in

Cara Menjadi Orang Sukses: Meniru Kebiasaan Orang Sukses

Kesuksesan merupakan impian semua orang yang ada di dunia. Akan tetapi, pernahkah terbesit dipikiran mengenai bagaimana cara menjadi orang sukses? Dalam mencapai sebuah kesuksesan tentu membutuhkan usaha yang maksimal dan semangat pantang menyerah.

Namun, cara mencapai kesuksesan dengan cara tersebut tentu tidak cukup. Kita membutuhkan cara lain supaya lebih mudah dalam menggapai tujuan yang sudah diimpikan sejak dulu.

Pasti kita semua tahu bahwa meraih kesuksesan tidak seperti membalikkan telapak tangan. Supaya seseorang dapat meraih kesuksesan, maka Ia harus melalui berbagai rintangan dan juga proses yang tidak mudah dan tidak sebentar.

Tak ada sebuah kesuksesan yang bisa digapai dengan mudah, kecuali memang kita sudah memiliki privilage yang membuat hidup kita berjalan lebih mudah dari seharusnya. Namun jika kita tidak hal tersebut, tentu kita membutuhkan kebiasaan disiplin dan juga semangat membara dalam menjalani proses menuju sukses.

Bahkan, dari kebiasaan kecil yang kita lakukan sehari-hari mampu menjadi tolok ukur kemampuan kita dalam menggapai kesuksesan. Setiap usaha yang kita jalankan, sekecil apapun itu, pasti akan memberikan dampak yang baik bagi proses untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Kebiasaan Orang Sukses yang Dilakukan Setiap Harinya

Seorang penulis bernama Thomas Corley melakukan sebuah penelitian mengenai kebiasaan sehari-hari dari orang kaya dan juga orang miskin. Berdasarkan 233 responden yang telah terkumpul dari orang-orang kaya dan 128 responden dari orang miskin, peneliti tersebut menemukan bahwa 6 kebiasaan orang sukses yang dilakukan setiap harinya. Nah, apa saja 6 kebiasaan tersebut? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Bangun 3 Jam Sebelum Mulai Bekerja

Ketika hari masih sangat pagi, orang-orang sukses biasanya sudah bangun dan mulai bersiap untuk menyambut hari. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, ada sekitar 44% orang sukses yang bangun 3 jam sebelum berangkat kerja atau mulai bekerja.

Hal tersebut dilakukan supaya mereka bisa mempunyai cukup waktu untuk bersiap dan menenangkan diri. Sehingga bisa memulai pekerjaan dengan kondisi yang fresh dan tenang. Selain itu, dengan bangun lebih awal, mereka mendapatkan banyak kesempatan untuk melakukan berbagai hal sebelum mulai bekerja.

Kebiasaan tersebut patut ditiru apabila Grameds ingin menjadi orang sukses. Dengan bangun lebih awal, maka kita akan mendapatkan banyak keuntungan yang bisa dinikmati, entah itu untuk saat ini atau di masa mendatang. Dengan bangun lebih pagi, kita tidak akan merasa terburu-buru untuk bersiap-siap.

2. Mempunyai Target Harian

Mindset orang-orang sukses tidak pernah berpikir tentang berapa lama mereka harus bekerja pada hari itu atau berpikir tentang kapan mereka bisa liburan. Setiap hari, sebelum memulai dari mereka sudah merencanakan banyak hal supaya harinya dihabiskan untuk hal-hal yang produktif.

Tak hanya itu, mereka juga akan berpikir tentang bagaimana cara menyelesaikan pekerjaannya pada hari itu dengan maksimal. Segala sesuatu yang perlu diselesaikan pada hari itu sudah diatur dengan jelas di hari sebelumnya.

Sehingga mereka tinggal menyesuaikan saja sesuai rencana. Membuat target harian perlu kita lakukan agar termotivasi untuk bekerja lebih giat. Sebab dengan memiliki daftar rencana atau target yang jelas, maka semua pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu. Jadi, tidak ada lagi waktu yang terbuang sia-sia.

3. Tak Pernah Berhenti Untuk Belajar

Salah satu ciri orang sukses paling terlihat adalah keinginan mereka untuk selalu belajar. Tak hanya bentuk membaca buku atau belajar di sekolah, namun proses belajar tersebut bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja serta dari siapa saja.

Hal-hal baru tentu akan selalu ada di setiap tempat. Itulah salah satu hal yang bisa mendorong orang-orang sukses untuk terus belajar. Jadi, semakin sering kita belajar maka akan semakin cerdas dan memiliki wawasan yang luas.

Apabila kita sudah memiliki wawasan yang luas, kita bisa berkomunikasi dan melakukan banyak hal dengan baik. Sehingga ketika kesempatan datang, kita sudah bisa mengambilnya karena kita sudah memiliki wawasan mengenai hal tersebut.

banner-promo-gramedia

4. Menambah Relasi

Kebiasan orang sukses yang mungkin seringkali dianggap tidak penting dan membuang-buang waktu adalah memperluas relasi dengan menambah teman. Padahal hal tersebut sangat penting untuk kita lakukan agar relasi kita semakin luas. Dengan begitu, kesempatan untuk meraih kesuksesan menjadi semakin besar.

Tapi sayangnya, kebanyakan orang cenderung lebih tertutup dan memilih untuk melakukan bisnis dengan orang-orang yang sudah mereka kenal saja. Tapi perlu Grameds pahami bahwa dengan membangun relasi yang baik dengan orang-orang baru, maka tingkat kepercayaan orang lain terhadap diri kita akan semakin besar.

Hal itulah yang selama ini dilakukan oleh orang-orang sukses. Mereka justru meluangkan waktu untuk menambag serta menjaga relasi yang baik dengan orang lain. Sebab, mereka paham tentang betapa besarnya pengaruh teman untuk kesuksesan mereka.

5. Memiliki Pola Hidup Sehat

Kesehatan adalah salah satu aset yang perlu kita jaga dengan baik. Sebab, kesehatan sendiri mempunyai dampak yang cukup besar bagi kesuksesan kita. Dengan memiliki tubuh yang sehar, maka pikiran kita juga akan lebih senang. Sehingga akan ada banyak ide yang dapat membuat kita bisa meraih kesuksesan.

Selain itu, dengan memiliki pola hidup yang sehat, maka kita akan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Jadi, kita dapat melakukan apapun dengan maksimal dan lebih produktif dalam bekerja. Biasanya, orang sukses akan pergi olahraga setelah pulang dari bekerja. Mereka akan pergi ke tempat pusat kebugaran untuk melakukan aktivitas olahraga dan juga menambah relasi pertemanan.

Selain itu, gaya hidup yang sehat juga bisa dilakukan dengan cara menjaga pola makan. Jika dilihat dari poin ke lima ini, bisa disimpulkan bahwa orang-orang sukses sudah disiplin sejak dalam mengatur pola hidup dan pola makan. Jadi, apakah Hrameds sudah disiplin untuk hidup sehat?

6. Lebih Banyak Membaca

Proses pembelajaran yang paling sering dilakukan oleh orang sukses adalah membaca. Sebab, ketika membaca otak kita akan mengulang apa yang kita baca. Sehingga informasi yang masuk ke dalam otak kita akan lebih mudah untuk diingat. Tak heran jika membaca menjadi salah satu cara untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita.

Sebenarnya, menonton TV atau tayangan Youtubue juga bisa memberikan kita pengetahuan dan wawasan yang baru. Akan tetapi, orang-orang cenderung mencari tayangan yang menghibur dan tayangan yang sebenarnya tidak berguna untuk ditonton. Oleh karena itu, menonton TV atau tayangan video lainnya hanya akan membuang waktu kita saja.

tombol beli buku

Cara Menjadi Orang Sukses

Cara menjadi orang sukses menjadi salah satu kata kunci yang seringkali menempati posisi teratas di halaman pencarian Google. Hal tersebut menunjukkan bahwa sekarang ini masih banyak orang yang sedang bejuang mencari cara untuk menggapai kesuksesan yang selama ini diimpi-impikan.

Walaupun tidak bisa dikatakan mudah, namun menjadi seseorang yang sukses di usia muda bukanlah hal yang mustahil untuk dicapai. Bahkan, beberapa pengusaha yang kini sudah sukses, mereka meraihnya di usia yang masih muda. Namun yang menjadi masalah sebenarnya adalah kebanyakan orang hanya berani untuk bermimpi tanpa melakukan usaha untuk mewujudkan hal tersebut.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai cara menjadi orang sukses yang mungkin bisa Grameds terapkan untuk diri sendiri.

Memperkuat karakter merupakan salah satu cara menjadi orang sukses. Jika kita tidak memenuhi karakteristik dari orang sukses, maka tentu kita tidak bisa meraih kesuksesan yang diimpi-impikan. Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari orang sukses yang perlu ditiru:

1. Berani Untuk Memulai

Orang yang sukses tidak selalu berasal dari orang-orng yang pandai dan selalu juara di kelas. Tapi, orang sukses justru berasal dari orang-orang yang berani untuk memulai. Salah satu musuh terkuat seseorang untuk menggapai kesuksesan adalah rasa tidak percaya diri.

Di dunia ini, ada banyak sekali orang yang memiliki ide cemerlang, tapi sedikit dari mereka yang berani dan percaya diri untuk mengungkapkan serta memulai hal baru yang belum pernah mereka lakukan.

Keberanian untuk memulai sesuatu hal yang baru adalah salah satu modal untuk para calon pengusaha untuk mencapai kesuksesan. Terlebih lagi, untuk kita yang masih muda dan mempunyai ide-ide baru untuk diwujudukan.

Sebagai anak muda, kita masih mempunyai banyak waktu untuk belajar lebih maksimal dari pengalaman serta kegagalan usaha yang dulu pernah terjadi di dalam hidup kita sendiri maupun orang lain.

2. Berpikir Kritis

Untuk menjadi orang yang sukses, kita perlu berpikir kritis terhadap apapun yang ada di depan kita. Terutama pada semua hal yang menghalangi jalan kita untuk menuju kesuksesan. Kita harus bisa menganalisa fakta serta opini yang muncul di masyarakat.

Kemudian hal tersebut kita jadkan sebagai solusi untuk setipa masalah yang hadir, baik itu berpengaruh pada pekerjaan kita atau tidak. Dengan memiliki pikiran yang kritis dan selalu berpikir positif, kita bisa semakin berkembang dan bergerak maju untuk menggapai kesuksesan.

banner-promo-gramedia

3. Disiplin

Jangan terlalu berharap untuk menjadi seorang yang sukses jika kita belum bisa menerapkan sikap disiplin di dalam hidup kita. Kenapa? Sebab, sikap disiplin adalah salah satu karakter umum yang dimiliki oleh orang-orang sukses.

Sehingga jika kita ingin menjadi orang sukses, maka kita juga perlu menerapkan sikap disiplin atas diri kita sendiri. Mulailah dengan membuat jadwal dan hindari untuk menunda pekerjaan. Usahakan untuk menyelesaikan semua pekerjaan secara tepat waktu. Dengan konsisten melakukan hal tersebut, maka sikap disiplin akan terbentuk di dalam diri kita.

4. Cepat Beradaptasi

Perkembangan zaman kini sudah begitu pesat, jadi mau tidak mau kita harus menjadi seseorang yang bisa beradaptasi dengan cepat. Hal penting yang harus kita lakukan adalah beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tren terkini.

Sebab, jika kita tidak update, maka akan sangat sulit mengimbangi tren dan juga teknologi yang semakin hari semakin maju. Kenapa hal tersebut penting? Sebab, perkembangan zaman, tren, dan juga teknologi bisa mempengaruhi minat serta keinginan kita dalam merencanakan masa depan untuk mencapai kesuksesan.

5. Terbuka Dengan Kritik dan Saran

Kritik dan saran merupakan faktor yang bisa mempengaruhi sikap kita. Oleh sebab itu, jangan sampai kita tidak terbuka dalam menanggapi kritikan dan juga saran yang berkaitan dengan diri kita sendiri.

Terlepas dari siapa orang yang memberi kritian, sebaiknya kita menerimanya terlebih dulu. Jadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk terus berkembang dan melangkah lebih maju. Jangan jadikan kritikan sebagai masalah yang berat dan bisa menghancurkan fokus kita.

Kadang-kadang, seseorang menjadi terlalu angkuh atau sombong sampai tidak mau menerima kritik dan juga saran dari orang lain. Padahal hal tersebut adalah salah satu cara menjadi orang sukses yang sesungguhnya.

tombol beli buku

Cara Menjadi Orang Sukses di Berbagai Bidang

Untuk menjadi seorang yang sukses, kita tidak harus berfokus pada satu bidang saja. Ada banyak sekali orang yang sudah sukses dan ternyat mereka sudah melakukan banyak sekali hal dari berbagai bidang sebelumnya. Tidak peduli apapun bidang yang kita minati, berikut ini adalah cara menjadi orang sukses di berbagai bidang:

1. Komitmen

Mempunyai komitmen yang kuat di dalam diri merupakan salah satu cara efektif menjadi seorang yang sukses. Ketika seseorang melakukan suatu hal dengan setengah hati, maka hal tersebut akan menjadikan mereka  sulit untuk mencapai kesuksesan.

Supaya kita bisa berhasil terhadap segala sesuatu yang kita lakukan, kita harus mempunyai komitmen yang kuat, baik itu dalam niat maupun tindakan. Kita juga tidak boleh mudah menyerah jika usaha yang kita lakukan belum menunjukkan hasil. Namun kita harus tetap berjuang dan berusaha. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen kita terhadap segalam sesuatu yang sedang kita lakukan.

2. Membentuk Kebiasaan Baik

Selain mengukur sebuah kemajuan dari proses yang kita lakukan, cobalah untuk memulai membentuk kebiasaan baik sebagai salah satu hal yang kita lakukan setiap harinya. Misalnya, kita berniat untuk ahli dibidang tertentu.

Maka mulailah untuk membentuk kebiasaan yang bisa membuat kita bisa mencapai keinginan kita dalam menguasai bidang tersebut. Tak perlu merasa berat atau bahkan terbebani dalam mempelahari hal baru. Sebaiknya kita menganggap hal tersebut sebagai kebiasaan baru yang memang wajib kita lakukan setiap harinya. Dengan begitu, kita akan lebih mudah dalam menjalaninya.

3. Melakukan Evaluasi Diri

banner-promo-gramedia

Salah satu hal yang seringkali luput dari pikiran kita adalah tidak mau melakukan evaluasi terhadap apa saja yang sudah kita lakukan untuk mencapai sebuah kesuksesan. Jadi, mulai sekarang, apapun tujuan yang kita inginkan, cobalah untuk melakukan evaluasi dan bertanya kepada diri kita sendiri, apakah ada hal-hal yang perlu diperbaiki, dikembangkan lagi, atau yang lainnya. Dengan mengevaluasi setiap hal yang kita lakukan bisa membuat kita semakin paham terkait mana saja yang berhasil dan apa saja yang perlu diperbaiki lagi.

4. Fokus Terhadap Proses Bukan Hasil

Jika selama ini kita selalu fokus pada hasil yang diperoleh saja, sebaiknya sekarang kita mengubah mindset kita untuk mulai berfokus pada proses untuk menggapai hasil tersebut. Cara seperti itu akan lebih bisa membuat seseorang mempertahankan motivasinya dalam mencapai tujuan atau kesuksesan. Ketika kita terlalu fokus terhadap hasil yang diperoleh, maka motivasi yang kita miliki bisa menurun jika mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

tombol beli buku

Kesuksesan Datang Dari Dalam Diri Kita Sendiri

Setelah Grameds menerapkan semua cara yang sudah disebutkan di atas, hal tersebut tidak akan menjamin kita akan langsung menjadi orang sukses. Tapi dengan menerapkan kebiasaan di atas, maka kesempatan untuk menjadi orang sukses akan semakin besar. Sukses atau tidaknya seseorang tidak bisa ditentukan dengan apa yang dilakukannya, tapi semua itu ditentukan oleh diri kita sendiri.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah