in

10 Ciri Pria yang Memendam Perasaan Cinta

Grameds, apa yang kamu lakukan jika kamu menyukai seseorang? Pria mungkin bisa dengan terang-terangan menyatakan perasaan kepada perempuan yang ia sukai. Hak itu bisa terjadi karena pria memiliki insting memburu, sehingga ia akan melakukan segala cara untuk mendapatkan hati sang perempuan. Namun, ada sebagian pria yang cenderung memendam perasaan karena sesuatu hal. Lalu, apa saja ciri pria yang memendam perasaan? Simak penjelasan artikel di bawah ini.

 

Ciri Pria Memendam Perasaan Cinta

(Sumber foto: www.pexels.com)

Kalau ada pria yang tiba-tiba jadi perhatian, namun ia tidak secara frontal mengatakannya, bisa jadi ia sedang memendam perasaan. Berikut adalah ciri-cirinya:

1. Perhatian Ekstra

Pria yang memberi perhatian ekstra biasanya sangat peduli dengan hal-hal kecil tentang Grameds. Dia mungkin ingat hari ulang tahunmu atau bahkan ulang tahun hewan peliharaanmu, tahu makanan favoritmu, atau selalu ingat detail obrolan kecil yang kalian lakukan sebelumnya.

Dia akan memastikan kamu merasa dihargai dan diperhatikan, sering kali menanyakan kabarmu atau memastikan kamu sudah makan. Bahkan, dia mungkin tahu jika kamu sedang mengalami hari yang buruk hanya dari nada suaramu atau ekspresi wajahmu. Semua ini dia lakukan karena dia ingin membuatmu merasa spesial dan penting dalam hidupnya.

 

2. Sering Menatap

Pria yang sering menatap biasanya punya rasa tertarik yang besar padamu. Kamu mungkin sering menangkap dia sedang memandangmu diam-diam, baik ketika kamu sedang berbicara maupun saat kamu tidak menyadarinya. Tatapannya biasanya penuh perhatian dan lembut, seolah-olah dia ingin tahu lebih banyak tentangmu atau hanya menikmati momen melihatmu.

Kadang, ketika tatapan kalian bertemu, dia bisa jadi akan tersenyum malu atau segera mengalihkan pandangan, namun jelas terlihat kalau kamu adalah pusat perhatiannya. Dia mungkin tidak selalu mengatakan perasaannya dengan kata-kata, tetapi tatapannya sudah cukup untuk memberitahu bahwa dia punya perasaan spesial untukmu.

 

3. Perilaku Gugup

Pria yang berperilaku gugup di sekitarmu biasanya punya perasaan lebih dari sekadar teman. Dia mungkin terlihat canggung, seperti sering menggaruk kepala, memainkan tangan, atau bahkan berkeringat saat berbicara denganmu.

Kadang-kadang, dia mungkin tersenyum atau tertawa tanpa alasan jelas, hanya karena dia merasa senang berada di dekatmu. Perilaku gugup ini juga bisa terlihat dari cara dia berbicara yang terbata-bata atau kesulitan mencari kata-kata yang tepat. Meskipun terlihat aneh atau lucu, semua ini sebenarnya menunjukkan bahwa dia merasa grogi karena dia sangat peduli tentang kesan yang dia berikan padamu.

 

4. Selalu Siap Membantu

Pria yang selalu siap membantu biasanya punya perasaan khusus padamu. Dia akan selalu ada saat kamu butuh bantuan, entah itu hal kecil seperti membawakan barang belanjaan, mengantar ke tempat tujuan, atau bahkan mendengarkan keluh kesahmu.

Dia tidak ragu untuk menawarkan diri meskipun kamu tidak memintanya, dan sering kali, dia akan menjadi orang pertama yang datang saat kamu menghadapi masalah. Kehadirannya yang selalu siap dan tanggap ini bukan hanya karena dia baik, tetapi juga karena dia ingin menunjukkan bahwa kamu bisa mengandalkannya dan bahwa dia peduli denganmu lebih dari sekadar teman.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

 

5. Komunikasi Intensif

Pria yang berkomunikasi intensif biasanya menunjukkan ketertarikan yang besar padamu. Dia sering mengirim pesan, menelepon, atau mencari alasan untuk berbicara denganmu setiap hari. Obrolannya bisa mulai dari hal-hal sepele hingga topik mendalam, dan dia selalu berusaha untuk menjaga percakapan tetap berjalan.

Dia mungkin sering mengomentari status media sosialmu, mengirim meme lucu, atau menanyakan bagaimana harimu. Bahkan saat tidak ada topik penting, dia tetap ingin tetap terhubung denganmu. Komunikasi intensif ini menunjukkan bahwa dia ingin menjadi bagian dari kehidupanmu dan membuatmu merasa diperhatikan dan dihargai.

 

6. Cemburu Tersembunyi

Pria yang cemburu tersembunyi biasanya berusaha keras untuk menutupi perasaannya, tetapi tanda-tandanya tetap terlihat. Dia mungkin tampak tidak nyaman atau sedikit murung ketika kamu berbicara tentang orang lain, terutama jika orang itu lawan jenis.

Meski dia tidak akan mengatakannya langsung, kamu bisa melihat perubahan sikapnya, seperti menjadi lebih pendiam atau memberikan komentar singkat dan datar. Kadang-kadang, dia mungkin berusaha mengalihkan topik atau membuat lelucon untuk menyembunyikan kecemburuannya. Perasaan ini menunjukkan bahwa dia punya perasaan khusus padamu dan tidak suka melihatmu dekat dengan orang lain.

 

7. Mencari Alasan untuk Bertemu

Pria yang mencari alasan untuk bertemu denganmu biasanya punya perasaan khusus. Dia sering mengusulkan kegiatan bersama, bahkan untuk hal-hal sepele seperti menemani belanja, makan siang, atau sekadar ngopi.

Kadang alasannya terkesan dibuat-buat, seperti butuh bantuan dengan tugas kecil atau ingin berbagi sesuatu yang menurutnya menarik. Meskipun terkadang terlihat tidak penting, tujuannya sebenarnya adalah untuk menghabiskan waktu denganmu.

Dia mungkin juga sering muncul di tempat-tempat yang biasa kamu kunjungi, seolah-olah kebetulan. Semua usaha ini menunjukkan bahwa dia sangat ingin berada di dekatmu dan menikmati kebersamaan denganmu.

 

8. Memberikan Pujian

Pria yang sering memberikan pujian biasanya punya perasaan istimewa padamu. Dia tidak ragu untuk memuji penampilanmu, bakatmu, atau bahkan hal-hal kecil yang mungkin tidak disadari orang lain. Misalnya, dia akan bilang betapa cantiknya kamu dengan gaya rambut baru atau betapa hebatnya kamu menyelesaikan tugas sulit.

Pujian-pujiannya tulus dan membuatmu merasa dihargai dan spesial. Dia melakukan ini bukan hanya untuk membuatmu senang, tapi juga untuk menunjukkan bahwa dia memperhatikanmu dengan seksama dan mengagumi banyak hal tentangmu. Pujian yang diberikan adalah cara dia mengekspresikan perasaannya dan membuatmu tahu betapa berartinya kamu baginya.

 

9. Perubahan Perilaku

Pria yang mengalami perubahan perilaku di sekitarmu biasanya sedang menyimpan perasaan khusus. Kamu mungkin melihat dia yang biasanya pendiam jadi lebih banyak bicara atau sebaliknya, yang biasanya ceria jadi lebih gugup dan canggung.

Dia bisa jadi lebih perhatian dan berusaha lebih keras untuk membuatmu tertawa atau merasa nyaman. Kadang, dia juga bisa tiba-tiba menjaga jarak, mungkin karena merasa gugup atau tidak tahu bagaimana mengungkapkan perasaannya. Perubahan perilaku ini sering kali muncul karena dia sedang berusaha memahami perasaannya sendiri dan mencari cara terbaik untuk mendekatimu tanpa membuatmu merasa tidak nyaman.

 

10. Bahasa Tubuh yang Terbuka

Pria yang memiliki bahasa tubuh yang terbuka ketika bersamamu biasanya menunjukkan minat yang besar. Dia mungkin sering menghadap ke arahmu, menunjukkan bahwa dia fokus pada kamu dan ingin terlibat dalam percakapan atau kegiatan yang sedang berlangsung.

Ekspresi wajahnya juga bisa cerah dan ramah ketika kamu berbicara dengannya, dan mungkin dia menggunakan gerakan tubuh yang menunjukkan ketertarikan, seperti mengangguk atau tersenyum lebar.

Postur tubuhnya cenderung santai dan terbuka, menunjukkan bahwa dia merasa nyaman dan senang berada di dekatmu. Bahasa tubuh yang terbuka seperti ini adalah cara alamiah bagi dia untuk menunjukkan bahwa kamu penting baginya dan dia senang berinteraksi denganmu.

Seni Memahami Pria

button cek gramedia com

 

Alasan Pria Memendam Perasaan

Tak semua pria bisa mengekspresikan perasaannya secara “ugal-ugalan” kepada wanita yang disukainya. Pria bisa saja memendam perasaan karena beberapa alasan, yaitu sebagai berikut:

1. Rasa Takut Ditolak

Pria yang memiliki rasa takut ditolak sering kali merasa ragu untuk mengungkapkan perasaannya kepada seseorang yang disukainya. Mereka khawatir bahwa jika mereka menyampaikan perasaan cinta mereka, orang itu mungkin tidak merespons dengan cara yang mereka harapkan, atau bahkan menolak mereka secara langsung.

Rasa takut ini bisa membuat mereka ragu-ragu untuk bertindak, meskipun mereka mungkin memiliki perasaan yang kuat. Mereka mungkin berpikir tentang kemungkinan konsekuensi negatif, seperti membuat suasana tidak nyaman atau merusak hubungan yang sudah baik. Jadi, mereka memilih untuk memendam perasaannya dalam diri mereka sendiri daripada mengambil risiko untuk mengungkapkannya.

 

2. Ketakutan Merusak Persahabatan

Pria yang memiliki ketakutan merusak persahabatan cenderung enggan mengungkapkan perasaan cinta kepada teman dekatnya. Mereka khawatir bahwa jika mereka mengungkapkan perasaan mereka, hal itu bisa mengubah dinamika hubungan mereka dari persahabatan menjadi sesuatu yang lebih rumit atau bahkan membuat temannya merasa tidak nyaman.

Mereka mungkin sangat menghargai persahabatan yang sudah terjalin dan takut kehilangan kedekatan yang mereka miliki jika perasaan cinta mereka tidak direspons dengan baik.

Sebagai hasilnya, mereka lebih memilih untuk menjaga perasaan mereka sendiri dan berharap bahwa hubungan persahabatan mereka tetap utuh dan tidak terpengaruh oleh perasaan cinta yang mereka simpan dalam hati.

 

3. Kurang Percaya Diri

Pria yang memiliki rasa kurang percaya diri sering merasa tidak yakin dengan kemampuannya untuk menarik perhatian atau mencapai perasaan cinta dari seseorang yang mereka sukai.

Mereka mungkin ragu apakah mereka layak mendapat perhatian khusus dari orang tersebut atau mampu membuat orang tersebut tertarik. Rasa ketidakpercayaan diri ini bisa disebabkan oleh pengalaman masa lalu, kurangnya keyakinan pada penampilan atau kepribadian mereka, atau perasaan bahwa mereka tidak cukup baik untuk orang yang mereka sukai.

Karena itu, mereka memilih untuk memendam perasaan mereka daripada mengambil risiko mengungkapkan perasaan cinta mereka. Meskipun mereka mungkin merasa sangat tertarik, rasa kurang percaya diri ini membuat mereka enggan untuk melangkah lebih jauh dalam hubungan itu.

 

4. Tidak Yakin Perasaannya

Pria yang merasa tidak yakin dengan perasaannya sering kali bingung atau ragu apakah perasaan yang mereka miliki benar-benar cinta atau hanya rasa suka biasa. Mereka mungkin merasa campur aduk dan tidak yakin apakah mereka harus mengambil langkah untuk mengungkapkan perasaan itu kepada orang yang mereka sukai.

Ini bisa terjadi karena mereka belum sepenuhnya memahami atau mengenali perasaan mereka sendiri, atau mungkin mereka tidak yakin apakah perasaan tersebut akan bertahan lama atau hanya bersifat sementara. Ketidakpastian ini membuat mereka memilih untuk tidak mengungkapkan perasaan cinta mereka, setidaknya sampai mereka lebih yakin dan yakin dengan apa yang mereka rasakan.

 

5. Situasi yang Tidak Mendukung

Pria yang memiliki situasi yang tidak mendukung seringkali menemui kendala dalam mengungkapkan perasaan cintanya. Contohnya, mungkin ada faktor seperti jarak geografis yang jauh antara mereka dan orang yang mereka sukai, atau mereka berada dalam hubungan yang kompleks atau sulit.

Situasi ini bisa membuat mereka ragu untuk mengungkapkan perasaan cinta mereka karena khawatir bahwa kondisi ini dapat menghalangi atau mengganggu hubungan mereka dengan orang yang disukai. Mereka mungkin berpikir bahwa saat ini bukan waktu yang tepat atau bahwa keadaan tidak mendukung untuk membawa hubungan mereka ke tingkat yang lebih dekat.

Karena itu, mereka memilih untuk memendam perasaan mereka sementara, menunggu saat yang lebih baik atau situasi yang lebih sesuai untuk mengungkapkan perasaan cinta mereka.

 

6. Menunggu Kesempatan yang Tepat

Pria yang menunggu kesempatan yang tepat seringkali memilih untuk menunda mengungkapkan perasaan cintanya kepada seseorang yang mereka sukai. Mereka mungkin merasa bahwa timing atau situasi saat ini belum tepat untuk mengungkapkan perasaan tersebut.

Mereka bisa menunggu momen yang lebih baik, seperti ketika mereka merasa lebih dekat dengan orang yang disukai atau ketika ada kesempatan yang lebih baik untuk membangun hubungan yang lebih mendalam. Ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan, seperti ingin memastikan bahwa perasaan mereka disambut dengan baik atau bahwa keadaan sekitar mendukung pertumbuhan hubungan. Karena itu, mereka memilih untuk sabar dan menunggu kesempatan yang tepat sebelum mengambil langkah lebih jauh.

 

7. Khawatir Dapat Menyakiti Orang Lain

Pria yang khawatir dapat menyakiti orang lain sering kali ragu untuk mengungkapkan perasaan cintanya kepada seseorang yang mereka sukai. Mereka mungkin mempertimbangkan dampak emosional dari ungkapan perasaan mereka, khawatir bahwa jika perasaan cinta mereka tidak dibalas atau hubungan tidak berjalan dengan baik, itu dapat menyakiti perasaan orang yang mereka cintai.

Mereka tidak ingin menjadi penyebab kesedihan atau kekecewaan bagi orang tersebut, jadi mereka memilih untuk memendam perasaan mereka sendiri demi melindungi perasaan orang yang disukai.

Meskipun mereka mungkin sangat ingin mengungkapkan perasaan mereka, rasa tanggung jawab ini membuat mereka berhati-hati untuk tidak menyebabkan penderitaan pada orang yang mereka pedulikan.

Buku Pintar Memahami Pria

button cek gramedia com

 

Tips Menyatakan Perasaan Cinta

(Sumber foto: www.pexels.com)

Berikut adalah tips menyatakan perasaan cinta kepada orang yang kamu suka:

1. Pilih Waktu yang Tepat

Carilah saat yang santai dan private untuk mengungkapkan perasaanmu, jadi kamu dan dia bisa berbicara tanpa gangguan.

2. Mengungkapkan dengan Jujur

Ungkapkan perasaanmu dengan jujur dan langsung, tanpa membingungkan atau menyembunyikan maksudmu.

3. Berbicara dengan Tulus

Jangan takut untuk menunjukkan emosimu. Katakan apa yang kamu rasakan dengan tulus dan dari hati.

4. Hormati Jawabannya

Bersiaplah menerima respons apapun, baik itu positif atau negatif. Penting untuk menghargai perasaan dan keputusannya.

5. Gunakan Bahasa Tubuh yang Terbuka

Tatap matanya, tunjukkan postur tubuh yang santai, dan berikan senyuman hangat. Ini bisa membantu menunjukkan bahwa kamu sungguh-sungguh dalam ungkapan perasaanmu.

6. Persiapkan Diri untuk Kemungkinan Apapun

Ingatlah bahwa reaksi orang yang kamu suka mungkin berbeda dari yang kamu harapkan. Yang terpenting adalah kamu telah mengungkapkan perasaan dengan jujur.

7. Jangan Terlalu Ditunggu

Lebih baik mengungkapkan perasaanmu lebih awal daripada menunggu terlalu lama. Jika kamu merasa benar, lakukanlah.

8. Berikan Ruang untuk Refleksi

Setelah kamu mengungkapkan perasaanmu, berikan dia waktu untuk memproses dan merespons. Hormati kebutuhannya untuk memikirkan jawabannya.

5 Langkah Mendapatkan Cinta

 

Akibat dari Pria yang Memendam Perasaan

Pria yang memendam perasaan pada perempuan bisa mengalami beberapa konsekuensi yang tidak sesuai dengan harapan.

Pertama-tama, mereka bisa merasa frustrasi dan stres karena tidak bisa mengungkapkan perasaan mereka dengan jujur. Ini bisa memengaruhi kesehatan emosional mereka secara keseluruhan.

Selain itu, memendam perasaan juga bisa membuat hubungan dengan perempuan tersebut jadi rumit atau tidak sehat, karena ada ketidakjelasan tentang perasaan di antara mereka. Ada juga risiko kehilangan kesempatan untuk membangun hubungan yang lebih intim atau bahagia dengan orang yang mereka sukai.

Pada akhirnya, memendam perasaan dalam jangka panjang bisa menimbulkan penyesalan jika perasaan tersebut tidak pernah diungkapkan atau dieksplorasi. Oleh karena itu, penting bagi pria untuk mempertimbangkan untuk mengungkapkan perasaan mereka dengan cara yang sesuai dan sehat, untuk menjaga kesehatan emosional dan meningkatkan kemungkinan untuk hubungan yang bermakna.

 

Itulah ciri pria yang memendam perasaan cinta. Walaupun menyatakan perasaan cinta memiliki tantangannya sendiri, Grameds bisa belajar mengembangkan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik agar pernyataan cintamu dapat diterima dengan baik melalui kumpulan buku self improvement yang tersedia di Gramedia.com.



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    92% 92% 1.3k / 1.4k
  • Tidak
    7% 7% 105 / 1.4k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Laila Wu