Profesi Dosen

profesi dosen

Gaji Dosen

Rp. 5Jt - Rp. 8Jt / Bulan

Pendidikan Dosen

S1 Sederajat

Sertifikasi Dosen

Sertifikasi Pendidik untuk Dosen

Daftar Isi

Deskripsi Dosen

Profesi Dosen sebagai pendidik, identik dengan kemampuan untuk mengajar dan menyampaikan materi di depan kelas. Namun hakikatnya dosen bukanlah sekadar profesi yang dijalankan untuk mencari rezeki. Lebih dari itu, menekuni profesi ini seseorang dituntut untuk memberikan komitmen dan dedikasi penuh pada bidang ilmu yang dikuasainya. Kedua hal tersebut akan menghasilkan ilmu yang bermanfaat serta mampu menggerakkan para mahasiswa yang diajarnya Selain melaksanakan perkuliahan, seorang dosen juga diharapkan dapat terus melakukan penelitian pada bidang keahliannya.

Sebagai seorang ilmuwan, dosen perlu mempublikasikan secara teratur karya tulis ilmiah dan hasil penelitiannya di konferensi akademik. Jangan khawatir soal biaya pendidikan, dosen bisa dengan mudah mendapatkan beasiswa juga biaya penelitian, karena ada banyak lembaga penyalur beasiswa yang memprioritaskan dosen, karena dianggap mudah dalam transfer pengetahuannya.

Peran dan Tanggung Jawab Dosen

  • Menciptakan suasana atau iklim pembelajaran yang konduif dan menyenangkan
  • Merencanakan, dan melaksanakan proses pembelajaran, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran
  • Strategi Belajar, Memilih dan menggunakan pelatihan atau metode instruktusional dan prosedur yang tepat ketika belajar atau mengajar hal yang baru
  • Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik serta kompetensi perkuliahan secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
  • Bertindak objektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, kondisi fisik tertentu, atau latar belakang sosioekonomi pada peserta didik dalam pembelajarannya
  • Memiliki tugas yang beragam dan berimplementasi dalam bentuk pengabdian. Tugas tersebut meliputi bidang profesi, bidang kemanusiaan, dan bidang kemasyarakatan.

Keterampilan dan Pengetahuan Dosen

  • Indeks prestasi kumulatif yang mumpuni, memiliki nilai akademis  atau indeks prestasi kumulatif yang tinggi semasa mengenyam jenjang pendidikan baik di S1 maupun S2, juga prestasi dibidang akademis.
  • Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme
  • Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia
  • Memiliki kualifikasi akademik, latar belakang pendidikan juga kompetensi sesuai dengan bidang yang diajarkan
  • Bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan
  • Memiliki pengalaman di bidang akademis baik dalam penelitian ilmiah atau sebagai asisten dosen semasa kuliah dulu. Pengalaman tersebut menjadi nilai plus bagi seorang dosen. Karena secara otomatis telah terbiasa menghandle situasi kelas.
  • Kompetensi Pedagogik yang baik, Kompetensi pedagogik adalah seni dalam menjadi seorang guru yang merujuk pada strategi pembelajaran.

Kepribadian Dosen

  • Aktif Belajar, Memahami implikasi dari informasi baru untuk dasar pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah sekarang maupun di masa mendatang.
  • Aktif Mendengarkan, selalu memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat
  • Berpikir Kritis, menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani
  • Kepekaan Sosial Menyadari reaksi orang lain, kemudian memahami mengapa mereka bertindak seperti itu.
  • Berbicara, untuk menyampaikan informasi secara efektif baik secara lisan maupun tulisan
  • Menulis, Mengkomunikasikan dengan efektif sebuah informasi melalui tulisan yang sesuai dengan kebutuhan
profesi dosen

Cara Menjadi Dosen

1. Pendidikan Strata 1 dan S2

Dosen harus memiliki kualifikasi akademik yang diperoleh melalui pendidikan tinggi program pascasarjana dan terakreditasi sesuai dengan bidang keahliannya, minimum Lulusan program magister (S2) untuk mengajar di program diploma (D3) atau program sarjana (S1), dan Lulusan program doktor (S3) untuk mengajar program pascasarjana (S2)

2. Sertifikasi Dosen

Sertifikasi Dosen adalah bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada dosen sebagai tenaga profesional, diberikan setelah memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Memiliki pengalaman kerja sebagai pendidik pada perguruan tinggi sekurang-kurangnya 2 tahun
  • Memiliki jabatan akademik sekurang-kurangnya asisten ahli dan Lulus sertifikasi yang dilakukan oleh perguruan tinggi terakreditasi, yaitu program pengadaan tenaga kependidikan pada perguruan tinggi yang ditetapkan oleh Pemerintah RI.

Prospek Kerja Dosen

Peluang kerja sebagai Dosen akan selalu terbuka, karena:

Indonesia kekurang Tenaga Pendidik (Dosen)

Profesi dosen secara jumlah kini belum seimbang. Dibutuhkan lebih banyak lagi dosen agar rasio dosen dan mahasiswanya ideal. Jumlah profesi dosen sendiri saat ini masih jauh dari rasio idealnya. Bahkan banyak ditemui seorang dosen bisa mengajar di lebih dari satu universitas.

Profesi Dosen menjadi salah satu pekerjaan yang memiliki masa bakti yang cukup panjang. Seorang dosen bisa mengajar hingga usia 65 tahun sebelum pensiun. Hebatnya jika dosen tersebut bergelar profesor maka masih bisa mengajar hingga usia 70 tahun bahkan 75 tahun untuk seorang profesor emeritus. Dosen memiliki tugas mengajar dan membimbing mahasiswa agar yang bersangkutan memiliki kompetensi yang relevan dengan keahliannya dan memiliki tanggung jawab pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian yang dilakukan secara terus menerus.

Dimana Dosen Bekerja dan Jenjang Karirnya

Jenjang karier dosen secara umum terdiri dari asisten ahli, lektor, lektor kepala, dan guru besar. Nah jabatan akademik ini meningkat seiring dengan angka kredit kumulatif. Menariknya, seorang dosen memiliki peluang untuk naik ke dua jabatan yang lebih tinggi sekaligus.  Jabatan akademik yang dimiliki seorang dosen ketika mulai berkarier adalah sebagai Asisten Ahli, tapi bisa juga langsung Lektor. Berikut penjelasannya:

ASISTEN AHLI

Jabatan akademik yang pertama kali kamu duduki. Syaratnya harus berijazah Magister atau sederajat yang sesuai dengan bidang ilmu penugasan. Seorang asisten ahli setidaknya memiliki satu karya ilmiah yang dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional sebagai penulis pertama, serta paling sedikit satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat

DOSEN 

Pendidikan Magister hanya diberi wewenang dan tanggung jawab untuk mengajar dan melakukan bimbingan tugas akhir di program Sarjana atau Diploma.

DOSEN ASISTEN AHLI

Dengan pendidikan Doktor, selain bertugas di program Sarjana atau Diploma juga diberi wewenang dan tanggung jawab untuk membantu mengajar program Magister dan Doktor, serta membantu bimbingan Tesis

LEKTOR

Jabatan akademik ini bisa langsung kamu peroleh, asalkan kamu sudah mengantongi ijazah Doktor atau sederajat ketika menjadi dosen. Syarat lain dalam pengangkatan pertama jabatan akademik ini kurang lebih sama dengan Asisten Ahli. Untuk naik jabatan dari Asisten Ahli ke Lektor, harus memenuhi angka kredit 200/300 kumulatif.

DOSEN LEKTOR

Dengan pendidikan Magister hanya diberi wewenang dan tanggung jawab untuk mengajar dan melakukan bimbingan tugas akhir di program Sarjana atauDiploma. Khusus Lektor golongan III/D bisa membantu bimbingan Tesis.

DOSEN LEKTOR BERPENDIDIKAN DOKTOR

Selain bertugas di program Sarjana/Diploma dan Magister, juga diberi wewenang dan tanggung jawab untuk membantu mengajar program Doktor, serta membantu bimbingan Disertasi.

LEKTOR KEPALA

Lektor Kepala. Kenaikan jabatan dari Lektor ke Lektor Kepala, harus memenuhi angka kredit 400/550/700 kumulatif.

DOSEN LEKTOR KEPALA BERPENDIDIKAN MAGISTER

Dosen Lektor Kepala dengan pendidikan Magister diberi wewenang dan tanggung jawab untuk mengajar dan melakukan bimbingan tugas akhir di program Sarjana/Diploma dan Magister, serta membantu di program Doktor.

DOSEN LEKTOR KEPALA

Dengan pendidikan Doktor, diberi wewenang dan tanggung jawab untuk mengajar di semua program, melakukan bimbingan tugas akhir dan Tesis, serta membantu bimbingan Disertasi.

GURU BESAR

Kenaikan jabatan dari Lektor Kepala ke Guru Besar, harus memenuhi angka kredit 850/1.050 kumulatif. Jabatan akademik Guru Besar hanya diberikan pada dosen yang berpendidikan terakhir Doktor. Guru Besar punya wewenang dan tanggung jawab untuk mengajar dan melakukan bimbingan di semua program.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

Berapa kisaran gaji seorang Dosen?

Gaji Dosen berkisar antara Rp 3.000.000 hingga Rp 7.000.000.

Apa kualifikasi pendidikan minimal untuk menekuni profesi ini?

Dosen harus memiliki kualifikasi akademik pascasarjana yang terakreditasi sesuai dengan bidang keahliannya. Minimum: Lulusan program magister untuk program diploma atau program sarjana dan Lulusan program doktor untuk program pascasarjana.

Apa keahlian yang dibutuhkan untuk profesi ini?

Kemampuan meneliti, Kemampuan melakukan analisis, Kemampuan berpikir kritis, Kemampuan berkomunikasi, Penguasaan Bahasa Inggris, dan Penguasaan teknologi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *