in

Cara Meningkatkan Daya Ingat yang Efektif

Cara Meningkatkan Daya Ingat – Tidak sedikit orang yang dengan mudah melupakan sesuatu hal yang penting. Padahal, usianya masih terbilang cukup muda untuk mengalami kepikunan.

Terkadang, hal tersebut juga dapat memberi dampak buruk terkait kinerja di perusahaan. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi agar tidak mudah untuk lupa. Simak informasi berikut.

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Daya ingat yang kuat bergantung kepada kesehatan dan vitalitas otak seseorang. Otak manusia memiliki kemampuan luar biasa untuk beradaptasi dan berubah, meski usia seseorang sudah tidak muda lagi. Kemampuan ini disebut juga dengan neuroplastisitas. Dengan stimulasi yang tepat, otak dapat membentuk jalur saraf baru, mengubah koneksi yang ada, dan beradaptasi serta bereaksi dengan cara yang berbeda-beda.

Kemampuan luar biasa dari otak tersebut dapat membentuk kembali fungsi sebenarnya terkait pembelajaran dan memori. Kamu dapat memanfaatkan beberapa yang alami untuk meningkatkan kemampuan kognitif, kemampuan untuk mempelajari informasi baru, hingga daya ingat.

Nah, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk tingkatkan daya ingat.

1. Melatih Otak

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk terus meningkatkan daya ingat adalah dengan rutin melatih otak. Saat kamu sudah menunjukkan usia dewasa, otak telah mengembangkan jutaan jalur saraf yang berguna untuk memproses dan mengingat informasi dengan cepat, memecahkan masalah sehari-hari, hingga menjalankan segala tugas yang rutin dilakukan.

Untuk menjaga bagian tersebut berfungsi dengan baik, kamu harus menstimulasi otak guna terus tumbuh dan berkembang. Memori sama seperti kekuatan otot yang mengharuskan kamu untuk terus menggunakannya atau fungsinya akan menurun. Semakin sering melatih otak, semakin baik juga organ tersebut untuk memproses dan mengingat informasi. Cara terbaik untuk tingkatkan daya ingat adalah menghentikan rutinitas dan melakukan hal yang baru agar jalur otak berkembang.

2. Rutin Lakukan Aktivitas Fisik

Meskipun latihan mental penting untuk menjaga kesehatan otak, tetapi bukan berarti melakukan aktivitas fisik tidak berguna. Dengan berolahraga secara rutin, kamu dapat membantu otak tetap tajam untuk digunakan berpikir. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan oksigen ke otak dan mengurangi risiko gangguan yang menyebabkan kehilangan ingatan, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Selain itu, olahraga juga meningkatkan efek dari zat kimia di otak yang bermanfaat dan mengurangi hormon stres. Hal yang paling penting terkait cara tingkatkan daya ingat pada otak adalah olahraga dapat memberi manfaat pada neuroplastisitas yang meningkatkan faktor pertumbuhan, dan merangsang terbentuknya koneksi saraf baru. Karena itu, peningkatan otak untuk mengingat sesuatu menjadi lebih efektif.

3. Tidur yang Cukup

Kamu juga harus mendapatkan tidur yang cukup sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh. Orang dewasa rata-rata membutuhkan waktu tidur antara 7,5 hingga 9 jam setiap malam. Saat kamu kekurangan waktu tidur, beberapa masalah yang berhubungan dengan memori, kreativitas, kemampuan memecahkan masalah, hingga keterampilan untuk berpikir kritis dapat menurun. Tidur juga sangat penting sebagai cara untuk meningkatkan daya ingat yang lebih mendasar. Tidur dibutuhkan untuk konsolidasi memori yang aktivitasnya dapat meningkatkan memori utama saat terlelap dengan nyenyak.

4. Memperhatikan Asupan Nutrisi

Otak tentu memerlukan asupan makanan bergizi agar dapat berfungsi dengan optimal. Perbanyak konsumsi makanan, seperti sayuran hijau, ikan, teh hijau, dan kacang-kacangan, agar fungsi otak lebih terjaga.

5. Cobalah Konsumsi Suplemen Minyak Ikan

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Lemak ini penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan telah terbukti menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, menghilangkan stres dan kecemasan, dan memperlambat penurunan mental.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan dan suplemen minyak ikan dapat meningkatkan daya ingat, terutama pada orang tua. Sebuah studi skala kecil terhadap 36 orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan kognitif ringan, menemukan bahwa skor memori jangka pendek dan kerja meningkat secara signifikan setelah mereka mengonsumsi suplemen minyak ikan terkonsentrasi selama 12 bulan.

Ulasan terbaru lainnya dari 28 penelitian menunjukkan bahwa ketika orang dewasa dengan gejala kehilangan ingatan ringan mengonsumsi suplemen yang kaya DHA dan EPA, seperti minyak ikan, mereka mengalami peningkatan memori episodik. Baik DHA dan EPA sangat penting untuk kesehatan dan fungsi otak dan juga membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang telah dikaitkan dengan penurunan kognitif.

Untuk beberapa kondisi, penggunaan obat-obatan atau suplemen juga dapat dilakukan untuk meningkatkan daya ingat. Namun, konsultasikan lebih dulu ke dokter untuk memastikan efektivitas dan risiko yang dapat muncul.

bisakah aku yang pelupa memiliki ingatan super ?

bisakah aku yang pelupa memiliki ingatan super ?

6. Luangkan Waktu untuk Meditasi

Praktik meditasi dapat berdampak positif kepada kesehatan kalian dalam banyak hal. Meditasi di antaranya dapat membuat rileks atau tenang, serta dapat mengurangi stres, rasa sakit, menurunkan tekanan darah, dan bahkan meningkatkan daya ingat. Faktanya, meditasi telah terbukti meningkatkan materi kelabu di otak. Materi kelabu mengandung badan sel neuron.

Seiring bertambahnya usia, materi kelabu ini menurun, yang berdampak negatif kepada memori dan kognisi. Teknik meditasi dan relaksasi telah terbukti meningkatkan ingatan jangka pendek pada orang-orang dari segala usia, dari orang berusia 20-an hingga orang tua. Misalnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Taiwan yang melakukan praktik meditasi seperti mindfulness memiliki memori kerja spasial yang jauh lebih baik daripada siswa yang tidak berlatih meditasi.

7. Pertahankan Berat Badan yang Sehat

Menjaga berat badan yang sehat sangat penting untuk kesejahteraan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh dan pikiran dalam kondisi prima. Beberapa penelitian telah menetapkan obesitas sebagai faktor risiko penurunan kognitif. Menariknya, menjadi obesitas sebenarnya dapat menyebabkan perubahan pada gen yang terkait dengan memori di otak, yang berdampak negatif pada memori.

Obesitas juga dapat menyebabkan resistensi insulin dan pembengkakan, yang keduanya dapat berdampak negatif pada otak. Sebuah penelitian terhadap 50 orang yang berusia antara 18 dan 35, menemukan bahwa indeks massa tubuh yang lebih tinggi dikaitkan dengan kinerja yang jauh lebih buruk pada tes memori. Obesitas juga dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan penyakit Alzheimer, penyakit progresif yang merusak memori dan fungsi kognitif.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

8. Kurangi Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol dapat merusak kesehatan kalian dalam banyak hal, termasuk bia berdampak negatif pada ingatan. Penelitian telah menunjukkan konsumsi alkohol berlebih dapat mengubah otak dan mengakibatkan defisit memori. Sebab, alkohol menunjukkan efek neurotoksik pada otak.

Berulang kali meminum alkohol dapat merusak hippocampus, bagian dari otak yang memainkan peran penting dalam memori. Jadi, menghindari asupan alkohol berlebihan dapat menjadi cara meningkatkan daya tahan secara alami.

9. Rutin Olahraga

Olahraga secara rutin juga dinilai sebagai cara yang tepat untuk menjaga daya ingat dan konsentrasi tetap optimal. Ada beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan otak, antara lain:

  • Melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh dan meningkatkan suplai darah ke otak;
  • Mengurangi peradangan;
  • Mendorong perkembangan sel saraf baru;
  • Mengurangi resistensi insulin;
  • Merangsang pelepasan zat biokimiawi yang berpengaruh pada kesehatan otak.

Kalian disarankan untuk melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, lari, atau berenang selama kurang lebih 30 menit setiap harinya.

10. Melakukan Senam Otak

Selain menjaga nutrisi dan berolahraga, otak juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga. Senam otak dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, membaca, bermain catur, menguji ingatan dengan menghafal gambar, atau belajar memainkan alat musik.

11. Kurangi Asupan Karbohidrat Olahan

Mengonsumsi karbohidrat olahan dalam jumlah besar seperti kue, sereal, biskuit, nasi putih, dan roti putih dapat merusak ingatan kalian. Makanan ini memiliki indeks glikemik tinggi, yang berarti tubuh mencerna karbohidrat ini dengan cepat, yang menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan Barat, yang tinggi karbohidrat olahan, dikaitkan dengan demensia, penurunan kognitif, dan penurunan fungsi kognitif. Sebuah studi terhadap 317 anak sehat menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak karbohidrat olahan seperti nasi putih, mie, dan makanan cepat saji telah mengurangi kapasitas kognitif, termasuk memori kerja dan jangka pendek yang lebih buruk.

Studi lain menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi sereal sarapan siap saji setiap hari memiliki fungsi kognitif yang lebih buruk daripada mereka yang lebih jarang mengonsumsi sereal.

12. Cukupi Kebutuhan Vitamin D

Vitamin D adalah nutrisi penting yang memainkan banyak peran penting dalam tubuh. Kadar vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penurunan fungsi kognitif. Sebuah studi yang diikuti 318 orang lansia selama 5 tahun menemukan bahwa mereka yang memiliki kadar vitamin D kurang dari 20 nanogram per ml kehilangan ingatan dan kemampuan kognitif lainnya lebih cepat daripada mereka yang memiliki kadar vitamin D normal.

Kadar vitamin D yang rendah juga dikaitkan dengan risiko yang lebih besar terkena demensia. Kekurangan vitamin D sangat umum terjadi, terutama bagi seseorang yang tinggal di iklim yang lebih dingin dan yang berkulit lebih gelap. Bicarakan dengan dokter tentang mendapatkan tes darah untuk mengetahui apakah kalian memerlukan suplemen vitamin D atau tidak.

seni melatih ingatan

seni melatih ingatan

Beragam Cara Meningkatkan Konsentrasi

Selain daya ingat, konsentrasi juga berperan penting dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Dengan konsentrasi yang baik, produktivitas dapat meningkat dan kesalahan dalam pekerjaan pun dapat dihindari.

Nah, ada beberapa cara meningkatkan konsentrasi yang dapat kalian lakukan, antara lain:

  • Perhatikan dengan saksama setiap informasi dan hal yang sedang kalian lakukan. Kalian tidak dapat berkonsentrasi melakukan suatu hal jika kalian tidak memperhatikan dan menyimak apa yang ditugaskan untuk kalian .
  • Buatlah prioritas tugas atau pekerjaan dan lakukan satu pekerjaan pada satu waktu. Hal ini dapat membantu konsentrasi kalian tidak terganggu.
  • Buatlah catatan tentang hal-hal penting apa saja yang harus kalian lakukan. Catatan ini bisa menjadi pengingat kalian.
  • Matikan telepon genggam agar tidak mengganggu konsentrasi kalian ketika bekerja atau belajar.
  • Istirahatkan pikiran kalian sejenak setelah beberapa waktu bekerja untuk meningkatkan konsentrasi kalian.

Langkah lain yang umum dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi antara lain:

1. Biasakan Diri Mengorganisir Hal-Hal Kecil

Sering sekali seseorang lupa akan barangnya karena diletakkan di sembarang tempat. Oleh karena itu, cobalah merapikan barang-barang pribadi di sekitar kalian. Mulai dari hal-hal sepele, seperti menaruh barang kembali pada tempatnya, menulis agenda harian, dan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai. Hal tersebut akan membuat otak lebih fokus, sehingga daya ingat tetap terjaga.

2. Aktif Bersosialisasi

Aktif bersosialisasi dan menjalin komunikasi, misalnya dengan teman, sahabat, dan orang-orang terdekat adalah salah satu cara meningkatkan daya ingat yang efektif. Berkumpul dengan mereka memungkinkan Anda terbebas dari stres dan depresi. Kedua kondisi tersebut sangat erat kaitannya dengan penyebab menurunnya daya ingat.

3. Gunakan Akronim untuk Mengingat

Tahu istilah jembatan keledai? Jembatan keledai adalah trik menghafal dan mengingat dengan menggunakan akronim atau singkatan, kata-kata kunci, rima, hingga gambar. Dalam jembatan keledai, setiap huruf yang ada mewakili satu kata dalam kalimat terpisah.

Contohnya untuk menghafal tabel periodik, kamu bisa menggunakan HaLiNa Kawin Robi Cs Frustasi. Singkatan ini terdiri dari unsur H (Hidrogen), Li (Lithium), Na (Natrium), K (Kalsium), Rb (Rubidium), Cs (Caesium), dan Fr (Fransium).

Apakah kamu punya jembatan keledaimu sendiri? Coba tulis di kolom komentar ya!

4. Lakukan Asah Otak dengan Permainan

Untuk meningkatkan daya ingat, otak kamu juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga. Nah, kamu bisa mengasah otak dengan beberapa cara seperti bermain puzzle, catur, mengisi teka-teki silang, menghafal gambar, bermain alat musik, atau membaca. Permainan ini dapat menstimulasi otak untuk menggunakan ingatan.

5. Mengajarkan Kembali

Saat ini, berbagai ujian akademik menuntut kamu untuk paham konsep materi, bukan hanya menghafal, seperti soal HOTS. Untuk mengingat konsep, kamu harus berlatih dengan belajar secara aktif. Salah satu cara untuk mempertahankan daya ingat terhadap suatu informasi adalah dengan mengajarkan kembali pelajaran yang sudah kamu pahami kepada teman. Kamu bisa membuat kelompok belajar dan bergantian menjelaskan materi yang sudah dipelajari. Pasif dalam belajar akan membuat kamu sangat sulit untuk mengingat apa yang dibaca.

6. Membuat Review

Masih suka belajar SKS atau sistem kebut semalam? Jangan dibiasakan seperti itu, ya. Menjejalkan banyak informasi untuk diingat dalam waktu singkat adalah kebiasaan yang tidak baik. Materi-materi itu pasti akan langsung hilang seketika. Kunci dari meningkatkan daya ingat yang baik adalah dengan sering melakukan review atau meninjau ulang catatan dan materi belajar mingguan. Lakukan review berulang-ulang dan rasakan manfaatnya.

7. Belajar dengan Gambar

Siapa yang lebih suka membaca komik dibandingkan novel? Gambar memang lebih mudah untuk diingat dan dipahami dibandingkan teks buku. Visualisasi ini bisa menjadi salah satu strategi untuk mengingat informasi dengan lebih mudah.

Kamu bisa mulai dengan memvisualisasikan gambar dalam pikiran saat mendapatkan informasi. Informasi yang diterima secara visual akan lebih membekas di dalam pikiran, sehingga kamu jadi lebih mudah untuk mengingat.

8. Merangkum Kembali

Suka merasa materi yang diberikan oleh guru terlalu banyak? Sampai kamu bingung bagian mana yang paling penting? Nah, terkadang kita tidak mengerti cara mengelola informasi yang masuk ke dalam memori kita.

Untuk mengingat informasi baru yang kamu terima, cobalah untuk merangkum kembali seluruh informasi dengan menggunakan kata-kata kamu sendiri. Dengan begitu, kamu pun akan lebih mudah untuk memahami informasi yang didapatkan. Jika kamu tidak bisa melakukan ini, berarti kamu tidak paham sama sekali dengan materi yang diberikan dan harus mengulangnya kembali.

Kesimpulan Cara Meningkatkan Daya Ingat

Terapkanlah cara-cara di atas sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi kalian agar tidak mudah lupa. Dengan menerapkan semua hal tersebut secara rutin, diharapkan ingatan kamu menjadi lebih kuat agar segala hal yang penting tidak terlupakan. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan fungsi otak.

Namun, jika daya ingat dan konsentrasi kalian tak kunjung membaik atau bahkan menurun drastis, segera konsultasikan hal tersebut ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan penanganan sesuai keluhan yang Anda alami.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Cara Meningkatkan Daya Ingat

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien