Rekomendasi Buku Manajemen Pemasaran Best Seller

Jelajahi Rekomendasi Buku Manajemen Pemasaran Best Seller dari Gramedia yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

buku manajemen pemasaran

Manajemen Pemasaran Strategik Bank di Era Global

Revolusi Manajemen Pemasaran

Revolusi Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran Jilid 2 Edisi 13

Manajemen Pemasaran Jilid 2 Edisi 13

Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1

Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1

101 Problem Solving Tentang Pemasaran Produk

101 Problem Solving Tentang Pemasaran Produk

Strategi Pemasaran, Prinsip Dan Penerapan

Strategi Pemasaran, Prinsip Dan Penerapan

Komunikasi Pemasaran Kontekstual

Komunikasi Pemasaran Kontekstual

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori bukuĀ  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori bukuĀ  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tetang Rekomendasi Buku Manajemen Pemasaran Best Seller

Jelajahi Rekomendasi Buku Manajemen Pemasaran Best Seller dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    Manajemen pemasaran bisa disebut sebagai ujung tanduk sebuah bisnis. Sebab, ini menentukan daya beli sebuah produk atau layanan yang ditawarkan. Besar dan kecilnya profit yang dihasilkan oleh bisnis bergantung pada pemasaran. Apabila Anda sedang mempelajari dunia bisnis lebih lanjut, maka penting memahami pengertian manajemen pemasaran dan seluk beluknya.

    Tanpa manajemen pemasaran yang baik, sulit bagi bisnis untuk tumbuh dan berkembang. Karena pemasaran berhubungan dengan penjualan yang menjadi kunci keberhasilan bisnis.

    Sebelum menguasai berbagai macam strategi pemasaran yang ampuh meningkatkan penjualan, ada baiknya memulai dari hal-hal dasar terlebih dahulu. Seperti pengertian manajemen pemasaran, manfaat, ciri-ciri, dan ruang lingkupnya.

    Kalau begitu, langsung di simak yuk dibawah!

    Pengertian Manajemen Pemasaran Secara Umum

    Manajemen pemasaran adalah serangkaian kegiatan yang terdiri dari merencanakan, melakukan, mengawasi dan evaluasi segala sesuatu yang berhubungan dengan proses memperkenalkan jasa atau produk kepada khalayak umum.

    Tujuan manajemen pemasaran adalah memperkenalkan produk ke banyak orang melalui metode-metode yang efektif dan efisien. Kampanye pemasaran yang dilakukan diharapkan bisa menarik orang-orang untuk membeli produk tersebut.

    Manajemen pemasaran bisa dikatakan berhasil apabila usaha dan modal yang dikeluarkan berbanding lurus dengan tingkat penjualan.

    Dari pengertian manajemen pemasaran diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa ini bukanlah sesuatu yang bisa dianggap sepele. Karena menentukan berapa banyak orang yang mengetahui produk, tingkat penjualan dan modal yang dibutuhkan.

    Apabila modal pemasaran yang dikeluarkan terlalu besar dan strateginya tidak berhasil mencapai target penjualan, maka pemasaran disebut gagal. Nantinya, ada tim khusus yang melakukan manajemen sehingga ditemukan strategi yang sekiranya lebih efektif dan efisien.

    Kurang lebih seperti itulah yang dimaksud dengan manajemen keuangan. Bagaimana, apakah Anda sudah cukup paham dan memiliki sedikit gambaran tentangnya?

    Definisi Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

    Kurang lengkap rasanya apabila membahas suatu istilah tanpa melibatkan pendapat para ahli. Berikut beberapa versi pengertian manajemen pemasaran dari sejumlah ahli terkemuka di dunia.

    Philip Kotler

    Manajemen pemasaran adalah suatu kegiatan menganalisa planning yang berhubungan dengan aktualisasi dan pengendalian program terencana untuk menciptakan transaksi yang baik di suatu target pasar. Ini bertujuan untuk menghasilkan laba atau keuntungan.

    Buchari Alma

    Pengertian manajemen pemasaran menurut Buchari Alma adalah kegiatan perencanaan, pengarahan dan pengawas semua aktivitas pemasaran produk atau jasa perusahaan. Biasa dijalankan oleh pekerja di bagian marketing.

    Swastha

    Manajemen pemasaran adalah aktivitas menganalisis, merencanakan, melaksanakan dan mengawasi program-program untuk menghasilkan pertukaran dengan target pasar dan mencapai tujuan perusahaan.

    Suparyanto & Rosad

    Pengertian manajemen pemasaran adalah proses menganalisa, membuat rencana, mengatur dan mengelola program yang mencakup penentuan konsep, penetapan harga, promosi dan mendistribusikan produk sesuai gagasan yang sudah dirancang demi menciptakan dan memelihara transaksi menguntungkan dengan target pasar untuk mewujudkan tujuan perusahaan.

    Ben M. Eniy

    Definisi manajemen pemasaran adalah sebuah proses yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan atau seseorang.

    Beberapa Istilah Penting di Konteks Pemasaran

    Setelah mengetahui apa itu manajemen pemasaran, sekarang kita cari tahu istilah-istilah yang biasa digunakan dalam proses pemasaran. Simak baik-baik dibawah ini:

    1. Produk

    Produk adalah hasil kerja yang bisa ditawarkan kepada khalayak umum, bisa dalam bentuk jasa, wujud barang dan ide. Apapun yang dijual itulah produk.

    Kriteria produk yang disukai oleh konsumen mempunyai kinerja terbaik, mutu terbaik dan sifat terbaik. Sehingga, mendorong perusahaan untuk fokus terhadap perbaikan produk secara terus menerus.

    2. Nilai

    Nilai adalah tingkat kepuasan konsumen terhadap sebuah produk. Berkaitan dengan apa yang diinginkan atau dirasakan oleh konsumen. Secara umum, harga jual produk berbanding lurus terhadap nilai yang didapat konsumen.

    3. Biaya

    Harga yang perlu dibayar konsumen untuk bisa mendapatkan sebuah produk.

    4. Kepuasan

    Kepuasan berhubungan dengan kesesuaian antara harapan konsumen dengan kinerja produk yang dirasakan. Apakah ekspektasi mereka sesuai dengan kenyataan produk atau tidak.

    5. Pasar

    Pasar adalah tempat berkumpulnya orang yang berpotensi membeli produk. Transaksi hanya bisa terjadi ketika Anda menargetkan pasar yang tepat dengan produk.

    Fungsi Manajemen Pemasaran

    1. Menyampaikan Produk

    Fungsi pertama dari manajemen pemasaran adalah penyampaian produk kepada masyarakat luas atau distributing. Pemasaran bertujuan untuk menyebarluaskan sebuah produk kepada banyak orang dengan harapan bisa menghasilkan transaksi.

    Percuma bisnis memiliki produk yang bagus, apabila tidak banyak orang mengetahuinya.

    2. Jual Beli

    Hakikat dasar dari proses manajemen pemasaran adalah untuk meningkatkan transaksi produk. Sebuah perusahaan perlu melakukan evaluasi secara berkala apakah strategi pemasaran yang diterapkan sudah tepat atau belum.

    3. Menyediakan Sarana

    Fungsi manajemen pemasaran yang ketiga adalah berkaitan dengan aspek-aspek untuk mewujudkan kelancaran produksi. Meliputi aspek komunikasi, pergudangan dan penyortiran produk agar bisa memenuhi standar.

    Terkait fungsi ini biasa dikenal dengan istilah facilitating.

    4. Melakukan Riset

    Di dalam kegiatan manajemen pemasaran, penting sekali melakukan riset terhadap konsumen. Yaitu mencari tahu barang apa saja yang disukai dan dibutuhkan oleh konsumen. Sehingga, pemasaran bisa berhasil karena diterima baik oleh target market.

    5. Pemrosesan

    Fungsi pemrosesan berkaitan dengan mengolah sebuah barang supaya memiliki nilai tambah, sehingga nilai jualnya ikut meningkat.

    Sebagai contoh, mengubah alpukat yang awalnya seharga Rp. 5.000 per buah menjadi jus alpukat yang laku dijual Rp. 14.000.

    Proses Manajemen Pemasaran

    Selanjutnya mari kita pelajari bagaimana proses manajemen pemasaran dilakukan. Sebagai seorang pemula, tentu Anda harus memahaminya bukan? Langsung disimak selengkapnya dibawah:

    1. Sebelum memulai kampanye pemasaran, penting untuk menentukan misi dan tujuan perusahaan. Kemudian disusul menetapkan tujuan pemasaran yang hendak dicapai.

    2. Melakukan evaluasi terhadap kapabilitas perusahaan sesuai kelemahan dan kekuatan yang dimiliki.

    3. Memilih peluang pemasaran yang penting untuk dikapitalisasi. Yaitu mengidentifikasi dan mengevaluasi apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan, sekaligus memperhatikan mana pelanggan potensial dan tidak.

    Segmentasi pasar membantu Anda memilih target pasar yang tepat dan memaksimalkan upaya disana. Beberapa hal yang mempengaruhi peluang pemasaran seperti persaingan, lingkungan pemasaran, kebijakan pemerintah, konsumerisme, media massa, struktur distribusi, opini publik dan lain-lain.

    4. Setelah berhasil mengumpulkan informasi tentang peluang pemasaran secara lengkap, Anda kemudian bisa menyusun strategi pemasaran. Ini berbentuk rencana formal yang berorientasi kepada aksi dinamis demi mewujudkan target dan misi bisnis.

    Strategi adalah pola kebijakan yang mengatur tindakan sedemikian rupa sehingga bisa mewujudkan tujuan di awal. Strategi ditulis secara jelas dan berorientasi untuk menangani sumber daya terbatas dan bersaing di pasar dengan cerdas.

    5. Strategi pemasaran atau rencana yang dibuat dilaksanakan melalui komunikasi dan koordinasi yang tepat dari divisi pemasaran.

    6. Selama pelaksanaan strategi pemasaran, perlu dilakukan evaluasi untuk mengukur hasil aktual dan tingkat keberhasilannya. Apakah sudah mencapai target sesuai rencana atau belum. Evaluasi dalam manajemen pemasaran bermanfaat untuk memodifikasi atau merevisi tujuan dan target perusahaan.

    Sehingga ketika terjadi kesalahan bisa menyusun rencana ulang sesuai hasil evaluasi. Dengan kontrol pemasaran yang baik, maka hasilnya juga optimal.

    7. Strategi pemasaran harus bersifat dinamis dan tidak boleh terpaku pada satu hal, karena kebutuhan konsumen selalu berubah-ubah.

    Demikianlah pembahasan menarik tentang pengertian manajemen pemasaran, fungsi dan tata cara melakukannya. Semoga bermanfaat dan membuka wawasan Anda yang sedang menekuni dunia bisnis, khususnya tentang marketing atau pemasaran.