in

Cara Mengukur Jari Untuk Cincin Supaya Tidak Salah Dalam Membeli Cincin

Cincin adalah salah satu aksesoris yang paling banyak digunakan baik itu oleh perempuan atau laki-laki. Cincin tidak hanya sebagai aksesoris fashion namun cincin juga bisa menjadi tanda pengikat acara sakral pernikahan, pertunangan atau lamaran. Namun salah satu kesulitan dalam mencari cincin adalah mengenai ukuran jari. Ketika ingin membeli cincin tentu kita ingin cincin yang dibeli memiliki ukuran yang pas dengan jari. Sayangnya besar jari setiap orang berbeda-beda maka sangat penting untuk kamu bisa tahu ukurannya agar tidak kebesaran apalagi kekecilan.

Jika kamu membeli cincin ke toko perhiasan tentu bisa dicoba sehingga tidak takut kebesaran atau kekecilan. Namun bagaimana dengan kamu yang ingin membeli cincin dari online? Tentu sangat beresiko jika tidak tahu ukuran jari tangan sendiri. Nah bagaimana sih cara mengukur jari untuk cincin? Berikut ini adalah penjelasan yang bisa kamu baca jika kamu ingin mengukur jari tangan sebelum membeli cincin.

Cara Mengukur Jari Untuk Cincin yang Tepat

sumber: pexels

Grameds mengukur jari dengan tepat memang sangat sulit namun ini adalah langkah penting untuk bisa mendapatkan cincin dengan ukuran yang pas dan nyaman. Sering kali mengukur cincin juga salah atau hanya asal mengukur. Berikut ini cara mengukur jari untuk cincin yang tepat.

1. Pilih Jari yang Mau Diukur

Grameds hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memilih jari yang ingin kamu ketahui ukurannya. Biasanya untuk pernikahan atau lamaran perundangan maka jari yang diukur adalah jari manis. Namun jika untuk aksesoris fashion semata kamu bisa mengukur jari yang kamu inginkan.

2. Memilih Waktu yang Tepat

Ketika mengukur jari untuk cincin sangat penting ketika mengukurnya saat suhu tubuh dalam kondisi normal, hal ini karena suhu dingin atau panas bisa mempengaruhi ukuran tubuh termasuk jari. Waktu yang pas untuk mengukur jari adalah malam hari karena cuacanya hangat. Kamu juga bisa mengukurnya beberapa kali pada siang hari, jika ukurannya beda kamu bisa mengambil ukuran yang paling besar.

3. Pilih Metode Pengukuran

Selanjutnya adalah memilih metode pengukuran jari, ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan itu semua sesuai dengan kenyamanan dan kemudahan kamu mengukur. Kamu bisa menggunakan pengukur cincin atau ring sizer, pita pengukur, kertas dan penggaris, atau mengukur dari cincin yang sudah kamu miliki sebelumnya.

4. Baca Ukuran Dengan Tepat dan Ukur Beberapa Kali

Ketika pengukuran sudah selesai dilakukan maka kamu jangan lupa untuk memastikannya kembali dengan tepat, kamu harus membaca ukurannya dengan teliti dalam milimeter untuk akurasi yang lebih baik. Jika kamu ragu dengan hasil yang didapatkan maka kamu bisa mengukurnya beberapa kali dan mengambil ukuran yang paling besar diantara pengukuran yang sudah kamu lakukan.

5. Memperhatikan Faktor Lain

Dalam membeli cincin faktor yang menentukan bukan hanya ukuran jari, namun juga ada pertimbangan lain yang dimiliki setiap orang. Ada preferensi pribadi dimana beberapa orang akan lebih nyaman menggunakan cincin yang agak longgar sedangkan ada juga yang lebih menyukai cincin yang pas. Semua itu tergantung pada preferensi pribadi.

Beberapa Metode Pengukuran Jari

sumber: pexels

Ada beberapa metode pengukuran jari yang bisa kamu coba grameds dan kamu pilih mana yang lebih akurat dan terpercaya. Nah berikut ini beberapa metode pengukuran jari.

1. Menggunakan Pengukur Cincin (Ring Sizer)

Metode ini dapat dikatakan sebagai metode yang cukup akurat untuk mengetahui ukuran cincin. Alat ini biasanya terdiri dari beberapa rangkaian ukuran cincin yang memiliki ukuran berbeda yang bisa kamu coba pasang di jari. Kamu bisa mencobanya satu per satu hingga menemukan ukuran yang pas. Kelebihan alat ini juga kamu bisa dengan mudah membandingkan ukuran satu dengan yang lainnya. Keterangan ukuran bisa kamu temukan pada bagian ring sizer.

2. Menggunakan Pita Pengukur

Pita pengukur atau pita meteran bisa kamu gunakan sebagai pengukur cincin jika kamu tidak memiliki pengukr cincin. Pita meteran yang biasanya dipakai untuk mengukur lingkar dada.

Caranya adalah dengan lilit pita meteran ke jari hingga mengelilingi jari tangan. Kemudian kamu lihat dari angka nol ke angka terakhir di meteran yang menunjukkan nomor berapa.

3. Kertas dan Penggaris

Selain itu jika kamu tidak memiliki pita pengukur maka kamu bisa menggunakan kertas dan penggaris. Cara ini cukup mudah dilakukan hanya dengan siapkan sepotong kertas, gunting, penggaris dan pena. Potong kertas dililit ke jari-jari yang diinginkan. Kemudian beri tanda dengan pena pada titik temu kertas, ambil penggaris dan ukur dari angka nol hingga ke batas tanda pena.

4. Ukur dari cincin sebelumnya

Jika kamu ingin membeli cincin baru, tapi ukurannya masih sama dengan cincin lama yang dimiliki maka kamu tidak perlu repot mengukur. Kamu hanya cukup mengukur diameter cincin yang lama sebagai patokan.

Kamu bisa menempatkan cincin di atas meja rata dan mengambil penggaris dan ditempatkan diatas cincin. Kamu bisa menghitung diameter cincin dari bagian dalam bukan bagian ring terluar. Kamu bisa lihat dari angka nol dan bisa menjadi patokan ukuran ideal.

5. Menggunakan Benang

Grameds metode lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan benang. Kamu bisa menggunakan benang berbahan lembut seperti wol atau benang jahit. Caranya adalah dengan melingkarkan benang ke buku jari namun tidak terlalu ketat atau jangan di kencangkan. Karena buku jari adalah bagian jari yang paling tebal yang nantinya akan dilalui oleh cincin. Lalu kemudian potong benang pada ujung dan ukur dengan menggunakan penggaris

Panduan Ukuran Cincin

Grameds setelah sudah mengukur cincin, Berikut ini ukuran cincin yang biasanya dipakai untuk jari wanita dan pria :

  • 3 = 14 mm
  • 4 = 14,8 mm
  • 5 = 15,6 mm
  • 5.5 = 16 mm
  • 6 = 16,45 mm
  • 10 = 19,8 mm
  • 11 = 20,6 mm
  • 12 = 21,4 mm
  • 13 = 22,2 mm
  • 13.5 = 22,6 mm

Ukuran cincin yang populer dan banyak dibeli oleh para perempuan di pasaran yaitu antara ukuran 5 sampai 7, tapi yang paling sering dibeli adalah ukuran 6. Sedangkan untuk cincin pria, ukuran yang populer di pasaran adalah ukuran 8 hingga 10 setengah, dan yang paling sering dibeli adalah ukuran 9.

Tips Memilih Cincin Nikah atau Tunangan

sumber: pexels

Grameds tentu untuk memilih cincin nikah atau tunangan kamu ingin yang sesuai dan tepat. Jangan sampai cincin yang menjadi simbol malah tidak pas dengan jarimu. Maka dari itu berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih cincin nikah atau tunangan.

1. Tentukan Budget

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membeli cincin adalah menentukan budget. Karena besar kecilnya dana yang kamu miliki tentu akan mempengaruhi cincin seperti apa yang akan kamu dapatkan. Jika dana yang kamu siapkan tidak terlalu besar maka kamu tidak perlu memaksakan untuk cincin yang mewah dan detail yang sulit. Ingat sana grameds bahwa yang terpenting adalah acara yang sakral dan komitmen kamu dan pasangan.

2. Menentukan Band yang Tepat

Dalam memilih sebuah cincin bentuk band sangat penting loh grameds. Band sendiri merupakan bagian cincin yang melingkar pada jari tangan dan terbuat dari emas, perak atau platina. Ukuran Band pada cincin juga berbeda-beda, biasanya untuk laki-laki akan lebih tebal dibandingkan untuk wanita yang tipis. Pemilihan material akan sangat mempengaruhi karena biasanya setiap jenis logam memiliki ketahanan yang berbeda. Semakin murni emas itu makan akan semakin rentan dan lunak bahkan jika tergores oleh kertas sekalipun.

3. Menentukan Mata Cincin

Selanjutnya adalah menentukan mata cincin. Mata cincin adalah bagian permata atau batu mulia yang ingin kamu gunakan pada cincin dan akan diletakan pada band sehingga menjadi cincin yang cantik. Posisi mata pada cincin juga disesuaikan sesuai dengan keinginan dan model pemakaian. Kombinasi yang pas akan menghasilkan cincin yang cantik dan elegan. Biasanya mata cincin yang diinginkan perempuan adalah berlian namun ada juga yang memilih emas atau logam biasa. Ukuran mata nya sendiri juya berbeda-beda sesuai dengan keinginan kita sendiri.

4. Menentukan Tempat Pembuatan Cincin

Grameds, dalam membeli cincin kamu bisa langsung ke toko yang sudah memiliki stok atau kamu bisa ke toko perhiasan khusus custom. Namun sebelum kamu menentukan toko yang akan kamu pesankan cincin kamu harus melihat record dari toko tersebut apakah hasilnya bagus. Agar tidak kecewa kamu bisa mengecek lebih dahulu mengenai pengalaman, status dan testimoni customer lainnya.

Cara Merawat Cincin

Cincin tentu akan memiliki arti dan maknanya sendiri. Maka dari itu cincin harus dirawat dengan baik agar tetap berkilau apalagi jangan sampai hilang. Nah berikut ini adalah cara merawat cincin dengan baik.

1. Melepas Cincin Ketika Melakukan Kegiatan Tertentu

Kamu bisa memulai dengan melepas cincin ketika melakukan aktivitas yang dapat merusak cincin seperti berkebun atau melakukan aktivitas lain yang berat dan bisa menggores cincin. Jika kamu memilih cincin palladium dan platinum maka tidak perlu khawatir akan goresan tersebut dan kamu bisa menggunakannya sehari-hari.

2. Membersihkan Cincin dengan Rutin

Saat ini setiap toko perhiasan pasti bisa memberikan jasa membersihkan cincin. Namun kamu juga bisa melakukannya sendiri dirumah. Kamu bisa menggunakan sabun atau air hangat dengan menggosokan secara perlahan cincin menggunakan sikat yang halus. Kemudian keringkan dan lap dengan menggunakan kain halus untuk menjaga cincin dari goresan.

3. Tempat Penyimpanan Khusus

Mungkin hal ini lebih mudah diabaikan padahal menyediakan kotak khusus penyimpanan dapat membantu menjaga kualitas cincin. Cincin yang ditaruh secara rapi dan teratur pada tempatnya akan terhindar dari kerusakan dan rawan hilang.

4. Jauhkan dari Bahan Kimia

Cincin pernikahan tentu akan digunakan setiap hari oleh wanita. Namun wanita juga tidak bisa lepas dari pekerjaan rumah seperti mencuci piring dan mengepel. Untuk menjaga cincin dengan kualitas yang baik maka sebaiknya jauhkan dahulu cincin dari detergen keras atau pemutih. Hal ini dapat membuat cincin akan rusak secara perlahan jika dilakukan sesering mungkin.

Penutup

Nah Grameds, itu dia adalah tips cara mengukur jari untuk cincin. Sebelum menentukan membeli cincin, sebaiknya kamu mengukurnya agar tidak salah ukuran dan tidak repot harus menukar dan menunggu cincinnya sesuai. Gunakan cincin sesuai kenyamanan kamu baik itu sedikit longgar atau yang pas.

Semua rekomendasi buku yang sudah dijelaskan sebelumnya, bisa kamu dapatkan di Gramedia.com. Gramedia senantiasa menjadi #SahabataTanpaBatas untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Devina

 

Rekomendasi Buku Terkait

CINCIN EMAS DARINYA

CINCIN EMAS DARINYA

button cek gramedia com

Meski bekerja sebagai konsultan pernikahan terkenal bagi para bintang, Kelsey Waters tak percaya pada cinta atau pernikahan. Tapi semua itu berubah saat dia menangkap buket bunga di pernikahan sepupunnya, dan secara ajaib ia menjalani hidup yang berubah, bak cerita dongeng romantis. Sayangnya, itu tak berlangsung lama. Ia terkejut, saat mengetahui sang pangeran di hatinya sudah menikah. Seakan itu belum cukup, Kelsey harus dua pekan bekerja dengannya untuk mengurus pernikahan adik sang pria. Mampukah Kelsey bertahan berada di sisi pria romantis ini selama dua pekan? Akankah dia menyerah pada hasratnya yang bisa membuat segalanya berantakan?

Cincin 2 Surga

Cincin 2 Surga

button cek gramedia com

Sayangi dirimu sendiri yuk, dengan cara berdamai dengan rasa sedihmu, kekecewaanmu bahkan rasa sakitmu. Nikmati setiap belaian rindu sang ilahi yang mengalir di relung hatimu yang paling dalam. Aku tahu, apa yang kamu rasakan saat ini membuat kamu merasa paling hancur. Aku paham bagaimana rasanya. Kamu boleh kok mengeluh bahkan menangis sekalipun, tapi jangan lama-lama ya. Kamu harus paham, rasa sakitmu saat ini adalah bentuk rasa sayang Allah, bentuk rindu akan rengekanmu yang candu. Karena tidak sedikit dari kita yang lalai di saat bahagia. Kenapa Allah berikan rasa sakit itu? Karena Allah ingin kamu kembali dalam dekapan-Nya. Allah bukan tega. Justru, Allah sungguh rindu. Setiap ikatan sebuah rumah tangga pasti surga tujuan utamanya. Namun, ketika aku berusaha menggapainya dengan susah payah, justru Allah malah memberikan 2 pilihan jalan yang berbeda. Aku pasrah, aku memilih berjalan ke arah yang Allah takdirkan untukku. Teruntuk Suamiku, dengan mencintaimu aku belajar banyak hal. Akhirnya aku mengerti bagaimana menemukan cinta yang sesungguhnya dengan hal berbeda.

JANGAN TAKUT MENIKAH

JANGAN TAKUT MENIKAH

button cek gramedia com

Rasulullah saw. telah menganjurkan umatnya untuk mengikuti sunahnya, yaitu menikah. Beliau melarang keras umatnya untuk tidak mengikuti salah satu sunahnya, yaitu menikah. Bahkan, Beliau menyebutnya sebagai bukan bagian dari golongannya jika umatnya tidak mau mengikuti sunahnya ini. “Hendaklah kalian mengawinkan orang-orang sendirian (belum menikah) di antara kalian dan orang-orang yang saleh di antara hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kekayaan kepada mereka dengan karunia-Nya. Allah Mahaluas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. an-Nur: 32) Ayat tersebut memperjelas bahwa harta kekayaan yang cukup dan pekerjaan yang mapan bukanlah tolok ukur yang benar untuk melangkahkan kaki menuju jenjang pernikahan karena Allah swt. telah memberikan rezeki kepada setiap hamba-Nya. Buku ini akan menjadi panduan bagi Anda untuk membuka pintu rejeki dengan pernikahan. Dilengkapi dengan bonus doa minta jodoh dan doa-doa bagi calon pengantin lainnya, buku ini adalah referensi bacaan terbaik bagi Anda yang ingin melangkahkan khaki dengan mantap ke jenjang pernikahan.



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    89% 89% 52 / 58
  • Tidak
    10% 10% 6 / 58


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adila V M