in

14 Hiburan Anak Kos yang Murah Meriah Saat Merasa Bosan!

Bad Neighbors. Neighbors. Sky Movies Frat Boys with Seth Rogen as Mac Radner and Rose Byrne as Kelly Radner.

Hiburan Anak Kos – Tinggal sendirian dan jauh dari keluarga pasti akan membuat seseorang merasa kesepian dan bingung untuk mencari hiburan. Terlebih jika seseorang tersebut tidak mempunyai pasangan dan sedang berada di tanggal tua yang mengakibatkan juga tidak punya banyak uang untuk liburan atau sekedar mencari makanan yang enak.

Biasanya hal ini banyak dialami oleh para mahasiswa perantauan ataupun pekerja yang bekerja di luar kota sehingga mengharuskan mereka untuk tinggal sendirian di sebuah kosan. Mungkin pada awalnya mereka akan merasa bebas dan punya ruang lebih untuk privasi mereka namun seiring berjalannya waktu pasti mereka akan merasa kesepian dan terlebih suasana kosan yang menjemukan membuat mereka bingung harus mencari hiburan kemana.

Solusi dari hal ini biasanya disiasati dengan menghabiskan waktu dengan teman agar tidak merasa kesepian dan bisa terhibur. Mencari hiburan bersama teman tidak melulu harus pergi ke tempat yang mahal atau liburan ke tempat yang jauh namun melakukan kegiatan-kegiatan sederhana juga dapat menjadi hiburan berarti bagi anak kos.

Untuk itu bagi sobat grameds sekalian yang juga merupakan anak kos yang sedang merasa kesepian dan bingung mencari hiburan kemana pada pembahasan kali ini kami telah merangkum berbagai kegiatan menarik yang bisa kalian lakukan sebagai anak kos.

Selanjutnya pembahasan tersebut telah kami sajikan di bawah ini!

Hiburan Anak Kos

Hiburan Ala Anak Kos

Orang bilang jadi anak kos itu enak, mereka bisa lebih mandiri dan punya banyak kebebasan dibandingkan tinggal bersama orang tua. Namun kebebasan ini bukan  tanpa resiko, ya, sebagai anak kosan, Anda memiliki tanggung jawab penuh atas semua yang terjadi dalam hidup, termasuk keuangan.

Belum lagi merasa kesepian karena tidak punya pasangan, jauh dari keluarga dan tidak punya uang menjadikan anak kosan butuh hiburan untuk menyiasati kesepian mereka selama tinggal jauh dari orang tua.

Nah, berikut ini kami telah sajikan berbagai kegiatan menarik yang bisa menjadi hiburan bagi sobat grameds yang sedang bingung sendirian di kosan.

1. Menonton Film Sepanjang Hari

Harga tiket bioskop sama dengan harga dua kali  makan. Bagi anak-anak yang tinggal di kosan, uang “itu” sangat berharga, terutama seiring bertambahnya usia. Daripada menghabiskan uang untuk  tiket bioskop, anak-anak kosan lebih suka streaming film di laptop atau smartphone mereka dan menontonnya sepanjang hari. Sungguh nikmat Tuhan mana lagi yang mau kau dustakan?

2. Mengajak teman ke Kosan, berkumpul, bersenang-senang

Terkadang hiburan juga bisa lahir dari persahabatan. Bagi seorang pejuang kosan, kehadiran sahabat di luar kota adalah semacam hiburan tak ternilai di saat suka dan duka. Kami bertukar cerita, bermain game, atau berbicara tentang cerita suka duka cinta.

Anak-anak kosan pasti akan merasa terhibur. Terkadang hiburan juga bisa datang dari persahabatan dan diri sendiri. Berkumpul bersama teman-teman di rumah kontrakan atau rumah sewaan pasti menyenangkan. Untuk menghibur diri sendiri, cukup bertukar cerita, bermain game, atau bahkan membicarakan percintaan Anda.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Plus, Anda dan teman Anda membayar sedikit biaya dan kemudian memasak atau membeli makanan ringan. Atau sesederhana menyediakan daging saat pesta kurban. Jadi ini pesta barbekyu Berkumpul bersama teman pastinya akan terasa sangat menyenangkan.

3. Karaoke Mall Seharga Rp 100.000 Untuk Satu Jam, Kalau di Kosan Gratis Sampe Nangis

Karaoke pasti menyenangkan bagi anak-anak kosan yang suka bernyanyi walaupun dengan suara pas-pasan. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, anak kosan memiliki ide cemerlang agar tetap bisa berkaraoke tanpa mengeluarkan banyak biaya. Mereka diuntungkan dari program streaming musik yang sudah menawarkan fitur karaoke atau lagu  tanpa suara penyanyi di YouTube.

4. Main PlayStation Sampai Malam

Bermain game atau merekam aktivitas sehari-hari adalah alternatif hiburan paling asyik untuk anak kos. Bermain bukan hanya sekedar hiburan. Anak-anak yang bermain di penginapan dapat meningkatkan mood dan kebahagiaan. Game apa yang sobat grameds suka?

Mungkin kegiatan ini cukup langka. Tapi jangan khawatir, kamu bisa memainkan game PS di laptop kamu. Dibantu dengan aplikasi program emulator yang mendukung bermain PS di kos dengan teman sepuasnya.

Kamu bisa memainkan game multiplayer yang seru dan menyenangkan. Mulai dari pertandingan sepak bola hingga balapan mobil. Untuk membuatnya lebih menyenangkan, sobat grameds bisa bermain dengan anak kosan lain dan teman akrab dalam sebuah turnamen.

5. Pergi ke  Mall Juga dapat Menjadi Hiburan

Main di Game Center atau sekedar cuci mata. Tidak punya budget untuk pergi ke pantai atau mendaki gunung? Mall bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anak kosan. Mengapa? Karena ketika Anda berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, Anda tidak diwajibkan untuk membeli barang-barang yang sedang di obral (yang penting Anda tahan terhadap hiruk pikuk belanja).

Jalan kaki di mall sudah cukup bagi anak kosan untuk mencuci mata. Apalagi jika ada acara yang menarik untuk ditonton. Dan jika Anda punya  uang, pergi ke Game Center  juga akan membuat Anda bahagia. Sobat grameds setuju nggak?

6. Mendengarkan Teman Kosan Curhat Masalah Dengan Pacarnya

Dan Anda hanya bisa tersenyum saat Anda bertanya-tanya apa yang menjadi biang masalahnya. Nah, yang tak lepas dari kehidupan anak-anak yang datang selama perantauan adalah kehidupan percintaan. Bahkan jika kita tidak merasakannya, romansa teman serumah bisa menghibur sekaligus menyedihkan.

Misalnya, jika mereka berkelahi di asrama, Anda harus diam-diam tersenyum di kamar Anda. Merasa bahwa Anda peduli (meskipun hanya ingin tahu) bahwa teman Anda berkelahi dengan pacarnya membuat Anda diam-diam mendengarkan. Siapa tahu, mungkin ini akan menjadi pelajaran di masa depan, jika Anda berada dalam situasi yang sama dengan teman.

Bahkan, mendengar curhat tentang masalah percintaan teman sesama kosan juga dapat menjadi hiburan tersendiri ketika memberi nasihat kepada teman kosan kita walaupun besoknya mereka sudah baikan lagi setelah disakiti.

7. Menunggu Kampus Bikin Acara Konser, Biar Bisa Dapet Tiket Murah Atau Bahkan Gratis

Sebagai anak kosan dengan budget sedikit, pergi ke konser musik adalah sesuatu yang tampaknya sulit dilakukan terlebih ketika melihat harga tiketnya, yang terkadang bisa naik hingga setengah biaya hidup bulanan, pasti membuat anak-anak kosan yang berniat nonton konser membatalkan rencana mereka.

Namun, selalu ada jalan keluar dari situasi ini. Ya, Anda dapat berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh kampus sendiri. Harganya tentu  menyesuaikan dengan kantong mahasiswa, terkadang bisa masuk gratis. Karena acara kampus biasanya tidak menguntungkan seperti konser biasa.

Dan jika sobat grameds ingin sepenuhnya nonton gratis jadilah panitia acara atau masuk lewat jalur orang dalam.

Hiburan Anak Kos

8. Datanglah ke Pesta Pernikahan Orang lain dan Dapatkan Makanan Gratis

Dan lucunya kamu tidak akan ketahuan sama sekali. Anak-anak kosan dapat menikmati hiburan seperti ini hanya dengan modal percaya diri, bukan dengan tinju. Kesenangan bisa terjadi kapan saja. Pernahkah Anda menghadiri pernikahan atau mengundang seseorang yang tidak Anda kenal?

Caranya sangat mudah. Kamu tinggal pakai baju batik dan tampil rapi, kamu sudah bisa  makan gratis. Jika tamu undangan begitu banyak, tentu Anda tidak akan diperhatikan. Dan, sepertinya trik ini selalu bekerja dengan sempurna. Tidak hanya mendapat hiburan itu sendiri, tetapi juga bisa membuat perut kenyang dan lengkap tanpa uang untuk membelinya.

9. Mendengarkan Musik Keras-Keras dari Speaker

Bagaimanapun, Anda akan merasa lebih baik jika Anda mendengarkan musik  sesuai  selera Anda. Baik itu musik pop, hardcore, rock, r & b dan sebagainya. Dan, tentunya yang tidak punya uang lebih memilih mendengarkannya secara gratis daripada berlangganan layanan premium dari Spotify atau Joox walaupun harus terpotong iklan. Dan, satu hal yang tak kalah penting jangan lupa dengarkan di loudspeaker, pastikan tetangga  tidak protes!

10. Traveling ke Kampung Teman Kos

Ini adalah pilihan yang sangat cerdas dan tentunya sangat murah jika anda berkunjung ke kampung teman anda. Bayangkan disana keluarganya mentraktir Anda makan dan Anda mendapatkan akomodasi gratis. Namun pastikan temanmu mendapat restu keluarga dan desa temanmu  memiliki tempat wisata yang menarik, salah satunya adalah alun-alun kota atau taman kota dengan banyak orang. Waktu yang tepat untuk hangout adalah  sore hari, saat banyak orang jogging atau jalan-jalan di sore hari

11. Duduk  Di Taman Kampus dan Cuci Mata

Selain bermain di taman kota, Anda juga bisa nongkrong dan duduk sambil cuci mata dalam taman kampus. Biasanya, setiap kampus memiliki tempat bermain untuk umum. Selain menghilangkan kebosanan, bisa juga cuci mata melihat mahasiswi cantik dan para mahasiswa baru yang lucu dan bening-bening.

12. Mabar di Warung Kopi, Sambil Bawa Charger

Warkop atau warung kopi bisa jadi tempat bermain dan nongkrong di kala keuangan sebagai anak kos sedang menipis, dan mereka menawarkan tempat duduk gratis. Cukup beli kopi satu gelas dan kamu bisa bermain sepuasnya di warkop selama yang kamu mau asal kamu tidak tau diri.

13. Main Gitar Sambil Menyanyikan Lagu Kesukaan

Main gitar sudah menjadi hal biasa bagi anak-anak di dalam kosan. Mereka sering ahli dalam memainkan gitar dan beberapa instrumen lainnya. Bagi yang suka bermain band, asyik juga mencoba akustik di kosan bersama teman-teman. Anda dapat mencoba membuat konser mini dengan memainkan musik dan bernyanyi keras-keras seolah sedang dalam konser.

14. Bikin Acara Bakar-Bakar

Sobat grameds pasti pernah melakukannya dengan teman kos-kosan ini. Di acara bakar-bakar, makanan dipanggang di malam hari. Hal ini biasanya dilakukan pada saat Tahun Baru atau momen penting lainnya. Membuat acara bakar-bakar menjadi pilihan tepat untuk menghangatkan suasana dan mempererat silaturahmi. Anak-anak biasanya membakar jagung, ayam atau daging di atas panggangan.

Hiburan Anak Kos

Alat-Alat Hiburan Bagi Anak Kos

Setelah diatas kita telah menyimak berbagai kegiatan menarik yang dapat dijadikan hiburan sebagai anak kosan selanjutnya kita juga perlu mengetahui peralatan apa saja yang harus ada agar tidak bosan selama di kosan.

Berikut ini adalah alat-alat kosan yang perlu sobat grameds punya:

1. Laptop

Selain sebagai alat kerja, laptop juga bisa menjadi pilihan ideal untuk menjadi perangkat hiburan bagi anak-anak kosan.

Laptop masa kini biasanya dapat memainkan video game, memutar video berkualitas HD dan memiliki suara yang jernih.

Mungkin  beberapa orang di luar sana tidak membutuhkan laptop yang sangat canggih. Namun jika digunakan sebagai alat untuk hiburan dan bekerja, harusnya sih, spesifikasi laptop menjadi perhatian utama pengguna.

2. Bluetooth Speaker

Mendengarkan musik  sepertinya menjadi salah satu kebutuhan terpenting bagi setiap orang saat ini. Oleh karena itu, speaker Bluetooth menjadi salah satu perangkat hiburan andalan anak kosan.

Rasanya berbeda dengan mendengarkan lagu melalui speaker internal, karena speaker Bluetooth  dirancang dengan mengutamakan kenyamanan pendengar.

Bagi yang mendambakan kualitas suara lebih baik dan senang mendengarkan lagu bersama teman-teman  di kosan, sepertinya perlu menabung lebih untuk mendapatkan speaker bluetooth ini.

3. Catur

Jika Anda bingung dan buntu dan tidak tahu harus berbuat apapun lagi saat  teman Anda tiba di kosan Anda, catur bisa menjadi pengalih perhatian yang mudah.

Catur bisa menjadi mainan yang cocok untuk mengisi waktu luang bersama teman atau tetangga kost. Anda juga bisa mengasah otak karena permainan catur mengutamakan fokus dan menentukan strategi kemenangan.

Jika Anda tidak memiliki catur, Anda dapat menyimpan permainan papan  lainnya seperti ular tangga atau permainan untuk lain hiburan.

4. Gitar Akustik

Anak-anak kosan yang terkadang berbaring malas-malasan sepertinya selalu memiliki gitar akustik untuk hiburan di kost.

Apakah sobat grameds termasuk orang yang suka bermain gitar akustik untuk hiburan di kost? Meski awalnya tidak terlalu bagus, bermain gitar di waktu senggang akan meningkatkan keterampilan musik Anda.

Mungkin seiring berjalannya waktu siapa tahu, Anda bahkan dapat membuat lagu sendiri untuk mengekspresikan diri?

5. Bermain Kartu Remi

Bermain kartu merupakan salah satu bentuk hiburan klasik saat anak-anak kosan berkumpul untuk bersenang-senang, bahkan di zaman modern seperti sekarang ini.

Bermain kartu tidak hanya menyenangkan, tetapi juga sarana komunikasi yang dapat  dimainkan oleh beberapa orang sekaligus.

Mulai dari bermain poker java, capsa susun, 24, tepok nyamuk, hingga permainan modern seperti permainan pesta manusia serigala. Ya, Anda bisa memainkan apa saja dengan kartu remi!

Walaupun kamu tidak bisa memainkannya setiap saat,  setidaknya kamu memiliki satu set kartu ini untuk dimainkan saat temanmu mampir ke kosan mu, apalagi kalau sudah bosan.

6. Buku

Bagi orang yang punya hobi membaca, buku memang dapat menjadi perlengkapan hiburan di kamar kost.

Berbagai buku seperti novel, komik bahkan buku yang punya materi berat bisa kamu pilih buat menghabiskan waktu di kamar kost. Dengan membaca kamu juga akan mendapat informasi baru dan memperluas wawasan.

Jika kamu punya koleksi buku yang beragam kamu juga bisa menjadikan hal tersebut untuk modus ke gebetan kamu untuk meminjamkan buku yang menarik agar bisa punya bahan obrolan baru.

7. Konsol game

Biasanya bagi anak kost yang merupakan gamers sejati, konsol game termasuk perlengkapan hiburan wajib pakai banget di kamar kost.

Buat yang iseng juga bisa memanfaatkannya untuk bermain game seru-seruan bersama tetangga atau teman di kamar kost.

Meski laptop zaman sekarang sudah mampu menjalankan game-game berat, sensasi dan kualitas bermain game di konsol pastinya jauh berbeda. Yang pasti agak ribet karena kamu wajib punya monitor televisi untuk bermain secara leluasa.

Sekian pembahasan mengenai berbagai kegiatan menarik dan peralatan apa yang dapat menjadi hiburan bagi anak kosan,

Penulis: Pandu Akram

Artikel terkait:

Rekomendasi Menu Makan Malam untuk Keluarga Hingga Anak Kost

10 Cara Mendapatkan Teman Baru di Sekolah, Kampus, Chat

11 Manfaat Hidup Sederhana dan Cara Menjalani Hidup dengan Kesederhanaan

10 Rekomendasi Mainan Anak Zaman Now Yang Bisa Meningkatkan Kemampuan

10 Rekomendasi Website Game Online Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan!