in

12 Tips PDKT Ke Cewek Lewat Chat Whatsapp

Tips PDKT Lewat Chat – Apa sih PDKT itu?  Bahasa gaul ini sering digunakan oleh kaum remaja yang sedang berbunga-bunga karena jatuh cinta. Istilah PDKT itu adalah kependekan dari “Pendekatan”. Pendekatan ini mempunyai makna lain yakni upaya seseorang dalam mendekati atau mendapatkan perhatian dari sang pujaan hati.

Proses PDKT ini sering dilakukan secara langsung atau juga secara chat melalui sosial media. Meskipun hanya melalui chat saja, ternyata banyak lho yang berhasil mendapatkan pujaan hatinya. Itulah yang disebut dengan the power of chatting.

Melalui chatting-an yang dilakukan setiap hari, diyakini oleh banyak orang dapat membangun chemistry antara kamu dan gebetan kamu. Terutama di era pandemi COVID-19 ini yang mengharuskan kita untuk menjaga jarak dengan orang lain.

Nah, apa saja ya tips PDKT lewat chat supaya kamu dan gebetan bisa saling terus-menerus chatting-an setiap hari?

Yuk simak beberapa tips berikut supaya PDKT kamu lancar!

1. Cari Topik Obrolan yang Asyik

Saat melakukan PKDT lewat chat, kamu tidak melulu menanyakan mengenai apa yang sedang dia lakukan. Kamu juga bisa mengakalinya dengan mencari topik obrolan yang relevan atau bisa mengenai sesuatu yang dia suka.

Jangan terus-menerus basa-basi menanyakan “Kamu lagi apa?”, “Sudah makan atau belum?”, dan lain-lain. Pertanyaan-pertanyaan tersebut sudah basi. Lebih baik kamu mencari topik obrolan yang menarik saja.

Misalnya, gebetan kamu menyukai K-Pop. Nah, tanpa sepengetahuan dia, kamu cari tahu terlebih dahulu mengenai grup K-Pop apa yang dia suka. Lalu, kamu dapat mulai membicarakan grup K-Pop favoritnya tersebut, mulai dari “kapan jadwal comeback mereka”, “rekomendasi lagu dari grup K-Pop tersebut”, dan lain-lain.

2. Jangan Mengatur atas Hobinya

Ini adalah kebiasaan yang selalu dilakukan oleh banyak orang ketika PDKT. Hanya karena kamu dan dia dekat, bukan berarti kamu berhak menggurui atau mengatur atas hobinya ya…

Misalnya, gebetan kamu hobi menonton bola saat malam hari. Maka biarkan saja gebetanmu menonton bola saat malam hari, berikan dia “me time” untuk dirinya sendiri tanpa kamu ganggu.

Nah, setelah ketika keesokan harinya, kamu bisa menanyakannya mengenai bagaimana pertandingan bola yang dia tonton. Untuk cewek-cewek, apabila gebetan kamu meminta “izin” untuk menonton bola bersama teman-temannya, ya biarkan saja dia menikmati waktu tersebut.

Stop memberikan pertanyaan pilihan seperti “Kamu pilih nonton bola daripada aku?”

Dengan memberikan pertanyaan seperti itu, bukanlah cara menjalin hubungan yang sehat. Jika kamu tetap memberikan pertanyaan-pertanyaan menjebak seperti itu, gebetan kamu justru akan ilfeel dan merasa malas untuk melakukan PDKT denganmu lagi.

Contoh lain adalah sama dengan poin sebelumnya, yakni ketika gebetanmu menyukai K-Pop. Untuk cowok-cowok ini terutama, stop menggurui atau mengatur hobi fangirl yang dilakukan oleh gebetanmu. Jangan tiba-tiba berkata bahwa “Cowok K-Pop plastik!

banner-promo-gramedia

Hal itu tentu akan membuat gebetanmu kesal dan justru merasa ilfeel denganmu. Setelah dirinya ilfeel, bisa saja setelah itu dia tidak mau membalas chatmu lagi. Jika seperti itu, PDKT yang kamu lakukan akan berakhir dengan kegagalan, bukan?

tombol beli buku

3. Banyak Bertanya Mengenai Bagaimana Harinya

Apabila topik obrolanmu sudah mulai asik, inilah saat yang tepat untuk kamu membuka percakapan mengenai “Bagaimana harinya”. Biarkan dia bercerita mengenai keseharian atau aktivitas yang dia lakukan pada hari itu.

Kamu juga bisa kok ikut “nimbrung” akan ceritanya tersebut, tetapi jangan malah adu nasib ya!

Maksud adu nasib di sini adalah ketika gebetan kamu sedang bercerita mengenai tugas kuliahnya yang susah, kamu malah membandingkan dengan tugasmu yang sulit juga dengan ungkapan “Alah itu mah masih mending, tugasku nih malah lebih sulit…”

Stop lakukan kebiasaan tersebut, baik kepada gebetanmu atau orang lain.

Alangkah lebih baiknya jika kamu menawarinya bantuan apabila kamu memahami tugasnya. Namun, jika kamu tidak paham akan tugasnya tersebut, tidak apa-apa, kamu dapat mendengarkan ceritanya dan mendukung dia untuk memperbaiki tugas tersebut.

4. Jangan Kaku dan Berikan Humor Lucu

Jika kamu seorang cowok dan tengah melakukan PDKT dengan cewek, perlu diingat bahwa kebanyakan cewek itu menyukai cowok yang humoris. Apabila kamu humoris, kamu akan dianggap sebagai cowok yang menyenangkan dan gak ngebosenin.

Bagaimana caranya biar kamu dianggap sebagai seseorang humoris? Yakni dengan memberikan humor lucu kepadanya. Kamu juga bisa lho sesekali mengirimkan meme lucu untuk mencairkan suasana.

Banyak kok meme lucu yang tersebar di Twitter atau Instagram. Melalui selipan humor dan meme tersebut, kamu dapat menilai apakah selera humor kalian cocok atau tidak.

5. Stop Memberikan Candaan yang Jorok!

Tips ini berlaku bagi semua kalangan, baik kepada cowok maupun cewek yang tengah melakukan PDKT. Tunjukkan kepadanya bahwa kamu adalah memiliki image positif.

Candaan jorok ini biasanya dilakukan oleh kalangan cowok, meskipun tidak menutup kemungkinan beberapa cewek juga sering melakukannya.

Candaan tidak harus selalu berkaitan “nyerempet” pada  dengan hal-hal dewasa atau 18+ kok. Seperti tips sebelumnya, candaan yang baik adalah yang tidak menyinggung siapapun dan kedua belah pihak merasa terhibur serta tertawa.

Apabila kamu terus-menerus memberikan candaan yang jorok, justru dapat membuat gebetanmu ilfeel! Jika dia sudah ilfeel, wah kemungkinan besar proses PDKT-mu kali ini bisa saja gagal.

tombol beli buku

6. Sering Meminta Pendapatnya

Tidak banyak yang menyangka bahwa hanya dengan pertanyaan meminta pendapat gebetan mengenai hal-hal yang akan atau tengah kamu lakukan, dapat membuatnya baper lho…

Misalnya, kamu hendak membeli sepatu, kamu dapat minta pendapatnya mengenai mana sepatu yang bagus. Meskipun hanya hal sepele seperti itu, justru dapat membuatnya merasa dianggap “lebih” di mata kamu.

Setelah meminta pendapatnya, gunakan pendapat tersebut dalam proses mempertimbangkan rencanamu ya. Jangan hanya sekadar basa-basi saja.

banner-promo-gramedia

7. Beri Panggilan Lucu Untuk Dia

Tips ini dapat kamu lakukan ketika proses PDKT-mu sudah berjalan cukup lama. Apabila kamu baru mengenalnya dalam satu minggu, sebaiknya tunggu dahulu tiga hingga empat minggu di mana hubungan kalian sudah cukup dekat.

Panggilan lucu tersebut diberikan supaya kalian terlihat akrab dan hanya kalian berdua saja yang tahu. Bagaimana cara memberikan panggilan lucu untuknya? Kamu dapat mendapatkannya dari ciri fisik, hobi, kebiasaan, atau artis kesukaannya.

8. Kurangi Minta PAP Kepadanya

PAP atau Post a Picture menjadi hal yang biasa dilakukan oleh para muda-mudi, baik kepada teman atau gebetan. Namun, apabila kamu hendak melakukan PDKT kepada gebetan, kurang-kurangi meminta PAP darinya.

Hal tersebut secara tidak langsung menunjukkan manner dan kesopananmu. Jika kamu belum jadian dengannya, lebih baik tunda atau kurangi minta PAP.

Teruntuk cowok, apabila kamu sering minta PAP, yang terjadi adalah gebetanmu dapat berpikir bahwa kamu adalah cowok yang hobi mengoleksi foto cewek cantik saja. Selain itu, tidak semua cewek nyaman atas permintaan PAP tersebut.

 

tombol beli buku

9. Konsisten dalam Menjalin Komunikasi

Tips ini secara tidak langsung mengajak kamu untuk tidak men-ghosting gebetan!

Apa itu ghosting? Ghosting adalah istilah gaul yang kerap digunakan oleh muda-mudi untuk menunjukkan perilaku menjauh atau menghilang secara tiba-tiba dari kehidupan seseorang. Misalnya, kamu dan gebetanmu biasanya rutin melakukan komunikasi setiap hari. Kemudian, tiba-tiba kamu meninggalkannya tanpa alasan dan tidak menghubunginya lagi dalam waktu yang cukup lama. Nah, yang kamu lakukan tersebut adalah ghosting.

Jika kamu serius PDKT dengannya, kamu harus konsisten dalam menjalin komunikasi dengan membalas chat-nya. Stop melakukan drama atau permainan tarik ulur yang dapat membuat gebetanmu bingung!

Apabila tiba-tiba dirimu mengalami suatu situasi di mana kamu tidak bisa memegang ponsel dalam waktu yang cukup lama, misalnya sibuk bekerja atau sedang urusan keluarga, kamu bisa mengatakannya secara jujur kepada gebetanmu.

Jangan biarkan dia menunggu balasan chat-mu ya…

10. Jangan Berlebihan Memberikan Emoji

Dalam chat, biasa terdapat fitur emoji dan sticker. Kamu dapat menyisipi chat-mu dengan beberapa emoji yang lucu. Namun, jangan berlebihan ya…

Berlebihan dalam memberikan emoji bagi sebagian orang justru dianggap sebagai hal yang cringe.

banner-promo-gramedia

Berikan emoji yang lucu dan sesuai dengan konteks chat tersebut. Sebaiknya, hindari pula emoji yang mengarah ke hal-hal negatif.

11. Memasang Foto Profil dengan Wajah yang Jelas

Tips ini berlaku untuk semua fase PDKT, baik sejak awal kenalan hingga hampir jadian. Terutama bagi kamu yang tengah PDKT dengan seseorang yang belum pernah ditemui sebelumnya.

Gunakan foto profil yang menunjukkan wajahmu secara jelas. Boleh-boleh saja menggunakan editan atau filter, tetapi jangan berlebihan ya. Hal tersebut supaya meyakinkan gebetanmu bahwa dirinya sedang melakukan proses PDKT dengan seseorang yang nyata.

12. Ajak Dia Ketemuan dan Jalan!

Tips terakhir adalah dengan mengajaknya ketemuan dan jalan bareng!

Apabila kamu sudah melakukan PDKT dalam waktu yang lama dengan pembahasan yang asyik, segera ajak dia untuk jalan! Dari ajakan jalan tersebut, gebetanmu akan menganggap bahwa kamu adalah seseorang yang serius.

Diskusikan dengan gebetanmu, dimana lokasi untuk ketemuan dan agenda “kencan” tersebut. Tidak perlu yang mahal-mahal, yang penting kamu dan gebetan merasa nyaman untuk bertemu dan jalan di sana.

Nah, itulah beberapa tips PDKT via chat yang pasti dapat mendekatkanmu dengan pujaan hati! Semoga kamu dan gebetanmu dapat segera jadian hingga melangkahkan kaki ke jenjang yang lebih serius! Semangat!

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum