in

Drama Korea Terbaik Berbagai Genre yang Wajib Ditonton

Drama Korea Terbaik – Sahabat Grameds, ketika kalian merasa penat dengan kegiatan sehari-hari, menonton drama Korea terbaik adalah salah satu pengalihan yang paling ampuh. Kemampuan akting para pemain dan cerita yang sederhana bisa membuat kalian seolah-olah melayang selama menyaksikannya.

Banyak sekali drama Korea dengan berbagai genre yang bisa kalian saksikan, walaupun film Korea identik dengan kisah cinta. Berikut rekomendasi drama Korea terbaik untuk menghilangkan rasa bosan kalian di rumah. Yuk, langsung disimak artikel berikut hingga selesai.

Drama Korea Terbaik Tema Medis

Bagi kalian yang tertarik dengan drama Korea berbau medis, cobalah untuk menonton deretan drama Korea terbaik berikut ini. Selain menghilangkan bosan, drama tentang medis berikut ini juga bisa membantu kalian mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai dunia medis. Simak rekomendasi drama Korea terbaik bertema medis berikut ini.

1. Hospital Playlist

Hospital Playlist merupakan salah satu drama Korea terbaik bertema medis yang tayang pada 2020 lalu. Drama ini bercerita tentang para dokter dan perawat yang bekerja di Pusat Medis Yulje dan berfokus kepada lima dokter yang telah berteman sejak mereka masuk sekolah kedokteran pada 1999.

Banyak sekali pelajaran yang bisa kalian ambil selama menonton drama Hospital Playlist. Selain menceritakan mengenai kehidupan di rumah sakit, banyak sekali hal-hal yang berhubungan dengan keluarga, persahabatan, dan juga hal lain yang berhubungan dengan kehidupan.

2. Dr. Romantic 2

Drama Korea bertema medis yang tayang pada 2020 ini bercerita tentang Boo Yong-Joo (Han Suk-Kyu), seorang dokter aneh yang tidak ingin bersosialisasi dengan orang lain dan lebih memilih membuka klinik di perdesaan.

Boo Yong-Joo atau Kim Saboo berperan sebagai dokter yang mengajarkan dua siswa baru tentang arti sebenarnya menjadi seorang dokter. Dua dokter baru itu adalah Seo Woo Jin (Ahn Hyo Seop), yang akan melakukan apa saja demi uang dan Cha Eun Jae (Lee Sung Kyung), yang merasa mual setiap kali mencoba melakukan operasi.

Terlepas dari menjadi dokter yang terampil, baik Woo Jin dan Eun Jae memiliki sesuatu yang mencegah mereka menjadi sebaik mungkin dalam pekerjaan mereka. Untungnya, dengan sedikit bimbingan dari Kim Saboo, keduanya bisa keluar dari masalah mereka. Kalau kalian ingin melihat mereka bertiga menyelesaikan tugasnya di Klinik Doldam, jangan lupa nonton drama Korea satu ini.

3. Fix You

Drama Korea ini menceritakan tentang Lee Si Joon, seorang psikiater yang memiliki metode unik untuk menyembuhkan pasiennya. Dia berusaha membangun hubungan baik dan sangat perhatian dengan pasiennya. Namun, tak jarang metode ini malah memberikan kesulitan tersendiri karena dinilai tidak sesuai dengan regulasi rumah sakit.

Dia pun bertemu dengan Han Woo Joo, seorang aktris musikal yang temperamental dan tidak bisa mengendalikan amarahnya. Woo Joo menyimpan luka masa lalu dan dia meminta bantuan Si Joon untuk menyembuhkan jiwanya. Setiap episodenya, drama ini menghadirkan cerita trauma masa lalu yang dialami pasien Si Joon, yang ternyata begitu menggetarkan hati penonton.

4. Doctors

Doctors bercerita tentang kisah seorang dokter spesialis bedah saraf, yaitu Yoo Hye Jung (Park Shin Hye). Sebelum memutuskan untuk menjadi dokter, kehidupan Hye Jung pada masa kecil begitu sulit dan keras. Demi menutupi kesedihannya, Hye Jung menjadi anak yang tertutup, malas belajar, dan kelakuannya di sekolah seperti jagoan.

Watak Hye Jung mulai berubah saat dia bertemu dengan Hong Ji Hong (Kim Rae Won), guru biologinya ketika duduk di bangku SMA. Ji Hong diam-diam memperhatikan Hye Jung. Ji Hong perlahan-lahan membantu Hye Jung menata hidupnya yang kelam, sehingga Hye Jung menjadi seorang dokter.

Alasan Hye Jung menjadi seorang dokter dengan tujuan membalas dendam atas kematian neneknya yang meninggal karena malapraktik yang dilakukan ayah Seo Woo. Saat kalian menonton drama Korea ini, akan disajikan masalah keluarga dan percintaan yang membuat hati tersentuh atas perjuangan Hye Jung.

5. Life

Life bercerita tentang seorang dokter unit gawat darurat (UGD) yang diperankan oleh Lee Dong Wook sebagai Ye Jin Woo. Dia harus fokus dengan penanganan pasien dan di sisi lain menghadapi konflik dengan presiden rumah sakit yang lebih memikirkan bisnis.

Konflik utama dari drama ini adalah antara idealisme menyelamatkan nyawa atau menghasilkan uang. Cerita yang sederhana ini berhasil dikemas dengan baik, sehingga kalian akan merasakan ketegangan di antara konflik tersebut.

Drama Korea Terbaik Tema Keluarga

Selain cinta, tema keluarga seolah menjadi salah satu hal yang paling banyak diangkat dalam banyak drama Korea. Kisah keluarga yang diangkat dalam drama Korea pasti bisa menguras air mata kalian selama menontonnya.

Tidak percaya? Berikut rekomendasi drama Korea bertema keluarga yang bisa kalian saksikan saat senggang.

1. Hi Bye Mama

Siapa yang tidak tahu salah satu drama Korea terbaik yang satu ini? Hi Bye, Mama bercerita tentang seorang ibu yang sudah meninggal bernama Cha Yu Ri yang telah diberi kesempatan untuk kembali hidup di dunia. Walaupun sudah hidup di dunia, Cha Yu Ri tetap tidak bisa dekat dengan keluarganya dikarenakan sang suami sudah menikah lagi.

Selain mengisahkan tentang perjuangan Yu Ri, drama ini ini juga mengisahkan berbagai karakter lain yang pastinya menguras air mata. Jangan lupa untuk menyiapkan tisu saat kalian menonton drama ini.

2. 18 Again

Drama Korea ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Hong Dae Young berumur 37 tahun dan memiliki dua anak, yang berubah usia menjadi 18 tahun. Walaupun tubuhnya berubah, pikirannya masih seperti dirinya yang berusia 37 tahun. Selama berubah wujud, Hong Dae Young harus berpura-pura tidak mengenal anak dan istrinya. Namun, dia tetap berusaha untuk melindungi keluarganya yang sudah di ambang perceraian.

3. Once Again

Diceritakan Song Young-Dal dan Jang Ok-Boon telah menikah selama bertahun-tahun dan mereka memiliki empat anak, yaitu Joon-Sun, Ga-Hee, Na-Hee, dan Da-Hee. Anak ketiga Na-Hee adalah seorang dokter dan dia bekerja dengan suaminya, Dokter Kyu-Jin, di rumah sakit yang sama. Mereka jatuh cinta selama masa sekolah kedokteran dan menikah, tetapi kehidupan pernikahan mereka tidak berjalan dengan baik.

Sementara itu, anak pertama Joon-Sun dan anak kedua Ga-Hee keduanya sudah bercerai dan tinggal bersama orang tua mereka. Anak bungsu Da-Hee berjuang sebagai pekerja magang di sebuah perusahaan. Cerita yang sederhana ini juga berhasil menjadikan Once Again sebagai salah satu drama Korea terbaik pada 2020.

4. My Unfamiliar Family

Drama ini menceritakan keluarga yang biasanya menjadi tempat paling aman dan terdekat harus  berubah menjadi tempat paling asing bagi para penghuninya. Alasan kesibukan selalu berhasil membuat anggota keluarga jarang bertukar kabar, bahkan bertukar sapa, meskipun tinggal satu atap. Hal ini membuat semua anggota keluarga menyimpan rahasia tersendiri

Cerita dimulai dari sang ibu, Lee Jin Sook, yang sudah mengambil keputusan untuk “lulus” dari pernikahan dan berpisah dengan suaminya, Kim Sang Sik. Bukan bercerai, tetapi “lulus” dari pernikahan.

Adapun yang menjadikan drama ini sangat menarik adalah penggambaran ketika para tokoh utama mulai mengetahui rahasia-rahasia yang selama ini disimpan oleh anggota keluarganya. Alih-alih disajikan secara dramatis, My Unfamiliar Family bergulat dengan dialog-dialog cerdas dan rasional yang mungkin saja bisa sangat relate dengan kalian yang pernah mengalaminya.

5. Reply 1988

Reply 1988 mengisahkan tentang lika-liku persabahatan lima orang bernama Deok Sun, Jung Hwan, Sun Woo, Dong Ryong, dan Taek yang tinggal bertetangga di Ssangmundong sejak masih kecil. Tidak hanya menyoroti persahabatan mereka berlima, drama ini juga menonjolkan kehangatan hidup bertetangga yang saling membantu satu sama lain saat suka dan duka.

Banyak cerita yang sangat relate dengan kehidupan sehari-hari. Konflik keluarga yang sederhana, tetapi dikemas dengan baik, sehingga tetap bisa dinikmati, seru, lucu, dan seolah-olah kita ikut berada di antara pemeran.

6. Sky Castle

Drama Sky Castle pernah menjadi topik bahasan yang cukup ramai dan sempat juga mendapatkan kritikan dari banyak warga Korea Selatan. Sky Castle sendiri merupakan sebuah kawasan elite yang dihuni oleh empat keluarga dokter dan profesor lulusan tiga universitas terbaik Korea.

Setiap keluarga memang memiliki latar belakang yang berbeda. Namun, setiap keluarga memiliki tekanan besar yang sama karena obsesi masing-masing, bahkan para ibu tidak sungkan merogoh kocek hingga miliaran won untuk menyewa tutor agar anak mereka berhasil masuk ke universitas terbaik di Korea.

Drama Korea Terbaik Adaptasi dari Webtoon

Saat ini banyak drama Korea yang diangkat dari webtoon terlaris. Selain itu, genre yang disuguhkan juga sangat beragam dan berhasil menarik perhatian banyak penonton. Yuk simak rekomendasi drama Korea terbaik yang diangkat dari webtoon berikut ini.

1. Itaewon Class

Drama yang diangkat dari webtoon dengan judul yang sama ini bercerita tentang sekelompok orang aneh yang bekerja di restoran bernama Dan Bam yang berada di daerah Itaewon, Seoul. Pemilik restoran ini adalah seorang mantan narapidana bernama Park Saeroyi. Selain karakter yang menarik dan alur cerita yang menyegarkan, penampilan para pemainnya juga berhasil membuat drama ini masuk dalam daftar drama Korea terbaik.

2. Sweet Home

Drama yang diangkat dari webtoon dengan judul yang sama ini bercerita tentang Cha Hyun-Su, seorang siswa sekolah menengah penyendiri yang jarang meninggalkan kamarnya. Dia menolak untuk berbicara dengan ayah, ibu, dan adik perempuannya.

Suatu hari, seluruh keluarganya, kecuali dia, meninggal dalam kecelakaan mobil. Cha Hyun-Su ditinggalkan sendirian. Dia pindah ke sebuah apartemen kecil. Saat itu, fenomena misterius manusia yang berubah menjadi monster terjadi di seluruh dunia. Penghuni gedung apartemen Cha Hyun-Su, termasuk Pyeon Sang-Wook (Lee Jin-Wook), bertarung melawan monster-monster ini dan mencoba untuk bertahan hidup. Bagi kalian yang memang suka dengan genre thriller, Sweet Home bisa menjadi rekomendasi drama Korea untuk ditonton di rumah.

3. True Beauty

Drama Korea ini bercerita tentang Im Ju-Kyung yang memiliki masalah dengan wajahnya. Selain itu, Ju Kyung mendapatkan perundungan dari teman-teman sekolahnya karena penampilannya. Setelah pindah ke sekolah yang baru, Ju Kyung berusaha menyembunyikan wajah aslinya dengan riasan wajah. Dia juga dianggap sebagai “dewi” karena penampilannya yang sangat cantik.

Namun, di sekolah barunya Ju Kyung harus menghadapi dua orang pria yang menyukainya, yaitu Lee Soo Ho dan Han Seo Jun. Kalian yang suka dengan drama Korea yang ringan, True Beauty bisa menjadi rekomendasi untuk ditonton bersama keluarga di rumah.

4. Mystic Pop-up Bar

Drama Korea yang satu ini bercerita tentang sebuah bar bernama Ssanggab Cart Bar yang hanya buka pada malam hari di sebuah atap gedung. Menariknya, bar yang dijalankan oleh Wol-Ju sangatlah misterius karena tidak hanya melayani manusia, tetapi juga orang mati.

Sambil minum alkohol dan menyantap hidangan bersama Wol-Ju, pelanggan Ssanggab Cart Bar berbicara tentang diri mereka sendiri dan mencoba menyembuhkan luka batin mereka. Selain menampilkan kisah penjual dan pembeli, drama ini juga menyuguhkan sebuah teka-teki dan sangat direkomendasikan untuk kalian yang suka drama berbau mistis.

5. Nevertheless

Drama Korea Nevertheless sukses menjadi perbincangan banyak orang. Setiap episodenya mampu meraih perhatian hingga menjadi trending topic di media sosial. Drama Korea yang diangkat dari webtoon dan ditayangkan di Netflix ini bercerita tentang kisah romantis yang dijalin oleh Yoo Na Bi dan Park Jae Eon. Keduanya merupakan mahasiswa jurusan seni di kampus yang sama.

Park Jae Eon dikenal sebagai sosok laki-laki yang ramah kepada semua orang, khususnya kepada kaum wanita. Namun, dia tak pernah menganggap serius suatu hubungan dan menganggap bahwa pacaran adalah hal yang rumit. Yoo Na Bi di sisi lain pernah mengalami putus cinta yang menyakitkan.

Meski sempat trauma, Na Bi tidak mampu menahan pesona Park Jeon dan terjerat di dalamnya. Hubungan asmara antara Yoo Na Bi dan Park Jae Eon digambarkan secara menggebu-gebu dan dihiasi dengan sisi nakal para anak muda.

Drama Korea Terbaik Tema Romantis

Apakah kalian setuju kalau kisah romantis drama Korea itu adalah salah satu yang terbaik, apalagi kalau ada pertarungan antara main lead dan second lead? Wah, pastinya seru sekali! Nah, buat kalian pecinta cerita romantis, bisa menonton rekomendasi drama Korea bertema romantis berikut ini.

1. Its Okay to Not be Okay

Its Okay to Not be Okay merupakan salah satu drama Korea terbaik dan favorit. Drama ini bercerita tentang seorang pria bernama Moon Kang Tae yang dipekerjakan di bangsal psikiatri. Suatu hari, dia harus menghadapi seorang bernama Ko Moon Young yang memiliki gangguan kepribadian antisosial dan berprofesi sebagai penulis buku anak-anak yang populer.

Kisah keduanya diwarnai dengan berbagai konflik yang berhubungan dengan keluarga dan juga rekan kerja Moon Kang Tae di rumah sakit. Selain itu, kisah cinta segitiga juga diangkat di dalam drama ini.

2. The King Eternal Monarch

The King Eternal Monarch merupakan drama Korea terbaik bertema romantis dengan setting dunia paralel. Bercerita tentang Lee Gon, seorang raja yang harus menjelajah dunia untuk mencoba menyelamatkan keluarganya dari pengkhianat.

Suatu hari, dia bertemu dengan Jung Tae Eul seorang perwira polisi yang selalu menjunjung tinggi kebenaran dari dunia lain. Kisah cinta dua dunia yang diangkat dalam drama ini tentunya bisa membuat kalian terbuai selama menontonnya.

3. Crash Landing on You

Crash Landing on You bercerita tentang perjuangan cinta antara dua orang yang berbeda kewarganegaran, yaitu Korea Selatan dan Korea Utara. Yoon Se-Ri adalah pewaris konglomerat di Korea Selatan. Suatu hari, dia mengalami kecelakaan saat paralayang yang disebabkan oleh angin kencang, sehingga membuatnya melakukan pendaratan darurat di Korea Utara. Dia bertemu dengan Ri Jeong-Hyeok yang merupakan perwira militer Korea Utara di sana. Jeong-Hyeok lantas mencoba melindungi dan menyembunyikannya.

4. Do Do Sol Sol La La Sol

Do Do Sol Sol La La Sol adalah salah satu drama Korea bertema romantis dengan latar dunia musik klasik. Drama ini bercerita tentang Goo Ra-Ra yang merupakan seorang pianis. Dia memiliki kepribadian yang ceria. Suatu hari dia mengalami masalah hingga bangkrut. Dia yang tidak punya apa-apa merasa frustrasi dengan keadaannya.

Sunwoo Joon (Lee Jae-Wook) tidak peduli apa yang orang lain pikirkan tentang dia, tetapi dia memiliki hati yang hangat. Dia berjiwa bebas dan tidak memiliki impian atau tujuan khusus untuk hidupnya. Goo Ra-Ra dan Sunwoo Joon bertemu di akademi piano swasta kecil bernama LaLa Land di sebuah perdesaan.

5. Youth of May

Youth of May merupakan serial drama Korea yang berlatar tahun 1980, yaitu ketika masa pemberontakan Gwang Ju. Kisahnya menceritakan hubungan asmara Hwang Hee Tae dan Kim Myung Hee. Hwang Hee Tae merupakan orang yang cerdas dan penuh semangat. Dia berhasil masuk ke Sekolah Tinggi Kedokteran Universitas Nasional Seoul karena cerdas.

Kim Myung Hee di sisi lain adalah seorang perantau di Gwangju. Meski dia hidup sendiri, hari-harinya tetap dipenuhi berbagai kesibukan pekerjaannya sebagai seorang perawat. Kisah cinta Hee Tae dan Myung Hee selalu dipenuhi dengan tawa dan senyum. Sejak keduanya bertemu, mereka sudah memiliki perasaan bahwa mereka ditakdirkan untuk bersama.

Namun, cinta mereka tidak bisa berjalan dengan mudah karena kekacuan pada era saat itu. Hubungan Hee Tae dan Myung Hee harus diuji oleh serangkaian kejadian buruk. Drama ini sukses membuat penonton terharu, bahkan menangis melihat perjuangan mereka untuk bersama.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait