in

Rekomendasi Film Action Korea yang Bikin Jantung Berdebar

The Movie Database, The Korean Lass, IMDb

Film Action Korea – Ketika kamu memiliki waktu luang, maka kamu bisa mengisinya dengan berbagai macam kegiatan yang menyenangkan dan kamu sukai. Salah satunya yaitu dengan menonton film.

Menonton film memiliki banyak manfaat. Beberapa di antaranya yaitu menghilangkan penat, memberikan ide dan juga inspirasi, meningkatkan perasaan senang, hingga menambah pengetahuan baru.

Film pun memiliki banyak jenisnya, mulai dari romansa, drama, horor, aksi, dan lain sebagainya. Namun, dari banyaknya genre film yang ada, menonton film dengan tema aksi atau action dipercaya bisa membuat yang menontonnya terhibur.

Selain karena aksi yang dipertontonkan, alur cerita hingga penghayatan pemerannya pun memberikan kesan tersendiri bagi penonton. Belum lagi jika sang aktor memerankan perannya dengan sangat baik. Maka sudah pasti kita akan terbawa ke dalam suasana film yang menegangkan hingga membuat gemas sendiri.

Tak heran, jika pengalaman paling menyenangkan saat menonton film action adalah saat kita terpesona oleh cerita yang ditawarkan dan merasa terikat dengan karakternya. Dari banyaknya tontonan film laga, film action Korea menjadi salah satu film yang banyak digandrungi oleh masyarakat saat ini.

Film action Korea ini memiliki kualitas yang sangat baik. Hal ini karena filmnya yang orisinil, kompleks, dan kemampuan memadukan setiap elemen film yang dibutuhkan.

Film-film dari Negeri Gingseng tersebut memiliki dampak yang sangat besar dengan energi dan aksinya yang memukau. Ciri khas dari film action tentu terletak pada ritme dan kecepatan yang luar biasa.

Biasanya, dalam film terdapat tokoh pahlawan dan penjahat. Semua tokohnya juga dirancang secara rinci agar penonton merasa ikut terlibat dalam konflik yang ada.

Setelah dikenal di dunia internasional, film action Korea memiliki potensi yang semakin besar untuk dikembangkan. Kebanyakan, film laga dari negeri yang memiliki 4 musim ini merupakan pencampuran genre action dengan genre lainnya, seperti sci-fi, thriller, drama kriminal, perang, horor, dan lain sebagainya.

Saat ini, banyak juga film action Korea yang masuk ke dalam jajaran box office karena kualitasnya yang sangat baik. Kamu juga bisa menonton film-film ini untuk mengisi waktu luangmu.

Lantas, apa saja rekomendasi film action Korea yang bisa dinikmati saat waktu luang? Berikut ulasannya.

Deretan Film Action Korea untuk Dinikmati di Waktu Luang

1. The Outlaws

Film Action Korea
asianwiki.com
  • Sutradara: Kang Yoon Sung
  • Pemeran: Dong-Seok Ma, Kye-Sang Yoon, Jae-yoon Jo
  • Tanggal Rilis: 6 Oktober 2017

Rekomendasi film action Korea yang bisa dinikmati saat waktu luang yang pertama berjudul The Outlaws. Film aksi kejahatan ini menceritakan bagaimana upaya seorang detektif dari Seoul untuk menjaga perdamaian ketika perang terjadi.

Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata yang terjadi sekitar tahun 2007. Peristiwa tersebut dijuluki sebagai “Insiden Heuksapa”.

Alur cerita pada film ini mengikuti kejadian perang yang terjadi antara geng lokal dan geng imigran. Geng tersebut adalah Garibong-dong di Distrik Guro, Seoul dan geng Heuksapa dari Yanbian, Tiongkok.

Geng Heuksapa adalah sebuah geng yang dibentuk oleh kelompok imigran Tiongkok untuk menguasai daerah di Seoul, Korea Selatan. Tragedi ini dimulai ketika seorang rentenir bernama Jang Chen memberi Dok Sa uang untuk diutangkan.

Jang Chen pun menganiaya anak buah Dok Sa. Polisi yang mengetahui hal itu pun bertekad untuk menyudahi kekuasaan para gangster.

Akhirnya, mereka menyusun rencana untuk menangkap Jang Chen beserta seluruh anak buahnya. Ma Dong Seok, yang berperan sebagai detektif Ma Suk Do pun ikut terlibat dalam pengamanan ini guna mengakhiri konflik.

2. The Villainess

Film Action Korea
IMDb
  • Sutradara: Jung Byoung Gil
  • Pemeran: Ok-Bin Kim, Ha-Kyun Shin, Jun Sung
  • Tanggal Rilis: 8 Juni 2017

Film aksi yang satu ini cukup berbeda karena diceritakan menggunakan perspektif orang pertama. Film ini menceritakan tentang Sook Hee, seorang pembunuh terlatih, yang diperankan oleh Kim Ok Bin.

Sook Hee sendiri memulai pelatihannya sejak dia kecil, ketika berada di yanbian, Tiongkok. Namun, setelah kematian mentornya, dia justru mendapat kesempatan untuk memulai hidup baru.

Namun ternyata, hal itu tidaklah diberikan secara percuma. Sebagai syaratnya, dia harus pergi ke Korea Selatan sebagai agen untuk pemerintah. Sook Hee pun dijanjikan kebebasan dalam sepuluh tahun setelah kontraknya selesai.

Di tengah perjalanannya, dia bertemu dua pria bernama Joong Sang dan Hyun Soo. Rupanya, keduanya ini muncul dalam kehidupan Sook Hee yang baru.

Seiring berjalannya waktu, secara perlahan Sook Hee mengungkapkan rahasia kelam tentang masa lalunya. Konflik pun menjadi semakin menegangkan lantaran adanya ikatan emosional tentang keluarga yang bertabrakan dengan profesi Sook Hee yang sebenarnya.

3. Midnight Runners

Film Action Korea
The Korean Lass
  • Sutradara: Joo Hwan Kim
  • Pemeran: Seo-Jun Park, Ha-Neul Kang, Ha-Seon Park
  • Tanggal Rilis: 25 Agustus 2017

Midnight Runners bercerita tentang dua orang teman, Park Ki Joon dan Kang Hee yeol yang merupakan mahasiswa baru dari Universitas Kepolisian Korea atau Korea National Police University.

Keduanya memiliki latar belakang keluarga yang sangat berbeda dan berseberangan. Namun, alih-alih bermusuhan, keduanya justru mendapati banyak kecocokan. Meski bukan merupakan siswa terbaik, tetapi ketulusan mereka tak bisa diragukan lagi.

Adegan mulai semakin menegangkan ketika memasuki menit pertengah. Ki Joon dan Hee Yeol menemukan dirinya dalam perlombaan tanpa akhir untuk melawan waktu.

Suatu hari, dua sekawan ini menyaksikan seorang perempuan muda yang diculik oleh sekelompok orang. Mereka pun mencoba untuk membuat laporan ke polisi. Sayangnya, saat itu aparat bekerja dengan sangat lambat.

Dua calon polisi ini pun memutuskan untuk bekerja sendiri dengan menggunakan pengetahuan mereka. Keduanya juga berkeinginan untuk menyelamatkan perempuan tersebut. Hal yang lebih mengejutkan adalah karena ternyata kasus penculikan ini melibatkan kelompok mafia.

4. Extreme Job

Film Action Korea
IMDb
  • Sutradara: Lee Byeong Heon
  • Pemeran: Ryu Seung Ryong, Lee Hanee, Jin Seon Kyu
  • Tanggal Rilis: 21 Juni 2019

Ketika kamu sudah suntuk melakukan berbagai pekerjaan. Maka tak ada salahnya untuk menonton film aksi, seperti film Extreme Job. Film ini menceritakan tentang sekelompok detektif yang mencoba menangkap kelompok penjahat ulung.

Kelompok tersebut adalah detektif narkotika muda yang dipimpin oleh Kapten Ko, diperankan oleh Ryu Seung Yong. Dia dan anak buahnya ditawari satu kesempatan untuk mempertahankan kariernya setelah kegagalan dalam misi terakhir.

Mereka ditugaskan untuk melakukan pengawasan rahasia terhadap geng narkotika internasional. Mereka pun memilih untuk mengintai penjahat-penjahat tersebut dari sebuah kedai ayam goreng.

Demi menjalankan misinya, mereka menyamar menjadi pengusaha dan pegawai kedai ayam goreng tersebut. Namun, hal tak terduga malah terjadi. Berkat resep ayam dari sang detektif, kedai ayam itu pun laris manis dan mengubah kedai kumuh menjadi restoran yang diminati di seluruh kota.

Upaya penangkapan penjahat pun menjadi tidak fokus lagi karena mereka harus mengurus kedai ayam. Film ini dipenuhi oleh dialog-dialog lucu dan mengocok perut. Para aktor pun berhasil menampilkan kekonyolan karakter yang dimainkannya.

5. The Man from Nowhere

Film Action Korea
IMDb
  • Sutradara: Lee Jeong Beom
  • Pemeran: Won Bin, Kim Sae Ron, Kim Tae Hoon, Kim Hee Won
  • Tanggal Rilis: 4 Agustus 2010

Film ini bercerita tentang jual beli obat-obatan terlarang. Namun, yang membuatnya berbeda adalah karena film ini mengedepankan beberapa aksi heroik.

Jeong So Mi, yang diperankan oleh Kim Sae Ron, merupakan seorang gadis mungil pemilik toko gadai. Dia memiliki seorang ibu yang bernama Hyo Jeong. Ibu So Mi ini dicurigai mencuri obat terlarang milik sebuah kelompok mafia besar.

Kelompok mafia itu pun memburu ibu So Mi dengan menggeruduk rumahnya. Tae Sik, diperankan Won Bin, yang mendengar kerusuhan di rumah tetangganya pun akhirnya menghampiri mereka.

Namun, karena kelompok mafia tersebut tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan, mereka pun menculik So Mi dan Ibunya. Tae Sik yang ingin menyelamatkan keduanya pun justru dijebak ke dalam permainan yang lebih sulit.

Tae Sik sempat ditangkap polisi sebelum akhirnya nekat kabur dari penjara hanya untuk mencari So Mi. Dia pun sempat menemukan Hyo Jeon dalam keadaan tewas, saat itu lah Tae Sik menyadari bahwa So Mi juga dalam bahaya. Untuk mendapat informasi, Tae Sik pun memutuskan untuk kembali ke kelab malam dimana Hyo Jeon mencuri obat-obatan tersebut.

6. Veteran

Film Action Korea
IMDb
  • Sutradara: Ryu Seung Wan
  • Pemeran: Hwang Jung Min, Yoo Ah In, Yoo Hae Jin
  • Tanggal Rilis: 5 Agustus 2015

Film Veteran digadang-gadang sebagai salah satu film komedi action terlaris sepanjang masa ke-5 dalam sejarah perfilman Korea Selatan. Pada tahun 2015, film ini juga memenangkan Casa Asia Award di Sitges Film Festival.

Film ini mengisahkan tentang seorang detektif tangguh, Seo Do Cheol (Hwang Jung Min), yang tanpa ampun dalam memberantas kejahatan. Namun, dia mendapat kesulitan saat menyelidiki kasus tingkat tinggi.

Setelah diselidiki, ternyata kasus kejahatan tersebut mengarah kepada Jo Tae Oh, yang diperankan oleh Yoo Ah In. Jo Tae Oh adalah jutawan muda arogan yang merupakan pewaris ketiga keluarga konglomerat Sinjin Group.

Ternyata, sekuat dan sehebat apapun Seo Do Cheol, dia tak pernah berhasil menangkap Jo Tae Oh. Hal ini karena Tae Oh selalu berhasil lolos berkat kekayaan dan koneksi yang dimilikinya. Selain menggambarkan cerita detektif yang seru, film aksi komedi ini pun menyuguhkan adegan kocak setiap karakternya.

7. Confession of Murder

IMDb
  • Sutradara: Byung Gil
  • Pemeran: Jung Jae Yeong, Park Shi Hoo, Jung Hae Kyung
  • Tanggal Rilis: 8 November 2012

Film Confession of Murder bercerita tentang Lee Doo Suk, seorang pembunuh berantai yang telah lepas dari hukumannya. Ketika undang-undang pembatasan waktu tahanan berakhir, dia menerbitkan sebuah buku yang mengisahkan tentang dirinya sendiri.

Buku tersebut berjudul “I’m A Killer”. Buku yang menjelaskan semua pembunuhan yang telah dilakukannya secara rinci ini pun disukai banyak orang dan menjadi buku yang laris.

Detektif Choi, yang pernah menyelidiki kasus pembunuhan yang Dook Suk lakukan 15 tahun lalu pun kembali memulai penyelidikannya. Dia masih berusaha menangkap Dook Suk setelah gagal membawa orang tersebut ke meja hijau. Padahal sebelumnya, detektif Choi pernah hampir mati karena kalah bertarung dengan Dook Suk.

Detektif Choi merasa marah karena melihat pelaku pembunuhan menjadi orang terkenal dan hanya meminta maaf secara publik tanpa melalui proses hukum. Di sisi lain, muncul pembunuh baru yang menimbulkan keraguan pada benak detektif Choi, apakah benar Dook Suk merupakan pembunuh berantai yang sebenarnya?

8. Memories of Murder

Film Action Korea
IMDb
  • Sutradara: Bong Joon Ho
  • Pemeran: Kang Ho Song, Kim Sang Kyung, Roe Ha Kim, Jae Ho Song
  • Tanggal Rilis: 2 Mei 2003

Film Memories of Murder dibuat berdasarkan kisah nyata tentang pembunuhan berantai pertama dalam sejarah Korea. Film ini juga mengambil latar peristiwa tahun 1980-an dan 1990-an.

Karya Bong Joon Ho ini bercerita tentang tiga detektif yang sedang memecahkan serangkaian kasus pembunuhan misterius di sebuah desa terpencil. Detektif tersebut adalah Park Doo Man dan Cho Yong Koo yang dibantu oleh Seo Tae Yoon.

Mereka hanya memiliki sedikit petunjuk untuk melakukan penyelidikan. Namun, setelah korban ketiga ditemukan, mereka mulai menemukan petunjuk. Pelaku hanya melancarkan aksinya saat hujan, saat korban menggunakan pakaian berwarna merah, dan saat lagu-lagu tertentu diputar di saluran radio lokal.

Film ini menjadi salah satu karya terbaik dari sang sutradara sebelum hadirnya film parasite. Film Memories of Murder disajikan dengan sangat baik, mulai dari komedi, misteri, hingga terkadang horor. Setiap adegan yang dilakukan aktornya pun sering kali sulit ditebak dan justru menampilkan hal-hal yang tak terduga.

9. Cold Eyes

Film Action Korea
The Movie Database
  • Sutradara: Cho Ui Seok dan Kim Byung Seo
  • Pemeran: Sol Kyung Gu, Jung Woo Sung, Han Hyo Joo, Lee Junho
  • Tanggal Rilis: 3 Juli 2013

Rekomendasi film action Korea yang selanjutnya adalah Cold Eyes. Film ini mengisahkan tentang sebuah tim pengawas kepolisian yang memiliki teknologi modern. Mereka memiliki tugas untuk melumpuhkan sekelompok perampok bank ulung.

Keberadaan komplotan perampok bank ini membuat tim kepolisian menjadi gusar. Bersama dengan Ha Yoon Joo, Detektif Hwang akhirnya menjadi pemimpin dalam operasi ini. Dia mengandalkan kemampuan observasi dan ingatannya untuk menyelesaikan kasus.

Detektif tersebut diperintahkan untuk mengalahkan kelompok kriminal yang diketuai oleh James. Namun, mereka menemui kesulitan ketika para pelaku mulai menggunakan topeng dalam aksinya. Penyelidikan pun memakan waktu yang cukup lama. Akhirnya, kepolisian menemukan sebuah teknologi baru yang dapat melacak wajah orang yang terlibat dalam perampokan tersebut.

Sebagai informasi, film ini merupakan hasil remake dari film Hong Kong yang berjudul Eye In the Sky. Sebuah film yang dirilis pada 2007 silam.

10. The Gangster, The Cop, The Devil

Film Action Korea
hancinema.net
  • Sutradara: Lee Won Tae
  • Pemeran: Ma Dong Seok, Kim Mu Yeol, Kim Sung Kyu
  • Tanggal Rilis: 15 Mei 2019

Film action yang diperankan oleh Ma Dong Seok ini menceritakan kisah seorang ketua gangster di Cheonan, Jang Dong Soo, yang menjadi target pembunuhan berantai yang dilakukan oleh Kang Kyung Ho. Tetapi, Dong Soo berhasil lolos dari target pembunuhan tersebut karena reputasinya yang dikenal sebagai ketua gangster.

Di sisi lain, ada Detektif Jung Tae Suk yang ditugaskan untuk mengusut pelaku pembunuhan berantai tersebut dan memasukkannya ke dalam penjara. Namun, dia mengalami kesulitan karena tidak memiliki cukup informasi tentang kasus itu.

Karena tak ada pilihan lain, Tae Suk memutuskan untuk bekerja sama dengan Dong Soo untuk menangkap Kyung Ho. Dia pun mencoba untuk berkompromi dengan seorang ketua penjahat yang terorganisir.

Itu dia 10 rekomendasi film action korea yang bisa dinikmati saat waktu luang. Tak hanya adegan aksi dan laganya yang menantang, tetapi beberapa film pun menawarkan cerita berbeda dengan dibumbui adegan komedi yang menyegarkan.

Beberapa film pun diambil dari kisah nyata yang cukup terkenal di Negeri Gingseng tersebut. Selain itu, terdapat juga film-film yang di produksi dengan pencampuran beberapa genre. Seperti action thriller, action horor, hingga comedy action. Hal ini lah yang membuat film action Korea menjadi berbeda dibandingkan film-film action lainnya.

Jadi, tak ada salahnya jika kamu menonton film action Korea di atas untuk menemanimu mengisi waktu luang dan hari libur. Grameds juga bisa membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi gramedia.com agar kamu semakin informasi #lebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Raden Putri

BACA JUGA:

  1. 15 Drama dan Film Korea Sedih Terpopuler
  2. Rekomendasi Film Korea Sedih yang Bikin Kamu Banjir Air Mata
  3. 12 Rekomendasi Drakor Terbaik yang Wajib Kamu Tonton
  4. Drama Korea Terbaik Berbagai Genre yang Wajib Ditonton
  5. 20 Rekomendasi Drama Korea Terpopuler 
  6. Rekomendasi Novel Romantis Korea yang Wajib Dibaca

Written by Ananda