in

Cara Mencari Topik Pembicaraan Agar Obrolan Semakin Menarik

Cara Mencari Topik Pembicaraan – Apakah kamu seorang introver yang kesulitan dalam memulai suatu pembicaraan? Jika memang demikian, kamu perlu menemukan topik yang tepat agar dapat membangun interaksi hangat dengan lawan bicara. Salah satu alasan seseorang tidak berani memulai pembicaraan adalah karena terlalu banyak berpikir dan khawatir. Oleh karena itu, ketika berdekatan dengan orang lain, cobalah untuk leluasa dalam mengungkapkan isi kepala kamu.

Agar interaksi bisa berjalan dengan lancar dan kamu tidak dianggap sebagai orang aneh, simaklah tips dan cara mencari topik pembicaraan yang tidak membosankan berikut ini.

Cara Mencari Topik Pembicaraan Ketika Bepergian

Mengutip buku berjudul Think Smart Bahasa Indonesia yang ditulis oleh Ismail Kusmayadi (2007), agar pembicaraan berlangsung menarik, harus ada topik obrolan sebagai salah satu penunjang dalam keaktifan berbicara. Ada beragam topik yang bisa dipilih untuk memulai percakapan. Lalu, apa topik yang menarik untuk dibicarakan? Simak penjelasan berikut ini.

1. Tanyakan Asal dan Tujuan

Jika kalian sedang menaiki kendaraan seperti kereta api, bus, atau pesawat seorang diri, pastinya akan merasa kesepian jika tidak memiliki lawan bicara. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengajak berbicara orang yang duduk di sebelahmu. Sebagai permulaan, kamu bisa melempar senyum, lalu tanyakan asal dan tujuannya. Percakapan ini tidak akan terlihat berlagak kenal karena merupakan permulaan yang ramah dan sopan.

2. Bicarakan tentang Cuaca

Membicarakan cuaca kepada orang yang belum dikenal telah menjadi hal yang umum di luar negeri, terutama di negara Barat. Kamu juga bisa membahas tentang kondisi cuaca pada hari tersebut, misalnya “Cuaca hari ini panas sekali, ya.”, “Kok dingin sekali, ya? Kenapa kamu tidak memakai jaket?”, atau “Kenapa hujannya tidak lekas mereda, ya?”.

3. Meminta Tolong atau Bantuan

Cara mencari topik obrolan yang tidak membosankan selanjutnya adalah dengan meminta tolong kepada orang yang berada di dekatmu. Tidak perlu meminta tolong hal-hal yang terlalu sulit. Kamu bisa minta tolong seseorang untuk melakukan sesuatu, misalnya membukakan minuman kemasan yang sulit dibuka atau yang lainnya. Cara ini cukup baik untuk membuka topik pembicaraan.

4. Kondisi Lingkungan Sekitar

Topik pembicaraan juga bisa didapatkan dengan mengamati lingkungan sekitar, misalnya kamu bisa mengungkapkan rasa kagum atau perasaan lainnya ketika melewati tempat wisata. Hal ini cukup menarik untuk dibicarakan dan memicu topik obrolan yang lebih panjang.

Itulah beberapa tips mencari topik pembicaraan agar tidak bosan yang bisa dipilih untuk berinteraksi dengan orang lain. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa kesepian ketika bepergian seorang diri.

Cara Mencari Topik Pembicaraan dengan Pasangan

Ketika sedang bersama pasangan, pacar, atau kekasih, tak jarang seseorang kehabisan topik pembicaraan yang berujung membuat suasana menjadi canggung, padahal topik pembicaraan bisa berasal dari mana saja, termasuk hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Jika kamu kesulitan untuk mencari topik pembicaraan, simak cara mencari topik pembicaraan dengan pasangan yang telah kami rangkum berikut ini.

1. Memberikan Pujian

Memberikan pujian dapat menjadi awal yang baik untuk membuka topik pembicaraan dengan pasangan. Hal ini dikarenakan setiap orang sejatinya akan merasa tersanjung ketika dipuji oleh lawan bicaranya. Dengan memberikan pujian, pembicaraan akan berjalan lebih menyenangkan dan terasa hangat. Namun, berikanlah pujian yang tulus agar lawan bicara dapat merasakan perasaan yang ingin kita sampaikan.

2. Membahas Topik Hangat di Media Sosial

Membicarakan hal-hal yang sedang ramai dibahas di media sosial juga dapat menjadi pilihan topik pembicaraan dengan pasangan. Kamu dapat terlibat diskusi yang menyenangkan sambil berbagi informasi terkini. Topik pembicaraan tentang isu-isu terbaru ini juga dapat kamu kembangkan dengan membahas sudut pandang masing-masing dan cara menyikapinya. Kamu bisa mengecek kejadian yang sedang menjadi trending topic di Twitter, TikTok, atau Instagram.

3. Menanyakan tentang Harinya

Pertanyaan ini bisa kamu lontarkan kapan saja karena tidak ada hari yang berjalan sama persis dengan sebelumnya. Mungkin saja harinya sedang berjalan dengan baik atau sedang sangat buruk dan membutuhkan tempat untuk bercerita. Kamu bisa mengapresiasi cara pasanganmu melewati harinya yang mungkin terasa berat. Hal ini dapat membuat pembicaraan terasa lebih hangat karena adanya rasa peduli satu sama lain.

4. Membicarakan tentang Hobi Baru

Topik pembicaraan lain yang bisa dibicarakan dengan pasangan adalah seputar hobi atau kegiatan yang disukainya. Tidak ada yang lebih menyenangkan dari membicarakan hobi kita dengan pasangan, terlebih lagi untuk hobi baru yang sedang sama-sama ditekuni. Kita bisa berbagi informasi dan pandangan tentang suatu kegemaran. Barangkali kalian bisa sama-sama bertukar hobi atau menghabiskan waktu bersama dengan melakukan kegiatan tersebut. Pastinya hubungan bisa semakin dekat.

5. Membicarakan Lagu atau Drama yang Disukai

Deretan lagu yang sering didengar dan serial televisi yang sedang ditonton juga dapat menjadi topik pembicaraan dengan pasangan. Dengan membicarakan hal ini, hubungan akan terasa lebih dekat karena kita dapat mengetahui segala sesuatu yang sedang digemari oleh pasangan. Kamu bisa bertanya tentang genre lagu, drama, atau film yang disukainya. Hasil dari topik pembicaraan ini juga dapat kamu gunakan untuk ide kencan selanjutnya, seperti menonton bioskop atau menonton konser musik.

6. Menanyakan tentang Rencana Masa Depan

Membicarakan mimpi dan rencana masa depan juga bisa menjadi topik pembicaraan dengan pasangan. Kamu bisa mulai bertanya tentang sesuatu yang akan dilakukan dalam waktu dekat dan cita-cita yang ingin digapai di masa depan. Akan sangat menyenangkan jika mendengar pasanganmu mendukung berbagai cita-cita dan impianmu. Pasangan yang saling mendengarkan dan saling mendukung rencana masa depan ini, bisa menjadi pasangan yang harmonis, lho. Tentunya harapannya, kalian juga bisa lebih berkomitmen di masa depan.

7. Menanyakan Pengalaman Masa Lalu yang Menyenangkan

Kamu perlu mengetahui kehidupan pasangan agar hubungan terasa lebih erat dan mendalam, termasuk masa lalunya. Kamu bisa memulai topik pembicaraan ini dengan saling bertukar cerita masa lalu. Hal ini bertujuan untuk mengenal pasanganmu secara lebih dekat. Pengalaman masa lalu tidak berbeda jauh dengan topik pengalaman buruk atau lucu. Topik yang dibicarakan bisa jadi tentang tempat favorit yang pernah dikunjungi, trauma, hal-hal unik yang terjadi, dan lain sebagainya.

Menceritakan pengalaman masa lalu dapat membuat pasangan lebih mengenal satu sama lain, terlebih jika kalian dan pasanganmu baru bertemu pada umur yang sudah dewasa, sehingga tidak ada salahnya menceritakan pengalaman masa kecil di sela-sela bertemu, seperti di dalam mobil, ketika berboncengan di motor, dan lain sebagainya.

8. Bermain Truth or Truth

Ketika sedang bersama dengan teman-teman, kamu mungkin bisa bermain permainan truth or dare karena banyaknya jumlah orang yang berpartisipasi. Namun jangan khawatir, kamu juga tetap dapat memainkan permainan ini, walaupun hanya berdua dengan pasangan. Perbedaannya, kamu bisa menghilangkan dare atau tantangannya dan hanya menyisakan truth atau kejujuran. Permainan ini bisa membawa kamu mengenal lebih dekat pasanganmu.

9. Menanyakan Tempat yang Ingin Dikunjungi

Saat ini, banyak sekali tempat-tempat baru yang membuat orang ingin bepergian. Kamu dapat menjadikan hal ini topik pembicaraan dengan pasanganmu. Kamu bisa memulai pembicaraan dengan menyebut tempat-tempat yang sedang ramai dibicarakan dan bertanya mengenai tempat yang ingin dikunjungi oleh pasanganmu. Hal ini juga dapat memberimu inspirasi untuk ide kencan selanjutnya.

10. Love Language

Baru-baru ini, membicarakan love language menjadi hal yang menarik perhatian untuk dibahas. Sebagaimana yang diketahui, love language terbagi menjadi lima jenis, yakni word of affirmation, physical touch, quality time, act of service, dan receiving gift. Topik ini sering menimbulkan perdebatan karena perbedaan love language yang dirasakan. Namun, bisa jadi hal ini membuat kalian dan pasangan bisa saling melengkapi satu sama lainnya.

Sebenarnya, ada banyak cara mencari topik pembicaraan dengan pasangan agar obrolan kalian bisa lebih mendalam. Mulailah dengan hal-hal sederhana untuk membangun pembicaraan yang ringan dan menyenangkan.

Cara Mencari Topik Pembicaraan dengan Rekan Kerja

Beberapa orang tidak mudah memiliki hubungan dekat dengan rekan kerja. Untuk memulainya, tentu kamu perlu mencari topik pembicaraan dengan rekan kerja. Kedekatan dengan rekan kerja dapat dijalin dengan baik melalui obrolan yang dibicarakan satu sama lain. Namun, apakah kamu masih bingung dalam mencari topik pembicaraan dengan teman satu kantor?

Berikut ini bisa dijadikan tips jika kamu ingin memiliki kedekatan dengan rekan kerja di kantor.

1. Melakukan Basa-Basi yang Tidak Berlebihan

Cara mencari topik pembicaraan yang pertama adalah dengan melakukan basa basi. Hal ini mungkin dianggap hal klasik bagi kebanyakan orang. Namun, kamu tetap butuh melakukan basa-basi untuk menghidupkan suasana dan memulai obrolan dengan rekan kerja lainnya. Melalui basa-basi, kamu dapat mengurangi rasa canggung satu sama lain. Selain itu, obrolan yang terjalin juga bisa menjadi lebih natural dan santai. Selain itu, basa-basi juga bisa menjadi awal percakapan yang baik, asalkan tidak berlebihan.

2. Membicarakan Pengalaman Selama Bekerja

Menemui rekan kerja yang senior tentu membuatmu memiliki banyak pertanyaan untuk ditanyakan, termasuk pengalaman selama bekerja di kantor. Kamu dapat secara aktif bertanya tentang pengalaman kerja selama tidak terlalu berlebihanTopik obrolan seperti ini dianggap cocok untuk menjalin hubungan sosial yang erat dengan rekan kerja.

3. Memberikan Saran Tempat Favorit

Kamu dapat memulai topik obrolan ini seputar makanan dan minuman andalan. Cara ini tidak hanya untuk mengeratkan hubungan, tetapi juga sebagai referensimu selama di kantor. Kamu dan rekan kerja dapat saling memberikan referensi mengenai kedai kopi atau restoran andalan di sekitar kantor. Tentu saja hal ini bisa membuat hubungan satu sama lain terjalin dengan baik.

4. Menanyakan Tips Saat Bekerja di Kantor

Kamu dapat saling menanyakan tips bekerja untuk obrolan dengan rekan kerja yang sudah senior. Hal ini dinilai penting, terutama jika kamu baru saja berkarier sebagai pemula. Dengan memulai topik obrolan ini, kamu dapat memiliki informasi yang bermanfaat. Hal ini juga yang akan membantu proses bekerjamu ke depannya. Tanyakan budaya kantor, kebiasaan kantor, dan hal lainnya seputar kantor.

5. Menanyakan Hal Personal yang Tidak Sensitif

Setiap orang bisa memilih ragam topik yang beragam ketika memulai obrolan, bahkan ada pula yang cenderung memilih pertanyaan terlalu personal. Hal ini patut diperhatikan dengan cermat, meskipun dinilai boleh-boleh saja. Jangan sampai memilih pertanyaan yang sangat bersifat privasi, sehingga terkesan terlalu ingin tahuSebelum menanyakan hal personal, kamu dapat mengobservasi lawan bicara terlebih dulu.

Cara Mencari Topik Pembicaraan dengan Teman Lama

Momen tahun baru yang juga menjadi hari libur nasional, kerap dimanfaatkan untuk acara reuni, berjumpa dengan teman lama, yaitu teman-teman ketika duduk di bangu sekolah dasar (SD) hingga kuliah maupun teman-teman dari kantor lama.

Pertemuan kembali dengan teman-teman lama sering memunculkan rasa canggung, meskipun kalian pernah akrab pada masa lalu. Hal itu mungkin saja terjadi karena memang kamu dan teman-temanmu sudah lama tidak saling kontak atau berkomunikasi. Alhasil, harus ada usaha untuk “beradaptasi” dengan mereka, termasuk menemukan bahasan yang tepat untuk mengawali pembicaraan setelah sekian lama tidak saling bersua.

Tak bisa dimungkiri, topik obrolan menjadi hal penting agar reuni atau pertemuan kalian dengan teman-teman lama berjalan lancar dan berkesan. Ketepatan dalam memilih tema bisa menjadikan suasana cair dan tidak canggung lagi.

Sebelum mengetahui topik obrolan yang bisa mengatasi rasa canggung kalian ketika bertemu dengan teman-teman lama, penting kiranya untuk menilai beberapa konteks berikut ini.

  • Hubungan sebelumnya, yaitu memastikan bahwa relasi dengan teman lamamu itu pada masa lalu baik-baik saja.
  • Kedekatan, yaitu memastikan seberapa dekat kalian dengan teman lama juga perlu diperhatikan ketika ingin memulai suatu pertanyaan atau percakapan.
  • Karakter, yaitu menyesuaikan pembicaraan dengan karakter kawan kalian.

Konteks-konteks tersebut dirasa penting karena setiap orang berbeda-beda. Dengan mengenali dan mengaplikasikan konteks tersebut, kalian bisa mengetahui sesuatu yang sebaiknya tidak ditanyakan kepada teman lam. Satu hal terpenting lainnya adalah menunjukkan sikap simpati dan rasa hormat saat berbicara dengan teman lama. Mereka pun akan merasa nyaman berbicara dengan kalian.

Lantas, topik obrolan seperti apa yang bisa “menyelamatkan” kalian dari situasi kaku atau canggung ketika bertemu lagi dengan teman-teman lama? Berikut rangkuman macam-macam topik obrolan bebas saat bersua teman lama.

1. Memulai dengan Pertanyaan Sederhana

Jika sudah memahami konteks yang dijabarkan di atas, berarti kalian sudah memahami kedekatan dan karakter teman lama. Untuk memulai pertanyaan saat bertemu teman lama, bisa diawali dengan percakapan yang sederhana, seperti menanyakan kabar terbaru seputar kehidupannya atau cerita-cerita personal yang memang dulu sering dibicarakan bersama.

2. Membicarakan Kejadian Hari Ini

Jika bertemu dengan teman lama pada momen reunian, kalian bisa memulai percakapan dengan menanyakan kejadian hari ini. Hal ini memang terkesan basa-basi, tetapi terkadang percakapan ini dapat memunculkan topik lain yang bisa dibicarakan. Kalian bisa bertanya, “naik kendaraan apa tadi sampai ke tempat ini?”, “jalanan hari sedikit macet ya?”, atau kalian juga bisa memuji pakaian temanmu dan perubahan yang terjadi dalam dirinya. Berikanlah pujian yang tulus agar temanmu juga dapat merasakannya.

3. Membicarakan Topik Pribadi

Contoh percakapan dengan teman lama lainnya adalah seputar hal-hal pribadi. Topik ini boleh-boleh saja dibahas dengan teman lama. Namun, ada baiknya kalian tidak bertanya soal pekerjaan, keluarga, atau asmara yang dapat membuat lawan bicara tidak nyaman. Cobalah mulai menanyakan tentang kabar keluarganya, ibu atau ayahnya. Lalu, bisa juga menanyakan kesibukannya sekarang. Sebelum kalian memulai percakapan dengan teman lama, ada baiknya tidak menanyakan hal-hal yang sensitif.

4. Membicarakan Topik yang Berhubungan Satu Sama Lain

Selanjutnya, topik yang baik dibicarakan saat bertemu dengan teman lama adalah sesuatu yang berhubungan satu sama lain, misalnya kamu dan temanmu bisa membicarakan topik memasak jika kalian sama-sama memiliki hobi itu.

5. Membicarakan Kejadian Masa Lalu yang Menyenangkan

Sebagaimana dikutip dari laman Timesofindia via Klikdokter, memulai percakapan dengan teman lama bisa dimulai dengan membahas kejadian pada masa lalu yang menyenangkan. Hal ini dapat membuat kamu dan temanmu mengingat kembali kejadian tersebut. Kalian berdua akan kembali merasakan adanya keterkaitan pada masa lalu. Jika kamu dan temanmu sudah menemukan kembali ritme pembicaraan, jangan ragu untuk merencanakan waktu untuk bertemu kembali. Hal ini dapat menunjukkan jika kamu ingin tetap menjaga hubungan silaturahmi dengannya.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien