuensi radio kepada para pengguna ponsel.

Meskipun begitu, dampak dari sleep call yang satu ini masih perlu dilakukan penelitian yang lebih lanjut.

4. Lebih Meningkatkan Resiko Kebakaran

Mungkin beberapa dari kalian pernah mendengar adanya insiden kebakaran ataupun sebuah ledakan dari ponsel. Hal ini bukan tidak mungkin terjadi ketika kalian sedang melakukan kegiatan sleep call. Apalagi ketika sleep call dilakukan dengan menggunakan ponsel dengan kondisi mengisi daya.

Adanya risiko kebakaran biasanya akan berasal dari kandungan litium yang ada di dalam baterai sebagai sumber daya ponsel. Dimana litium merupakan elemen yang mudah sekali mengalami kondisi terbakar jika terkena oksigen maupun air. Baterai dalam kondisi rusak maupun pengisian daya berlebihan akan lebih besar memicu terjadinya kebakaran.

5. Adanya Cahaya Ponsel Dengan Efek Buruk

Layar ponsel dan tidur memiliki hubungan yang cukup rumit. Dimana ponsel yang kalian miliki akan mampu memancarkan cahaya biru. Cahaya biru pada ponsel merupakan warna batang yang bisa meniru kondisi siang hari.

Keberadaan dari cahaya biru memang bisa terlihat bagus ketika berada di waktu siang hari karena kalian akan lebih waspada. Namun sebaliknya, ketika berada di malam hari yang dan digunakan untuk bersantai akan mendapatkan dampak negatif dari pancaran cahaya biru ponsel.

Penelitian menunjukkan jika pancaran cahaya biru akan berakibat buruk untuk penglihatan manusia. Selain itu, adanya pancaran biru dari ponsel juga bisa memberikan dampak negatif pada kualitas tidur manusia.

Paparan cahaya biru bisa memberikan pengaruh buruk pada jam tidur internal kalian serta bisa membuang ritme sirkadian. Ritme sirkadian akan selatan dengan terang dan gelap. Oleh karena itu, kalian akan kerap merasa lelah pada waktu malam hari atau ketika matahari mulai tenggelam dan mulai berenergi ketika matahari mulai terbit.

Penelitian lain juga telah menemukan adanya korelasi antara tingkat melatonin yang ditekan dari adanya paparan cahaya biru. Melatonin sendiri merupakan sebuah hormon yang bertanggung jawab untuk melakukan kontrol terhadap siklus bangun tidur kalian. Ketika tubuh kalian kehabisan melatonin, maka kalian akan mengalami kondisi insomnia dan kelelahan pada waktu siang hari bahkan lebih kerap merasa marah.

Cara Mengatasi Dampak Negatif Sleep Call

Sebelumnya telah dijelaskan jika kegiatan sleep call memang bisa memberikan manfaat terutama jika kalian sedang menjalin suatu hubungan dengan pasangan. Secara umum, sleep call memberikan manfaat secara psikologi.

Akan tetapi, kegiatan sleep call ternyata memberikan dampak negatif seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Mulai dari menurunnya kualitas tidur seseorang hingga terjadinya kerusakan tubuh pada jangka panjangnya karena adanya medan elektromagnetik yang dihasilkan oleh ponsel.

Oleh karena itu, diperlukan cara khusus untuk bisa meminimalisir terjadinya dampak negatif sleep call. Ada beberapa tips mudah yang bisa kalian lakukan untuk bisa meminimalisir terjadinya dampak negatif sleep call. Apa saja itu? Ini dia penjelasan terkait dengan cara mengatasi dampak negatif sleep call.

1. Gunakan Mode Malam

Salah satu cara meminimalisir dampak negatif sleep call adalah dengan menggunakan pengaturan ponsel ke mode malam agar mata terasa lebih nyaman. Sebelum tidur setidaknya kalian bisa mengubah pengaturan layar dan mulai mengurangi kecerahan pada layar ponsel. Mode malam akan bisa mengurangi terjadinya emisi cahaya biru yang bisa memberikan dampak negatif pada mata.

2. Kurangi Penggunaan Perangkat

Cara yang berikutnya adalah dengan mengurangi penggunaan perangkat pada waktu malam hari maupun siang hari. Kalian bisa mulai mengubah pengaturan durasi layar. Cara ini perlu juga didukung dengan adanya pembatasan penggunaan ponsel setiap hari. Pastikan kalian bisa mendapatkan waktu tidur yang sesuai.

3. Gunakan Kacamata Anti Radiasi

Selanjutnya, kalian bisa menggunakan kacamata anti radiasi sebagai bentuk upaya melindungi mata dari pancaran cahaya biru. Beberapa penelitian menjelaskan jika kacamata anti radiasi lebih efektif untuk mencegah adanya efek sinar biru pada mata.

4. Tetapkan Waktu Tidur

Untuk bisa mengatasi dampak negatif sleep call bisa dilakukan dengan mulai menerapkan waktu tidur sehat. Jadi, luangkan setidaknya satu jam sebelum tidur untuk mematikan perangkat ponsel. Lakukan aktivitas santai selain bermain ponsel maupun perangkat lain sebelum tidur. Menentukan waktu tidur bisa membantu kalian untuk bisa mendapatkan kualitas tidur lebih nyenyak.

Dari penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa sleep call artinya adalah menelpon dengan gebetan atau kekasih di malam hari. Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai sleep call, mulai dari pengertian, dampak positif dan dampak negatif dari sleep call sudah dijelaskan secara lebih rinci di atas.

Jika kamu ingin mencari buku tentang LDR, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

BACA JUGA:

  1. Long Distance Relationship (LDR) & Cara Mempertahankannya
  2. Cara Manjain Pacar LDR Lewat Chat Biar Tetap Langgeng
  3. 10 Topik Chat Biar Nggak Garing Khusus untuk Para Pelaku LDR
  4. Kumpulan Tips dan Cara Bikin Cowok Baper Lewat Chat
  5. 12 Tips PDKT ke Cewek Lewat Chat Whatsapp


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Veronika N

Ketika bicara tentang hubungan, pastinya akan selalu menarik untuk dibahas. Saya pun juga senang membuat tulisan dengan tema relationship.