in

Kenali Macam-Macam Obat Alami Sakit Perut yang Manjur

pixabay.com

Obat Alami Sakit Perut – Sakit bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Tak terkecuali sakit di bagian perut yang bisa sangat mengganggu. Karena di dalam perut lah kita dapat mencerna makanan yang menjadi nutrisi tubuh kita. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk tetap menjaga kesehatan terutama perut.

Cara yang pertama adalah dengan menjaga dan mengatur pola makan. Selain menjaga pola makan, untuk menjaga kesehatan perut juga perlu melakukan pola hidup sehat. Dengan begitu bukan hanya badan saja yang akan terasa sehat, tetapi perut pun juga

Namun, jika sakit pada perut sudah menyerang, maka Anda bisa mencoba obat alami sakit perut. Jika Anda belum mengetahui obat alami sakit perut, maka bisa simak artikel ini. Pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang obat alami sakit perut dan juga cara menghindari sakit perut. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, Grameds.

Obat Alami untuk Mengatasi Sakit Perut

 

Saat sakit perut menyerang, aktivitas sehari-hari pun akan terganggu. Rasa tidak nyaman juga akan membuat beberapa harus beristirahat dalam waktu lama. Maka dari itu, Anda harus segera mengobatinya. Jika ragu-ragu untuk meminum obat lantaran belum ada diagnosis medisnya, Anda bisa mencoba mengobatinya dengan bahan alami.

Berikut adalah obat alami sakit perut yang bisa Anda coba:

1. Jahe

Obat Alami Sakit Perut
pixabay.com

Jahe adalah obat alami pertama yang khasiatnya sudah dibuktikan dari zaman dulu. Selain untuk bahan makanan, jahe juga bagus dan enak untuk dijadikan minuman hangat yang menyehatkan. Dalam jahe terdapat kandungan kimia yang berfungsi untuk mengurangi rasa mual dan peradangan. Untuk beberapa jenis sakit perut, jahe juga menjadi obat yang manjur.

Sifat anti inflamasi pada jahe efektif untuk mengurangi rasa sakit di perut. Cara mengonsumsinya yakni bisa dengan menambahkan irisan jahe ke dalam air panas atau teh panas. Apabila tidak bisa mengkonsumsi jahe biasa secara langsung, maka Anda juga bisa mengkonsumsi jahe dalam bentuk kapsul atau bubuk. Ada banyak cara untuk mengkonsumsinya, jadi ketika sakit perut menyerang, Anda bisa segera mendapat pertolongan dari jahe.

2. Susu

Obat Alami Sakit Perut
pixabay.com

Obat alami sakit perut yang kedua adalah susu. Nah, terkadang, sakit perut dapat diikuti dengan rasa nyeri pada kerongkongan yang terasa seperti terbakar, atau munculnya rasa mulas. Susu menjadi obat alami yang dapat mengatasi hal tersebut. Mengapa? Karena menurut ahli gastroenterologi, susu memiliki kandungan yang dapat menetralisir asam yang diproduksi di lambung. Sehingga jika mengalami sakit perut dengan kondisi seperti itu, cobalah untuk mengobatinya dengan susu.

3. Daun Mint

Obat Alami Sakit Perut
pixabay.com

Minyak dari daun mint dapat dijadikan sebagai obat alami untuk sakit perut. Daun mint memiliki sifat antispasmodik, yakni obat yang dapat meredakan menurunkan, atau mencegah terjadinya kejang otot, terutama pada otot polos di dinding usus.

Mengonsumsi daun mint juga dapat membantu Anda meredakan perut kembung dan kram perut. Terutama bagi Anda yang mempunyai sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome). Daun mint juga dapat membuat dinding usus menjadi lebih rileks.

Anda bisa mengonsumsi ekstrak daun mint dalam bentuk kapsul. Terlebih lagi, minyaknya juga bisa dijadikan sebagai pelicin saat pijat bagian perut. Adapun dengan meminum teh daun mint, maka bisa membuat perut terasa akan menjadi lebih nyaman.

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

4. Kayu Manis

Obat Alami Sakit Perut
pixabay.com

Bahan-bahan yang disediakan oleh alam memang sangat bermanfaat untuk dijadikan obat-obatan. Kayu manis selain biasa dipakai untuk bumbu masak juga aman dan bagus untuk mengobati sakit perut. Senyawa antioksidan yang dikandungnya memberikan kesehatan bagi pencernaan dan dapat mengurangi risiko adanya iritasi pada saluran pencernaan manusia.

Selain itu, kandungan lain pada kayu manis ini juga mampu mengatasi gejala perut kembung, sendawa, dan mengeluarkan gas dalam perut. Anda bisa mengonsumsi kayu manis dengan cara membuat teh kayu manis. Cukup tuangkan satu sendok bubuk kayu manis ke dalam satu gelas air mendidih. Lalu, minumlah dua sampai tiga kali sehari untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat sakit perut.

Jika ingin memahami lebih banyak soal obat-obat alami, cobalah membaca buku Gramedia berjudul Obat Alami dalam Buah dan Sayuran berikut ini.

5. Air Kelapa

Obat Alami Sakit Perut
pixabay.com

Air kelapa memiliki banyak sekali manfaat. Selain kaya manfaat, air kelapa juga banyak dikonsumsi lantaran rasanya yang segar dan nikmat. Apalagi jika dinikmati dengan tambahan es, dahaga di siang hari pun dapat terobati. Selain enak, air kelapa juga bermanfaat sebagai obat alami sakit perut.

Kandungan magnesium dan kalium pada air kelapa sangatlah tinggi. Di mana kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk kesehatan otot dan kram perut. Obat alami ini juga bagus untuk mengatasi kurangnya kebutuhan cairan dalam tubuh. Tentu pilihan yang satu ini menjadi yang paling tepat, karena selain rasanya yang enak, juga dapat mengobati sakit perut. Untuk mengatasi rasa tidak nyaman pada perut, Anda bisa mengonsumsinya sebanyak dua atau tiga kali sehari.

6. Cuka Apel

Obat Alami Sakit Perut
pixabay.com

Obat alami sakit perut selanjutnya yakni cuka apel. Selain dapat digunakan sebagai antiseptik, cuka apel juga bisa menjadi alternatif untuk menyembuhkan sakit perut. Cuka juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi pencernaan, membantu menyerap nutrisi, dan juga untuk kesehatan kulit.

Anda bisa mengkonsumsinya sebelum makan jika akan dipakai untuk membantu menyerap nutrisi. Tambahkan cuka satu atau dua sendok teh ke dalam air hangat atau dingin. Pastikan pula cuka yang Anda pakai ialah cuka sari apel murni dan bukan jenis lainnya.

7. Yogurt

Obat Alami Sakit Perut
pixabay.com

Bahan alami yang juga dapat meredakan sakit perut yakni yogurt polos. Cobalah untuk mengkonsumsi yogurt polis ketika merasa tidak nyaman di bagian perut. Yogurt memiliki kandungan probiotik yang berkualitas, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, juga terdapat bakteri alami yang membantu mengurangi rasa nyeri atau sakit pada perut. Jika hendak dipakai untuk menghilangkan atau mengobati sakit perut, sebaiknya makanlah yogurt polos tanpa tambahan gula. Namun, jika Anda ingin memakan yogurt yang agak manis, boleh menambahkan gula namun sedikit saja.

Nah, bila ingin melakukan pertolongan pertama pada sakit, cobalah untuk membaca buku Gramedia berjudul First Aid Pertolongan Pertama Sebelum ke Dokter berikut ini.

8. Teh Chamomile

Obat Alami Sakit Perut
pixabay.com

Teh chamomile juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Jika dikonsumsi dengan baik, maka teh chamomile bermanfaat untuk menenangkan saraf dan juga bagus sebagai obat alami sakit perut. Teh ini dikatakan oleh seorang ahli gastroenterologi, Dr Henry Herrera, mengandung bisabolol yang mempunyai sifat anti peradangan. Juga dapat melemaskan lapisan otot polos yang berada dalam saluran pencernaan.

Selain itu, terdapat pula kandungan matricin dan juga azulene chamazulene dalam teh chamomile. Senyawa tersebut bermanfaat untuk meredakan nyeri pada perut dan juga dapat memberikan efek berupa anti radang.

9. Cengkeh

Obat Alami Sakit Perut
pixabay.com

Cengkeh mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, dan tak hanya untuk mengatasi sakit perut saja. Cengkeh juga dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdahak. Kemudian, ekstrak minyak cengkeh juga biasa dipakai sebagai obat alami untuk mengatasi perut kembung, mual serta muntah, diare, hernia, dan juga bau mulut.

10. Lidah Buaya

Obat Alami Sakit Perut
pixabay.com

Lidah buaya memang sangat kaya manfaat, dan selain untuk kecantikan, nyatanya jenis sakit perut tertentu juga dapat diatasi dengan lidah buaya. Berdasarkan studi, lidah buaya dapat dijadikan sebagai pelancar pencernaan. Kemudian, juga dibuat untuk mengatasi sembelit, kembung, kram peru, dan juga diare. Dalam penelitian, mereka yang setiap hari meminum 10 mililiter jus lidah buaya, dalam kurun waktu 4 minggu mengalami kelegaan gejala GERD atau penyakit refluks gastrointestinal.

11. Air Lemon

pixabay.com

Jika Anda menyukai minuman segar seperti lemon, maka selain mendapat rasa enak dan segar, Anda juga dapat menyembuhkan keluhan pada perut. Ya, minuman segar yang menjadi favorit beberapa orang ini juga dapat membantu meredakan sakit perut. Mungkin bagi sebagian orang bertanya-tanya, mengapa? Bukankah lemon memiliki sifat asam yang kurang bagus untuk lambung.

Lemon dapat meredakan sakit perut ketika keluhan yang dialami adalah perut kesulitan mencerna makanan. Apabila makanan tidak dicerna dengan sempurna, maka perut akan terasa sakit dan muncul nyeri serta sembelit.

Jus lemon ternyata dapat memicu atau merangsang produksi asam, sehingga ikut membantu menghancurkan makanan di perut, dan makanan pun dapat lebih lancar dalam perut.

Adapun cara untuk menghilangkan sakit perut dengan lemon, yakni dengan memeras dan menjadikannya minuman. Anda bisa menambahkan sedikit gula untuk meredam rasa asam pada lemon.

12. Daun Basil

pixabay.com

Bahan alami berikutnya yang juga dapat dijadikan obat alami ketika mengalami sakit perut adalah daun basil. Daun basil biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, namun siapa sangka, ternyata daun ini juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut.

Daun basil memiliki kandungan yang dapat mengurangi gas, menambah nafsu makan, dan juga meredakan kram. Juga bagus untuk memperbaiki saluran pencernaan. Obat alami daun basil juga mengandung eugenol yang bisa meredakan produksi asam pada lambung.

Jika sedang mengalami sakit perut, cobalah untuk 1 atau 2 sendok daun basil ke dalam racikan makanan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menambahkan setengah sendok teh daun basil kering, atau daun basah untuk membuat teh dari daun tersebut. Setelah itu, minum teh untuk meredakan sakit atau nyeri pada bagian perut.

Tips untuk Menghindari Sakit Perut

Obat-obat alami di atas tentu bisa kalian coba untuk meredakan rasa sakit pada perut. Nah, apabila sakit perut sering menyerang, barangkali ada beberapa hal yang seharusnya Anda hindari. Berikut adalah tips penting untuk mencegah munculnya sakit perut.

1. Hindari tidur setelah makan

Seorang ahli gastroenterologi, Dr. Herrera juga mengatakan, ketika berbaring setelah makan, dapat membuat makanan berpindah dari perut ke kerongkongan. Akibatnya, akan muncul rasa nyeri tertekan yang tidak menyenangkan, dan munculnya rasa pahit. Hal ini penting untuk dihindari, sebab berbaring atau tidur sehabis makan sangat rentan terhadap refluks asam.

2. Mengkonsumsi banyak makanan berserat

Serat sangat bagus untuk kesehatan lambung atau pencernaan. Maka disarankan bagi setiap orang untuk memenuhi kebutuhan serat sehari-hari. Selain itu, kandungan serat yang tinggi juga dapat membantu mengatasi sakit pada perut. Terutama bagi Anda yang sering mengalami sembelit, perut kembung atau bergas. Meningkatkan asupan serat dapat membantu meredakan nyeri yang dialami. Serat banyak terkadang dalam biji-bijian, kacang-kacangan, buah, dan juga sereal gandum.

3. Hindari makanan bergas

Perlu Anda ketahui bahwa beberapa sayuran dapat menyebabkan perut mengalami kelebihan gas. Ya, sayuran memang bagus untuk kesehatan. Namun, akan lebih baik jika Anda menghindari sayuran yang bisa menjadi pemicu sakit perut. Sayuran tersebut di antaranya adalah brokoli, asparagus, dan juga kubis. Jadi, pilihlah sayuran lain untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari ya.

4. Cobalah untuk melakukan diet BRAT

Tips berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan diet BRAT. Diet ini biasa dilakukan oleh mereka yang sering mengalami sakit perut. Diet BRAT berarti, Anda akan mengonsumsi makanan yang rendah serat namun memiliki nutrisi tinggi yang bagus bagi penderita sakit perut.

Diet BRAT seperti diet selai apel dan roti bakar, atau juga diet nasi dengan pisang. Pola makan tersebut dapat mengatasi diare dan juga mual. Sebab tak ada satu pun jenis makanan yang mengandung rempah atau garam yang dapat membuat gejala sakit perut semakin parah.

5. Perbanyak minum air putih

Konsumsi air putih setiap hari sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tak hanya bagi mereka yang sakit perut. Tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi pastinya akan mudah lelah dan rentan mengalami sakit. Dehidrasi juga dapat membuat pencernaan kesulitan untuk memproses makanan, sehingga membuat perut lebih mudah sakit. Dengan konsumsi air putih yang banyak, maka akan membantu pencernaan dalam memproses makanan serta minuman yang ada di lambung, sehingga kemungkinan sakit perut dapat ditekan atau dikurangi.

6. Hindari rokok dan juga alkohol

Bagi Anda yang masih banyak merokok dan meminum alkohol, sebaiknya hindari keduanya apabila sering mengalami sakit perut. Rokok dapat mengiritasi tenggorokan, dan juga meningkatkan kemungkinan sakit perut. Apalagi jika Anda keseringan merokok dan sampai muntah-muntah.

Tentu ini menjadi tanda kesehatan perut yang semakin buruk. Sebab rokok dapat mengiritasi jaringan lunak yang sakit akibat asam lambung. Sementara itu, alkohol sulit dicerna, sehingga bisa menjadi penyebab sakit ulu hati dan lapisan perut. Maka dari itu, hindari keduanya demi kesehatan pencernaan Anda.

Nah, itulah tadi beberapa tips untuk menghindari sakit perut. Pastinya, pola makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan pencernaan dan perut. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu menjaga pola makan setiap saat.

Jika sudah terlanjur sakit perut, maka tidak ada salahnya untuk coba meminum obat alami sakit perut terlebih dahulu untuk meredakan nyeri yang dirasakan. Dengan begitu, perut dan pencernaan akan lebih aman. Semoga artikel di atas berguna dan dapat menjadi pengingat supaya kita semua selalu menjaga kesehatan perut dan pencernaan.

Jika kamu ingin mencari tahu lebih banyak tentang bahan-bahan alami yang bisa dijadikan untuk meningkatkan kesehatan dan juga mengalami sakit, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Siti Badriyah

BACA JUGA:

  1. Daftar Best Seller Buku Obat Tradisional 2022 di Gramedia
  2. Tanaman Obat Keluarga: Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya
  3. Apa Itu Tanaman Obat: Sejarah, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya
  4. 10 Obat Alami Sakit Pinggang yang Mudah dan Murah
  5. Jenis dan Manfaat Jamu Serta Penjelasannya
  6. 10 Obat Maag Alami dan Perbedaannya dengan GERD


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda