in

12 Rekomendasi Drakor Terbaik yang Wajib Kamu Tonton!

Drakor Terbaik – Siapa yang sudah lama tidak bertegur sapa dengan drama Korea? Buat kamu yang tertinggal dan belum sempat untuk menonton drama Korea. Kamu wajib menonton beberapa drama Korea rekomendasi di bawah ini yang memiliki rating yang sangat tinggi. 

Artikel ini akan mengupas secara tuntas semua drama korea terbaik yang wajib kamu tonton untuk mengisi waktu luang kamu dan waktu bersantai kamu. Silahkan simak beberapa rekomendasi drama di bawah ini.

12 Drakor Terbaik yang Wajib Ditonton

Crash Landing on You (2019)

drakor terbaik

Sumber: Pinterest.com

Berada di peringkat: 21,683%

Tayang di: tvN dan Netflix

Diperankan oleh: Son Ye Jin, Hyun Bin, Kim Jung Hyun, dan Seo Ji Hye.

Sejak pertama kali muncul, drama Crash Landing On You (CLOY) ini telah menerima kesuksesan yang sangat besar di Korea Selatan sebagai salah satu drama Korea yang memiliki rating tertinggi ketiga di televisi kabel. 

Alur ceritanya unik sehingga membuat para penonton sangat bahagia ketika mereka menyaksikan drama CLOY ini. Nah, ini adalah salah satu alasan mengapa Crash Landing On You sangat diapresiasi dan menjadi drakor terbaik wajib kamu ditonton.

Sinopsis dari drama Crash Landing On You menceritakan tentang seorang pewaris konglomerat Yoon Se Ri (Seon Ye Jin) yang senang melakukan paralayang, hingga suatu ketika terjadi sebuah kecelakaan. 

Dia berakhir mendarat di hutan di Korea Utara dan ditemukan oleh Ri Jeong-hyeok (Hyun Bin), seorang kapten dari tentara Korea Utara. Bagaimana kisah selanjutnya? Silahkan saksikan dramanya di platform kesayangan kamu ya.

Reply 1988 (2015)

reply 1988 - drakor terbaik

Sumber: Pinterest.com

Berada di peringkat: 18,803%

Tayang di: tvN, Viu, dan Netflix

Diperankan oleh: Hyeri, Ryoo Joon Yeol, Park Bo Gum, Lee Dong Hwi, dan Go Kyung Pyo.

Penggemar drama Korea pastinya sangat setuju jika drama Reply 1988 ini merupakan drakor terbaik, termanis, dan tergokil yang wajib ditonton. 

Cerita dari drama ini dikemas dengan sesuatu yang begitu sederhana dan dekat dengan keseharian kamu dan kita semua sebagai masyarakat. 

Drama ini sangat hangat karena mengisahkan tentang keluarga, pertemanan hingga kisah cinta dari tokohnya. Inilah salah satu alasan juga mengapa drama Reply 1988 adalah serial yang populer. 

Reply 1988 ini menceritakan tentang lima teman sekawan masa kecil yang tinggal di lingkungan yang sama, tepatnya Ssangmundong. Kisah ini memiliki humor yang ringan, tetapi akan membuat kamu dan yang menontonnya terpana dan susah untuk move on.

Goblin (2016)

goblin - drakor terbaik

Sumber: Pinterest.com

Berada di peringkat: 18,680%

Tayang di: tvN, Netflix, Viu

Diperankan oleh: Gong Yoo, Kim Go Eun, Lee Dong Wook

Siapa yang tidak kenal dengan drama Korea yang booming ini? Bahkan karena drama ini, soundtrack dramanya pun ikut terkenal. Yap, apalagi kalau bukan beautiful.

Goblin adalah sebuah drama fantasi yang juga bergenre romantis. Drama ini menjadi salah satu drama yang tak boleh kamu lewatkan. Pasalnya, semua cast dalam drama ini memiliki karakter yang sangat kuat dan mendukung cerita ini menjadi semakin keren.

Serial ini mengambil sudut pandang dari seorang Goblin yang sudah berusia 939 tahun, yang juga dikenal sebagai sebagai Pelindung Jiwa.

Ia memang ditakdirkan untuk mengakhiri kehidupan abadinya yang terkutuk. Namun, semua hal ini menjadi sangat rumit ketika ia mulai jatuh cinta pada seorang gadis. Tak hanya Goblin, karakter lain yang mendukung peran Goblin sangat penuh dengan ekspresi yang akan membuat kamu merasakan berbagai emosi saat menontonnya.

Mr Sunshine (2018)

mr sunshine - drakor terbaik

Sumber: Pinterest.com

Berada diperingkat: 18,129%

Tayang di: tvN dan Netflix

Diperankan oleh: Lee Byung Hun dan Kim Tae Ri

Drama dengan tema kerajaan zaman Korea Selatan dulu ini sangat membuat semua penonton meresap dan masuk ke dalam cerita yang diperankan oleh para aktor dan aktris ini. 

Drama ini mengisahkan tentang seorang anak laki-laki miskin yang terlahir dari sebuah keluarga pembantu rumah tangga (asisten rumah tangga / budak) yang melakukan perjalanan ke Amerika Serikat. 

Perjalanan tersebut dilakukan selama kejadian dari insiden Shinmiyangyo tahun 1871 silam. Dia pun tumbuh besar menjadi seorang perwira militer Amerika Serikat. Saat itu, ia memutuskan untuk kembali ke tanah airnya. Saat itu juga, ia pun mulai jatuh cinta dengan putri dari seorang bangsawan.

Kisah ini tak hanya menceritakan tentang kisah romantis mereka, tetapi juga sambil mengungkap tentang plot jahat warga negara asing yang menjajah Korea pada saat itu. Apakah kamu sudah menonton drama ini?

Mr. Queen (2020)

mr.queen - drakor terbaik

Sumber: Pinterest.com

Berada diperingkat: 17,371%

Tayang di: tvN dan Viu

Diperankan oleh: Shin Hye Sun dan juga Kim Jung Hyun

Pecinta makanan Korea dan drama masak-masak. Kamu wajib nonton drama yang satu ini. Kisah yang memiliki banyak konflik, tetapi diiringi dengan guyonan dialog antar karakter, membuat drama Korea ini menjadi salah satu drakor terbaik yang sangat direkomendasikan untuk ditonton.

Drama ini bermula ketika di kota Seoul modern, seorang koki bergengsi bernama Jang Bong Hwan yang bekerja di Blue House terjebak dalam sebuah perkelahian yang membuatnya terjatuh dari sebuah gedung tingkat tinggi.

Ketika kejadian tersebut, Bong Hwan mengalami keadaan yang cukup serius dan harus berada di rumah sakit. Namun, dia menyadari bahwa dirinya yang sekarang sedang melakukan perjalanan kembali ke periode Joseon.  

Namun, jiwanya sekarang tidak berada dalam tubuhnya, melainkan masuk ke dalam tubuh seorang Ratu, Kim So Young. 

Karena sudah terlanjur berada dalam tubuh sang Ratu, ia pun tidak dapat melarikan diri dari situasi yang aneh ini dan akhirnya dia mulai belajar lebih banyak untuk mengetahui kehidupan Ratu, tetapi tak disangka bahwa pada akhirnya ia harus terjebak dalam kejadian politik Kerajaan.

Itaewon Class (2020)

Sumber: Pinterest.com

Berada diperingkat: 16,548%

Tayang di: JTBC dan Netflix

Diperankan oleh: Park Seo Joon, Kim Da Mi, Kwon Nara, Ahn Bo Hyun

Siapa yang tak kenal dengan Park Seo Joon? Yap, salah satu aktor Korea yang sangat mengagumkan. Tak hanya dari penampilan fisiknya yang begitu manly, Park Seo Joon juga memiliki kemampuan akting yang luar biasa.

Pada drama Itaewon Class yang tayang pada 2020 lalu, membuat banyak sekali orang-orang yang menonton drama ini menjadi semakin cinta dengan Korea Selatan. Apa lagi pada makanan khasnya. 

Drama ini mengisahkan tentang narapidana yang bernama Park Saeroyi dan sekelompok karyawannya yang berhasil mengubah sebuah bar sederhana milik mereka menjadi sebuah pub nomor satu yang ada di Itaewon. 

Itaewon Class adalah drama Korea terbaik yang sangat wajib ditonton. Drama ini juga memiliki rating yang sangat tinggi loh. Tak hanya mengulas tentang kesuksesan untuk meraih mimpi, drama ini membuat penonton disuguhkan dengan kisah cinta yang begitu manis.

Siapa nih yang menjadi penggemar berat Park Saeroyi?

Vincenzo (2021)

Sumber: Pinterest.com

Berada diperingkat: 14.636%

Tayang di: tvN dan Netflix

Diperankan oleh: Song Joong Ki, Jeon Yeo Bin, Ok Taecyeon, Kwak Dong Yeon

Pecinta drama dengan genre action pasti sudah tak asing dengan Ok Taecyeon dan Song Joong Ki, bukan? Yap. Mereka adalah tokoh protagonis dan antagonis dari drama Vincenzo ini. Pastinya kamu tidak akan menyangka dengan alur cerita yang disuguhkan oleh sang sutradara dan penulis naskah drama ini.

Yap. Seperti nama dari judul dramanya, drakor ini menceritakan tentang seorang yang bernama Vincenzo Cassano. Ia adalah seorang pengacara mafia kelahiran Korea Selatan yang hidup di Italia.

Vincenzo saat itu melarikan diri untuk kembali ke tanah airnya. Ia melakukan ini karena ia mengetahui bahwa dirinya telah dijebak di antara dua faksi yang sedang bertikai. 

Saat kembalinya ke Seoul, ia bekerja sama dengan seorang pengacara wanita yang sangat gagah dan berani untuk menegakkan keadilan dari penjahat. Nah, dari sinilah kisah seru Vincenzo di mulai. Saksikan dramanya untuk mengetahui akhir dari kisah Vincenzo ini.

100 Days My Prince (2018)

Sumber: Pinterest.com

Berada diperingkat: 14,412%

Tayang di: tvN dan Viu

Diperankan oleh: Do Kyung Soo, Nam Ji Hyun, Kim Seon Ho

Siapa yang sudah menjadi penggemar K-Pop Idol? Kamu tentunya pasti tahu dengan D.O dari group EXO, bukan? Yap! Do Kyung Soo, nama asli dari D.O. Ia adalah seorang peran utama dalam drama ini loh. 

Karakternya yang kaku dan lugu membuat drama ini dipenuhi dengan guyonan ringan yang akan menghibur kamu. Drama ini mengisahkan tentang Lee Yul, seorang putra mahkota yang harus menderita amnesia.

Ketika amnesia, Lee Yul secara sukarela dirawat oleh keluarga Hong Shim, seorang wanita cerdas yang belum menikah, yang saat ini tinggal bersama ayahnya. 

Dikarenakan Lee Yul lupa dengan jati dirinya sebagai seorang putra mahkota, akhirnya dia pun menikahi Hong Shim untuk menyelamatkannya dari hukuman yang berlaku saat itu. Anehnya, hukuman tersebut adalah hukuman yang ia buat sebagai seorang putra mahkota yang diberikan kepada seluruh masyarakat.

Kisah tegang dan mendebarkan berlanjut ketika mereka mulai menjalani hidup bersama tanpa mengetahui identitas asli dari Lee Yul. Hingga suatu ketika Lee Yul diculik dan dibawa untuk memasuki istana.

Apakah kamu sudah menonton drama ini? Jika belum, ini adalah salah satu drama Korea yang direkomendasikan untuk kamu tonton loh.

Hospital Playlist (Season 1 pada tahun 2020 dan Season 2 pada tahun 2021)

Sumber: Pinterest.com

Berada diperingkat: 14,142% (2020) dan 14.080% (2021)

Penayangan: tvN dan Netflix

Diperankan oleh: Jo Jung Suk, Yoo Yeon Seok, Jeon Mi Do, Kim Dae Myung, Jung Kyung Ho

Drama ini memiliki kisah yang sangat ringan dan sangat dekat dengan kehidupan keseharian kita. Drama ini menceritakan tentang lima dokter yang sudah berteman sejak masa sekolah kedokteran dan menjalani suka duka pekerjaannya secara bersama di Yulje Medical Center. 

Selain itu, mereka juga tak segan untuk berbagi kecintaan mereka pada musik dengan membentuk sebuah band. Pada musim kedua dari drama Hospital Playlist, ikatan dari lima teman kuliah yang berubah menjadi dokter ini terus diuji saat mereka harus menghadapi hidup, mati, dan juga segala sesuatu yang terjadi di rumah sakit. 

Meskipun drama ini sempat dinilai dengan ceritanya yang agak membosankan, tetapi Hospital Playlist 2 masih menjadi salah satu rekomendasi drakor terbaik yang sangat wajib ditonton dengan perolehan rating yang tinggi sebesar 14%.

Hometown Cha-Cha-Cha (2021)

Sumber: Pinterest.com

Berada diperingkat: 12,665%

Tayang di: tvN dan Netflix

Diperankan oleh: Kim Seon Ho, Shin Min Ah, Lee Sang Yi

Sebuah drama yang saat itu menjadi kontroversial. Pasalnya, drama ini bertepatan dengan munculnya skandal tidak benar dari Kim Seon Ho yang menjadi salah satu bintang dalam drama ini. Meskipun begitu, drama ini masih disambut baik oleh para netizen yang mengikuti drama ini dari awal hingga akhir episodenya.

Hometown Cha Cha Cha ialah sebuah drama Korea terbaik yang wajib ditonton. Pasalnya, drama ini memiliki genre komedi romantis, yang membuat drama ini sangat hangat untuk ditonton.

Serial ini mengisahkan tentang kisah Yoon Hye-jin, seorang wanita yang bekerja sebagai seorang dokter gigi yang sangat dihormati. Namun, ketika kehidupannya yang saat itu tampak sangat ideal menjadi berantakan, ia pun secara terpaksa harus pindah ke sebuah desa tepi laut yang bernama Gongjin. 

Di tengah usahanya untuk memulai dari awal karirnya sebagai dokter gigi, dia berpapasan dengan seorang muda Hong Doo-shik, yang saat itu sangat terkenal di daerah itu sebagai Tuan Hong. 

Meskipun seorang pengangguran, Tuan Hong adalah seorang yang ahli dalam semua bidang dan ia pun rela untuk melakukan pekerjaan sampingan apa pun jika itu memang sangat membantu penduduk dari desa Gongjin.

Tuan Hong sangat hangat dan menawan loh. Jadi, jika kamu belum mengenal karakter ini, yuk saksikan drama Hometown Cha Cha Cha.

Business Proposal

Sumber: Pinterest.com

Berada diperingkat: 11,4%

Tayang di: SBS dan Netflix

Diperankan oleh: Ahn Hyo-seop, Kim Se-jeong, Kim Min-gue, Seol In-ah

Drakor terbaik berikutnya yang sangat direkomendasikan adalah A Business Proposal. Berangkat dari kisah klise drama sinetron pada umumnya, dimana menceritakan tentang kisah cinta CEO dan Karyawannya.

Namun, walaupun drama ini sangat klise, tetapi drama ini adalah drama manis yang dapat membuat kamu tertawa terpingkal-pingkal karena peran dari setiap tokohnya yang unik. Apakah kamu sudah menontonnya?

Extraordinary Attorney Woo

Sumber: Pinterest.com

Berada diperingkat: 14,17%

Tayang di: Netflix

Diperankan oleh: Park Eun Bin dan juga Kang Tae Oh

Drakor terbaik yang satu ini menceritakan tentang seorang pengacara muda yang berusia 27 tahun dengan sindrom Asperger (Autis). Namun, karena ia memiliki IQ yang sangat tinggi yaitu 164, ia memiliki kemampuan untuk mengingat semua kejadian secara detail dan terperinci. 

Bahkan mengejutkannya, ia adalah seorang yang lulus dengan nilai tertinggi di kelasnya dalam ujian pengacara dari Universitas Nasional Seoul yang bergengsi. Meskipun begitu, dia masih harus menemukan dirinya dan berjuang ketika ia harus datang ke dalam interaksi sosial.

Drama ini masih on going dan masih penuh dengan kejutan. Jadi, jangan lupa untuk menyaksikan drama ini ya, Grameds.

Selain itu, kamu juga bisa menonton drakor terbaik lainnya seperti; Series Reply, Prison Play Book, Its Okay Not to Be Okay, Hotel The Luna, Mouse, Snow Drop, Sky Castle, What’s Wrong With Secretary Kim, Yumi Cell Season 1, 2125, dan Cafe Minamdang.

Ini adalah beberapa rekomendasi drakor terbaik yang bisa membantu kamu untuk mengisi dahaga kehausan kamu akan drama bagus yang berasal dari Korea Selatan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu.

Jika kamu ingin memiliki buku yang berhubungan dengan Korea Selatan atau tentang K-Pop kamu juga bisa mendapatkannya di Gramedia.com loh! Selamat Membaca!

 

Written by Mega