in

Cara Move On dari Gebetan Agar Hidup Kembali Indah

unsplash.com

Cara Move On dari Gebetan – Sebelum menjalin hubungan, seseorang umumnya akan menjalani proses pendekatan dengan orang lain yang ia suka terlebih da. Jika berhasil, mereka akan menjadi pasangan. Namun jika tidak, maka hubungan tak lagi dilanjutkan atau berakhir sebagai mantan gebetan.

Jika proses pendekatan dengan gebetan ini gagal atau tak terbalas, tak jarang kemudian seseorang akan mengalami patah hati, yang sakitnya hampir sama pula dengan putus dari pacar. Namun, jangan bersedih, kecewa, atau marah, berikut ini beberapa cara move on dari gebetan yang dapat kamu praktikkan!

Cara Move On dari Gebetan

Cara Move On dari Gebetan
unsplash.com

1. Cintai Diri Sendiri

Kamu tidak bisa mengharapkan orang lain mencintaimu sebaik kamu kepada dirimu sendiri. Jika kamu mau dicintai orang lain, maka sesungguhnya kamu juga harus belajar untuk mencintai dirimu sendiri terlebih dulu. Menerima segala kekurangan serta kelemahan yang kamu miliki. Dengan demikian kamu akan tahu caranya bangkit serta memperbaiki diri.

2. Anggap Saja Berakhirnya Hubungan Sebagai Bagian Kecil dari Perjalanan Hidup

Agar hidup bahagia maka saat pdkt tak dapat dilanjutkan bukan berarti dunia telah berakhir. Izinkan dirimu untuk merasa sedih, namun jangan terlalu larut dalam kesedihan tersebut.

Setiap orang tentu pernah mengalami situasi yang tak menyenangkan dalam hidup. Jika orang lain dapat melaluinya, Maka kamu juga pasti bisa melakukan hal yang sama. Saat ini, kamu mungkin masih merasa sedih, kesepian, kehilangan, serta berbagai perasaan tak menentu lainnya.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, perasaan tersebut akan mereda. Dengan begitu, rasa sakit yang kamu rasakan saat ini dapat menjadi sebuah pelajaran berharga di kemudian hari. Itulah sebabnya, salah satu cara move on terbaik adalah dengan menjadikannya sebagai salah satu bagian kecil dalam hidup.

3. Hindari Kritik Diri dengan Terlalu Keras

Tak jarang, saat merasa ditinggalkan seseorang. Maka ia akan mengkritik dirinya dengan terlalu keras. Padahal, kritik yang terlalu keras merupakan musuh di dalam diri. Suara-suara negatif yang hidup dalam kepala ini, harus dapat kamu kelola agar tidak terlalu menyakiti dirimu sendiri.

Suara-suara ini justru akan menjerumuskanmu untuk merasa bersalah terhadap hubungan tersebut, sehingga membuatmu merasa tak berguna dan tak berarti setelah gebetan memilih untuk pergi. Hal ini tentu saja akan membuat proses move on menjadi semakin sulit.

Karenanya salah satu cara terbaik untuk move on adalah dengan tidak melakukan kritik yang terlalu keras terhadap diri sendiri, serta ikhlas menerima.

4. Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

Tidak selamanya proses PDKT akan berjalan dengan lancar. Ada kalanya gagal dengan si dia yang kemudian menjauh darimu. Jika itu terjadi, sudah sewajarnya kamu merasa sedih. Namun jangan sampai kamu mengatakan kepada dirimu kalau kamu kurang cantik, kurang menarik, atau kekurangan lainnya.

Introspeksi diri boleh saja sebagai proses perbaikan diri, tapi jangan sampai kamu rendah diri serta berakhir dengan kurangnya kepercayaan diri. Kenali arti dan nilai dirimu sendiri, ya.

5. Lakukan Refleksi yang Realistis

Saat mengakhiri sebuah hubungan, sering kali kamu hanya mengingat berbagai kenangan-kenangan manis yang pernah terjadi bersama pasangan. Hal ini memang wajar, namun bukan berarti baik untuk dilakukan. Mengapa?

Pada saat sibuk mengingat kenangan manis, kamu cenderung menyesali putusnya hubungan dengan mantan. Biasanya, hal ini justru menganggap bahwa hubungan tersebut terlalu ideal dan sempurna untuk kandas begitu saja.

Karenanya cara terbaik untuk move on adalah dengan melakukan refleksi atau mengingat hubungan tersebut secara keseluruhan. Hal ini kemudian akan membantumu menjadi lebih realistis memandang hubungan tersebut. Pasalnya, tidak hanya kenangan yang indah, namun kenangan yang kurang baik pun akan muncul ke permukaan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk move on.

6. Menerima Perasaan Sedih Setelah Putus

Cara Move On dari Gebetan
unsplash.com

Tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk berpura-pura tidak ada apa-apa saat putus dengan gebetan. Padahal, rasa sedih, marah, ataupun kecewa harus bisa kamu terima secara terbuka, setidaknya untuk diri sendiri.

Artinya, akui kepada diri sendiri, bahwa kamu saat ini sedang merasa sedih, kecewa, atau marah terhadap situasi tersebut. Hal ini kemudian dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk move on, karena menerima perasaan-perasaan ini kemudian akan memudahkanmu untuk sembuh dari rasa sedih, kecewa, serta rasa marah.

Kamu tidak akan dapat menghadapinya tanpa merasakannya terlebih dahulu. Namun ingat, membiarkan dirimu merasa tentu tidak sama dengan membiarkan pikiran-pikiran negatif mengenai situasi tersebut berkuasa dalam kepala.

7. Atur Mindset

Cara cepat move on dari mantan gebetan adalah dengan mengubah mindsetmu. Atur pikiran agar kamu jangan memikirkan dia secara terus-menerus. Jika mindset­-mu tidak berubah, kamu tidak akan dapat fokus melakukan apa pun. Pikiranmu akan selalu diganggu sehingga pekerjaan atau apapun yang sedang kamu kerjakan bisa berakhir berantakan. Jadi, segera atur mindset, ya.

8. Berhenti Kepo

Ini salah satu tindakan yang membuat banyak orang menjadi gagal move on dari mantan gebetan. Rasa penasaran mengenai dirinya membuatmu kepo serta mulai stalking media sosialnya. Padahal hal ini tidak perlu kamu lakukan. Dengan siapa dia sekarang, bukanlah urusanmu. Jika kamu tidak berhenti kepo, maka kamu tidak akan pernah bisa move on dari dirinya.

9. Menyibukan Diri

Perasaan galau akan kembali datang saat kamu berdiam diri saja di rumah. Pikiranmu akan kosong serta perasaan sedih itu akan Kembali datang. Untuk mengatasinya, lakukanlah banyak kegiatan seperti diantaranya membuat karya-karya yang berguna sehingga kamu kemudian tidak terlarut-larut lagi di dalam kesedihan.

10. Lakukan Hobi yang Tertunda

Selain menyibukkan diri, cara lainnya untuk cepat move on adalah dengan melakukan hobi yang selama ini tertunda. Selama memikat hati gebetan kamu mungkin jadi lupa akan hobimu? Nah, inilah saat yang tepat untuk kamu menyenangkan diri sendiri dengan melakukan kegiatan yang kamu sukai, apakah traveling, membaca buku, seharian menonton film komedi ataupun belajar masak.

11. Curhat ke Orang Terdekat

Sangat Tak enak rasanya menyimpan rasa sedih seorang diri. Pasti kamu akan merasa lebih tenang saat kamu dapat berbagi beban yang kamu rasakan dengan orang terdekat yang kamu percayai. Curhatlah kepada mereka mengenai kondisi hatimu yang sedang kamu rasakan. Bisa saja, mereka kemudian akan memberikan nasihat serta saran-saran terbaik agar kamu bisa cepat move on dari si mantan gebetan.

12. Fokus Kembali pada Keluarga

Ayo, jujur, saat masa pendekatan pasti kamu terlalu sibuk dengan si mantan gebetan hingga akhirnya malah lupa dengan keluarga, kan? Nah, inilah saatnya kamu membayar waktu yang terbuang ini dengan fokus kembali dengan keluargamu.

Kamu bisa mengajak keluarga jalan-jalan agar kamu pun lupa dengan gebetan. Bisa juga kamu curhat ke mereka. Siapa tahu, mereka kemudian akan memberikan dukungan serta membantumu melupakan mantan gebetan tersebut.

13. Berhenti Mendengarkan Lagu Galau

Cara Move On dari Gebetan
unsplash.com

Saat sedih, akan sangat susah untuk bisa bersemangat. Hal ini pun kemudian berdampak juga pada lagu yang didengar. Kamu menjadi lebih tertarik mendengarkan lagu yang menggambarkan curahan hati. Tidak salah sih, namun terus-menerus mendengarkan lagu galau, justru membuatmu semakin terpuruk dan susah untuk move on. Ganti playlist kamu dengan lagu-lagu yang semangat ya.

14. Luapkan Kesedihan dengan Menangis atau Berteriak

Tak dapat dipungkiri, ketika kamu sedang patah hati maka perasaan pertama yang akan kamu rasakan adalah sedih dan marah. Hal ini sangat wajar asal jangan sembunyikan dan pendam rasa itu terlalu lama. Kamu justru harus melepaskannya dengan menangis dan bersedih hingga kamu puas dan lega. Jadi, jangan dipendam, ya, rasa marah dan sedih itu, luapkan, dan lupakan.

15. Menyenangkan Diri Sendiri

Cara Move On dari Gebetan
unsplash.com

Hapus rasa sedih yang kamu rasakan dengan melakukan sesuatu yang membuatmu bahagia, salah satu caranya adalah dengan melakukan perawatan.

Kamu bisa pergi ke salon untuk mengganti model rambut, melakukan facial, melakukan perawatan kuku, pergi ke spa untuk pijat, atau apa pun yang dapat membuatmu merasa senang serta kembali percaya diri.

16. Hapus Kontaknya

Kamu tidak perlu berteman dengan mantan gebetan hanya untuk terlihat tegar. Lebih baik, utamakan perasaanmu hingga benar-benar pulih sebelum akhirnya memutuskan apakah masih penting menjalin hubungan yang baik dengannya. Ini adalah cara move on terbaik yang patut kamu coba.

Namun, ini bukan berarti kamu harus menghindari mantan selamanya. Jika beberapa tahun ke depan kamu sudah sembuh dari perasaan sedih serta kecewa kepadanya, kemungkinan berteman dengan mantan gebetan tentu masih ada. Dengan Menghapus kontak atau menghapus foto mantan gebetan dari media sosial bukan berarti tidak dewasa.

Hal ini justru penting sebagai bentuk perlindungan terhadap perasaan serta kondisi kesehatan mental yang kamu miliki, namun dengan menjalin komunikasi dengannya saat kamu sedang menghadapi perasaan sedih serta kecewa tidak akan membuat perasaan menjadi lebih baik. Karenanya segera hapus kontaknya, dan move on lah untuk sementara hingga kamu tidak merasakan perasaan apapun lagi kepadanya.

17. Terbuka dengan Orang Baru

Jika kamu sudah melakukan semua Langkah diatas, inilah langkah terakhir yang dapat kamu lakukan agar bisa cepat move on dari mantan gebetan. Mulai bukalah hatimu untuk orang baru. Namun tetap jadikan pengalaman sebelumnya sebagai pelajaran sehingga kamu kemudian lebih selektif dalam memilih gebetan agar tidak jatuh di kesalahan yang selama. Semoga pasanganmu selanjutnya yang jadi gebetan kamu adalah jodoh kamu, ya.

Demikian beberapa cara move on dari gebetan yang dapat kamu lakukan. Selalu yakin pada dirimu, ya, agar masa-masa sedihmu kemudian segera dapat terlewati, semangat!

Buku-Buku Terkait

1. Move Up Tak Lagi Sekedar Move On

Cara Move On dari Gebetan

https://www.gramedia.com/products/terlengkap-kumpulan-lagu-wajib-nasional-lagu-daerah-dan-lag?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Menyedihkan memang, jika cinta kita tak lagi dirasa oleh seseorang yang masih saja special di hati. Tapi apa boleh buat, tak ada pilihan lain selain menyemangati diri sendiri dan meyakinkan hati bahwa ini adalah yang terindah. Hidup ini indah kawan dan hidupmu jauh lebih indah daripada sakit hati.

So jangan biarkan diri berlarut dalam kesedihan panjang yang tak lagi berguna. Kini saatnya Move on! Jika masalah adalah sebuah kepastian, maka bergerak adalah sebuah kebutuhan, kini saatnya Move on, bergerak dan menikmati setiap detik dengan penuh makna, bergerak, dan terus bergerak menukar kesedihan dengan kebahagiaan.

Semua hanyalah soal perasaan dan apa yang dirasa. Sejatinya tak ada kesedihan tanpa di rasa, begitupun tak ada kebahagiaan yang tak dirasa. Jadi, tersenyumlah karena di depan masih terbentang harapan indah untukmu sobat.

Buat kamu yang lagi galau, putus cinta, gagal move on atau segala macamnya deh, tidak ada cara selain membaca buku ini. Buku ini hadir dengan sensasi penuh warna, bagaimana tidak? Karena semua disajikan secara tuntas dan lugas. Mengupas habis seluk beluk tentang move on dan serba-serbinya, mulai dari permasalahan, kenapa terjadi dan solusi terbaik untuk menyelesaikannya.

2. Gue Tantang Loe Move On

Cara Move On dari Gebetan

https://www.gramedia.com/products/terlengkap-kumpulan-lagu-wajib-nasional-lagu-daerah-dan-lag?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

“Move on” sering dianggap sebagai orang-orang yang sudah berhasil melakukan proses “perpindahan hati” dari satu orang ke orang yang lain. Contohnya: si A yang sempat berpacaran dengan si B, harus putus, dan selang beberapa waktu berhasil memiliki pasangan baru. Proses itulah yang orang-orang amini sebagai makna dari frasa move on.

Tapi benarkah move on hanya berkutat pada permasalahan relasi antara seseorang dengan mantan kekasihnya di masa lalu? Melalui buku ini penulis akan mengajak teman-teman sekalian untuk melakukan perjalanan rasa.

Semoga buku ni bisa menstimulasi seluruh pembaca untuk melakukan redefinisi patah hati, kehilangan, menyelesaikan, dan menemukan, serta banyak hal lain yang sering dikait-kaitkan dengan move on itu sendiri. Sudah siap? Karena berkutat dengan masa lalu, seindah apa pun itu, melelahkan.

3. Shut Up, Move On (Edisi 2020) Panduan Terus Terang untuk Sukses dalam Hidup

Cara Move On dari Gebetan

https://www.gramedia.com/products/terlengkap-kumpulan-lagu-wajib-nasional-lagu-daerah-dan-lag?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Selama satu dekade, prinsip-prinsip Shut Up, Move On (S.U.M.O.) telah teruji oleh waktu dan terus membantu ribuan orang di seluruh dunia menemukan kepercayaan diri dan memotivasi untuk berubah.

Jadi sekaranglah waktunya bagi Anda untuk belajar cara Shut Up, Move On dan menghadapi tantangan-tantangan hidup secara lebih berarti. S.U.M.O. menunjukkan bahwa dengan mengambil tanggung jawab, Anda bisa melengkapi potensi Anda, meraih peluang, menikmati hubungan, sukses di tempat kerja, dan mampu mengelola situasi-situasi yang menantang dengan sikap positif.

Khusus untuk edisi spesial ulang tahun ke-10, buku ini ditambahkan kisah-kisah baru dan update di dalamnya. Buku laris Paul McGee ini akan menunjukkan kepada Anda cara untuk:

  • Menciptakan dan menikmati hidup yang gemilang
  • Mengubah respons Anda terhadap masalah-masalah hidup
  • Mengambil tanggung jawab atas hidup Anda sendiri dan menghindarkan diri menjadi korban
  • Mengejar kembali kemunduran-kemunduran yang terjadi dalam hidup dan berhenti menunda-nunda
  • Meningkatkan pemahaman dan kesadaran Anda akan dunia orang lain

4. Move On, Yuk!

Cara Move On dari Gebetan

https://www.gramedia.com/products/terlengkap-kumpulan-lagu-wajib-nasional-lagu-daerah-dan-lag?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Banyak orang ingin move on dari masa lalunya yang kelam, tapi kenyataannya susah, baik itu masalah pekerjaan, cinta, atau pun masalah yang lain. Banyak orang ingin berhijrah, tapi kenyataannya susah untuk memulai. Sudah mulai pun malah mandek di tengah jalan. Sudah berusaha pun malah terasa susah.

Banyak orang yang ingin bermimpi, tapi mereka begitu takut hanya untuk sekedar bermimpi. Banyak orang berusaha meraih apa yang menjadi targetnya, tapi akhirnya malah berhenti karena kegagalan yang dialami. Banyak orang yang ingin hidupnya bahagia, tapi kenyataannya hidup mereka tidak kunjung bahagia.

Demikian beberapa cara move on dari gebetan. Grameds bisa mendapatkan buku-buku terkait yang telah direkomendasikan di Gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk-produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

BACA JUGA:

  1. 22 Cara Move On dari Mantan yang Ampuh
  2. 12 Tips Move On dari Mantan
  3. Cara Move On Terbaik dari Seseorang, Bukan Hanya Tentang Melupakan
  4. 7 Tanda Cinta Bertepuk Sebelah Tangan dan Cara Move On dari Patah Hati
  5. Alasan Pria Susah Berpaling Setelah Berhubungan


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda