Technology

Apa itu VPN? Pengertian, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

Written by Rifda Arum

Apa itu VPN?  – Saat ini, tengah VPN tengah dielu-elukan dalam proses berselancar di jaringan internet. Bahkan, banyak ditemui berbagai macam VPN yang tersedia dan pengguna hanya tinggal memilih sesuai kebutuhannya.

Bahkan ketika maraknya kasus mengenai pencurian data pribadi di dunia digital, VPN disebut-sebut dapat menjadi solusi aman bagi kasus semacam itu. Apakah itu benar?

Lalu, apa itu sebenarnya VPN? Bagaimana pula cara kerja VPN sehingga dapat disebut sebagai “aman” bagi penggunanya?

Nah, supaya Grameds mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, yuk simak penjelasan mengenai VPN berikut!

Pengertian VPN

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network alias koneksi jaringan internet yang aman bagi penggunanya. Melalui VPN, akses yang kamu berikan ke website apapun dapat berjalan secara aman (secure) dan pribadi (private) yakni dengan mengubah jalur koneksi melalui server serta menyembunyikan adanya pertukaran data yang terjadi.

Bagaimana maksudnya?

Nah, VPN itu kan mengkoneksikan smartphone (bisa juga PC atau tablet) ke komputer lain di suatu tempat yang terhubung dengan internet, maka VPN dapat berguna untuk “perizinan” dalam menjelajah internet untuk menggunakan jaringan internet komputer.

Jadi, apabila komputer (server) berada di negara yang berbeda, maka koneksi internet yang kamu gunakan menyesuaikan dengan VPN dari negara tersebut. VPN juga dapat berguna untuk mengakses sesuatu yang sebelumnya tidak bisa kamu akses dari negaramu.

Pada zaman dahulu, VPN menjadi sebuah layanan yang sering digunakan oleh perusahaan atau organisasi dalam upaya melindungi data mereka. Namun, saat ini dengan adanya perkembangan zaman, VPN telah dapat digunakan oleh berbagai pengguna untuk mengakses situs yang memiliki batasan wilayah atau koneksi.

Beli Buku di Gramedia

Bagaimana Cara Kerja VPN?

Cara kerja VPN adalah dengan melakukan enkripsi pertukaran data sebelum dikoneksikan secara publik. Enkripsi merupakan proses mengubah informasi menjadi kode rahasia untuk mengaburkan data yang dikirim, terima atau simpan dalam jaringan internet.

Seseorang yang menggunakan VPN itu sama saja dengan mengakses internet melalui jaringan khusus supaya orang lain tidak mengetahuinya.

Server VPN nantinya akan bertugas untuk meneruskan koneksi ke situs tujuan yang akan kamu akses tersebut. Jadi, koneksi yang kamu lakukan tersebut akan dikenali sebagai koneksi dari jaringan server VPN, bukan dari jaringan yang digunakan pada saat itu.

Sederhananya, apabila kamu mengakses ke suatu situs tanpa menggunakan VPN, maka koneksi jaringanmu akan dilakukan secara langsung (direct) tanpa proses enkripsi. Namun, jika kamu menggunakan VPN, maka koneksi jaringanmu akan melalui proses enkripsi terlebih dahulu lewat VPN server.

Apabila kamu menggunakan VPN untuk mengakses Google, Youtube, atau platform hiburan lainnya, maka tidak akan menimbulkan masalah apapun.

Namun, apabila kamu menggunakan VPN untuk mengakses data dalam proses perbankan online atau email bisnis, maka tentu saja akan menimbulkan masalah. Hal tersebut karena dalam jaringan menuju perbankan online, memiliki sistem keamanan yang lebih ketat.

Apakah Penggunaan VPN itu Legal dan Aman?

Dilansir dari bisnis.com, penggunaan VPN tentu saja merupakan tindakan yang legal dan tidak melanggar hukum. Hal tersebut karena mengacu pada kegunaan dari VPN yakni menjadikan sambungan internet pribadi dan aman.

Namun, seperti penjelasan sebelumnya. VPN juga menjadi ilegal dan bermasalah apabila digunakan untuk mengakses jaringan menuju perbankan online atau email bisnis.

Meskipun begitu, setiap layanan VPN memiliki kekurangan dan tingkat keamanan yang berbeda sehingga dapat disebut bahwa perihal aman atau tidaknya itu bergantung dari jenis layanan VPN yang kamu pakai.

Aman atau tidaknya penggunaan VPN ternyata disebabkan karena dua faktor utama, yakni

1. Batasan Hukum

Dalam penggunaan VPN terdapat batasan hukum dan kebijakan yang sangat berpengaruh pada tingkat keamanannya. Setiap negara tempat server VPN memiliki undang-undang mengenai penerapan VPN dalam layanan mereka.

2. Batasan Teknologi

Terbatasnya teknologi juga menjadi faktor aman atau tidaknya dalam penggunaan VPN. Hal tersebut karena dalam pengembangan VPN juga bergantung pada tipe protokol jaringan internet dan enkripsi yang digunakan.

Beli Buku di Gramedia

Bagaimana Cara Menggunakan VPN?

Penggunaan VPN biasanya pada smartphone dan komputer. Untuk smartphone, kamu dapat menggunakan aplikasi VPN yang tersedia di PlayStore. Setelah kamu selesai mengunduh aplikasi VPN tersebut, kamu dapat memiliki layanan VPN yang tersedia sesuai dengan kebutuhanmu.

Sementara itu, untuk laptop, kamu dapat mengklik ikon “Network” pada bagian taskbar dan memilih “Network Settings”. Setelah itu, pilih VPN dan klik “Add a VPN Connection”. Jika kamu sudah menambahkan koneksi VPN sesuai dengan keperluanmu, maka kamu dapat mengakses internet seperti biasanya.

Manfaat VPN

VPN atau Virtual Private Network ini ternyata mempunyai banyak manfaat lhoo… Apa saja ya manfaat dari penggunaan VPN?

1. Remote Access

Melalui VPN kamu dapat melakukan remote access. Apa itu remote access? Remote access adalah proses perizinan untuk mengakses internet melalui jaringan kantor, tidak peduli di mana tempatmu, selama masih terhubung dengan internet.

2. Mengamankan Informasi Pribadi Secara Anonim

VPN dapat bermanfaat untuk menyembunyikan lokasimu secara langsung ketika mengakses internet. Hal tersebut supaya tidak sembarang orang dapat mengetahui lokasimu berada ketika melakukan akses internet. Melalui VPN, lokasi yang terdeteksi adalah berdasarkan lokasi server VPN yang kamu gunakan.

3. Enkripsi Informasi Perangkat

Melalui penggunaan VPN, akan bermanfaat dengan berupa tidak semua orang dapat mudah mengidentifikasi perangkat beserta riwayat internet yang kamu gunakan.

4. ByPass

Apabila kamu ingin melakukan streaming video di sebuah situs, biasanya akan ada pembatasan dalam mengakses situs tersebut karena dianggap berbahaya. Nah, dengan menggunakan VPN, kamu dapat melewati pembatasan geografi tersebut.

5. Data Dienkripsi

Sebelumnya, telah dijelaskan bahwa proses enkripsi adalah proses mengubah informasi menjadi kode rahasia untuk mengaburkan data yang dikirim, terima atau simpan dalam jaringan internet.

Ketika terjadi pertukaran data dengan web aplikasi menggunakan VPN, maka data milikmu akan dienkripsi. Melalui proses enkripsi tersebut, apabila ada seseorang melihat apa yang komputer kirimkan berkaitan dengan informasi milikmu, yang terlihat hanya data yang sudah dienkripsi beserta data mentahnya.

Beli Buku di Gramedia

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan VPN

Setiap hal pastilah mempunyai kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan penggunaan VPN dalam proses mengakses jaringan internet. Nah, apa saja ya kelebihan dan kekurangan dari penggunaan VPN tersebut?

Yuk simak ulasan berikut!

Kelebihan Penggunaan VPN

  • Data lebih aman dan bersifat rahasia
  • Identitas IP asli tidak langsung diketahui oleh orang lain
  • Dapat mengakses dari lokasi (negara) yang berbeda sesuai dengan layanan VPN yang dipilih
  • Dapat mengakses website yang telah diblokir oleh pemerintah atau organisasi lain

Kekurangan Penggunaan VPN

  • Koneksi internet menjadi lebih lambat
  • Konfigurasi manual menjadi cukup rumit
  • Terdapat batasan penggunaannya
  • Koneksi internet menjadi tidak stabil

Waktu yang Tepat Untuk Menggunakan VPN

Kapan saja kamu dapat menggunakan layanan VPN? Layanan VPN dapat digunakan ketika sedang melakukan aktivitas-aktivitas berikut!

  • Ketika menggunakan WiFi publik. Hal tersebut supaya koneksi jaringan internet yang kamu gunakan menjadi lebih aman.
  • Ketika sedang berusaha menyembunyikan aktivitasmu dari orang yang hendak mencoba mengetahuinya secara diam-diam.
  • Ketika sedang menyembunyikan lokasi. Hal tersebut bisa saja apabila situs yang hendak kamu tuju ternyata mendapatkan geo-blocked content atau konten-konten yang ada di dalam situs tersebut diblokir karena wilayah geografis tertentu.
  • Ketika kamu ingin menjadi anonim dalam situs web tertentu.
  • Ketika kamu hendak mengakses situs yang diblokir oleh pemerintah atau organisasi tertentu.

Beli Buku di Gramedia

Nah, itulah penjelasan mengenai VPN dan hal-hal yang berkaitan dengan VPN. Apakah Grameds sering menggunakan VPN dalam mengakses jaringan internet? Jika iya, gunakan sesuai kebutuhan ya… Usahakan untuk tidak merugikan pihak lain dan tidak melakukan tindakan ilegal!

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien