Technology

Dampak Positif dan Negatif Internet Bagi Umat Manusia

dampak positif dan negatif internet
Written by Ahmad

Dampak Positif dan Negatif Internet – Internet sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Di zaman yang semakin canggih ini, semua hal bisa ditemukan di internet. Meskipun tidak semua bisa melalui internet, tetapi banyak juga hal-hal yang pada awalnya hanya bisa dijumpai secara langsung, kini sudah bisa dijumpai melewati internet.

Pemakaian internet dapat dikatakan sebagai bagian dari kegiatan sehari-hari, terutama ketika pandemic seperti ini. Banyak pekerjaan, sekolah, kuliah, dan akses-akses tempat umum dialihkan melalui media sosial yang berarti membutuhkan internet.

Ini adalah akibat dari perkembangan zaman yang memiliki dampak, yaitu dampak negatif dan dampak positif. Meskipun terkadang tidak menyadarinya, tetapi kita sebagai pengguna internet pasti pernah merasakan hal-hal yang menguntungkan atau sebaliknya, yang merasa merugikan kita dari pemakaian internet.

Dampak Positif Internet

dampak positif internetMeskipun banyak sekali dampak negatif dari penggunaan internet, banyak pula dampak positif dari internet. Berikut adalah dampak positif dari penggunaan internet:

1. Mudah dalam komunikasi

Internet mampu menyambungkan satu daerah ke daerah lain, meskipun jaraknya sangat jauh. Ini adalah satu keuntungan yang didapat dari internet. Melalui internet, kita bisa berkomunikasi dengan orang yang berbeda kota, pulau, bahkan negara.

2. Mudah mencari informasi

Hampir semua informasi dapat dicari melalui internet. Ini akan memudahkan pekerja dalam bekerja dam siswa dalam belajar. Informasi yang dikemas di internet juga beragam, mulai dari tulisan, foto, sampai video. Semua bisa dicari dan digunakan sesuai kepentingan masing-masing.

3. Mudah  transaksi bisnis

Di era digital ini, banyak pekerjaan yang dialihkan melalui internet, salah satunya adalah bisnis. Saat ini banyak bisnis dari berbagai bidang yang berjalan melalui internet. Oleh karena itu, transaksi bisnis akan semakin mudah dan menguntungkan bagi pengusaha maupun pelaku bisnis.

4. Komunikasi tidak terbatas

Selain tidak mengenal jarak, berkomunikasi melalui internet juga tidak mengenal waktu. Tidak ada batasan khusus dalam berkomunikasi menggunakan internet. Ini akan sangat berguna bagi orang-orang selalu perlu berkomunikasi.

5. Mudah bekerja jarak jauh

Trend bekerja jarak jauh sebenarnya tidak hanya karena masa pandemi ini, sebelumnya sudah banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dari jarak yang jauh, atau tidak perlu datang ke kantor. Ini semua adalah kecanggihan dari internet, internet memudahkan para pekerja yang bekerja dengan sistem remote.

6. Banyak layanan umum, termasuk layanan pemerintah

Sebelumnya layanan-layanan umum hanya bisa dinikmati ketika berkunjung langsung. Namun sekarang sudah jauh berbeda. Kita bisa menikmati layanan umum secara online, termasuk layanan yang disediakan oleh pemerintah.

Contohnya seperti layanan mengenai kota Jakarta yang ada di aplikasi Jaki. Di dalam aplikasi tersebut, kita bisa menemukan banyak informasi. Selain itu, kita juga bisa melakukan laporan terkait pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh seseorang.

7. Banyak konten untuk hiburan

Ketika sedang merasa lelah, yang dibutuhkan pastinya adalah hiburan. Internet sangat membantu dalam hal ini. Kamu bisa menemukan berbagai macam konten-konten menarik yang menghibur.

Contohnya seperti konten yang ada di youtube, kamu bisa menikmati segala macam video untuk menghilangkan rasa lelah. Youtube menyajikan banyak video mulai dari lagu-lagu, video vlog seseorang, video informasi, video game, video tips dan trik, dan video lainnya yang akan sangat menghibur.

8. Mengenal budaya baru

Berkat hadirnya internet, kita bisa mengenal budaya-budaya baru. Melihat perkembangan dari budaya lainnya selain Indonesia. Namun hal yang tidak kalah penting lainnya adalah, melalui internet orang-orang bisa mengenalkan budaya Indonesia ke seluruh dunia.

banner-promo-gramedia

9. Mendapat informasi terkini

Internet adalah tempat tercepat dalam penyebaran informasi. Terutama informasi terkini, banyak media khusus yang menyebarkan informasi berupa berita terkini. Informasi ini sangat berguna untuk melihat situasi yang ada di sekitar.

10. Tempat untuk menghasilkan karya

Berkat hadirnya internet, banyak orang yang mulai berkarya. Jika awalnya mereka tidak memiliki wadah untuk berkarya, mereka bisa menghasilkan karya melalui internet. Karya-karyanya pun beragam, bisa berupa tulisan, foto, video, dan lain-lain.

11. Mendapat kenalan baru

Internet yang tidak memiliki batas waktu dan tempat sangat memungkinkan kita untuk mendapat banyak kenalan baru. Salah satu contohnya adalah penggemar music k-pop yang berasal dari berbagai negara, karena suatu hal mereka akhirnya dipertemukan dan bisa menjalin hubungan.

Dampak Negatif Internet

Tentu saja selalu ada dampak negatif dari suatu hal, termasuk internet. Berikut adalah dampak-dampak negatif dari internet:

1. Membahayakan informasi pribadi

Banyak aplikasi atau situs yang mengharuskan penggunanya mengisi informasi-informasi pribadi. Bila informasi-informasi ini disalahgunakan, itu tentu saja akan membahayakan pemilik informasi. Informasi pribadi tersebut bisa digunakan orang yang tidak bertanggung jawab untuk menguntungkan dirinya.

2. Banyak Penipuan

Penipuan secara online sudah memakan banyak kasus. Penipuan yang sering terjadi adalah ketika melakukan jual beli secara online, seringkali seseorang merasa tertipu lantaran tidak mendapatkan barang sesuai dengan apa yang dibelinya, tetapi malah mendapatkan barang lain atau bahkan barang tersebut tidak datang sama sekali.

Kasus serupa adalah pembelian barang palsu atau tidak original, penjual mematok harga murah supaya pelanggan tergiur dan membeli produknya. Padahal barang yang ia jual tidak sesuai dengan barang aslinya. Maka dari itu, perlu kewaspadaan dan ketelitian jika ingin membeli barang melalui internet, ketahui tokonya dan kepastian barangnya.

3. Pelecehan seksual atau Cyber Bullying

Pelecehan seksual secara online adalah kasus yang semakin lama semakin meningkat jumlahnya. Sering kali korban tidak menyadari bahwa ia sedang mengalami pelecehan seksual atau bahkan masuk ke perangkap pelaku dalam pelecehan seksual.

Biasanya, pelaku pelecehan seksual secara online berkedok untuk mutualan atau mengajak berkenalan. Kemudian setelah itu memulai percakapan hingga memulai keakraban dengan korban. Ketika sudah memiliki rasa saling percaya, maka pelaku akan mengarah ke tindakan pelecehan seksual, seperti meminta foto-foto vulgar dan lain sebagainya.

Selain hal semacam itu, pelecehan seksual juga bisa terjadi tanpa disadari. Contoh kecilnya adalah seperti seseorang yang berkomentar tidak senonoh di unggahan seseorang. Biasanya korban pelecehan seksual kebanyakan seorang perempuan dan anak-anak. Oleh karena itu, bagi orang tua harus selalu mengawasi aktivitas anak-anaknya dan bagi perempuan harus selalu meningkatkan kewaspadaan.

Stop Bullying

Stop Bullying

tombol beli buku

4. Banyak video atau gambar terkait kekerasan

Zaman sekarang, banyak sekali orang dengan mudah mengunggah atau mengekspos suatu kejadian. Kejadian yang dipublikasikan pun beragam, salah satunya adalah kejadian mengenai kekerasan. Meskipun tidak selalu penganiayaan atau berhubungan dengan fisik. Sangat banyak video atau gambar yang berbau atau mengarah pada kekerasan.

Sering beredar di media sosial video atau foto seseorang yang sedang dianiaya atau dibully. Jika hal ini terus dibiarkan, ini bisa menjadi contoh yang buruk terutama bagi anak-anak. Terlebih jika anak-anak belum memiliki pengetahuan yang cukup, mereka bisa meniru hal-hal seperti itu.

5. Anti sosial

Internet adalah sesuatu yang asik, seseorang bisa menggunakan internet selama berjam-jam tanpa henti. Maka dari itu, banyak anak-anak yang lebih sering berada di kamar dan bermain internet ketimbang ke luar rumah dan melakukan kegiatan sosial dengan teman-teman sebayanya.

Ini adalah salah satu dampak buruk dari internet. Seseorang yang hanya berpaku pada internet dan tidak melakukan interaksi secara langsung bukanlah hal yang baik.

6. Banyak informasi palsu

Banyaknya orang yang bisa mengunggah informasi di internet membuat banyak pula informasi yang ada. Namun informasi yang ada tidak selalu benar dan akurat, banyak sekali oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab menyebarkan informasi palsu atau hoax.

Informasi palsu tidak hanya menyebar di media sosial seperti instagram, twitter, facebook, dan lain-lain. Banyak sekali informasi palsu yang menyebar melalui pesan whatsapp, terutama melalui grup ke grup.

7. Plagiasi

Membuat suatu karya kemudian mempublikasikannya melalui internet adalah salah satu cara efektif untuk mengenalkan sekaligus mempromosikan karya. Namun hal ini sering kali berdampak tidak adil bagi pembuatan karya. Banyak orang yang tidak bertanggung jawab menjiplak atau memplagiasi karya-karya orang lain, kemudian melabelkan dirinya pada karya tersebut.

Ini adalah suatu kerugian besar, bagi orang-orang yang menggunakan internet sebagai tempat memperkenalkan karya mereka. Meskipun sudah ada undang-undang terkait hak cipta dan plagiarisme, kasus plagiat tetap saja banyak terjadi.

8. Tindak kejahatan

Salah satu tindak kejahatan yang lumayan sering terjadi adalah pengalihan uang yang ada di m-banking atau uang elektronik yang terhubung di telepon seluler. Kasus seperti ini biasanya diawali dengan pengiriman kode OTP dan verifikasi sesuatu.

Pelaku akan menelpon korban dan berperan sebagai seorang agen, atau seseorang yang pura-pura bekerja di sebuah perusahaan yang terkait dengan tindak kejahatan tersebut. Jika korban mempercayainya dan memberikan kode OTP tersebut, maka itu akan mempermudah pelaku melancarkan aksinya, yaitu mengalihkan uang korban. Kasus serupa juga pernah dilakukan oleh oknum ojek online.

Teknik Menangkal Kejahatan Internet Pemula

Teknik Menangkal Kejahatan Internet Pemula

tombol beli buku

9. Konten pornografi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa konten-konten berbau pornografi tersebar di internet. Meskipun sudah ada tindakan pemblokiran dari pemerintah, tetapi tetap saja konten-konten yang berbau pornografi masih mengintai di internet. Banyak juga aplikasi-aplikasi yang mendukung untuk membuka konten pornografi.

Selain mengandalkan pemerintah, harus ada edukasi sekaligus niat dari diri sendiri untuk menjauhi hal-hal yang berbau pornografi supaya tidak merusak diri sendiri dan orang lain.

10. Kecanduan internet

Sesuatu yang dilakukan secara berlebihan memang tidak baik, termasuk bermain internet. Biasanya kasus seperti ini dialami oleh anak-anak karena bermain game. Selain itu, banyak kasus dimana orang tua mengandalkan internet untuk mengasuh anak-anak mereka. Seperti saat anak sedang rewel, maka orang tua akan memperlihatkan tontonan menghibur yang ada di internet. Jika cara tersebut ampuh, maka itu akan menjadi kebiasaan.

Jika sudah terbiasa dengan internet dan pemakaian yang berlebihan sejak masih anak-anak, maka besar kemungkinan akan menyebabkan kecanduan internet. Hal ini tentu tidak baik dari segi psikologi maupun segi fisiknya.

11. Tidak peka keadaan sekitar

Orang yang terlalu banyak bermain internet terkadang tidak memerhatikan keadaan sekitarnya, karena ia hanya fokus menatap internetnya saja. Hal ini akan membuatnya tidak peka terhadap keadaan dan hanya memerhatikan apa yang sedang ada di depannya, yaitu internet.

12. Masalah Kesehatan

Ketika bermain internet terlalu lama, sehingga harus menatap layar handphone atau laptop terlalu lama juga, itu akan berpengaruh kepada mata. Jika ini dilakukan secara terus-menerus, akan berdampak buruk kepada penglihatan.

Kasus lain yang sering terjadi adalah pemakaian internet yang berlebihan membuat insomnia, jam tidur akan berantakan dan Kesehatan menjadi terganggu. Hal lain yang bisa terjadi adalah, ketika sibuk bermain internet terkadang bisa lupa melakukan hal lain seperti makan. Hal tersebut juga akan memengaruhi Kesehatan tubuh.

Why? Internet of Things - Internet Untuk Segala

Why? Internet of Things – Internet Untuk Segala

tombol beli buku

Cara Mengantisipasi Dampak Negatif Internet

dampak positif dan negatif internet

1. Edukasi Sejak Dini

Banyaknya dampak negatif dari penggunaan internet seringkali sangat berpengaruh terhadap aktivitas kehidupan sehari-hari. Hal ini berdampak pada banyak orang dan tidak mengenal usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Edukasi sejak dini merupakan salah satu bentuk pencegahan mengatasi dampak negatif dari penggunaan internet.

Edukasi sejak dini bukan berarti harus dilakukan dalam bimbingan orang tua, dikarenakan hal ini juga berlaku bagi orang dewasa dalam mengatasi timbulnya dampak negatif dari penggunaan internet. Cara ini dapat dilakukan dengan berbagai cara dan bisa dilakukan dengan mendapatkan edukasi dari mana saja.

2. Pengawasan Orang Tua

Pengawasan orang tua menjadi salah satu cara dalam mencegah timbulnya dampak negatif dari penggunaan internet. Hal ini biasa dilakukan untuk ditunjukkan kepada anak-anak, dikarenakan dampak negatif penggunaan internet lebih sering dirasakan oleh anak-anak.



Anak-anak yang seharusnya masih belum berada diusia bijak dalam mencerna apapun yang diterimanya. Pengawasan orang tua harus dilakukan secara berkala setiap saat, hal ini untuk lebih memastikan bahwa anak-anak mendapatkan informasi yang sesuai dengan umurnya.

3. Menyaring Semua Informasi yang Diterima

Seiring waktu berjalan, teknologi terus berkembang maka dari itu informasi yang beredar di internet juga semakin banyak dan beragam. Secara tidak langsung akan lebih banyak informasi yang harus disaring untuk diterima.

Penyaringan informasi dilakukan untuk mencegah masuknya informasi negatif yang tidak diinginkan serta dampak buruk lainnya.

4. Jangan Mudah Percaya kepada Orang yang Tidak Dikenal

Dalam dunia maya yang berbasis internet, ada banyak aktivitas yang berlangsung di setiap waktunya tanpa henti. Kemudian juga banyak komunikasi yang berlangsung antar individu. Dewasa ini, sering kali banyak orang yang ingin melakukan apapun untuk mendapatkan keuntungan dari dunia internet itu sendiri.

Akan tetapi, hal ini juga menimbulkan korban yang akan berdampak pada kehidupannya. Aktivitas seperti penipuan, pelecehan, dan hal-hal negatif lainnya berdampak pada berbagai aspek kehidupan orang yang merasakannya. Maka dari itu penting bagi seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan tidak mudah percaya pada orang yang tidak dikenal di internet.

5. Batasi Penggunaan Internet

Pembatasan penggunaan internet menjadi salah satu cara yang ampuh dalam mencegah dampak negatif dari penggunaan internet. Walaupun dalam dunia modern saat ini, internet menjadi salah satu basis seluruh aktivitas umat manusia, pembatasan penggunaan internet merupakanlah hal yang penting. Salah satu dampak yang dapat dicegah adalah timbulnya rasa kecanduan dan ketergantungan terhadap internet itu sendiri.

Kecanduan dan ketergantungan terhadap internet dapat menimbulkan banyak dampak lainnya. Secara tidak langsung akan banyak informasi yang diterima, dan semakin lama akan timbul rasa tidak peduli akan penyaringan informasi yang memungkinkan masuknya informasi negatif yang sangat tidak diperlukan.

Baca juga artikel terkait “Dampak Positif dan Negatif Internet” :

Contoh Situs-situs yang Bermanfaat

Dampak Positif dan Negatif Internet Bagi Umat Manusia 1

  • Noisli
  • Geacorn.com
  • Getnotify.com
  • Web-capture.net
  • Internet Archive
  • SoundPacks.com
  • Snappa
  • Google Scholar
  • WebOas.is
  • Irama Nusantara
  • World.time.com
  • PicaPic.com
  • PrintWhatYouLike.com
  • Oldversion.com
  • Discuvver.com
  • Benang Mental
  • AirConsole
  • Pricetrak
  • Keybr
  • GuruShots
  • Fitday
  • DLL

Penulis: Wida Kurniasih

INTERNET UNTUK PEMULA

INTERNET UNTUK PEMULA

tombol beli buku

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien