in

Profil Liz IVE, Si Main Vocal Manis yang Pandai Bernyanyi!

https://ive.fandom.com/wiki/Liz/Gallery

Liz IVE – Kim Ji Won atau Liz mengawali karirnya dalam dunia hiburan Korea Selatan dengan debut bersama dengan girl group dari Starship Entertainment, IVE. Ia bergabung dan diterima untuk menjadi trainee di Starship Entertainment pada tahun 2019 silam. Lalu, ia menjalani masa pelatiham setidaknya selama dua tahun.

Pada 6 November 2021, pihak agensi resmi mengeluarkan penguguman bahwa Lix menjadi anggota kelima dari IVE. Pada akhirnya, tanggal 1 Desember 2021 Liz bersama IVE berhasil melakukan debut dengan membawakan singel bertajuk Eleven.

Lantas, bagaimana profil dan biodata Liz IVE serta bagaimana perjalanan kariernya? Untuk mengetahui akan hal itu, kamu bisa simak ulasan ini sampai selesai, Grameds. 

Biodata & Profil

Liz IVE
https://ive.fandom.com/wiki/Liz/Gallery
  • Nama Lengkap: Kim Ji Won
  • Nama Panggung: Liz
  • Nama Panggilan: Crybaby
  • Posisi: Vocalist
  • Tempat Lahir: Pulau Jeju, Korea Selatan
  • Tanggal Lahir: 24 November 2004
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan: Cheongdam High School
  • Agama: –
  • Zodiak: Scorpio
  • Tinggi Badan: 170 cm
  • Berat Badan: 49 kg
  • Golongan Darah: B
  • Orang Tua: –
  • Saudara: –
  • Pacar: –
  • Profesi: Penyanyi, Penari, Model
  • Hobi: Menari
  • Facebook:-
  • Twitter: –
  • Instagram:-
  • TikTok:-
  • YouTube:-

Liz IVE

liz ive
https://ive.fandom.com/wiki/Liz/Gallery

1. First Impression Liz IVE

Banyak penggemar yang mengira bahwa Liz bukanlah berasal dari Korea Selatan karena foto profilnya justru sama sekali tak menunjukan wajah Koreanya. Ia dikenal sebagai penyanyi yang baik dan menjadi vokalis utama.

Fans internasional sangat banyak yang menjadi penggemarnya karena selain memiliki suara yang indah, ia juga memiliki paras yang mempesona.

2. Debut Liz Bersama IVE

Liz debut bersama dengan IVE pada 1 Desember 2021 dengan merilis single yang bertajuk ELEVEN. IVE beranggotakan 5 gadis cantik nan bertalenta, yaitu Jang Wonyoung, An Yujin, Gaeul, Rei, Liz, dan Leeseo.

Single tersebut berhasil membawa IVE untuk sukses di pasaran baik pasar Korea Selatan maupun mancanegara.

IVE sukses melampau rekor ITZY sebagai girl group tercepat dalam meraih kemenangan acara musik setelah debut.

Jika dihitung secara keseluruhan, “ELEVEN” telah berhasil mendapatkan 13 kemenangan dari berbagai acara musik serta berhasil menduduki posisi pertama di tiga stasiun penyiaran ternama, yaitu KBS, SBS dan MBC.

Menurut perhitungan dari Hanteo Chart, single “ELEVEN” telah terjual hingga 152.229 copy dalam minggu pertama. Angka tersebut menjadi jumlah penjualan album yang paling tinggi dari artis yang debut pada tahun 2021 di Korea Selatan. Setelah berhasil melampaui 100 juta streaming, single “ELEVEN” pun memperoleh sertifikasi Platinum dari Circle Chart.

3. Love Dive dan After Like Menguasai Tangga Lagu

liz ive
https://ive.fandom.com/wiki/Liz/Gallery

Pada 5 April 2022, IVE kembali menghibur para penggemarnya dengan merilis single album “Love Dive”. Dengan kesuksesan besar dari “Eleven”, IVE mengaku merasa memiliki tekanan tersendiri saat melakukan comeback dengan “Love Dive”. “Bohong rasanya bila berkata bahwa tak ada tekanan. Pada waktu debut kami, aku berpikir, ‘Apakah para penggemar akan suka?’. Saat ini, karena kami memperoleh banyak sekali dukungan, aku jadi mempunyai kekhawatiran yang berbeda. Kami berussaha menunjukkan citra yang sebanding dengan jumlah cinta yang kami dapatkan, jadi tolong berikanlah lebih banyak cinta,” ungkap Liz dalam acara comeback showcase “Love Dive”.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Walaupun merasakan tekanan, IVE berhasil mendapatkan kesuksesan yang lebih besar melalui “Love Dive”. Dilansir dari Hanteo Chart, “Love Dive” telah terrjual hingga 338.141 copy hanya dalam minggu pertama penjulan. Jumlah tersebut terhitung dua kali lipat lebih tinggi apabila dibandingkan dengan penjualan single “ELEVEN”. Selain itu, “LOVE DIVE” juga berhasil merajai tangga lagu Korea Selatan dan internasional hingga berbulan-bulan.

Di samping itu, single ini juga berhasil meraih 10 kemenangan di acara musik serta mendapat triple crowns. IVE juga memperoleh predikat sebagai Triple Platinum melalui “Love Dive” setelah single tersebut terjual hingga lebih dari 750 ribu copy.

Dalam kurun waktu enam bulan setelah debutnya, IVE telah berhasil menjual total hingga lebih dari 1 juta eksemplar hanya dengan merilis dua single album saja. Oleh sebab itu, IVE meraih prestasi sebagai grup K-Pop generasi keempat yang menjual lebih dari 1 juta copy album tercepat di Gaon dan mendapatkan gelar sebagai “Million Seller”.

Tak cukup sampai di situ, pada 22 Agustus 2022 IVE melakukan comeback ke-2 melalui “After LIKE”. IVE kembali meraih kesuksesan melalui dirilisnya “After LIKE” yang mendapatkan sertifikasi “Million” dari Korean Music Contents Association (KMCA) karena berhasil terjual sebanyak 1 juta copy di Circle Chart.

Selain itu, IVE juga memperoleh Perfect All-Kill pertama mereka melalui single ini. “After LIKE” bahkan berhasil melampaui rekor “Eleven” dengan mendapatkan 14 kemenangan dalam berbagai acara musik.

Dengan prestasi dan rekornya yang sangat mengagumkan, IVE berhasil dianugerahi penghargaan tertinggi arau Daesang  Song of the Year dari berbagai ajang penghargaan. Di antaranya ialah:

  1. Asia Artist Awards 2022
  2. Golden Disc Awards 2023
  3. Mnet Asian Music Awards 2022
  4. Melon Music Awards 2022.

4. Posisi Liz IVE Dalam Grup

Salah seorang teman Liz mengungkapkan bahwa Liz sangat pandai dalam bidang bernyanyi. Dalam festival sekolah, Liz pernah membawakan lagu Four Seasons dari Taeyeon SNSD. Dilansir dari Naver, dalam girl group IVE, Liz akan ditempatkan dalam posisi sebagai vokalis. Fans global juga telah menanti-nantikan kemampuan Liz ini.

Sepertinya di dalam grup, Liz temasuk di dalam maknae line. Saat ia diumumkan sebagai member keempat, di twitter tagar #wonyoungunnie langsung menjadi trending di berbagai belahan dunia. Netizen masih tak menyangka bahwa sekarang sudah saatnya ada idol yang berusia lebih muda dari Jang Won Young yang lahir pada 2004, karena umur mereka hanya terpaut beberapa bulan. Liz sendiri mengakui bahwa dirinya memang cukup akrab dengan Won Young.

5. Dekat Dengan Park Sun

Park Sun merupakan trainee Starship selama periode 2019 hingga 2020. Park Sun sebelumnya turut berpartisipasi dalam program survival Idol School (2017) dari Mnet.

Sekarang ini, Park Sun berada di bawah agensi aktris Starship, yaitu King Kong. Menurut pengakuan dari salah seorang teman sekolah Liz, Park Sun dan Liz kerap kali bergaul dengan akrab.

6. Punya Kemiripan Dengan Banyak Idol

Dalam foto profil yang diunggah oleh Starship Entertainment, Liz IVE terlihat memakai gaya rambut poni depan dengan rambut blonde panjang. Banyak warganet yang mengira bahwa dirinya merupakan kombinasi dari Minnie G-idle dengan Yoon STAYC.

7. Teman Sekolah Berikan Dukungan

Beberapa teman sekolah Liz mengungkapkan bahwa Liz merupakan tipe orang yang pendiam dan menggemaskan. Sebenarnya Liz jarang menggunakan dan jarang juga menyemir rambutnya. Akan tetapi, pada suatu hari ia tiba-tiba  datang ke sekolah dengan rambut yang diwarnai blonde. Dua minggu setelah itu, Liz memilih untuk resign dari sekolah karena ingin fokus kepada promosi grup.

Di sekolah, Liz telah dikenal sebagai sosok murid yang memiliki paras cantik. Beberapa orang bahkan mengatakan bahwa penampilan Liz lebih cantik dari foto yang dibagikan. Ia juga dikenal oleh banyak orang walau bukan termasuk tipe orang yang gemar mengobrol. Menurut pengakuan dari temannya, Liz juga pernah meraih penghargaan dalam bidang olahraga dari sekolah.

8. Pendidikan Liz IVE

Lahir dan besar di Pulau Jeju, Korea Selatan, Liz menduduki bangku sekolah dasar di Halla Elementary School, lalu melanjutkan di Halla Middle School. Terakhir, Liz masuk SMA di Choengdam High School sebelum memutuskan untuk fokus dalam girl group.

Selama di sekolah mengenah, Liz juga turut berpartisipasi di klub tari sekolah. Saat akhirnya ia di terima sebagai trainee oleh Starship Entertainment, semua temannya merayakan peristiwa tersebut. Liz juga harus pindah sekolah atas permintaan dari perusahaan. Teman kelasnya ketika di sekolah menengah mengakui bahwa mereka menangis bersama saat mengetahui bahwa Liz harus pindah ke sekolah di Seoul.

Fakta Menarik Liz IVE

liz ive
https://ive.fandom.com/wiki/Liz/Gallery
  1. Liz lahir dan dibesarkan di Pulau Jeju.
  2. Ia pindah ke Seoul untuk menjadi trainee Starship Entertainment.
  3. Warna signature-nya adalah orange dan kata yang mewakilinya adalah “TASTE”.
  4. Ia memiliki seorang adik laki-laki.
  5. Selain itu, ia juga mempunyai 2 ekor kucing peliharaan.
  6. Pertama kali ke Seoul, ia masih menempuh pendidikan di SMP. Namun kemudian ia mengikuti ujian penyetaraan (GED) tingkat SMA.
  7. Sebelum debut, ia pernah tampil di MV milik Taeyeon untuk lagu berjudul ‘This Christmas’ pada tahun 2017. Ditambah lagi, Taeyeon merupakan sosok panutannya.
  8. Ia dikenal sebagai anggota IVE dengan kemampuan menari yang sangat luar biasa.
  9. Selain menghabiskan waktunya untuk menari, ia juga suka berolahraga, khususnya olahraga CrossFit.
  10. Daya tarik yang ia miliki terdapat di lesung pipi kirinya. Ia juga memiliki tahi lalat di dekat alis kirinya.
  11. Ia dinilai sebagai sosok yang pemalu namun anggota IVE lainnya menyebutnya sebagai sosok yang mudah bercanda jika sudah akrab.
  12. Kemampuan musiknya juga tidak kalah menarik karena ia mampu memainkan piano.
  13. Nama panggungnya diambil dari nama panggilan tokoh dalam novel Pride and Prejudice.
  14. Ia tidak bisa berenang.
  15. Anggota IVE memilihnya sebagai anggoga yang paling cocok untuk menjadi Youtuber mukbang.
  16. Ayahnya pernah mengirimi parsel khusus jeruk di depan asramanya.
  17. Ketakutannya adalah terhadap petasan.
  18. Ia memiliki nama panggilan untuk Wonyoung, yaitu Princess. Sedangkan nama panggikannya untuk Rei adalah Darling.
  19. Ketika sedang berbicara, mukanya lebih mudah memerah.
  20. Ia pernah hidup satu kamar dengan Rei ketika masih menjadi trainee.
  21. Ia selalu merasa grogi ketika memesan makanan.
  22. Pada video debut IVE, ia meminum pil relaksasi karean ia mudah grogi.

Demikian pembahasan seputar Liz IVE. Semoga semua pembahasan di atas dapat menginspirasi kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Saat ini, sudah ada banyak buku yang membahas seputar K-pop. Jika ingin mencari buku seputar K-pop, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

1. Kpop Party

K-Pop telah ada sekitar empat generasi. Generasi pertama dimulai oleh H.OT, G.O.D, S.E.S, Sechs Kies, Turbo, dan lainnya sebagainya. Rata-rata, mereka melakukan debut pada tahun 1990 hingga awal tahun 2000an. Kemudian, generasi pembaharuan K-Pop muncul pada tahun 2000-an dan ditandai dengan munculnya idol band-idol band populer seperti TVXQ, Super Big Bang, Super Junior, Girl’s Generation, 2NE1, dan lain sebagainya.

Generasi kedua ini berhasil mendunia seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang kian modern. Selera masyarakat dunia juga makin terpenuhi dengan berbagai lagu yang dirilis oleh grup-grup idola generasi kedua ini. Intinya, generasi kedua merupakan generasi pembaharu sekaligus generasi pembeda dari generasi sebelumnya serta pembuka jalan bagi generasi berikutnya.

Tak puas dengan kesuksesan generasi kedua, setelah tahun 2010 banyak terbentuk grup generasi ketiga dari K-Pop dan hingga saat ini masih banyak band dari berbagai agensi yang terbentuk dan hilang satu per satu dari hasil seleksi alam. Produk generasi tiga yang banyak dikenal masyarakat luas ialah EXO, BTS, Red Velvet, TWICE, Blackpink, dan lain sebagainya.

Buku ini tak akan membahas seluruh grup K-Pop yang pernah ada, tetapi sekadar mengambil sampel supaya Grameds yang masih awam dengan dunia K-Pop bisa sedikit banyak lebih mengerti.

2. All About Kfood in Kpop, Kdrama, dan Kvariety

Segala sesuatu perihal Korea Selatan memang berhasil menarik perhatian dari masyarakat mancanegara. Baik dari segi musik, drama, fashion, skin care, make up, hingga makanan Korea yang berhasil membuat banyak orang di seluruh dunia tertarik dan selalu ingin tahu lebih banyak mengenai budaya Korea Selatan.

Banyak makanan yang tentunya cukup populer dan memang disukai oleh banyak orang di Korea Selatan. Seperti ayam goreng khas Korea yang kelezatannya telah mendunia hingga sundubu jjigae atau sup tahu hangat yang nikmat.

Nah, pasti Grameds sudah tidak asing lagi kan dengan makanan khas Korea Selatan? Kuliner Korea Selatan menjadi viral dan sangat popular di seluruh dunia, terutama ketika para K-Pop idol turut memperkenalkan makanan favorit mereka. Kira-kira, apa saja makanan khas Korea Selatan yang disukai oleh para idol K-Pop? Let’s check this out!

3. Bahasa Korea Untuk Kpopers

Budaya Korea atau hallyu pada saat ini semakin saat ini semakin populer, terutama dalam dunia K-pop. Berbagai grup, seperti Blackpink, TWICE, Red Velvet, IZ*ONE, dan lain sebagainya digandrungi oleh masyarakat insternasional termasuk Indonesia. Lagu-lagu K-pop juga telah kerap diputar dan dinyanyikan, terutama oleh para penggemar K-pop. Melihat hal tersebut, penulis memiliki niat untuk mengajak pembaca terutama K-Popers untuk belajar mengenai tata bahasa Korea sehingga bisa memahami makna dari berbagai lagu yang dinyanyikan oleh para artis k=pop.

Buku ini mengajak pembaca untuk memahami sejarah Hangeul, huruf-huruf Korea dan berbagai cara pengucapannya, angka Korea dan penggunaanya, serta belajar tata bahasa Korea yang disertai dengan contoh penerapannya dalam lirik lagu k-pop. Selain itu, juga disajikan kosakata dan contoh percakapan dengan bahasa Korea.

Rujukan:

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.