Technology

Pengertian Jaringan Internet: Sejarah, Fungsi, Manfaat, dan Dampaknya

Internet Lokal
Written by Nandy

Pengertian jaringan internet – Belakangan ini, teknologi semakin berkembang dengan pesat dan masyarakat dunia pun sudah memiliki hubungan yang sangat erat dengan sesuatu yang dinamakan dengan jaringan internet.

Dapat dikatakan juga jika masyarakat pada saat ini sudah tidak bisa lepas dari penggunaan internet. Pasalnya, internet dapat memudahkan kita dalam melakukan kegiatan komunikasi dengan orang lain hingga mencari informasi dan hal lain sebagainya.

Kata internet atau jaringan internet memang sudah tidak asing lagi. Lalu, apa sebenarnya pengertian jaringan internet itu?

Jaringan internet adalah sesuatu yang dibutuhkan untuk mengakses situs, website, atau media sosial. Biasanya, jaringan internet ini berupa sambungan antar jaringan yang berada di seluruh bagian dunia, yang terdiri dari Personal Area Network (PAN), Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN),  Campus Area Network (CAN), hingga Wide Area Network (WAN). Apabila tidak ada jaringan internet, maka kita tidak akan bisa mengakses berbagai situs media sosial di internet, seperti Twitter, Email, Facebook, dan lain sebagainya.

Jaringan internet ini mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat manusia. Sebab, jaringan internet ini memiliki manfaat yang besar guna mempermudah penyelesaian masalah dalam bidang komunikasi. Bahkan, saat ini hampir semua aspek dan bidang pekerjaan menggunakan internet sebagai salah satu cara untuk mempercepat pekerjaannya.

Kehidupan sehari-hari kita sudah benar-benar mengandalkan jaringan internet dalam berbagai hal. Sudah menjadi rahasia umum juga jika kita bahkan dapat menemukan berbagai jawaban hingga solusi di internet ini.

Misalnya, kamu ingin membuat suatu masakan, maka saat ini juga kamu bisa mencari resepnya di internet dan langsung mempraktikkannya. Sungguh luar biasa, bukan? Di internet ini kamu bisa menemukan resep makanan, mencari berita terbaru, hingga ada fitur terbaru yang bisa memesan makanan atau produk tertentu melalui internet.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai pengertian jaringan internet, simak rangkuman informasi di bawah ini mengenai pengertian jaringan internet, menurut ahli, sejarah, fungsi, manfaat, dan dampaknya. Check this out!

 

Pengertian Jaringan Internet

 

Internet adalah sebuah jaringan komunikasi komputer global yang menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan komputer yang tersebar di seluruh dunia. Kata internet ini berasal dari bahasa latin, yakni dari kata “inter” dan “net”. Kata “inter” memiliki arti sebagai “antara”, sedangkan “net” adalah jaringan yang merupakan singkatan dari kata network.

Kata internet juga dapat berupa singkatan dari kata “Interconnected Network” yang membuat kamu sangat mungkin untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan siapa saja, dari siapa saja, dan di mana saja. Selain itu juga, ada yang mendefinisikan jika internet adalah International Network.

Hal ini berarti semua jenis dan tipe komputer yang ada di seluruh dunia dapat terhubung dengan menggunakan tipe jaringan komunikasi, seperti satelit, sambungan telepon, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, kita dapat mengatakan jika internet adalah suatu konsep jaringan informasi atau komunikasi yang sangat luas dan dapat digunakan oleh masyarakat internasional di seluruh dunia. Tak hanya itu, internet juga dapat dipakai dan melibatkan berbagai jenis topologi jaringan dan komputer yang berbeda-beda antara generasi dan antar merek perusahaan.

Untuk mengintegrasikan dan mengatur jaringan internet kita dapat menggunakan sebuah teknologi bernama Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite yang biasa disingkat atau dikenal dengan nama TCP/IP. Transmission Control Protocol ini merupakan sebuah Switching Communication Protocol atau sebuah protokol pertukaran paket yang biasanya dipakai untuk milyaran lebih pengguna internet yang ada di seluruh dunia.

Sementara itu, istilah dari internet working atau jaringan internet berarti suatu cara atau proses yang di dalamnya menghubungkan rangkaian jaringan internet beserta hal-hal yang mengaturnya.

Seperti yang sudah kita ketahui, jaringan internet yang ada saat ini bisa dikatakan sebagai sebuah jaringan komputer yang sangat besar luas dan mendunia. Hal ini disebabkan karena jaringan internet dapat menghubungkan antara pemakai komputer yang satu dengan memakai komputer yang lain.

Bahkan, jaringan internet juga dapat menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara dengan pemakai komputer di negara lain. Di dalam internet juga terdapat berbagai sumber informasi dari yang statis, dinamis, hingga yang ke interaktif.

 

Pengertian Jaringan Internet Menurut Ahli

 

Untuk lebih memahami tentang pengertian jaringan internet, maka kita bisa melihat pendapat para ahli tentang pengertian dari jaringan internet itu sendiri. Yuk, simak penjelasannya dibawa ini.

  • Berners Lee

Berners Lee mengatakan jika internet adalah suatu jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan yang lainnya dan juga saling terhubung antara satu dengan yang lain. Hal ini dengan pasti menjelaskan pada konsep di mana suatu jaringan komputer tertentu dapat terhubung ke dalam jaringan yang lainnya. Inilah yang kemudian dimaksud dengan internet.

  • Suswono

Menurut Suswono, internet merupakan sebuah kumpulan jaringan yang memiliki skala luas hingga ke kancah global atau dunia. Di mana, tidak ada seorang pun yang perlu bertanggung jawab dalam menjalankan internet tersebut.

  • Lani Sidharta

Sedangkan menurut Lani Sidharta, internet adalah suatu bentuk dari komunikasi sebuah jaringan komputer, di mana internet ini dapat memberikan berbagai bentuk layanan informasi yang sangat lengkap. Bahkan, secara lebih lengkap, Lani menjelaskan jika internet adalah suatu rekam maya atau virtual yang dapat digunakan dalam media bisnis, hiburan atau entertainment, hingga kancah politik.

  • Sibero

Sibero mengatakan jika pengertian dari internet adalah suatu jaringan komputer yang dapat menghubungkan antar komputer lain secara global. Sibero juga menjelaskan jika internet dapat disebut sebagai jaringan alam, yakni jaringan yang sangat luas jangkauannya.

  • O’brien

O’brien mendefinisikan internet sebagai sebuah jaringan komputer yang memiliki perkembangan yang pesat serta bermanfaat untuk berbagai jenis kepentingan, mulai dari kepentingan pendidikan, bisnis, hingga pemerintahan yang bisa saling terhubung satu sama lain.

 

  • Ned Snell

Ned Shell mendefinisikan internet sebagai sebuah koridor atau wadah untuk berbagai jenis sumber daya yang ada di dalamnya. Kemudian, seluruh sumber daya tersebut dapat diakses melalui peranti atau alat tertentu yang berbeda-beda.

 

Sejarah Perkembangan Hadirnya Internet

Sumber: pixabay

 

Kita sudah membahas mengenai pengertian jaringan internet. Maka  kita juga perlu untuk mengetahui tentang sejarah perkembangan internet secara singkat.

Pada mulanya, internet pertama kali hadir pada sekitar tahun 1969 dalam sebuah jaringan komputer yang dibuat oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA). ARPA ini membuat sebuah jaringan internet untuk pertama kalinya yang kemudian dinamai dengan ARPANET. Tak disangka, ARPANET inilah yang kemudian akan menjadi cikal bakal dari terbentuknya jaringan internet yang mendunia pada saat ini.

Pada tahun 1980-an, internet mulai digunakan oleh beberapa kalangan terbatas guna menjalankan fungsinya sebagai penghubung berbagai Universitas atau kampus yang populer di negara Amerika Serikat. Sekitar tahun 1982, protokol standar dari TCP/IP pun mulai dipublikasikan dan dipakai.

Dua tahun berselang, tepatnya 1984, nama domain pun sudah mulai muncul dan digunakan. Kemudian, pada tahun 1986 National Sciences Foundation Network atau NSFNET mulai didirikan dan dikembangkan. NSFNET inilah yang kemudian menggantikan peran ARPANET sebagai wadah riset internet di Amerika Serikat.

Setelah itu, Beberapa jaringan internasional di berbagai negara pun mulai dihubungkan dan dikembangkan melalui NSFNET itu.

ARPANET memang telah digantikan, namun, internet pertama hasil pengembangannya tersebut masih terus dikembangkan dan dipakai sampai sekarang. Pada awal perkembangannya, informasi yang dapat diakses melalui internet hanya informasi yang berbentuk atau berbasis teks. Tetapi, mulai tahun 1990-an, layanan tersebut berkembang menjadi layanan berbasis tampilan grafis yang dikenal sebagai World Wide Web (WWW) yang merupakan hasil perkembangan dari CERN.

Setelah itu, InterNIC mulai didirikan pada tahun 1993 untuk melayani pendaftaran nama domain dari kalangan publik. Pada 1994, internet pun masuk pertama kali ke Indonesia. Pada masa itu, jaringan internet di Indonesia masih dikenal dengan sebutan Paguyuban Network.

 

Fungsi dari Jaringan Internet

 

Jaringan internet memiliki berbagai fungsi penting yang sangat berguna dan dibutuhkan oleh manusia. Terutama oleh masyarakat urban pada saat ini. Adapun beberapa fungsi internet tersebut adalah sebagai berikut:

  • Untuk Media Komunikasi

Salah satu fungsi dan manfaat yang dihasilkan dari adanya jaringan internet adalah sebagai media untuk komunikasi. Penggunaan internet sebagai media komunikasi dimulai dari munculnya berbagai aplikasi perpesanan, situs media sosial, dan lain sebagainya yang dapat digunakan oleh manusia untuk memudahkan kegiatan berkomunikasi dengan manusia lainnya.

  • Untuk Mengakses Informasi

Dengan masuknya internet, maka dapat dikatakan jika telah dimulainya era keterbukaan yang baru. Artinya, internet dapat membuat semua orang menjadi lebih mudah dalam mengakses berbagai informasi yang mungkin dibutuhkan untuk kehidupan sehari-harinya. Karena, internet dapat menghadirkan semua informasi yang ingin kita cari dan bisa didapatkan dengan mudah.

 

Pada zaman dulu, jika kita mau mencari sebuah informasi maka kita harus membuka buku terlebih dahulu. Namun, kehadiran internet dapat membuat kita lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

  • Untuk Bertukar Sumber Daya

Kehadiran internet memungkinkan kita untuk bisa bertukar sumber daya atau data dengan orang lain yang bahkan berada di berbagai belahan dunia. Hal ini dapat dilakukan dengan cepat dengan bantuan jaringan internet.

Adapun beberapa sumber daya atau data-data yang sering dibagikan secara percuma atau gratis di internet, seperti jurnal, makalah, foto, video, karya tulis, desain, musik, dan lain sebagainya.

  • Untuk Mengakses Berita

Saat ini, berbagai peristiwa atau kejadian yang ada di berbagai belahan dunia dapat kita lihat, ketahui, dan akses melalui berbagai media online atau situs berita online yang ada di internet. Ini membuat kita tidak akan tertinggal informasi penting dari seluruh penjuru dunia. Hal ini tentu tidak dapat dilakukan jika tidak adanya jaringan internet.

  • Untuk Sarana Hiburan

Pada masa kini, internet juga berfungsi sebagai sebuah media yang menghadirkan berbagai wahana hiburan dari situs atau media sosial yang ada di dalamnya. Hiburan yang ada di internet pun menjadi salah satu favorit dari masyarakat urban terutama pada generasi milenial.

 

Hiburan yang terdapat di dalam internet ini terdiri dari berbagai jenis media, seperti teks, foto, lagu, game, hingga video yang diunggah oleh masyarakat lain.  Adapun, situs atau platform yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia, adalah Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, Tiktok, dan lainnya.

 

Manfaat dari Jaringan Internet

 

Jaringan internet memang memiliki fungsi yang beragam bagi kehidupan manusia. Tak hanya itu, jaringan internet juga memberikan banyak manfaat untuk khalayak luas karena kehadirannya. Adapun beberapa manfaat dari hadirnya jaringan internet ini adalah:

  1. Setiap orang yang memiliki akses pada jaringan internet dapat bertukar informasi dengan semua individu lain yang juga terhubung pada internet yang berada di seluruh penjuru dunia.
  2. Pengguna internet dapat berkomunikasi secara jarak jauh tanpa harus bertemu atau bertatap muka.
  3. Pengguna internet dapat melakukan transaksi pembelian atau penjualan melalui situs online seperti e-commerce dan melakukan pembayaran melalui m-banking.
  4. Kita dapat mengakses berbagai jenis literatur atau modul pembelajaran dari situs dan website pendidikan yang ada di internet.
  5. Dapat membantu untuk mencari informasi di situs atau website mengenai sesuatu yang tidak dapat ditemukan dalam sebuah buku.
  6. Mampu menciptakan berbagai jenis inovasi kreatif dalam berbagai bidang dengan memanfaatkan secara maksimal jaringan internet.
  7. Membantu kita dalam melakukan pekerjaan dari jarak jauh atau remote.
  8. Dapat membantu pelaku bisnis untuk menjalankan usaha atau bisnisnya tanpa harus mempunyai gerai atau toko, karena dapat membuat toko secara online.
  9. Mampu memaksimalkan komunikasi antar instansi dan masyarakat, seperti pemerintah dan rakyat terutama pada daerah-daerah yang sulit untuk dijangkau dengan transportasi.

 

Dampak dari Penggunaan Jaringan Internet

 

Pada penjelasan sebelumnya, kita telah mengetahui pengertian jaringan internet, pengertian menurut para ahli, sejarah, hingga fungsi dan manfaat dari jaringan internet itu sendiri. Namun, kehadiran internet tidak selalu memberikan dampak yang baik bagi penggunanya. Karena ternyata, ada beberapa dampak negatif yang bisa ditimbulkan dari adanya jaringan internet ini.

Dampak dari penggunaan internet yang kurang baik ini bisa dirasakan dari munculnya beberapa fenomena berikut, yakni:

  1. Adanya kemudahan akses untuk konten yang berbau pornografi.
  2. Munculnya potensi cyber crime atau kejahatan online yang dapat menimpa setiap pengguna jaringan internet jika tidak menggunakan internet dengan baik dan bijak.
  3. Adanya bahaya pencurian data pribadi dari internet atau dikenal dengan istilah phising.
  4. Adanya akses untuk bisa memasuki jaringan komputer dari negara lain yang bertujuan untuk kejahatan, seperti memata-matai atau pencurian data.
  5. Adanya potensi untuk memalsukan data-data yang tidak sesuai atau tidak benar. Hal ini dikenal dengan istilah data forgery.
  6. Munculnya kejahatan berupa pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang berupa pembajakan atas karya orang lain. Ini disebut juga dengan offense against intellectual property.
  7. Adanya potensi kejahatan untuk mendapatkan informasi rahasia atau informasi pribadi secara ilegal. Ini juga dikenal dengan istilah infringements of privacy.

 

Kesimpulan

Pengertian jaringan internet adalah sebuah jaringan komunikasi komputer global yang menghubungkan setiap perangkat komputer dengan jaringan internet komputer yang tersebar di seluruh dunia. Selain itu, jaringan internet juga didefinisikan sebagai suatu konsep jaringan informasi atau komunikasi yang sangat luas dan dapat digunakan oleh masyarakat internasional di seluruh dunia.

Pada awalnya, internet pertama kali ditemukan pada tahun 1969 oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA) dalam bentuk jaringan komputer. Kemudian, ARPA pun membangun jaringan internetnya untuk pertama kali dan dinamai dengan ARPANET. Setelah itu, internet pun terus dikembangkan hingga bisa menyebar ke seluruh dunia hingga sekarang.

Jaringan internet memang memiliki fungsi dan manfaat yang banyak untuk penggunanya. Namun ternyata, ada juga hal buruk yang akan ditimbulkan dari hadirnya jaringan internet tersebut. Semuanya telah dikupas secara tuntas pada penjelasan di atas.

Itulah rangkuman informasi mengenai pengertian jaringan internet, pengertian menurut para ahli, sejarah, fungsi, manfaat dan dampaknya. Semoga bermanfaat untuk #SahabatTanpaBatas semua, ya!

Bagi kamu yang ingin mencari buku tentang internet, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Nama Penulis: Raden Putri

Rujukan: 

  • https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6397268/jaringan-internet-pengertian-manfaat-dan-dampak-penggunaannya#:~:text=Jaringan%20internet%20pun%20bisa%20dikatakan,statis%20sampai%20dinamis%20dan%20interaktif
  • https://www.smartfren.com/connect-with-us/whats-new/artikel/jaringan-internet-pengertian-fungsi-hingga-perkembangannya/31731/
  • https://bsi.today/pengertian-internet/


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien