Technology

10 Manfaat Internet di Bidang Pendidikan

Manfaat Internet di Bidang Pendidikan
Written by Ananda

Manfaat Internet di Bidang Pendidikan – Internet di era digital sekarang ini sangat penting peranannya dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari kalangan generasi Z, generasi milenial, hingga kalangan generasi X sudah menggunakan dan memanfaatkan fasilitas internet. Internet kebanyakan digunakan sebagai media untuk mengerjakan dan menghubungkan berbagai aktivitas dan pekerjaan manusia dengan efektif, akurat, hemat, dan efisien.

Saat ini, kita mengenal kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan sekunder dalam ilmu ekonomi. Kita sudah tahu mana kebutuhan primer, sekunder, dan mana yang tersier. Namun, seiring dengan adanya kemunculan internet kebutuhan manusia semakin bertambah. Pada awal-awal masuknya teknologi internet di Indonesia, internet adalah barang mahal yang tidak bisa sembarangan orang bisa menggunakan dan menikmatinya.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat, kebutuhan internet semakin merata untuk semua orang dan di berbagai bidang kehidupan manusia. Internet bermanfaat dan semakin dirasakan oleh masyarakat umum. Artikel ini mengulas tentang apa sih internet? Bagaimana perkembangan internet? Apa manfaat internet di bidang pendidikan? Bagaimana pentingnya internet di bidang pendidikan?

Apa itu Internet?

Internet merupakan suatu jaringan komunikasi yang dapat menghubungkan antara berbagai media elektronik yang tersedia. Sejarah mencatat, pertama kali internet ditemukan pada tahun 1960-an. Penemuan internet pertama kali itu awalnya digunakan untuk kebutuhan riset dan penelitian dalam bidang militer. Sekarang, internet digunakan untuk kebutuhan di berbagai bidang kehidupan manusia. Di Indonesia, internet pertama kali diperkenalkan tahun 1994 yang diprakarsai oleh beberapa orang yang ahli di bidang Information Technology (IT).

Manfaat Internet di Bidang Pendidikan

Unsplash.com/headway

Sumber lain menyebutkan bahwa internet merupakan suatu jaringan komunikasi yang berfungsi menghubungkan antara satu media elektronik dengan media elektronik yang lain secara cepat dan tepat.

Onno W. Purbo (2005) seorang yang ahli di bidang IT, menyatakan bahwa internet merupakan suatu media yang digunakan untuk membuat efisiensi proses komunikasi menggunakan aplikasi seperti website, surat elektronik atau email, dan voip (teknologi komunikasi jarak jauh dengan internet).

Sementara itu, O’Brien memberikan pengertian internet, menurutnya internet adalah jaringan komputer yang berkembang dengan sangat pesat. Internet bermanfaat dan berdampak positif di bidang pendidikan, bisnis/ekonomi, pemerintahan, dan bidang-bidang lain.

Bagaimana Perkembangan Internet?

Perkembangan internet tahun demi tahun semakin mengalami peningkatan yang pesat, hal ini juga disebabkan karena kebutuhan manusia yang terus meningkat. Manfaat internet pun dapat dirasakan pada berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk di bidang pendidikan.

Di bidang pendidikan, penggunaan internet menjadi salah satu faktor penting yang membantu dalam proses belajar dan pembelajaran. Pengguna internet bisa mengakses dan mendapatkan berbagai informasi terkait dengan kurikulum, modul, artikel, jurnal, referensi penunjang, pengetahuan umum, dan lain sebagainya dengan cepat dan praktis. Hal ini membuat setiap individu dapat menemukan berbagai hal melalui mesin pencari yang telah tersedia dan terhubung dengan jaringan internet yang stabil dan baik.

Tidak bisa dimungkiri internet memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan dan dinikmati oleh pengguna internet. Adanya internet sudah membawa perubahan di berbagai bidang di seluruh penjuru dunia. Lalu kira-kira apa saja manfaat internet di bidang pendidikan?

Manfaat Internet di Bidang Pendidikan

Penggunaan internet di bidang pendidikan sangat dirasakan manfaatnya para pengajar. Manfaat internet secara umum dapat memperbaiki kualitas dan menunjang pengajar dalam kegiatan belajar-mengajar.Selain bermanfaat bagi pengajar, internet juga bermanfaat untuk para pelajar. Adanya internet bermanfaat bagi pelajar untuk mencari/belajar kapan pun dan di mana pun.

Yuk simak 10 manfaat internet di bidang pendidikan bagi pengajar dan pelajar berikut ini, Grameds!

1. Informasi terkait lembaga pendidikan semakin mudah diakses

Dulu, lembaga pendidikan masih melakukan promosi dengan cara yang masih konvensional berupa: brosur, banner, dan lain sebagainya untuk memperkenalkan lembaga pendidikan ke khalayak umum. Hampir semua lembaga pendidikan memilih cara dengan menyediakan booklet atau brosur dalam mempromosikan sekolah/universitas.

Dengan menggunakan cara yang konvensional, penyebaran informasi lembaga pendidikan kurang terjangkau oleh khalayak umum. Hadirnya internet mengubah cara yang konvensional menjadi lebih efisien, cepat, hemat biaya, yaitu salah satunya dengan pembuatan website. Adanya website lembaga pendidikan akan memudahkan orang dalam mengakses informasi mengenai lembaga pendidikan tertentu tanpa harus datang langsung ke lokasi. Bisa diakses di mana pun dan kapan pun bisa diakses oleh khalayak umum.

2. Menghemat waktu dan biaya dalam merekrut pegawai baru

Zaman sekarang tidak perlu memasang iklan lowongan pekerjaan di media cetak. Cukup memberikan informasi di website atau media sosial official lembaga pendidikan terkait, maka akan memudahkan akses semua orang dalam mengetahui informasi tersebut. Selain lebih efisien dan akses yang lebih luas, hal ini juga lebih menghemat biaya karena tidak perlu membayar jasa iklan. Bagi pencari kerja pun bisa dengan mudah mencari lowongan yang diinginkan hanya dengan bermodal akses internet.

3. Memberikan kemudahan dalam menarik minat calon siswa/mahasiswa

Adanya web lembaga pendidikan tentunya akan membawa daya tarik tersendiri bagi yang melihatnya. Agar lebih menarik untuk dilihat, konten yang ada di web harus sudah didesain bagus dan ciamik agar tampak lebih menarik dan mudah dibaca serta dipahami oleh pengaksesnya, dalam hal ini yaitu calon siswa/mahasiswa.

4. Sebagai referensi membuat bahan ajar

Dulu, kita hanya bisa mendapatkan bahan ajar atau referensi sebagai penunjang belajar melalui media cetak misalnya: buku, koran, dan majalah saja. Sekarang, pengajar bisa memilih internet sebagai alternatif lain dalam mencari bahan referensi yang lebih lengkap, terbaru, dan mudah diakses.

Untuk bisa mengajar dengan baik dan mentransfer ilmu dengan efektif, pengajar harus menguasai pengetahuan tentang materi yang akan disampaikan. Pengajar bisa memanfaatkan internet untuk mencari referensi apa saja yang dibutuhkan tentang materi yang akan diajarkan. Jika guru mempunyai materi yang cukup, maka pelajar akan mendapatkan materi yang baik dan bermanfaat juga.

Selain menghemat biaya karena tidak perlu membeli referensi cetak, kita juga lebih bisa menghemat waktu karena hanya sekali pencarian saja akan muncul banyak referensi yang diinginkan dan dibutuhkan oleh kita.

5. Metode pembelajaran akan semakin menarik!

Sebagai pengajar (guru/dosen), terkadang menghadapi kendala dalam memberikan pemahaman terhadap pelajarnya. Ada kemungkinan yang menyebabkan ini terjadi, bisa jadi bukan karena materinya yang sulit, melainkan penyampaiannya yang kurang efektif.

Pengajar yang hanya mengajar dengan metode A secara terus menerus dan pelajar yang diajar tidak paham, maka yang menjadi korban adalah pelajar. Sebagai pengajar, harus sadar dan mengetahui apakah ada yang salah dengan cara mengajarnya. Hal itu dapat diketahui jika pengajar mengetahui beberapa metode dalam mengajar. Jika menggunakan metode A gagal, masih ada metode B, C, dll yang bisa dicoba. Metode-metode pengajaran itu tersedia lengkap di internet jika pengajar mau mencarinya.

Jika pengajar mengajar dengan metode yang monoton, membosankan, dan sulit dipahami. Hal ini akan membuat pelajar semakin malas untuk belajar. Oleh karena itu, pengajar bisa mencari opsi lain dalam menyampaikan materi melalui internet.

6. Sebagai media diskusi antar pengajar

Pengajar sudah tentu mempunyai kelompok pada satu mata pelajaran, jika sebagai guru disebut MGMP atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran. Dengan adanya internet, memberikan manfaat saat diskusi tersebut. Diskusi bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka secara langsung. Melalui chat-grup WhatsApp atau aplikasi perpesanan lainnya, diskusi masih tetap bisa dilaksanakan.

7. Tersedianya fasilitas multimedia

KIta bisa menjumpai fasilitas multimedia di internet yang dapat dijumpai dan sangat mendukung untuk memvisualisasikan penjelasan ke anak didiknya. Dengan melihat langsung media berupa gambar atau video, diharapkan bisa memudahkan pelajar dalam memahami materi walaupun pengajar hanya bisa menjelaskan garis besarnya saja.

Adanya fasilitas multimedia di internet bukan hanya bermanfaat bagi guru saja. Pelajar juga akan semakin mudah memahami materi sesuai dengan bentuk visualisasi (gambar & video). Pelajar akan lebih mudah mengingat materi apabila diberikan dalam bentuk gambar/video.

8. Mempermudah dalam mencari materi pelajaran

Seperti halnya dengan pengar, pelajar pun akan lebih dimudahkan untuk mencari bahan referensi materi pelajaran di internet. Selain mudah diakses, di internet biasanya juga lebih mudah untuk dipahami dengan cara yang lebih singkat.

Apalagi aksesnya pun gratis atau tidak berbiaya mahal juga menjadi hal yang bermanfaat bagi pelajar karena menghemat pengeluaran. Pelajar yang mempunyai keinginan kuat untuk berkembang dan maju, maka keinginan belajar dan rasa ingin tahunya juga harus tinggi. Dengan adanya internet, pelajar akan semakin mudah mencari bahan bacaan untuk belajar.

9. Memudahkan dalam belajar bahasa asing

Seperti yang kita ketahui bersama, internet sifatnya global. Kita akan menjumpai berbagai artikel yang menggunakan bahasa asing. Hal ini secara tidak langsung akan memaksa pelajar untuk ikut juga mempelajari dan memahami bahasa asing tersebut.

Pelajar juga bisa latihan belajar bahasa asing melalui YouTube atau layanan penyedia belajar bahasa asing di internet.

10. Sebagai sarana mendapatkan info beasiswa.

Dengan adanya internet, informasi apa pun akan lebih cepat tersebar, termasuk info beasiswa. Bagi pelajar yang sedang mencari beasiswa, bisa dengan cepat mendapatkan informasi beasiswa melalui internet dan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

Bahkan, keuntungan lainnya yaitu mekanisme pendaftarannya tidak perlu repot-repot datang langsung untuk mendaftar. Kita hanya cukup mengisi data dan persyaratan yang dibutuhkan oleh panitia penyeleksi beasiswa. Semuanya bisa dengan mudah, dengan adanya internet dan manfaatnya di bidang pendidikan.

Selain yang disebutkan di atas, internet di bidang pendidikan tentunya memiliki manfaat-manfaat lain. Meskipun memiliki banyak manfaat, kita tidak bisa memungkiri ada sisi negatif yang ditimbulkan. Mari manfaatkan internet untuk hal-hal yang positif. Jadikan internet menjadi kebutuhan pokok dalam hal-hal yang positif.

Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan sekunder, bukan lagi kebutuhan tersier. Hampir setiap orang sudah mempunyai smartphone agar mudah saling terhubung dengan internet.

Bagaimana Pentingnya Internet di Bidang Pendidikan?

Setelah membahas tentang manfaat, lalu bagaimana sih pentingnya internet di bidang pendidikan? Saat ini, perkembangan teknologi Internet dalam kehidupan sehari-hari memiliki dampak yang luar biasa positif di berbagai aspek kehidupan, termasuk juga di dalam dunia pendidikan, meskipun tidak memungkiri memiliki dampak negatifnya juga.

Sistem pendidikan yang didukung dengan teknologi internet yang baik telah menghasilkan metode pembelajaran jarak jauh yang dapat digunakan oleh pihak pengajar dan pelajar di sekolah atau universitas. Apalagi di masa pandemi ini, saat kita semua terbatas untuk saling berinteraksi secara langsung karena khawatir penularan Covid-19.

Oleh sebab itu, saat ini internet memiliki peran penting sebagai sarana penunjang perkembangan kualitas pendidikan di Indonesia. Tersedia pertemuan secara daring melalui Google Meet dan Zoom Meeting menjadi alternatif kita untuk bisa melaksanakan kegiatan belajar-mengajar di masa pandemi ini.

Manfaat utama yang kita dapatkan dari adanya Internet di bidang pendidikan yaitu sebagai sarana mencari dan mendapatkan informasi. Apalagi, informasi yang tersedia di internet lebih update dari buku maupun sumber lain yang tersedia di perpustakaan. Kita bisa mengatakan hampir semua informasi mengenai pendidikan bisa kita akses melalui internet, antara lain seperti materi pelajaran, kurikulum, silabus, soal-soal pelajaran, maupun cara mengerjakannya.

Selain itu, internet juga mempermudah kita untuk mencari referensi literatur. Kita hanya perlu dengan mengetikkan kata kunci sesuai dengan kebutuhan, maka kita akan langsung mendapatkan informasi sesuai dengan kata kunci literatur tersebut.

Pemanfaatan teknologi internet yang sedang dilakukan saat ini merupakan sistem pendidikan jarak jauh. Hampir semua universitas atau pendidikan tinggi memberlakukan pendidikan jarak jauh. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk melaksanakan kuliah tanpa harus hadir ke universitas tersebut. Kita juga bisa mengakses modul pembelajaran dari jarak jauh tanpa khawatir di mana pun kita berada.

Rekomendasi Buku Tentang Manfaat Internet di Bidang Pendidikan

Ada beberapa bahan bacaan tentang manfaat internet di bidang pendidikan, antara lain yaitu:

1. 3 Hours to Master: Aman Nyaman Akses Internet (2021) karya Kadokawa Gempak Starz

Manfaat Internet di Bidang Pendidikan

Akhir-akhir ini ditemukan cukup banyak berita tentang anak-anak yang kecanduan game online dan tidak bisa berhenti dari media sosial. Ini akan berdampak negatif jika tidak ditanggulangi dengan baik dan benar. Apakah kita sudah menggunakan internet dengan baik dan aman? Buku ini membahas bagaimana mempelajari cara untuk menghindarkan bahaya dan dampak negatif dari internet.

2. Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMA Kelas XII (2013) karya Adi Pratomo, dkk.

Manfaat Internet di Bidang Pendidikan

Adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat berpengaruh terhadap kehidupan manusia saat ini. Penggunaan TIK dengan baik harus diperkenalkan atau disosialisasikan agar pelajar bisa menggunakan dengan tepat dan optimal. Buku TIK seri SMA ini diharapkan bisa membantu siswa untuk mendapatkan, memproses, dan mengelola informasi dengan baik.

3. Computer Starter Guide: Mari Mengenal Internet (2021) karya Zaenal A. Rozi

Manfaat Internet di Bidang Pendidikan

Buku yang ditulis oleh Zaenal A. Rozi ini menyuguhkan referensi dan pedoman untuk siapa saja yang ingin mempelajari internet, menguasai teknologi internet, dan memanfaatkan layanan-layanan di internet dengan baik. Penulis berharap buku ini bisa menjadi literatur dalam proses pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi di sekolah maupun untuk dipelajari secara umum.

Nah, itulah artikel tentang manfaat internet di bidang pendidikan. Semoga bermanfaat bagi Grameds, ya!

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien