Kuliah Sains dan Teknologi

Jurusan Manajemen Informatika: Pengertian, Mata Kuliah sampai Prospek Kerja

manajemen informatika
Written by M. Hardi

Manajemen Informatika – Memasuki tahun-tahun terakhir pendidikan sekolah menengah atas (SMA), para siswa akan dihadapkan dengan proses pemilihan universitas serta jurusan yang nantinya akan menjadi tempat mereka melanjutkan jenjang pendidikan. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan dengan serius agar siswa tidak menyesal karena telah memilih jurusan yang salah.

Hal ini mungkin sudah mulai dirasakan oleh sebagian dari Grameds yang saat ini sedang berada di kelas XII bangku SMA. Beberapa dari teman atau bahkan kalian sendiri bisa jadi sudah mengikuti les bimbingan belajar atau berkonsultasi dengan orang lain terkait universitas serta jurusan yang akan menjadi pilihan kalian nantinya.

Pemilihan jurusan dan universitas ini bisa dilandasi oleh berbagai macam faktor. Mulai dari minat dan bakat, lokasi belajar nantinya, sampai dengan peminat dari universitas atau jurusan yang diinginkan. Hal ini harus dipertimbangkan secara matang agar memperbesar peluang kalian masuk ke dalam jurusan atau universitas tersebut.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas salah satu jurusan yang mungkin belum banyak Grameds ketahui, namun memiliki kegiatan serta prospek kerja menarik untuk masa depan kalian. Jurusan yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah Jurusan Manajemen Informatika.

Harapannya, artikel ini bisa membantu Grameds untuk menambah referensi kalian dalam memilih jurusan ketika memasuki masa kuliah nanti. Siapa tahu, ternyata kalian menjadi tertarik untuk berkuliah di Jurusan Manajemen Informatika karena penjelasan dari artikel ini. Mari kita bersama-sama simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Manajemen Informatika

manajemen informatika

Sumber: Pixabay

Dari nama jurusannya saja, bisa jadi ada dari Grameds yang berpikir kalau Jurusan Manajemen Informatika merupakan salah satu cabang dari Jurusan Manajemen. Tetapi, jurusan ini juga mengandung kata “informatika”, yang juga merupakan sebuah jurusan tersendiri.

Jadi, apakah Jurusan Manajemen Informatika merupakan salah satu bagian dari Jurusan Manajemen atau Jurusan Informatika? Pada sesi ini, kita akan bersama-sama mencoba memahami apa itu Jurusan Manajemen Informatika, dan apa gambaran besar mengenai yang akan dipelajari pada jurusan ini.

Meskipun ada kata “manajemen” di dalamnya, Jurusan Manajemen Informatika nyatanya merupakan bagian dari Fakultas Teknologi Ilmu Komputer atau Fakultas Ilmu Informasi. Jadi, pada dasarnya apa yang Grameds pelajari di dalam jurusan ini tidak jauh berbeda dengan Jurusan Informatika lainnya.

Adapun yang menjadi pembeda di sini adalah Grameds akan difokuskan untuk mempelajari bagaimana cara membentuk program atau software yang nantinya bisa berguna untuk bisnis. Di sini, program yang bisa ditujukan untuk berbagai macam hal untuk bisnis terkait.

Tujuan dari program maupun software ini adalah agar bisnis dari perusahaan yang bersangkutan akan semakin efektif dan efisien. Hal ini menyebabkan perusahaan tersebut akan mendapatkan keuntungan lebih banyak karena program atau software yang sudah dibuat sebelumnya.

Untuk itu, selain mempelajari mengenai bahasa pemrograman, Grameds yang berminat masuk ke dalam Jurusan Manajemen Informatika juga nantinya akan dibekali ilmu bisnis dan juga ilmu manajemen agar kalian bisa memahami apa yang sebuah bisnis butuhkan dan menerjemahkannya ke dalam pemrograman.

Dapat dikatakan kalau Jurusan Manajemen Informatika adalah paket 2 dalam 1, karena kalian nantinya akan mendapatkan 2 ilmu sekaligus dalam satu jurusan yang sama. Hal ini bisa membuat kalian menjadi sosok yang amat fleksibel untuk ke depannya nanti saat mencari pekerjaan.

Dengan ini, Grameds yang tertarik di bidang informatika maupun bidang manajemen bisa mencoba masuk ke dalam jurusan ini. Tentunya tidak perlu khawatir jika kalian belum bisa melakukan pemrograman, karena kalian pastinya akan diajarkan terkait dasar-dasar pemrograman di awal perkuliahan.

Atau Grameds juga bisa mempelajari pemrograman secara otodidak dengan berbagai sumber seperti internet atau buku. Salah satu buku yang bisa Grameds baca untuk memahami dasar-dasar pemrograman adalah buku “SMK/MAK Kelas X Pemprograman Dasar Program Keahlian Teknologi Komputer & Informatika”.

https://www.gramedia.com/products/smkmak-klx-pemprograman-dasar-prog-keahlian-tek-kompinfo?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/smkmak-klx-pemprograman-dasar-prog-keahlian-tek-kompinfo?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Mata Kuliah dalam Jurusan Manajemen Informatika

https://www.gramedia.com

Sumber: Unsplash

Tadi sudah dibahas bahwa dalam Jurusan Manajemen Informatika, Grameds akan mempelajari beberapa pelajaran atau mata kuliah yang berkaitan baik itu dengan ilmu informatika maupun ilmu manajemen. Keduanya sama-sama penting agar kalian bisa menjadi lulusan Manajemen Informatika yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja saat ini.

Jika Grameds terlalu fokus terhadap segi manajemen, bisa jadi kalian akan kesulitan dalam pembuatan program atau software. Tetapi, kalau kalian hanya tertarik dengan segi informatikanya saja, kalian mungkin tidak mengetahui apa yang bisnis tersebut sebenarnya butuhkan.

Agar Grameds mendapatkan gambaran lebih luas mengenai apa saja yang akan dipelajari dalam Jurusan Manajemen Informatika, berikut adalah beberapa mata kuliah wajib yang seharusnya kalian temukan jika kalian memutuskan untuk masuk ke dalam jurusan ini.
Tentunya, setiap universitas akan memiliki mata kuliah wajib yang berbeda di Jurusan Manajemen Informatika ini. Jadi, apa yang kalian temukan di sini hanya akan menjadi gambaran besar saja terkait mata kuliah dalam Jurusan Manajemen Informatika. Berikut informasinya.

1. Pengembangan Software

Grameds yang nanti akan masuk tidak hanya ke dalam Jurusan Manajemen Informatika saja, melainkan jurusan-jurusan lain dalam Ilmu Informatika ini tentunya akan mempelajari yang namanya pengembangan software. Dalam Jurusan Manajemen Informatika, pelajaran ini juga akan mengerucut dari software secara keseluruhan sampai dengan software yang berfokus dalam bidang bisnis.

2. Perancangan Sistem Informasi

Perancangan sistem informasi juga pastinya sesuatu yang mahasiswa Jurusan Informatika manapun akan pelajari. Di sini, mereka nantinya akan mempelajari mengenai cara merancang sistem informasi, mulai dari mencari masalah pada sistem yang lama sampai dengan membuat sistem baru sebagai bentuk solusi dari masalah sistem lama.

3. Jaringan Komputer

Selain sistem informasi, seseorang yang berkutat dengan teknologi informatika tentunya juga perlu memahami hal-hal yang berkaitan dengan komputer. Untuk itu, mahasiswa Jurusan Manajemen Informatika nantinya akan mempelajari mata kuliah jaringan komputer untuk mengetahui seluk-beluk antara satu komputer dengan komputer lainnya.

4. Manajemen Bisnis

Bukan Jurusan Manajemen Informatika namanya jika mahasiswa tidak mempelajari hal-hal terkait manajemen. Meskipun tidak banyak, ini esensial agar seseorang bisa memahami dunia bisnis secara general. Salah satu mata kuliah yang mempelajari hal ini adalah mata kuliah manajemen bisnis, yang akan mempelajari dasar-dasar kegiatan bisnis pada umumnya mulai dari perencanaan, pengawasan dan pengerjaan.

5. Technopreneurship

Mata kuliah terakhir yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah technopreneurship. Mata kuliah ini akan mengajarkan mahasiswanya untuk memanfaatkan teknologi informatika agar mereka bisa berwirausaha sendiri tanpa harus mengandalkan orang lain untuk bekerja.

Prospek Kerja Manajemen Informatika

Berdasarkan beberapa mata kuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa Jurusan Manajemen Informatika, Grameds bisa menyimpulkan kalau prospek pekerjaan dari jurusan ini akan menjadi cukup luas karena mahasiswa mendapatkan bekal di dunia informatika dan dunia manajemen sekaligus.

Grameds yang tertarik masuk ke Jurusan Manajemen Informatika biasanya akan lebih difokuskan untuk terjun ke dalam dunia informatika. Hal ini mengingat apa yang dipelajari oleh mayoritas mahasiswanya berupa hal-hal berbau informatika.

Meskipun begitu, dikarenakan mereka mendapatkan bekal terkait sejumlah hal mengenai ilmu manajemen, bukan tidak mungkin mereka bisa bekerja di bidang manajemen itu sendiri. Apalagi, jika orang tersebut secara serius mempelajari unsur manajemen yang ada di dalam Jurusan Manajemen Informatika.

Di bawah ini, akan ada penjelasan membenai beberapa prospek kerja bagi lulusan mahasiswa Jurusan Manajemen Informatika. Tentunya, hal ini lagi-lagi prospek kerja ini hanya gambaran umum sesuai dengan apa yang dipelajari oleh para mahasiswa ketika mereka sedang berkuliah.

1. Programmer

Menjadi programmer adalah sesuatu yang sudah banyak diincar oleh mahasiswa Jurusan Informatika manapun pasca mereka lulus dari kampus. Ini dikarenakan mereka mendapatkan bekal ketika mereka mempelajari mengenai berbagai macam hal terkait sistem pemrograman.

Tentunya Jurusan Manajemen Informatika juga bisa menjadi programmer setelah mereka lulus dari kampus. Apa yang mereka pelajari tidak berbeda jauh dengan mahasiswa dari beberapa Jurusan Informatika lainnya, sehingga pekerjaan ini masih berada dalam jangkauan mereka.

2. Web Designer

Sesuai dengan namanya, web designer bertugas dalam mengatur tampilan situs atau web dari sebuah perusahaan dan instansi. Pekerjaan yang satu ini mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu pekerjaan yang paling cocok untuk para lulusan Jurusan Manajemen Informatika.
Ini dikarenakan para mahasiswa seharusnya sudah dididik untuk mengetahui apa yang diperlukan oleh sebuah perusahaan atau instansi pada situs milik mereka agar pengunjung mendapatkan pengalaman mengenakan serta memuaskan ketika mereka membuka situs tersebut.

3. Software Engineer

Software engineer juga menjadi pekerjaan yang cukup umum diincar oleh lulusan Jurusan Manajemen Informatika. Dalam pekerjaan ini, seseorang diharuskan untuk mengembangkan sebuah software mulai dari awal dan menguji terkait apakah software tersebut layak atau tidak untuk diluncurkan.

Khusus untuk lulusan Jurusan Manajemen Informatika, peluang kalian untuk diterima pada perusahaan berbasis bisnis cukup besar, karena lagi-lagi di sini mereka sudah memiliki pengetahuan dasar untuk memahami apa saja yang dibutuhkan dalam sebuah bisnis.

4. IT Consultant

Pekerjaan yang satu ini mungkin tidak bisa langsung didapatkan oleh lulusan baru atau fresh graduate, mengingat perannya yang cukup besar dalam perusahaan. Tetapi, dengan pengalaman yang cukup, lulusan Jurusan Informatika termasuk Jurusan Manajemen Informatika dapat bekerja sebagai IT Consultant.

Orang yang bekerja sebagai IT Consultant bertugas untuk membantu mengembangkan teknologi dalam sebuah perusahaan dengan memberikan saran dan nasihat serta memantau dan mengawasi perkembangan teknologi. Wajar jika seseorang yang akan bekerja di bidang ini harus memiliki pengalaman cukup banyak terlebih dahulu.

5. Entrepreneur

Terakhir, mahasiswa Jurusan Manajemen Informatika bisa mulai mengembangkan karier mereka sebagai entrepreneur atau wirausahawan karena seperti yang sudah dibahas beberapa kali di atas, mereka mendapatkan sejumlah ilmu terkait dengan manajemen.

Pengetahuan mengenai manajemen ini bisa bermanfaat bagi mereka yang memang sudah berencana untuk berwirausaha setelah lulus nanti. Apalagi, lulusan Jurusan Manajemen Informatika ini mempunyai sesuatu yang tidak banyak dimiliki oleh entrepreneur lain, yakni pemahaman akan pemrograman yang bisa membantu mereka nanti dalam berwirausaha.

Itulah sebabnya mahasiswa yang belajar di Jurusan Manajemen Informatika tidak menyepelekan pelajaran seputar manajemen, karena mereka tidak tahu seberapa besar manfaat yang mereka bisa dapat dari pengetahuan terkait bidang ini. Buku “Dasar-Dasar Manajemen” bisa menjadi referensi dalam pembelajaran terkait hal-hal dasar seputar manajemen.

https://www.gramedia.com/products/dasar2-manajemen?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/dasar2-manajemen?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Jurusan Informatika Lainnya

manajemen informatika

Sumber: Unsplash

Dari tadi, kita sudah berfokus membahas serba-serbi mengenai Jurusan Manajemen Informatika. Tetapi, di sini mungkin ada beberapa dari Grameds yang kurang tertarik untuk masuk ke dalam Jurusan Manajemen Informatika ini karena alasan-alasan tertentu.

Jika demikian kasusnya, jangan khawatir. Pada sesi terakhir ini, kita akan membahas jurusan-jurusan lain yang masih berkaitan dengan ilmu informatika. Karena meskipun sama, kenyataannya setiap jurusan mempunyai fokus utamanya tersendiri sehingga kemahiran mereka di bidang informatika tidak sepenuhnya mirip.

Semoga saja, informasi ini bisa membantu Grameds yang memang tertarik di bidang informatika agar bisa dengan tepat memilih jurusan yang benar-benar sesuai dengan minat dan bakat kalian. Atau setidaknya, jika Grameds belum menemukan hal di atas, kalian bisa mendapatkan referensi tambahan untuk ke depannya nanti.

Jurusan Teknik Informatika

Pada dasarnya, teknik informatika merupakan ilmu yang mempelajari berbagai macam hal mengenai teknologi agar manusia dapat menggunakan keberadaan teknologi, khususnya komputer, dengan optimal demi bisa membantu kemajuan peradaban manusia.

Tujuan tersebut memang terkesan cukup berat. Tetapi, kenyataannya, bagi Grameds yang tertarik dengan dunia teknologi komputer, kalian nantinya akan mempelajari berbagai macam hal menarik mengenai komputer. Teknik Informatika biasanya akan amat disukai orang-orang yang senang berpikir secara logis dan memecahkan sebuah masalah.

Jurusan Teknologi Informasi

Sebenarnya, apa yang dipelajari Jurusan Teknologi Informasi dengan Jurusan Teknik Informatika tidak berbeda jauh. Hanya saja, Jurusan Teknologi Informasi ini akan lebih memfokuskan pengaplikasian teknologi, khususnya komputer, ke masyarakat luas.

Jadi, mahasiswa yang masuk ke dalam jurusan ini nantinya akan menggunakan pengetahuan terkait teknologi yang mereka miliki untuk diterapkan dan diaplikasikan ke dalam berbagai macam bidang pada masyarakat luas, seperti bidang kesehatan, bidang ekonomi dan juga bidang pendidikan.

Jurusan Sistem Informasi

Terakhir, Jurusan Informatika yang akan kita bahas pada penutup artikel kali ini adalah Jurusan Sistem Informasi. Di antara 2 jurusan lain yang sudah kita bahas pada artikel kali ini, Jurusan Sistem Informasi dapat dikatakan sebagai yang paling mirip dengan Jurusan

Manajemen Informatika

Ini dikarenakan mahasiswa Jurusan Sistem Informasi nantinya akan dituntut untuk melakukan pemrograman yang berhubungan dengan bisnis. Ini membuat mahasiswa nantinya juga akan mempelajari sejumlah hal di bidang bisnis dan manajemen agar mempermudah pekerjaan mereka di masa mendatang.

Yang jelas, kesamaan dari seluruh jurusan ini adalah melakukan pemrograman. Jika ada di antara Grameds yang tertarik masuk ke salah satu jurusan ini, akan bijak jika kalian mempelajari dasar-dasar pemrograman. Salah satu buku yang bisa membantu kalian mencapai hal tersebut adalah buku “Dasar Logika Pemrograman Komputer (Update Version)”.

https://www.gramedia.com/products/dasar-logika-pemrograman-komputer-update-version?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/dasar-logika-pemrograman-komputer-update-version?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Dengan ini, berakhir sudah artikel yang banyak membahas Jurusan Manajemen Informatika. Semoga saja ada di antara Grameds yang menemukan artikel ini bermanfaat dan bisa memiliki kegunaan untuk kalian baik itu di masa sekarang atau di masa mendatang.

Jika Grameds tertarik untuk membeli buku-buku yang tadi sudah disebutkan di atas terkait Manajemen Informatika, kalian bisa kunjungi langsung situs kami di Gramedia.com. Kami, Gramedia, #SahabatTanpaBatas, selalu berusaha sebaik mungkin menyediakan buku-buku bacaan berkualitas demi menambah pengetahuan dan wawasan kalian #LebihDenganMembaca.

Penulis: M. Adrianto S.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien