in

Yuk, Ikuti Panduan Membuat Susunan Acara Wedding ala Wedding Organizer!

Siapa yang setuju bahwa pernikahan adalah momen sakral seumur hidup yang harus diabadikan momennya? Banyak juga yang harus dipersiapkan oleh pasangan yang ingin melangsungkan pesta pernikahan lho, Grameds! Mulai dari lokasi, dekorasi, fotografi, hingga hidangan katering yang disajikan untuk para tamu.?

Mengurus semua ini pasti menjadi sesuatu yang ribet dan tak jarang membuat kita jadi stres. Nah, disinilah letak peran dari sebuah wedding organizer. Wedding organizer atau yang disebut WO merupakan sebuah layanan profesional yang membantu kamu dalam perencanaan serta penyelenggaraan acara pernikahan. Kira-kira apa saja sih pentingnya menyusun susunan acara wedding? Yuk, simak artikel di bawah ini!?

 

Susunan Acara Wedding ala Wedding Organizer

(Sumber foto: www.pexels.com)

Buat Grameds yang mau tau, bagaimana sih kira-kira susunan acara wedding yang biasa dibuat oleh tim wedding organizer. Kebetulan sekali, saatnya kamu catat baik-baik rundown acara yang Gramin berikan di bawah ini. Simak baik-baik yaa!

1. Pembukaan dan Penyambutan Tamu

Susunan acara wedding akan dibuka dengan tamu yang mulai berdatangan ke tempat resepsi pernikahan digelar. Penerima tamu harus sudah standby di tempat yang ditentukan untuk menyambut para tamu tersebut. Putarlah alunan musik yang lembut untuk menciptakan suasana yang hangat dan ramah.

Estimasi waktu: 30 menit

 

2. Prosesi Pengantin

Tahapan kedua adalah mulainya prosesi pengantin. Urutannya biasanya dimulai dengan masuknya keluarga besar antar kedua pihak kemudian diikuti oleh pengantin pria dan wanita.

Estimasi Waktu: 15 menit

 

3. Upacara Pernikahan

Inilah yang menjadi inti dari sebuah upacara pernikahan. Di tahapan ini, sertakan kegiatan pembacaan janji pernikahan, pertukaran cincin antar pengantin, tak lupa juga sesi doa bersama yang dipandu oleh seseorang.

Estimasi Waktu: 30-45 menit

 

4. Sesi Foto Resmi

Setelah upacara inti pernikahan berhasil dilaksanakan, susunan acara wedding selanjutnya adalah pengadaan sesi foto bersama keluarga dan kerabat dekat kedua pengantin.

Estimasi Waktu: 30 menit

 

5. Resepsi Pernikahan

Kelima, kedua pengantin pria dan wanita akan memasuki ruangan resepsi. Sertakan juga sambutan dari keluarga, acara makan bersama, dan pementasan hiburan-hiburan yang menyesuaikan adat yang berlaku.

Estimasi Waktu: 2-3 jam

 

6. Pemberian Ucapan Selamat

Keenam, pemberian ucapan selamat dari para tamu. Umumnya, tamu akan satu per satu naik ke atas pelaminan untuk memberikan ucapan selamat kepada kedua pengantin beserta keluarganya masing-masing.

Estimasi Waktu: 1 jam

 

7. Penutupan

Untuk menutup susunan acara wedding, pengantin pria dan wanita beserta masing-masing keluarga akan memberikan ucapan terima kasih kepada para tamu yang telah menyempatkan hadir ke acaranya.

Estimasi Waktu: 15 menit

 

Rekomendasi Buku-buku Terkait Acara Pernikahan

(Sumber foto: www.pexels.com)

Itu dia susunan acara wedding yang biasanya disusun oleh para wedding organizer. Bagaimana? Susunan di atas bisa menjadi sebuah inspirasi kamu kalau ingin mengadakan pesta pernikahan dalam waktu dekat.

Nah, jika kamu membutuhkan beberapa panduan buku terkait cara menggelar sebuah acara pernikahan, Gramin punya solusinya nih! Ini dia beberapa buku yang bisa menjadi acuan kamu melangsungkan resepsi pernikahan? Yuk, cek rekomendasi buku-bukunya di bawah ini!? ?

 

1. The Wedding Deco – Touch of Indonesian

The Wedding Deco - Touch of Indonesian

Pernikahan merupakan salah satu siklus kehidupan yang penting dalam daur kehidupan seseorang. Perhelatannya pun merupakan acara yang dinanti-nanti oleh keluarga untuk menghantarkan sang pengantin menuju gerbang kehidupan baru. Untuk menyukseskan acara tersebut, banyak hal yang harus dipersiapkan. Setiap pasangan calon pengantin pasti menginginkan momen bahagia tersebut menjadi kenangan manis sepanjang hidup.

Dekorasi merupakan salah satu unsur penting dalam menciptakan suasana memorable yang tak terlupakan oleh para tamu. Dekorasi merupakan `pemandangan` pertama yang dilihat para tamu sebelum melihat mempelai. Oleh sebab itu, masalah dekorasi harus dipikirkan dan didiskusikan secara matang oleh pemilik dan panitia hajatan. Kita sering kali tidak mudah menentukan dan merealisasikan desain dekorasi yang diinginkan.

Buku The Wedding Deco ini akan membantu Anda memilih dan merealisasikan tema dan bentuk dekorasi pesta yang diinginkan. Buku ini menampilkan wedding decoration dengan tema Touch of Indonesian Culture dan Touch of Elegant in Blue, yang meliputi antara lain: Dekorasi pelaminan, Flower arrangement, Dinner setting, Chatering deco, Bridal bed room, dan Garden.

 

2.  Rupiah Meriah dari Bisnis Wedding Organizer

Rupiah Meriah dari Bisnis Wedding Organizer

Peran jasa wedding organizer semakin dibutuhkan. Pasarnya masih sangat terbuka dan menjadi peluang yang berpotensi untuk digarap. Sejumlah tip dalam buku ini akan membantu Anda memulai sebuah layanan penyelenggara perkawinan, mengelola usaha dengan baik, menerjemahkan keinginan klien, menuangkannya dalam konsep yang matang dan merealisasikannya menjadi sebuah acara yang sempurna dan berkesan.

 

3. Wedding Photography Handbook

Wedding Photography Handbook

Jika Anda ingin mengasah keterampilan memotret sekaligus mendapat uang, cobalah dalami dunia fotografi pernikahan. Aliran fotografi ini sangatlah berkembang, dinamis, dan memiliki potensi yang besar. Tak heran, banyak fotografer menekuni dunia ini karena menjanjikan cash flow yang lancar. Tugas Anda sebagai fotografer resmi yang ditunjuk oleh sejoli yang ingin menikah sangatlah sederhana sekaligus mulia: Anda harus sanggup menciptakan memori indah sepanjang masa dengan cara mengabadikan momen-momen pernikahan secara artistik, indah, dan memorable dalam selembar foto.

Bagaimana caranya? Buku ini mengupas seluk beluk dunia fotografi pernikahan secara singkat, tepat, dan jelas. Anda akan belajar memilih obyek-obyek apa saja yang layak untuk dipotret, acara-acara apa yang penting dalam prosesi pernikahan, aspek-aspek bisnis dalam fotografi pernikahan, hingga cara mengatur lensa, aperture, dan masalah teknis lainnya. Tak lupa, buku ini juga dilengkapi A-Z seputar dunia wedding photography sehingga Anda bisa memperkaya wawasan.

Tujuan buku ini jelas, yaitu membantu Anda mendapat karya-karya foto yang bagus dan memuaskan klien. Anda belajar bagaimana caranya menghindari segala masalah yang timbul, sebab dalam dunia fotografi pernikahan, tak ada ruang untuk kegagalan. Sebaliknya, Anda harus mampu memotret momen demi momen dengan baik dan profesional.

 

4. Panduan Mudah Membuat Wedding Book Dengan InDesign Dan Photoshop

Panduan Mudah Membuat Wedding Book Dengan InDesign Dan Photoshop

Sebuah momen pernikahan merupakan sebuah momen yang sangat indah untuk dikenang. Oleh sebab itu harus ada media gambar berupa wedding book yang memajang momen indah sebuah pernikahan. Untuk membuat sebuah wedding book, Anda hanya perlu mengasah skill Anda dalam mengedit sebuah foto. Tentunya hal tersebut memerlukan software yang paling sering digunakan dalam proses pengeditan foto yaitu Adobe Photoshop dan Adobe InDesign. Buku “Panduan Mudah Membuat Wedding Book dengan InDesign & Photoshop” ini akan memberikan Anda sebuah inspirasi berupa tutorial-tutorial yang akan menuntun Anda dalam membuat sebuah wedding book yang artistik. Anda akan dituntun membuat wedding book perhalaman dari awal membuat sampul wedding book, daftar isi dan isi wedding book itu sendiri. Aplikasi yang dipakai cukup dengan memakai Adobe InDesign dan Adobe Photoshop saja. Bahkan Anda tidak perlu memakai versi yang terbaru karena tutorial-tutorial yang diberikan cukup simple sehingga Anda dapat memakai Adobe InDesign dan Adobe Photoshop versi lama.

 

Manfaat Menyusun Susunan Acara dengan Wedding Organizer

Wedding organizer juga bertugas untuk menyusun susunan acara dalam pernikahan, lho! Biasanya, menggunakan jasa mereka memberikan kamu beberapa manfaat yang berarti, lho. Inilah sejumlah manfaat menyusun susunan acara wedding dengan wedding organizer:

1. Mengurangi Stres

Jika mengurus acara pernikahan sendiri, besar kemungkinannya Grameds akan menjadi sangat tegang dan tertekan, terutama jika kamu mengatur sampai ke detail-detail sekecil apapun itu.

Jika kamu menyerahkan tanggung jawab ini kepada wedding organizer terkemuka, momen-momen menjelang dan tepat di hari pernikahan akan menjadi lebih enjoyable untuk kamu. Mereka bahkan mengatur berbagai aspek hingga yang kecil-kecil sekalipun.?

 

2. Penghematan Waktu

Kedua, mengurus acara pernikahan akan menyita cukup banyak waktu. Misalnya saja dalam mencari vendor, bernegosiasi, serta mengatur susunan acara wedding. Nah, untungnya wedding organizer ini umumnya sudah punya banyak koneksi dengan vendor-vendor terpercaya.?

Dengan menggunakan jasa mereka, kamu dan keluarga bisa lebih menghemat waktu untuk mencari informasi dan mengkoordinasi acara dengan vendor-vendor tersebut. Ini semua sudah sepaket dengan tanggung jawab dari si wedding organizer.?

 

3. Anggaran yang Terkendali

Pihak wedding organizer pasti akan merencanakan acara pernikahan kamu dengan menyesuaikan anggaran yang tersedia. Mereka pasti mampu merekomendasikan vendor-vendor dengan harga yang lebih terjangkau namun kualitasnya tetap bisa diadu. Selain itu, kamu juga tidak perlu lagi deh mengeluarkan budget untuk hal-hal yang sebenarnya tidak begitu diperlukan.?

 

4. Pengelolaan Krisis

Walaupun wedding organizer membantu memastikan acara pernikahan Grameds berjalan semulus mungkin, tidak menjamin semuanya akan berjalan sesuai rencana ketika hari-h. Untungnya, wedding organizer sudah terlatih untuk mengatasi berbagai situasi darurat yang bisa saja terjadi selama acara, mulai dari masalah teknis hingga kendala waktu.

Selain penangannya gercep, Grameds jadi tidak perlu khawatir lagi ikut mengurus hal-hal yang merepotkan seperti itu. Kamu dan keluarga bisa tetap tenang dan hanya berfokus menikmati momen hari istimewa dalam seumur hidup ini.?

 

5. Kreativitas dan Inovasi

Terakhir, wedding organizer umumnya menyediakan sebuah tim kreatif yang mampu memberikan ide-ide kreatif dan inovatif. Ini akan membantu kamu untuk mewujudkan tema pernikahan yang diidam-idamkan. Dengan begini, pengalaman pernikahan kamu ataupun keluarga lainnya menjadi sangat unik dan tidak terlupakan.?

Kesimpulan

Dipikir-pikir, rasanya bijak juga jika kita memutuskan untuk menggunakan jasa wedding organizer untuk menyusun susunan acara wedding impian kita. Benar atau tidak? Tidak hanya mengurangi beban pikiran kamu, acara nanti akan dijamin berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diekspektasikan. Semoga artikel ini bisa membantu Grameds merencanakan resepsi pernikahan ya!

Nah, buat kamu yang mungkin tertarik untuk memakai jasa ataupun malah berprofesi sebagai bagian dari wedding organizer, pastinya tidak afdol dong jika tidak melengkapi diri dengan buku-buku panduan yang Gramin rekomendasikan di atas?

Untuk kemudahan dan kenyamanan kamu dalam berbelanja, yuk segera kunjungi toko buku kesayanganmu di Gramedia.com! Sobat Grameds bisa dengan mudah order beberapa buku kesayangan dan dalam hitungan hari, buku tersebut akan tiba dengan selamat tepat di depan rumahmu. Jadinya, kamu tidak perlu repot-repot mengunjungi toko buku secara langsung! Tak hanya itu, ada banyak promo juga lho buat kamu yang mau belanja? Yuk, segera kunjungi website Gramedia.com!

 

Penulis: Ivory Ayeisha Namira



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    89% 89% 52 / 58
  • Tidak
    10% 10% 6 / 58


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Laila Wu