Technology

TWS: Pengertian, Awal Kemunculan, dan Keunggulannya

tws adalah
Written by M. Hardi

TWS adalah – Dewasa ini, teknologi konsumen yang populer semakin banyak. Kebanyakan, mereka menyenangkan konsumen dengan fitur-fitur baru yang menurut kita unik. Misalnya, laptop tipis tanpa port USB, ponsel tanpa tombol home, sampai headphone tanpa kabel.
Untuk headphone jenis ini, definisinya sudah jelas, yakni tren pengguna yang ramah teknologi. Jadi, lebih simpel dengan menyingkirkan kabel dan memakai headset dengan teknologi bluetooth yang sangat nyaman.

Nah, apa kaitanya headset tanpa kabel dengan TWS? Sebenarnya, apa itu TWS? Untuk mengetahui, apa yang dimaksud dengan TWS, maka kamu bisa simak artikel ini, Grameds.

Aplikasi Gratisan Audio-Video Editor Online

https://www.gramedia.com/products/aplikasi-gratisan-audio-video-editor-online?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/aplikasi-gratisan-audio-video-editor-online?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

TWS: True Wireless Stereo

tws adalah

Sumber: tekno.kompas.com

Grameds pastinya makin sering mendengar istilah TWS atau true wireless stereo dalam beberapa tahun belakangan ini. Istilah tersebut mengacu pada teknologi yang memungkinkan untuk memasangkan dua perangkat audio lewat bluetooth. Dengan demikian, kita dapat mengirimkan “sinyal” ke saluran kiri (L) dan kanan (R) secara terpisah.

Tentunya, bisa dibayangkan keunggulan teknologi tersebut jika diterapkan pada earphone kita, Grameds!

Alih-alih menggunakan kabel untuk mentransfer suara, TWS menggunakan sinyal bluetooth. Berbeda dari aksesori nirkabel yang tidak terhubung ke sumber media secara fisik tetapi masih mengandalkan koneksi fisik, TWS tidak memerlukannya untuk memastikan aktifnya fungsi beberapa perangkat secara bersamaan. Misalnya, pada sport headphone nirkabel yang kabelnya melingkari leher pengguna.

TWS yang merupakan fasilitas dengan teknologi true wireless, benar-benar nirkabel alias tidak memerlukan kabel apa pun untuk saling terhubung, baik ke sumber media ataupun menghubungkan satu earbud atau speaker dengan yang lainnya. Pasalnya, koneksi nirkabel secara penuh diwujudkan oleh bluetooth.

Perangkat TWS yang berbeda bisa terhubung ke suatu sumber media dengan cara yang berbeda, tergantung pada merek dan jenis aksesorisnya. Misalnya, banyak headphone berteknologi TWS yang menggunakan salah satu earbud sebagai koneksi utama antara sumber media dengan earbud kedua.

Caranya, seperti mengirimkan sinyal ke perangkat sumber media yang dilakukan oleh earbud pertama, kemudian perangkat dihubungkan dengan meneruskan sinyal yang sama ke earbud kedua. Jadi, kita bisa mendapatkan pengalaman suara yang impresif.

Ada pula jenis TWS yang menciptakan koneksi antar-earbud terlebih dahulu, sehingga sumber media dapat terhubung ke keduanya. Lalu, aksesori bluetooth mengirimkan audio secara bersamaan, ke earbud pertama dan kedua. Dengan demikian, ketegangan yang tak seharusnya terjadi hanya pada salah satu earbud dapat dicegah, juga sekaligus bisa meningkatkan kekuatan sambungan dan audio yang lebih jernih.

Kemunculan Pertamanya

Earbuds TWS pertama dirilis pada tahun 2015, yakni Bragi Dash. Meski begitu, Apple juga mengumumkan adanya AirPods mulai 2016 dan teknologi tersebut barulah mulai digandrungi sejak saat itu. Pada tahun-tahun setelahnya, pasar perangkat berteknologi TWS pun mulai tumbuh dengan stabil. Misalnya, pada 2020, jumlah perangkat TWS meningkat lebih dari 30 persen daripada tahun sebelumnya.

Saat pertama rilis, Bragi Dash dibanderol dengan harga USD 300. Setahun kemudian, perusahaannya memilih model baru yang bernama “The Headphone” yang punya harga sekitar setengah dari pendahulunya.

Kalau saat ini, telah hadir merek yang biasa kita kenal, seperti JBL, OnePlus, Skullcandy, dan sebagainya dengan harga lebih murah yang juga menawarkan kinerja solid. Teknologi TWS pun diharapkan bisa menembus pasar dan berkembang lebih jauh dengan semakin terjangkaunya teknologi.

Bicara tentang produsen TWS kelas atas, mereka akan terus memecahkan rekor sendiri dan menambahkan fitur baru agar tampak berbeda dari yang lain, sehingga perolehan nilai dan ketenaran akan meningkat. Potensi TWS sendiri belum sepenuhnya terwujud dan inovasi di beberapa bidang teknologi utama bisa memastikan bahwa pertumbuhan dan evolusi perangkat ini akan terus berlanjut.

Cara Kerja dan Teknologinya

tws adalah

Sumber: Telink-semi.com

Sebenarnya, teknologi penerimaan suara dengan memakai koneksi nirkabel sudah hadir sejak awal dekade 1990-an. Meski begitu, keberadaannya terus diperbarui sampai masuk dekade 2000-an dan banyak orang mulai mengenal dan menggunakan perangkat nirkabel, sampai hari ini.

Bisa dilihat dari namanya, TWS ialah kombinasi antara teknologi nirkabel dengan format suara stereo. Dengan menggunakan gelombang radio yang terkoneksi dengan bluetooth, TWS bekerja dan bisa disambungkan dengan perangkat umum seperti smartphone, laptop, sampai komputer.

TWS akan tersambung pada speaker utama perangkat kita, lalu suara yang seharusnya dihasilkan oleh speaker utama ini dihubungkan dengan speaker slave melalui koneksi bluetooth demi kualitas stereo yang lebih jernih.

Diperlukan modul bluetooth yang menempel pada telinga untuk bisa menggunakannya. Jadi, TWS ini lebih nyaman digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Bukan cuma itu, teknologi TWS yang terdapat pada earbuds tertentu juga dilengkapi fitur tambahan yang tentunya keren. Misalnya, tahan pada debu dan air.

Keunggulan

tws adalah

Sumber: tekno.kompas.com

Jika dibandingkan dengan headset atau earphone biasa, apa saja keunggulan earbuds TWS? Berikut dua kelebihan umum yang perlu Grameds ketahui!

1. Audio Streaming Resolusi Tinggi

Dikarenakan kepopuleran lossy codecs seperti MP3, AAC, dan lainnya yang biasa digunakan dalam streaming audio. Sebagian besar pengguna telah terbiasa mendengarkan versi lossy yang terkompresi dari musik favorit mereka.

Codec populer ini telah memenuhi tujuan penting dalam membuat musik tersedia secara luas. Mereka membuat akuisisi dan distribusi musik menjadi lebih murah dan mudah diakses oleh lebih banyak pendengar, yang dapat mendengar musik saat bepergian di berbagai perangkat.

Namun, penggemar audio telah lama menunggu kualitas audio yang superior dan lossless dari penyedia layanan streaming besar. Kita tahu, ada banyak pengumuman dari Spotify, Amazon, dan Apple, yang akhirnya membawa musik resolusi tinggi ke pelanggan mereka.

Dalam survei terbaru yang dilakukan oleh Qualcomm dan Spotify, kualitas suara adalah prioritas utama pengguna, dengan 77 persen responden mengatakan bahwa mereka tertarik dengan musik beresolusi tinggi. Meskipun fitur seperti daya tahan baterai, kenyamanan, harga, dan sebagainya juga penting dalam membuat keputusan pembelian, kualitas audio adalah pendorong terbesar.

Jadi, bisa dibilang, era konsumsi musik streaming resolusi tinggi dalam skala besar melalui perangkat seperti TWS ada di depan kita.

Pengendali speaker di earphone memberikan audio jarak jauh dalam rantai audio. Oleh karena itu, sangat penting halnya tentang pengiriman musik resolusi tinggi ke telinga pengguna.

Driver speaker Balanced Armature (BA) menghadirkan fidelitas dan detail yang lebih baik dibandingkan driver dinamis tradisional di perangkat TWS. BA menghasilkan suara dengan ketelitian tinggi melalui penggunaan buluh yang seimbang dalam medan magnet statis antara dua magnet di dalam kulit luar driver.

Kumparan stasioner yang digerakkan dengan sumber audio menarik buluh, menyebabkannya dan diafragma yang terpasang bergerak mengikuti musik. Suara yang dihasilkan murni dalam kualitas, kejelasan, dan bebas dari resonansi yang tidak diinginkan pada pita audio. BA juga memiliki respons frekuensi tinggi yang superior, menjadikannya pilihan yang baik untuk musik resolusi tinggi.

Terkadang, BA digabungkan dengan driver dinamis dalam driver speaker hybrid. Dalam konfigurasi ini, driver BA berfungsi sebagai tweeter untuk menyampaikan bagian kritis spektrum audio high-end, sedangkan driver dinamis berfungsi sebagai woofer.

Kombinasi hybrid membantu desainer TWS menghadirkan produk dengan kualitas suara superior yang dikombinasikan dengan active noise cancelling (ANC). Driver hybrid memberikan proposisi nilai yang unggul bagi desainer TWS dan mulai menjadi lebih umum di perangkat TWS kelas atas hingga menengah.

Tren audio streaming yang disebutkan di atas akan terus mendorong batas teknologi driver speaker, termasuk BA. Kemajuan teknologi BA akan terus meningkatkan konsumsi daya sambil menghadirkan suara dengan ketelitian tinggi dalam desain faktor bentuk yang ringkas.

2. Kualitas Panggilan Suara dengan Headset Profesional

Konsumen semakin sering menggunakan perangkat yang dapat didengar seperti TWS untuk komunikasi suara saat bepergian, dan seringkali pula di lingkungan publik yang bising seperti tempat kerja, pusat perbelanjaan, dan transportasi umum.

Desain yang dapat didengar konsumen tidak terlalu dioptimalkan untuk pengambilan suara seperti headset profesional dengan long blast atau ledakan panjang. Tanpa adanya ledakan, mempertahankan komunikasi berkualitas tinggi dapat menjadi tantangan, terutama di lingkungan yang bising.

Kebisingan angin, khususnya, dapat sangat menurunkan Signal-to-Noise Ratio (SNR) dengan tingkat kebisingan lebih besar dari 50 dB SPL. Earbuds TWS canggih memiliki beberapa mikrofon dan sensor lain seperti sensor getaran suara per earbud untuk memungkinkan pengambilan suara berkualitas tinggi di semua kondisi.

Berbagai teknik digunakan untuk meminimalkan noise dan meningkatkan kualitas pengambilan sinyal yang diinginkan, seperti multi-microphone beamforming, pemrosesan sensor getaran suara, pemrosesan sinyal mikrofon telinga bagian dalam, pembatalan gema akustik, dan penekanan kebisingan.

Meningkatkan kinerja mikrofon dan sensor getaran suara bersama algoritma canggih yang berjalan pada prosesor tepi audio atau inti khusus di Bluetooth Audio SoC akan terus mendorong kinerja panggilan suara yang canggih di TWS karena perangkat ini terus menutup celah dengan komunikasi profesional headset.

Bagi desainer TWS, optimalisasi daya algoritma audio pada prosesor adalah topik utama lain untuk meningkatkan waktu telepon dari 3 hingga 4 jam dalam mode panggilan suara aktif.

Perbedaan TWS dengan Teknologi Bluetooth Biasa

Setelah melihat keunggulannya, inilah beberapa perbedaan TWS dengan teknologi bluetooth biasa:

1. Tujuan Kegunaan

Kalau Grameds menggunakan headset sebagai teman saat olahraga, TWS akan menjadi pilihan paling cocok. Sebab, headset bluetooth biasa akan terlalu berat dan lumayan sulit digunakan saat olahraga. Hal ini berbeda dengan TWS yang tak butuh kabel apa pun untuk dikoneksikan ke perangkat.

Singkat kata, alat ini akan lebih mudah digunakan untuk olahraga, khususnya bersepeda dengan helm atau jogging.

2. Cara Isi Daya

Perbedaan besar lain di antara keduanya ialah cara mengisi daya. Cara mengisi daya TWS lebih modern karena bisa menggunakan tempat atau case dari perangkat TWS itu sendiri. Hal ini berbeda dengan bluetooth headset yang memerlukan charge manual dengan kabel USB.
Intinya, selama case TWS terisi penuh, kita bisa melakukan pengisian daya baterai TWS kapan saja dan di mana saja.

3. Ukuran

Headset bluetooth dan TWS memiliki ukuran yang berbeda. Bentuk TWS terkenal dengan sifat compact-nya yang mudah dibawa ke mana pun. Mungil dan aman, TWS juga punya case yang juga menjadi salah satu kelebihan yang diminati penggunanya.

Sementara itu, kebanyakan headset bluetooth punya bentuk yang jauh lebih besar dan membuatnya tak bisa dimasukkan begitu saja ke saku.

4. Preferensi Penggunaannya

Meski keduanya bisa dipakai untuk mendengarkan lagu, film, sampai berkomunikasi lewat telepon, TWS dan bluetooth punya perbedaan dari segi preferensi penggunanya. Jika Grameds merupakan seorang gamer, tak akan ada yang menyalahkan jika kita memilih headset sebagai perangkat yang paling sering digunakan, terutama saat streaming sambil bermain.

Namun, TWS umum digunakan oleh pencinta musik, mereka yang gemar akan olahraga, sampai pencinta alam yang hobi bepergian jauh. Pasalnya, perangkat ini akan diperlukan karena mudah dibawa dan digunakan.

5. Fitur

Inilah perbedaan utama yang paling mencolok pada TWS: speaker kanan dan kiri bisa digunakan secara independen ataupun bersamaan. Tentunya, fitur ini tak dimiliki headset bluetooth. Apalagi, fitur mikrofon pada headset bluetooth umumnya cuma bisa dipakai pada laptop atau komputer, bukan smartphone.

Pasalnya headset bluetooth punya dua port yang salah satunya untuk audio 3,5 mm dan lainnya untuk port mikrofon.

Smk/Mak Kl.Xii Teknik Pengolahan Audio&Video Jl.C3 K/13 Rev

https://www.gramedia.com/products/smkmak-klxii-teknik-pengolahan-audiovideo-jlc3-k13-rev?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/smkmak-klxii-teknik-pengolahan-audiovideo-jlc3-k13-rev?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Coba 3 TWS Populer Ini!

Sudah makin tahu tentang TWS, tentunya kita jadi ingin mencoba salah satu atau beberapa TWS yang layak. Berikut rekomendasinya!

tws adalah

Sumber: Wevolver.com

Realme: Buds Air 2 Neo

tws adalah

Sumber: tekno.kompas.com

Buds Air 2 Neo dari Realme merupakan TWS yang desainnya unik dan lengkap dengan touch control. TWS ini hadir bersama fitur yang lumayan lengkap, yakni active noise cancellation, 10mm bass boost driver, dan gaming mode.

TWS yang satu ini juga punya ketahanan terhadap air karena sudah punya rating IPX5. Buds Air 2 Neo ini juga berdaya tahan sampai 28 jam playtime terkait ketahanan baterainya. Dengan harga Rp599.000, TWS ini bisa dipilih dengan 2 pilihan warna, yakni calm grey dan active black.

SoundPeats: Trueengine 3 SE

tws adalah

Sumber: tokopedia.com

Trueengine 3 SE datang dari merk Soundpeats. Demi suara dan konektivitas yang baik, TWS ini hadir dengan dual driver dan bluetooth versi 5.2. Tak cuma itu, Trueengine 3 SE juga tahan terhadap percikan air karena punya rating IPX5.

Menurut klaimnya, baterai dari TWS yang dibanderol seharga Rp483.550 ini bisa bertahan hingga 30 jam. Terdapat satu warna tampilan, yakni hitam.

1MORE: PistonBuds

tws adalah

Sumber: usa.1more.com

Salah satu TWS terpopuler adalah PistonBuds dari 1More. Keunggulan utamanya terletak pada desain yang ergonomis dan bobot ringan, yakni 4.2g saja untuk tiap earbuds-nya. Fiturnya juga lengkap dengan bluetooth 5.0, rating IPX4, touch control, serta 4 mikrofon ENC untuk pengalaman telepon yang baik.

Dijual seharga Rp299.000 dengan pilihan warna putih dan hitam, TWS ini diklaim bisa bertahan untuk 20 jam pemakaian.

Kesimpulan

Bagaimana, jadi lebih kenal, bukan, dengan berbagai TWS yang biasa kita temui di pasaran? Apalagi, makin banyak orang yang menggunakan wireless earphone dalam keseharian mereka karena kesederhanaan dan teknologi yang ditawarkannya. Tak heran, tahun ke tahun, bahkan bulan ke bulan, seringkali muncul tipe TWS baru yang sangat menggiurkan untuk dicoba!

Demikian pembahasan tentang TWS, setelah mengetahui lebih jauh tentang TWS, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Teknik Pengelolaan Audio Video SMK/MAK Kelas XII

https://www.gramedia.com/products/teknik-pengelolaan-audio-video-smkmak-kelas-xii?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/teknik-pengelolaan-audio-video-smkmak-kelas-xii?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Kamu bisa makin tahu tentang teknologi dan pengelolaan audio, salah satunya dengan membaca buku. Grameds, kamu juga bisa mendapatkan koleksi bacaan lainnya sesuai selera dan minat dengan membelinya lewat penawaran menarik dari Gramedia.com, toko buku sekaligus toko buku online terbesar di Indonesia! Apa pun keperluan literasimu, lancarkan bersama layanan Gramedia dan jadi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien