in

Kenali 3 Cara Mudah Membuat Minyak Kemiri di Rumah dan Manfaatnya

Sumber: Pexels

Cara Membuat Minyak Kemiri – Kemiri merupakan salah satu rempah-rempah yang mengandung mineral serta vitamin seperti kalsium, kalium, magnesium, zinc, zat besi, folat, vitamin A, E,K, dan C, piridoksin, niacin dan lain sebagainya. Dikarenakan kandungan yang ada pada kemiri, maka rempah yang satu ini pun banyak digunakan dalam berbagai masakan untuk menambah rasa pada makanan dan tentu memberikan gizi.

Untuk mendapatkan manfaat dari kandungan kemiri, kemiri dapat diolah menjadi minyak yang akan memudahkan dalam menggunakanya dan tentunya juga dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti minyak pijat, minyak rambut atau bahkan aromaterapi.

Minyak kemiri memiliki segudang manfaat dan tentu membuat minyak kemiri tidaklah sulit. Berikut beberapa cara membuat minyak kemiri sendiri di rumah dan beberapa khasiat dari minyak kemiri.

https://www.gramedia.com/products/rumah-di-tanah-rempah-penjelajahan-memaknai-rasa-dan-aroma-indonesia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/rumah-di-tanah-rempah-penjelajahan-memaknai-rasa-dan-aroma-indonesia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Cara Membuat Minyak Kemiri

Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Dipanaskan

cara membuat minyak kemiri
Sumber: Kompas.com

Tahukah Grameds bahwa minyak kemiri dapat dengan mudah didapatkan dan salah satunya adalah dengan cara memanaskan kemiri. Minyak kemiri memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan maupun perawatan kecantikan kulit.

Minyak kemiri dapat diperoleh dari daging kemiri yang telah diekstraksi. Biji kemiri termasuk dalam golongan biji-bijian yang memiliki kandungan minyak cukup tinggi yaitu sekitar 50 hingga 66 persen dari berat biji kemiri.

Menurut Jurnal Penelitian Hasil Hutan, ada beberapa cara untuk membuat minyak kemiri dan salah satunya adalah dengan memanaskan biji kemiri tersebut. Cara yang satu ini cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Berikut caranya.

  1. Siapkan biji kemiri yang telah dikupas bersih dari cangkang atau kulitnya.
  2. Kemudian panaskan daging biji kemiri untuk mendapatkan minyaknya. Caranya adalah dengan mencincang daging kemiri lebih dulu untuk dapat mempercepat proses pengeringan serta meningkatkan produksi minyak pada daging kemiri.
  3. Proses pemanasan dari biji kemiri dapat dilakukan dengan tiga langkah mudah berikut ini:
    • Masukan kemiri ke dalam oven selama kurang lebih 90 menit pada suhu oven 90 derajat Celcius untuk dapat menghasilkan kualitas minyak kemiri yang paling baik.
    • Lalu lakukan proses sangrai biji selama kurang lebih 17,5 menit.
    • Jemur daging kemiri selama kurang lebih 3 hingga 5 jam.
  4. Setelah proses pemanasan, maka daging kemiri pun dapat ditumbuk, digeprek atau dihancurkan. Proses ini disebut sebagai pengepresan, sehingga akan menghasilkan minyak kemiri.
  5. Sebelum proses pengepresan dilakukan, sebaiknya Grameds kerak kemiri yang ada dipisahkan atau dibuang langsung untuk dapat mengurangi rendemen pada minyak kemiri yang akan dihasilkan.

Dari proses pemanasan minyak tersebut, pemanasan kemiri dengan menggunakan oven dianggap sebagai proses pemanasan yang banyak memberi hasil cukup konstan dan juga merata.

Sedangkan pada proses penyangraian, akan terjadi kontak langsung antara bahan dengan wajah yang memiliki suhu tinggi, sehingga hal ini akan menyebabkan warna kemiri menjadi jauh lebih gelap.

Sementara itu, jika Grameds ingin membuat minyak kemiri dengan cara dijemur, maka akan menghasilkan warna minyak kemiri yang lebih baik dibandingkan dari hasil proses penyangraian. Grameds bisa mencoba membuat minyak kemiri sesuai dengan kebutuhan dan disesuaikan dengan waktu maupun peralatan yang Grameds miliki.

Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Diperas

cara membuat minyak kemiri
Sumber: lifestyle.kompas.com

Jika Grameds tidak memiliki oven, Grameds tidak perlu khawatir karena ada cara lain untuk membuat minyak kemiri dengan mudah di rumah. Cara kedua membuat minyak kemiri adalah dengan cara diperas. Simak cara membuat minyak kemiri dengan cara diperas berikut ini.

  1. Pilihlah biji kemiri dengan kualitas terbaik, lalu bersihkan biji kemiri dari kulitnya dan cucu hingga bersih.
  2. Haluskan biji kemiri dengan blender atau food processor atau ditumbuk biasa. Pastikan bahwa biji kemiri telah ditumbuk sampai halus.
  3. Langkah ketiga adalah melakukan proses pemerasan biji kemiri yang telah halus. Grameds bisa menambahkan air sedikit demi sedikit sebelum menyaring kemiri, caranya mudah seperti memeras santan biasa.
  4. Siapkan wadah untuk mendapatkan minyak kemiri yang akan disaring.
  5. Saring air perasan kemiri ke dalam wadah untuk dapat memisahkan antara cairan dengan ampas kemiri.
  6. Pastikan wadah telah ditutup dengan rapat kemudian diamkan selama kurang lebih 24 jam atau semalaman.
  7. Masak air perasan kemiri hingga mengeluarkan minyaknya dan masukan minyak kemiri dalam wadah steril.

Proses membuat minyak kemiri dengan cara diperas termasuk cara membuat minyak kemiri yang cukup sederhana dan praktis untuk dilakukan di rumah. Terutama mengingat bahwa cara yang satu ini tidak membutuhkan banyak peralatan dan alat-alat yang diperlukan dapat ditemukan dengan mudah di rumah.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Perlu Grameds ketahui bahwa minyak kemiri memiliki kandungan asam lemak dan kaya akan vitamin E, kedua kandungan tersebut membuat minyak kemiri menjadi pelembab yang cukup efektif. Minyak kemiri buatan sendiri, dapat diaplikasi ke rambut untuk membuat tampilan berkilau dan lebih indah.

Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Dibakar

cara membuat minyak kemiri
Sumber: Kompas.com

Cara ketiga untuk membuat minyak kemiri adalah dengan cara dibakar, cara ini sebenarnya sama seperti cara pemanasan yang telah dijelaskan sebelumnya. Akan tetapi, perbedaannya adalah membuat minyak kemiri dengan cara dibakar dinilai jauh lebih praktis, namun minyak akan meninggalkan bau kurang sedap seperti bau gosong.

Apabila Grameds ingin membuat minyak kemiri dengan cara dibakar, simak cara membuatnya berikut ini.

  1. Pilih biji kemiri dengan kualitas bagus, lalu bersihkan kemiri dari kulit dan cuci hingga bersih. Kemudian siapkan biji kemiri berkualitas yang sudah bersih dan terkelupas dari kulitnya.
  2. Bakar biji kemiri hingga kemiri menjadi gosong. Proses yang satu ini sama seperti proses pembuatan arang, sehingga Grameds harus memastikan bahwa kemiri telah terbakar menyeluruh hingga hitam.
  3. Selanjutnya, Grameds bisa menghaluskan biji kemiri dengan menggunakan blender ataupun food processor hingga minyak kemiri keluar.
  4. Apabila Grameds tidak ingin menggunakan blender, Grameds juga bisa menumbuk manual dengan tangan hingga minyak kemiri keluar sendirinya.
  5. Setelah minyak mulai keluar, pisahkan minyak dari ampasnya dan simpan minyak kemiri dalam wadah tertutup dan steril.

https://www.gramedia.com/products/rempah-bumbu-dan-sayuran-kering-indonesia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/rempah-bumbu-dan-sayuran-kering-indonesia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Cara Menggunakan Minyak Kemiri

cara membuat minyak kemiri
Sumber: Kompas.com

Tahukah Grameds bahwa minyak kemiri dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Sebelumnya, minyak kemiri terkenal karena manfaatnya untuk membuat rambut menjadi lebih sehat, lebih tebal dan tampak berkilau. Berikut beberapa cara memanfaatkan minyak kemiri untuk rambut.

1. Dijadikan Sebagai Conditioner Rambut

Untuk menjaga kesehatan rambut, minyak kemiri dapat dimanfaatkan sebagai conditioner rambut. Cara menggunakan minyak kemiri untuk conditioner adalah dengan membasahi rambut lebih dulu, kemudian gunakan shampo seperti biasa dan bilas rambut dengan air hingga rambut bersih. Lalu oleskan minyak kemiri seluruh rambut mulai dari batang rambut hingga ujung. Diamkan conditioner minyak kemiri selama beberapa saat dan bilas minyak dari rambut hingga bersih.

2. Gunakan Sebelum Keramas

Cara kedua memanfaatkan minyak kemiri sebagai perawatan rambut adalah dengan menggunakan minyak kemiri sebagai masker rambut. Grameds hanya perlu mengoleskan minyak kemiri secara merata pada rambut dan kepala Grameds. Setelah mendiamkan beberapa saat selama kurang lebih 30 hingga 1 jam, Grameds bisa membilas minyak kemiri dengan shampo seperti biasa.

3. Merawat Kulit Kepala

Minyak kemiri tidak hanya bermanfaat untuk rambut saja, tetapi juga bermanfaat untuk merawat kulit kepala. Jika Grameds memiliki kulit kepala yang kering atau bahkan sensitif, maka Grameds bisa menggunakan minyak kemiri untuk merawat kulit kepala.

Caranya pun cukup mudah, Grameds hanya perlu mengoleskan minyak kemiri secukupnya pada kulit kepala dan pijat kulit kepala secara lembut. Jangan langsung membilas minyak, tetapi biarkan selama beberapa saat atau bahkan semalaman lalu cuci rambut dengan shampo seperti biasa.

Selain ketiga cara memanfaatkan minyak kemiri, Grameds juga bisa mendapatkan khasiat minyak kemiri dengan cara lain. Berikut penjelasannya.

  1. Tuangkan minyak kemiri yang telah Grameds buat sebelumnya dalam sebuah wadah kecil dengan jumlah secukupnya.
  2. Kemudian oleskan minyak kemiri pada seluruh helaian rambut dan tentu saja minyak kepala. Grameds bisa menggunakan minyak kemiri dalam keadaan rambut kering maupun basah.
  3. Sisir rambut dari akar hingga ujung rambut, sehingga minyak kemiri dapat rata menutrisi rambut.
  4. Kucir atau gulung rambut, lalu bungkus rambut dengan menggunakan penutup kepala.
  5. Diamkan minyak kemiri pada rambut selama kurang lebih 1 jam atau biarkan menjadi masker rambut dan diamkan semalaman.
  6. Jangan lupa bilas rambut hingga bersih menggunakan shampo dan air hangat.

Manfaat Minyak Kemiri

cara membuat minyak kemiri
Sumber: Kompas.com

Minyak kemiri memiliki banyak kandungan seperti vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, kulit dan rambut. Berikut beberapa manfaat dari minyak kemiri untuk tubuh.

1. Membantu Menghindari Potensi Rambut Kering

Manfaat pertama dari minyak kemiri adalah memberikan kelembaban pada rambut, sehingga akan mencegah rambut menjadi kering serta kusut. Hal ini karena minyak kemiri memiliki kandungan asam amino serta asam lemak esensial yang dipercayai mampu menembus hingga ke dalam lapisan kulit kepala. Apabila Grameds memiliki kondisi rambut kering, maka perawatan dengan menggunakan minyak kemiri pun bisa menjadi jawabannya.

2. Membantu Mengobati Ketombe

Salah satu permasalahan rambut yang sering ditemui dan banyak dialami adalah ketombe pada kulit kepala tentu akan membuat kepala menjadi gatal dan membuat penampilan menjadi buruk, rambut pun akan tampak lembab dan juga mudah lepek karena ketombe.

Akan tetapi, permasalahan ketombe dapat dengan mudah diatasi dengan menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri memiliki kandungan asam linoleat yang berfungsi sebagai anti radang, maka artinya kandungan tersebut dapat membantu mengurangi produksi ketombe yang diakibatkan oleh adanya peradangan pada kulit kepala.

3. Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

Cahaya matahari, dapat berbahaya bagi kulit atau untuk rambut, oleh karena itu diperlukan proteksi khusus untuk melindungi kulit dan juga rambut agar tetap sehat dan terjaga.

Untuk menjaga kulit dari sinar matahari, Grameds tentu dapat dengan mudah mengaplikasikan sunscreen, tetapi bagaimana melindungi rambut dari sinar matahari? Caranya cukup mudah, Grameds dapat mengoleskan minyak kemiri pada rambut sebagai proteksi lebih.

Minyak kemiri dapat menjadi solusi untuk menjaga rambut agar tidak terpapar sinar matahari. Hal ini karena minyak kemiri memiliki kandungan vitamin E di dalamnya.

Vitamin E dikenal mampu menjaga kerusakan pada kulit, termasuk kulit kepala yang diakibatkan oleh paparan dari sinar matahari dalam jangka waktu yang lama.

Dengan adanya vitamin E, maka minyak kemiri dapat bekerja secara efektif untuk membantu menetralisir radikal bebas serta menjaga sel membrane dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari.

4. Membantu Mengatasi Gejala Psoriasis

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, minyak kemiri juga dapat membantu mengatasi gejala psoriasis. Psoriasis adalah peradangan terjadi pada kulit dan dapat menyebabkan kondisi kulit menjadi menebal, beisisik, mudah terkelupas dan terkadang muncul rasa gatal.

Pada umumnya, psoriasis akan lebih banyak muncul di bagian siku, lutut, punggung bagian bawah dan juga kulit kepala. Sementara itu, tanda adanya penyakit psoriasis adalah kulit menjadi bersisik, raas gatal hingga kondisi rambut yang mudah rontok.

Gejala dari psoriasis ini dapat diatasi dengan menggunakan pelembab khusus untuk kulit kepala yang memiliki fungsi untuk mengurangi peradangan serta rasa gatal.

Dengan bantuan minyak kemiri, maka dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa gatal pada kulit kepala. Akan tetapi ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa khasiat dari minyak kemiri hanya berguna untuk mengatasi gejala penyakit psoriasis dalam skala kecil saja.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Minyak kemiri dipercaya mampu memberikan perawatan kulit yang baik. Hal ini karena minyak kemiri mengandung asam linoleat yang mampu memberi efek anti radang dan antioksidan.

Adanya kandungan tersebut, membuat minyak kemiri dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan luka pada bagian kulit dan juga dapat memperbaiki lapisan kulit paling luar dan skin barrier.

Selain itu, asam linoleat yang ada pada minyak kemiri juga dapat menyamarkan keriput dengan cara meningkatkan produksi kolagen dan mampu memberikan rangsangan pada regenerasi kulit.

6. Membantu Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Minyak kemiri mengandung asam linolenat, asam oleat dan juga kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta kolesterol darah. Seperti yang Grameds ketahui bahwa kolesterol dan penyakit jantung merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terserang penyakit jantung.

Selain itu, tingginya kandungan kalium yang ada pada minyak kemiri juga memiliki peran penting dalam sintesis protein dan metabolisme karbohidrat pada tubuh manusia.

7. Membantu Mengatasi Diare

Siapa sangka bahwa minyak kemiri juga dapat membantu mengatasi diare. Hal ini karena minyak kemiri mengandung asam oleat dan akan mengurangi frekuensi buang air besar secara berlebihan seperti penyakit diare.

8. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Minyak kemiri kaya akan kandungan kalium dan juga fosfor yang begitu tinggi. Seperti yang diketahui bahwa kedua kandungan tersebut memiliki peran yang cukup penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi maupun tulang. Selain itu, minyak kemiri juga memiliki kandungan fosfor yang dapat membantu menghasilkan energi pada tubuh manusia.

9. Mencegah Penyakit Kanker

Asam oleat yang ada pada minyak kemiri dipercayai dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kanker. Asam oleat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan risiko penyakit kanker.

10. Sebagai Antibakteri

Asam lemak pada minyak kemiri akan membantu menghambat enzim pada sel bakteri. Jadi, bakteri pada tubuh tidak dapat bertahan lama dan membuat minyak kemiri berfungsi sebagai antibakteri.

https://www.gramedia.com/products/jalur-rempah-nusantara-kisah-aroma-nusantara-pemikat-dunia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/jalur-rempah-nusantara-kisah-aroma-nusantara-pemikat-dunia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penutup

Itulah beberapa cara membuat minyak kemiri dengan mudah di rumah dan beberapa manfaat dari minyak kemiri. Semoga setelah mengetahui manfaat dari minyak kemiri, kamu juga semakin rutin untuk menggunakan minyak kemiri.

Jika Grameds tertarik untuk mengetahui khasiat dari berbagai macam tanaman herbal atau rempah lainnya, maka Grameds dapat mencari informasinya dengan membaca buku.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia.com menyediakan berbagai macam buku berkualitas untuk Grameds. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah