in

Cara Mencari Topik Obrolan, Cobain Yuk!

https://www.pexels.com/id-id/@anastasiya-gepp-654466/

Cara Mencari Topik Obrolan- Pernahkah Grameds merasa bingung ketika mencari bahan obrolan dengan seseorang? Baik itu dengan teman, pasangan, dan bahkan orang asing. Padahal cara mencari topik pembicaraan, sebenarnya tak terlalu sulit, lho.

https://www.pexels.com/id-id/@nappy/

Yuk, simak berbagai ide bahan pembicaraan yang bisa Grameds ciba bersama dengan teman, pasangan, hingga orang asing berikut ini!

Cara Mencari Topik Pembicaraan Dengan Orang Lain

 

Jangan ragu-ragu untuk memulai obrolan dengan orang lain. Meski demikain, ada sebuah momen ketika Grameds bisa saja kehabisan topik untuk dibicarakan.

Sebagai solusinya, berikut ialah beberapa topik seru yang dapat diobrolkan sesuai dengan lawan bicara Grameds!

https://www.pexels.com/id-id/@george-pak/

1. Kondisi Sekitar

Grameds dapat membahas kondisi sari lingkungan sekitar sebagai salah satu cara mencari topik pembicaraan yang menarik dengan orang lain.

Misalnya, “Mengapa jalanan hari ini macet, ya?” atau “Ramai sekali di sana, apakah ada acara?”.

Contoh topik tersebut, telah cukup menarik untuk dibicarakan dan dapat membuat percakapan Grameds menjadi lebih panjang.

2. Cuaca

Perihal cuaca merupakan salah satu topik pembicaraan yang sering ditanyakan. Berlaku di berbagai penjuru dunia, topik pembicaraan mengenai cuaca merupakan salah satu topik yang sangat populer.

Walaupun terkesan agak membosankan, setidaknya ini merupakan topik obrolan yang netral dan dapat didiskusikan bersama dengan semua orang dari berbagai latar belakang. Tak perlu mencari topik yang terlalu rumit, Grameds dapat melakukannya dengan melihat cuaca ketika tengah berbincang.

Misalnya, “Tumben ya, cuaca hari ini dingin sekali?”. Topik cuaca juga dapat memecahkan awkward silence saat tak ada satupun yang berbicara.

3. Asal Dan Tujuan

Bila Grameds tengah menaiki kendaraan umum sendirian, misalnya bus atau kereta api, rasa kesepian mungkin saja menghampiri terutama jika tak ada teman sebagai lawan bicara. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk mengajak bicara orang yang duduk di samping Grameds.

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

Mulailah dengan senyuman ramah, lalu tanyakan asal dan tujuannya. Akan tetapi, pastikan tutur kata Grameds sopan, santun, dan tidak mengganggu.

Cara Mencari Topik Pembicaraan Dengan Teman

https://www.pexels.com/id-id/@wildlittlethingsphoto/

Ada berbagai cara untuk mencari topik pembicaraan yang menarik dengan teman maupun dengan seseorang yang hendak Grameds dekati atau crush. Berikut, rekomendasi topik pembicaraan yang bagus untuk dibahas!

1. Kabar Atau Kegiatan

Cara untuk membuka topik pembicaraan dapat Grameds mulai ialah dengan menanyakan mengenai kabar terkini dan kegiatan yang dilakukannya. Hal tersebut bisa memantik obrolan yang lebih panjang. Misalnya, “Bagaimana kabarmu belakangan ini?” atau “Sedang sibuk apa sekarang?”. Ini juga dapat membantu Grameds untuk memahami kondisi dan kesibukannya sehari-hari.

2. Seni Dan Hiburan

Seni dan hiburan dapat menjadi topik pembicaraan yang menarik baik bagi perempuan maupun laki-laki. Grameds dapat membahas musik, film, buku, atau cafe sehingga bisa saling bertukar pendapat dan rekomendasi mengenai topik yang dibicarakan.  Walau begitu, saat lawan bicara Grameds belum menonton film atau membaca buku yang ditanyakan, tak perlu membahasnya dengan terlalu rinci. Carilah alternatif bahan obrolan lain yang sama-sama digemari.

3. Olahraga

Bila mencari topik pembicaran yang menarik tentang olahraga, Grameds dapat membahas mengenai pertandingan yang baru berlangsung  atau klub favorit. Contohnya, Piala Dunia atau Olimpiade yang ramai dibicarakan banyak orang. Meski demikian, hindari membicarakan hal buruk mengenai atlet favorit lawan bicara bila Grameds berada di sisi yang berseberangan.

4. Keluarga

Mencari topik pembicaraan dengan teman sebenarnya tidaklah sulit. Grameds dapat membahas mengenai keluarga. Tanyakan mengenai hal-hal yang netral dan saling menimpali saat mereka menanyakan hal yang sama. Topik mengenai keluarga dapat dijadikan sebagai suatu cara untuk mengenal lawan bicara dengan lebih jauh.

Meski demikian, sebaiknya Grameds jangan bertanya mengenai hal-hal sensitif dalam keluarga. Misalnya, rencana untuk memiliki anak, kehamilan, rencana menambah anak, dan lain sebagainya.  sebaiknya memastikan bahwa topik tetap netral daripada menyinggung mengenai hal-hal yang sensitif.

5. Makanan

Contoh topik pembicaraan yang satu ini juga merupakan topik favorit karena banyak disukai orang dan cenderung netral. Membicarakan rekomendasi makanan maupun warung makan kesukaan dapat mencairkan suasana dalam waktu yang singkat. Tak terbatas dengan rekomendasi kuliner saja, bahan obrolan mengenai makanan juga dapat mencakup gaya hidup sehat.

Meski begitu, ada baiknya Grameds tetap berbicara dengan topik positif dan hindari mengeluh mengenai makanan yang tak disukai.

6. Perjalanan

Orang-orang biasanya senang mendengarkan cerita mengenai petualangan dalam acara berlibur. Tak mengherankan, tema seperti ini kerap menjadi topik pembicaraan yang menarik serta banyak orang yang ingin mengetahuinya. Jadi, tidak ada salahnya mendiskusikan mengenai tempat berlibur dan merekomendasikannya kepada teman ataupun pasangan.

7. Hobi

Hobi dapat dijadikan sebagai topik pembicaraan bersama teman. Salah satu cara untuk mencari topik pembicaraan yang selalu menarik ialah seputar hobi. Tak harus hobi yang sudah ditekuni sejak lama, bisa juga mengenai hal baru yang sedang dicoba.

Saat mendengarkan lawan bicara mengenai seputar hobi mereka, pastikan melontarkan pertanyaan follow-up supaya pembicaraan dapat tetap mengalir dengan lancar.

8. Kampung Halaman

Grameds juga bisa membahas topik mengenai asal muasal atau kampung halaman saat tengah mengobrol ringan. Dapat dengan membandingkan situasi pada masa lampau dan masa kini atau alasan memutuskan untuk merantau. Siapa tahu, ditemukan kesamaan antara Grameds dengan lawan bicara yang dapat membuat obrolan menjadi kian menarik.

Cara Mencari Topik Pembicaraan Dengan Pasangan

https://www.pexels.com/id-id/@trinitykubassek/

Topik pembicaraan merupakan suatu hal yang penting bagi pasangan. Sebab, hal tersebut bisa membantu mempererat ikatan hubungan. Berikut ini, beberapa topik pembicaraan yang seru untuk dilakukan bersama dengan pasangan!

1. Membicarakan Hal Terbaru Di Media Sosial

Bahan pembicaraan dapat ditemukan di mana saja, termasuk yang berasal dari sekitar Grameds.  Membicarakan mengenai berbagai hal yang up-to-date atau yang tengah hangat diperbincangkan dapat membuat Grameds dan pasangan berada dalam suasana diskusi yang cukup menyenangkan.

Misalnya, Grameds dapat dengan mudah menemukan topik obrolan terbaru yang berasal dari media sosial. Membahas perihal apa yang tengah menjadi tren serta menggali sudut pandang masing-masing bisa membantu Grameds dan pasangan untuk saling memahami.

2. Memulai Perdebatan

Tak selamanya perdebatan menjadikan terjadinya pertengkaran dengan pasangan. Jika merasa percakapan mengenai hal yang hanya itu-itu saja atau semua topik telah dibahas, cobalah untuk memulai perdebatan yang sehat. Pertama-tama, mulailah dengan mengemukakan opini yang cukup provokatif, lalu diskusikan interpretasi yang berbeda dengan pasangan Grameds.

Sebelum memulai perdebatan, sepakati bahwa diskusi ini hanya sebagai salah satu cara untuk menggagas topik pembicaraan dengan sentuhan yang berbeda. Dengan demikian, perdebatan tak akan menjadi pertengkaran yang berarti.

3. Tanyakan Bagaimana Harinya Berjalan

Menanyakan mengenai bagaimana harinya berjalan dapat menjadi sebuah bentuk dalam menunjukkan rasa peduli terhadap pasangan. Kelebihan dari topik pembicaraan ini ialah dapat ditanyakan setiap hari karena tak ada hari yang benar-benar berjalan sama persis dengan hari lainnya.

Kemarin, hari ini, besok, tentunya berjalan dengan berbeda-benda. Menanyakan mengenai harinya berjalan adalah salah saru tanda kepedulian dan perhatian kepada pasangan. Menurut konselor pernikahan dan terapis keluarga, topik obrolan sederhana seperti ini mampu membuat seseorang dapat mengungkapkan apa yang berhasil ia lakukan dalam sepanjang hari.  Hal ini bisa memperkuat koneksi serta saling menghibur jika hari tak berjalan sesuai dengan harapan.

4. Rencanakan Masa Depan

Untuk pasangan yang memiliki rencana untuk memasuki jenjang yang lebih serius, mencari topik pembicaraan yang menarik bisa juga perihal masa depan. Apa yang hendak dilakukan dalam jangka waktu pendek maupun panjang dengan bersama-sama, impian atau cita-cita apa yang masih ingin dikejar, apa yang hendak dilakukan bila telah masuk ke jenjang yang serius, dan lain sebagai.

Sangat menyenangkan dapat berbagi harapan, impian, dan angan-angan bersama dengan pasangan. Selain itu, bahan pembicaraan semacam ini dapat membuat Grameds dan pasangan tidak hanya berkutat dengan rutinitas keseharian saja.

5. Bicarakan Pengalaman Masa Lalu

Kadang kala, pikiran untuk selalu membicarakan mengenai hal-hal yang up-to-date dapat menjadi sebuah beban tersendiri. Hal tersebut mengakibatkan percakapan menjadi tidak seru dan Grameds malah jadi tertekan. Padahal, membicarakan pengalaman masa lalu juga dapat menjadi salah satu cara untuk saling mengenal antara satu sama lain.

Tak hanya latar belakang sebelum bertemu, membicarakan masa lalu bisa juga mengenai masa kecil atau cerita tentang keluarga besar. Topik-topik semacam ini dapat membantu memperkuat koneksi antara Grameds dengan yang lainnya.

6. Truth Or Dare, Tanpa Dare

Bila ingin lebih mengenal pasangan dengan baik, cobalah untuk melakukan permainan semacam truth or dare, tetapi tidak menggunakan dare di dalamnya. Jadi, dalam permainan ini cukup lakukan truth, yakni saling melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab secara jujur. Dengan begitu, Grameds dapat lebih saling mengenal antar satu sama lain.

7. Saling Ungkapkan Perasaan

Bila topik pembicaraan yang sederhana tak lagi terasa seru, cobalah untuk saling mengungkapkan perasaan mengenai hubungan yang sedang dijalani.  Beberapa orang merasa takut untuk mengajukan topik pembicaraan yang menarik ini, terutama bila telah menyangkut dengan komitmen.

Oleh karena itu, sepakati bahwa Grameds dan pasangan akan saling terbuka dan jujur sebelum membicarakan topik ini. Sampaikan mengenai apa yang hendak diperbaiki, harapan yang dimiliki dari hubungan ini, atau kemukakan hal-hal apa saja yang masih mengganjal di perasaan.

8. Tanyakan Apa Yang Perlu Diubah

Tanyakan mengenai apa saja yang perlu diubah dari pasangan supaya menjadi lebih baik. Pertanyaan berandai-berandai, misalnya hal apa yang ingin diubah dari masa lalu bila memiliki satu kesempatan untuk melakukannya, dapat menjadi salah satu topik obrolan yang hangat dan seru untuk diperbincangkan dengan pasangan.

Dengan cara ini, Grameds dan pasangan dapat saling memahami apa momen yang paling disesali dan penyebabnya sekaligus hal apa yang ingin dicapai. Tidak hanya itu, bahasan ini dapat membantu kedua belah pihak untuk mengambil keputusan dengan lebih baik untuk ke depannya.

Mengetahui sejarah dan penyesalan antara satu sama lain dapat menjadi titik balik untuk tak mengulangi kesalahan yang sama, bila ada.

9. Bicara Soal Hobi Baru

Tak ada yang lebih seru selain menekuni hobi baru yang dilakukan dengan rasa penuh antusias. Dengan topik sejeni ini, hidup tak akan lagi terasa membosankan atau monoton. Grameds dan pasangan dapat menemukan hobi yang sama-sama digemari atau hobi masing-masing. Apa pun itu, dapat menjadi topik pembicaraan yang seru nan menyenangkan.

Apa Yang Sebaiknya Tidak Dibicarakan?

https://www.pexels.com/id-id/@liza-summer/

Ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat hendak memulai obrolan ringan dengan orang lain.  Berikut ini, topik yang sebaiknya tak Grameds bahas dalam sebuah pembicaraan.

1. Finansial

Sebaiknya jangan bertanya terlalu detail mengenai kondisi finansial seseorang karena dapat dianggap kurang sopan. Contohnya seputar pendapatan, gaji sebagai freelance, atau bahkan berapa harga KPR rumah yang tengah dijalani

2. Agama dan pilihan politik

Kedua topik ini juga dapat menjadi isu sensitif yang sebaiknya tak dijadikan sebagai bahan pembicaraan. Bisa-bisa, situasi akan menjadi memanas dan malah menyinggung lawan bicara.

3. Seks

Jika tak benar-benar dekat dan mengenal lawan bicara dengan baik, jangan sekali-kali mengangkat topik seputar seks. Begitu pula dengan lelucon yang bersinggungan seks karena bisa saja dikategorikan sebagai pelecehan seksual secara verbal.

4. Kematian

Kematian merupakan topik yang sangat berat untuk diperbincangkan serta dapat membuat suasana menjadi muram.  Saat tengah bersama orang yang belum terlalu kenal, sebaiknya hindari topik emosional yang dapat menjadikan suasana menjadi tidak nyaman.

5. Penampilan Dan Usia

Sudah tidak zamannya membahas mengenai penampilan fisik seseorang, terutama bila dikaitkan dengan usia mereka. Hindari topik pembicaraan mengenai penampilan misalnya yang terlihat seakan sedang hamil, terlihat kurus, atau lebih genuk. Kita tak pernah tahu alasan di balik perubahan dari penampilan mereka dan mereka belum tentu nyaman untuk membicarakannya.

6. Kesehatan

Masih banyak orang yang menggunakan bahan pembicaraan mengenai kesehatan sebagai topik obrolan. Padahal bahasan ini belum tentu menarik. Tak perlu menggurui orang mengenai bagaimana mereka seharusnya mengurus dirinya sendiri, mengajari tentang obat instan untuk penyakit yang kompleks, ataupun memberikan saran yang tidak diminta, terutama bila Grameds tak mempunyai latar belakang dalam dunia kesehatan.

Itulah, beberapa cara dalam mencari topik pembicaraan yang menarik untuk Grameds bahas. Jangan sampai terjebak dalam obrolan dangkal dan sensitif, ya!

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Veronika N

Ketika bicara tentang hubungan, pastinya akan selalu menarik untuk dibahas. Saya pun juga senang membuat tulisan dengan tema relationship.